6c2y5xLulMkOYYgEXrgPjC5Lx3Je6RzEo1m3mFkw

Ikatan Cinta Tamat Yang Terlambat

Woro-woro! Pemberitahuan! Sinetron Ikatan Cinta akhirnya tamat, Guys! Ada yang masih ngikutin? Atau pernah sebegitu kesengsemnya sama pesona Mas Aldebaran? Ah itu saya sih, hahaha.

    Ini bukan berita bohong ya. Betulan akhirnya Sinetron yang pernah jaya pada awalnya, bikin semua orang nonton saat pandemi era, akhirnya tamat di episode 1372 setelah 3 tahun lebih penayangan. Bagaimana nasib pemainnya? Bagaimana perasaan saya yang dulu pernah sesuka itu? Menyesalkah?

    Sinetron Ikatan Cinta mulai tayang pada 19 Oktober 2020 dan tamat pada 24 Januari 2024. Kata saya, ini termasuk terlambat. Menurut saya pribadi, harusnya mereka itu sudah tamat ketika kasus pertama selesai. Jadi hype-nya akan lebih terasa. Kenangannya pun juga. Sayang karena mungkin semua itu demi uang dan kepopuleran semata.

ikatan cinta tamat

    Seperti saat mulai nonton dan berita tamat ini muncul, saya tahu tanpa sengaja tepat sehari sebelumnya. Ketika melakukan syukuran penutupan, pemain dan kru yang tersisa menangis. Mungkin sedih karena bagaimanapun, mereka sudah bersama selama lebih dari 3 tahun. Lalu, bagaimana akhir kisah cerita mereka semua?

    Buat yang belum tahu, dulu sekali saya pernah menulis sinopsis singkat Ikatan Cinta. Cerita berawal dari Elsa yang pacaran sama Nino, tapi Nino memutuskan menikah dengan Andin, kakak tiri Elsa. Elsa yang stres ditinggal nikah malah mabuk dan tidur sama Roy, mantan Andin. Roy ini masih suka sama Andin dan tidak terima bahwa mantannya sudah menikah.

    Suatu hari, Roy ke rumah Andin dan bertemu Elsa. Perempuan itu hamil dan sebelumnya minta pertanggungjawaban Roy yang sayangnya laki-laki itu tidak mau dan memintanya agar menggugurkan janinnya. Singkat cerita, Elsa tanpa sengaja membunuh Roy. Dan setelah itu, Andinlah yang tertuduh. Posisi Andin juga hamil anak Nino.

    Aldebaran tahunya Andin pelaku dan selalu mengawasi perempuan itu. Al berpikir anak yang Andin kandung adalah anak Roy. Setelah melahirkan, anak yang diberi nama Nindi oleh Elsa dibilang mati dan ditaruh panti asuhan. Nino tidak mau merawat karena berpikir itu anak Roy. Aldebaran jugalah yang akhirnya merawat anak itu.

sinetron ikatan cinta tamat

    Nindi yang saat itu diganti namanya menjadi Reyna mau diadopsi. Al akhirnya menikahi Andin agar bisa mendapatkan hak asuh. Di sini tujuannya juga ingin balas dendam atas kematian adiknya. Mereka juga sampai membuat surat perjanjian pernikahan 6 bulan. Sampai di sini menarik bukan?

    I see, begitu pun orang-orang dulu yang jadi Korban Ikatan Cinta. Penggarapan, naskah, dan tentu saja akting semua pemainnya saat itu, harus saya akui memang sebagus itu. Rasanya seperti drama Korea. Dan ternyata salah satu Script Writer-nya, Egi Nina memang suka drakor dan hal yang berbau Kpop.

    Awal-awal tuh saya pribadi berpikir bahwa sinetron ini agak mirip dengan Lie After Lie 2020. Namun saat mengerjakan tulisan ini, saya baru tahu bahwa Ikatan Cinta juga agak mirip dengan Secret Love 2013. Saya sendiri belum nonton drama yang dibintangi Ji Sung ini. Jadi jujur saja saya kurang tahu pasti semirip apa kisahnya. Kemungkinan awalnya saja.

sinopsis sinetron ikatan cinta

    Singkat kata, Al jatuh cinta dengan Andin dan berniat untuk jujur bahwa dia menikahi perempuan itu untuk balas dendam. Al juga tahu bahwa Reyna adalah anak Nino setelah pontang panting cari sampel untuk tes DNA sampai bongkar kuburan Roy. Mereka sempat mau cerai juga lho hingga Andin mengalami gangguan kecemasan. Makanya saya sampai nulis Karet Gelang karena sejak 2020, saya mulai peduli dan tertarik dengan isu kesehatan mental.

    Setelah mereka berdamai, mulai deh nyari tahu siapa pembunuh Roy sebenarnya. Tentu saja semua mengarah pada Elsa, tapi mereka butuh bukti. Kehamilan Elsa yang dulu juga akhirnya ketahuan dan dia membawa Ricky, teman modelnya untuk pura-pura. Sebenarnya laki-laki itu juga sudah lama suka dengan Elsa, tapi tak pernah terbalas.

    Menjebloskan Elsa ke penjara bukan hal mudah. Putusan bersalah, dijatuhi hukuman, tapi lolos karena Elsa mengalami depresi dan harus masuk RSJ. Lawak banget memang sih. Yang paling bikin pening, posisinya lagi-lagi Elsa dan Andin ini hamil yang mungkin usia kandungannya beda minggu saja.


    Andin tentu saja hamil anak Aldebaran. Dijagalah sebaik mungkin karena calon keturunan pertama Alfahri. Makanan, olahraga, semuanya terpenuhi. Dan tahu enggak anaknya lahir gimana? Punya kelainan jantung. Mungkin sih, tapi ya kocak meski tentu saja selamat dan sehat pada akhirnya.

    Beda dengan Elsa. Dia hamil saja bingung bapak anaknya itu siapa. Apakah Ricky atau Nino suaminya. Hamil di penjara, kabur, loncat angkot sampai jatuh jungkir balik. Lalu berakhir di RSJ. Lahirnya gimana? Normal, sehat tanpa kekurangan suatu apa pun. Namun sayang karena akhirnya meninggal dalam kecelakaan. Mungkin itu sih karma sebenarnya untuk Elsa.

    Sampai di sini, sebenarnya jika ditamatkan efeknya akan besar. Mereka, pemain, kru, dan lainnya bisa istirahat lalu mungkin melanjutkan season 2 dengan konflik lain yang lebih oke, matang, dan sebagainya. Sayangnya, mereka tidak memilih itu meski Penonton apalagi di Twitter sudah menyarankan. Jadilah mereka betulan kerja nonstop selama 3 tahunan. Emang gila sih!

Ikatan Cinta, Bongkar Pasang Pemain Bahkan Ganti Penulis Juga


ikatan cinta rcti

    Dalam perjalanannya, tentu saja banyak pemain lain bermunculan. Seperti Nadya Arina sebagai Catherine Yulia Permadi. Dia adik perempuan Angga yang naksir Al dan bekerja sebagai sekretaris Nino saat buta. Nino dulu buta kenapa ya? Lupa saya, hahaha. Si Catherine akhirnya nikah sama Abdullah Rendy, asprinya Aldebaran. Nikah baru sebentar, eh dibuat mati dong. Dia ada sakit gitu ceritanya. Jadilah Rendy sebagai Duda. Apakah dia berlanjut sama Kiki si Asisten Rumah Tangga? Enggak juga, ckckck.

    Saat Elsa di RSJ, dia bertemu Jessica Anabella Adicipta yang diperankan oleh Larasati Nugroho. Siapa dia? Sepupu Andin, anak Irvan Pratama Adicipta yang diperankan oleh Oka Antara yang adalah adik laki-laki Sofia Paramita Adicipta, Ibu Andin. Saat Oka muncul, sebenarnya saya lebih suka dia jadi saingan bisnis Al. Eh malah jadi Om Andin. Tujuannya apa? Balas dendam dong.

    Diceritakan bahwa Hartawan Alfahri yang diperankan Rommy Sulastyo ini tanpa sengaja menabrak Ibu Andin saat hamil besar. Andin lahir dan Ibunya meninggal. Dia akhirnya dirawat Bapak kandungnya, Papa Surya. Itulah kenapa Mama Sarah dan Elsa tidak suka sama Andin yang disebut sebagai anak hasil perselingkuhan. Maybe nikah siri gitu.


    Jessica ini mengalami gangguan kejiwaan karena pernah mengalami pelecehan seksual. Dia juga ternyata mantan pacar Rendy yang dikenalnya sebagai Mas Ady. Selain itu, perempuan itu dulu dikenal dengan nama Bella dan jadi sekretarisnya Pak Hartawan. Om Irvan selain balas dendam untuk Ibunya Andin, juga untuk kasus yang Jessica alami. Mumet enggak tuh?

    Saya lupa detailnya, tapi akhinya Om Irvan ini meninggal dan Jessica sempat tinggal juga di Pondok Pelita, rumah Aldebaran. Setelah kasus ini, ada pemain-pemain baru muncul seperti Raquel Katie Larkin sebagai Siena Taliana, Ammar Zoni sebagai Ammar Mahendra, sampai Deva Mahenra sebagai Sal Pradipa.

    Yang paling saya ingat, Aldebaran ini sempat hilang. Pesawatnya lost contact. Gosip menyebut bahwa Arya Saloka out dari Ikatan Cinta. Jika diingat wawancaranya yang lama, dia memang bilang akan keluar kalau sampai ceritanya sudah ke mana-mana. Kalau tidak salah, saat itu dia juga sedang syuting series Gadis Kretek bersama Dian Sastro, Ario Bayu dan Putri Marino. Belum lagi gosip yang menimpa rumah tangganya. Saya no comment meski sebenarnya gatel juga.

pemain ikatan cinta

    Saat Al tidak ada, Sal Pradipa muncul. Dia itu sepupu Aldebaran. Sempat Andin kaya 'dijodohkan' dengan Sal atau mungkin Ammar. Pada akhirnya, Sal dan Ammar pergi karena Mas Al kembali. Bisa gitu Guys, orang kecelakaan pesawat balik setelah 2 tahun. Buang logika kalian karena ini hanya sinetron. Apa saja mungkin terjadi.

Setelah Al kembali, akhirnya bahagia nih?

    Kata siapa? Dari awal misi Sinetron Ikatan Cinta itu memang menyengsarakan Pemain Utama. Kalau tidak menderita, nangis-nangis, ya tidak ada gunanya. Saat dianggap momen bahagia keluarga Al, mereka malah kecelakaan dan membuat Andin meninggal. Iya, PU-nya mati. Betulan out dan mengakhiri kontrak.


    Mental Al harusnya acak-acakan sih. Istrinya mati, anak perempuannya masuk RS, eh Askara Putra Alfahri juga hilang. Tapi ternyata penggambaran Al terlalu kuat. Agak aneh memang. Terus Asakara akhirnya ditemukan di kampung. Mana Fiki Alman pemeran Royano Alfahri muncul lagi dengan karakter yang berbeda. Ya, yang nemuin Askara itu.

    Ada juga Naomi Zaskia sebagai Nia mucul di hidup Al. Kalau enggak salah, Al nolong perempuan itu. Mulai dari sini karakter Aldebaran dulu sudah 'dirusak' oleh Penulis Baru. Iya, Skenario dan Cerita yang awalnya dikerjakan tim Theresia Fransisca dan Donna Rosamayna akhirnya bubar. Seingat saya, Egi Nina dulu yang keluar dan disusul lainnya. MNC Pictures kemudian mengambil alih. Setahu saya, Asma Nadia masuk di dalamnya. Tolong koreksi jika saya salah.

    I don't know, tapi pasti enggak mudah buat Donna Rosamayna, dkk merelakan 'anak' yang dilahirkannya berakhir seperti itu. Dari Ikatan Cinta, saya jadi tahu kalau menulis cerita sinetron memang banyak request dari 'Orang Atas'. Penulis tidak sepenuhnya memiliki cerita. Buat saya yang agak idealis, sepertinya kurang cocok untuk ikut berpartisipasi dalam sinetron kejar tayang. Btw, Donna Rosamayna saat ini sedang mengerjakan skenario Takdir Cinta yang Kupilih.

Ikatan Cinta Tamat 


Penasaran enggak sih bagaimana sinetron yang sempat melambungkan nama Amanda Manopo ini resmi berakhir?

akhir cerita ikatan cinta

    Saya tidak tahu secara detailnya, tapi kurang lebih begini ceritanya. Mama Sarah akhirnya meninggal karena penyakit. Papa Surya ke luar negeri untuk berobat kalau tidak salah. Reyna sempat diculik dan muncul juga anak yang mirip sampai dia dibawa ke Pondok Pelita. Semua itu ulah Arumi yang diperankan oleh Masayu Anastasia. Dia merupakan Adik Hartawan, alias Iparnya Mama Rosa, Tantenya Al.

    Si Arumi ini berniat untuk mengambil harta keluarga Alfahri karena menganggap dia punya hak di sana. Dia juga bekerja sama dengan Ricky. Saya pikir, laki-laki itu masih terobsesi dengan Elsa yang sampai akhir pun tidak membalas perasaannya. Mereka berakhir di penjara.

    Elsa akhirnya menikah dengan Devan, yang bisa dibilang adik Aldebaran. Nah lho? Sopo maneh iki? Nino gimana kabarnya? Sudah berdamai kah dengan semua? Kan dulu dia biang keladi utama.

    Waktu saya baca sinopsis harian Ikatan Cinta, saya pikir Nino mati setelah menolong Reyna. Al sama Nino kan sempat rebutan hak asuh gitu. Namun di episode terakhir kemarin, dia muncul dengan kondisi sehat walafiat. Jadi setelah kejadian, mungkin dia selamat.

    Si Devan yang adalah suami Elsa, saya tidak tahu bagaimana mereka bertemu. Yang jelas, kemunculan laki-laki itu pertama kali untuk membalas kematian Ibunya pada keluarga Alfahri. Amara Sekar yang diperankan oleh Kinaryosih ceritanya suka Hartawan dan berhasil menikah siri, tapi kemudian pergi. Balik-balik bawa anak yang diakui sebagai Tegar Alfahri atau Devan.

    Kalau yang saya baca, Devan ini sebenarnya anak adopsi. Koreksi jika salah ya. Soalnya dia juga manggil Papa sama Prama Altarahman yang diperankan oleh Verdi Solaiman. Ada juga Kirana yang diperankan Aryani Fitriana. Dia anaknya Prama. Manggil Devan juga Kakak. Kabarnya, dulu Prama ini suka sama Sekar.

    Si Kirana ini mantan pacar Roy yang ternyata punya anak dari laki-laki itu. Keluarga Alfahri buset dah. Sudah pada mati saja masih bawa masalah buat yang hidup. Arwahnya enggak pada gentayangan apa? Ckckck. Kirana juga makin dekat dengan Mas Duda Rendy.

    Aldebaran sendiri yang tadinya sempat ngilang karena kasus dengan Devan, akhirnya kembali. Mereka kumpul, berdamai dengan semua setelah Arumi dan Ricky masuk penjara. Dalam narasinya, Al menyebut bahwa dia akan tetap melajang. Karena baginya, Andin itu satu-satunya istri, cinta sejatinya. Sa ae lu, Mas. 10 tahun kemudian juga siapa yang tahu ya?

    Ada kilas balik bagaimana Al dan Andin bertemu dan akhirnya menikah lalu jatuh cinta. Endingnya begitu saja meski bisa dibilang bahagia. Balada tamat yang terlambat sih. Menurut saya ya seadanya. Nothing special, tak ada kesan buat saya. Mereka hanya menyelesaikan cerita yang harusnya sudah berakhir sejak lama.

Kesan-kesan Nonton Ikatan Cinta, Menyesalkah?



    Saya lupa tepatnya kapan mulai nonton sinetron ini, tapi mungkin sekitar Desember 2020 lalu terakhir benar-benar mengikuti itu saat kasus utama mulai selesai. Ya, ketika Elsa dipenjarakan. Setelah itu, nonton hanya sekadarnya saja. Kadang hanya mengintip saat tak sengaja setel RCTI sampai akhirnya betulan berhenti. Meski begitu, saya sesekali lihat keramaian di Sosial Media tentang Ikatan Cinta sehingga sedikit tahu jalan ceritanya pasca Al hilang dan kemudian kembali sampai Andin meninggal.

    Dulu saya punya ekspektasi tinggi bahwa Ikatan Cinta ini adalah era terbaru kemajuan sinetron Indonesia yang mungkin bisa disandingkan dengan drakor dan sejenisnya. Namun terpatahkan karena realita yang ada. Meski begitu, selama nonton saya tidak menyesal sama sekali karena memang di awal sudah membuat batasan kemampuan untuk nonton hanya selama 6 bulanan. Ini seperti saat saya nonton Never Twice atau Once Again. Lebih dari itu, saya tidak akan mengikuti.

    Saya berterima kasih terutama untuk semua pemeran, kru, penulis yang terlibat di awal, yang menemani saya selama 6 bulan itu. Kalian luar biasa dan sudah bekerja dengan baik. Untuk yang berada sampai akhir, saya tahu pasti berat, tapi terima kasih karena kalian sudah mau bertahan dengan alasan apa pun.


    Selama kurang lebih 6 bulanan itu, Ikatan Cinta memang punya cerita yang bagus. Banyak pesan yang disampaikan. Akting masih oke, semua juga masih waras. Pengambilan gambar betulan digarap dengan baik karena kita tahu saat pandemi semua terbatas. Jadi ya saya tidak menyesal pernah jadi bagian, orang yang meramaikan sinetron ini.

    Pada perjalanannya Sinetron Ikatan Cinta RCTI yang tadinya penuh makna, telah berubah dan hanya seputar balas dendam dan rebutan harta saja. Dengan keluarga sendiri pula. Saya berpikir soal masa depan, eh mereka malah terus menerus menggali masalah orang-orang di masa lalu. Mana banyak kasusnya dari keluarga Alfahri lagi. Lu kaya, tapi banyak masalah.

    Kalau boleh pilih karakter favorit, saya paling suka pasangan Erlangga Permadi dan Michelle Suwandi Permadi (Michi) yang diperankan Kevin Hillers dan Mayang Yudittia. Mereka ini sahabat dan mantan musuh Alderbaran. Sayang sih karena Angga harus dimatikan. Karakter mereka itu mengesankan dan manis dengan caranya sendiri.

    Buat saya, Ikatan Cinta memang sudah tak spesial seperti di awal. Ceritanya klise, khas sinetron pada umumnya. Tadinya saya tidak mau membandingkan, tapi memang sebelas dua belas seperti sinetron India. Mungkin karena kiblatnya dari dulu ke sana, yang punya ratusan atau bahkan ribuan episode dan tayang bertahun-tahun lamanya.

review ikatan cinta sinetron rcti

    Namun ya sudahlah. Toh Ikatan Cinta kini sudah tamat, the end. Saya tidak menyesal pernah nonton, tapi memang jadi catatan pribadi saja bahwa sinetron Indonesia mungkin sampai kapan pun akan seperti itu, selama mengikuti kejar tayang karena memang ada pasarnya tersendiri. Orang-orang menengah ke bawah yang akses internet terbatas, tentu akan memilih nonton TV daripada berlangganan OTT tiap bulannya.

    Saya sendiri saat ini nonton tipis-tipis Tertawan Hati. Jadi yang mau nonton sinetron ya monggo. Yang mau balik nonton drama lain, silakan. Tak perlu membandingkan, menjelekkan karena sinetron Indonesia begitu adanya. Kalau seriesnya, sekarang banyak yang bagus kok. Semua kembali ke selera juga.

    Well, sepertinya sudah panjang sekali saya menulis ini. Jadi cukup sekian kesan-kesan, sinopsis dan review Sinetron Ikatan Cinta dari episode awal hingga akhir. Anggap saja happy ending ya meski Pemeran Utama Wanita sudah tidak ada, atau mungkin bergeser ke lainnya. Tolong jangan tanya kapan saya serius nonton sinetron lagi ya, hahaha.

   Sekian dulu. Sampai jumpa. Happy blogging!

Sumber informasi dan gambar:
https://id.wikipedia.org/wiki/Ikatan_Cinta
Related Posts

Related Posts

21 komentar

  1. Iya, nggak nyesel pernah jd salah satu org yg nge-hype ikatan cinta di X aka twitter. Karena memang pas episode awal awal beneran bagus. Trus sama kayak mbak jie, setelah kejahatannya Elsa terbongkar, pelan pelan mulai berkurang minat nonton sinetron ini.

    BalasHapus
  2. Awal - awal suka nonton, pas Andin masih gemoy. Hehhehe.. makin lama makin runyam, harusnya sih pas rahasia reyna anak siapa sama pembunuh roy siapa, udah tamat disitu aja :)

    BalasHapus
  3. Akhirnya sudah selesai ini Ikatan Cinta ya, jadi ingat sih jaman awal-awal dulu booming sampai orang nonton terbawa suasana. Termasuk dulu almarhum mamahku senang banget nonton Ikatan Cinta. Ternyata ini tuh sampai bongkar pasang pemain toh, aku gak ngikutin soalnya.

    BalasHapus
  4. Memang kalau gak sengsara tuh kurang nikmat nontonnya.
    Aku jadi relate kayak yang di Podhub, podcast-nya Deddy Corbuzier dan Vidi bilang kalau irang tuh kadang milih berkata kejam di sosial media, bukan karena mereka jahat. Tapi mereka merasa ada yang lebih hina dari mereka dan mereka suka itu.

    Nah kira-kira kalo gambarin ke-njelimetan drama Ikatan Cinta tuh semacam ini kalik yaah..

    BalasHapus
  5. Utinya anak2 jg nonton IC di awal2. Aku nggak ngerti ternyata jg ganti pemain ya. Ku kira pun udah tamat heheuuu. Ternyata baru tamat yaw hihi...
    Mas Al heboh ya kala itu tuh, buibu seantero Indonesaa. Aku blm pernah nonton soalnya😄

    BalasHapus
  6. Astagaaa kirain udah selesai dari lama, ternyata baru-baru ini tamatnya?! Wkwkwk maaf Mak aku termasuk yang nggak begitu ngikutin sinetron lagi sejak SMA. Tapi kalau pas SD-SMP tuh masih tipis-tipis ngikutin sinetron kayak Noktah Merah Perkawinan, Tersanjung, apa lagi ya?

    BalasHapus
  7. Aku termasuk yang gak pernah nonton niihh. Jadi tau sinetron ini ya dari media sosial aja soalnya emang viral banget yaa dlu. Ternyata banyak banget episode nya sampai ribuan gitu.

    BalasHapus
  8. Puanjanggg bgt postingan ini dan dalutnya mbak jiah kok bisa runut ingat semuanya ya. Fans beneran emang gini sih, tau detik semuanya

    BalasHapus
  9. Aku pernah nonton Ikatan Cinta tapi sesekali gak tuntas. Oh ternyata sudah berakhir ya? Pemainnya acting nya luar biasa deh

    BalasHapus
  10. Aku ngikutin pas awal2 juga mba tapi pas lama kelamaan kok cerita bikin boring di bolak balik.. hiks bikin maless nonton...tapi ibukku seneng bnget pas kalau lagi di Cirebon mau gak mau nemenin bareng nonton😁

    BalasHapus
  11. Sinetron Ikatan Cinta ini satu-satunya sinetron yang saya ikuti dengan setia. Hampir selalu tidak ketinggalan di setiap episodenya. Dan tentu saja jadi fans beratnya Mas Al hehehe
    Tapi akhirnya saya juga memutuskan untuk gak nonton lagi sejak ceritanya mulai berkepanjangan. Udah gak nonton lagi sejak Al diberitakan hilang.
    Akhirnya tau tamatnya dari tulisan Mbak Jiah ini. Terima kasih ulasannya Mbak, akhirnya saya tahu endingnya tanpa harus nonton berkepanjangan :)

    BalasHapus
  12. Eeehhhh gimanaaaa? Pemeran utamanya diceritakan meninggal? Wuaduh. Penonton setianya pasti antara misuh2 atau patah hati tuuh hehe.
    Aahhh sedih banget, jangan pesimis donk kak Jiah, siapa tahu suatu saat nanti industri sinetron Indonesia bisa balik ke masa2 ada sinetron Losmen, Keluarga Cemara dll, yaaa moga2 yaaa.

    BalasHapus
  13. Saya sama sekali belum pernah nonton IC. Tapi pas awal2 itu sering ketemu berita tentang heboh2nya para penonton IC. Dari portal berita juga jadi tahu kalau IC ini secara nggak langsung (atau langsung?) makan korban keluarga Al di duniaa nyata (pengen ketawa karena saya sampai setahu itu, tapi fakta (atau rumor?) itu kok ngga pantes diketawain yaaa..

    BTW, penyakit sinetron indo itu mungkin slah satunya di kemaruk itu yaaa...serakah sampai nggak maunya lanjuuut terus. Padahal, kalau ditamatkan sementara, lalu nanti ada IC 2, rehat dulu lalu IC 3 gitu...kan cerita terjaga, penonton jg menanti2kan kejutannya.
    Tapi yaaa...begitulah. Sampai2 banyak orang samsek ga minat sama sinetron gara keserakahannya itu.

    BalasHapus
  14. Ini dia sinetron yang dulu digilai sama hampir semua ibu-ibu di kontak WA-ku. Kayak tiap hari ada aja yang posting episodenya. Haha. Akhirnya selesai juga, ya, setelah 3 tahun tayang. Setelah Buibu posting katanya gemes sama ceritanya, lalu lama-lama postingan mereka pun menghilang. Aku belum pernah nonton sama sekali. LOL.

    BalasHapus
  15. Iya sih, sinetro ini lamaa banget penayangannya. Klo dulu pa awal masih ngintip2 liat wajah mas Al, tapi lama2 kayak dipaksakan ya kisahnya hiingga bertahun2

    BalasHapus
  16. Episode awal memang ceritanya menjanjikan ya tapi penyakit sineas Indonesia kalau sinetron laku langsung dipanjangkan akhirnya cerita berantakan..Daebak 1300an episode lho...

    BalasHapus
  17. Wedeeh aku jadi ikutan baca dengan seksama kisah Ikatan Cinta ini hahaha... Sampe tak ulang ulang soalnya aku bukan penonton setia mas Al dan Andin. So, who is the loyal audience of Ikatan Cinta?

    Yes you re right, My mom!

    Tapi jujur yaaa kelemahan sinetron memang gitu. Ketika di awal baguuuusssss banget eh begitu kejar tayang langsung anjlok deh rasa ingin tahuku. Pas di awal ketika ke rumah ibuku, cerita ya tentang mas Al dan Andin sampe dia pernah komen loh di Instagram! Gubrak....

    Anyway ini salah satu sinetron yang mencuatkan nama beberapa pemainnya ya, salut deh sama kejelian PH nya


    BalasHapus
  18. Loh aku kira udah tamat dari jauh jauh hari malah, setelah drama dan segala macam sampe dulu awal awal mbakku rela nonton aldebaran gak boleh absen, sampe menguap begitu saja. Karena nggak lanjut nonton



    BalasHapus
  19. makin ke bawah aku makin bingung bacanya karena tokohnya tambah banyak. hihi. aku juga ada nonton sedikit-sedikit ikatan cinta ini dan sayang banget sinetron yang awalnya bagus ceritanya ujungnya jadi nggak jelas dan alhamdulillah akhirnya tamat

    BalasHapus
  20. Wahhh ini film yang cukup lama banget, bahkan saya harus berebut remot TV untuk bisa menonton televisi dengan orang tua hhu. Akhirnya tamat juga dan bebas dari rebutan remot lagi hhe

    BalasHapus
  21. Iyah, ini dulu sinetron pas awal-awalnya juga selalu saya tungguin lho hehehe... tapi setelah ceritanya makin "dibuat-buat dan nggak masuk akal" jadi malas juga nontonnya.
    Dan ternyata kini sudah beneran tamat ya.

    BalasHapus
Komentar saya moderasi. Tinggalkan jejakmu di sini, Teman!