Explore the blog
Selasa, 22 September 2020

Review Drama Korea Into The Ring

Bismillaahirrahmaanirrahiim.... 

Kalian pernah berpikir untuk masuk ke dunia politik? Apa alasannya? 

Annyeong hasimnikka! Bicara politik itu sebenarnya agak ngeri-ngeri sedap bagi orang biasa seperti saya. Untuk masuk ke dunia itu, mungkin saya harus berpikir ribuan kali karena memang tidak punya dasar pengetahuan perpolitikan. Serem lah kalau tiba-tiba Into The Ring.

Baiklah, mari move on! Kali ini saya akan mengulas drama komedi romantis yang sangat membuat saya jatuh hati berjudul Memorials atau Into the Ring.

drama korea komedi romantis into the ring

Goo Se Ra, gadis biasa yang berkepribadian cerah. Hidupnya tidak terlalu lancar bahkan sering kali dipecat dari pekerjaannya. Dia kemudian bertemu dengan Seo Gong Myung, PNS yang jadi petugas publik ketika Se Ra memberikan keluhan sipil. Seo Gong Myung pria yang berprinsip dan bekerja sangat baik. Tapi karena itu, orang-orang tidak menyukainya.


Suatu hari, Goo Se Ra ingin mengikuti Pemilu Sela di Distrik Mawon-gu. Melihat kepribadian Se Ra, Seo Gong Myung sebenarnya tidak yakin. Tapi, siapa juga yang akan melarang jika Se Ra memenuhi syarat pencalonan? Bagaimana cerita mereka selanjutnya? Apakah Se Ra akan terpilih? 

Drama: Memorials/Into The Ring/The Ballot
Revised romanization: Chulsapyo
Hangul: 출사표
Director: Hwang Seung-Ki
Writer: Moon Hyun-Kyeong
Network: KBS2
Episodes: 16
Release Date: July 1 - August 20, 2020
Runtime: Weds. & Thurs. 21:30
Genre: Romantic-Comedy
Language: Korean
Country: South Korea
Cast:
Nana - Goo Se-Ra
Park Sung-Hoon - Seo Gong-Myung
Yoo Da-In - Yoon Hee-Soo
Han Joon-Woo - Kim Min-Jae
Ahn Nae-Sang - Cho Maeng-Duk
Seo Jin-Won - Shim Jang-Yang
Han Dong-Kyu - Jang Ha-Woon
Lee Chang-Jik- Shi Dan-Kyu
Bae Hae-Sun - Won So-Jung
Lee Seo-Hwan - Heo Deok-Goo
Kim O-Bok - Won So-Jung's secretary
Yun Ju-Sang - Bong Chu-San
Oh Dong-Min - Go Dong-Chan
Yu Seong-Ju - Yang Nae-Sung
Kim Ik-Tae - Choi Goo Pal
Park Sung-Geun - Lee Dae-Cheol
Kim Hyun-Mok - Jung Yong-Kyu
Ahn Kil-Kang - Goo Young-Tae
Jang Hye-Jin - Kim Sam-Sook
Kim Mi-Soo - Kwon Woo-Young
Shin Do-Hyun - Jang Han-Bi
Choi Go - Kim Ja-Ryong
Shin Joo-Hyup - Oh Byeong-Min
Park Mi-Hyun - Son Eun-Sil
Hong Sung-Duk - Kim Chul-Soo
Park Gwi-Soon - Cha Eun-Woo
Kim Ha-Yeon - Goo Se-Ra (child)
Seo Yoon-Hyuk - Seo Kong-Myung (child)
Jung Si-Yul - Cho Jung-Dae
Jo Ye-Rin - Goo Se-Ra (teen)
Shin Dong-Ryuk
Lee Ho-Jung
Lee Yoon-Sang
Jung Dong-Geun
Lee Sang-Hwa
Lee So-Mi
Song Hoon
Kang Ae-Shim
Shin Hyun Jong
Gu Da-Song
Moon Kyung-Min
Park Jung-Pyo
Yun Seol
Kim Jong-Ho
Park Yoo-Rim
Lee Seung-Chul
Bae Sung-Il
Kong Ho-Suk
Choi Gyo-Sik
Moon Ki-Young
Kim Kyung-Min
Baek Seo-Yun
Park Jun-Hee
Baek Seung-Jun
Gu Bon-Jin
Choi Nam-Wook
Eom Ok-Ran
Choi Yo-Han
Kim Jae-Cheol
Son Sung-Chan
Seo Myung-Chan
Cha Sang-Mi
Kang Suk-Won
Choi Jong-Ryul
Jwa Chae-Won
Kim Jin
Ko Jae-Won
Choi Moo-In
Lee Se-Rang
Jung Eui-Soon
Choi Sol-Hee
Lee Jin-Mok
Oh Ki-Hwan
Lee Joong-Yull
Park Yong
Ri Min
Bae Bo-Ram
Kyung Ki-Hyun
An Seok-Hyun

Review Korean Drama Memorials


drama korea memorials

Ketika kabar Nana dan Park Sung-Hoon akan bermain dalam drama Memorials muncul, jujur saya sangat antusias. Alasannya karena saya suka keduanya meski The Ballot ini jadi drama pertama mereka yang berhasil saya tonton sampai selesai. Drama ini merupakan drama pengganti Soul Mechanic.

chulsapyo

Saya terpesona dengan Nana saat konferensi pers drama Kill It. Saya sempat nonton tapi hanya bertahan separuh. Lalu untuk Park Sung-Hoon, saya jatuh hati saat dia bermain di Psychopath Diary. Sayangnya saya belum melanjutkan karena saat itu sudah terlalu banyak mengikuti drama ongoing. Nana dan Park Sung-Hoon sebenarnya bertemu di drama Justice pada tahun lalu yang merupakan drama pengganti Angel's Last Mission: Love atau sebelum When the Camellia Blooms.

출사표

Pemungutan suara adalah kunci demokrasi 

Into The Ring adalah drama yang memenangi kontes menulis naskah drama kesepuluh dengan judul Finding a Shooting Star in the Middle of the Desert (Menemukan Bintang Jatuh di Tengah Gurun Pasir). Into the ring itu idiom yang mengambarkan seseorang memasuki sesuatu secara antusias. Secara harfiah berarti melompat ke dalam sesuatu, seperti air. Untuk memulai atau melakukan sesuatu dengan cepat, antusias, dan tanpa rasa takut. Cocok sekali untuk menggambarkan Goo Se Ra yang terjun ke dunia politik. 

Goo Se Ra merupakan gadis berusia 29 tahun. Tapi secara finansial, dia belum merdeka, bekerja serabutan setelah berulang kali dipecat dari pekerjaannya. Se Ra tidak tahan dengan ketidakadilan. Dia selalu melakukan berbagai keluhan sipil sampai punya julukan Garden Tiger Moth atau Ngengat Harimau. Meski banyak ketidakberuntungan, tapi ada Kim Min Jae, laki-laki yang sudah dipacarinya selama 9 tahun.


Seo Gong Myung merupakan Wakil Direktur di Kementerian Perencanaan dan Alokasi. Dia PNS kelas V dan bekerja dengan sangat baik, tapi terlalu idealis sehingga akhirnya dia dimutasi ke bagian Pelayanan Publik. Ketika bertatap muka, Gong Myung mendapatkan masalah lagi sehingga dia diminta untuk mengurusi keluhan dari Garden Tiger Moth lewat e-mail yang tak ada ujungnya. 

Suatu ketika, Gong Myung akhirnya tahu siapa Garden Tiger Moth. Saat Se Ra melamar pekerjaan di kantor Pelayanan Publik, Gong Myung pun memanfaatkan itu agar Ngengat Harimau tidak sempat membuat keluhan sehingga mereka bisa tenang.


Karena dari awal tahu bahwa Into The Ring merupakan drama komedi romantis, saya pikir kisah cinta antara Gong Myung dan Se Ra terjadi di kantor Pelayanan Publik. Seperti drama perkantoran ala What's Wrong with Secretary Kim gitu, Bos yang jatuh cinta pada bawahannya. Eh ternyata enggak. Singkatnya karena lagi-lagi Se Ra 'Protes' saat rapat, dia pun dipecat. 

Jangan bertarung dalam kerangka yang diciptakan oleh lawanmu. Jika kamu ingin menang, kamu harus membuat kerangka sendiri

 


Siapa sangka Se Ra ikut Pemilihan Umum Sela di Distrik Mawon-gu. Niat Se Ra sebenarnya karena gaji yang akan diperoleh. Ibunya punya hutang dan dia ingin membantunya. Dan setelah membuat kehebohan di menit terakhir, akhirnya dia jadi kandidat nomor 5, independen tanpa ada partai yang mendukung. Karena pilihan politik yang berbeda, Se Ra akhirnya putus dong sama pacarnya. Kim Min-Jae tidak ingin Se Ra jadi Politikus.


Pemilihan umum sela adalah sebuah pemilihan umum khusus yang diadakan untuk mengisi sebuah jabatan politik yang kosong di antara masa pemilihan umum (Wikipedia Pemilihan Umum Sela). Dalam pemilu yang diikuti Se Ra, seorang Anggota Distrik Mawon-gu bernama Yang Nae-Sung meninggal dunia sebelum masa jabatannya selesai.
 

Sebagai PNS, Gong Myung ini bertugas untuk mengawasi Se Ra saat kampanye. Ternyata politik memang tidak semuanya bersih. Se Ra tidak tahan dan minta bantuan Gong Myung untuk mengungkapkan kecurangan tersebut bahkan Ibunya terseret. Se Ra juga sempat diundang kandidat lainnya. Hingga saat pemilihan tiba, tinggal dua kandidat yang tersisa. 

Saat orang memilih seseorang, itu tidak ada hubungannya dengan Matematika. Ini tentang hati mereka

 


Ketika hari H pemilihan, Se Ra sebenarnya sudah putus asa, tidak terlalu yakin dengan hasilnya. Ternyata dia menang dong. Awalnya dua kandidat itu seri hingga ada undang-undang yang menyebut bahwa kandidat tertualah yang menang dan itu Se Ra. Ada yang tidak setuju dan minta penghitungan ulang. Eh ternyata jumlah suara Se Ra lebih banyak. Dia pun terpilih jadi Anggota Distrik Mawon-gu. 

Ketika pemilu ini, sebenarnya saya sedikit paham bagaimana kerjanya karena saya sudah dua kali jadi Anggota KPPS. Meski bukan PNS, saya paham perasaan Gong Myung yang harus tetap netral meski tahu bahwa Se Ra adalah Teman Masa Kecilnya. Orangtua Se Ra yang awalnya tidak setuju, diam-diam juga ternyata membantu Putrinya. 

Selesai nih setelah The Ballot atau surat suara dihitung?


Oh belum. Itu baru awal karena Se Ra masuk ke dunia yang berbeda. Se Ra dikucilkan karena dia bukan dari partai manapun. Tapi karena namanya politik, suara Se Ra jelas dibutuhkan untuk hal-hal tertentu. Jadilah dia ditarik ke sana dan ke mari. Nah, Se Ra pun memanfaatkan itu. Sayangnya, ketika rapat diketahui bahwa Mawon-gu tidak punya uang untuk menggaji para Perwakilannya. Itu sungguh jadi pukulan berat bagi Se Ra. Dia kan jadi Anggota Majelis Distrik biar dapat gaji besar! Eh malah terancam tidak digaji selama setahun masa jabatan. 

Gong Myung sendiri setelah Pemilu Sela akhirnya dimutasi ke bagian Sekretariat. Dia masih terus mengawasi Se Ra dan kelakuan absurdnya. Se Ra meski dikucilkan, dia tetap jadi tempat curhatnya orang-orang yang tidak mendapat keadilan. Sampai-sampai, Se Ra ini diskors. Se Ra adalah sebuah kekacauan.


Mereka yang terjun ke politik biasanya memiliki dua hasrat. Hasrat untuk memamerkan dan hasrat untuk mengubah keadaan. Hasrat yang lebih mendominasi akan menentukan jalan mana yang diambil orang tersebut 

Dalam Politik memang tidak ada yang benar atau salah. Yang ada hanyalah yang berkepentingan. Bahkan rela menjual apa saja termasuk dirinya sendiri demi menang dalam berpolitik. Akhirnya nih beberapa anggota butuh Se Ra untuk jadi boneka. Ketika jadwal pemilihan Ketua Distrik muncul, kecurangan terjadi dan akhirnya Se Ra yang terpilih. Niatnya memang buat mainan, tapi Se Ra tidak bisa dikendalikan.


Gong Myung yang tahu kemungkinan apa yang akan terjadi pada Se Ra, akhirnya menawarkan diri untuk menjadi sekretarisnya. Dan dari sini deh mereka mulai menjalin cinta setelah dua kali Se Ra ditolak. Kalau FTV Indonesia mungkin judulnya akan menjadi "Mantan Atasanku Kini Jadi Sekretarisku dan Dia Pacar Rahasiaku", hahaha. Mereka sepakat untuk pacaran diam-diam dan tidak boleh ada orang kantor yang tahu. Lucunya, semua orang tahu bahwa keduanya pacaran.


Meski jadi ketua, tetap saja jalan Se Ra tidak mudah. Ya balik ke semua kepentingan. Politik kan memang seperti itu. Tidak semua orang tertarik pada tujuan baik. Dan ketika kasus Smart One City Project muncul, akhirnya itu membawa banyak kenangan pada Gong Myung maupun Se Ra saat masih kecil. Memorials apa itu? Penasaran? Ya tonton sendiri! 

Korean Drama The Ballot


drama korea the ballot

Jika hanya ada satu orang di sisimu, kamu bisa menjaga keyakinanmu tetap ada 

Jika berpikir bahwa nonton Into The Ring bakal stres karena bertema politik, kalian salah besar! Ini memang drama politik, tapi ringan dan lucu tidak seperti Designated Survivor: 60 Days. Meski begitu, cerita anggota distrik dan semua masalah tetap jadi bagian yang penting dari drama ini. 

Kisah cinta antara Gong Myung dan Se Ra juga segar, enggak bikin mual. Mereka yang dari teman masa kecil, lalu saling peduli, pacaran dan tetap menjaga satu sama lainnya. Karakter Se Ra ini pecicilan macam cacing, kruget-kruget dan lebay gitu. Sementara Gong Myung mukanya datar, kaku kaya kanebo kering, sok enggak peduli tapi sebenarnya sangat melindungi Se Ra.


Paham juga sih kenapa Gong Myung sampai gedek banget sama Bapaknya. Dia menerima banyak kekecewaan bahkan sejak masih kecil. Beruntung ada Se Ra yang menemani Gong Myung. 

Dan kenapa mereka akhirnya jadian, karena dasarnya dua-duanya itu idealis. Gatel sama ketidakadilan. Mereka itu kaya satu koin dua sisi. Enggak bisa dipisah. Jadi meski Se Ra aneh dan sering manja, Gong Myung tetap suka. Asli saya terkejut dengan akting Nana dan Park Sung-Hoon yang bisa semenggemaskan itu dan membuat saya tidak bisa berhenti tersenyum. Ketawanya Nana juga renyah banget dan menular. Kemistri mereka the best. Itu Sung-Hoon kalau enggak punya pacar, mau deh ikut jodohin sama Nana, hahaha.


Untuk karakter pendukung drama Memorials, kayanya semua oke enggak ada cacat. Jang Hye-Jin habis jadi Ibunya Dan di Crash Landing on You sama Parasite, eh ternyata lawak banget jadi Ibunya Se Ra. Begitu pula Bapaknya. Lalu Ahn Nae-Sang sebagai Jo Maeng-Duk, Bapaknya Gong Myung yang nyebelin. Beda banget sama karakternya di drama Heart Surgeons juga The Light in Your Eyes. Bae Hae-Sun pemeran Won So-Jung juga nyebelin sih enggak kaya waktu main di Hotel Del Luna. Lalu Yun Ju-Sang pemeran Pak Bong Chu-San, dia tetap kebapakan ala di drama 365: Repeat The Year.


Untuk partnernya Gong Myung, ada Park Sung-Geun sebagai Lee Dae-Cheol. Saya ngehnya saat dia main di ID: Gangnam Beauty. Ternyata ada juga di Doctor Prisoner. Lalu Kim Hyun-Mok pemeran Jung Yong-Kyu itu main di Extraordinary YouMemories of The Alhambra dan Strong Woman Do Bong Soon

Favorit saya jelas klubnya Se Ra dari Comic Book Cafe. Ada Kim Mi-Soo pemeran Kwon Woo-Young yang pernah main di Hi Bye Mama. Lalu Shin Do-Hyun pemeran Jang Han-Bi bermain di drama Love With Flaws dan Just Dance. Terakhir Choi Go pemeran Kim Ja-Ryong yang unyu dan kadang lebih dewasa dari yang lain, ternyata dia berperan sebagai Ryan Gold kecil di Her Private Life. Sebenarnya saya juga love hate sama karakter Yoon Hee-Soo, Go Dong-Chan dan Kim Min-Jae. Tapi ya enggak masalah karena memang karakternya dibuat seperti itu.


Serius, nonton drama ini tuh beneran kita akan ikut ribet dengan The Ballot saat pemilu. Dukung Se Ra yang terjun ke dunia politik Into The Ring dan Memorials, semua kenangan sedih dan indah setelah nonton drama ini. Kalian harus coba nonton deh! Banyak sekali adegan yang saya suka. Saperti saat Gong Myung ikut lari bersama Se Ra. Lalu waktu adegan reka ulang Ja-Ryong dan Han-Bi di hari pertama Se Ra dan Gong jadian. Satu lagi waktu Gong Myung bilang mau seumur hidupnya Se Ra. Dih saya sudah berpikir yang iya-iya. Ternyata gombal belaka, hahaha. 

Para Pemuda zaman sekarang tidak berusaha cukup keras! Itu yang dikatakan orang dewasa. Tapi bukannya mereka kurang berusaha. Dunia ini tempat yang sulit. Bahkan jika kalian berusaha keras

 


Jujur, saya tidak masalah jika ada seseorang yang mau terjun ke dunia politik asal dia memang punya kemampuan, bukan hanya modal tampang atau dukungan dari orang atas. Paling suka dengan Pemuda meski akhirnya akan seperti Se Ra, dikucilkan karena dianggap belum berpengalaman. Tapi jauh dari lubuk hati yang terdalam, saya percaya bahwa masih ada Politikus dan PNS yang bersih, yang peduli pada keadilan dan membuat perubahan. Jangan menyerah ya! 

Jangan menunggu seseorang memberimu kesempatan. Mari buat kesempatan sendiri

 


Well kurang lebih begitulah review drama Memorials. Sepertinya sih drama ini jadi salah satu komedi romantis 2020 favorit saya. Recommended! Apalagi pengambilan gambarnya juga oke. Dan saya suka sekali ost yang berjudul Our memories in summer. Ceria banget dan penuh cinta.

Kalian ada yang sudah nonton Drama Korea Into The Ring? Share pendapat kalian ya! Sampai jumpa. Happy blogging!


Sumber info dan gambar: AsianWiki & HanCinema

Whould you like to comment?

  1. Super lengkap banget reviewnya tapi sayang dramanya ratingnya kurang up. Makasih mba reviewnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali

      Memang ini drama sepertinya gak banyak yang mengikuti dan rating juga bawah. Tapi karena suka dan bagus, ya kutonton

      Hapus
  2. Mbak Jiah suka banget drakor ya hehhehe... Baca review into the ring ini bikin aku keinget ama kisahku sendiri, putus karena si dia terjun ke politik, karena itu hal yang sangat aku nggak pengenin. Soalnya udah pernah nyemplung nggak sengaja jadi tim salah satu calon gubernur, dan liat dari dekat gimana ngerinya politik itu.


    Dari situ langsung big no ke politik. Eh si doi malah ambisius, yauding lah bye bye.
    Eh kok malah akunya yang curhat nih hhahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah, hahaha. Emang sih dunia politik itu serem gimana gitu. Apalagi kalau sudah ada ambisi yang ambil alih

      Hapus
  3. Aku baru episode 1 kakaaa, doakan bisa lanjut yaa hahaha, ini banyak drama mandeg, apa lagi bosan yaa

    BalasHapus
  4. Ah iya sih, aku pribadi kalo urusan politik bawaannya ngantuk males gitu. Tapi kalau dibuat segar dan komedi kayanya asik juga ya. Apalagi pemainnya juga cakep

    BalasHapus
  5. Aku baru mulai nonton drakor tahun ini. Kayaknya menarik juga nih, ada unsur politik di genre rom-com. Nanti coba2 riset lg ah menarik buat dimasukin ke watch list apa enggak.

    BalasHapus
  6. Sedih banget ngarep dapet gaji besar malah terancam gak digaji setahun. Etapi keren ya. Posisinya Se Ra kesulitan soal keuangan dan tanpa ada dukungan partai politik, tapi bisa maju sebagai politikus. Menang pula. Kalo di sini kan--setauku--awal mula aja udah butuh banyak uang. Apalagi yang tanpa dukungan parpol begitu.

    BalasHapus
  7. Biasanya dih yang domiinan adalah hasrat ingin mengubah keadaan. Namun akhirnya kalah juga dengan keinginan. Ini tema yang tak biasa. Ga berat, nih?

    BalasHapus
  8. Saya gak suka dengan dunia politik padahal sarjana politik wkwkwk
    Gak tau setelah lulus saya malah lihat dunia itu begitu mengerikan.
    Dari beberapa drama korea juga saya lihat bagaimana ngerinya dunia politik

    BalasHapus
  9. Abis baca ini jadi langsung pengen nonton. Penasaran banget.

    BalasHapus
  10. Seru ini br tau ada drakor temanya politik gini, enak sekalian bs sambil mikir kl misal representasi politik korsel jg. Quotenya kaya ga asing sih yg d politik ga ada salah benar adanya yg berkepentingan, lawan jd kawan atau sebaliknya dah biasa 🙉

    BalasHapus
  11. Hihii jadi keinget sempat mau nonton into the ring ini, tapi akhirnya baru beberapa menit udah kepending dan ga dilanjutin sampai sekarang.. Ups.. Nah baca review ini jadi keingetan dan kepikiran buat nonton lagi. Tapi mungkin nanti2 deh pasti udah senggang ya.

    BalasHapus
  12. Wah ini aku belum nonton dramanya, boleh juga dimasukan list ke tontonan berikutnya untuk Into The Ring. Biasanya aku tuh kalau mau nonton drama suka lihat dari pemainnya dulu.

    BalasHapus
  13. Yang namanya drakor mau ngangkat tema politik pun tetap menarik ya. Emang mereka nih jago kok bikin cerita.Aku belum pernah nonton dan gak kebayang ada kisah kayak gini di drakor. Catetin dululah, kali aja pas punya waktu buat temen selonjoran.

    BalasHapus
  14. Ah Jiah, baru baca judulnya, saya sudah berteriak dalam hati, "TYDAAC."

    Rupanya drakor yah hihi.

    AH akan kuingat pesan ini Jiah jika kuterpaksa masuk ke dunia politik

    Jangan bertarung dalam kerangka yang diciptakan oleh lawanmu. Jika kamu ingin menang, kamu harus membuat kerangka sendiri

    BalasHapus
  15. Jangan bertarung dalam kerangka yang diciptakan oleh lawanmu. Jika kamu ingin menang, kamu harus membuat kerangka sendiri

    Quote-nya mantaabbb! Memang drakor nih keren yaaa. Tema politik bisa dikemas dgn begitu menarik!

    BalasHapus
  16. Ternyata ada juga drakor bertemakan politik ya. Kirain kisah lucu dan asmara terus hihihihi :) Kalau aku sih ga demen politik ya, pusing hehehe :) Aku ga ngikutin cerita2/ film Korea sih :) Tapi salut sama para penggemar drakor yg tetap setia menontonnya hehe mantap.

    BalasHapus
  17. Aku sempat nih lihat salah satu episode di tv. terus bingung kok ada yang nyebut judulnya into the rings, ada yang memorials...ternyata sama-sama ajaa...

    BalasHapus
  18. Setuju dengan kalimat kalau dalam politik itu bicara kepentingan. Makanya, saya suka geleng-geleng aja kalau ada yang segitu ngotot membela politik tertentu :D

    BalasHapus
  19. Kalau pakai kerangka orang lain nanti rentan runtuh ya :)
    Duh harus mikir ya drakor yang ini, nontn gak yaaa

    BalasHapus
  20. Jiah, ini ceritanya ternyata ga sesimple sekretari kim ya? Lebih berlika-liku kayanya. Ini nonton dimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini lebih kompleks tapi menarik. Ada di VIU kalau mau nonton

      Hapus
  21. Ternyata ada juga drakor dengan cerita politik ya, kayaknya bagus sih apalagi kalo ada intrik, hahahaa... penyuka intrik agar agak heboh gitu

    BalasHapus
  22. HUaaaaaa banyak amat quote quote kereeeen!
    dan aku baru tahu kalau "Into the ring" itu idiom yang mengambarkan seseorang memasuki sesuatu secara antusias, cepat, dan tanpa rasa takut

    BalasHapus
  23. Politik ternyata asik juga kalo jadi drama ya. Tapi harus benar2 hati2 ya takut menyentil tokoh politiknya di negara itu wkwkwk

    BalasHapus
  24. Wah temanya ada politik2nya tapi juga ada komedi romantisnya gtu yaaa.
    Jadinya org gak fokus ke seting politik2annya hehe.
    Haha ngakak pemainnya bongkar pasang setelah dipertemukan di beberapa drama sebelumnya ya. Tp baguslah di situ uji kemampuan aktingnya jd gmn caranya spy penonton liat mereka bisa memerankan karakter lain.

    BalasHapus
  25. Wuih seru banget ya drama komedi romantis dengan latar belakang politik... Kalau recomended jadi pengen nonton juga...

    BalasHapus
  26. Mereka yang terjun ke politik biasanya memiliki dua hasrat. Hasrat untuk memamerkan dan hasrat untuk mengubah keadaan, setuju dengan ungkapan ini. Harus dibedakan ya...

    BalasHapus
  27. Wah kayaknya seru ya..
    Ada cerita politiknya juga..
    Drama baru ya ini mbak..
    Mau cari ah

    BalasHapus
  28. Pertama kali mikir kalau drama korea kan biasanya romantis. Nah misal setting dibikin politik politik, agak ragu juga ya, apakah bisa nyambung. Eh tapi sepertinya sih tetep bisa jalan ya. Menantang banget ini buat aktor sama aktrisnya untuk bisa bikin drakor ini tetep enak dinikmati

    BalasHapus
  29. Suka deh dengan pemeran ceweknya. Cantiiik. Aku udah mau nonton ini nih. Penasaran dengan trailernya. Abis beresin Flower of Evil ah. Mumpung bulan ini lagi lowong. :D

    BalasHapus
  30. Seru juga ya temanya, jadi ingat Drakor yang tentang politik juga lupa judulnya yang main siapa tuh di Dinner Mate, kayaknya ini juga lucu yaa

    BalasHapus
  31. Baca ulasannya di atas, sepertinya ceritanya menarik nih. Kayaknya saya belum pernah nonton drama Korea yang mengangkat pembahasan politik. Ya gimana, sampai sekaran juga baru nonto 4 atau 5 judul drama Korea. wkwkwkw

    BalasHapus
  32. Bener banget nih kuotenya. Bukannya kurang berusaha, tapi dunia ini tempat yg sulit. Belum lagi problem dimana kita tidak punya privelege seperti orang2 ya

    BalasHapus
  33. Fanart yang di video yutub itu apa, Jia..?
    Lucu bangettt...
    Tapi aku yakin, drama ini memberikan pelajaran yang bagus sekali bagi anak muda yang hendak terjun ke dunia politik.

    BalasHapus
  34. Wah kayaknya seru nih drakor bertema politik. Berat tapi dibahas dengan bahasa drama

    BalasHapus
  35. jadi penasaran sama drama the ballot, kok menarik banget yaa, sama gak sih dengan intrik politik di Indonesia hehe

    BalasHapus

Tinggalkan jejakmu di sini, Teman