6c2y5xLulMkOYYgEXrgPjC5Lx3Je6RzEo1m3mFkw

Review Love Me, Love My Voice Chinese Drama

Kamu pernah mengidolakan seseorang dari dunia maya? Seandainya bisa bertemu langsung dengannya, apa yang akan kamu lakukan?

    Nǐ hǎo! Jatuh cinta di Dunia Maya? Wah-wah, ini sebenarnya pembahasan yang menarik karena saya yakin banyak yang mengalaminya bahkan sampai ke pelaminan. Mengenal banyak orang mulai dari internet, memang sering menyenangkan apalagi bisa sampai bekerja sama membuat karya. Begitu juga yang dialami Gu Sheng dan Mo Qing Cheng dalam Merindukanmu, Love Me, Love My Voice Chinese Drama.

review love me love my voice chinese drama

    Gu Sheng, Seorang mahasiswi jurusan Media dengan identitas online Sheng Sheng Man sangat mengidolakan Qiang Qing Ci, pengisi suara yang cukup populer, tapi misterius. Dia yang membuat musik untuk genre sejarah makin terpesona setelah Qiang Qing Ci tanpa sengaja masuk ke ruang obrolannya dan menjelaskan resep masakan.

    Saat teman sekamarnya Geng Xiao Xing membuat aplikasi dan mengajukan kerja sama dengan Perfect Voice Studio, grup di mana Qiang Qing Ci berada, Gu Sheng makin dekat dengan mereka bahkan mendapatkan tawaran kolaborasi untuk mengisi lagu di Perayaan 10 Tahun Studio Sempurna. Lalu apa yang akan terjadi selanjutnya? Apakah rasa suka di dunia maya akan berlanjut ke dunia nyata?

drama china merindukanmu

Drama: Love Me, Love My Voice
Native Title: 很想很想你
Also Known As: Really, Really Miss You, Really Miss You, Hen Xiang Hen Xiang Ni, Missing You
Director: Sha Wei Qi
Genres: Food, Music, Romance, Drama
Tags: Adapted From A Novel, Composer Female Lead, Voice Actor Male Lead, Musician Female Lead, Singer Female Lead, Doctor Male Lead, Hidden Identity, Student Female Lead, School Setting, Best Friends' Relationship
Country: China
Episodes: 33
Aired: Nov 30, 2023 - Dec 16, 2023
Aired On: Monday, Wednesday, Thursday, Friday, Saturday, Sunday
Original Network: Tencent Video
Duration: 45 min
Cast:
Tan Jian Ci - Mo Qing Cheng / Qiang Qing Ci
Zhou Ye - Gu Sheng / Sheng Sheng Man
Hou Wen Yuan - Zhou Zheng / Jue Mei Sha Yi
Yang Xi Zi - Geng Xiao Xing
Vincent Cao - Feng Ya Song [Voice artist]
Chen Hao Lan - Dou Bing / Mo Mo Er [Manager of Perfect Voice Studio]
Zhang Qiao Er - She Zhang [Club leader / main singer]
Juan Zi - [Gu Sheng’s Mom]
Chen Guan Ning - [Gu Sheng’s Dad]
Liu Zhe Hui - Wang Ke [Singer of Perfect Voice Studio]
Liang Tian - [Gu Sheng’s Grandfather]
Yan Wei - Lin Yao
Xia Ning Jun - Fei Shao [Singer of Perfect Voice Studio]
Ou Jian Yu - Zhang Le Le
Xia Zhen - Guai Guai [Composer]
Shi An - Xi You [New intern / receptionist]
Yang Dong Qi - Zhu Zong [CEO]
Huang Jing Xiang - Mu Mu [Cosplayer]
Fu Han Yuan - Mo Bai [Cosplayer]
Wang Zhi Yi - Dong Yi Ru [Supermart]
Chen Ze - Xie Xiao / "Offkey" [Lyricist]
Xian Zi - Mo Qiao Qiao / Ling Long Ti Tou
Huang Er Chun - Qi Yao [Gu Sheng’s university roommate]
Zou Ji Xin - Gu Jia [Gu Sheng’s fifth cousin]
Kong Qing Xin - Brother Mao [Chief technological officer]
Chai Hao Wei - [Gu Sheng’s second cousin]
Lu Yun Feng - [Gu Sheng’s fourth cousin]
William Wu - [Gu Sheng’s eldest cousin]
Xu Ge - [Gu Sheng’s little aunt]
Li Kun - [Gu Sheng’s third cousin]
Gao Kai - Si Wu Xie
Ding Bo - Jian Jian
Geng Yi Zhi - Pan Pan
Yan An - Bei Dou Xiao Xing [Gufeng singer]
Liu Jie Yi - Classmate Mo
Liu Rui Qiao - [Pretty boss]
Xie Xin - [Makeup artist]
Dou Zi - [Half-a-bottle of Sour Milk]

Love Me, Love My Voice Review


love me love my voice review

    Setelah menamatkan Perfect Marriage Revenge, jujur saya belum berniat nonton drama lagi karena kepikiran banyak drama yang belum diulas. Coba nonton satu dua episode drama baru seperti My Man Is Cupid atau Only for Love, rasanya masih malas-malasan. Mau cari yang ringan untuk akhir tahun gitu ceritanya. Saat buka video di Facebook, tanpa sengaja ketemu Love Me, Love My Voice. Baca komentar, katanya bagus. Apakah saya langsung gas nonton?

    Tentu saja tidak. Seperti biasa, saya cari dulu informasi dasar Drama Love Me, Love My Voice mulai dari jumlah episode sampai tanggal penayangan. Ternyata baru dan saya malas terjebak ongoing. Namun semakin ditonton, ternyata candu banget dan saya angkat tangan. Bersyukur akhirnya ada fast track sehingga saya menunggu hanya 1 minggu saja dan VIP baru tamat di tanggal 24 Desember kemarin. Ah senangnya!

novel really really miss you

    Sinopsis Drama China Love Me, Love My Voice diadaptasi dari novel “Really, Really Miss You” (很想很想你) karya Mo Bao Fei Bao (墨宝非宝). Ini adalah Author yang sama dari Go Go Squid, Road Home, Forever and Ever, dan beberapa novel populer lainnya. Bercerita tentang Gu Sheng dan Mo Qing Cheng yang awalnya saling mengidolakan suara di dunia maya sampai akhirnya jatuh cinta di dunia nyata. Begitu sih secara singkatnya. Sekilas, ini mengingatkan saya akan drama Love O2O.

    Semua berawal dari aplikasi Geng Xiao Xing, teman sekamar Gu Sheng yang bekerja sama dengan Studio Sempurna. Xiao Xing ini memasukkan Sheng Sheng Man, nama online Gu Sheng sebagai pengisi musik. Jue Mei yang mengurus hal ini, ngobrol dong sama anggota yang lain dan Mo Qing Cheng menanggapi berbeda, tertarik tepatnya. Jadi setiap pembahasan dan menyebut nama Sheng Sheng Man, laki-laki itu akan ikut serta, sesibuk apa pun dirinya.

sinopsis love me love my voice drama

    Gu Sheng yang memang mengidolakan Qiang Qing Ci, sangat bersemangat ketika Studio Sempurna mengajaknya untuk berkolaborasi dalam Perayaan 10 tahun mereka. Karena Sheng Sheng Man suka cover lagu, membuat dan menaransemen, makanya diikutsertakan. Rencananya mereka akan menyanyikan lagu bersama dengan pengisi suara yang lain.

    Di sini Qiang Qing Ci atau Mo Qing Cheng mulai menjalin komunikasi secara intens dengan Gu Sheng. Dari ngobrol di Weibo sampai dengan chatting-an di WeChat. Ketika rekaman di Studio Rekaman Tianzi No.1, akhirnya mereka berjumpa secara nyata. Ternyata, mereka sudah pernah bertemu tanpa sengaja saat Mo Qing Cheng yang sebenarnya berprofesi sebagai dokter datang ke Supermarket Keluarga Gu Sheng yang berada tepat di depan rumah sakit tempatnya bekerja.

很想很想你

    Dari yang awalnya hanya kolaborasi, Mo Qing Cheng kini semakin menunjukkan rasa sukanya pada Gu Sheng baik di dunia nyata maupun dunia maya. Gu Sheng yang memang pemalu, khawatir dengan dunianya Qiang Qing Ci yang begitu populer dan banyak penggemar. Lalu, apa yang akan terjadi selanjutnya? Benarkah itu rasa suka atau hanya kekaguman semata? Temukan jawabannya dengan Nonton Drama China Love Me Love My Voice.

Missing You


Jangan terlalu menyukai seseorang hanya karena terobsesi dengan suaranya. Kau tidak akan pernah tahu siapa pemilik suara itu di sisi lain dunia maya. Cukup menyukai suara, menyukai secara rasional. Jangan biarkan perasaanmu tertipu oleh suara

missing you

    Sejak mulai nonton Missing You, Merindukanmu, saya memang tidak punya ekspektasi apa-apa. Cuma ngeh kalau mereka jatuh cinta berawal dari suka suara di dunia maya. Nonton episode demi episode, saya benar-benar tertarik meski punya kekhawatiran tersendiri apalagi saat pemeran utama jadian di sepertiga awal drama. Entah mengapa saya yakin jika plot drama ini akan berjalan lambat, mungkin tanpa konflik yang berat. 33 episode, saya rasa terlalu banyak. Begitu pikir saya.

    Namun kenyataannya, sejak episode pertama sampai terakhir, saya benar-benar tersenyum dengan cerita dan semua yang ada di Love Me, Love My Voice. Drama ini mengumpulkan seluruh genre, hal-hal yang memang saya suka. Mulai dari makanan, musik, romansa, sampai dunia Voice Over yang memang membuat saya penasaran sejak lama. Saya pernah mengungkapkannya di Poisoned Love di mana pemeran utama wanita berprofesi sebagai dubber. Saya mulai dari Pengisi Suara dan musik dulu ya.


    FYI, Voice Over di Tiongkok itu sama populernya seperti di Jepang. Mungkin ada yang belum tahu bahwa China termasuk negara dengan banyak sensor dan memang mengekang kehidupan masyarakatnya. Mereka hanya menggunakan media sosial buatan negeri sendiri seperti Weibo atau WeChat. Di sana ada yang namanya National Radio and Television Administration (NRTA), Lembaga sensor yang cukup ketat. Drama dan film juga punya aturan tersendiri. Beberapa aturannya antara lain:
  • Drama Tiongkok sepenuhnya diproduksi sebelum ditayangkan
  • Episode dan jam tayang dibatasi termasuk jadwal jika ada season lanjutan
  • Semua drama melalui proses pasca produksi, editing, dubbing
  • Ada antrean jadwal penayangan
  • Kadang cari investor yang mau beli drama atau film
  • Tidak boleh ada adegan merokok atau minuman keras
  • Tidak boleh adegan gay, laki-laki yang tampil feminim
  • Tidak boleh memakai filter beauty secara berlebihan
  • Harus menggunakan Bahasa Mandarin Standar

love me love my voice

    Waktu pertama kali mulai nonton drama China, saya memang agak aneh dengan suara mereka yang kadang kurang sesuai saat bicara. Ternyata karena aturan-aturan tersebut. Yang paling wajib itu Bahasa Mandarin Standar sih dan karena ini akhirnya banyak yang menggunakan pengisi suara. Kenapa?

    Pertama, ada banyak dialek atau aksen China dan tidak semua orang bisa memakai Bahasa Mandarin Standar. Kedua, rekaman audio tidak penuh karena lokasi yang mungkin ramai. Ketiga, Tidak semua Aktor atau Aktris punya vokal yang bagus atau sesuai karakternya. Dan tentu saja kesalahan lain-lain yang mungkin membuat drama harus diedit dialognya. Untuk mengisi suara dalam drama, bisa menggunakan voice actor atau diisi sendiri. Tidak ada ketentuan. Hanya kabarnya, jika ingin masuk nominasi, maka aktor atau aktris dari drama itu sendiri yang harus mengisi suara.


    Di Love Me Love My Voice Chinese Drama ini, Qiang Qing Ci dan teman-temannya dari Perfect Voice Studio berperan sebagai Voice Over. Kebanyakan mereka mengisi Animasi Tionghoa atau Donghua, video game dan juga iklan. Selain Qiang Qing Ci, ada Jue Mei Sha Yi, Feng Ya Song, dan Dou Bing divisi Pengisi Suara. Sementara Wang Ke dan Fei Sha sebagai divisi Penyanyi. Grup mereka Studio Sempurna bisa dibilang papan atas gitu deh.

    Mereka bergabung di Perfect Voice Studio itu awalnya hanya sebagai hobi saat mengisi Drama Radio. Malah keterusan sampai mau merayakan 10 tahun mereka berdiri. Mereka punya profesi yang berbeda-beda. Seperti Mo Qing Cheng, Dokter ahli Kardiologi yang adalah salah satu cabang ilmu penyakit dalam. Tepatnya Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah. Lalu Feng Ya Song, Dokter Pediatri yang adalah cabang kedokteran yang berhubungan dengan kesehatan dan perawatan medis anak-anak sejak lahir hingga usia 18 tahun.  Tenang, ini bukan drama medis. Jadi tidak ada adegan berdarah atau operasi kaya di drama Heart Surgeons atau Good Doctor. Dan Zhou Zheng atau Jue Mei Sha Yi yang adalah pengusaha alat kesehatan.

love me love my voice 2023

    Karena profesi mereka yang bisa dibilang berbeda dari profesi utama, awalnya bikin saya bingung. Ini nanti Mo Qing Cheng bakal gimana? Pengisi Suara, dokter, sampai bisa masak juga. Kalau pekerjaannya chef dan ngomongin resep, baru nyambung. Lalu teringat di Indonesia sendiri ada dr. Tompi yang adalah penyanyi juga fotografer bahkan sutradara. Dari sini saya jadi berpikir bahwa profesi yang digeluti Mo Qing Cheng dan lainnya bisa benar-benar ada di dunia nyata.

    Meski tidak detail, di drama ini juga ada sedikit pelajaran soal voice over. Pengisi Suara bukan hanya mengisi, tapi belajar tentang karakter yang diperankan. Pun dengan situasi yang mereka hadapi. Jadi saat mengisi suara bisa berbeda seperti marah, menangis, merintih dan lain sebagainya. Sepertinya 11-12 dengan berakting. Bedanya, Voice Actor/Actris bekerja di belakang layar. Yang pasti, pekerja seni seperti mereka itu jam kerjanya tidak menentu, bisa pagi bahkan malam hari.

Kalian harus tahu. Ini yang menarik dari Dunia Maya. Tidak peduli bagaimana kalian biasanya, seberapa kaya, tampangnya bagaimana, jika ingin orang lain kenal dan hormat, kau harus punya kemampuan, ya kan?


    Selain mengisi suara, orang-orang di Perfect Voice Studio ini juga menyanyi. Secara keseluruhan, saya merasa bahwa jenis yang mereka pilih adalah genre sejarah. Meski saya jarang menonton drama china setting lampau atau kuno, tapi saya sedikit mengingat musik oriental itu seperti apa. Suara seruling, Guzheng, dan alat-alat musik tradisional akan mewarnai di dalamnya.

    Pemilihan musik oriental ini mungkin menyesuaikan dengan karakter 2 tokoh utama yang suka sejarah dan hal kuno lainnya. Makanya selain musik, masakan, pakaian, pertunjukan, tempat yang dikunjungi betul-betul menunjukkan banyak tradisi dan budaya. Misalnya dalam Perayaan 10 Tahun Studio Sempurna dan Gala Musik Tradisional Tahunan. Dua pementasan yang ada di drama Missing You ini.

drama china love me love my voice

    Drama Isi Suara dan Lagu Oriental yang mereka pilih adalah Memories of Jiangnan. Kenangan Jiangnan《忆江南》itu sangat terkenal di kalangan setiap orang Tionghoa. Bahkan di Asian Games Hangzhou, Pesta Olahraga Asia 2022, Maskot mereka secara kolektif diberi nama "Jiangnan Yi" atau "Kenangan Jiangnan" yang terinspirasi oleh kalimat terkenal dari penyair Bai Juyi dari Dinasti Tang (618-907). Selain itu, ada juga novel WANG JIANG NAN (Memories of Jiang Nan) karya Wang Xufeng.

    Kata “Jiang” berarti Sungai Yangtze. Lalu “Nan” dalam bahasa Cina berarti selatan. Jadi Jiangnan berarti wilayah yang terletak di selatan Sungai Yangtze. Bagi masyarakat Tionghoa, Jiangnan artinya tempat yang subur dan banyak air, menghasilkan sutra dan kerajinan tangan. Intinya sih, seni, sejarah dan budaya lahir di sini. Sesuai kan sama tema dramanya.


    Saya tidak tahu pasti Memories of Jiangnan yang ditampilkan di Drama Isi Suara Love Me, Love My Voice itu pakai yang mana. Yang jelas, kisah di Perayaan 10 Tahun Studio Sempurna itu versi yang sedih karena ada perangnya. Lalu yang di Gala Musik Tradisional Tahunan, ini lebih ke ceria.  Pastinya saya cukup menikmati pementasan mereka baik dari voice overnya, akting pemain yang tampil sampai lagu-lagunya. Saat menyiapkan tata panggung pertunjukan, saya juga suka karena diperlihatkan setiap tahapannya sampai jadi megah. 

    Selain orang-orang dari Perfect Voice Studio, Gu Sheng juga turut andil dalam setiap pertunjukan mereka. Karena dia memang pencipta, pemain musik dan tergabung dalam klub Zhaozhaomumu Music Studio. Apalagi Musik oriental memang spesialisasinya. Selain piano, dia juga bermain Guzheng (古筝)- Kecapi yang memiliki 16 - 26 senar juga Seruling. Jadi 声声慢 Shēng shēng màn yang punya arti suara lambat, tidak kalah kerennya dengan si misterius Qiang Qing Ci.

Really, Really Miss You


really really miss you

    Setelah pembahasan Voice Over dan musik, selanjutnya adalah makanan. Saya memang suka genre food dan tentu saja cowok-cowok yang berada di dapur atau bisa masak. Saya sudah menulis beberapa ulasan drama atau film seperti Best ChickenChocolateDae Jang Geum is WatchingDrunk in Good TasteGaduri RestaurantLet's Eat 3Little ForestLove The Way You AreLunch Box, dan My Wife Has Gained Weight. Di drama Really, Really Miss You, asli aksi masak dan makan mereka itu cukup menggugah selera makan saya.

    Di awal-awal episode saat belum bertemu, Qiang Qing Ci mendeskripsikan bermacam-macam resep makanan pada Sheng Sheng Man. Video mereka asli bagus kaya iklan. Lucunya, setiap saya nonton itu lupa mematikan komentar. Jadi banyak catatan di layar dan terbaca. Ada yang bilang suruh nyatat, sampai komen bahwa yang dimasak itu Terong Balado, Sop Daging dan lain sebagainya. Paling sering dibahas sih Asinan Rebung. Iya, Rebung Bambu itu. 




    Ketika Mo Qing Cheng dan Gu Sheng sudah bertemu secara nyata, makanan juga jadi pembahasan mereka. Bukan lagi deskripsi, tapi Mo Qing Cheng menunjukkan keahliannya dalam memasak makanan. Orang-orang di Studio Sempurna juga sangat terbiasa dengan semua makanan Pak Dokter. Bahkan teman dan keluarga Gu Sheng juga.

    Saya juga suka waktu mereka berkunjung ke beberapa daerah, ada banyak makanan yang diperkenalkan. Saya tidak mencatat, tapi kebanyakan olahan ikan segar karena ceritanya memang menginap di daerah dekat sungai. Daerah mana saja? Oh well, nanti saya akan jelaskan sendiri di bawah. Yang pasti, saya cukup tertarik dengan Nasi Bambu. Di Indonesia ada, tapi saya belum pernah mencobanya.

Rasa suka tidak bisa dijelaskan. Selain itu, setiap orang berbeda, hal yang membuat orang jatuh cinta juga. Kalau setiap orang sama, bukankah akan menyukai orang yang sama?

nonton love me love my voice

    Musik sudah, masak dan makanan juga. Penasaran dong dengan perjalanan kisah cinta di Really Miss You ini? 

    Love Me, Love My Voice 2023 ini punya 3 pasangan, tapi yang menonjol jelas pasangan utama. Meski begitu, saya menyukai semua kisah mereka bahkan kalau ada episode tambahan tentang 2 pasangan lain, saya mungkin akan tetap menontonnya. Ya bagaimana wong drama ini benar-benar heartwarming dan mengesankan untuk saya pribadi. Ini betulan subjektif sih, hahaha.

    Mo Qing Cheng dan Gu Sheng ini pasangan yang benar-benar diperlihatkan tahap hubungan mereka. Dari yang kenal di dunia maya sampai dunia nyata. Gu Sheng nge-fans sama Qiang Qing Ci, tapi dia juga cukup logis untuk menerima cinta Mo Qing Cheng. Orang lain tahapannya kenalan, pendekatan, mencari kecocokan baru jadian. Kalau mereka mah beda. Kenalan, pendekatan, sudah yakin saling suka, ngajak jadian, baru nyari kecocokan. Ya daripada sudah cocok, kaya pacaran, tapi berujung di-ghosting? Kan malah ngeselin ya, hehehe.

drama tan jianci dan zhou ye

    Lingkungan pertemanan dan keluarga mereka tuh positif banget. Teman-teman dari Mo Qing Cheng dan Gu Sheng ini sangat mendukung hubungan mereka. Jika kemarin berpikir Shang Zhi Hidden Love sudah cukup jadi Keluarga Cemara, keluarga Gu Sheng sangat super baiknya. Gu Sheng ini Princess di tengah-tengah 5 Kakak Sepupu Laki-laki. Mereka sedikit berlebihan dengan Adik Perempuan satu-satunya. Makanya sampai backstreet dulu dari keluarga.

    Mo Qing Cheng juga berusaha memahami Gu Sheng yang mau menyembunyikan hubungan mereka terlebih dulu. Mas-mas 29 tahun Vs gadis 22 tahun, super sangat ngemong. Love Languages-nya semua diborong. Physical Touch (sentuhan fisik) dengan meluk atau benerin rambut Gu Sheng. Act of Service (tindakan pelayanan) dengan bawain tas atau masak. Quality Time (waktu yang berkualitas) menemani di tengah kesibukannya jadi dokter dan pengisi suara. Receiving Gifts (menerima hadiah), ngasih rekaman lagu khusus dan ajak liburan. Sampai Words of Affirmation (kata-kata penegasan) yang buat saya sendiri cukup meleleh. Orang kaya Mo Qing Cheng ini beneran hanya ada di drama. Bukan lagi Ijo Neon yang setiap Rumah Tangga harus ada satu, tapi Hutan Hujan Tropis Paru-paru Dunia. Seadem itu!

    Apakah hubungan mereka akan ada hambatan dan mungkin orang ketiga?

Sisi mana pun yang kau sukai dariku, bukankah tetap akulah yang kau sukai? Tidak ada salahnya menyukai suara, daripada tidak ada yang disukaimu


    Di setiap drama percintaan, tentu saya maunya mereka punya konflik. Pun dengan Love Me Love My Voice ini. Memang akan jadi klise, tapi lumayan buat bumbu asmara. Saya pikir karakter Ling Long Ti Tou akan jadi orang ketiga. Eh malah kenyataannya bikin kaget. Kayanya saya memang terpengaruh perkataan Jue Mei Sha Yi. Ini juga gara-gara saya tidak melihat nama pemain dan karakternya. Memang saya tidak terlalu peduli siapa yang main di drama Really, Really Miss You ini. Kalau suka ceritanya, ya trabas saja.

    Karena saya nonton ongoing, sempat baca komentar bahwa masalah akan timbul karena Nitizen, penggemar Qiang Qing Ci. Selama ini laki-laki itu menyembunyikan identitas onlinenya. Lalu akhirnya terbongkar dan 'menyakiti' Gu Sheng. Saya pikir masih nyambung ya jika itu masalahnya. Namun ternyata, saya salah.


    Di Drama China Love Me Love My Voice tidak ada cinta segitiga, tak ada masalah fans bar-bar juga. Halangan dari keluarga? Tentu saja tidak. Jadi hubungan percintaan mereka tuh mulus, bebas hambatan. Betulan manis dari awal sampai akhir. Buat saya, manisnya pas, tidak bikin mual. Tidak ada cerita cemburu, mengekang, dan sebagainya. Justru mereka saling mendukung dengan caranya sendiri.

    Jika banyak drama romansa China melakukan adegan pertemuan keluarga secara resmi, maka di sini tidak. Mereka bertemu, tapi dengan cara yang unik dan saya suka. Seperti saat Mo Qing Cheng dan Gu Sheng bertemu Ayah Gadis itu saat antre makanan setelah kencan. Karena status mereka tersembunyi, jadinya pura-pura saling tidak kenal, tapi malah Ayahnya kenal Mo Qing Cheng sebagai dokter.

    Waktu bertemu Ibunya Gu Sheng malah lawak. Mereka bertemu di RS, di depan Obgyn atau Obstetri dan Ginekologi alias unit kesehatan yang mengatasi semua masalah wanita terkait persalinan sampai ke organ reproduksi wanita. Kan bikin salah paham. Ngapai coba Mo Qing Cheng dan Gu Sheng di sana? Ckckckc!

nonton drama china love me love my voice sub indo


    Pertemuan Mo Qing Cheng dengan Kakek dan Kakak-kakak Gu Sheng juga cukup lucu. Kena ospek 5 Kakak gitu deh. Namun karena Mo Qing Cheng memang ahli meluluhkan semua makhluk, jadilah semua berjalan lancar. Dengan apa? Cari tahu sendiri dengan Nonton Drama China Love Me Love My Voice Sub Indo.

    Bagaimana dengan kisah pasangan kedua dan ketiga?

    Mau tebak siapa mereka? Ada Zhou Zheng / Jue Mei Sha Yi dan Geng Xiao Xing serta Feng Ya Song dan Dou Bing. Dua-duanya berjalan dengan cara yang unik. Mode Friend Zone dan mode Kakak Adek gitu. Meski romansanya tipis-tipis, mereka cukup menggemaskan. Yang terpenting, kisah mereka sama sekali tidak mengganggu pasangan utama. Makanya saya suka.

aku sangat merindukanmu

love me love my voice drama ending

    Saya suka kisah cinta yang berakhir dengan pernikahan, tapi tidak dengan adegan pernikahan seperti cerita dongeng kaya di What's Wrong with Secretary Kim. Asli saya sangat menghindari itu. Beruntungnya, di drama ini pun tak ada adegan tersebut. Kalau ada, bisa gondok saya, hahaha. Tanpa wedding scene, Love Me Love My Voice Drama Ending tetap menyenangkan kok. Pas, tidak kurang atau lebih. Jadi kalian harus menontonnya sendiri.

Hen Xiang Hen Xiang Ni, Aku Sangat Merindukanmu


nanjing love me love my voice

    Sepertinya saya sudah terlalu panjang menulis drama Hen Xiang Hen Xiang Ni ini. Apakah sudah selesai? Oh, tentu saja tidak. Sebelumnya, saya menyebut bahwa drama ini banyak unsur sejarahnya termasuk dengan pemilihan tempat yang dikunjungi. Di mana saja itu?

    Pertama adalah Nanjing sebagai tempat tinggal mereka. Nanjing atau dulu ditulis Nanking merupakan ibu kota Provinsi Jiangsu, Tiongkok. Letaknya di selatan Sungai Yangtze yang adalah kota kedua terpenting di Tiongkok Timur. Nanjing dikenal sebagai Ibu kota Ilmu, Sains, Kebudayaan, Kesenian, Pariwisata dan benar-benar menghargai sejarah. Saya suka gang-gang rumah mereka. Kelihatan adem gitu. Yang tak kalah penting, di drama ini mereka cukup sering menggunakan transportasi umum, Bus, MRT, sepeda atau motor listrik. Ramah lingkungan jadinya.

danau qiandao love me love my voice

    Yang kedua adalah Danau Qiandao (千岛湖; 千島湖; Pinyin: Qiāndǎo Hú; Danau Pulau Seribu). Mereka ke sana untuk berlibur setelah pertunjukan Gala Musik Tradisional Tahunan. Danau Qiandao merupakan danau air tawar buatan manusia yang terletak di County Chun'an, Provinsi Zhejiang, Tiongkok, yang terbentuk setelah selesainya proyek hidroelektrik Sungai Xin'an pada tahun 1959. 

    Danau Qiandao disebut sebagai yang tercantik dan terasri di Dunia. Di sana terdapat 2 kota kuno yang megah, yaitu Shi Cheng dan Dia Cheng. Shi Cheng dibangun lebih dari 1300 tahun yang lalu pada tahun 621 Masehi dan pernah jadi pusat politik, ekonomi dan budaya pada masa Dinasti Tang. Sementara Dia Cheng didirikan pada tahun 208 Masehi. Dulunya jadi pusat perdagangan di zaman Dinasti Han karena posisinya yang strategis di sepanjang Sungai Xin'anjiang.

    Di Danau Qiandao, kita tentu bisa melihat pemandangan danau yang benar-benar cantik. Lalu olahraga seperti Panahan, Offroad yang merupakan olahraga otomotif, menggunakan mobil jip atau jenis SUV. Bisa juga naik balon udara. Jadi ingat My Husband in Law deh. Enggak kalah sama Cappadocia, Turki.

yangshuo guilin love me love my voice

    Terakhir ada Yangshuo, Guilin. Ini jadi tempat favorit saya. Mereka pertama kali ke sana untuk merayakan Mimpi Sepuluh Tahun, Bertemu Cinta Dalam Sepuluh Tahun Perfect Voice Studio. Lalu kembali lagi di episode terakhir. Buat mereka mengesankan, dan saya pun ikut merasakannya. Memang seindah itu.

    Pepatah di Tiongkok menyebut, Guilin shan shui jia tian xia, yang artinya Guilin memiliki pemandangan terindah di bawah langit. Pegunungan batu kapur menonjol dari permukaan tanah dan kabut cukup sering menggantung rendah, berkelok-kelok di antara bebatuan dan celah-celah, hingga menghasilkan lanskap mistis. Pemandangan Guilin nomor satu di dunia, tapi pemandangan Yangshuo nomor satu di Guilin.


    Guilin itu kota di Republik Rakyat Tiongkok yang terletak di timur laut Kawasan Otonomi Guangxi Zhuang yang memang jadi daerah tujuan wisata. Di Love Me, Love My Voice Chinese Drama, tujuan mereka selain pertunjukan juga untuk wisata tim. Perginya ke Yangshuo. Ngapain saja di sana?

    Yangshuo County memiliki berbagai keindahan alam yang akan selalu memanjakan mata. Dari bukit hingga sungai. Untuk ke sana bisa lewat jalur darat atau Naik Kapal Pesiar. Jika naik kapal, akan melewati Sungai Li (漓江; pinyin: Lí Jiāng) yang dikelilingi gunung. Makin seru karena bisa lihat gambar di belakang uang 20 Yuan. Sungai ini dari Pegunungan Mao'er di Xing'an dan mengalir ke arah selatan melalui Guilin, Yangshuo dan Pingle.

sungai li 漓江 love me love my voice

longji rice terraces love me love my voice

    Sepanjang sungai, kita bisa mengikuti wisata Rakit Bambu. Banyak pemandangan yang menarik termasuk Elephant Trunk Hill, Bukit Belalai Gajah. Lalu bisa juga wisata ke Teras Sawah Longji. Longji Rice Terraces yang merupakan persawahan dengan sistem terasering terindah di Tiongkok. Dragon's Backbone ini dibangun lebih dari 500 tahun lalu di era kekuasaan Dinasti Ming, China. Menurut saya seperti Tegalalang Bali.

    Yangshuo memang secakep itu. Pemandangan gunung hijaunya memanjakan mata. Di musim tertentu, jalanan bisa penuh dengan Bunga Osmanthus. Selain indah, bunga ini bisa dibuat arak, teh, atau kue. Ada juga Teh mentega untuk detoksifikasi. Dan tentu saja makanan tradisional lainnya yang kebanyakan berbahan dasar ikan segar. Rasanya otw masukin Yangshuo ke list kunjungan kalau berkesempatan ke China.

Merindukanmu, Cintai Aku, Cintai Suaraku


Cinta yang indah bergantung pada takdir dan kebetulan

love me love my voice ost

    Rasanya saya benar-benar jatuh cinta dengan apa pun yang ada di Drama China Merindukanmu. Cerita, pemain, lagu, resep, semua hal di drama ini. Ada sekitar 20 Lagu yang jadi Love Me, Love My Voice OST. Dan ini adalah kali pertama saya menemukan Tan Jian Ci. Ternyata dia itu penyanyi, dancer, dan juga aktor. Rasanya seperti Sheng Sheng Man yang jatuh cinta dengan suara Mas-mas 33 tahun ini meski aslinya di banyak acara kelihatan berisik sekali. Ini dia lagu-lagu soundtrack yang saya suka:
  • Slowly - yihuik苡慧
  • 与君归 - 檀健次/不才 (Return with You - Tan Jian Ci/Bu Cai)
  • 声声 - 檀健次 (Sound - Tan Jian Ci)
  • 一起 - 咻咻满 (Together - Xiu Xiu Man)
  • 青梅引 (Wintersweet) - 时尚 (Shi Shang)
  • 万骨催沙 (Ten Thousand Bones Push Sand) - 檀健次 (Tan Jianci)
  • 朝夕 (Day and Night) - 檀健次 (Tan Jianci)
  • 心上月 (Moon In A Heart) - 乐小桃 (Le Xiaotao)
  • 小命最重要 (Life Is Most Important) - 乐小桃 (Le Xiaotao)/声声慢 (Sheng Shengman)
  • 白马入芦花 (White Horse Enters Reeds) - 刷牙 (Shua Ya), 乐小桃 (Le Xiaotao)

hen xiang hen xiang ni

    Dari awal saya bilang bahwa saya tidak tahu pemain utamanya. Setelah saya telusuri, Drama Tan Jianci dan Zhou Ye itu banyak yang berjenis Historical, Wuxia, Xianxia, dan Xuanhuan. Dari wawancara, Hen Xiang Hen Xiang Ni ini jadi drama idola modern pertama untuk keduanya. Jadi enggak salah dong jika saya memang baru menemukan mereka di Love Me, Love My Voice 2023. Soalnya genre drama mereka sebelumnya bukan favorit saya sih.

    Meski begitu, saya sangat suka akting keduanya. Kemistrinya itu awur-awuran, cakep banget di mata saya. Jadi saya kepikiran juga buat coba nonton drama lain mereka. Mau tahu Tan Jianci dalam mode villain atau Zhou Ye di mode badas. Ada beberapa list yang ingin saya lihat seperti Lost You Forever, Under the Skin, Back From the Brink, dan Yesterday Once More.

pemeran love me love my voice chinese drama

    Jika pemain utama baru saya lihat aktingnya di drama Merindukanmu, maka saya malah ngeh beberapa Pemeran Love Me Love My Voice Chinese Drama yang jadi pendukung. Seperti:
  • Vincent Cao - Feng Ya Song di Never Too Late
  • Zhang Qiao Er - She Zhang dan Liang Tian - Kakek Gu Sheng di Road Home
  • Juan Zi - Mama Gu Sheng di Wrong Carriage, Right Groom
  • Chen Guan Ning - Papa Gu Sheng dan Lu Yun Feng - Sepupu ke-4 Gu Sheng di You Are My Glory
  • Liu Zhe Hui - Wang Ke dan Chai Hao Wei - Sepupu ke-2 Gu Sheng di Gank Your Heart
  • Zou Ji Xin - Gu Jia, Liu Jie Yi - Teman sekelas Mo QingCheng, William Wu - Sepupu tertua Gu Sheng di A Romance of the Little Forest
  • Gao Kai - Si Wu Xie di Love Me Like I Do
  • Ding Bo - Jian Jian di When I Fly Towards You

Jika kata-kata di internet membuatmu tidak senang, tutup laptop. Maka itu buka apa-apa. Sebagai seorang pengisi suara, hal yang paling layak dipedulikan adalah karya. Selain karya, apa pun yang orang lain katakan tidak ada hubungannya denganku

merindukanmu

    Sebagai pengguna internet belasan tahun, saya sedikit makan asam garam dunia maya ini. Saya pikir, wajar jika tidak semua orang akan menyukai kita. Di drama ini tidak terlalu ditunjukkan, tapi memang ada arah ke sana. Jadi daripada sibuk memikirkan apa kata orang di sosial media, lebih baik kita menjauh untuk melindungi diri kita sendiri.

    Meski saya sudah cukup puas dengan kisah dan semua yang ada di drama ini, tapi banyak hal yang tidak saya sangka akan jadi bagian cerita. Misalnya Qiang Qing Ci yang memutuskan untuk pensiun setelah sekian lama. Ibaratnya, saya baru mulai nge-fans, eh sudah terbayang dia berhenti. Jujur waktu adegan pamitan ini, saya merasakan emosi tersendiri. Yang terpenting, Mo Qing Ceng mundur, pensiun bukan karena Gu Sheng.


    Di pekerjaan dan profesi apa pun, pasti ada perasaan lelah, ada yang bermasalah dengan benar dan salah, dan ada yang lain yang sibuk dengan pekerjaan di kehidupan nyata. Mereka pada akhirnya akan pergi satu demi satu. Mo Qing Ceng sendiri terlalu sibuk dengan pekerjaan utamanya. Jadi meski saya ikut merasa sedih, tapi saya juga berusaha memahami itu. Toh tujuannya itu pergi ke belakang panggung, memberikan kesempatan untuk orang-orang baru di dunia Voice Over, bukan yang menghilang tanpa jejak.

    Qiang Qing Ci juga terbilang konsisten untuk tidak mengungkapkan identitas pribadinya pada penggemar. Ada sih yang dikasih tahu, tapi hanya orang-orang tertentu seperti yang bekerja sama atau orang terdekat dengan pacarnya. Buat saya ini penting. Soalnya banyak kejadian lucu karena Gu Sheng berusaha menyembunyikan Mo Qing Ceng dengan melarangnya bicara agar tidak dikenali. Padahal sebagai Voice Over, wajib bisa mengubah suara.

    Di drama, Mo Qing Ceng terlihat selalu tersenyum dan bahagia, tidak ada beban di dalam hidupnya. Namun jangan salah, ada beberapa hal yang menunjukkan dia hanya manusia biasa. Misalnya saat memukul laki-laki lain karena berlaku kasar pada pacarnya. Bukan hanya Gu Sheng, saya pun ikut terkejut juga dengan sisi ini.

cintai aku cintai suaraku

    Yang paling saya suka, ada sisi 'nakal' Mo Qing Ceng saat masih mahasiswa. Disebutkan bahwa dia awalnya hanya membantu temannya mengisi suara Drama Radio. Sebenarnya dia itu editor dan suka membuat berbagai macam efek suara. Ini mengingatkan saya sama pekerjaan Park Do-kyeong Another Miss Oh. Ini juga jadi jawaban kenapa Mo Qing Ceng tahu saat Gu Sheng pura-pura turun tangga padahal dia sedang ada di supermarket saat hujan badai.

    Jika di awal Love Me, Love My Voice diperlihatkan bahwa Gu Sheng yang jadi penggemar, maka di episode-episode akhir malah sebaliknya. Ada alasan-alasan di mana Mo Qing Ceng juga menyukai suara gadis itu dalam waktu yang cukup lama. Mungkin ini juga jadi alasan kenapa dia mengejar dan memacari Gu Sheng. Beruntungnya karena keduanya sama-sama jadi cinta pertama. Sesempurna itu kisah cinta mereka.


    Yang paling tidak saya duga, sebelum adegan penutup ada profesi-profesi dari pemain utama dan pendukung Perfect Voice Studio. Mereka bukan hanya pengisi suara, tapi juga punya pekerjaan mentereng lainnya. Fei Shao ini sungguh membuat saya terkejut karena awalnya selain Mo Qing Ceng, saya suka sosok Jue Mei. Betulan di bagian terakhir itu Fei Shao kaya orang bener. Cakep banget. Pantas suka koar-koar kalau rumahnya besar. Memang horang kaya, hahaha. Betulan mereka jadi voice over tuh cuma karena hobi, tapi sangat profesional dengan caranya sendiri.

    Hen Xiang Hen Xiang Ni ini jadi drama china favorit saya di tahun 2023 ini. Buat saya pribadi, semuanya sempurna dan menyenangkan. Fashion Gu Sheng yang tradisional modern juga cantik. Sangat mendukung perannya sebagai gadis yang kalem. Saya jadi kepikiran untuk membuat baju seperti itu. Outfit Geng Xiao Xing juga bagus-bagus. Kalau gaya pakaian cowoknya, stardar tapi masih oke. Enggak ada keluhan soal ini.

jadwal tayang drama china love me love my voice



    Walaupun saya belum membaca Really, Really Miss You Novel, saya bersyukur bisa menemukan drama semenghangtkan ini. Untungnya Jadwal Tayang Drama China Love Me, Love My Voice ini dimajukan. Jadi akhir tahun bisa kelar membuat ulasannya. Sekarang tinggal melangkah menyongsong tahun baru dengan bahagia, yey!

    Saya tahu, mungkin sebagian kalian yang suka drama dengan banyak konflik, akan merasa aneh dengan drama ini. Malah mungkin tidak bisa disebut drama karena tidak ada masalah di dalamnya. Agak sejenis dengan film The Fish Tale. Namun buat saya pribadi, karena semua genrenya memang cocok, saya jelas sangat menikmatinya.

nonton love me love my voice sub indo di mana

    Jika kalian butuh drama yang heartwarming, tanpa konflik berat, bisa ditonton secara santai, menghibur dan membuat tersenyum, saya pikir kalian akan suka dengan Missing You ini. Untuk Nonton Love Me Love My Voice Sub Indo, legalnya ada di Viki, WeTV, YoYo TV, dan TencentVideo. Beneran deh, sesuai judulnya, kita akan dibuat jatuh cinta dengan suara-suara yang ada di dalamnya.

Dulu mereka orang yang tidak dikenal dan punya impian yang tidak realistis. Mereka tidak tahu akhir, tetapi berjuang demi kehidupan sekali seumur hidup hanya demi hobi yang tidak padam ini

 

ulasan drama china love me love my voice

   
    Kita itu hanya hidup sekali dan tidak tahu pasti jawaban sebenarnya. Jadi jika kalian punya mimpi dan terasa tidak mungkin di mata orang lain, tak masalah. Kejarlah, lakukan yang terbaik selama itu tidak mengganggu. Kita tidak pernah tahu itu akan gagal atau berhasil kalau tidak mencoba. Maka jangan menyerah ya!

    Sekian dulu ulasan Drama China Love Me, Love My Voice dari saya. Ada yang sudah nonton? Atau punya pengalaman jatuh cinta karena suara? Coba share di kolom komentar ya. Sampai jumpa. Happy blogging!

Sumber informasi dan gambar:
https://mydramalist.com/702917-really-miss-you
https://www.asiaodysseytravel.com/hangzhou-tours/2days-hangzhou-tour-with-wuzhen.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Nanjing
https://id.wikipedia.org/wiki/Danau_Qiandao
https://id.wikipedia.org/wiki/Sungai_Li
https://m.weibo.cn/u/7784088388?jumpfrom=weibocom
Related Posts

Related Posts

18 komentar

  1. Awalnya kupikir ceritanya begitu doang. Ternyata cukup berbobot dan banyak hal yang bisa dipelajari, ya

    BalasHapus
  2. Panjang juga ya artikelnya hihi, paling suka sama kata penutupnya mbak, sepakat banget. Mimpi harus dikejar ya, meski itu keliatan tak mungkin, kita harus percaya diri dan tetap semangat meraihnya

    BalasHapus
  3. Kalau inget jatuh cinta di dunia maya sampai memuja aku tuh ingetnya lagu Hedi Yunus sama Ning Baizura itu lho hihi jadul amat referensiku yak. Wih ternyata regulasi drama dan film di Cina ini ketat swkali ya. Aku ga bisa bayangin kalau ini terjadi di Indonesia. Makin sini makin free aja adegan²nya

    BalasHapus
  4. Semua kayanya pernah punya crush di dunmay yaaa. Tapi malah jadi krik krik ga sik kalau ketemu di dunia nyata. Berasa salting juga. Ternyata Qiang Qing Ci juga mulai sukakkk ama Gu Sheng, nahloo. Weits baru tahu juga kalo Lembaga sensornya punya aturan seketat ituuu.

    BalasHapus
  5. Aku suka deh kalau dracin atau drakor dengan profesi yg gak biasa, apalagi another miss oh yg kerjaan pemeran utamanya yg kayak sound efect gitu, profesi voice over juga jarang diangkat

    BalasHapus
  6. Jadi Drama Tiongkok tuh nggak kenal istilah kejar tayang ya mbak, karena semua episode sudah selesai diproduksi dan di editing juga, baru tayang.

    kenal di dunia maya, berlanjut di dunia nyata bahkan hingga ke pelaminan, ini pun saya alami lho mbak

    BalasHapus
  7. Aku suka banget sama kata2 ini
    "Sisi mana pun yang kau sukai dariku, bukankah tetap akulah yang kau sukai? Tidak ada salahnya menyukai suara, daripada tidak ada yang disukaimu"

    Tapi beneran loh pernah dulu pernah mengagumi seseorang dari suaranya, jatuh cinta deh hahaa, kek suara penyiar2 radio, halagh. Sekarang pun masih karena aku lebih melelh kalo denger audio/suara wkakkakaa. Dan masih ada yang ku kagumi jugaa sekarang tuh kerena suaranya, haiyyah.

    BalasHapus
  8. Lengkap ini ulasan dari drama China Love Me Love My Voice, aku tuh lihat di WeTV tapi belum sempat nonton. Karena lagi nonton yang lainnya, aku termasuk yang senang juga nonton drama China, tapi memilih yang romance dan ringan biar gak bosan. Nanti ini aku tonton ah.

    BalasHapus
  9. Aku pernah suka karena suara 😂pas zaman mirc. Butuh yg heartwarm nih kayak gini dracin ringan. Diospek 5 kakak haha. Banyak ugaak. Aku suka yg nggak lebay romancenya, ini pas ye jii...makasih rekomendasinya

    BalasHapus
  10. Jiah...aku baru tahu seketat itu aturan di China untuk drama tapi bagus loh enggak ada adegan gay atau transgender, adegan merokok, dan minuman keras. Di Korea itu kan banyak adegan merokok dan minum-minum.

    BalasHapus
  11. Lengkap banget reviewnya, buat sy yg ga ngikutin drakor lihat film inj kalau ga liat tulisannya kayak drakor

    BalasHapus
  12. Sepertinya ini lebih dahulu melalui riset ya, lengkap dan detail sekali hehe ... Saya belum pernah nonton. Jadi pas baca semua disini seolah sambil nonton saja. Btw kelemahan saya sampai sekarang gak bisa hapal nama² tokohnya lho. Suka ketuker dan sama sekali tak bisa membedakan seperti nama Indonesia atau barat gitu...

    BalasHapus
  13. Jadi keinget nih, siapa dulu pernah bilang, kelemahan laki2 di mata jd kalau melihat yg bening2 bisa jatuh cinta, sementara kalau cewek kelemahannya di teling, suara cowok yg seksi bikin jatuh cinta #uhuks.
    Kebetulan aku baru masuk dunia2 VO, baru kenalan, emang sih gak semua murni VO ada yang profesinya lain.
    Tapi keren2 sih krn jadi talent VO pro tu gk gampang.
    Kalau ada yang konsisten gk mau dikenalin kyknya oke deh misterius2 gtu kyk karakter di drama ini hehe

    BalasHapus
  14. Drama ringan yang perlu ditonton nih. Bukan sekedar soal cinta dan suja. Tapi ada konflik gak berat banget. Cocoklah buat menemani akhir tahun. Karena aku nonton Only For Love kok kurang selera. Mungkin lebih cinta ke cerita custom mereka.

    Nah di drama Love Me, Love My Voice seperti membuatku nostalgia nih. Jatuh cinta hanya dg suara. Dulu jaman chating, ada raduo online, suka sama yg nyiarinnya. Hahaha. Tapibya, dunia maya memang harus hati-hati.

    BalasHapus
  15. Kok rasanya seperti ada drama Korea yang mirip ceritanya tapi saya lupa apa
    Aktor dan aktrisnya wajahnya rupawan semua ya
    Coba ah masukin wishlist biar bisa nonton di sisa liburan ini

    BalasHapus
  16. drama Cina sekarang bagus-bagus ya mb Jiah. menghibur dan pemainnya juga ga kalah cakep sama drakor. aku barusan nonton dracin juga nih. jadi pengen nonton yang ini juga

    BalasHapus
  17. Udah lama nih nggak nonton drama Cina atau drama Korea. Baca artikel ini jadi refresh deh. Dulu suka nonton yang drama percintaan. Jadi pengen nonton lagi nih. Hehe

    BalasHapus
  18. Senyaman itu kamu sama drama ini ya, Jiaa..
    Karena chemistry awur-awuran. Wkkwkw~

    Seriously, aku juga seneng sama drama musical sih..
    Kerasa plus plus, ya nonton drama, dengerin mereka nyanyi juga.
    Jadi gemeecc kaan..

    BalasHapus
Komentar saya moderasi. Tinggalkan jejakmu di sini, Teman!