Explore the blog
Kamis, 19 Maret 2020

Review Webdrama Korea Flower Ever After

Bismillaahirrahmaanirrahiim.... 

Jika mau diajak tebak-tebakan, kira-kira antara pasangan yang sudah berhubungan 7 tahun dan 1 tahun, manakah yang akhirnya akan menikah? 

Annyeong hasimnikka! Sudah lama ya saya libur ngereview. Kemarin ada sedikit kerjaan dan meski sudah mengurangi list drama on going, tetap saja belum bisa melihat episode selanjutnya. Jadi biar enggak bosan, saya pilih nonton webdrama dari PlayList Global dengan durasi pendek tentunya. Tapi jika kamu lebih suka membaca apalagi sekarang sedang Social Distancing dan work from home, saya rekomendasikan 7 Novel Young Adult Realistic dengan Tokoh Remaja. 11-12 dengan drama ini karena sesuai dengan realita kehidupan.


Han So Yeong adalah seorang wanita yang baru saja mendapatkan pekerjaan. Dia ingin bertemu seseorang di waktu yang tepat, jatuh cinta, dan menikah di saat yang tepat pula. So Yeong punya teman bernama Go Min Chae yang sudah berpacaran dengan Choi Woong selama 7 tahun dan 3 tahun terakhir telah hidup bersama. 

Sementara itu, di kantornya So Yeong jatuh hati dengan managernya Yoo Hyun Soo. Dia baik dan membantu So Yeong. Sayangnya, Hyun Soo punya pacar dan hubungan mereka sudah berjalan 1 tahun.


Masalahnya, So Yeong memutuskan untuk menjadi jahat dan mendekati Hyun Soo meski tahu bahwa laki-laki itu sudah punya pasangan. Apa yang akan terjadi selanjutnya? Akankah dia goyah? 

Native Title: 이런 꽃 같은 엔딩
Also Known As: FLEVA Season 1, Ireon Kkot Kateun Ending
Genres: Friendship, Romance, Life, Youth
Tags: Married Couple, Multiple Mains, Miniseries, Web Series, Multiple Couples, Marriage
Country: South Korea
Type: Drama
Episodes: 10
Aired: Jan 11, 2018 - Feb 10, 2018
Aired On: Thursday, Saturday
Original Network: Naver TV Cast/Oksusu
Cast:
Kang Hoon as Yoo Hyun Soo
Lee Ho Jung as Han So Yeong
Jung Gun Joo as Choi Woong
Choi Hee Jin as Go Min Chae
Ahn Shi Eun as, Gong Ji Hyo
Lee Yoo Jin as [Waitress at the bar] 

Review Korean Webdrama Ireon Kkot Kateun Ending 


Berikan orang yang kamu cintai sedikit harapan, banyak usaha

Saya nonton webdrama ini sebenarnya tidak sengaja karena melihat season ketiganya, Ending Again. Flower Ever After merupakan season pertama dari Ending Series. Web drama ini berdurasi 15-20 menit tiap episode. 

Bisa dibilang ini adalah cerminan dari realitas antara pasangan pacaran satu tahun dan tujuh tahun. Bagaimana mereka merayakan hari jadi, apa yang mereka ketahui tentang pasangan, alasan mereka mempertahankan hubungan, bagaimana mereka bertemu, hingga puncaknya berbicara soal pernikahan. 

Semua orang adalah pemeran utama dalam hidupnya. Sayang, tidak ada yang tahu akhir cerita mereka. Harapannya firasat akhir yang bahagia. Dan nasib buruk tidak menjadi kenyataan 

Untuk pasangan 7 tahun, Go Min Chae dan Choi Woong. Bicara soal pernikahan itu masih jauh banget. Min Chae ini pintar tapi dia pengangguran. Choi Woong, mantan atlet renang yang akhirnya jadi pelatih renang dan statusnya kontrak. Min Chae maunya mereka menikah setelah hidup keduanya mapan. Soal perayaan dan lainnya, mereka jauh lebih santai dan saya malah suka banget. Mereka seperti teman hidup, baik buruknya sudah kelihatan. Bertengkar? Ada, jelas itu. Tapi mereka akhirnya menemukan cara untuk kembali bersama.

Pasangan 1 tahun, Yoo Hyun Soo manager perusahaan dan Gong Ji Hyo manager toko kue. Kalau pasangan 7 tahun lebih santai, pasangan ini lebih ke manis. Perayaan 1 tahun dengan makan bersama, mesra, jarang bertengkar sampai Han So Yeong muncul di antara mereka. Hyun Soo ingin menikah sementara Ji Hyo penuh dengan keraguan. 

Dan di Webdrama Korea Flower Ever Date ini, hanya ada satu pasangan yang akhirnya naik ke pelaminan. Siapakah mereka? 

Hubungan selalu mengalami masa krisis sebelum pernikahan. Ada yang putus, ada yang semakin serius 

Berbeda dari webdrama yang saya tonton dengan akhir yang kebanyakan mengandung gula seperti Wednesday 3.30 PM, My Secret Romance, Drunk in Good Taste, You Drive Me Crazy, First Seven Kisses, drama web ini betulan realistis dan sesuai dengan kehidupan kita. Lamanya sebuah hubungan memang tidak menjamin akan berlanjut ke mana seperti kisah si Peng dan Tantawan My Ambulance yang sampai pacaran selama 15 tahun lalu putus. 

Pasangan 7 tahun pun bikin saya mewek gara-gara harus terpisah saat sedang sayang-sayangnya. Mau bertahan dengan menikah pun tidak bisa karena akan membuat mereka terluka. Ingin peluk Choi Woong karena berusaha tegar dan membiarkan Min Chae mengejar keinginannya.


Pasangan 1 tahun, saya sempat sebel dengan mereka. Saya pikir Hyun Soo ini ingin cepat menikah dan Ji Hyo kenapa susah banget buat ngomong. Kalau akhirnya So Yeong datang dan jadi pelakor, mereka jadi kalang kabut sendiri. Saya pun akhirnya mengerti kekhawatiran Ji Hyo soal pernikahan. Akan ada tanggung jawab ini itu yang bikin ngeri sendiri. Tapi Hyun Soo pun akhirnya bilang bahwa dia juga takut soal kekacauan dalam pernikahan. Tapi dia ingin menikah karena itu dengan Ji Hyo. 

Secara keseluruhan, webdrama Ireon Kkot Kateun Ending oke buat ditonton. Meski saya hanya tahu Jung Gun Joo, kata saya sih akting mereka cukup oke. Jung Gun Joo di Extraordinary You cukup menarik perhatian saya. Di drama web This Flower Ending ini tetap lucu, imut, tapi nyesek juga waktu adegan dia nangis. Dia juga pernah jadi perenang di Drama Special: The Tuna and the Dolphin dari KBS2 tahun 2018. 

Dua pasangan khawatir dan terluka di depan masalah bernama 'Pernikahan'. Mereka membuat keputusan yang harus dijalankan dan tumbuh dewasa bersama 

Pernikahan memang keputusan yang tidak bisa diambil dengan asal. Ada banyak pertimbangan. Tapi tidak ada jaminan soal kapan waktu tepatnya pasangan itu bertemu dan bersama. Yang penting adalah seberapa serius dan mau membangun komitmen serta kepercayaan antara satu sama lain. 

Jadi, sudah diputuskan kapan akan menikah? Ah saya bercanda, mari pikirkan itu secara matang. Dan sudahkah kalian nonton webdrama Flower Ever After ini? Jika sudah, share pendapat kalian ya! Kalau mau nonton, cek saja di Youtube PlayList Global atau Situs Download Drama Korea Subtitle Indonesia. Sampai jumpa. Happy blogging!



Sumber gambar: Mydramalist & Inikipop

Whould you like to comment?

  1. Wah ternyata web drama banyak yang bagus ya..Baru tau kalau ada web drama di Youtube PlayList Global.. Sering baca berita kalau artis x akan membintangi web drama, cuma gak tau nonton di mana. Makasih infonya mba

    BalasHapus
  2. Aku belum nonton satupun drama korea mba hanya baca review-review drama korea nih hahaha...setuju sih menikah itu banyak pertimbangan jangan gurung gusuh kalau kata urang sunda mah

    BalasHapus
  3. Duh aku ga mudeng sama nama-nama tokohnya hahaha.... Tapi aku suka tuh sama eksekusi film yang realistis. Ga harus selalu happy ending atau sok-sok an gantung maksa ngajak penonton penasaran haha. Menikah itu emang proses mendewasakan kedua belah pihak ya, bukan satu pihak aja

    BalasHapus
  4. DraKor nih jalan cerita dan konfliknya super gemesin yaaa
    mana pemainnya juga kece2 bangeettt

    BalasHapus
  5. Jiaaaahh, racuun drakoor, aku ga pernah mnonton, tapi tahu sikit dari baca ripyuu giniii.
    Ahh, keknya yang pacaran 7 tahun bablas deh ga nikah eeaaa..Aku aja pacaran 10 taon ga jadi nikaah , ko malah curhaaaat.
    ga gampang mo merit tuh jenderaal..

    BalasHapus
  6. Lamanya menjalin hubungan memang bukan jaminan akan berakhir di pelaminan. Banyak faktor dan pertimbangan sebelum akhirnya keputusan menikah itu di ambil

    BalasHapus
  7. Lamanya pacaran memang suka gak ketebak ujungnya ke mana. Ada yang lama banget pacaran, tapi gak jadi. Begitupun sebaliknya :)

    BalasHapus
  8. Saya paling gak pernah nonton drakor, hehe...
    Hapalin nama tokohnya aja kayaknya susah banget :D

    BalasHapus
  9. Mau nonton ah, selama di rumah 5 hari ini selalu cari tontonan di Netfix atau VIU

    BalasHapus
  10. Bener mba lama sebentar sebuah hubungan tak menjamin mereka akan bersama dalam pernikahan. Bahkan ada juga yang pacarannya lama banget pas nikah, baru seumur jagung udah cerai. Jadi ini dikembalikan lagi ama individunya ya.

    Klo aku ama suami malah nggak pacaran lho mba. Kita taaruf bener-bener baru kenal itu juga lewat guru ngaji, baru sebentar langsung nikah hahaha 😂. Aku malah menyesali kenapa sih dulu aku harus pacaran ama si a si b, trus ngapaian juga harus galau n baper untuk seseorang yg bukan jodoh saya. Bener-bener buang tenaga, buang emosi dan buang-buang waktu. Ngapain coba aku gitu dulu wkwkw 😂. Coba ya aku dari dulu ketemua paksu, kan aku ga banyak galau ama yang lain hahaha. Salah satu yg ku syukuri dalam hidupku ini adalah suamiku. Kami saling mencintai, berani berkomitmen dalam pernikahan, bertanggung jawab, dewasa dan tumbuh bersama hihihi 😂. Doain ya 😍

    BalasHapus
  11. aku udah lama banget nggak nonton drakor dan bisa dibilang bukan penggemar drakor tapi beberapa kali nonton memang seru, ini aku tandai ah kalau pas nyantai mau nonton juga 😁

    BalasHapus
  12. Sedikit banyaknya drama ini menggambarkan keadaan psikologis orang Korea ya yang umumnya sekarang selalu menunda pernikahan dengan berbagai pertimbangan.

    BalasHapus
  13. wah 1 tahun, 7 tahun ....dan aku 17 tahun lebih menikah. Aku suka cara Mbak mereview drama, selalu detil dan memikat tulisannya. Dan benar adanya: Semua orang adalah pemeran utama dalam hidupnya. Sayang, tidak ada yang tahu akhir cerita mereka. Harapannya firasat akhir yang bahagia. Dan nasib buruk tidak menjadi kenyataan

    Woow!!

    BalasHapus
  14. Yup, namanya jodoh ya, bakalan nikah sama siapa kapan dan di mananya enggak ada yang tau...

    BalasHapus
  15. Drama korea itu sebenarnya kayak gambaran yang dialami oleh generasi milenial di korea ya mbak. Salah satunya menunda pernikahan. ah aku udah lama ga nonton drama korea nih, kayaknya yg ini bakalan masuk list buat rebahan di rumah

    BalasHapus
  16. Drama Korea ini emang seru banget ya mbak seandainya aku. Bisa punya waktu banyak bersantai untuk nonton film kayak gini...asik kayaknya

    BalasHapus
  17. Haha iya tu related sekali sama kehidupan jelang pernikahan. Itulah kalau di ISlam ada istikhoroh, kalau di Korsel gmn yaaa hehe :D
    Kalau melihat beberapa drama, salah satunya ini kdng suka bertanya2 pdhl udah hidup bersama tapi knp susah ya mengikatnya dengan kertas resmi hehe, kyknya krn budaya org sana sekali kegap selingkuh dihujat abis2an kyknya ya

    BalasHapus
  18. Tambah lg nih list blog yg sering bahas tth drakor.haha.. Sumpah aku mau skip skip baca takut keracunan. Lagi mabok bersihin rumah aja kerjaan aku. Takut kena virus korea lagi malah jd tim rebahan.haha

    BalasHapus
  19. Lagi ngebayangin pacaran selama 7 tahun kek gimana ya Mbak? Hehehe. Soale banyak teman2nya paksu yg rata2 pacarannya selama itu bahkan lebih. Ada yg dinikahin, ada yg putus.

    Ini drakor bisa jadi pilihan kegiatan santuy selama masa liburan di rumah thok ya Mbak.

    BalasHapus
  20. Asyik asyik, nambah lagi referensiku. enaknya kalau nonton webdrama gini durasinya pendek2 ya. Jadi bisa ditonton sambil setrika atau sambil makan gitu. hahaha

    BalasHapus
  21. Aku suka banget rima ini:

    "... hubungan selalu mengalami masa krisis sebelum pernikahan. Ada yang putus, ada yang semakin serius"

    Yup, ada yang yang putus, ada yang semakin serius.

    Anu, Jiah, yang manakah?

    BalasHapus
  22. Masukin list ah buat ditonton nanti, hehe. rebahan di rumah makin asik ya nonton drakor hehehe.

    BalasHapus
  23. Drama Korea rata-rata ceritanya bagus, ya. Konfliknya juga tajam. Pantas aja banyak yang suka

    BalasHapus