Selasa, 29 Januari 2019

# 2018 # 2019

Review Drama Korea Dae Jang Geum Is Watching

Bismillaahirrahmaanirrahiim.... 

Kamu punya kekuatan yang diturunkan dari nenek moyang? Apa yang kamu lakukan dengan kekuatanmu itu? Menjaganya atau melepaskannya? 

Annyeong hasimnikka! Siapa sih di sini yang enggak suka makan? Suka nonton drama makan-makan tidak? Saya kemarin baru nyelesaiin drama Korea Dae Jang Geum Is Watching


Kekuatan biasa diturunkan pada anak cucu, bisa salah satu atau semua. Jang Geum menurunkan itu pada cucunya dalam keadaan berbeda. Han San Hae punya kekuatan merasakan suatu bahan makanan. Saat ini dia bekerja di perusahaan penjualan mobil. Kelemahan San Hae adalah lidahnya kelu saat terkena ludah orang lain. Jadi dia selalu makan siang sendirian.


Han Jin Mi, adik perempuan San Hae bercita-cita jadi anggota Idol grup. Setiap hari dia ikut latihan agar segera debut. Kekuatannya adalah membau sesuatu. Kelemahannya adalah suka mimisan saat jatuh cinta. 

Han Jung Sik merupakan kembaran Han Jin Mi. Si Adik bungsu ini spesialis masak. Dia sangat pandai dalam urusan dapur dan jadi Vlogger di Youtube chanel Masak. Kelemahan, tangan kirinya panas. Jika menyentuh bahan makanan akan matang. Jika menyentuh kulit maka akan melepuh. 

Dengan kekuatan dan kelemahan ini, mereka hidup seperti orang lain. San Hae bahkan harus melatih karyawan baru yang banyak bicara dan suka makan, Bok Seung A. Dan menurut leluhur kesialan akan terjadi jika ketiganya tidak makan malam bersama. Kesialan apakah itu? Bagaimana cara mereka tetap makan bersama saat punya kesibukan yng berbeda? Adakah yang bisa mengerti mereka? 

Drama: Dae Jang-Geum Is Watching
Revised romanization: Daejanggeumi Bogo Idda
Hangul: 대장금이 보고 있다
Genres: Food, Romance, Drama, Family, Sitcom
Director: Sun Hye-Yoon
Writer: Park Eun-Jung, Choi Woo-Joo
Network: MBC
Episodes: 16
Release Date: October 11 - January 24, 2019
Runtime: Thursdays 23:10
Language: Korean
Country: South Korea
Cast:
Shin Dong-Wook as Han San-Hae
Kwon Yuri as Bok Seung-A
Lee Yeol-Eum as Han Jin-Mi
Kim Hyun-Joon as Han Jung-Sik
Lee Min-Hyuk as Min-Hyuk
Jung Yi-Rang as Lee Na-Young
Kim Ki-Ri as Won Bin
 

Review Korean Drama Jang Geum, Oh My Grandma



Awal nonton drama ini karena acara makan-makan, 12 episode dan tayangnya seminggu sekali. Saya pikir bolehlah. Tapi kemudian episode membengkak jadi 16, duh! Empat bulan, cuy! Tobat bener!

Sebagai pengingat, Jang Geum itu karakter utama dari seri drama MBC A Jewel in the Palace yang tayang pada tahun 2003/2004. Sekitar 500 tahun yang lalu pada masa Dinasti Chosun, Korea punya struktur sosial yang didominasi hierarki dan pria. Seorang gadis legendaris bernama Jang Geum ini wanita pertama yang jadi dokter kerajaan tertinggi pada zamannya.


Meski kondisinya buruk sebagai gadis kelas bawah di masyarakat yang didominasi pria, Jang Geum mengatasi serangkaian diskriminasi sosial dan saat itu dirinya jadi koki kerajaan, kemudian tabib istana, dan akhirnya tabib yang bertanggung jawab atas raja. Oleh raja dia diberi gelar "The Great Jang Geum". 

Secara alur, ini drama simpel. Pastinya setiap episode ada makan dan masaknya. Secara kisah percintaan, ya biasa saja sih. Saya team Han Jung Sik sebenarnya, hahaha. Dibanding Let's Eat 3 yang sama-sama ngomongin makanan, saya lebih suka acara makan-makan di Jang Geum, Oh My Grandma

Untuk Han San Hae, dia pintar dalam hal milih restoran. Pas makan siang dia punya banyak rekomendasi resto enak dan nyesuaiin mood kita. Kalau boleh milih, jadi pasangan San Hae memang enggak akan lapar dan pasti doyan makan. Tapi boros Bu Ibu. Mas iya tiap hari makan di luar mulu?! 

Han Jin Mi, spesialis makanan cepat saji. Di luaran memang banyak makanan instan dan Jin Mi bisa membuat berbagi resep makanan enak dengan bahan-bahan tersebut. Kalau saya sih makan makanan instan sekali-kali tak masalah. Kalau keseringan, ya PR juga. 

Han Jung Sik, ini karkter favorit saya karena jago masak. Kan saya sudah lumayan sering bilang kalau saya suka karakter cowok yang main di dapur. Seperti karakter chef Kang di Oh My Ghost atau Ji Soo di Lunch Box. Cara masak Jung Sik cukup meyakinkan. 

Yang cukup menghibur itu karakter Lee Na Young, bosnya Han San Hae yang naksir pula. Tiap episode dia ngikutin karakter drama atau film. Ada juga tuh jadi Elsa Frozen. Semua dandanan mirip. Bagus sih akting Ahjumma ini.


Bagusnya nonton drama ini ya kita jadi bisa lihat resep makanan dan tips masak. Tapi kalau suka romantis, terus terang kisah cintanya juga klise sih. Komedinya, em bolehlah. Drama ini juga secara tidak langsung mengingatkan kita untuk tidak makan sendiri. Karena makan bersama orang tersayang itu membahagiakan. Ngumpul bersama ya enaknya sambil makan-makan. 

Ada yang sudah nonton Drama Korea Dae Jang Geum Is Watching? Kapan kalian terakhir kali makan bersama keluarga? Atau punya acara favorit tentang makan-makan? Share pendapat kalian yuk! 

Sampai jumpa. Happy blogging!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar