Explore the blog
Kamis, 05 November 2020

Review To All The Guys Who Loved Me Korean Drama

Pernahkah kamu terpikir untuk tidak menikah? Apa alasannya?

Annyeong hasimnikka! Banyak orang berpikir ketika menemukan orang yang dicintai maka akhirnya harus menikah. Padahal menikah bukan akhir tapi awal. Tidak semua berhasil dan kadang menyebabkan rasa trauma sehingga orang tidak mau menikah. Begitulah yang dialami Seo Hyun Joo dalam To All The Guys Who Loved Me.

to all the guys who loved me

Setelah mengalami kecelakaan dan tenggelam, Seo Hyun Joo kecil mengingat 3 kehidupannya di masa lalu dan memutuskan jika besar nanti dia tidak akan menikah. Saat dewasa meski telah melupakan kejadian itu, Hyun Joo ternyata tetap berpegang pada prinsipnya untuk melajang.


Setelahnya, dua orang pria malah datang kepadanya dan menyatakan cinta. Park Do Gyeom, penulis komik web populer yang sudah seperti adiknya sendiri. Lalu Hwang Ji Woo, CEO sebuah perusahaan farmasi berkepribadian dingin dan kemampuan bisnis yang sangat baik.


Apakah Hyun Joo akan tetap menjadi single atau memilih salah satu di antara dua pria tersebut? 

Drama: Men are Men/ To All The Guys Who Loved Me/ That Guy Is The Guy
Revised romanization: Geunomi Geunomida
Hangul: 그놈이 그놈이다
Director: Choi Yoon-Suk
Writer: Lee Eun-Young
Network: KBS2
Episodes: 16
Release Date: July 6 - September 1, 2020
Runtime: Mon & Tue 21:30
Language: Korean
Country: South Korea
Cast:
Hwang Jung-Eum - Seo Hyun-Joo
Yoon Hyun-Min - Hwang Ji-Woo
Seo Ji-Hoon - Park Do-Gyeom
Choi Myoung-Gil - Kim Sun-Hee
Jo Woo-Ri - Han Seo-Yoon
Kim Gyu-Sun - Song Jin-A
Song Sang-Eun - Kang Min-Jung
Noh Susanna - Oh Young-Eun
Song Jin-Woo - Kim Eun-Beom
Kim Doh-Yon - Oh Ji-Hwan
Lee Hyun-Kyun - Kang Min-Jung's husband
Shim Hye-Yeon - Soo-Bin
Hwang Young-Hee - Jung Young-Soon
Seo Hyun-Chul - Seo Ho-Joon
Han Da-Sol - Kim Da-Eun
Jo Hyun-Sik - Kang Eun-Jae
Hwang Man-Ik - Kim Pal-Do
Baek Joo-Hee - Jo Mi-Ok
Yoo Jung-Rae - Hong Bo-Hee
Kim Jae-Hwa - Butler Kim
Shin Se-Hwi - You Gyo Girl
Lee Hwang-Eui - Nam Yoo-Cheol
Kim Da-Ye - Kim Su-Jeong
Son Sung-Chan
Lee Young-Jin
Yeo Woon-Bok
Kim Jong-Ho
Nam Jung-Woo
Kwon Ban-Suk
In Gyo-Jin
Lee Si-Un
Lee Mal-Nyeon
Joo Ho-Min
Kang Ji-Eun
Won Jong-Rye
Jang Sung-Won
Joo Ye-Rim
Lee Chae-Yun
Jung Ji-Hoon
Bae In-Hyuk
Ha Yi-An
Ahn Se-Bin
Seo Yoon-Hyuk
Hong Suk-Bin
Jwa Chae-Won
Lee Jung-Yeol
Song Kyung-Hwa
Kang Dong-Ho
Kim Jin-Yeop
Lee Si-Hoon
Yoon Sun-Woo
Johyun
Lee Jong-Hyuk
Song Ha-Rim
Choi Gyo-Sik
Lee Sun-Hee
Lee Rang-Seo
Yun Seol
Kwon Hyuk-Soo
Woo Hyun-Zoo
Nam Dong-Jin
Kim Min-Seung
Park Yoo-Mil
No Kyung
Jang Do-Ha
Seo Sung-Jong
Choi Yoon-Bin
Kim Sung-Yong 

Review Korean Drama Men are Men


to all the guys who loved me

Awalnya saya tidak ada niatan untuk menonton drama Men are Men ini. Lalu saat adegan Hyun Joo kecil di RS setelah tenggelam dan bilang dia enggak mau nikah, asli itu bikin ngakak. Jadilah saya coba nonton satu episode dan ternyata boleh juga.


Diceritakan Seo Hyun Joo merupakan produser Webtoon. Dia menangani banyak penulis termasuk Park Do Gyeom, laki-laki yang tumbuh bersamanya seperti adik. Hyun Joo ini ingin jadi penulis juga dan dia menunggu untuk dipromosikan tapi malah berakhir dengan pemecatan. 

Setelahnya tawaran pekerjaan datang dari Hwang Ji Woo, CEO sebuah perusahaan farmasi yang ingin mengembangkan bisnis webtoon juga. Seo Hyun Joo pun setuju karena menurutnya itu penawaran yang sangat bagus.


Namun di sisi lain, Hwang Ji Woo ini selalu mendekati Hyun Joo bahkan datang saat dia melakukan kencan buta. Hyun Joo sendiri memutuskan untuk melajang. Hal itu juga memicu Park Do Gyeom lebih mengawasi Hwang Ji Woo sebagai saingannya.


Ternyata, Hwang Ji Woo ini melakukan banyak hal hingga Hyun Joo dipecat dari perusahaannya yang lama. Lebih dalam, Bosnya itu bukan hanya sekadar bos. Ada masa lalu yang mengingat mereka bahkan membawa dampak banyak hal di kehidupan mereka sekarang. Apakah itu? 

Drama That Guy Is The Guy


to all the guys who loved me

Kata saya, judul yang tepat untuk drama ini tuh CLBK, Cinta Lama Belum Kelar. Kenapa? Soalnya menghubungkan kehidupan masa lalu dan sekarang. Yap, To All The Guys Who Loved Me ini drama fantasi. Karena ada unsur komedi, makanya saya mau nonton. Kisahnya enggak terlalu berat sebenarnya. 

Ceritanya Hyun Joo mengingat 3 kehidupan lampaunya di mana Hwang Ji Woo juga ada di sana. Mereka pasangan suami istri tapi selalu berpisah. Nah di kehidupan keempat, Hwang Ji Woo ini mau meluruskan masalah dan kalau bisa memperbaiki keadaan. Saya pikir bucinnya kaya CEO Farmasi di This Guy is The Biggest Mistake in My Life.


Awalnya saya kira tiga kehidupan lampau mereka itu cerita perpisahannya sama. Ternyata beda dan masing-masing punya alasan sendiri. Di kehidupan ke-3, ada perempuan yang bernama Kim Su Jeong yang jatuh cinta pada Kang Jin Ho, Hwang Ji Woo di masa lalu. Akhirnya dia terobsesi dengan Hwang Ji Woo sekarang sampai ingin agar anaknya menikah dengan pria itu. Ketika tahu Ji Woo suka sama Hyun Joo, dia melakukan banyak cara untuk memisahkan mereka sama seperti kelicikannya di masa lalu.


Sebenarnya kisah cinta mereka tuh berputar pada kesalahpahaman itu. Setelahnya meyakinkan rasa suka, jadian, ya seperti itu. Riak-riak kecil meski sedikit menjengkelkan, sebenarnya bukan masalah besar. Anggap penguat rasa macam micin saja, hahaha. 

Yang saya suka dari Men are Men sebenarnya gagasan tentang bahagia meski tidak menikah. Saya bukan orang yang menentang pernikahan. Namun, jika ada orang yang memutuskan untuk tidak menikah, maka coba hargai pilihannya itu.

to all the guys who loved me

Hyun Joo ini awalnya selalu diminta untuk menikah oleh orangtuanya. Wanita sudah cukup umur gitu kan, tapi dia ingin melajang. Bahkan waktu kencan buta, jika pun menikah, dia yang akan menafkahi suaminya. Dia ingin tetap menjadi dirinya yang mandiri. Ibaratnya, daripada menunggu bunga mekar, dia ingin membuat taman yang memekarkan banyak bunga.


Setelah bertemu dengan Hwang Ji Woo dan jatuh cinta, tak serta merta membuatnya ingin mengakhiri masa lajang. Jika pun mereka bertemu di usia senja, jika tidak ingin menikah ya tidak usah dilakukan. Cinta tidak harus selalu mengarah pada pernikahan. Haduh! Ini kesannya saya menentang pernikahan ya, hahaha. Serius, tidak. Pernikahan itu kesepakatan dua orang dan bukan akhir perjalanan cinta. Jadi kudu satuin visi misinya dulu. Prinsip Hyun Joo yang sekarang itu agak mirip Bae Ya Mi Search WWW.


To All The Guys Who Loved Me ini termasuk drama perkantoran. Ada kalanya mereka bagian Webtoon rapat atau mencari penulis yang mau bekerja sama menerbitkan karyanya. Bagian ini ada lucu-lucunya juga karena bawahannya Hyun Joo punya karakter yang berbeda-beda. Bikin ramai.


Orangtua Hyun Joo juga lawak banget. Saya jadi teringat Ibu Bapaknya Goo Se Ra Into The Ring. 11-12 kelakuan mereka. Lalu Sahabat-sahabatnya Hyun Joo juga punya kisah sendiri-sendiri. Ada Song Jin A yang punya dua pacar. Oh Young Eun yang mengalami menopause di usia muda padahal ingin punya anak. Dan Kang Min Jung yang bertengkar dengan suaminya karena boros. Namun ketiganya tetap mendukung Hyun Joo.


Untuk pemain, ini pertama kalinya saya nonton Hwang Jung Eum meski sudah tahu judul dramanya yang lalu kaya Kill Me, Heal Me. Lalu Yoon Hyun Min dan Seo Ji Hoon yang sebelumnya dipertemukan di drama Mama Fairy and the Woodcutter, tapi saya suka Yoon Hyun Min saat di My Holo Love. Lalu ada Jo Woo Ri yang pernah bermain di ID: Gangnam Beauty. Seo Hyun Chul bermain di Melting Me Softly dan pemeran Ibunya Hyun Joo Hwang Young Hee yang terakhir bermain di drama Never Twice. Sebenarnya beberapa pemain dan kameo ada yang saya tahu. Namun saya cukupkan saja perkenalkan mereka, hehehe. 

Apakah drama Men are Men ini recommended?


Tergantung selera sebenarnya. That Guy Is The Guy ini komedi romantis dengan alur yang lambat. Plotnya juga tidak terlalu wow sebenarnya apalagi lumayan berputar di situ-situ saja. Jika bukan pecinta fantasi, lebih baik nonton lain saja. Kan banyak tuh di List Drama dan Film yang saya buat. 

Jika mereka bahagia dengan tidak menikah, kenapa kita yang susah? Peduli boleh, tapi jangan mencampuri dan membuat sakit hati. Intinya sih, menikah atau tidak ya terserah masing-masing individu. Mereka yang menjalani kehidupan itu.

to all the guys who loved me

Sampai di sini review drama To All The Guys Who Loved Me. Ada yang sudah nonton? Share pendapat kalian ya! Sampai jumpa. Happy blogging!

Sumber info dan gambar:
Asianwiki & HanCinema

Whould you like to comment?

  1. drama ini bagus dan kocak juga sih. pesan nya juga bagus. yup bener jika ada orang yang tidak ingin menikah kita tidak harus ngejudge. hargai saja

    BalasHapus

Tinggalkan jejakmu di sini, Teman