Kamis, 29 Agustus 2019

# 2019 # Chinese Drama

Review Drama China Gank Your Heart

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Kamu suka ngegame? Suka mainnya berapa lama? Pernah berpikir untuk serius di dunia game? Bagaimana kalau jadi Gamer profesional? Bisa kah? Bisa banget!


Nǐ hǎo! Bahagia banget ya akhirnya bisa ngulas drama ini. Kalau ditanya apa saya suka game, jawabannya iya, dulu sekali. Tapi untuk jadi profesional, belum kali ya. Pegang keyboard saja 11 jari. Tapi kalian tahu tidak bahwa sekarang ini main game bisa dikategorikan sebagai atlet lho!


Qiu Ying tidak menyangka di awal karirnya sebagai host live streaming bidang gaming membawanya ke Vancouver, Kanada untuk liputan Kompetisi Internasional Iconquer. Meski ketinggalan pesawat, dia tetap berangkat demi melaporkan hasil pertandingan antara team Tatan dan team Legends dari China. Sayangnya dari team China belum berhasil menjuarai kompetisi tersebut. Semua anggota team sedih dengan kekalahan itu.


Di tengah keributan, Ji Xiang Kong salah satu anggota team Legends berusaha meredakan suasana. Ji Xiang Kong ahli dalam strategi, tapi punya reputasi yang kurang baik di mata warganet. Padahal mah aslinya baik banget.


Nah Qiu Ying akhirnya memanfaatkan Ji Xiang Kong agar bisa mewawancarai Gu Fang, kapten team Legends demi popularitasnya sendiri. Sayangnya niat itu diketahui Ji Xiang Kong dan berakhir dengan mempermainkan Qiu Ying.


Masih belum reda salah paham antara Ji Xiang Kong dan Qiu Ying, masalah lain muncul. Ji Xiang Kong yang awalnya menjadi kandidat kapten team Legends setelah kepergian Gu Fang malah mendapat masalah akibat video keributan saat di Kanada. Dan dugaan penyebar video tersebuat adalah Qiu Ying yang memang kebetulan ada di lokasi dan merekam kejadian tersebut. Sayangnya baik perusahaan Qiu Ying maupun Ji Xiang Kong tak bersepakat dan malah berakhir dengan pemecatan keduanya. Bisakah mereka meluruskan semua masalah yang ada? Bagimana dengan karir mereka?

Title: Gank Your Heart
Native Title: 陪你到世界之巅
Also Known As: Pei Ni Dao Shi Jie Zhi Dian, Accompany you to the top of the world
Genres: Romance, Youth, Sports
Tags: Gaming, E-sport Industry, Internet Celebrity, Independent Female Lead, Team Work, Dream, Stepmother, Hate To Love, Tsundere, Misunderstanding
Country: China
Original language: Mandarin
Based on: Dian Jing Lian Ren by Nanye Lin'er
Writter: Zhang Chanjuan
Director: Sha Weiqi
Original network: Mango TV
Type: Drama
Episodes: 35
Aired: Jun 9, 2019 - July 13, 2019
Aired On: Sunday, Monday, Tuesday, Wednesday
Duration: 45 min
Cast:
Wang Yi Bo as Ji Xiang Kong
Wang Zi Xuan as Qiu Ying
Jerry Yan as Pei Xi
Ding Guan Sen as Lin Yi Xuan
Lu Xiao Yu as Lu Yi Yi
Harry Hu as Luo Tian
Gao Tai Yu as Gu Fang
Yan Xu Jia as Xia Ling
Zhang Xiao Qian as Summer
Cheng Qi Meng as Sun Ze Yi
Wang Rain as Shu Wen
Huang Xin Yao as Qiao Xin Xin
Andy Ko as Qi Yue
Hanna as Fu Mi Ya
Guo Zi Yu as Zhao Yang
Liu Zhe Hui as Lu Sheng
Yan Hao Yuan as Lu Feng
Liu Jun as Qiu Jian Hua
Zhang Yan Yan as Xia Shu Min
Bi Wen Jun

Review Chinese Drama Pei Ni Dao Shi Jie Zhi Dian


Sini yuk kenalan setelah kemarin saya nyebutin Wang Yibo di IG @jiahaljafara. Yap, dia adalah pemeran utama dari drama China Gank Your Heart. Saya tahu drama ini tuh sebelum tanggal tayangnya, awal Juni gitu lalu kemudian lupa dan akhirnya ketemu lagi setelah ada yang nerjemahin. Sujud syukur banget ya! Thank you buat Changfeng dan Drakorindofilms. Wo Ai Ni!

Jadi, drama ini tuh bercerita tentang profesional gamer dan komentator gaming yang jatuh cinta dan sama-sama mengejar mimpi mereka. Kalian tahu Esport? Nah, di drama Pei Ni Dao Shi Jie Zhi Dian tuh tema yang diangkat adalah seputar dunia olahraga elektronik.

Apa sih Esport itu?


Esport atau e-sport merupakan olahraga yang dilakukan dengan media elektronik seperti komputer, konsol, smartphone, dan lainnya. Permainannya sendiri bersifat kompetitif dan multiplayer, bermain dengan team bukan individu.

Itu main game saja kali, Ji!


Tidak. Game dan Esport tuh beda jauh. Kalau kita main game saja, bisa sendiri, main sesuka hati buat hiburan tapi electronic sports itu kompetisi, pemainnya profesional. Ada aturan mainnya juga. Saya sendiri baru tahu esport saat Asian Games 2018 lalu karena sudah masuk salah satu cabang olahraga. Jadi Esport ini kurang lebih olahraga sejenis catur atau bridge yang menggunakan otak. Dan tentu saja kita tahu bahwa bekerja pakai otak tuh jauh lebih melelahkan.

Sudah ada gambaran kan tentang dunia Esport? Jadi kita balik lagi ke drama Accompany You to The Top of The World. Biasanya saya nonton drama China tentang pelajar kaya Youth, My Little Princess atau Put Your Head on My Shoulder, tapi di drama ini murni bahas profesi pemainya ya.


Pertama, Ji Xiang Kong. Dia hidup sendiri, latar belakang orangtua tidak dibahas di drama ini sih. Dia pernah ikut pertukaran mahasiswa di LN lalu kemudian main game. Karena pernah diejek saat main, jadi dia punya mimpi untuk membawa nama team China sebagai pemenang dalam Kompetisi Internasional Iconquer. Akhirnya setelah diajak Gu Fang, dia bergabung dengan team Legends.


Ji Xiang Kong terkenal sebagai ahli strategi licik. Setelah Kapten team Legends pensiun, dia adalah kandidiat yang dipilih. Sayangnya tidak semua orang setuju dan membuat team Legends kalah dalam kompetisi yang mengakibatkan Ji Xiang Kong keluar dari Legends. Ditambah lagi reputasinya jelek karena video pemukulan yang tersebar.

Video tersebuat awalnya direkam oleh Qiu Ying untuk laporan di perusahaannya dan tidak ada adegan baku hantam. Dan gara-gara itu dia malah ketiban sial karena dari pihak Legends malah memperkarakan hal tersebut karena terbukti IP penyebar video berasal dari laptopnya. Akhirnya dia dipecat padahal sudah berhasil masuk trending walau gagal wawancara dengan Gu Fang.


Ji Xiang Kong berusaha mencari tahu masalah tersebut dan menemukan bahwa Qiu Ying tidak bersalah. Apalagi dia juga sampai dipecat gara-gara video itu dan juga menjual rumah untuk bayar denda. Sama-sama jobless, eh akhirnya mereka malah baikan dan jadi teman. Dari Ji Xiang Kong juga akhirnya Qiu Ying ingin mengejar mimpi sebagai profesional komentator Esport.

Setelah keluar dari Legends, Ji Xiang Kong bergabung dengan team VNG yang sempat jadi rivalnya di kompetisi yang lalu. Jadi antara Legends dan VNG ini tukeran Kapten. Ada Pei Xi di sana.


Hampir sama kasusnya di Legends, di VNG sendiri tak ada sambutan hangat untuk Ji Xiang Kong. Satu-satunya orang yang percaya adalah Shu Wen, pelatih team VNG. Ji Xiang Kong berusaha bekerja keras sebagai Kapten untuk anggotanya. Dia berusaha memahami tiap anggota dan bermain dengan baik untuk memenangkan kompetisi.

Di sisi lain, Qiu Ying juga belajar mati-matian agar bisa menjadi komentator yang baik. Dia berusaha menjadi murid Luo Tian, komentator Esport terkenal yang dulu juga seorang gamer profesional team Pioneer. Dia juga dibantu Ji Xiang Kong untuk memahami dunia Iconquer dan gaming. Dia juga sampai bekerja di warnet game sambil belajar banyak hal. Serta ikut kompetisi agar bisa jadi pasangan komentator Luo Tian.

Dan selalu ada pihak-pihak yang sirik dengan keberhasilan orang lain. Lagi-lagi masalah muncul di mana strategi team VNG bocor dan mengakibatkan Ji Xiang Kong dipecat lagi. Terduganya masih sama, Qiu Ying karena masalah pribadi mereka. Qiu Ying sendiri diberhentikan dari komentator. Sebenarnya apa yang terjadi?


Nonton Gank Your Heart tuh gemes banget! Di awal itu kita sudah disuguhi adegan menguras emosi karena kekalahan team Legends. Para cowok-cowok ini sama-sama sedih, terpukul, nangis, pelukan bareng-bareng. Belum lagi waktu Kapten Gu Fang memutuskan pensiun.

Lalu ketidakadilan terjadi pada Ji Xiang Kong dan Qiu Ying. Mana perusahaan masa bodoh banget dan menyalahkan mereka. Jadi ya saya ikut bersyukur karena mereka keluar dari perusahaan sampah kaya gitu. Jatuh sampai 2 kali, akhirnya Ji Xiang Kong dan Qiu Ying memutuskan membuat team baru yang sempurna versi mereka. Betulan mulai dari bawah, tanpa sponsor, tanpa pelatih. Padahal Ji Xiang Kong dapat tawaran dari team LN. Dan ini dia anggota dari Phenix, team idaman versi Ji Xiang Kong:


  • Ji Xiang Kong
Saya sudah ngomongin karakternya panjang lebar ya. Dia ahli strategi, tapi bukan pemain Top. Kalau dipikir sih dialah sutradara dalam permainan. Top of the top jadinya. Dia baik hati, tapi sering dibully. Makanya sampai dipecat 2 kali dia pun strong.

  • Pei Xi
Nah ini dia pemain Topnya. Dia terbaik dalam permainan tapi individualis banget. Makanya waktu mau gabung di Phenix, Ji Xiang Kong nolak dengan tujuan agar Pei Xi belajar untuk bekerjasama. Ya karena main Esport memang team, bukan individual. Sifat Pei Xi ini kata saya sih absurd. Dia mau saingan sama Ji Xiang Kong, tapi dengan cara mepet sampai minta sekamar juga. Dari postur, dia tinggi dan gayanya malah mengingatkan saya pada Kim Young Kwang. Dia kelihatan serius tapi bisa ngelawak juga.

  • Sun Ze Yi
Dia dulu adalah anggota Pioneer tapi tidak ikut tanding sampai juara. Dia menyembunyikan diri dan tak ingin bermain sebagai Profesional Gamer. Ada hal yang dia sembunyikan sampai nih Ji Xiang Kong minta bantuan mantan pacarnya Sun, si Wen agar mau bergabung.

  • Lin Yi Xuan
Dia awalnya tukang antar makanan lalu diajak bergabung sama Ji Xiang Kong di Legends. Dia penganut setia Ji Xiang Kong dan tetap menghormatinya meski beda team. Lalu team baru terbentuk, dia pun keluar dari Legends sampai belain jual piala buat bayar denda.

  • Xia Ling
Dia ini adiknya Qiu Ying. Awalnya Xia Ling itu atlet basket. Karena kecelakaan, dia pun tidak bisa main lagi. Bergabung dengan Phenix saja gara-gara hasutan Pei Xi. Awalnya dia tidak mau karena menganggap dirinya bukan siapa-siapa.

Lalu bisakah team baru dari Ji Xiang Kong, Phenix ini membawa harum nama bangsanya di puncak Esport? Bagaimana dengan mimpi Qiu Ying sendiri untuk jadi komentator di kejuaraan internasional olahraga elektronik ini?

Api semangat tidak akan pernah padam. Lahir kembali setelah mati

Sudah ngomongin perjuangan mereka di Esport, bagaimana kisah cinta di drama Pei Ni Dao Shi Jie Zhi Dian ini?


Bikin dugun-dugun, Kakak! Awalnya Qiu Ying memang memanfaatkan Ji Xiang Kong dan dibalas dengan permainan balik. Ngakak banget deh saat Ji Xiang Kong ngerjain Qiu Ying saat keduanya jadi pasangan dalam sebuah acara. Lalu karena masalah video, akhirnya mereka jadi teman baik. Mereka temenan tapi mesra gitu. Jalan bareng, makan bareng, main game bareng, dan saling mendukung saat sama-sama ada di titik terendah.


Sejak awal, Qiu Ying sudah jatuh hati pada Ji Xiang Kong. Sayangnya, si cowok masih belum move on sama mantan pacarnya Fu Mi Ya yang jadi superstar. Ketika Qiu Ying dan Xiang Kong sudah mau membuka diri, eh keduanya harus patah hati. Belum juga berbunga, sudah gugur saja. Mana Qiu Ying dirundung juga gara-gara dituduh ganggu hubungan Mi Ya sama Xiang Kong.


Kalau Waen sama Laising di Waen Dok Mai TTM sampai 20 episode, Qiu Ying dan Xiang Kong lebih parah. Di episode 25 saja kesalahpahaman belum kelar juga. Saya sampai gemes banget. Tiwas senyam-senyum dan halu sama tingkah mereka eh enggak jadian-jadian. Punya cowok baik model Ji Xiang Kong ya senang. Tapi kalau enggak tegaan ya bikin emosi juga. Saya waktu nonton saja mau ngeplak Yibo gara-gara dia kaya kurang tegas gitu dengan perasaannya atau lebih tepatnya terlalu hati-hati. Jadi bagaimana akhir kisah cinta mereka? Tonton sendiri saja ya!

Salah satu adegan manis dan bikin senyum

Saya baru kali ini sangat menikmati drama olahraga dan ikut deg-degan. Jika di drama Love O2O saya suka skip saat mereka main game, di Gank Your Heart saya sampai bengong. Mereka main kaya orang berantem itu seru banget padahal ya saya belum paham, hahaha. Tapi ya saya merasa terbawa suasana kompetisi mereka. Andai nih Pak Yoo Memories of The Alhambra main gamenya bukan buat senang-senang doang, mungkin beliau bukan hanya jadi pengembang, tapi jadi atlet Esport profesional juga, bukannya jadi bubuk Jasjus, ckckck.


Yang harus kita tahu juga, pemain Esport ini atlet profesional. Main game bukan hanya soal kemampuan dan berlatih sampai berjam-jam dan lupa waktu serta keluarga. Ini salah banget lho! Atlet Esport ini harus menjaga kondisi badan juga. Makanan seimbang gizinya, olahraga fisik harian itu wajib. Latihan juga terjadwal, jangan sampai lebih dari 3 jam menghadap komputer sekali duduk. Harus punya strategi yang baik dan juga kerjasama team. Tujuannya agar fokus karena memang bermain menggunakan pikiran. Mereka kudu saling memahami kemampuan dan kebiasaan lawan.


Mungkin bagi kebanyakan orang, Esport memang masih asing. Memilih profesi ini belum terlihat masa depannya. Tapi percayalah, zaman sudah banyak berubah begitu juga profesi seseorang. Yang menjamin masa depan adalah kita sendiri. Jadi sebagai orangtua, mari percaya pada mimpi anak kita dan dukung saat mereka benar-benar memperjuangkannya.

Ini memang kali pertama saya melihat akting kesemua pemain Gank Your Heart. Tapi suer, drama ini recommended banget dari segi plot cerita dan kemistri semua pemainnya. Di drama ini juga saya baru tahu sosok Wang Yibo yang kalau senyum bikin Nuna ini meleleh, bahahaha. Pemuda 22 tahun ini berkarir dulu saja ya. Jangan pacar-pacaran. Jalanmu masih panjang, Dek. Kakak cantik akan menunggu #Eh!


Selain suka sama karakter Ji Xiang Kong dan Qiu Ying sebagai pemeran utama, karakter favorit saya itu Lu Yi Yi, sahabat baiknya Qiu Ying. Dia ini unik banget sebagai wartawan. Apalagi pas akrobat roling gitu. Sampai dapat tempat kerja juga aneh karena memuja ketenangan dan santai. Ini kalau Bosnya ketemu Wahyu pasti nyambung. Hidupnya slow banget, hahaha. Lu Yi Yi sampai bingung karena jadi Wartawan tapi enggak pernah ngeliput berita. Pemain pendukung terbaik sih kata saya.


Dari Drama Pei Ni Dao Shi Jie Zhi Dian, selain pengetahuan Esport, saya juga belajar tentang persahabatan, sportivitas, kerjasama team dan pastinya semangat untuk mengejar mimpi. Dan jangan jumawa kalau sedang di masa kejayaan. Saya sampai terharu lho karena semangat mereka ini. Percaya deh, ketika satu jalan tertutup, ada 2 jalan lain yang terbuka untuk mimpimu. Jadi jangan pernah berputus asa ya!


Nah, kalian sendiri ada yang sudah nonton Gank Your Heart belum? Jika suka nonton pertandingan olahraga, kalian kudu coba nonton drama bertema esport ini lho! Ternyata olahraga elektronik itu seru banget! Saya yang kurang paham dunia e-sport saya sangat menikmati drama ini. Adegan favorit ya saat team Phenix berdiri untuk memberikan penghormatan pada team sebelum mereka. Asli itu bikin air mata meleleh. Dan banyak adegan lucu yang bikin kita tertawa. Atau nih kalian nonton drama esport lain? Share di sini ya!


Sampai jumpa. Happy blogging!


Sumber gambar:
https://mydramalist.com/30561-gank-your-heart & Pinterest

29 komentar:

  1. So sweet banget nih drama chinanya. Selain itu juga para pemainnya yang ganteng dan cantik hihi

    BalasHapus
  2. Seru nih kali ya Mbak kalau bermain game ditemani dengan pasangan gitu

    BalasHapus
  3. Para pemainnya nih yang bikin saya nonton hihi. Jadi, pingin langsung nonton deh

    BalasHapus
  4. e-Sports lagi happening buangeeeett!
    Dan sepertinya di Indonesia cocok nih kalo dibikinkan FTV
    "Cintaku bermula dari main game!"
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  5. Saya termasuk jarang nih nonton drama selain dari Korea. Tapi menarik juga ya tema yang diangkat, lagi kekinian e-Sport ini. Menarik untuk ditonton. Nanti dicari di Viu deh kalau ada

    BalasHapus
  6. Bagi yang nggak tahu, emang e-sport itu kesannya jelek aja, ngabisin waktu main game. padahal ada aturan dan juga adu strategi juga ya

    BalasHapus
  7. wah drama China juga bikin betah di depan layar yak..hehe..Aku jadi bingung bedain antara artis china, korea, ama jepang...wajahnya mirip semua kayaknya hehe

    BalasHapus
  8. Drama chin? Belum pernah nonton sih, baca ulasan ini jd tertarik buat nonton juga.

    BalasHapus
  9. Saya sekeluarga memang suka nge-game. Makanya quality time keluarga yang lumayan sering kami lakukan itu main game. Sampai pernah juga saya sarankan ke anak untuk serius dengan dunia game :D

    BalasHapus
  10. oh ini drama Cina ya... wah ceritanya mirip mirip drama korea juga, romantis gemesin gitu

    BalasHapus
  11. Aku kurang suka ngegame, cepet bosen, trus kalau main games jangan yang ada musuhnya takut hahaha. Main games jenis e-sport itu bikin pemainnya gerak jadi gak mager trus ya, eh tapi ada deh yang diem juga.
    Seru juga filmnya ya masa dipecat gara-gara video, tapi mungkin itu jalannya dapet kerjaan lain jadi komentator esport.
    Jiah aku bacanya aja deg-degan apalagi nontonnya :)

    BalasHapus
  12. Wah.. Keknya seru jg yak. Pecinta drakor musti nyoba yg baru gini jg nih. Aku tmsk yg jarang nonton drama china. Tp kalo ad yg rekomendasiin biasanya penasaran jg.

    BalasHapus
  13. Wah..ternyata ada juga drama tentang para gamers ya?
    Selama ini tau tentang game-game itu dari anak yang seneng maininnya.
    Dibumbuin dengan kisah romance, jalan ceritanya jadi semakin rame ya...

    BalasHapus
  14. Wah sudah ada yah film yang backgroundnya eSpot, bakal seru dan disukai anak2 gamers nih plus ada romancenya juga

    BalasHapus
  15. Baru dengar banget loh saya tentang esport ini, ternyata para atlitnya butuh olahraga dan gizi yang cukup.

    BalasHapus
  16. Duh aku tuh suka gemes kalau ada konflik yg terjadi karena salah paham. Di drama ini kayaknya complicated banget ya, adaa aja masalahnya. Hahah. Cocok ini ditonton saat me time. Apalagi tema nya tentang esport yg aku baru tau, bisa nambah wawasan aku tentang esport nih.

    BalasHapus
  17. Aku udah beberapa hari lihat trillernya dan aaah cute banget sih para leadnya. Jadi kepingin nonton juga

    BalasHapus
  18. Jujur, aku gak pernah nonton drama china dan drama-drama lainnya. Heheheee... tapi baca ini nampak deru banget ya, apalagi ini menceritakan para gamers gitu ya?

    BalasHapus
  19. Pertama dengar esport waktu Asian Games tahun lalu. Sempat nonton di tipi seru jugaa ..
    Nah, aku belom nonton Gank Your Heart dan kurang paham dunia e-sport, tapi sepertinya drama ini menarik sekali

    BalasHapus
  20. Aku belom pernah deh nonton drama China. Pengen tahu serunya. Nyari aaaah... buat selingan kalo bosen ngedrakor. :D

    BalasHapus
  21. ulalal Jiah, racun ni Drakor, saya gak bisa berhenti sebelum tamat. baca begini jadi nambahin info buat sebelum memutuskan nonton. mau nonton ah

    BalasHapus
  22. Penasaran baru tahu ini klo ceritanya ttg olahraga elektronik seru juga jd ngerti ttg dunia e-sport

    BalasHapus
  23. Asyik nih, temanya kekinian banget tentang gamer profesional dan esport, selain menghibur juga bisa menambah wawasan ya...

    BalasHapus
  24. Aku juga lagi nonton drama china put your head on my shouldier.. ku pikir aku doang yg suka drama china hahaha abis korea doang bosen

    BalasHapus
  25. Wah iya bener olahraga otak ya esport ini?
    Kayaknya seru tuh dramanya,mengangkat tema profesi yang lagi booming saat ini ya mabk. Dibumbuin kisah romantis pula :D

    BalasHapus
  26. Aku tetep gak paham sama anak yang bisa bertahan duduk berjam-jam hanya untuk main games, Jia...
    Tapi patut diacungi jempol yaa...China uda bikin drama dengan kondisi terkini masyarakat remaja.
    Semoga hikmahnya bisa di jadikan pelajaran untuk anak muda.

    BalasHapus
  27. kereeeen ada film yg menceritakan hal yg langka diceritakan: Esport. mana pemainnya masih muda dan penampilan oke. makib demen ikuti ceritanya deh

    BalasHapus
  28. Esport, saya baru tahu setelah membaca artikel ini.
    Tentang profesional gamer dan komentator gaming, dan tentang perjalanan cinta. Wah cocok banget buat anak muda seperti saya ini :)

    BalasHapus
  29. Aku udah nonton. Dan asli rekomen buanget buat ditonton. Apalagi kalo udah sweet scene gitu. Duuuh...bikin senyum2 sendiri. Wkwkwwkwkwk

    BalasHapus