6c2y5xLulMkOYYgEXrgPjC5Lx3Je6RzEo1m3mFkw

Review Hidden Love Chinese Drama

    Saat jatuh cinta, apa yang kamu lakukan? Mengungkapkannya dengan jelas, atau justru diam-diam menyembunyikannya?

    Nǐ hǎo! Membicarakan kisah cinta memang selalu menarik ya. Jika saya yang dulu, menyembunyikan cinta akan jadi pilihan utama. Alasan klasik, malu, menunggu saja pergerakan laki-laki. Namun saya yang sekarang, akan mencintai seseorang secara terang-terangan dan ugal-ugalan. Masalah tidak terbalas, itu belakangan. Yang penting terungkap dulu, hehehe. Agak beda kasus ya dengan ulasan saya kali ini yaitu Hidden Love Chinese Drama, Cinta Tersembunyi. Ada yang sudah nonton juga?

review hidden love chinese drama

    Sang Zhi, seorang remaja telah jatuh cinta dengan Duan Jia Xu, seorang laki-laki yang jadi sahabat Kakaknya. Sang Zhi terus menyembunyikan perasaannya, tapi hal itu makin tak terbendung. Meski ada jarak usia di antara mereka, Sang Zhi bertekat untuk melanjutkan pendidikan di Yihe, kampung halaman Duan Jia Xu. Namun sayangnya karena kesalahpahaman, Sang Zhi memutuskan untuk berhenti menghubungi Duan Jia Xu. Lalu apa jadinya jika mereka dipertemukan kembali? Akankah cinta tersembunyi itu bersemi lagi?

Drama: Hidden Love
Native Title: 偷偷藏不住
Also Known As: Secretly, Secretly, but Unable to Hide It, Can't Be Concealed, Tou Tou Cang Bu Zhu
Director: Lee Ching Jung
Screenwriter: Shen Fei Xian
Genres: Comedy, Romance, Youth
Tags: Caring Male Lead, Secret Crush, First Love, Brother-Sister Relationship, Coming Of Age, Nice Male Lead, Protective Male Lead, Steamy Kiss, Adapted From A Web Novel, Caring Female Lead
Country: China
Episodes: 25
Aired: Jun 20, 2023 - Jul 6, 2023
Aired On: Monday, Tuesday, Wednesday, Thursday, Friday, Saturday, Sunday
Original Network: Youku
Duration: 45 min.
Cast:
Zhao Lu Si - Sang Zhi
Chen Zhe Yuan - Duan Jia Xu
Victor Ma - Sang Yan [Sang Zhi's brother]
Zeng Li - Li Ping [Sang Zhi's mother]
Qiu Xin Zhi - Sang Rong [Sang Zhi's father]
Guan Zi Jing - Li Xun
Wang Yang - Jiang Si Yun
Zhang Hao Lun - Chen Jun Wen
Zhang Jiong Min - Fu Zheng Chu
Smile We - Ning Wei
Xu Shi Xin - Jiang Ying
Qi Tian Qing - Yu Xin
Wang Yi Lan - Wang Ruo Lan
Lu Dong Xu - Jiang Ming
Hu Yu Xuan - Qian Fei
Xu Shi Yue - Shi Xiao Yu
Gu Shu Qi - Yin Zhen Ru
Song Pei Ze - Chen Qiang
Wang Yi Tian - Xiao Tai Mei
Chang Hai Bo - Chen Ming Xu
Ji Hao - Jia Yang
Wang Wei Hua - Duan Zhi Cheng
Li Jia Wei - Xu Ruo Shu
Guo Zi Xin - Zhang Hui
Zhang Xi Wei - Sang Zhi [Young]
Gao Lin Yu - Fu Zheng Chu [Young]
Zhang Bo - Zhang Sen
Wang Sheng Yun - Wan Zhe

Review Hidden Love Drama


review hidden love drama

    Siapa yang akhir-akhir ini nyangkut di China gara-gara Drama Hidden Love? Oh, itu saya, hahaha. Memang lagi happening banget sih dan ramai di mana-mana sampai pada gamon alias gagal move on. Aslinya, saya tidak ada niat buat nonton karena list saya sudah terlalu banyak. Lalu coba satu episode dulu dan ya, saya akhirnya tahu kenapa drama ini begitu populer dan disukai, bikin oleng orang-orang.

    Hidden Love Drama China diadaptasi dari web novel "Secretly, Secretly; But Unable to Hide It" (偷偷藏不住) oleh Zhu Yi (竹已). Karena dari awal niatnya cuma coba-coba, saya sama sekali tidak mencari tahu informasi drama ini seperti apa. Saya hanya paham bahwa ini berkisah tentang gadis yang menyukai sahabat Kakaknya secara diam-diam. Jika sekilas baca Novel Hidden Love, ada banyak perbedaan, termasuk jarak usia mereka. Di drama ini, Sang Zhi 5 tahun lebih muda dari Duan Jia Xu. Btw, saya lebih suka Duan Jia Xu di drama daripada di Novel, baik sifat dan visualnya. 

novel hidden love

    Sinopsis Hidden Love dimulai saat Sang Zhi masih SMP dan dia terpesona saat melihat Duan Jia Xu yang berada di kamar Kakaknya. Karena kurang fokus dalam pelajaran, Sang Zhi diminta untuk membawa orang tuanya. Tidak mungkin untuk meminta Kakaknya datang ke sekolah menemui Guru, Sang Zhi akhirnya meminta bantuan Duan Jia Xu.

    Setelah waktu berlalu, kini Sang Zhi sudah berada di SMA. Saat membantu Kakaknya pindahan asrama, dia kembali bertemu dengan Duan Jia Xu. Keduanya makin dekat apalagi Duan Jia Xu juga jadi Guru Les pelajaran Fisikanya. Sang Zhi menemukan tujuan dan impiannya sendiri serta berencana kuliah di Yihe, kampung halaman Duan Jia Xu.

偷偷藏不住

    Saat semangatnya begitu membara, Sang Zhi mendengar kabar bahwa Duan Jia Xu mempunyai pacar dan itu membuatnya patah hati. Setelah kabur dari Nanwu ke Yihe dengan alasan Pacar Online-nya ingin bertemu, padahal mau menemui Duan Jia Xu, Sang Zhi resmi move on. Dan begitulah mereka tidak saling menghubungi selama 2 tahun.

    Sang Zhi akhirnya berkuliah di Yihe. Kini takdir mempertemukannya lagi dengan cinta pertamanya, Duan Jia Xu. Lalu apa yang akan terjadi selanjutnya? Apakah kisah cinta mereka yang sebenarnya akan segera dimulai? Cari tahu selengkapnya dengan Nonton Hidden Love ya!

Cinta Tersembunyi


Gadis kecil yang dulu duduk di kursi belakangku tiba-tiba tumbuh dewasa suatu hari. Dia bisa terus menemaniku dan selalu mendampingiku. Menemaniku keluar dari kegelapan terpanjang. Bahkan satu langkah di depanku, menungguku di bawah sinar matahari


cinta tersembunyi

    Karena dari awal cuma coba-coba, belum terlalu niat nonton, saya tidak punya ekspektasi apa-apa dengan Drama China Cinta Tersembunyi ini. Enggak nyangka, lha kok emang semanis itu. Ada beberapa alasan kenapa Tou Tou Cang Bu Zhu ini begitu banyak peminatnya. Pertama, visual Hidden Love Pemeran Utama yang memang cakep banget dengan akting dan kemistri yang baik. Kedua, Ost openingnya yang memang enak di telinga. Ketiga, jalan cerita yang cukup simpel. Jadi drama ini memang bisa banget ditonton secara santai dan meninggalkan kesan semenyenangkan itu.

    Cinta Monyetnya Sang Zhi memang hanya awal, tapi kisah sebenarnya dimulai saat mereka berada di Yihe. Sang Zhi kuliah jurusan animasi sementara Duan Jia Xu bekerja sebagai progamer Game Online. Ceritanya Sang Zhi sudah move on gitu kan. Jadi pas mereka ketemu lagi, agak canggung. Lalu makin dekat karena Duan Jia Xu tidak punya keluarga. Saat dia masuk RS karena operasi usus buntu, Sang Zhi yang menemani.

sinopsis hidden love

    Dekat-dekat, Sang Zhi dalam keadaan mabuk bilang kalau dia suka sama seseorang, tapi orang itu tidak menyukainya. Di sini, Duan Jia Xu sudah mulai memperhatikan gadis yang saat pertama kali mengenalnya masih berada di SMP. Bukan terjebak Friend Zone, tapi Kakak Adek Zone. Sang Zhi mikir, Duan Jia Xu hanya menganggapnya Adik Kecil sementara Duan Jia Xu berpikir kalau dia hanya Kakak, seperti sahabatnya Sang Yan.

    Setelah disadarkan Qian Fei, akhirnya Duan Jia Xu ngeh kalau sebenarnya dialah yang Sang Zhi sukai. Alih-alih bikin gadis itu malu, Duan Jia Xu bilang bahwa dia yang akan mengejar Sang Zhi. Waktu kejar-kejaran ini lucu sih. Asli saya ikut senyum-senyum sendiri. Sang Zhi awalnya bingung, lalu mau buru-buru nerima, tapi gengsi. Gemes banget, sumpah! Plot cinta Hidden Love Drama memang sesimpel itu. Terus enggak ada hambatan nih? Ya tentu saja ada.

hidden love 2023

    Sejak awal Drama China Hidden Love, karakter Duan Jia Xu yang mahasiswa itu selalu kerja part time di sela-sela kuliah. Ada masa di mana dia 4 hari kerja, 3 hari sisanya untuk jadi Gurunya Sang Zhi. Usut punya usut, dia itu menanggung banyak utang. Ibunya meninggal karena kanker. Ayahnya koma karena melompat dari rumah setelah menabrak orang hingga meninggal. Maka dari itu, Duan Jia Xu itu agak rendah diri, trauma dengan alkohol karena Ayahnya, menanggung utang, serta mendapat gangguan dari Jiang Ying, anak korban yang terus-terusan meminta tanggung jawab. Meski tampan, tapi dia benar-benar tidak terpikir untuk menyukai seseorang. Problematiknya kaya Laising Waen Dok Mai.

    Duan Jia Xu hidupnya penuh masalah, ketemu Sang Zhi yang dari keluarga berada serta penuh kasih sayang. Zhi Zhi sangat dimanjakan kedua orang tua dan Kakak laki-lakinya. Makanya karena hal ini, orang tuanya sangat khawatir, tapi sebenarnya ada kelegaan juga karena Pacar Putri Kesayangannya itu orang yang memang mereka kenal sebagai anak yang baik.

tou tou cang bu zhu

    Jadi, kalau dulu Duan Jia Xu ikut memanjakan Sang Zhi, setelah dewasa justru Zhi Zhi yang membantu laki-laki itu untuk keluar dari trauma, beban hidup yang selama ini dia pikul sendiri. Makanya bisa klop banget. Sang Zhi yang sudah penuh dan cukup akan cinta membantu Duan Jia Xu untuk bangkit. Pria itu juga nunjukin penerimaan bahwa dia lemah dan butuh tempat bersandar, rumah tempat ia pulang. Ya begitulah. Kadang usia muda pun jauh bisa lebih dewasa. 

Cinta Diam-Diam, Tidak Hanya Dilakukan Satu Orang Saja

 

hidden love pemain utama

    Seperti yang saya bilang sejak awal, alasan kenapa drama ini menarik itu karena Hidden Love Pemain. Saya pertama kali tahu Zhao Lu Si di The Romance of Tiger and Rose. Karakternya di drama ini jelas beda karena setting modern. Memainkan karakter Sang Zhi yang manja sampai dewasa, pas banget. Kalau Chen Zhe Yuan, ini baru pertama kali melihat aktingnya. Sebenarnya saya tahu dia bermain di drama Mr. Bad, tapi karena genre fantasi, jadi saya lewati. Enggak tahu kalau nanti tiba-tiba pengen nonton. Namun untuk selanjutnya, saya memasukkan Our Secret dulu ke list.

    Oh iya, ternyata Chen Zhe Yuan dan Victor Ma, pemeran Sang Yan itu pernah main bareng di Detective Chinatown. Pantes bromance-nya oke banget karena real life juga teman dekat. Pemain lain beberapa juga pernah bekerja sama bareng Lu Si, seperti Smile Wei saat di drama Rumor Putri Ketiga. Untuk peran, mereka mainnya juga pas, sangat membantu kisah utama. Zhang Xi Wei pemeran Zhi Zhi kecil juga menggemaskan. Btw, di sini tidak ada second couple ya. Jadi hanya fokus dengan cintanya Sang Zhi dan Duan Jia Xu. Selanjutnya, mungkin ada kisah Sang Yan di First Frost  yang merupakan Chinese spinoff Hidden Love 2023. Kabar menyebut, pemainnya ganti. Jujur saya tidak bisa membayangkan Sang Yan dalam versi selain slengean.


    Habisnya di Hidden Love Chinese Drama itu saya paling suka sosok Sang Yan. Hubungannya dengan Sang Zhi menggambarkan realnya Kakak-Adik. Marahan, tapi juga peduli dan Duan Jia Xu lah yang bertugas mendamaikan mereka. Terus sahabatan sama Duan Jia Xu, lengket sampai geli sendiri saat laki-laki itu memanggil Sang Yan dengan sebutan Gege alias Kakak. Lha ceritanya kan Duan Jia Xu ini lebih tua setahun dibanding Sang Yan. Lucu bangetlah. Mukul karena kesal Adik sama Sahabatnya pacaran diam-diam, tapi juga jadi orang yang selalu dukung, menemani mereka pacaran. Another level memang sih. 

    Secara keseluruhan, jika kalian suka dengan drama komedi romance ringan, sangat saya rekomendasikan untuk menonton Hidden Love. Beneran bisa bikin ikut salting dan senyum-senyum sendiri. Outfit mereka juga keren-keren sih. Katanya, Lu Si bantu rekomendasiin soal fashion mereka. Untuk ostnya, saya paling suka 只想把你偷偷藏好 - 汪苏泷 / 赵露思 (I just want to hide you secretly-Wang Sulong / Zhao Lusi). Betulan menggambarkan kisah cinta Sang Zhi dan Duan Jia Xu.

Lalu, Nonton Hidden Love di mana?

 

nonton hidden love sub indo

    Kalian bisa nonton Hidden Love Sub Indo, legalnya di Youku dan juga Netflix yang mulai tayang pada 11 Juli kemarin. Ada 25 episode yang perepisodenya itu 45 menit. Ini betulan 45-an menit full dan rasanya masih kurang, hahaha. Namun endingnya sudah oke kok meski tidak sedetail seperti di novel. Alur dramanya menurut saya lebih rapi. Paling nanti rewatch saja kalau gabut.

Kisah kami dimulai saat dia berusia 22 tahun, dan berakhir saat saya berusia 22 tahun. Saya menyembuhkan luka masa mudanya, dan dia memenuhi cinta pertama saya yang masih muda

    Jatuh cinta pertama kali, mendapat balasan yang sama, Sang Zhi dan Duan Jia Xu termasuk orang yang beruntung dalam cinta yang sayangnya mungkin itu hanya ada di drama. Setelah Hidden Love ini tayang, sebenarnya banyak yang memberikan testimoni soal pacaran sama sahabat kakak itu memang ada dan sampai menikah juga setelah melewati halang rintang. Well, selamat buat kalian!

hidden love review

    Sepertinya sudah panjang sekali saya menulis ulasan. Jadi saya cukupkan saja Hidden Love Review kali ini. Ada yang sudah nonton? Atau punya kisah Cinta Tersembunyi dengan Sahabat Kakak kaya Sang Zhi? Coba share di kolom komentar ya. Sampai jumpa. Happy blogging!


Sumber informasi dan gambar:
https://mydramalist.com/729705-hidden-love
https://m.weibo.cn/u/7745083557
Related Posts

Related Posts

26 komentar

  1. Bener banget itu yang penting terungkap dulu wkwkkwkw, sebab yang tidak terungkap akan terasa sakit dikemudian hari, cinta terpendam

    BalasHapus
  2. Secomplicated itu ya ceritanya, tapi begitulah hidup... klo urusan cinta terpendam memang bikin andrenalin terpacu

    BalasHapus
  3. Cinta monyet adakalanya bersemi kembali dan terus melangkah ke jenjang berikutnya eeeaaa :D Tapi entahlah kalau di kisah yang satu ini. Mencintai diam2 lama2 ga tahan juga memendam perasaan ya trus jadi lelah hatinya. Apalagi pas tahu sabahat kakaknya itu punya pacar wkwkwkwkw. Ringan nih ceritanya tapi seru juga buat seseruan menginat masa remaja duluuuuu :D

    BalasHapus
  4. Wah dracin Hidden Love ini lagi nge-heits banget nih aku hampir tergoda buat ikutan nonton dan melupakan drama korea kesayanganku hahaha. Tapi pas aku cek di Netflix masih belon tayang semua jadi aku tunda dulu nunggu tamat tayang di Netflix aja biar gak baper menggantung nontonnya hahaha *kaum lemah*

    BalasHapus
  5. Happy ending ngak nih, kadang pingin juga nonton drama manis yang ringan ala anak muda, buat nostalgia tapi aku termasuk jarang nonton Chinese Drama, lebih banyak nonton drakor padahal banyak yang bagus juga. Noted ah mau nonton dan buat list dulu soalnya banyak juga rekomendasi drama yang bagus.

    BalasHapus
  6. Aku nunggu kalau sudah selesai tayang biar nggak nunggu² jadwal tayangan deh ehehe. Dracin ini lumayan bagus² kok ya mbak, saya pernah nonton tapi lupa judulnya. Cuma sayangnya episodenya lebih panjang dari drakor

    BalasHapus
  7. Wah iya, aku juga lihat iklan drama ini di Netflix
    Bagus ya ceritanya, masuk kategori top ten Netflix juga

    BalasHapus
  8. Aku lagi nonton drama China yang ini tapi baru beberapa episode, tapi ku suka sama para pemainnya. Biasanya kalau nonton drama China, Korea dan Jepang suka lihat dulu siapa pemainnya. Apalagi yang ini ada Zhou Lu Si, aku suka setiap drama yang ada dianya.

    BalasHapus
  9. Lama nih udah gak nonton drachin. Masih sibuk banget dengan kerjaan. Seru nih, apalagi kalau penyuka drama yang uwu dan sweet.

    BalasHapus
  10. Semalam aku baru ikutan nonton Hiden Love, Mbak. Gara-gara lihat di feednya Netflix. Baru episode satu dan itu juga belum tamat karena saya banyak kerjaan. Yang memikatku untuk terus nonton adalah pemeran wanitanya itu, sejak dia SMP sampai SMA, kok Cina nemu aja ya artis cantik dan segar kayak gitu hikhikhik...

    BalasHapus
  11. Srdikit Ja komentsr dafi bunda ya, Jiah -- jelaslah lha wong vowok2nya .ulus dan super2 ganteng. Kl bu da masih muda nug pasti kecantol deh dan langsung memendam cinta pertama. Cinta pertama itu kl tegungkap ya oloooh indahnya dan rasanya dunia ini milik kitorang badua jo.

    BalasHapus
  12. Ah seru nih nonton film percintaan remaja ya. Serasa deh aku kembali muda. Oh ya Hidden Love Chinese ini ada di Netflix juga ya? aku kepohin deh. Penasaran

    BalasHapus
  13. Kusuka drama yang manis, karena ngaapin nonton yang pahit hidup aja dah pahit kan..kwkw. Pas ini kalau ditonton saat santai , dah kisahnya ringan OST nya pun ketjeee

    BalasHapus
  14. Boleh juga nih rekomendasi nya sambil nunggu si akang Pemadam Kebakaran muncul episode barunya. Hehehe, terima kasih ya Jiah

    BalasHapus
  15. Belum nonton tapi membaca riviewnya kereen yaakss perjuangan bestie suka dukaa jadi pengen nonton...

    BalasHapus
  16. belum tertarik nonton dracin nih, baca ulasannya, takut enggak bisa balik kalau udah ke dracin hehe...

    BalasHapus
  17. Ini happy ending ga sih? Kebayang pas nontonnya bakal senyum2 sendiri. Kalau di kehidupan nyata, ada nih temenku. Cuma dia nikah sama kakak dari sahabatnya, bukan adiknya

    BalasHapus
  18. Lutuu..
    Aku selalu suka dengan ksiah cinta pertama. Bikin butterfly in my stomach banget yaah..
    Dan karena kesalahpahaman ini makin memperkuat perasaan, huhuh.. pasti gemeecc banget deh...

    BalasHapus
  19. Duuh baca sekilas aja sinopsisnya udah bikin senyam senyum nih, gimana nonton beneran yaak. Cinta monyet yang berlanjut pas dewasa. Jarang sekali terjadi kan ini wkwk. Oke, kayaknya harus mulai nonton dracin biar ada variasi nggak drakor terus.

    BalasHapus
  20. Ini rame nih di grup dakor yg saya ikutin. Tapi blm mau coba juga, soalnya liat episodenya sampe 25. Males aja liat angka 2 di depan tuh. Padahal pengen banget nonton kalau baca ceritanya

    BalasHapus
  21. Nggak pernah nonton drama Cina. Ternyata kisahnya juga menarik ya. Seperti kisah-kisah di drama Korea. Kapan-kapan kayaknya harus nonton drama Cina

    BalasHapus
  22. aku kalau jatuh cinta ngga mau diem - diem, capeek hehehe. Tapi sepertinya sinopsis ceritanya bagus nih mba

    BalasHapus
  23. Manis banget ya dracin ini. Aku dulu kalo naksir sama seseorang ya diem-diem aja, dan akhirnya ya enggak jadian dong, hahaha..
    Drama ini cocok banget ya buat yang butuh tontonan santai dan bikin senyum-senyum :)

    BalasHapus
  24. Sekarang memang banyak rekomendasi drama cina dan Jepang juga ya kak. Gak kalah menarik ternyata dengan drama korea..

    BalasHapus
  25. Wah 25 episode, sy nyerah deh, tp pengen baca novelnya , ada terjemahannya ya di web online

    BalasHapus
  26. aaaaaaaaaaaaaaaakkkk dirimu dah nulis. padahal pengen nulis ini tapi belum sempat masih ter chen ze yuan yuan terkakak tua hahahaha. nonton ini ya aku senyummmmmm terussss sepanjang episodenya padahal ceritanya sederhana tapi kenapa bisa sebagus ini mereka chermistrynya.... dan si kakak kenapa ganteng banget huhu pas jadi mr bad kok nggak wkwkwk

    BalasHapus
Komentar saya moderasi. Tinggalkan jejakmu di sini, Teman!