Kamis, 06 Desember 2018

# 2018 # Drama Korea

Review Drama Korea Heart Surgeons

Bismillaahirrahmaanirrahiim.... 

Jika kamu adalah seorang dokter, apa yang akan kamu lakukan jika melihat pasien darurat sementara kamu sedang ada operasi juga. Maukah kamu menolongnya terlebih dahulu? 


Anneong hasimnikka! Saya balik lagi review drama medis tapi serius. Padahal saya biasa ambil romcom. Tapi gara-gara bujuk rayu seorang teman yang juga pernah ngajak nonton Familiar Wife, akhirnya saya tonton juga Two Lives One Heart.


Park Tae-Soo, seorang dokter mendapati Ibunya sedang sekarat. Demi menyelamatkannya, dia membawa ke rumah sakit besar yaitu Taesan. Di sana dia bertemu Profesor Choi Seok-Han yang mau menolong Ibunya. Setelah beberapa waktu, Ibu Tae Soo ternyata membutuhkan transplantasi jantung. Dan Tae Soo memutuskan untuk bekerja mengikuti Profesor Choi. 

Profesor Choi Seok-Han adalah ahli bedah Jantung yang 'mengabdikan' diri setelah kematian Putrinya. Dia menolong siapa saja yang membutuhkan penanganan darurat. 

Yoon Soo-Yeon merasa berhutang budi setelah Choi Seok-Han menyelamatkan nyawanya. Dia memutuskan jadi resident di bagian bedah Thoraks. 

Berjalannya waktu, Profesor Choi Seok-Han tak pernah dapat apa-apa. Saat ada kesempatan untuk mewujudkan 'impian'nya, dia 'memanfaatkan' keadaan Yoon Soo-Yeon dan Park Tae-Soo. Apa yang sebenarnya terjadi? 

Drama: Heart Surgeons/Two Lives One Heart
Revised romanization: Hyoongboowegwa: Simjangeul Hoomchin Uisadeul
Hangul: 흉부외과:심장을 훔친 의사들
Director: Jo Young-Gwang
Writer: Choi Soo-Jin, Choi Chang-Hwan
Network: SBS
Episodes: 32
Release Date: September 27 - November 15, 2018
Runtime: Wed. & Thu. 22:00 (35 minutes / 2 episodes per day)
Genre: Medical
Language: Korean
Country: South Korea
Cast:
Go Soo
Uhm Ki-Joon
Seo Ji-Hye
Jung Bo-Suk
Nam Kyoung-Eub
Kim Ye-Won
Jang So-Yeon
Oh Dong-Min
Ahn Nae-Sang
Choi Dae-Hoon
Lee Jae-Won
Jung Hee-Tae
Cha Soon-Bae
Son Kwang-Eop
Park Kyung-Hye
Jung Yoo-Min
Nam Tae-Boo
Jung Hyun-Suk
Hong Ru-Hyun
Lee Duk-Hee
Jo Jae-Yun
Shim Yi-Young
Woo Hyeon
Kim Min-Suk
 

Review Korean Drama Thoracic Surgery

Tadinya saya berpikir cukup nonton drama tema crime yang serius tapi ada komedinya seperti The Player dan Terius Behind Me. Nonton Heart Surgeons sama sekali tidak masuk hitungan karena saya lebih suka drama medis roman komedi seperti Risky Romance. Tapi ternyata ketika nonton 1 episode, saya penasaran.


Jika Good Doctor Jepang drama medis serius yang menangani anak-anak, Thoracic Surgery lebih ke pasien dari berbagai usia yang membutuhkan pembedahan jantung. Alur di drama ini mundur lalu maju sampai saya mikir, em mereka di awal ini memperdebatkan apa ya? Ternyata kembali ke masa lampau dulu di mana awalnya mereka bertemu di Rumah Sakit Taesan. 

Ini dia 3 tokoh utama di Two Lives One Heart:

  • Uhm Ki-Joon as Choi Seok-Han

Pertama saya tahu dia saat di Dream High lalu I'm Not a Robot. Memerankan karakter dokter kelihatan beda banget. Profesor Choi digambarkan sebagai dokter yang baik hati lalu berubah jadi seorang yang ambisius. 

  • Go Soo as Park Tae-Soo

Terus terang saya baru pertama kali lihat aktingnya dan belum punya perbandingan. Satu kata, ganteng padahal sudah Om-om, hahaha. Park Tae Soo, dokter resident yang baik hati. Dia sangat mengidolakan Choi Seok-Han. Meski sudah ditikung, dia masih percaya si Profesor. 

  • Seo Ji-Hye as Yoon Soo-Yeon

Saya suka dia saat main di 49 Days dan Jealousy Incernate. Jadi dokter, Mbak satu ini tetap cantik. Yoon Soo-Yeon digambarkan sebagai gadis yang pantang menyerah dan melawan ketidakadilan. 

Sebenarnya ketiga tokoh ini sama-sama menderita dengan cara masing-masing. Lalu mereka bertahan dan tetap melakukan yang terbaik untuk pasiennya. 

Apakah sama antara Dokter Jantung dan Dokter Bedah Jantung? 

Beda banget meski sama-sama ngurusin jantung. Spesialis Kardiovaskular atau Dokter Jantung tugasnya memberikan resep obat jantung, kateterisasi, pemasangan ring, pemasangan stan dan lainnya. Sementara Spesialis Bedah Thorax tugasnya untuk operasi pembedahan, seperti operasi by pass, transplantasi jantung, pokonya yang bagian buka-buka dada deh dan lebih menangtang. Gampangnya gini, jika ada pasien jantung yang operasi ini tugasnya Bedah Toraks. Setelah itu, saat masa pemulihan yang ngurus ya Dokter Jantung. Mereka saling bekerjasama.


Karena saya sama sekali belum dan semoga tidak pernah masuk ruang operasi, saya tidak tahu siapa saja yang ada di sana. Di drama ini disebutkan ada ahli anastesi, perawat, banyak deh yang bantu saat operasi. Mereka harus siap sedia kapan pun ada keadaan darurat untuk operasi. 

Operasi yang dilakukan lumayan banyak. Ambil jantungnya ada 3 kali lebih. Jantung berhenti lalu mereka lari-lari dan mompa lalu pasang EMCO (Oksigenasi Membran Ekstrakorporeal adalah teknik bantuan hidup sementara untuk membuat pasien hidup ketika jantung dan atau paru-paru berhenti berfungsi) sudah tidak terhitung. Yang paling saya suka sih saat operasi janin yang mengalami penyakit jantung bawaan. Saya pikir bakal ada pembedahan perut. Ternyata tidak. Wah, operasi bisa gitu juga ya!


Sebenarnya apa sih masalah mereka? 

Karena ini rumah sakit besar, ada yang namanya management, mikir juga untung untuk Rumah Sakit. Orang-orang atas mencari cara agar pundi-pundi rupiah datang sementara dokter-dokter ingin menyelamatkan semua pasien tanpa membedakan kelas.


Apa ada cerita cinta di antara mereka? 

Dari awal nonton, saya tidak terlalu yakin soal adanya cinta dan hubungan khusus. Maunya ya ini sama itu bisa bersama. Tapi endingnya malah ada pasangan-pasangan tak terduga. 

Walaupun ini drama serius, beberapa adegan lumayan membuat kita tersenyum, semacam humor satir. Bagian harunya juga lumayan. Yah karakter mereka berkembang cukup baik.


Bagi kalian yang suka drama medis, wajib banget nonton Heart Surgeons. Masih banyak kok dokter yang bekerja dengan hati. Mereka akan berusaha keras untuk memberikan yang terbaik pada pasien. Ada yang nonton drama ini juga? Share pendapat kalian ya! 

Sampai jumpa. Happy blogging!

Sumber gambar:
Asianwiki & https://instagram.com/sbsnow_insta

23 komentar:

  1. Film2 Korea emang keren dan dan ba akto n aktrisnya yang ganteng dan cantik. Jarang sih nonton Drakor tp ngefens sm Siwon dari bang SuJu, hehe..

    BalasHapus
  2. Belum pernah nonton ini Ji. Tapi, aku masukkin list dah soale udah lamaaa bangeeet gak nonton drakor. Aku suka drama medis gini :D kapan-kapan mau tak ubek dah tulisan drakormu biar ada tambahan referensi lagi heheheh

    BalasHapus
  3. drama baru ya ini?
    wah, tentang medis2 gini lagi.. ku suka banget.

    siap2 begadang nanti malem ;)

    BalasHapus
  4. Udah lamaaaa banget gak nonton dramaaa Korea saiyah, hihi. Tapi kayaknya ini menarik ya Mbak. :)

    BalasHapus
  5. Belum pernah nonton drama ini..

    BalasHapus
  6. Nah kalo Good Doctor JeoanJ aku nonton Ji. Kalo ini sebagus GD, aku bakal nonton deh

    BalasHapus
  7. Menarik nih... Bisa nambah wawasan jg ya

    BalasHapus
  8. Edukasinya bagus yah mbak ji. Tapi saya belum jd penontom drakor. Takut kecanduan hahaha

    BalasHapus
  9. jadi jawabannya apa ya mba siapa yang ditolong duluan hahahaha aku penasaran kalau ada film dokter2an begini :)

    BalasHapus
  10. Baca review ini jd inget serial Grey Anatomi..drama dokter ala amrik yg sudah season ke sekian belas. Sy belum pernah nonton nih drama medis ala korea

    BalasHapus
  11. Kalau Drakor tuh nambah pengetahuan ya soalnya bener detail di dalam cerita, kalau dokter ya ceritanya seluk beluk dokter bukan tempelan aja


    BalasHapus
  12. Sepertinya seru. Tadi ngeliat judulnya kirain bakal gadis yang transpalasi jantung, terus hatinya dan perasaannya jadi milik si empunya jantung. Ternyata beda ya. Hahaha...

    BalasHapus
  13. Kok aku langsung berdebar-debar wkwkwk gegara setingan dan kisahnya tentang kesehatan, yang pasti berhubungan dengan darah. Tapi penasaran buat nontonnya.

    BalasHapus
  14. Seperti nya seru nih buat ditonton.cari waktu dulu he he e.. Jadi inget yang good doctor. Keknya film medis kek gini lagi banyak yaa

    BalasHapus
  15. Duhhh maap, dunia per-korea-an aku hanya tau Tayo, Robocar Poli, Legend Hero dll karena tontonan favorit anakku banget. Aku nonton Legend Hero aja bisa berdebar2 liat wajah tampannya Si Polisi Cool yg entah namanya siapa hahahhaha

    Klo nonton drakor banyak yg lebih bikin berdebar2 lagi kali yaaa

    BalasHapus
  16. Ooo kukira dokter jantung itu juga yang bisa membedah jantung, ternyata gak ya.
    Aku salut sama drama2 ttg dokter2 gini. Digarapnya pasti pakai semacam penasihat supaya gak ngawur adegannya ya :D

    BalasHapus
  17. Saya sudah tobat sih dari nonton drakor. Soalnya bikin nyandu kayak obat terlarang. Hehe.

    BalasHapus
  18. Film korea adalah my favorit loh mbk...ceritany asyik banget

    BalasHapus
  19. Drama baru yaa, sepertinya seru nih. Apalagi mengisahkan seorang dokter..

    BalasHapus
  20. Kami sering bnget loh mbk nnton drama korea...pokokny seru banget deh

    BalasHapus
  21. Ide ceritanya oke juga ya Jiah. Aku langsung mbayangin pasien yg kemudian jatuh cinta ke dokternya hahahaa...soalnya klo yg detil medisnya udah pasti ga mudeng. Yg ditunggu2 ya bagian romantisnya aja.

    BalasHapus
  22. kepikir beri rekomendasi film ini buat sodara yang dokter spesialis jantung. Intriknya mirip-mirip kali yaa

    BalasHapus