Explore the blog
Kamis, 13 Januari 2022

Review Kekkon Dekinai ni wa Wake ga Aru Japanese Drama

Di usia berapa kamu ingin menikah? Bagaimana jika usia terus bertambah tapi lonceng pernikahan tak kunjung terdengar?

Konnichiwa! Jujur, ngomongin pernikahan itu agak nano-nano. Maunya begini, eh ternyata begitu. Sampai muncul alasan mengapa kamu tidak bisa menikah. Ah belum siap lebih tepatnya. Ini juga yang dialami oleh Mariko Goto dalam Kekkon Dekinai ni wa Wake ga Aru Japanese Drama.

review kekkon dekinai ni wa wake ga aru

Sejak kecil, Mariko Goto bermimpi menikahi pria idealnya. Sayangnya, di usia 29 tahun mimpi itu belum terwujud. Kini, tipe pria idamannya ada pada Mitsuo Tomizawa, seorang yang cerdas, tampan, tinggi dan jadi kepala bagian di perusahaan tempatnya bekerja.

Suatu ketika, Mariko ingin mengakui perasaannya pada Mitsuo. Jika gagal, dia akan menyerah dan melupakan pria itu. Siapa sangka Mitsuo malah mau menjadi pacarnya. Ternyata semua itu karena Michuko. Siapa Michuko? Kenapa dia bisa membuat Mitsuo menerima Mariko?


Drama: There Is A Reason Why You Cannot Get Married
Romaji: Kekkon Dekinai ni wa Wake ga Aru
Japanese: 結婚できないにはワケがある
Director: Ryuichi Honda, Kenji Kuwajima, Masayuki Matoba, Yuichi Katayama
Writer: Murasaki (webcomic), Moral, Kenji Kuwajima
Network: ABC, tvk
Episodes:
Release Date: April 18, 2021 - Jun 20, 2021 (ABC)/April 20, 2021 -- (TV Kanagawa)
Runtime: Sunday 23:55 (ABC)/Tuesday 23:00 (TV Kanagawa)
Language: Japanese
Country: Japan
Cast:
Mokomichi Hayami - Mitsuo Tomizawa
Yumi Wakatsuki - Mariko Goto
Tsuyoshi Furukawa - Kenta Inoue
Manami Igashira - Tetsuko Tanimura
Maho Yamaguchi - Yoshie Takada
Shiori Yoshida - Shizuka Kawagoe
Yuzuki Akiyama - Satsuki Harumoto
Juria Narumi - Koharu Ichinose
Dandy Sakano - Mariko's boss
Shiho Sasaki - Samejima
Sana Ogino - Aihara
Shoko Takada - Tetsuko's mother

Review There Is A Reason Why You Cannot Get Married


there is a reason why you cannot get married

Menutup akhir tahun saya nonton Shanai Marriage Honey. Di awal tahun ini saya memutuskan untuk mengulas drama Kekkon Dekinai ni wa Wake ga Aru. Kenapa? Dapat rekomendasi dari Google Japanese Drama about Marriage, hahaha. Terus sekarang juga masih ramai bahasan Spirit Doll dan dorama ini ada cerita tentang boneka. Namun tenang karena tidak seperti Chucky atau Annabelle yang bergenre horor. Ini malah lucu dan ada manis-manisnya.

webcomic kekkon dekinai ni wa wake ga aru murasaki

There Is A Reason Why You Cannot Get Married diadaptasi dari webcomic "Kekkon Dekinai ni wa Wake ga Aru” karya Murasaki yang mulai terbit dari tahun 2018 via Cmoa. Ceritanya tentang Mariko Goto yang ingin menikah dan naksir dengan pria yang terlihat sempurna tanpa cela bernama Mitsuo Tomizawa. Hal yang tidak orang ketahui, Mitsuo ini Pecinta Boneka bernama Michuko.

Setelah pengakuan perasaan, Mariko dan Mitsuo ini resmi pacaran. Enggak tanggung-tanggung karena Mitsuo mengabarkan hal ini pada orang kantor. Jadi terang-terangan gitu hubungan mereka ini.

Mariko senang dong karena pria idamannya berhasil dipacari?

Senang, tapi ada yang mengganjal yaitu keberadaan Michuko. Jadi Mariko ingin memisahkan Mitsuo dengan boneka kesayangannya. Dengan cara apa? Berhasilkah atau justru Mariko yang tersingkir karena berada di antara mereka?

Kau tidak sempurna tapi mengharapkan kesempurnaan orang lain. Itu benar-benar kontradiktif

 


Pria dewasa dengan hobi boneka, bukankah ini hal aneh? Ya itu yang Mariko rasakan. Sebenarnya, Mariko tidak sengaja bertemu Michuko ketika jatuh dari apartemen. Karena kakinya robek, dia pun membantu untuk menjahit. Nah Mitsuo menyaksikan hal itu dan jatuh cinta. Dia seperti melihat Michuko dalam versi nyata.

Resmi pacaran, Mariko melakukan perang dengan Michuko untuk merebut perhatian Mitsuo. Kehangatan manusia jelas berbeda dengan boneka. Mariko berusaha menjadi yang terbaik dan pantas untuk Mitsuo. Hasilnya?


Ada pekerjaan yang terlewat. Piknik di taman dengan masakan sendiri kurang berhasil hingga akhirnya makan makanan jadi. Mariko juga meminta Mitsuo untuk kencan tanpa Michuko dan pria itu menyanggupi.

Suatu ketika, Michuko berhenti bicara pada Mitsuo dan membuat pria itu linglung karena selama ini bonekanyalah yang membantu mengambil keputusan. Mariko marah hingga 'mengancam' Mitsuo. Setelah itu, Mitsuo mengambil keputusan sendiri dengan keinginan untuk menikahi Mariko. Apakah denting lonceng pernikahan benar-benar terdengar?

Apakah pernikahan adalah sesuatu yang seharusnya tidak terlalu diimpikan? Apa mungkin aku sudah terobsesi dengan impianku?

 


Di dorama KonWake ini sebenarnya saya sedikit mengerti dengan apa yang Mariko rasakan karena kami seumuran. Sejak kecil dia bermimpi untuk menikahi pria idaman. Namun kenyataan sampai di usia hampir 30 tahun, dia tak kunjung menikah. Mana sekelilingnya sudah punya pasangan.

Jadi ketika pacaran dengan Mitsuo yang sempurna, Mariko tidak mau melewatkan hal tersebut. Dia ingin bertahan meski sulit memahami hobi pria itu pada Boneka Michuko. Mariko selalu berasumsi bahwa Michuko adalah segalanya untuk Mitsuo.


Yang terjadi sebenarnya tidak seperti itu. Mungkin memang pertemuan mereka di awal karena Michuko, tapi Mitsuo benar-benar menganggap Mariko ini spesial. Perempuan itu sangat berarti untuknya dan tidak bisa diganti. Jika tidak jatuh cinta, mana mungkin Mitsuo sampai mau menyegel Michuko?

Kisah mereka dalam Kekkon Dekinai ni wa Wake ga Aru ini menggambarkan naik turunnya suatu hubungan. Mereka sama-sama jatuh cinta, tapi ada saja hambatan untuk melanjutkan hubungan ke tahap pernikahan. Ini adalah ujian yang harus mereka lewati termasuk penerimaan pada Michuko.

Ada Alasan Mengapa Anda Tidak Bisa Menikah


kekkon dekinai ni wa wake ga aru

Daripada memimpikan kebahagiaan yang belum pasti, aku lebih menghargai kebahagiaanku saat ini

Ada banyak alasan kenapa saya menyukai There Is A Reason Why You Cannot Get Married ini. Sejak awal, karakter Mitsuo yang terlihat sempurna menunjukkan kelemahannya pada Mariko, gadis yang ia sukai. Mariko sendiri meski tidak memahami apa menariknya Michuko, tapi dia tahu bahwa boneka itu berarti untuk Mitsuo. Mereka saling mengisi gitu lho.

Ketika saat ini muncul tren Spirit Doll, jujur saya bertanya-tanya, buat apa memelihara boneka arwah? Setelah nonton Kekkon Dekinai ni wa Wake ga Aru dan melihat Michuko, saya jadi sedikit mengerti. Jadi Pecinta Boneka, mengumpulkan Boneka ini sama seperti hobi lainnya. Yang tak saya suka, mungkin karena banyak yang berlebihan.


Di dorama KonWake ini, Michuko dan teman-temannya malah jadi salah satu cara untuk self healing. Mitsuo yang terlihat sempurna sebenarnya tertekan oleh banyak hal. Ketika akhirnya bertemu Michuko, dia jadi bisa lebih santai dan menikmati hal-hal kecil dalam hidup. Lalu Mariko pada akhirnya juga merasakan hal sama.

Daripada berpikir bahwa Michuko ini bisa bicara, saya menganggap itu sebagai imajinasi diri sendiri. Kenapa begitu? Soalnya dulu saya juga suka bicara dengan tanaman. Itu bukan hal gila, tapi jadi salah satu cara untuk melepaskan stres.

michuko

Menerima Michuko atau hobi lain dari pasangan itu hal yang wajib apalagi jika arahnya menikah. Ya mau bagaimana? Mereka sudah menekuni, menjadi bagian hidup sebelum bertemu kita. Jadi jika sengaja dipisahkan, bukankah itu sedikit jahat? Malah jauh lebih bagus jika kita mendukung seperti apa yang dilakukan Ryan Gold sama Sung Deok Mi di Her Private Life.

Selain soal cerita yang seru, pemain There Is A Reason Why You Cannot Get Married juga berakting sangat baik. Mokomichi Hayami sok tampan dan memang ganteng di dorama This Guy is the Biggest Mistake in My Life. Di sini tambah lawak apalagi saat berhubungan dengan Michuko. Yumi Wakatsuki, ini pertama kalinya saya melihat aktingnya dan ya saya suka. Kemistri mereka cukup bagus, enggak lebay dan malah bikin penonton ikut tersenyum sendiri. Terlebih saat Michuko berubah wujud setelah mandi. Asli ngakak banget! Jadi saya sangat merekomendasikan nonton Kekkon Dekinai ni wa Wake ga Aru sub indo ini.

Menikah bukan soal mau atau tidak, tapi soal dengan siapa kau ingin melakukannya

 

結婚できないにはワケがある

Memutuskan menikah itu sebaiknya memang bukan karena ingin, tapi karena siap. Akan lebih bagus jika kita menyukainya, jatuh cinta padanya. Terima segala kekurangan yang ada dalam dirinya. Pastikan juga kalian berada dalam jalur yang sama untuk pernikahan. Jangan terlalu diburu karena kadang malah akan semakin menjauh. Jalani perlahan dan penuh keyakinan serta jujur pada diri sendiri.

Sekian dulu review kali ini. Ada yang sudah nonton Kekkon Dekinai ni wa Wake ga Aru belum? Atau punya pengalaman serupa soal hobi sama boneka? Coba share cerita Kalian ya!

Sampai jumpa. Happy blogging!

Sumber gambar:
IG @mocomichi_hayami
https://www.asahi.co.jp/
https://dogatch.jp/
Asianwiki

Whould you like to comment?

  1. Waah kok nyambung sih dengan yg lagi viral soal pelihara boneka 😀.

    Btw busway keluarga kami salah satu penggemar channel waku waku japan everyday. Suka dengan filmnya, acaranya yg paling demen serial Doctor X recomended lho makk 😀👌

    BalasHapus
  2. Aih nonton ini dimana mba? Manis banget dramanya dan unik juga saingannya ama boneka hahaha 😂. Aku dulu menikah tanpa pacaran. Lewat proses taaruf yang singkat. Nah, Karena waktu itu lewat taaruf jadi perasaannya blum cinta bgt gtu. Jadi aku bener - bener menilai karakter suami aku itu dulu dengan ilmu yang aku punya dan doa tentunya. Karena beneran aku takut salah memilih pasangan hahaha 😂. Makanya dulu telat nikah dari umur yg aku inginkan

    BalasHapus
  3. Sepakat mbak, mitsuo dan kan udah lama lengket dengan michuko, sementara Mariko baru hadir di kehidupan mitsuo. Itu juga dekatnya karena Michuko. Jadi nggak sewajarnya kalau pengen langsung menggeser posisi michuko.

    Eh, pas nulis ini baru sadar kalau semuanya memakai awalan huruf M

    BalasHapus
  4. urusan nikah menikah ini memang selalu jadi topik yang seru untuk dibahas di mana aja, termsuk di film maupun drama yaaa mba

    BalasHapus
  5. Dulu sempat suka nonton film Jepang maksudnya selain anime kalau anime mah udah favorit banget. Pernah nonton My Tomorrow your yesterday, keren sih ceritanya. Walau gak populer film jepang juga bagus menurutku.

    BalasHapus
  6. Daripada memimpikan kebahagiaan yang belum pasti, aku lebih menghargai kebahagiaanku saat ini

    Quotes ini keren dan nampooooll banget! Aakkk, kapan2 mau nonton tayangan ini ahh.
    premisnya bagussss, pemain2nya juga keren banget

    BalasHapus
  7. Ya ampun... lama banget aku ngga baca sinopsis dorama. mau diakui atau ngga, sekarang sudah tergeser dengan drama korea, walau sebenarnya dorama tuh punya cirikhas yang unik kalau dibanding dengan drakor.

    BalasHapus
  8. Aku juga termasuk yang paling suka nonton film dengan genre menikah atau pedekate.
    Related banget dengan kehidupan ya.

    Btw,
    Aku kemarin nonton lho dorama, referensi Jiah sebelum ini, Shanai Marriage!
    Sukaaaa.

    BalasHapus
  9. Setuju. Pernikahan itu bukan karena keinginan tapi karena memang harus sudah siap.Karena ini soal komitmen kedua belah pihak dan sifatnya sakral. Tidak boleh main-main. Selain itu pasangan harus bisa saling menerima kekurangan dan kelebihan serta saling melengkapi..

    BalasHapus
  10. Wah bahasan tentang boneka lagi trend saat ini ya mbak
    Menarik skali cerita dorama ini
    Saya jadi ingin nonton
    Drama ini bisa ditonton di aplikasi streaming nggak mbak?

    BalasHapus
  11. Iya ini bonekanya nggak seseram arwah doll yang lagi viral kayak disini yak ehehehe

    Penasaran nih sama drama Jepang, ntar kalau senggang maulah cari ini drama, tfs mbak

    BalasHapus
  12. lucu juga ya cowokny suka boneka. untung bentuknya nggak kaya spirit doll yang kemarin sempat heboh itu. hehe

    BalasHapus
  13. Iya sih agak aneh cowo dewasa suka bawa boneka kemana-mana trus merasa si boneka bisa bicara. Mana foto bonekanya dipajang gede-gede. Tapi ternyata begitu yaa ... Hihi ...

    BalasHapus
  14. Gak tahu kenapa sih, aku pribadi suka gak nyaman dengan model seseorang yang terlalu berlebihan menyikapi benda mati seperti boneka layaknya makhluk hidup beda ceritanya klao itu binatang atau tumbuhan/tanaman gitu. tp memang bagi seseorang dengan daya imaginasi yang tinggi bahkan bisa terhubung segitunya yaa

    BalasHapus
  15. Meskipun drama Korea sudah menghebohkan dunia, tapi dorama Jepang juga tetap menarik untuk disimak ya. Ceritanya juga sederhana dan relate banget sama kehidupan. Rada aneh juga kalau ada cowok yang intens dengan boneka. Tapi dari dorama ini saya jadi belajar, semua hal pasti ada story-nya, ada alasan yang gak mungkin bisa dipahami orang lain.

    BalasHapus
  16. Kok pegang boneka ya? tapi pasti bukan spirit dools ya :)
    Aku tadi sempet bingung baca nama Michuko, tapi lanjut baca udah bisa nebak ini siapa.
    Ternyata di mana-mana ya usia segitu udah kaya dikejar-kejar buat nikah apalagi kalau lingkungan juga ikut ngejar padahal kan semua tergantung jodoh.
    Menikah itu juga tergantung kesiapan bener juga

    BalasHapus
  17. J-Doramanya kelihatan bagus, eh bisa ditonton di aplikasi mana Kak? Kalau lihat ada cowok yang gendong boneka emang jadi gimanaaa gitu.

    BalasHapus
  18. Lelaki suka boneka emang beda banget ya tapi tak seperti yang pernah aku pelajarin di ilmu Parenting memang sejak dini karakter itu dibikin walaupun tidak menyalahkan anak laki-laki bermain boneka baru juga nih mau nonton drama Jepang ini

    BalasHapus
  19. wah aku udah lama ga nonton drama jepang, biasanya drama korea, hihi.. ternyata drama ini tentang pria idaman dan pernikahan ya, menarik juga ^^

    BalasHapus
  20. Sudah lama nggak nonton dorama Jepang, ceritanya banyak yang seru juga, drama ini pas banget ya karena sekarang ada fenomena spirit doll di Indonesia

    BalasHapus
  21. Eh ternyata ada drama Jepang juga ya. Taunya cuma drama Korea saja. Nonton drama Jepang dimana mbak?

    Eh tapi aku bisa merasakan yang dirasakan si cewek sih. Merasa tersaingi oleh adanya boneka. Yaah meskipun sebenarnya Mitsuo cinta beneran sama si cewek , tapi kan kalau bawa boneka kemana mana rasanya juga seperti tersisihkan.

    BalasHapus
  22. Wah kayaknya keren ya storynya jadi pingin nonton juga iniiii...tapi kapan ya sempat nontonnya..

    BalasHapus
  23. BTW aku juga nonton Shanai Marriege Honey yang ini belum malah... btw itu Mitsuo setiap menangambil keputusan beradasarakn saran si boneka mba ? jadi si bonekanya ini bisa bicara macem robot atau gimana ya ? aduh penasaran apalagi lagi musim spirit doll gini

    BalasHapus
  24. Wah, ada dorama baru. Musti nonton, nih. Apalagi kalau temanya dewasa menjelang menikah. Alur ceritanya tentang naik turun hubungan pasangan kadang bikin yang nonton ikutan gregetan. Terlebih lagi jika dibungkus unsur komedi. Seru, nih! 😂

    BalasHapus
  25. Belum nonton akutu mba. Tp penasaran, soalnya lg liat dracin atau drama thailand ya yg sama ada boneka2 gitu.
    Emg lagi rame sih spirit doll jd perasaan tontonan isinya begitu jg hahaha..

    Lama ga nonton dorama ih aku

    BalasHapus
  26. Boleh juga nih, udah lama ngga nonton dorama.
    Btw, saya sampai sekarang masih suka ngomong sendiri sama tanaman atau ayam peliharaan saya, hehehe.

    BalasHapus

Tinggalkan jejakmu di sini, Teman