6c2y5xLulMkOYYgEXrgPjC5Lx3Je6RzEo1m3mFkw

Review Office Watch Korean Drama

Kamu pekerja kantoran? Sukanya jam berapa? Pagi hari saat masuk kerja, atau justru sore ketika pulang bersama?

    Annyeong! Bicara jam kerja, duh sudah lama banget saya enggak ngantor. Jadi bingung milih yang mana. Sepertinya sih saat pagi, ketika pikiran masih segar, Bos belum datang. Mungkin ini juga yang dirasakan Lee Sa-Ra dalam Office Watch Korean Drama. Jam Kantor: Jauh dari Cinta, Dekat dari Perang.

review-office-watch-korean-drama

    Lee Sa Ra yang terlihat tangguh dan perfeksionis kini berubah ketika Kyung Joon dan Jin Ho mulai bekerja sebagai karyawan baru di kantornya. Jam Kantor seperti medan perang di mana ada persaingan antar karyawan dan juga cinta di dalamnya. Sebenarnya, apa bagusnya jalinan asmara antar pekerja?

Drama: Office Watch
Native Title: 오피스워치
Also Known As: Opiseu Wochi, Office Watch Season 1
Director: Han Soo Ji
Genres: Comedy, Romance, Drama
Tags: Workplace Setting, Office Setting, Office Worker Female Lead, Short Length Series, Workplace Romance, Miniseries, Web Series
Country: South Korea
Episodes: 8
Aired: Apr 26, 2017 - May 14, 2017
Original Network: Naver TV Cast, vLive
Duration: 5 min.
Cast:
Kang Hoon - Kim Kyung Joon
Baek Soo Hee - Lee Sa-Ra/Lee Sa Rang
Jin So Yeon - Kim Chung Jang
Cho So Bin - Park Seong Eun
Seo Dong Oh - Bin Jin Ho
Kim Sung Gon - Senior Director Byeon Jung Min

Office Watch Season 1 Review


office-watch-season-1-review

    Memutuskan Nonton Office Watch ini bukan lain karena sedang ter Sun Jae-Sun Jae Lovely Runner. Jadi secara otomatis apa pun tentang Byeon Woo-seok akan muncul di Sosial Media tanpa saya mencarinya. Akhirnya ketemu deh sama Web Drama Jam Kantor. Sebenarnya, dia ada di Office Watch Season 3: The Gossip Room. Karena merasa tidak mungkin langsung loncat ke sana, jadi saya memutuskan untuk lihat Season 1-nya dulu agar lebih paham cerita awalnya.

    Sinopsis Office Watch merupakan seri spin-off dari drama web romansa & fantasi korporat Closer To Uijeongbu Than Sadang atau Between Friendship and Love (2016). Bercerita tentang Kakak Lee Sa Rang, Lee Sa-Ra dan pekerjaan di kantor serta asmara yang kian berkembang di sana ketika karyawan baru tiba. Btw, untuk cerita Sa Rang, saya sudah berusaha mencari videonya, tapi tidak ada yang lengkap. Jadi cukup tahu saja ya.

sinopsis-office-watch

    Drama Pendek Office Watch 1 ini punya 8 episode dengan durasi 5 menitan. Tiap episode bercerita tentang Jam Kantor. Seperti diajak bekerja, jadi bagian mereka dan merasakan tiap jamnya sampai kemudian menjadi hari. Mungkin yang kantoran akan merasa related dengan web drama ini.

Office Watch: Love in Chaos


Segala yang pertama itu selalu penting. Hari pertama di kantor, hari pertama bekerja, dan kesan pertama. Kesan pertamaku tentangnya, dia terlihat sedikit berbeda dan unik. Penuh semangat menanti apa yang akan terjadi sepanjang hari. Seperti hari pertamamu bekerja pada pukul 8 pagi

office-watch-love-in-chaos

    Cerita dimulai saat kantor kedatangan karyawan baru bernama Kyung Joon dan Jin Ho. Tentu saja semua dengan perkenalan singkatnya. Ada Kepala Deputi Byeon Jung Min. Ketua Tim Perencanaan Kim Ji Hyun dan asistennya, Deputi Park Seong Eun. Lalu Deputi Pemasaran Lee Sa Ra. 

    Mereka ini mengerjakan proyek Kampanye whisky Johnny Walker. Ada Johnny Lemon dengan Soda Lemon dan Johnny Tonic dengan Air Tonik atau Ginger Ale. Taglinenya, cara baru menikmati wiski dengan rasa yang lebih ringan dan menyegarkan. Itu merek minuman alkohol ya. Kalau saya sih lihatnya kaya Sprite dikasih Lemon, hahaha.

Mungkin dalam sehari ada yang berulang kali berpikir untuk berhenti. Namun ketika menyangkut tempat kerja, terkadang kau harus melakukan, meski tidak mau. Jika kau tidak melakukan apa-apa, kau sudah setengah jalan menuju ke sana. Orang-orang selalu memilih berada di tengah dan menderita. Tengah berarti hubungan. Pilihan yang tanggung seperti menghubungkan waktu makan dan kerja. Di pertengahan waktu itu, akan ada hasil yang memuaskan. Pukul 10 pagi adalah jam yang tanggung

오피스워치

    Namanya kerja di kantor, pasti tidak sendiri, kerja tim tepatnya. Masalahnya, tidak semua anggota tim itu enak diajak kerja sama. Lee Sa-Ra terlihat tangguh dan perfeksionis sebenarnya pernah mendapatkan hal kurang menyenangkan dari rekannya. Dia tidak bisa melaporkan itu sebagai pelecehan seksual karena akan berdampak pada banyak hal.

    Misalnya, Adiknya akan tahu kasusnya. Sa Ra akan menghabiskan terlalu banyak waktu dan tenaga. Belum lagi kemungkinan rekannya akan membalikkan fakta sehingga dia dianggap perempuan gampangan. Makanya dia sok-sokan jadi kuat agar tidak diganggu.

opiseu wochi

    Alasan keinginan resign yang lain bisa terjadi ketika atasan playing victim seperti Kim Chung Jang. Ketua Kim ini suka mencari perhatian pada Senior Director Byeon Jung Min. Dia akan berada di kantor dan pura-pura lembur. Sumpah ya. Ini mengingatkan saya pada Jung Soo Min Marry My Husband. Betulan bikin gedeg kalau punya rekan kerja kaya gini.

Ada banyak akhir yang berbeda. Akhir tahun, akhir bulan, akhir dari hari itu. Dan saat ini, akhir dari pagi hari. Pada setiap akhir, selalu ada awal yang baru. Sebelum waktu beranjak siang, dia membuat hatiku berpacu bagaikan jam terakhir di pagi hari. Saat ini, pukul 11 pagi. Jam terakhir di pagi hari

ulasan-office-watch-korean-drama

    Ketua Kim masih menjadi orang yang menjengkelkan. Dia marah karena saat rapat tidak ada yang memedulikan. Bikin deh aturan-aturan absurd kaya enggak boleh ngobrol ketika rapat. Kerja yang betul dan pulang. Menyerahkan laporan yang sudah rapi. Dia yang cari masalah, diabaikan, lalu marah ke semua orang. Ada orang kaya gitu? Ada! 

    Meski kantor begitu menjengkelkan, tapi Sa Ra merasa ada yang menyukainya. Siapakah dia?

Setelah makan siang singkat, rasa kantuk di siang hari pun datang. Selalu ada kopi untuk menghilangkan rasa kantuk itu. Jam 1 siang, waktu di mana kau bisa menjadi seperti kopi untuk seseorang


    Siapa sih setelah makan siang malah jadi ngantuk? Oh itu saya, hehehe. Dulu sebisa mungkin saya tidur beberapa menit saat istirahat. Saya enggak minum kopi btw. Namun semua kembali ke masing-masing orang. Tak jarang mereka akhirnya memilih ngopi agar tetap segar dan terjaga.

    Kenapa harus tetap mata melek dan waras? Karena biasanya jam-jam itu akan ada rapat dan terjadi pertarungan antara pegawai lama. Betulan Another Medan Perang. Lalu siapakah pemenangnya? Tentu saja yang posisinya di atas. Mereka akan dengan mudah meminta pergantian konsep karena merasa tidak suka. Menyebalkan sekali.

Sulit untuk menjadi energik seperti di pagi hari. Dan masih terlalu dini untuk bersiap-siap pergi. Namun kau mulai merasa rileks. Saat di mana kau bisa melihat seseorang bersikap apa adanya adalah pada pukul 3 sore. Agar dia dapat terus bersikap apa adanya, aku perlu menjadi seseorang yang seperti jam 3 sore

nonton-web-series-korea-office-watch

    Sekali lagi, meski kantor kadang terasa menyebalkan, tapi saat ada rekan yang bisa kamu percaya, membuatmu nyaman, dan mungkin menyukaimu juga. Itu akan terasa menyenangkan. Perlahan, tak perlu terbebani, mungkin asmara baru akan segera dimulai.

    Btw, jam 3-an juga biasanya terasa lebih melelahkan. Bahkan ada yang merasa sulit di Wednesday 3:30 PM. Kalau ada yang tertidur di jam ini, mungkin bisa dimaklumi #Eh.

Jika kau melewati jalan yang biasa dilewati di malam hari saat pagi, rasanya akan berbeda. Melihat kembali seseorang yang kau temui setiap hari bisa membuat mereka terlihat seperti orang berbeda. Seperti pukul 5 sore, di mana belum sepenuhnya sore atau malam. Sebuah waktu yang menyenangkan, janggal, dan tidak biasa

office-watch

    Kalau sepengalaman saya, jam 4 atau 5 sore itu sudah mulai pulang kerja. Namun di tempat atau negara lain mungkin berbeda. Di Jepang itu 40 jam seminggu. Kalau di Korea, maksimum 52 jam setiap minggunya. Ada yang kerja kantor dari Senin sampai Jumat, Sabtu Minggu libur. Ada juga yang Senin sampai Sabtu baru libur saat Minggu. Tak jarang banyak juga yang lembur.

    Di Office Watch Drama Korea, jam 5 sore jadi waktu yang menegangkan karena hasil rapat akan diperoleh setelah banyak drama atasan Vs bawahan. Kalau mau melawan atasan yang rese, kerja sama tim harus dilakukan. Kalau tidak, enggak bakal kelar proyeknya.

Alasan kenapa kita menantikan malam Sabtu karena akhir pekan telah tiba. Akhir pekan dimulai dari malam Sabtu. Lalu pada hari Kamis, Rabu, Selasa, dan Senin kita menantikan datangnya malam Sabtu. Dia bagaikan malam Sabtu dan aku terus menantikan nya. Sekarang adalah malam Sabtu, pukul 7 malam

office-watch-web-drama

    Saat proyek selesai dengan hasil yang menggembirakan, maka Pukul 7 Malam jadi sesuatu yang ditunggu-tunggu apalagi saat weekend. Kita bisa bersantai bahkan makan malam bersama atau mungkin kencan juga.

Jam Kantor: Jauh dari Cinta, Dekat dari Perang


Di kantor yang seperti medan perang ini, memiliki seseorang yang bisa diandalkan di sisiku, sungguh hal yang menyenangkan. Gabungan dari waktu akan menjadi satu hari. Gabungan dari hari akan menjadi sebuah kehidupan. Hal yang istimewa dalam hidup berasal dari hari-hari yang spesial. Dari hari-hari itu, dimulai dari waktu yang spesial. Di antara waktumu dan waktuku, kuharap kita bisa menjadi orang spesial bagi satu sama lain

drama-jam-kantor

    Nonton Web Series Korea Office Watch ini buat saya punya kesenangan tersendiri. Saya memang tidak terlalu berpengalaman kerja kantoran, tapi lumayan sering nonton film atau drama tema Workplace Romance seperti Crazy Love, Crazy RomanceCrush on My Ex-HusbandFaceless LoveFeel Good to DieHer Private LifeInto The RingKekkon Dekinai ni wa Wake ga AruMy Husband in LawMy Shy BossSearch: WWWSecretary Bai Wants to Resign EverydayShanai Marriage HoneyThe Secret Life of My SecretaryThis Guy is The Biggest Mistake in My LifeTo All The Guys Who Loved MeTouch Your HeartWhat's Wrong with Secretary KimWhere Stars Land dan sebagainya.

    Di Office Watch 1 romance-nya tipis-tipis karena memang fokusnya ke Jam Kerja dan apa yang ada di kantor. Namun tetap saja kisahnya membuat saya ikut tersenyum. Meski kalau dipraktikkan di kehidupan nyata, sepertinya saya tidak akan melakukannya. Terlalu berisiko untuk pacaran di kantor. Belum lagi kadang ada juga larangan menjalin asmara di perusahaan.

Office Watch 1: Cinta dalam Kekacauan


pemeran-office-watch-season-1

    Untuk Pemeran Office Watch Season 1, saya sudah lihat akting Kang Hoon di Flower Ever After. Mungkin kalian lebih familier saat melihatnya di Little Women, The Secret Romantic Guesthouse atau A Time Called You. Sementara Baek Soo Hee, saya melihatnya saat jadi pendukung di Soul Mechanic dan Twenty. Lalu Seo Dong Oh , dia lumayan sering jadi ekstra seperti di Sweet & SourAbout TimeDoctor Prisoner, Hyena, dan lainnya.

    Secara keseluruhan, akting para pemainnya itu bagus. Bahkan bagian jengkelinnya itu rasanya related dengan kehidupan kantor sebenarnya. Office Watch Korean Drama memang menggambarkan cukup jelas sebagian hal-hal yang terjadi di dunia kerja.

office-watch-indonesia

    Btw, drama ini juga diadaptasi ke negara kita lho. Judulnya sama yaitu Office Watch, seri web Indonesia tahun 2020 yang diproduksi oleh Blend Company dan ditayangkan di kanal YouTube Box. Secara cerita, alur ya sama saja. Bedanya sponsornya itu WINGS GROUP dan proyek yang dikerjakan itu Mie Sedaap Korean Spicy. Ada beberapa hal yang disesuaikan seperti pakaian batik. Aktingnya juga okelah. Paling saya suka sih Official soundtrack by Trisouls - Cinta Keadaan. Mau nonton versi Korea atau keduanya, silakan. Terserah kalian saja.

    FYI, WHYNOT MEDIA memang cukup banyak memproduksi drama pendek yang kece-kece. Saya sendiri sudah nonton beberapa seperti Brotherhood 2017, Drunk in Good Taste 2018 dan Be My Boyfriend 2021. Untuk Nonton Drama Office Watch Sub Indo bisa cek di KOK TV, WHYNOT TV, dan WeTV. Sekali duduk bisa langsung kelar kok. Jadi jangan sampai melewatkannya.

nonton-drama-office-watch-sub-indo

    Kantor, tempat kerja mana pun pasti tidak semua berjalan lancar, ada saja kekacauan yang terjadi. Meski begitu, akan banyak cerita susah dan senang di dalamnya. Jadi, tertarik kah kamu untuk menjalin asmara di sana?

    Sekian dulu ulasan Office Watch Korean Drama dari saya. Ada yang sudah nonton? Atau punya cerita serupa saat di kantor? Coba bagikan di kolom komentar ya. Sampai jumpa. Happy blogging!

Sumber informasi dan gambar:
https://mydramalist.com/23630-office-watch
WeTV
Related Posts

Related Posts

22 komentar

  1. Overall, as the plot is simple and just fresh and relaxing, the drama was easy to watch and it didn't tire nor had time to get boring. The performances were decent as well. So, seven out of ten for this web drama, hoping that the next seasons will be even better.

    BalasHapus
  2. Jam kerja orang kantoran itu masih segar di pagi sampai siang hari. Setelah jam istirahat makan siang biasanya mulai mengangtuk, untung ada kopi hahaha. Rapat biasanya seru menggebu-gebu tergantung bosnya. Kalau terlalu serius kayaknya malah bikin bete. Ga boleh ngobrol sih iya dong kan harus memerhatikan pembicara.

    BalasHapus
  3. simple dan mengesankan ya kak Jiah dramanya. apalagi ini singkat pula cuma 5 menitan aja, dan bisa ditonton di layanan streaming favorit

    BalasHapus
  4. kerennya drakor tuh bisaan aja bikin cerita dari beragam tema, malah jam kantor jadi cerita unik ya, aku belum nonton dan tertarik buat nonton

    BalasHapus
  5. wah suka banget nonton drama mini korea kayak gini. kemarin nonton edisi samsung sama lyodra. keren juga ceritanya loh

    BalasHapus
  6. Kalau setiap episodenya hanya sekitar lima menit saja gak bakalan membosankan meski ceritanya datar, tentang dunia perkantoran dan semua kisahnya.
    Bagi sebagian orang kantor ada yang jadi rumah kedua, meski ada juga yang menganggapnya sebagai Medan perang

    BalasHapus
  7. Dulu kalau ngantor tuh senang banget, karena aku memang kerjanya sesuai dengan cita-citaku dan passion juga sih. Tapi begitu punya keluarga jadi lain lagi, setiap ngantor bawaannya lihat jam tangan terus, kapan ini pulang wakakakaa...

    BalasHapus
  8. Durasinya imut-imut amat yaak..
    Hehhe, selain di WeTV mungkin ada di channel youtubenya kali yaa..

    Unik juga ngobrolin serba-serbi di dunia kerja.
    Aku jadi inget Pateuk ama Kang Sora yang menciptakan sebuah lagu berjudul "Jomshig sigan" ((jam makan siang)). Memang se hectic itu yaa... orang kerja di negara maju tuh..

    BalasHapus
  9. Sama neh Mak, dah lama banget gak ngantor. Bisa ya nonton drama ini buat mengenang kisah di kantor. Wakakakaka

    BalasHapus
  10. Memang seruu obrolan dunia kerja tuh, apalagi waktu jamannya masih unyu2, dengan dunianya yang gitu deeh. Menjadi dambaan setiap orang mempunyai kerjaan di kantor ya, tapi setelah merasakan, ohh gituu.
    Menjalin asmara di dunia kerja, hahhahahah jadi maluu, ku senyum2 daaahh...

    BalasHapus
  11. sempat mikir tadi ini drama baru bukan sih baru dengar soalnya ternyata ini web drama ya. kalau buat orang kantoran kayak aku kayaknya bisa relate sama drama ini

    BalasHapus
  12. eh beneran mba jiah 1 episodenya cuma 5 menitan? singkat banget ya tapi bisa buat cerita yang menarik seperti ini

    BalasHapus
  13. office watch emang related banget sama kehidupan ya,
    kadang teringat waktu ngantor dulu, jam ngafe bareng karena ada yang ultah lah, ada yang sedang dapat kenaikan gaji terus ujug2 traktir lah, romance saat keluar nonton bareng lah (cinlok dulu namanya) ...

    thanks infonya aku mau nonton aaaah

    BalasHapus
  14. Aku suka jam kantor itu di pagi hari, ketika aku baru tiba di ruanganku dan bisa bersih-bersih meja sedikit sebelum mulai bekerja. Tapi aku juga suka sore hari, ketika waktunya pulang. Favoritku adalah hari Jumat sore. Hehe. Drama Office Watch ini asyik ya alur ceritanya dan cuma 5 menitan per episode. Quote-nya keren-keren semua.

    BalasHapus
  15. Seru juga ya nonton mini seri tentang dunia kerja kantoran seperti ini jadi paham seluk-beluk politik kantor dan rekan kerja yang tak selamanya menyenangkan

    BalasHapus
  16. Versi Indonesia nya aku sudah nonton, sangat menarik dan bagus menurutku. Angin segar banget nonton nya dan banyak part relate gitu sama daku.
    Kalau drakor nya malah belum nonton, jujur sangat tertarik buat nonton Office Watch drakor, jam pagi enak banget buat produktif, jam abisa maksi suka ngantukan, jam 3 kek mulai keos jam 5 udah kebayang pengen pulang 😆 ini mah aku banget hehehe.

    BalasHapus
  17. Penasaran ingin nonton ini, beberapa kali cuman nonton teasernya saja. Heheh.

    BalasHapus
  18. Wah baru denger nih office watch, ternyata adanya di wetv ya mak? Penasaran sama ceritanya, mau download wetv dulu aaaah. makasi rekomendasinya ya maaak

    BalasHapus
  19. Udah lama gak ngedrakor dan emang sukanya yang berlatar kantor gini hahahah. Terakhir tuh nonton Start-Up. Ya ampun lama banget ya. Iya, pokoknya suka yang vibes kantoran gitu. Padahal yang nonton malah ga suka dunia kantor~

    BalasHapus
  20. Wah auto masuk list ini , bagus reviewnya jadi kepo mau nonton filmnya

    BalasHapus
  21. Wah ada ya mini drama Korea kayak gini. Jadi kepengen nonton deh ih. Untuk yang gak punya waktu, karena riweuh di rumah, bisa banget nih mini drama begini ditonton ya. Cus ah nonton. :D

    BalasHapus
  22. Heee aku baru tau ada Kdrama iniii.... drama office aku suka soalnya lika likunya menarik. Eps nya jg sedikit yah, mau coba ah nonton sebelum bobo. Btw, kalau aku gak tau kenapa produktivitas di kantor memuncak setelah makan siang, kalau pagi2 bawaannya ngantuuukk gitu wkwkwk kacau emang.

    BalasHapus
Komentar saya moderasi. Tinggalkan jejakmu di sini, Teman!