6c2y5xLulMkOYYgEXrgPjC5Lx3Je6RzEo1m3mFkw

Review Faceless Love Thai Drama

Pernah kah jatuh cinta tanpa melihat wajah orang yang kamu sukai? Bagaimana rasanya?

    Sawadikha! Bicara cinta itu, kadang memang aneh. Orang bisa langsung suka hanya dengan mendengar suara seperti Love Me, Love My Voice. Ada juga yang cuma berbalas pesan, langsung klepek-klepek. Dan tidak ada yang salah dengan itu semua. Seperti yang dialami Vee pada Mirin dalam Faceless Love Thai Drama, Cinta Tanpa Wajah.

review faceless love thai drama

    Vee, CEO Next Innovation selalu pemilih dalam banyak hal termasuk soal Sekretaris. Pegawainya tidak ada yang memenuhi standarnya sampai membuat Chanon, sepupunya pusing. Suatu ketika saat wawancara, seorang bernama Neeraumphan Phaisanphisai datang dan menarik perhatiannya. Neeraumphan bisa membuat coklat panas seperti yang diinginkan bahkan mulai membuat Vee tersenyum di saat dia tidak bisa melihat wajah orang lain. Lalu apa yang akan terjadi selanjutnya? Sebenarnya, siapa gadis itu?

Drama: Faceless Love
Native Title: รักไม่รู้หน้า
Also Known As: Rak Mai Ru Na
Director: Koo Ekkasit Trakulkasemsuk, Pantip Vibultham
Screenwriter: Nepal Jitranon
Genres: Comedy, Romance
Tags: MDL Remake, Office Setting, Personal Assistant Female Lead, Company President (CEO) Male Lead, Height Difference, Prosopagnosia
Country: Thailand
Episodes: 14
Aired: Nov 8, 2023 - Dec 21, 2023
Aired On: Wednesday, Thursday
Original Network: Amazon Prime
Duration: 46 min.
Cast:
Dew Jirawat Sutivanichsak - "Vee" Veekij Kraiphiwat
Kao Supassara Thanachart - "Mirin" Neeraumphan Phaisanphisai
Luke Ishikawa Plowden - Chanon
Ployphach Phatchatorn Thanawat - Ewes [Chanon's assistant]
June Wanwimol Jaenasavamethee - Thanya [Chanon's friend/business partner]
Pepper Phanuroj Chalermkijporntavee - Manit
JJ Chayakorn Jutamas - Maew Kwak
Tao Sarocha Watittapan - Soiphet [Chanon's mother]
Parn Thanaporn Wagprayoon - Supranee [Mirin's mother]
Aon Kevlin Kotland - Neeraumphan [Veeikij's mother]
Aey Narinthorn Na Bangchang - Noi [Supranee's friend]
Gung Kunpong Kultanaruangnonth - Seen [Doctor]
Nok Pornthip Prasertyingsook

Faceless Love Review


faceless love review

    Saya tahu drama Thailand Faceless Love ini dari beberapa video yang muncul di Instagram. Kiyowo gitu karena saya memang suka pemeran cowok yang lebih tinggi daripada ceweknya. Hanya tertarik, tapi belum ada alasan tepat untuk nonton karena list saya sudah terlalu panjang. Sampai saya buka Prime Video untuk melihat Death's Game. Eh malah nyobain drama ini dulu dan keterusan, hahaha.

    Sebenarnya, drama Faceless Love ini tentang apa sih?

Jika aku bisa melihat senyumanmu, itu akan sangat bagus

sinopsis faceless love

    Sinopsis Faceless Love merupakan drama adaptasi dari dorama Rich Man, Poor Woman (リッチマン、プアウーマン) yang ditulis Naoko Adachi dan tayang di FUJI TV di tahun 2012. Bercerita tentang CEO yang mengalami Prosopagnosia, mendirikan perusahaan IT terkemuka untuk menemukan Ibunya. Dalam pencariannya, tiba-tiba ada perempuan yang sangat pandai dalam mengingat sesuatu dan dia punya nama seperti nama Ibunya si tokoh laki-laki. Secara singkat dan dasarnya seperti itu ya.

    Bicara Prosopagnosia atau face blindness, istilah ini sudah tidak asing di telinga saya. Ini merupakan kondisi medis di mana seseorang tidak dapat mengenali wajah, baik diri sendiri atau orang lain. Penyebabnya bisa karena kecelakaan, trauma, atau bahkan genetika ketika orang tuanya punya masalah yang sama. Tidak ada metode khusus untuk penyembuhannya, tapi beberapa ada yang menggunakan terapi, obat bahkan operasi tergantung penyebabnya.

รักไม่รู้หน้า

    Di Drama Thailand Faceless Love ini, Vee mengalami Prosopagnosia setelah ditinggal Ibunya saat berada di Taman Hiburan. Dia bingung, syok, dan terlalu banyak melihat wajah orang-orang yang mengelilinya. Saat itu usianya baru 10 tahun. Ayahnya sendiri sudah meninggal. Jadi dia tinggal bersama Kakek, Bibi dan sepupunya, Chanon.

    Saat dewasa, Vee jadi CEO Next Innovation, perusahaan pertama yang mengembangkan aplikasi di bidang kesejahteraan dan kesehatan. Ada Good Life (Pemantau Kesehatan), Get Well Soon (Mengingat Pil dengan rincian obat-obatan) Be Friend, Keep Up (Aplikasi diet), dan lainnya di mana aplikasi ini punya kemudahan penggunaan yang cocok untuk segala usia bahkan pasien. Dia juga sedang mengembangkan aplikasi lain untuk pencarian orang yang tujuan sebenarnya untuk mencari Ibunya.

drama faceless love

    Vee ini pemilih banget dan bikin Chanon pusing. Saat wawancara sekretaris, ada perempuan bernama Neeraumphan Phaisanphisai yang menarik perhatiannya karena itu adalah nama Ibunya. Akhirnya magang deh dengan semua perubahan gayanya karena Vee menganggap penampilannya terlalu kuno. Chanon ini tahu bahwa perempuan itu mengubah namanya untuk mendapatkan pekerjaan. Nama aslinya itu Mirin.

Ada jutaan buku di dunia. Jika isinya bagus dan menarik, tapi sampulnya sudah tua, lapuk, tidak menarik, dan tidak menjelaskan isinya, tak ada yang mau mengambilnya, bukan?

faceless love

    Walaupun Mirin sangat pandai mengingat banyak hal, tapi saat pertama kali bekerja dia melakukan kesalahan sampai membuat Vee marah. Investor yang diincar merasa tersinggung karena ucapan Mirin. Meski sangat marah, Mirin akhirnya masih tetap menjadi sekretaris Vee.

    Semakin lama, Vee jadi tergantung dan merasa nyaman dengan keberadaan Mirin. Dia bisa membuat Coklat Panas yang rasanya seperti buatan Ibunya, bisa membuat tersenyum, dan banyak hal lainnya. Masalahnya, Mirin ternyata tahu di mana Ibu Vee berada, tapi tidak mengatakannya. Lalu, apa yang akan terjadi selanjutnya? Apa hubungan Mirin dengan Ibunya? Cari tahu dengan nonton sendiri Drama Faceless Love ini ya!

Rak Mai Ru Na, Cinta tidak mengenal wajahmu


Aku punya prinsipku. Aku rewel dan memarahimu karena aku tahu kemampuan dan kekuranganmu. Saat orang menghina atau merendahkanmu, itu karena mereka tak mengenalmu. Kau harus menjadi lebih bagus dan hebat agar orang lain menghormatimu

rak mai ru na

    Saya sudah lama sekali tidak mengulas drama Thailand. Terakhir itu Bad Genius: The Series sementara untuk film ada Congrats My Ex! Karena nonton Faceless Love 2023 ini beneran pilihan acak, sama sekali tidak masuk perhitungan, saya tidak terlalu ambil pusing bagaimana ceritanya. Hanya mengecek berapa episode dan durasinya.

    Awalnya saya pikir Faceless Love ini akan mirip The Secret Life of My Secretary karena tokoh utama pria juga mengalami Prosopagnosia. Lalu lihat keterangan di openingnya, ternyata adaptasi dorama. Drama Jeparang Rich Man, Poor Woman 2012 lalu diadaptasi lagi jadi Drama Korea Rich Man MBN-Dramax / 2018. Akhirnya saya putuskan untuk nonton masing-masing 1 episode untuk melihat perbandingannya.

faceless love 2023

    Jujur, saya sebenarnya agak khawatir dengan drama-drama atau film adaptasi apa pun. Banyak yang menyebut jika Rich Man, Poor Woman ini bagus. Meski saya belum nonton penuh doramanya, Faceless Love ini ternyata cukup berbeda dari versi aslinya. Secara first impression, saya malah suka Rak Mai Ru Na ini. Kenapa?

    Rich Man, Poor Woman itu di awal memperlihatkan kekayaan first lead male, perusahaan IT-nya, dan gayanya yang tengil. Versi Koreanya pun kurang lebih sama. Bedanya, versi asli yang dicari itu Ibunya sementara versi Rich Man yang dicari itu pacarnya yang tiba-tiba hilang. Karakter perempuannya di awal pun miskin, mau lulus kuliah dan tertekan karena belum dapat pekerjaan. Saya merasa aura Mirin Faceless Love malah lebih positif dan membuat saya nyaman daripada versi asli dan adaptasi Korea.

drama thailand faceless love

    Perbedaan lain itu versi asli tokoh utama bekerja sama dengan teman semasa kuliah sementara di drama ini bekerja sama dengan sepupu dan perusahaan sudah berdiri oleh Kakeknya. Dari yang saya baca, Rich Man, Poor Woman itu menonjolkan dunia IT-nya sementara di Faceless Love Thai Drama masih standar, tapi cukup up to date karena sekarang pun memang banyak yang memakai aplikasi dalam kesehariannya.

    Saya tidak bisa berbicara banyak soal perbandingan drama asli versus adaptasi. Hanya sebatas kesan pertama dan saya pribadi suka saja dengan cerita Faceless Love ini meski jatuhnya memang standar klise lakorn pada umumnya. Saya pikir memang drama ini dibuat lebih sederhana dengan tetap memegang unsur-unsur di Drama Thailand. Persaingan keluarga juga romansa yang tipis-tipis, tapi tetap membuat saya ikut tersenyum melihatnya.

Aku belum berinvestasi dalam apa pun selama bertahun-tahun karena aku berkecukupan. Jika aku ingin berinvestasi sekali lagi, itu harus sesuatu yang benar-benar menarik dan bermanfaat. Aplikasimu terdengar menarik, tapi tidak cukup tulus bagiku


    Di Drama Thailand memang cukup sering terjadi persaingan antar keluarga. Di Faceless Love ini aroma persaingan makin terasa saat Mirin muncul di kehidupan Vee dan Chanon. Karena masalah Investor sebelumnya, jadilah kedua saudara ini mencari orang lain yang mau mendanai aplikasi baru mereka. Dalam pencarian, Chanon dibantu Tanya, teman sekaligus orang yang sangat menyukai Vee, tapi ditolak.

    Sementara Vee dan Mirin mencari sosok Big Noi, seorang investor yang terkenal namanya, tapi tidak pernah terlihat wujudnya. Bagian ini agak lucu karena sempat salah orang. Eh malah yang dicari ternyata lebih dekat dari dugaan. Well, mereka akhirnya berhasil untuk bekerja sama. Apakah persaingan akan selesai?


    Tentu saja tidak. Chanon dan Tanya berusaha untuk melengserkan Vee dari jabatannya. Dengan apa? Tentu saja dengan kenyataan di mana Mirin ternyata mengenal Ibunya Vee dan memang menggunakan nama Neeraumphan Phaisanphisai untuk menarik dan mendapat pekerjaan. Mana mereka sama-sama jatuh cinta lagi. Kan makin runyam tuh.

Bagaimana jika suatu hari kau pergi, aku harus bagaimana? Jika aku terbiasa bersamamu dan kelak kau pergi, aku harus bagaimana?


    Saya tahu kebohongan yang dilakuan Mirin itu tidak benar, tapi mereka jatuh cinta juga tidak salah. Untungnya kesalahpahaman tidak berlangsung lama. Jadi mereka bisa saling membantu baik untuk kesehatan Ibu Vee atau untuk perusahaan yang mulai cokar-kacir karena ulah Tanya.

    Ibu Vee sendiri pergi karena sebenarnya dia mengalami Alzheimer yang merupakan penyakit otak yang menyebabkan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir dan berbicara, bahkan perubahan perilaku. Dalam kasusnya, Ibu Vee mengalami stres karena penolakan dari keluarga, Soiphet tepatnya. Mana suaminya juga meninggal. Jadi dia tak ingin merepotkan dan membuat susah anaknya yang saat itu masih kecil.

Aku tak suka itu. Aku tak suka saat orang sedih atau kasihan padaku. Begitu juga denganmu. Jangan menangis karenaku lagi


    Meski secara cerita Faceless Love Drama Thailand bukan yang baru dan cenderung klise, tapi entah mengapa saya tetap terhanyut. Ada beberapa bagian di mana saya ikut berkaca-kaca seperti saat Vee mengaku bahwa dia mengalami buta wajah, sesuatu yang selama ini hanya diketahui keluarga. Kalau versi asli, orang-orang bahkan karyawan tahu jika Bosnya tidak bisa mengingat wajah juga nama mereka.

    Buat saya, pasti hal seperti ini (Prosopagnosia) tidak akan pernah mudah. Kamu tidak bisa melihat ekspresi apa pun dari lawan bicaramu. Itulah kenapa Vee karakternya dingin, pemilih dan agak kekanak-kanakan. Ya dia memang tidak tahu harus berekspresi seperti apa wong melihat wajahnya sendiri saja tidak bisa. Makanya ketika akhirnya bisa melihat lagi, saya ikut nangis terharu.

nonton faceless love sub indo

    Karakter Vee yang mengalami Prosopagnosia bertahun-tahun mungkin tidak sekeren Seo Do Jae The Beauty Inside, tapi tetap menarik dengan caranya sendiri. Sementara Mirin, dia imut seperti apa kata Vee, tapi juga bisa cukup kuat dalam menghadapi masalah. Meski ya tetap nangis dulu. Wajar sih ini, hahaha. Lalu Chanon, seperti karakter laki-laki kedua pada umumnya. Namun saya suka karena dia yang awalnya hangat bisa menampilkan sisi lain yang selama ini dipendam yaitu iri. Alhamdulillah balik ke setelan pabrik ya karena penjahat sesungguhnya bukan dirinya.

Cinta Tanpa Wajah


Kau hanya perlu memercayai orang lain, jangan terlalu egois meski kau Bos di sini

pemeran faceless love

    Untuk Pemeran Faceless Love, sebenarnya ini pertama kalinya saya melihat akting para pemain utama, padahal saya sudah tahu beberapa judul drama yang mereka mainkan. Seperti Dew di F4 Thailand: Boys Over Flowers. Sementara Kao ada di drama My Forever Sunshine dan My Secret Bride. Lalu Luke ada di drama The Three GentleBros, My Dear Donovan, dan Oh My Boss. Malah Tao, pemeran Ibunya Chanon, saya sudah lihat aktingnya di Tra Barb See Chompoo dan Waen Dok Mai. Serta Ploy di drama 46 Days.

    Secara keseluruhan, saya cukup suka dengan akting para pemain Faceless Love. Karakternya juga tidak ada yang sampai bikin gedeg. Masih bisa saya atasi dan cukup paham bagaimana mereka bisa seperti itu. Ada sebab akibat dan tentu saja seperti tebakan saya. Semua berakhir damai dan saling memaafkan seperti saat lebaran, hahaha.

    Faceless Love nontonnya di mana?

faceless love nonton di mana

    Jika kalian penasaran buat Nonton Faceless Love Sub Indo, legalnya ada Amazon Prime Video. Selain itu, ada juga di Vidio dan VIU. Ini drama betulan ringan dan cocok buat yang suka komedi romantis. Bisa ikut senyum deh dengan tingkah dan kelucuan mereka. Jadi jangan sampai melewatkannya ya! 

    Memelihara kebencian itu tidak akan membawa manfaat apa pun dan malah merugikan diri sendiri. Jadi tunjukkan kemampuan terbaikmu untuk menutup mulut orang-orang yang tak menyukaimu. Bukan begitu? 

ulasan drama thailand faceless love

    Sekian dulu ulasan Drama Thailand Faceless Love dari saya. Ada yang sudah nonton? Atau baru nonton versi aslinya? Coba share pendapat kalian di kolom komentar ya. Sampai jumpa. Happy blogging!

Sumber informasi dan gambar:
https://mydramalist.com/743927-faceless-love
https://www.facebook.com/gmmtvofficial
Related Posts

Related Posts

23 komentar

  1. Wah menarik sekali, aku belum pernah membaca atau menonton yang kisahnya tentang orang yang tidak mengenali wajah seperti ini. Menarik juga banyak quotes-quotes yang keren. Jadi pengen nonton juga nih.

    BalasHapus
  2. thanks review nya kak, saya tuh kalau mau nonton kudu baca rekomendasi dulu dari orang lain biar tertarik. udah lama sih ga nonton drama Thailand :)

    BalasHapus
  3. Saya sih percaya..karena cinta itu soal rasa, dan rasa bisa timbul dari banyak penyebab, bukan sekedar visual saja. BTW, trmksh utk reviewnya..bisa nih jadi pertimbangan utk ditonton

    BalasHapus
  4. Ada nih drama Korea yang begini. Yang nggak bisa melihat wajah. Terus jatuh cinta. Tapi di Korea bukan sekretaris sih profesi yang cewek. Artis kalau nggak salah. Itu pun ceweknya juga bisa berubah. Jadi, pingin nonton faceless Love ini dah. Cuma memang Thai Drama tuh bukan tontonan favoritku sih kecuali untuk drama-drama yang memang aku tertarik nonton setelah membaca reviewnya. Kayak drama ini.

    BalasHapus
  5. Aku tuh ngga terlalu sering nonton Thai drama kak, biasanya nonton yang komedi. Etapi romcom-nya tuh bagus-bagus. Apalagi kalau ada Sunny Suwanmethanon, hehehe...

    BalasHapus
  6. Bisa kebetulan gitu ya nama anak magangnya, gak heran Ve langsung tertarik. Kalau sudah begini langsung tertarik nonton kelanjutannya.

    BalasHapus
  7. wah kek nya seru juga ya.. kapan kapan nonton ah... biar refres karena biasanya aku nontonnya drama korea..

    BalasHapus
  8. Saya belum nonton drama Thailand Faceless Love ini. Baca semua di artikel ini sih jadi dapat gambaran. Tapi lebih afdol memang nonton sendiri langsung ya...

    BalasHapus
  9. Wahhh nambah lagi rekomendasi drama baru, selama ini masih berkutat di drama Korea ternyata drama Thailand ada yg seru juga. Soalnya dari dulu kalau nonton film thailand bawaannya ngakak denger logatmya. Hehehe

    BalasHapus
  10. Jadi mirin ini anaknya ibu Vee? Soalnya beberapa hal mirip dg ibunya Vee. Bocorin donk mbaaakk, penisirin.

    BalasHapus
  11. Udah lama nggak nonton drama Thailand. Makasih udah ngasih reviewnya. Ceritanya kayaknya menarik. Pernah nonton drakor yang salah satu tokohnya juga mengidap face blindness. Nonton drama gini memperluas wawasan kita juga ya. Bikin kita tau ada lho penyakit face blindness.

    BalasHapus
  12. Ceritanya lumayan seru kaya drakor ya kak, pemainnya juga ganteng sama cantik cantik yaa

    BalasHapus
  13. Adudududu, gimana ini udahlah ada drama korea, drama cina, drama thailand pun. Ga kelar kelar nanti kerjaan nih hihihi

    BalasHapus
  14. Paling suka nontn film thailand itu ongbak, tp serial drama kayak gini perlu dicoba kak, biasanya kan drakor ya. Ini dra thai.

    BalasHapus
  15. Jarang nonton film Thailand, terakhir Phee Mak. Tapi lihat reviewnya sih buat penasaran, mungkin nanti coba nonton

    BalasHapus
  16. Lha ternyata Thai Drama menarik juga ya. Kirain bakal kek sinetron Indo yg gitu2 aja

    BalasHapus
  17. Kalau untuk perempuan, jatuh cinta pada sosok yang belum pernah bertemu dan melihat wajah itu sangat mungkin sekali, karena perempuan menggunakan standar kenyamanan dalam sebuah hubungan.

    Tapi kalau laki-laki, aku nggak yakin, karena laki-laki makhluk visual dan mereka akan lebih tertarik pada benda berwujud daripada tertarik pada hubungan. Jadi kalau laki-laki bilang cinta pada orang yang belum pernah bertemu, pasti ada maksud terselubung.

    BalasHapus
  18. Traumatik yang membuat sedih ya Prosopagnosia, apalagi dialaminya pas waktu kecil. Kalau dari jalan ceritanya menarik buat disimak karena bisa sekaligus mengenal tentang Prosopagnosia ini

    BalasHapus
  19. Udah jarang bangett nonton film thailand, padahal alur ceritanya bagus bagus. Setelah baca ini jadi pengen cari lagi list film thailand yang bagus hihi thanks ka sudah sharing

    BalasHapus
  20. Film Thailand itu biasanya identik dengan horor, membaca review ini jadi tau ternyata ada juga film2 thailand dengan konsep drama ala-ala korea dan jepang yang bagus,

    BalasHapus
  21. Drama Thailand juga ternyata banyak yang seru-seru, ya. Terakhir aku nonton drama Thailand itu udah lama banget. Waktu SMA kalau nggak salah. Judulnya First Love.

    BalasHapus
  22. Belum pernah nonton drama thai, biasanya drakor atau series amerika. Kayaknya seru dan ringan ya ceritanya. Cocok nih buat ngilangin sejenak penat di real life.

    BalasHapus
  23. Oh iya juga yaa.. kayak kenal sama plot-nya. Ternyata adaptasi dari Rich Man, Poor Woman.
    Aku nonton yang versi Jepang, kangmas Oguri Shun sama mba Ishihara Satomi. Trus versi Koreanya ada kangmas Suhooo, uwuuu... the true chaebol in realyfe!

    Jadi halu kemana-mana kalok ngomongin kisah ala Cinderella's Story beginii..
    Seseru itu yaa,, drama Faceless Love yang tayang di Prime.

    BalasHapus
Komentar saya moderasi. Tinggalkan jejakmu di sini, Teman!