Explore the blog
Kamis, 30 Desember 2021

Review Shanai Marriage Honey Japanese Drama

Saat sedang galau lalu tiba-tiba ada yang mengajakmu menikah, mau atau tidak?

Konnichiwa! Enggak nyangka ternyata kita sudah berada di ujung tahun 2021. Kalau ada yang tiba-tiba ngajakin nikah, bentar saya mikir dulu. Siapa kamu? Kenapa saya? Sudah gila ya? Hahaha.

Btw, karena sudah lama absen mengulas drama dan film, sekarang saya akan merekomendasikan dorama yang berhubungan dengan pernikahan. Ini dia Shanai Marriage Honey Japanese Drama, Di Rumah Pernikahan, Sayang.

review shanai marriage honey

Setelah putus dari pacarnya yang berselingkuh, Haruta Ami merasakan kegalauan apalagi hubungannya yang dulu sampai tahap pertunangan. Pada saat bersamaan, sebuah iklan aplikasi kencan muncul di ponselnya. Seseorang bernama Miura Manatsu membutuhkan pasangan untuk menikah di hari yang sama. Tanpa pikir panjang, setelah dua kali pertemuan, mereka resmi menjadi suami istri.

Karena serba tergesa, Ami dan Manatsu tidak tahu latar belakang masing-masing termasuk soal pekerjaan. Ternyata, mereka bekerja di kantor yang sama sehingga diputuskan untuk merahasiakan hubungan pernikahan tersebut. Pertanyaannya, kenapa? Adakah sesuatu di balik pernikahan mereka yang serba cepat ini?

社内マリッジハニー

Native Title: 社内マリッジハニー
Also Known As: In-House Marriage Honey, Shanai Marijji Hanii
Screenwriter: Uchihira Mio, Shimo Ayumi
Director: Morita Ryo, Shingu Ryohei
Genres: Comedy, Romance
Tags: Secret Marriage, Nice Female Lead, Married Life, Hidden Relationship, Hardworking Male Lead, Strangers To Lovers, Eccentric Male Lead, Office Romance, Adapted From A Manga, Fluffy
Country: Japan
Type: Drama
Episodes: 7
Aired: Nov 13, 2020 - Dec 25, 2020
Aired On: Friday
Original Network: MBS
Duration: 25 min.
Cast:
Itagaki Mizuki as Miura Manatsu
Matsui Airi as Haruta Ami
Wada Hayate as Matsushita Kazuya
Oshida Gaku as Yamagata Yuki
Tateishi Toshiki as Mochizuki Kaimi
Miyata Tappei as Hori Ryuhei
Nakamura Riho as Sakaguchi Sumika
Asami Himeka as Miwa An
Kijima Asuka as Shinkawa Marina
Hyodo Katsumi as Nishitani Kentaro
Nakamura Kumi as Manatsu's mother
Ninomiya Meu as Ami's sister
Nagano Satomi as Ami's mother

Review In House Marriage Honey


in house marriage honey

Saya lupa kapan tepatnya menemukan dorama In House Marriage Honey ini. Maklum sudah terlalu lama libur ngedrama. Namun yang jelas, saya memutuskan nonton Shanai Marriage Honey Sub Indo karena Matsui Airi. Kelihatannya, dorama ini ada kecerian tersendiri dan tebakan saya benar. Ostnya berjudul Secret Love dari Kalen Anzai lumayan enak di telinga.

Aku tak butuh cinta untuk menikah

 


Drama Jepang ini diadaptasi dari serial manga "Shanai Marriage Honey" (社内マリッジハニー) karya Fujiwara Emi (長谷瑠依) tentang pernikahan antara Miura Manatsu dan Haruta Ami. Seperti yang saya bilang di awal bahwa mereka menikah setelah bertemu 2 kali. Gila? Iya. Cape banget karena ternyata mereka ini pasangan yang enggak biasa.

Alasan Manatsu ngajak married tidak jelas, sementara Ami hanya ingin nikah karena enggak mau nikah setelah diselingkuhi. Mereka tidak tahu latar belakang masing-masing, eh malah ketemu di kantor. Terus Manatsu minta Ami supaya merahasiakan hubungan mereka. Ami berada di Departemen Akutansi sementara Manatsu di Departemen Penjualan. Manatsu bisa dibilang mapan, populer, tak ada kekurangan dan perempuan mana pun pasti mau. Namun kenapa menikah setelah bertemu di aplikasi jodoh? Kan aneh banget. Gimana saya enggak curiga coba?


Setelah beberapa episode, apa yang saya pikirkan itu zonk. Ternyata tidak seekstrim itu alasan pernikahan mereka. Bukan sewa tempat tinggal seperti Because this is My First Life. Bukan pula perlindungan kaya Love The Way You ArePerfect and Casual atau My Husband in Law. Bukan juga biar dapat visa tinggal ala On The Wings of Love apalagi soal warisan seperti Watashitachi wa Douka Shiteiru. Pokoknya masalah-masalah yang terjadi betulan lumrahnya pernikahan yang diawali tanpa cinta.


Ami berusaha menarik perhatian Manatsu dengan serangan agresif, tapi dia kaya cuek gitu. Sebenarnya Manatsu sudah gemas dengan istrinya yang cantik sampai enggak mau Ami tampil begitu di kantor. Ada saat mereka tarik ulur padahal sama-sama suka. Jadi sebenarnya drama Jepang Shanai Marriage Honey dorama ringan dengan kisah komedi romantis di dalamnya.

Shanai Marijji Hanii


review shanai marriage honey japanese drama

Ini adalah kehidupan pasangan suami istri kita

In House Marriage Honey dengan 7 episode ini memang bukan drama berat. Ceritanya seperti komik dengan satu masalah selesai dan muncul masalah baru yang umum dan mungkin dialami oleh pengantin baru. Saya tak masalah soal aplikasi kencan bahkan dulu pernah terlintas untuk mencobanya. Namun saya suka overthinking. Diajak nikah buru-buru tuh apa enggak horor? Bagaimana jika dia psikopat? Ketua aliran sesat? Atau jangan-jangan jadi simpanan? Orang seberuntung Ami yang bertemu Manatsu mungkin hanya ada dalam cerita fiksi.


Meski bukan cerita baru dan waw, tidak berarti Shanai Marriage Honey ini enggak ada pesan-pesannya. Banyak malah, walaupun lebih ke dasar dalam pernikahan. Tak masalah mau bertemu di mana, lewat apa, tapi pastikan kita tahu latar belakang masing-masing. Keluarga, pekerjaan, sampai ke tempat tinggal setelah menikah.

Hal lain yang harus dibicarakan adalah masalah keuangan apalagi jika keduanya pekerja kaya Ami dan Manatsu. Memang uang istri adalah milik sendiri. Namun jika sudah menikah, saat beli barang tertentu sebaiknya didiskusikan.


Masalah penting lain yang wajib didiskusikan adalah perihal anak. Mau punya anak kapan, berapa, sampai kemungkinan childfree, dan hanya hidup berdua, itu harus dibicarakan. Jangan sampai sudah terlanjur hamil, eh bilang tidak siap. Kasihan anaknya. Kan mereka juga enggak minta dilahirkan.

Sebenarnya masih banyak obrolan lain di In House Marriage Honey seperti perihal makanan, mantan pacar, atau rasa cemburu dan lainnya. Intinya sih komunikasi dalam pernikahan adalah sesuatu yang wajib. Jadi tidak salah paham hingga terjadi pertengkaran.


Sejak awal saya mengatakan bahwa Shanai Marriage Honey ini drama ringan. Walaupun ada mantan pacar atau pihak lain yang menyukai si pemeran utama, tapi tak perlu dikhawatirkan. Ini kisah pernikahan mereka, awal untuk hubungan baru dan saling jatuh cinta. 

Untuk akting, sebenarnya ini pertama kali saya tahu Itagaki Mizuki yang ternyata masih sangat muda. Sementara Matsui Airi memainkan peran yang berbeda dari drama sebelumnya. Di dorama This Guy is The Biggest Mistake in My Life, dia suka sebal sama Bosnya. Di In House Marriage Honey, bucin banget sama suaminya. Namun kemistri keduanya sangat baik. Lucu, gemes pengen nabok!


Jika mau coba nonton In-House Marriage Honey, legalnya ada di Netflix. FYI, dorama ini ratingnya 18+. You know lah kehidupan pengantin baru walaupun kata saya masih aman buat ditonton. Untuk Bocil-bocil, lebih bijak ya!

Jika bosan dengan drama berat sampai mikir ke ubun-ubun, maka nonton Shanai Marriage Honey adalah pilihan yang tepat. Kita akan diajak tersenyum dengan tingkah konyol mereka di kantor atau manja-manjaan pengantin baru saat di rumah. Coba saja jika tidak percaya.

in-house marriage honey netflix

Sekian dulu Review Shanai Marriage Honey Japanese Drama dari saya. Ada yang sudah nonton juga? Atau punya pengalaman serupa saat awal pernikahan? Coba share cerita Kalian ya!

Selamat akhir tahun. Sampai jumpa tahun depan. Happy blogging!

Sumber gambar: https://www.instagram.com/marihani_drama/

Whould you like to comment?

  1. Drama jepang fav keluarga kami, channel tv kami selalu di waktu waku japan kalau kata suami drama jepang ya selebay drakor 😃

    BalasHapus
  2. Ketemu 2 kali terus nikah? Nikah tanpa ada rasa cinta sebelumnya.

    Eh tapi kadang dorama gitu bisa terinspirasi dari kisah nyata lho, jadi mungkin aja suatu saat ada lelaki datang pada Jiah terus ngajak nikah. Hayooo... Mau langsung nolak apa pikir2 dulu

    BalasHapus
  3. Nah iya, kadang nonton drama ringan itu perlu, tak usah repot mikir "alasan" kenapa dia harus gini gitu, terus dendam, terus ujug ujug thriller hahahhaa

    AKu mau nonton juga ah, otak lagi pengen diisi yang seger seger, btw udah nonton film GRETA belum itu serem loh

    BalasHapus
  4. Ada juga sih yang gitu, baru ketemu seminggu sudah nikah dan mungkin memang jodoh...wkwkw, tapi aku termasuk jarang sih nonton drama Jepang lagi, padahal banyak juga yang bagus-bagus. Aku suka drama korea yang berlatar sejarah seperti saeguk dan Jepang termasuk jarang yang memproduksi drama berlatar sejarah, mungkin karena sistem pemerintahannya ya beda dengan Korea. Tapi kayaknya bagus, ringan, dan cocok buat hiburan setelah pusing nulis.

    BalasHapus
  5. Kalau Mpo bilang ini drakor serba jodoh, pas patah hati eh ada yang sedang galau. Sentilan juga sih 2 kali ketemuan nikah. Eh ini pacaran bertahun-tahun tidak ya

    BalasHapus
  6. Baru kenal ngajak nikah terus saling jatuh cinta dgn manis bener mba kayaknya cuma ada d fiksi hahahha. Kalau kenyataan ya takut, overthinking yg berdasar kok kalau nolak diajak nikah sm yg baru kenal dan ga tahu latar belakangnya hehehe

    BalasHapus
  7. Aku langsung cari tahu lebih banyak lagi, bahkan nonton potongan klipnya Shanai Marriage Honey di YouTube.

    Kayaknya harus nonton ne!

    Paling suka sama drama ringan ala romkom begini.
    Hihihi.

    Apalagi ada di Netflix ya.
    Mantul!

    Kalau ada yang setipe begini, info lagi ya Ji!
    Da best memang Ji ini!

    BalasHapus
  8. Pernikahan yang tergesa-gesa tanpa tahu latar belakang pasangan selalu bikin penasaran ya. Beruntung kalau baik, tapi kalau sebaliknya? Bisa-bisa malah buntung ya kan. Tapi namanya cerita fiksi, pasti selalu menarik untuk diikuti kisahnya. Setidaknya ada pesan yang dapat diambil dalam drama tersebut.

    BalasHapus
  9. Manisnyaaa..
    Aku suka drama tarik-ulur. Apalagi drama Jepang tuh..gak tau kenapa selalu sampai ke hatiku. Aku cari Jiaaa di NF.
    Nuhun rekomendasinya.

    siap-siap termehek-mehek ini nontonnya.

    BalasHapus
  10. Udah lama banget ga nonton drama Jepang, terakhir nonton itu yang Coffe & Vanilla. Ini sepertinya menarik juga buat ditonton.

    BalasHapus
  11. Kalau aku sih nolak pastinya, soalnya udah nikah hahaha. Kalau Jiah gimana nih?
    Wah ternyata lagi nonton dorama ya.
    Oh di sana ada aturan ga bisa nikah sesama pekerja di kantor yg sama kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung perusahaan mana kali ya. Di drama ini sih enggak

      Hapus
  12. Asik juga nih nonton yang Emang buat flash bukan banyak mikir konflik dan juga nama tokoh yang sangat banyak jadi penasaran aku

    BalasHapus
  13. Jujurly, aku udah lama nggak nonton dorama. Jadi udah ketinggalan banget sama dorama terbaru yang lagi ngehits. Tapi dari segi cerita menurutku dorama itu masih menarik dan punya fans tersendiri. Salah satunya karena budaya dan keseharian orang Jepang yang menurutku menarik. Btw, soal aturan menikah antar sesama karyawan satu perusahaan, ini sempat terjadi juga di kantorku dulu. Akhirnya ada 1 pasangan yang akhirnya nikah diem-diem juga.

    BalasHapus
  14. menarik ya ceritanya, cerita asmara dengan bumbu yang seperti ini selalu menarik untuk diikuti ya, penasaran sama endingnya ya mba.

    BalasHapus

Tinggalkan jejakmu di sini, Teman