Kamis, 23 Mei 2019

# 2019 # Crime

Review Drama Korea Doctor Prisoner

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Apa yang kamu lakukan saat ijin praktekmu sebagai dokter dicabut? Mencari penyebabnya atau menerima keadaan?

Annyeong hasimnikka! Saya kembali dengan drama medis nih. Terakhir kemarin nonton drama dengan tokoh Dokter itu di Love at First Hate. Tapi ya itu dokter umum, enggak sampai pembedahan dan lainnya. Kalau Doctor Prisoner itu....


Na Yi Je ahli bedah dengan ketrampilan yang sangat baik. Setelah menolong korban kecelakaan lalu lintas dan akhirnya mengalami kecelakaan medis, dia dikambinghitamkan oleh atasannya yang membuat izin prakteknya dicabut, dikeluarkan dari pekerjaan dan juga di penjara.

Tiga tahun berlalu. Kini Na Yi Je mulai bekerja sebagai kepala klinik medis penjara tempatnya mendekam dulu kala. Satu persatu kecurangan dan kebobrokan klinik medis ini terbuka. Sebenarnya apa yang Na Yi Je cari? Bisa kah dia menemukannya?

Drama: Doctor Prisoner
Revised romanization: Dakteo Peurizeuneo
Hangul: 닥터 프리즈너
Director: Hwang In-Hyuk
Writer: Park Kye-Ok
Network: KBS2
Episodes: 32
Release Date: March 20 - May 15, 2019
Runtime: Weds. & Thurs. 22:00
Language: Korean
Cast:
Namgung Min
Kwon Na-Ra
Kim Byung-Chul
Choi Won-Young
Lee Da-In
Park Eun-Seok
Kim Jung-Nan
Jang Hyun-Sung
Ha-Young
Ryeo Un
Jin Hee-Kyung
Kim Dae-Ryeong
Jung In-Gyeom
Chae Dong-Hyun
Kang Shin-Il
Jang Joon-Nyoung
Kang Hong-Suk
Nam Kyoung-Eub
Lee Joon-Hyuk
Lee Min-Young
Lee Hyun-Kyun
Park Soo-Young
Kim Ji-Eun
Choi Duk-Moon
Lee Joo-Seung
Bae Yoon-Kyoung
Lee Yong-Joon
Park Sung-Geun
Yoon In-Jo

Review Korean Drama Doctor Prisoner


Setelah drama What's Wrong Poong Sang tamat, saya sebenarnya enggak terlalu ingin nonton drama penggantinya yaitu Doctor Prisoner. Saya tahu akting Namgung Min itu bagus, lawan mainnya juga baru sukses dengan drama Sky Castle, tapi ya saya bosan dengan drama kedokteran. Saya pikir nih pasti dokternya baik, suka menolong, ditaksir dokter lain, suster pada rebutan macam di drama Risky Romance dan Good Doctor (Jepang).

Kemudian Mbak Fika ngomong-ngomong soal Doctor Prisoner ini. Berhubung slot Rabu Kamis saya hanya nonton drama Touch Your Heart, akhirnya saya nambah 1 drama lagi deh. Dan apa yang saya pikirkan tentang drama ini tuh salah. Duh lagi-lagi saya underestimate seperti ketika belum nonton The Fiery Priest. Mian!!!

Doctor Prisoner pakai alur maju mundur dan settingnya paling banyak rumah sakit juga penjara. Diceritakan bahwa Na Yi Je setelah bebas dari lembaga pemasyarakatan, dia tetap jadi dokter tapi membantu tahanan kelas atas untuk menciptakan penyakit agar bisa mendapat penangguhan penahanan.


Terus saya jadi mikir, jangan-jangan ya di Indonesia juga ada. Kan banyak tuh tahanan dari kasus korupsi yang ijin sakit dan butuh perawatan. Jadi mereka tinggal di rumah sakit bukan di lapas. Macam kasus yang Nabrak Tiang Listrik sampai kepalanya benjol segedhe Bakpau itu.

Nah Na Yi Je nih bikin penyakitnya juga enggak asal-asalnya ya. Jadi tahanan yang pakai jasanya tuh 'dibimbing' biar dapat penyakit. Pertama lihat riwayat kesehatan mereka, lalu keluarga, pokoknya nyari penyakit potensial gitu, aneh-aneh pula. Terus mereka dikasih obat, diminta ABC, sampai pada hari pemeriksaan dan mereka terbukti mengidap penyakit tersebut dan harus melakukan perawatan di Rumah Sakit.

Udah aman dong karena keluar dari penjara dan dirawat di RS?


Ya enggak lah. Ada kasus lain juga karena Direktur Lapas yang lama yaitu Sun Min Sik sebenarnya melakukan hal yang sama demi keuntungan pribadi. Na Yi Je nih pengen banget depak Sun Min Sik dan terus mencari celah.

Sampai di sini pun saya pusing karena enggak tahu mana yang antagonis, mana yang protagonis. Lha mereka ini licik, pakai cara apa saja untuk memuluskan rencananya termasuk Na Yi Je sendiri.

Mengorbankan orang lain demi keuntungan diri sendiri itu bukanlah hal yang benar


Di sini lain, ada Psikiater Han So Geum yang menjadi relawan di LP. Tujuannya tuh nyari adiknya Han Bit yang hilang 3 tahun lalu saat di LP. Awalnya nih dia merasa Na Yi Je ini juga jahat. Tapi akhirnya dia ikut bantu supaya tahu di mana Han Bit.

Muter-muter deh masalah satu dan lainnya sampai pada satu keluarga pemilik perusahan besar, pusat dari semua masalah. Ada Lee Jae Joon, Lee Jae In dan Lee Jae Hwan, 3 saudara yang enggak akur dan berebut tahta Taekang Grup.


Belum lagi Jaksa Jung Ui Sik yang ingin banget ngungkap kasus ini itu. Eh akhirnya malah terlibat sama orang-orang yang bertentangan. Terus bagaimana kelanjutannya?

Ada kalanya untuk mengungkap sebuah kebenaran kita melakukan hal yang bertentangan dengan nurani kita

Nonton Doctor Prisoner tiap episodenya tuh bikin tegang. Enggak bedah-bedahan kaya Heart Surgeons sih, tapi rencana-rencana mereka untuk membuka kebobrokan tuh ada saja. Sudah bikin rencana gini, eh malah gagal karena ada yang berkhinat. Ini orang-orang kaya air di daun talas, ke sana ah, ke situ ah, pokoknya mana yang nguntungin.


Yang saya suka dari karakter Na Yi Je tuh dia cerdas, tapi ya licik. Sorot matanya tuh dari yang kalem, terus kaya psikopat gitu. Jadi ingat Namgung Min waktu di The Girl Who Sees Smells. Terus Han So Geum, Kwon Na Ra tuh tetap kalem. Tapi ada bagian Han So Geum yang mengingatkan saya saat Kwon Na Ra main di Suspicious Partner. Dia banting orang, hahaha.

Sun Min Sik yang diperankan oleh Kim Byung Chul. Waktu di Sky Castle, dia kan lawak tuh. Di drama ini tuh nyebelin, tapi lucu dikit. Terus Choi Won Young yang di Sky Castle jadi dokter baik hati, di drama ini tuh malah jadi orang jahatnya. Sebenarnya saya agak kurang percaya ya dia bisa memainkan karakter ini mengingat di drama Where Star Land dia juga jadi sosok ayah yang baik. Tapi kalau diputar lagi, eh ternyata di Please Come Back Mister, dia juga jadi orang jahat.

Biar pun menegangkan, tapi suka banget dengan kisah Oh Jung Hee dan jaksa Jung Ui Sik. Doctor Prisoner memang bukan drama romantis, tapi hubungan dua karakter ini bikin senyum sendiri. Mereka adalah pemanis dari semua masalah.


Untuk pemain yang saya baru tahu aktingnya, ada pemeran Lee Jae Hwan yang jadi favorit saya. Awalnya sih saya buenci setengah mati karena berpikir dia sumber dari masalah. Ceritanya dia Chaebol, selengekan, egois banget hingga akhirnya masuk penjara karena narkoba. Nah pas di penjara tuh dia enggak bisa sok-sokan lagi. Tapi kemudian dia ikut bantu-bantu dibagian medis. Dari awal sampai akhir tuh karakternya sangat berkembang. Saya jadi merasa love hate gitu deh sama Lee Jae Hwan. Park Eun Seok nih udah 35 tapi kaya akhir 20-an.

Saya sangat salut dengan semua orang yang bekerja keras di drama Doctor Prisoner ini. Ceritanya keren, pemainnya oke-oke semua, bahkan nih orang-orang yang ada di LP juga berakting dengan sangat baik. Satu hal yang jadi catatan. Ini dokter dan penjahatnya kok suka banget main suntik-suntikan ya? Serem, Cuy kalau ada betulan yang hobi nyuntik!

Jika kamu pecinta drama medis, kudu banget deh nonton Doctor Prisoner ini. Jangan berharap ada romance dan adegan manis lainnya ya! Atau ada yang sudah nonton juga? Share pendapat kalian ya!

Sampai jumpa. Happy blogging!

34 komentar:

  1. Kehidupan seorang dokter penjara sama sekali tidak terbayangkan bagaimana dalam pikiran saya. Padahal profesi itu di kita juga banyak ya?

    Kalau pemain drama Korea akting dan penampilan nya cakep-cakep, saya percaya banget. Mereka pasti sangat profesional kan ya? Totalitas dalam bekerja dan menghayati peran sepenuhnya.

    BalasHapus
  2. makasih rekomennya mbak, lumayan udah lama banget ngga ngedrakor, lagi nyari2 judul yg rekomen dan banyak yg suka, hehe

    BalasHapus
  3. Wah karakternya beragam ya.. Eh susah gak sih ngenalin mereka satu persatu..? Hm, jadi penasaran juga nih dg para dokter di penjara ini..

    BalasHapus
  4. Aku suka cerita berlatar medis. Dari posternya aja tampak genrenya dark gitu ya. Seru nih penuh intrik.

    BalasHapus
  5. Ada lagi SUn Mi Sik pas di SkyCAstle tuh beneran bikin aku sebel sebetulnya ama lagaknya. hahhaa . Tapi aku salut karena mainnya selalu totalitas

    BalasHapus
  6. udah ngeri-ngeri gitu kan baca sinopsisnya takut ada bedah-bedahan, ternyata lebih aman ya mba, aku suka sama latar medis gini tapi kalo udah ada darah gitu suka gak berani liatnya. Cuma ya kalo liat film dg tokoh antagonis yang super antagonis, suka membayangkan dan menafsirkan maknanya di kehidupan sehari-hari.

    BalasHapus
  7. Banyak value yang didapat ya mba dari film ini, film yang bagus memang film yang kasih banyak value.. ngga meluluk tentang drama romantic tapi juga ada perjuangan dan pesan moral dalam sebuah cerita film.. film dengan drama orang dewasa gini aku suka.. drama anak sekolah juga suka.. anaknya emang drama banget akutuh

    BalasHapus
  8. Huwaaa, ternyata ada ya drama Korea yang kisahnya di penjara dan ambil trik agar bisa sakit, trus dirawat di rumah sakit. Hahaha, jadi ingat bakpau di kening ya

    BalasHapus
  9. Yang ini saya belum nonton. Kalau drama yang ada unsur menegangkan gini secara psikologis adalah favorit saya. Memacu adrenalin.
    "Sky Castle" saja bagus, apalagi akting pemainnya. Saya suka drakor yang bagus semua unsur. Belum bisa unduh IDM di netbook jadi belum bisa unduh drakornya padahal dapat paket unlimited dari Smartfren selama sebulan. Sayang banget jika tak dimanfaatkan. Malah dipakai Palung coba semua game di pkay strore dengan copot dan pasang. Kapan mamahnya bisa ngedrakor, sibuk dengan kegiatan blogging mulu. Dan barusan sedot "Abyss" dari laptop Ai Ghina kemarin. Kayaknya seru.
    Oh ya, saya suka drama medis, kok. Romance yang ada lucunya. Tegang gak nolak malah harus ditemani camilan, ha ha.

    BalasHapus
  10. Maksudnya demen maen suntik suntikan mereka nyuntikin apa mba heheeh.. apa jangan jangan adik psikiater yang hilang itu menjadi.... ah sudah lah pengen nonton aja

    BalasHapus
  11. Ngakak sama yang nabrak tiang listrik lalu kepalanya benjol segede bakpao sepertinya aku tahu nih orangnya mba :p

    BalasHapus
  12. Maapkan saya karena gak terlalu pinter nginget nama-nama orang Korea. Pokoknya si tokoh utamanya ini sebenarnya baik ya, tapi kok mau bantuin orang agar bisa ditanggguhkan penahanannya. Kan aku jadi kepo nih sama lanjutan ceritanya XD

    BalasHapus
  13. Pake suntik menyuntik ini yang bikin tegang yaa..
    Bawaannya pas nongol adegan itu, mo tereak...aaakk~
    ((teriakan sok imut, wkwkkw...))

    Aku lagi pengin nonton drama detektip-detektipan, Jia...
    Jadi menjatuhkan pilihan ke Criminal Mind-nya Jun Ki oppa deeh..

    Ahhee~

    BalasHapus
  14. Baru baca ceritanya di sini aja saya seperti merasa dramanya banyak intrik gitu, ya. Sampai kepikiran bikin penyakit untuk para tahanan. PAdahal orang pengen sehat hehehe

    BalasHapus
  15. Bicara film seri genre dokter jadi ingat, General Hospital ala Hollywood.
    Kaya intrik, dan bikin love hate jugak, hahaha.

    Tapi, memang film seri dengan latar belakang medis itu memang disukai ya

    Di Foxlife juga ada film seri dengan genre begini, The Residents dan Grey's Anatomy, yang iklannya sering muncul

    BalasHapus
  16. Wah gimana itu dokter dan penjahat main suntik-suntikan hihi. Kalau saya lebih senang cerita drakor yang dokter ada kisah cinta nya yang unyu-unyu gitu mbak Jiah.

    BalasHapus
  17. Ah aku jadi kangen sama bentuk bibir Na Yi Je kalau lagi serius atau kesal
    Perjuangannya untuk meringkus biang kerok kejahatan bikin saya ga berhenti ikuti drakornya sampai selesai

    BalasHapus
  18. Hiaah kayaknya menarik nih Mba, aku suka juga cerita yang mengangkat tentang medis gitu. Makasi ya rekomendasinya Mba!

    BalasHapus
  19. ah kok ya aneh penyakit itu dihindari lho ini malah dicari duh duh, semoga ino cuma ada didalam film ya gak ada di kehidupan nyata nyeremin banget udalah masuk penjara karna bikin dosa coba kalau mati di penjara, malah nambah dosa kan huhu

    BalasHapus
  20. Wah, boleh-boleh nih drakornya jadi referensi. Abis lebaran, aku mau ngebuuuut drakor. Selama puasa gak sempet ih. Ngantuk terus. HUhuhu...

    BalasHapus
  21. Aku suka semua film yang bersetting dokter, duh Jiah kan bikin aku tertarik nih, apalagi nunggu serial yang lagi aku tonton belum tayang episode terbarunya. Oh jadi ini pemerannya yang main Sky Castle juga ya

    BalasHapus
  22. Deuh angkat tangan deh kalau drama korea..baca berulang ga akan hapal2 tokoh2nya hehe..

    BalasHapus
  23. Jadi ngebayangin dokter yang ijinnya dicabut karena tersandung kasus, pastinya akan susah payah untuk bangkit kembali. Melihat konflik yang selalu muncul kok jadi penasaran pengen nonton Drakor ini, kayaknya actionnya dapat. Saya paling suka nonton film yang penuh tantangan sebelum ending...

    BalasHapus
  24. aku sering liat Doctor prisoner ini kalau lagi masuk ke VIU, tapi belum punya keinginan buat ngeklik dan nonton. haha
    makasih ya mbak reviewnya, nanti abis lebaran kayaknya bakalan nonton inih hehe

    BalasHapus
  25. Aku beberapa kali liat drama ini dibahas di medsos, seru juga ya kalau ada "dokter beneran" yang ahli di dalam prisoner. Selama ini kyknya yg ada dokter klinik, kalau ada gawat darurat larinya keluar, bisa jd alasan sakit buat tahanan2 nakal hehe. JD pengen nonton nih mbak :D

    BalasHapus
  26. Latar belakang filmnya unik banget ya? Dokter di penjara itu ternyata punya dinamika profesinya sendiri ya. Duh kalau ngikutin drakor bisa bisa kerjaan rumah aku nggak selesai nih, nagiiiih soalnya yaaa gabisa berhenti hahahah

    BalasHapus
  27. Waduuhh...banyak adegan suntik2an? Ngeri amat sih Ji. Kayaknya ceritanya lumayan ruwet ya, mubeng2 gitu. Termasuk thriller nggak sih drama medis ini?

    BalasHapus
  28. Kebayang aku dokter ganteng dan misterius yang jago nanganin pasien-pasien di tahanan nih.. pasti seru ya nontonnya

    BalasHapus
  29. Aku belum nonton ini kak dan kayaknya jadi list nanti deh hehe. Btw seneng banget sama tulisan kamu tentang drakor dan tak jaranv aku nonton drakor ini gegara riview tulisan kamu hehe.

    BalasHapus
  30. Ceritanya menarik banget Mba. Saya juga jadi mau nonton. Kira-kira ada enggak Mba rekomendasi website streaming atau download-an buat nonton drama Korea yang ciamik?

    BalasHapus
  31. Drama medis tapi bau-baupolitikya, entahpolitik apaitu.Mengahalalkan segalacara, kemudian cari teman yang menguntungkan. Kalau sudah tidak menguntungkan ya cut saja. Ini kan politik banget. Kubayangkan kalau nonton ini, ototku tegang mulu mesti.

    BalasHapus
  32. Jadi, Lee Jae ini kemudian menjadi orang baik, nih, Ji? Takutnya setelah bantu-bantu di medis, dia masukin narkoba disuntikan-suntikan yang buat para pasien. Wkwkwk

    BalasHapus
  33. Jadi penasaran juga, gimana caranya menciptakan penyakit yang gak asal-asalan. Tapi aku tuh gak betah kalo nonton drakor gitu. Ada yang mau ngasih spoiler aja gak? Dari awal sampe akhir cerita.. Hehehe

    BalasHapus
  34. Untuk ukuran orang yang gak pernah nonton drama korea aku harus bolak balik baca untuk memahami alur film Doctor Prisoner ini. Tapi kebayang seru dan rumitnya konspirasi dalam penjara.

    BalasHapus