Explore the blog
Sabtu, 13 November 2021

Review Sweet & Sour Korean Movie

Apa yang kamu lakukan jika harus LDR? Percaya dengan pasangan, atau memilih putus karena tidak sejalan?

Annyeong hasimnikka! Saya kembali! Semoga Kalian dalam keadaan sehat dan bahagia meski menjalani hubungan jarak jauh. Bicara LDR, pasti banyak pertimbangannya. Enggak jarang akhirnya bubar di tengah jalan. Well kali ini saya datang dengan Review Sweet & Sour Korean Movie, karena cinta memang ada manis juga asamnya.

sweet and sour

Bertemu di sebuah RS, Jang Hyeok jatuh cinta dengan Jung Da-Eun yang bekerja sebagai perawat. Hubungan dari yang biasa menjadi begitu manis dengan saling menerima apa adanya diri mereka.

Suatu ketika, Jang Hyeok mulai magang di perusahaan besar yang ada di Seoul. Mereka pun terpaksa menjalani LDR. Ternyata, hubungan jarak jauh tidak semudah kelihatannya. Jang Hyeok bertemu dengan Han Bo-Yeong, pekerja magang yang juga menginginkan posisi yang sama. Lalu, apakah hubungan Jang Hyeok dan Jung Da-Eun akan tetap bertahan?


Movie: Sweet & Sour
Revised romanization: Saekomdalkom
Hangul: 새콤달콤
Director: Lee Gye-Byeok
Writer: Kurumi Inui (novel), Lee Gye-Byeok, Sung Da-Som
Producer:
Cinematographer: Park Young-Joon
Release Date: June 4, 2021
Runtime: 102 min.
Distributor: Netflix
Language: Korean
Country: South Korea
Cast:
Jang Ki-Yong - Jang Hyeok
Chae Soo-Bin - Jung Da-Eun
Krystal - Han Bo-Yeong
Lee Woo-Je - Jang Hyeok
Hwang Jung-Min - chief nurse
Kim Hye-Ran - nurse
Kim Mi-Hye - nurse
Ko Kyu-Pil - resident physician
Lee Kyoung-Young - security guard
Park Chul-Min - manager
Yoo-Sun - CEO
Park Jung-Min - team leader
Yoon Seul - employee
Ahn Kil-Kang - Jang Hyeok's father
Kim Mi-Kyung - Jang Hyeok's mother

Review Sweet & Sour Movie, When Love Goes Bad


sweet and sour movie

Saya tahu film ini saat membaca Sweet & Sour Sinopsis dari Mbak Lendy. Karena kemarin nonton dan mengulas Squid Game serta The Last Ride yang temanya gelap dan ada sedih-sedihnya, maka saya memutuskan untuk nonton Sweet and Sour Sub Indo berharap bisa hahahihi dengan cerita romancenya.

Sweet & Sour 2021 merupakan film yang didasarkan pada novel "Initiation Love" karya Kurumi Inui yang dipublikasikan pada 1 April 2004 oleh HARA SHOBO. Pada tahun 2015, Jepang juga membuatnya dalam Initiation Love movie. Katanya sih sama-sama bembagongkan. Kapan-kapan saya ulas jika sudah menonton.


Cerita Sweet & Sour dibuka dengan Jang Hyeok yang dirawat di RS karena menderita Hepatitis B. Di sana dia bertemu dengan perawat Jung Da-Eun. Awalnya hubungan mereka biasa sampai berkembang cukup manis. Ketika Jang Hyeok keluar RS, akhirnya dia menyatakan perasaannya pada Da-Eun dan resmi berkencan.

Masalah muncul saat Jang Hyeok mendapat tawaran untuk magang di perusahaan besar dan meski sedikit berat hati, Da-Eun setuju karena berpikir itu adalah kesempatan yang bagus. Ternyata pulang pergi dari Incheon ke Seoul memakan banyak waktu. Belum lagi di kantor, Jang Hyeok mendapat saingan bernama Han Bo-Yeong yang juga mengincar posisi yang sama serta intensitas pekerjaan yang meningkat.


Masalah ini terus berlarut termasuk soal kehamilan tak terencana hingga Da-Eun mendapati Jang Hyeok salah memanggil namanya dengan nama Han Bo-Yeong dan berakhir dengan tuduhan perselingkuhan. Apakah hubungan mereka bisa diselamatkan atau justru berakhir dengan perpisahan?

Sweet and Sour Review


sweet and sour review

Nonton Sweet and Sour ini termasuk film yang menarik meski sebenarnya punya cerita yang biasa. Saya bisa ikut tersenyum saat awal-awal kedekatan Jang Hyeok dan Da-Eun. Lucunya, saya pun tidak bisa marah dengan hadirnya Han Bo-Yeong di antara mereka. Tidak bisa dibilang pelakor juga karena dia tidak tahu bahwa Jang Hyeok punya kekasih.

Ketika membaca Sinopsis Sweet & Sour, Mbak Lendy mengingatkan Pembaca tentang plot twist. Ya bagaimana wong dari alur ceritanya memang normal banget. Bertemu, jatuh cinta, pacaran, masalah, puncak, dan ending. Namun asli itu di luar dugaan. Sampai saya mikir, Chankkaman, ige mwoya? Apa yang salah?

Seperti Jang Hyeok, saya juga mengulang-ulang pertanyaan "Apa yang salah" sehingga memutuskan melihat kembali dan mendapatkan Sweet and Sour Penjelasan Ending. Ini harus fix dijelaskan biar tidak bikin pusing dan membawa beban pikiran.

Sebenarnya antisipasi saya tentang plot twist Sweet & Sour adalah, Jang Hyeok ini diberikan kesempatan untuk kembali ke masa lalu. Jadi ala drama Go Back Couple atau Familiar Wife. Mungkin Jang Hyeok bakal memilih tetap gendut atau tidak mengambil pekerjaan di Seoul sehingga hubungannya dengan Da-Eun akan baik-baik saja. Happy ending deh. Nyatanya tidak semudah itu.

penjelasan ending sweet and sour

Penjelasan Ending Sweet and Sour tidak ujug-ujug menimbulkan bom. Ada petunjuk yang diberikan tapi tidak kita sadari. Ini dia cluenya:
  1. Judul, Sepatu Baru - Sepatu Lama. Saya teringat lakorn Rong Tao Naree di mana pasangan itu digambarkan seperti sepatu. Jika memilih yang tepat, maka kita akan nyaman pun sebaliknya
  2. Pekerjaan dan Nama Jang Hyeok saat masuk RS dan akhirnya magang di perusahaan baru
  3. Penjual Macaron yang dikunjungi Da-Eun

3 hal tersebut yang jadi kunci plot twist Sweet and Sour Netflix dan sayangnya kita melewatkan itu karena terlalu fokus dengan kisah mereka. Kita berpikir bahwa film ini memiliki alur maju. Padahal sebenarnya beralur mundur. Yang jelas bikin saya atau mungkin semua Penonton terbengong-bengong. Daebak!

Jika tertinggal taksi, kau bisa menunggu yang berikutnya. Namun jika kehilangan seseorang, maka sampai di situ

Untuk Sweet & Sour 2021 Pemeran, bisa dibilang saya sudah melihat akting 3 pemeran utama. Mulai dari Chae Soo-Bin sebagai Jung Da-Eun. Sejak nonton dramanya I'm Not a Robot dan Where Stars Land, Chae Soo-Bin sangat baik dalam berperan. Di sini saya sampai ikut terbawa lelahnya sebagai Perawat. Belum lagi pikiran labil saat di awal kehamilan.


Jang Ki-Yong sebagai Jang Hyeok, entah mengapa saya lebih suka karakternya di sini dibanding terakhir saat bermain di Search: WWW. Karakter yang dibawakan biasanya pendiam, jarang tersenyum, tapi di film ini sebaliknya. Dia seperti mudah digapai #Halah. Mungkin saya butuh nonton drama lainnya untuk perbandingan.

Lalau Krystal sebagai Han Bo-Yeong, saya melihat sisi lainnya tidak seperti karakter di drama The Heirs. Tidak menyangka bahwa dia bisa akting sekocak dan seabsurd itu. Seperti bukan Krystal yang biasa dan saya menyukainya.

Sebenarnya cerita Sweet & Sour Korean Movie ini simpel dan banyak orang mengalami tidak mudahnya LDR. Yang bertahan banyak, yang putus apalagi. Bahkan sebelum mulai Hubungan Jarak Jauh pun ada yang menyerah seperti salah satu kisah di webdrama Flower Ever After.


Kuncinya apa? Mana saya tahu wong belum pernah benar-benar menjalani, hahaha. Sepertinya semua hubungan itu wajib punya komunikasi yang baik apalagi jika dua-duanya Pekerja. Kesibukan serta kelelahan hanya alasan. Jika komunikasi baik, saling mengerti, mungkin semua bisa teratasi meski ada pertengkaran kecil. Itu adalah hal normal.

Lalu yang saya garis bawahi juga soal tuduhan perselingkuhan. Ada baiknya kita berpikir positif sama pasangan. Jangan karena masalah kecil jadi menuduh yang tidak-tidak apalagi statusnya LDR. Karena sering kali apa yang kita ucapkan, tuduhkan sebenarnya tidak terjadi. Lalu karena sering dikatain padahal tidak, akhirnya malah betulan dilakukan. Nangis kan akhirnya? Jangan menyalahkan jika ada orang ketiga.

sweet and sour korean movie

Secara keseluruhan, Sweet & Sour romance comedy movie ini cukup oke untuk ditonton. Simpel dan mengena di hati. Endingnya bikin gemas, tapi realistis. Untuk legalnya ada di Netflix ya. Cuma 100 menit kok!

Sekian dulu ulasan saya kali ini. Kalian sendiri ada yang sudah nonton film Sweet and Sour? Atau punya cerita juga soal LDR? Coba share di kolom komentar ya! Sampai jumpa. Happy blogging!

Sumber gambar: HanCinema

Whould you like to comment?

  1. Huaaa cerita soal LDR ini emang Harap2 Cemas Jiaah. Aku pelaku LDR dari semenjak menikah, awalnya sih bikin galow tapi lama kelamaan ya dijalanin aja, yg penting dapur tetep ngebul, eehhhh..
    Soal perselingkuhan,kecurigaan, kekhawatiran , kepercayaan adalah bumbu2 LDRan yang bikin gurih2 enyoy. Tinggal bagemana kita menyingkapinyaa.

    BalasHapus
  2. Udah lama nih gak nonton film Korea, nonton kdrama aja. Terakhir kemarin abis nonton My Name. Masih belum move on juga sama Choi Mu-jin. Apa saya nonton Sweet and Sour ini aja kali ya buat menetralisir pengaruh My Name wkkwkwk

    BalasHapus
  3. Wah, ini cerita hubungan jarak jauh bersama pasangan yach :D Tentunya ga mudah dijalani apalagi seandainya kita atau dia itu pencemburu berat hihihi. Banyak godaan pastiya. Ini Sweet and Sour bisa jadi cermin, cerita yang memberikan pengalaman LDR. Kira2 banyak yang sanggup ga yach? hihihihi....

    BalasHapus
  4. Fix endingnya bikin perasaan jadi nano-nano. Antara ikut shock, bingung, ngakak tapi kasihan juga. Kurumi Inui itu emang paling jago bikin cerita dengan plot twist membagongkan kayak gini. Inget nggak yg drama Repeat 365? Kan plot twist juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ho oh. Itu drama kan remake dari Jepang juga. Sungguh membagongkan karena diajak muter-muter, hahaha

      Hapus
  5. Tidak terlalu lama ya nonton sampai berepisode episode . Inilah yang membuat hidup kita bahagia waktu kita buat cari hiburan tercapai tertawa terbahak bahak adegan sweet and sour

    BalasHapus
  6. Aku sudah nonton ini gara-gara anakku yang sudah nonton duluan, terus bilang mama coba nonton itu, endingnya membagongkan katanya hahahaha. Penasaran kan akhirnya nonton juga, tapi udah tau endingnya gara-gara dispoiler sama suami :D

    BalasHapus
  7. Emang film ini tuh endingnya sangat membagongkan yaaah
    Kelar nonton aku juga langsung bengong sebentar dan nonton ulang ke bagian awal hahaha

    Tapi ketampanan Kiyong emang tumpah2 banget di drama ini siiih hehe

    BalasHapus
  8. Sayangnya daku ga langganan Netflix. Coba ntar aku cek di tetangga NF, ada gak hehehehe. LDR emang tantangan yang tidak semua orang bisa melaluinya. Berdasarkan pengalaman sebelum menikah, saya termasuk orang yang yakin duluan ga bisa LDR lama-lama wkwkw. Salah satu pertimbangan buat resign and jadi dailywife hehehe

    BalasHapus
  9. Hubungan jarak jauh di mana-mana pasti menimbulkan romantisme dan persoalan sendiri ya mbak. Hubungan yang banyak banget diangkat jadi tema drama. Karena sehari-hari pun cerita hubungan jarak jauh banyak yang teramai juga. Nah jadi tertarik nih untuk ikut nonton sweet and sour 2021 ini. Apalagi dijanjikan twisted nya yang tak terduga. Pasti seru

    BalasHapus
  10. Komunikasi memang kunci dalam hubungan apapun. Apalagi LDRan kayak gitu. Saya belum pernah merasakannya, sih. Tapi, hubungan jarak jauh juga harus dikelola komunikasinya ^_^

    BalasHapus
  11. Aku udah nonton film ini juga. Sempet bingung itu pas ada 2 Jang Hyeok. Eh ga tahunya orang yang beda dengan nama yang sama. Si cewek pilih yang ajak pergi ke luar negeri deh.

    BalasHapus
  12. Fixed nonton di Netflix, Seet an Sour, cuma 100 menit ...penasaran sama plot twistnya dan apa yang salah ya kok endingnya begitu huhuhu.
    Memang LDR itu...duh. Dulu sebelum nikah sama suamiku, aku punya teman dekat bertahun-tahun LDR, ya gitu deh akhirnya ga jadi nikah. Maka sama suami (calon suami saat itu) gamau lagi, begitu kenal - memang LDR juga, dalam hitungan bulan nikah, biar ga kelamaan jauhan ...eh malah curhat haha

    BalasHapus
  13. Ini film endingnya membagongkan bener-bener kesel deh ahahaha.

    Tapi slice of life-nya memang relate banget sama kehidupan jaman sekarang. Walau simple alurnya, ngena banget sih buat aku. Kalau emang nggak sejalan lebih baik udahan aja daripada dijalanin tapi ada yang sakit. Hehe.

    BalasHapus
  14. Kbetulan belum nonton film ini..kayaknya seru romantis gitu ya..hehe...Mau ah ntar kalo pas week end nonton film ini..

    BalasHapus
  15. Aku baru inget, pernah nonton ini. Awalnya adik asik aja, yang bikin nyesek di endingnya ya wkwkwk.. Doh, bikin kesel tapi realita banget sih..

    BalasHapus
  16. Aku udah nonton film ini dan beneran yang endingnya bikin aku ama suami. Hahaha. Tapi senang juga nonton drama ringan yang menyenangkan kayak gini

    BalasHapus
  17. Kalau cuma 100 menit aku mau banget nonton nih, kalau berseri bakal nggak kelar-kelar kerjaan yang lain haha bakal mantengin TV terus

    BalasHapus
  18. Ya ampoonn film ini aku baru nonton kemarin dan aku keseeeelllll sama endingnya yg membagongkan wkwkwkw
    Padahal Incheon deket sama Seoul ya tapi krn traffic jd kyk gtu deeh
    Sedih jg sih soalnya hanya krn masalah komunikasi aja sebenarnya dan kesibukan masing2 yang gila2an tanpa pernah sempat ngobrol huhu
    Btw tooosss aku lg bucin ma Kiyong wkwkw :P

    BalasHapus
  19. wahh filmnya Krystal ya
    harus nonton nih
    kayaknya kisahnya related banget sama kehidupan sehari-hari ya mbak
    pas buat tontonan akhir pekan nih

    BalasHapus
  20. Kalau masih pacaran, LDR ya namanya ujian.
    Tapi kalau sudah menikah, sebisa mungkin jangan LDR.
    Huhu...iya, aku jadi inget adegan sepatu baru dan sepatu lama yaa, Jiah..

    Beneran paduan visual antara Chae Soo-Bin, Jang Ki Yong dan Krystal ini sangat sayang untuk dilewatkan.

    BalasHapus
  21. Eh gimana sih endingnya? Baca Komen di atas jadi Makin penasaran. Benar-benar unpredictable yah. Trus bisa alur mundur? Tuh kan jadi ingin nonton

    BalasHapus
  22. Iya, sih, katanya endingnya membagongkan, haha. Tapi aku belum nonton. But udah puluhan review yang kubaca, kekeke. Jadi maju mundur mau nonton karena udah ketahuan alurnya gimana.

    BalasHapus
  23. Hehehe Jiah belum pernah menjalani LDR ya, jadi mana bisa menggambarkan gimana rasanya ya.

    Rasanya tuh kadang seneng karena masih kayak jaman single, bebas mau kemana dan ngapain aja. Kadang rasanya "punya suami, tapi rasa janda" soalnya ngurus apa-apa sendiri. Apalagi kalau sampai pas melahirkan, suaminya belum bisa pulang. Bisa-bisa stres banget tuh, sampai lama mulesnya dan pembukaan nggak nambah-nambah.

    Demikian share pengalaman dari saya yang awal menikah berjauhan dengan suami

    BalasHapus
  24. Sudah lama nggak nonton film romance. Jadi Penasaran dengan film ini. Kirain daftar aja ceritanya. Eh ternyata ada plot twist ya. Nggak kaget juga sih. Nggak mungkin film Korea hanya datar biasa saja. Pasti ada kejutan yang bikin kecanduan nonton terus. Terima kasih review-nya Mbak.

    BalasHapus
  25. aku udah nonton nih, endingnya bikin HAH :D

    BalasHapus

Tinggalkan jejakmu di sini, Teman