Explore the blog
Selasa, 25 Februari 2020

Review Drama Korea Chocolate

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Kamu suka makan coklat? Bagaimana rasanya? Kalau makan itu, kamu jadi ingat apa?

Annyeong hasimnikka! Kalau bicara coklat, identiknya sama grup band atau Valentine. Tapi saya paling suka makan coklat kalau lagi datang bulan. Bikin suasana hati enak sih, hahaha. Kali ini saya akan mengulas soal drama Chocolate dan masih ada hubungannya dengan makanan.



Lee Kang kecil hidup di pesisir pantai bersama Ibunya dengan mengelola sebuah restoran bernama Bada. Dia bermimpi menjadi koki. Suatu ketika, seorang gadis kecil datang ke restorannya dengan keadaan lapar. Lee Kang pun memberinya makan dan mengatakan agar gadis itu kembali sehingga bisa mendapatkan coklat darinya. Saat menunggu, Nenek Lee Kang yang kaya raya dari Seoul malah datang dan mengajaknya tinggal bersama.

Moon Cha Young, gadis kecil itu terlambat menemui Lee Kang karena harus pulang setelah liburan bersama keluarganya. Dia kembali ke restoran Bada tapi Lee Kang tak ada di sana.


Kini Lee Kang sudah dewasa dan jadi dokter ahli bedah saraf. Dia tidak seperti Lee Kang dulu yang murah senyum dan hangat. Dia berhati dingin dan menyimpan banyak luka. Sementara itu, Cha Young kini menjadi koki karena teringat perasaan senang saat Lee Kang memberinya makan.


Bertahun berlalu, mereka kemudian bertemu kembali di bangsal rumah sakit. Cha Young mengingat Lee Kang, tapi tidak dengan pria itu. Waktu berputar, Cha Young ingin melupakan Lee Kang tapi laki-laki itu seolah terus mendatangi dengan hatinya yang dingin. Apa jadinya jika mereka akhirnya bekerja di tempat yang sama?


Drama: Chocolate
Revised romanization: Chocolate
Hangul: 초콜릿
Director: Lee Hyeong-Min
Writer: Lee Kyoung-Hee
Network: JTBC
Episodes: 16
Release Date: November 29, 2019 - January 18, 2020
Runtime: Friday & Saturday 23:00
Genre: Romance
Language: Korean
Country: South Korea
Cast:
Ha Ji-Won - Moon Cha-Young
Yoon Kye-Sang - Lee Kang
Jang Seung-Jo - Lee Jun
Yoo Teo - Kwon Min-Seong
Min Jin-Woong - Moon Tae-Hyeon
Kang Bu-Ja - Han Yong-Seol
Lee Jae-Ryong - Lee Seung-Hun
Kim Sun-Kyung - Yoon Hye-Mi
Lee Un-Jung - Jung Su-Hui
Yoon Ye-Hee - Lee Seo-Hun
Kim Won-Hae - Kwon Hyeon-Seok
Kim Ho-Jung - Han Seon-Ae
Yum Hye-Ran - Ha Yeong-Sil
Lee Ju-Yeon - Bae Na-Ra
Yoon Boo-Jin - Gyeong-Su
Lee Chan-Yoo - Yun Min-Yong
Woo Sung-Min - Yun Ji-Yong
Lee Han-Seo - Ye-Sol
Lee Yong-Lee - Jang Suk-Ja
Jun Sung-Ae - Bong Yong-Sun
Kim Ja-Young - Yun Ji-Yong's grandmother
Geum Hyo-Min - Kim Hui-Ju
Lee Moo-Saeng - Jeong Se-Un
Oh Young-Soo - Mr. Kim
Choi Ga-In - Kim Ha-Yeong
Yang Joo-Ho - Kim Ha-Yeong's husband
Kim Bi-Bi - Yang Seung-Hui
Noh Kwang-Tae - Michael
Alison Rock - Susan
Kim Mi-Hwa - Gwang-Suk
Yoo In-Soo - Jo Seong-Gu
Hong Suk-Youn - Ye-Sol's grandfather
Shin Dong-Ryuk - Han Jeong-Gi
Kim Ji-Yun - Hoang
Jun Suk-Ho - Min Dae-Sik
Kim Jae-Rok - Ha Yeong-Sil's cousin
Yoon Bo-Ra - Hui-Na
Bae Ki-Bum - Jo Cheol-U
Jang Deok-Ju - Ha Dong-Gu
Yu Bin - O Jeong-Bok
Kim Bo-Min - Moon Cha-Young (young)
Oh Ja-Hun - Lee Kang (young)
Kang Tae-Ung - Lee Jun (young)
Kim Min-Joon - Moon Tae-Hyeon
Seo Dong-Hyun - Lee Jun (teen)
Ha-Young - Kim Hui-Ju (teen)
Jung Yoo-Mi - Moon Cha-Young's mom
Kim Jae-Cheol - Moon Cha-Young's dad
Lim Jae-Geun - doctor
Park Ok-Chool - Nurse Park
Kang Yeon-Jung - Jang Yu-Suk
Choi Sung-Won - Jang Yu-Suk's boyfriend
Yoo Ji-Soo - restaurant manager
Ahn Chang-Hwan - Seo Kang-Ho
Lee Hyo-Bin - Kim In-Ju
Myung Jae-Hwan - Do-Yeon
Kim Hye-Jung - maid for Han Yong-Seol
Yook Mi-Ra - Chairman Jo's wife
Lee Sae-Yoon - Yun Seong-Eun
Jeon Woon-Jong - detective
Won Geun-Hee - Han Yong-Seol's brother-in-law
Yoon Kap-Soo - hospital board of director
Park Mi-Ri - woman asking for directions
Maeng Bong-Hak - Mr. Im
Choi Moo-In - Bae Na-Ra's father
Lee Chae-Yoon - Mud's Diner owner
Kim Myung-Joong - pension owner
Eom Ji-Man - detective
Song Hoon - boyfriend of Cha-Young's mom
Lina - Song Yeo-Jin
Shin Ki-Won - moving company man

Review Korean Drama Chocolate


Awalnya saya sama sekali tidak ada niat untuk nonton drama Chocolate. Bulan November 2019 kan jadi bulan yang berat. Jadi mood ngedrama saya turun ke dasar apalagi ini genrenya melodrama. Itulah kenapa saya telat ngereview drama seperti Extraordinary You. Lalu kenapa akhirnya nonton? Karena ada cuplikan bagian yang menurut saya lucu dan menarik di mana Cha Young kucing-kucingan dengan Lee Kang saat di RS padahal dia habis operasi.



Ceritanya, ketika sama-sama dewasa Kang dan Cha Young ini bertemu kembali. Jangan berharap adegan saling tatap mesra karena keduanya sama-sama tidak tahu. Pertemuannya itu, Cha Young makan makanan milik Kang saat berada di taman. Lalu kemudian Cha Young baru sadar, tapi tidak dengan Kang. Ketika keluar dari rumah sakit, Cha Young berusaha melihat Kang kembali. Nyatanya, Kang malah ditugaskan ke negara yang sedang berperang. Naas, dia terlibat kecelakaan di sana dan menyebabkannya koma.


Di tengah keputusasaan, Cha Young bertemu Min Seong yang adalah sahabat Kang. Min Seong ini jatuh hati pada Cha Young. Setelah berkenalan lama, akhirnya Cha Young memutuskan untuk membuka hati pada Min Seong. Di saat yang sama, Kang kembali muncul tepat di hadapan Cha Young. Setelah beberapa waktu, karena merasa tak enak hati, Cha Young memutuskan untuk meninggalkan Min Seong dan pergi ke Yunani. Dia berharap bisa menjauh dari Kang dan sibuk dengan pekerjaannya sebagai koki. Tapi Kang justru datang padanya. Dia mengatakan bahwa Min Seong ingin makan masakan buatan Cha Young untuk terakhir kalinya.


Min Seong menderita kanker dan dirawat di sanatorium. Akhirnya Kang dan Cha Young kembali ke Korea. Cha Young memasakkan makanan untuk Min Seong dan laki-laki itu pergi untuk selamanya. Kang terpukul begitu juga Cha Young. Mereka kemudian kembali untuk pemakaman Min Seong. Sayangnya saat perjalanan mereka mengalami kecelakaan.


Setelah kecelakaan tersebut, Cha Young akhirnya membantu bekerja di Sanatorium. Hal yang sama juga terjadi pada Kang. Akibat operasi yang dia jalani, kang tak bisa mengoperasi pasien lagi. Apakah akhirnya Cha Young dan Kang bisa bekerja sama di Sanatorium?


Aku sudah berlari lama sekali untuk datang kepadamu. Terkadang aku ingin berhenti, terkadang aku hampir tersandung dan jatuh. Dan kadang aku tersesat. Tapi karena kamu, aku sampai sejauh ini

Saya mengerti kenapa banyak yang kurang tertarik menonton drama Chocolate ini. Pertama karena kisahnya yang dianggap klise di mana cerita tentang cinta pertama masa kecil. Kedua karena pemainnya yang veteran dan sudah berusian 40-an. Meski begitu, mereka ini pernah hits pada masanya. Akting, wah enggak perlu diragukan lagi.


Saya sebenarnya agak gimana gitu saat Ha Ji Won memainkan karakter Moon Cha Young. Biasanya lihat dia sebagai perempuan yang strong seperti di drama Secret Garden atau The King 2 Hearts, eh ini lembut banget bahkan diakal-akalin sama adiknya. Saya sampai gemes, kenapa mau saja sih digituin sama adiknya. Tapi kalau dipikir saya pun menyadari karena saya juga kaya gitu sih sama adik meski lebih sering keluar garangnya. Min Jin Woong sebagai Moon Tae Hyeon ini bisa banget bikin orang sebel. Padahal waktu main di Memories of The Alhambra, dia cukup menarik.



Yoon Kye Sang sebagai Lee Kang. Jujur ini pertama kalinya saya benar-benar melihat aktingnya. Dulu pernah tahu dia main drama The Greatest Love. Tapi karena dia second lead male, waktu itu saya kurang terlalu memerhatikan. Kang ini sosok yang dingin karena menyimpan banyak luka. Tapi dia sangat sayang sama sahabatnya Min Seong. Makanya dia terpukul banget saat tahu hidup sahabatnya tidak akan lama. Dia juga tidak bisa lagi mengoperasi pasien karena tangannya terus bergetar. Tangan bagi seorang dokter saraf itu sangat penting. Kasus seperti ini juga terjadi di drama Risky Romance.



Jang Seung Jo sebagai Lee Jun, sepupu Kang. Dia sebenarnya baik, tapi orang tuanya selalu membuatnya bersaing dengan Kang bahkan sampai dewasa. Seperti Kang, dia juga terluka karena perebutan kekuasaan. Jang Seung Jo ini saya terakhir melihat aktingnya di Familiar Wife.


Yoo Teo sebagai Kwon Min Seong. Meski dia hanya muncul di episode-episode awal, tapi cukup menarik perhatian saya. Dia bucin banget sama Cha Young. Waktu nembak, asli bikin saya tersenyum sendiri. Terakhir lihat dia ya di Vagabond sebagai Jerome.


Nanti saat perasaanku padamu sudah lenyap, aku akan kembali dengan wajah santai dan memastikan untuk berterimakasih padamu. Jangan sakit, jangan terluka dan tetaplah bahagia

Cerita baru benar-benar dimulai saat mereka bekerja di sanatorium. Di sana itu merupakan RS yang merawat penyakit yang butuh penanganan khusus juga kronis. Kalau di drama Chocolate ini lebih ke perawatan pasien yang sudah tidak punya harapan hidup. Harus kita ingat bahwa dokter itu ada yang menyembuhkan dan juga merawat. Di sanatorium, petugas medisnya ya merawat pasien sebelum mereka meninggal.


Untuk Cha Young sendiri tugasnya adalah memasak untuk pasien. Dia ingin memberikan makanan yang enak sebelum mereka meninggal. Kita pasti merasa dong bahwa setelah makan, perasaan kita akan jauh lebih baik. Bisa dibilang drama Chocolate ini sebagai self healing seperti film Little Forest. Tadinya saya pikir setelah Kang ke sanatorium dia akan lebih memilih jadi koki dan masak bersama Cha Young. Ternyata dia tetap jadi dokter karena banyak alasan.


Nilai hidup seseorang ditentukan oleh cinta yang diberikan, bukan cinta yang didapat. Epictetus

Untuk kisah cinta mereka, asli lama banget untuk menyatukan keduanya. Penonton sampai gemas sendiri, apalagi sama Kang yang kurang peka. Kisah lain yang mengiringi, ada kok. Jadi enggak sepi-sepi amat. Adegan masak-masakannya juga bikin ngiler. Jadi semangat buat belajar masak.




Yang paling saya suka memang kisah-kisah orang yang dirawat di sanatorium. Bohong banget kalau nonton drama ini tapi enggak nangis. Nangisnya bisa karena sedih tapi juga bahagia dan haru. Asli campur aduk dengan berbagai macam hal yang mereka lakukan. Baik pasiennya sendiri atau keluarganya juga. Cha Young juga kenapa sampai betah di sana karena dia punya trauma masa kecil dan hampir meninggal di tengah reruntuhan gedung. Meski dia kehilangan Indra penciuman dan perasa, dia tetap semangat memasak. Kaya kasusnya Ruang Dongseng Love The Way You Are yang sampai bikin makanan jadi cair. Di sanatorium benar-benar banyak cerita untuk mereka yang meninggal dan hidup.


Anggap hari ini hari terakhirmu dan kau tahu saat ini tak akan kembali. Nikmati setiap saat yang datang, semuanya. Hari yang kau sia-siakan hari ini adalah hari esok yang sangat diinginkan seseorang yang meninggal kemarin

Kita memang harus mensyukuri hidup ini. Semua yang terjadi pasti ada jalan keluarnya. Dan saya rasa, penting sekali kita untuk memberikan kenangan terbaik dan membahagiakan untuk orang-orang yang akan meninggalkan kita. Terbaik itu tidak harus dengan sesuatu yang mewah dan mahal misalnya saja dengan memberikan makanan yang paling mereka suka dan inginkan.


Drama Chocolate memang sesuai judulnya. Ada kisah pahit dan manis di dalamnya. Jika kalian bosan dengan romansa yang begitu-begitu saja, drama ini bisa jadi pilihan sekaligus self healing. Jadi, adakah yang sudah nonton dramanya juga? Jika iya share pendapat kalian ya! Sampai jumpa. Happy blogging!

Whould you like to comment?

  1. Kalo saya, pertama kali kenal si Kang ini di film Good Wife, karakternya enak diliat, sweet

    BalasHapus
  2. drakor coklat ini lg naik daun sih kalo diliat liat.. kalo ada waktu luang bsa deh lihatnya

    BalasHapus
  3. Lengkap banget reviewnya. Dari judulnya kirain cerita berlatar pabrik coklat or cafe coklat

    BalasHapus
  4. Ka Jiah kalau yang drakor ini nontonnya dimana? Aku penasaran soalnya

    BalasHapus
  5. Aku suka coklat, jadi inget masa kecil mama selalu ngasih coklat pas mama berangkat kerja, sukaaa.
    Btw lope banget sama drama yang ada self healingnya begini, nonton sambil belajar yaaa.

    BalasHapus
  6. Wah, kalau ini mah kesukaan anakku, mbak. Dia demen banget korea-korean, mulai dari film sampai masker wajah semua korea hahaha lagi naik daun banget ya korea.

    BalasHapus
  7. Uhuuyy, keren banget ini jalan ceritanya
    mau nonton kalo udah selo ahh

    BalasHapus
  8. Belum nonton, Jiah.
    Awal membaca pikiran sy menyimpulkan 'O, ntar nanti coklatnya dikasihkan setelah mereka dewasa dgn penuh romance' *minta dijitak ini kepala*.
    Ternyata, alurnya tentang kehidupan yg serasa coklat. Jadi penasaran.

    BalasHapus
  9. Semua quotenya bikin saya baper, ya hahaha. Saya belum pernah nonton. Tetapi, langsung kepengen menghirup aroma coklat :)

    BalasHapus
  10. Huaaa kalimat-kalimatnya bikin lumer deh mbak, sweet banget. Belum pernah nonton sih kawatir ketagihan hihihi...

    BalasHapus
  11. Hai mba Jiah, semoga sekarang semangat ngeblognya udah naik ya stekah ngedrop november lalu. Aku bln baca reviewnya dan penasaran juga

    BalasHapus
  12. Coklat memang pahit yayaslinya, tapi juga ngangeinn karena ada rasa manis, hihihi

    Itu nggak nyadar atau gimana, bisa ngambil makanan orang.

    BalasHapus
  13. Selalu baper kalau lihat cara para tokoh di drakor mengungkapkan perasaan mereka. Kok ya, jadi penasaran pengen nonton ya...hihihi

    BalasHapus
  14. Dari makanan, jatuh ke hati yaa, Jiaa..
    Jadi ini pointnya pengin ngasih tau ke perempuan harus pinter masak. Hahaha...

    Btw,
    Min Jin Woong memang dari wajahnya tengil begitu...justru di Alhambra, aktingnya kurang all out gituu...nurut banget sama Zinu.

    BalasHapus
  15. udah lama banget gak nonton drakor, yaampunn..
    boleh juga nih ditonton kalo lagi senggang..

    BalasHapus
  16. Sama nih mba, aku juga kalau lagi datang bulan suka makan coklat, selain itu kalau pas mengalami hari yang melelahkan juga sih.

    Kalimat²nya bikin lumer semua ya. Jadi pengen nonton juga nih

    BalasHapus
  17. Wah, kejadiannya banyak kecelakaan dan orang sakit yaaa... Kang dan Cha Young yang pernah bertemu di masa kecil lalu bisa berlanjut dengan kisah asmara yang lumayan kompleks juga permasalahannya. Ini happy ending ya Ji terakhirnya?

    BalasHapus
  18. Udah masuk list mau ditonton ini Chocolate, tapi aku masi selesaikan yang CLOY satu kali lagi. Kayaknya abis ini langsung nonton drama ini aja deh, soalnya abis baca reviewnya Mbak Jiah jadi makin penasaran

    BalasHapus
  19. Udah lama banget nggak nonton drama. Saya malah nggak tau ada drama ini hihi. Karena yang lagi masih rame dibahas itu macam CLOY. Sepertinya nonton drama yang ini harus saat selow banget ya karena agaknya saya bakal greget2 lihat jalan ceritanya hehe

    BalasHapus
  20. Dududuh, drama yang bikin gemes sih ini. Di awal-awal gemes sama Cha Young dan Lee Kang yang pada diem-diem bae. Padahal saling cinta. Gemes aja nunggu adegan hot. Hahaha... untungnya writernim tahu yang dimau. Di akhir-akhir kita dibuat gembira. :)))

    BalasHapus
  21. Ish judulnya sweet banget sih teh.. dan memang jalan ceritanya juga sama seperti judulnya ya.. bakalan masuk list drakor yang akan aku tonton nih..karena masih ada drakor yang masih aku tonton dan belum kelar hehe

    BalasHapus