Explore the blog
Selasa, 04 Februari 2020

Review Drama China Love The Way You Are

Bismillaahirrrahmaanirrahiim....

Kamu pernah kena body shaming sampai bikin down? Dikatain apa? Gemuk? Enggak cantik? Hitam?

Nǐ hǎo! Yang namanya ngatain itu enggak banget ya! Jika luka fisik, beberapa waktu akan hilang. Tapi luka batin, asli bakal dibawa sampai mati meski telah memaafkan. Begitu juga yang dialami oleh Zhen Yuan Yuan.



Zhen Yuan Yuan adalah gadis gemuk yang jatuh cinta pada Ruan Dong Shen temannya di SMA. Suatu ketika, surat cinta yang dikirimkannya ketahuan dan dia menanggung malu karena dicibir banyak siswa. Akibatnya Zhen Yuan Yuan memutuskan untuk pindah sekolah. Mengobati luka hati dan ejekan orang tentang fisiknya, selama 10 tahun Zhen Yuan Yuan diet ketat sampai punya tubuh yang ramping. Kini Yuan Yuan menjadi super model dengan nama panggung Eva.

Sementara itu, Ruan Dong Shen kini telah menjadi pengusaha dan koki yang sukses. Eva tanpa sengaja bertemu dengannya tapi Ruan Dong Shen tidak menyadari siapa dia sebenarnya. Eva terus menghidar karena teringat masa lalu, tapi Ruan Dong Shen justru mengajaknya bekerja sama sebagai Duta merek usahanya.


Saat bersama Ruan Dong Shen, sebuah kecerobohan terjadi dan Eva kembali ke tubuh Zhen Yuan Yuan yang gemuk. Ruan Dong Shen mencoba mencari tahu tentang itu. Eva sendiri bersiap dengan berbagai macam skenario untuk mengelabuhi Ruan Dong Shen. Lalu, apa yang akan terjadi selanjutnya? Kenapa Eva bisa gemuk lagi?

Title: Love The Way You Are
Native Title: 身为一个胖子
Also Known As: Shen wei yi ge pang zi
Genres: Food, Comedy, Romance
Tags: Beauty Standards, Neighbours, Chef, First Love, Body Transformation, Overcoming Prejudice, Ageusia, Eating Disorder, Secondary Couple, Modeling
Country: China
Type: Drama
Episodes: 24
Aired: Dec 18, 2019 - Jan 15, 2020
Aired On: Wednesday, Thursday
Original Network: Mango TV
Production Company: Mango Entertainment, Linekong Pictures
Duration: 45 min
Director: Xu Peishan
Screenwriter: Xing Yiran
Cast:
Judy Qi as Zhen Yuan Yuan/Eva
Derek Chang as Ruan Dong Shen
Ma Meng Wei as Luo Yi Ren
Qiu Bai Hao as Xiao Nan
Zhang Hao Jin as Rebecca
Xiao Ran as Ni Hao

Review Chinese Drama Shen Wei Yi Ge Pang Zi


Akhirnya saya kelar nonton drama China Love The Way You Are dan mengulasnya. Habisnya drama ini lumayan sering masuk di pencarian kata kunci blog Gorilla Girl and Rawr. Kan kasihan karena mereka enggak nemu jawaban! Padahal di awal-awal kemunculan, saya belum ada niat nonton karena terlalu banyak ngikutin drama Korea, hahaha.


Ketika judul drama ini muncul di IG Drama yang saya ikuti, saya sempat mikir mungkin ini remake dari film China Love The Way You Are. Lalu lihat cast dan sinopsisnya, eh ternyata bukan. Drama ini diadaptasi dari novel Just for Meeting You (我与世界只差一个你) karya Haochen Zhang. Jadi sama sekali berbeda dan tidak ada hubungan antara drama dan film meskipun punya judul yang sama.

Ceritanya Zhen Yuan Yuan ini sudah cantik jelita dan menjadi sosok bernama Eva. Dalam masa sulitnya, Eva selalu dibantu oleh Xiao Nan yang kini jadi managernya. Tanpa sengaja, Eva ketemu Ruan Dong Shen akibat dirinya yang berhalusinasi karena kelaparan. Sampai-sampai Eva tuh gigit pipinya Ruan Dong Shen. Bikin ngakak banget!


Mau menghindar, Luo Yi Ren yang merupakan manager Ruan Dong Shen menyarankan agar bosnya merekrut Eva. Eva yang super model sangat ketat soal makanan. Jadi perusahaan Ruan Dong Shen menawarkan kerja sama untuk mengatur pola makan yang baik bagi Eva. Awalnya Eva menolak. Tapi karena Ruan Dong Shen tidak menyadari siapa dia sebenarnya, akhirnya Eva mau saja.

Masalah muncul saat tanpa sengaja Eva jadi Zhen Yuan Yuan karena minum alkohol dan saat itu dia bersama Ruan Dong Shen. Ternyata Ruan Dong Shen selama ini mencari keberadaan Zhen Yuan Yuan untuk meluruskan kesalahpahaman di masa lalu. Akhirnya Ruan Dong Shen mulai curiga bahwa Eva adalah Zhen Yuan Yuan. Dan misi untuk membuktikan kebenaran dimulai!


Pertanyaan jelas muncul dong kenapa tubuh Eva yang langsing bisa jadi Zhen Yuan Yuan yang gemuk? Apakah dia terkena penyakit misterius seperti yang dialami Han Se Gye The Beauty Inside?

Ternyata nih karena diet super ketatnya, Eva mengalami penyakit Manusia Balon jika makan melebihi batas kalori yang ditentukan. Saya tidak tahu apa penyakit ini ada betulan. Tapi dari hasil searching, ada penyakit langka yang mengakibatkan tubuh seseorang tiba-tiba menggelembung seperti balon. Bedanya, Eva ini akan kurus kembali setelah olahraga dan diet lagi.


Karena Ruan Dong Shen curiga dengan Eva, akhirnya dia memutuskan untuk menjadi tetangga apartemen. Ruan Dong Shen juga menyiapkan makanan untuk Eva. Anehnya, apa pun makanan yang Ruan Dong Shen buat, Eva tidak berubah gemuk. Makanya Eva senang betul karena tidak bisa membuktikan kecurigaan Ruan Dong Shen. Mereka mulai kucing-kucingan deh, tarik ulur. Eva yang kembali tertarik dengan Ruan Dong Shen tapi masih terbayang-bayang dirinya yang dulu. Sementara Ruan Dong Shen tetap berusaha mencari Zhen Yuan Yuan karena sebenarnya sudah jatuh hati pada gadis itu sejak lama.

Cara terbaik untuk menghilangkan kebencian adalah dengan tidak membuatnya melupakan. Buat dia mengingat semua perasaan baik dalam dirinya

Sekilas drama ini mengingatkan saya akan sinetron Indonesia berjudul Big is Beautiful yang tayang awal tahun 2000-an. Pemerannya sendiri ada Marissa Jeffryna untuk versi langsing dan Tania Hardjosubroto untuk versi gemuk. Tapi di drama Love The Way You Are, Judy Qi memainkan Zhen Yuan Yuan dan Eva. Yap, satu orang dalam dua versi. Make up dan tubuh gemuknya itu bagus. Sampai tangan dan kaki juga terlihat gemuk betulan lho, bukan badannya saja. Saya lihat dari video behind the scene, ada sarung tangan khusus gitu.

Jadi, Drama Shen Wei Yi Ge Pang Zi hanya soal kejar-kejaran antara Ruan Dong Shen dan Eva?


Ya enggak itu saja dong! Bagian ujian keduanya tuh soal kedatangan Rebecca, super model senior Eva yang juga naksir Ruan Dong Shen sejak lama. Dia juga tahu penyakit yang diderita Eva sampai mencari cara agar bisa membongkarnya di depan umum. Kemudian, soal Ibunya Ruan Dong Shen yang ingin mengatur kehidupan anak semata wayangnya.


Kasusnya Ruan Dong Shen sendiri adalah dia itu koki tapi kehilangan indra penciuman juga perasa. Makanya dia membuat makanan dalam bentuk cairan. Itulah kenapa para Chef selalu mengatakan bahwa masak itu pakai otak. Dan karena dia pengusaha terkenal, jelas ada musuh-musuh yang siap menghancurkan dengan membuka kekurangannya. Tapi sejak ada Eva, perlahan indra perasa Ruan Dong Shen mulai kembali.


Nonton drama China Love The Way You Are itu menghibur sekali. Kisah cinta yang bikin hahahihi dan senyum sendiri. Lucu pastinya. Tapi juga syarat akan makna. Di awal saya pikir cerita akan klise seperti drama lain di mana pemeran prianya jatuh hati pada si wanita yang sudah cantik. Ternyata Ruan Dong Shen suka Zhen Yuan Yuan yang apa adanya. Masalah terbesarnya terletak pada sosok Eva yang selalu meyakini bahwa yang namanya cantik adalah langsing, putih dan tanpa lemak. Jadi PR besarnya adalah Eva yang harus menghadapi ketakutan dan mencintai dirinya sendiri.


Kita terbiasa dengan standar kecantikan. Padahal cantik itu luas banget. Bukan soal fisik saja, tapi dari hati juga. Cantik adalah bagaimana kita membebaskan diri untuk berekspresi, menunjukkan kemampuan yang kita miliki apa pun bentuknya.

Keindahan sejati bukan berapa banyak uang yang kamu miliki atau seberapa banyak kemuliaan yang kamu miliki di kepalamu. Itu datang dari hatimu, pernyataan sendiri dan disengaja. Sepertinya kamu tidak memperhatikan apa yang dipikirkan orang lain, ikuti saja pikiranmu, bebaslah untuk hidup

Selain soal melihat kecantikan dengan mencintai diri sendiri, dari Chef Ruan Dong Shen mengingatkan kita bahwa meskipun model itu harus menjaga berat badan, tetap tidak boleh menyiksa diri. Tiap tubuh itu punya kondisi dan kebutuhan yang berbeda. Jadi wajib banget mengatur pola makan tanpa membuat kita kekurangan nutrisi. Mungkin sudah saatnya Ruan Dong Shen bersaing dengan Chef Kdrama lain seperti Chef Kang Oh My Ghost, Chef Han Dae Jang Geum is Watching, Pak Kim Your House Helper, Yong Lunch Box atau Choi Go Best Chicken.


Selain kisah cinta Ruan Dong Shen dan Eva, ada second couple yang bikin kita ikut berbunga. Ada Luo Yi Ren dan Xiao Nan. Awalnya saling cuek apalagi Yi Ren yang mandiri. Xiao Nan ini kaya annoying gitu. Jadi kalau couple pertama bertengkar, mereka berdua yang paling susah. Hubungan yang cukup mengisi kisah di Drama Shen Wei Yi Ge Pang Zi.

Meski Love The Way You Are ada kisah zaman sekolahnya, tapi hanya sebagaian kecil yang ditunjukkan. Jadi tidak seperti drama China Youth, A Love So Beautiful, atau Le Coup de Foudre yang memperlihatkan kisah cinta remaja. Ini tentang mereka yang sama-sama dewasa dan juga pekerjaan dan mimpi mereka.


Karena ini pertama kalinya saya melihat akting mereka, kata saya sih cukup oke. Kemistri mereka semua bagus. Bonusnya lagi mereka ini cantik dan ganteng. Sangat memanjakan mata. Meski ada adegan perubahan tubuh, cukup masuk akal. Jadi lagi-lagi teringat The Beauty Inside. Oh iya, fashion mereka bagus, terutama Eva dan Rebecca tentunya karena keduanya adalah model.

Sekarang, selesaikan masalah dirimu di masa lalu. Mari kita mulai hidup baru yang lebih bahagia dengan mencintai diri kita yang apa adanya

Kalian sendiri sudah ada yang nonton drama China Love The Way You Are belum? Bagi pecinta romcom dan suka drama China, wajib banget nonton ini. Enggak bakal rugi deh! Share pendapat juga kalian tentang mencintai apa adanya. Sampai jumpa. Happy blogging!

Sumber gambar:
Mydramalist, chinesedrama.info, cdramalove.com

Whould you like to comment?

  1. Ini message-nya mirip bgt dgn film IMPERFECT ya.
    Iya siih, aku setuju banget, jangan sampai kita didikte dgn terminologi cantik yg harus kurussss, langsing, gitu. Trus kita menyiksa diri sendiri dgn diet mati2an :)))

    BalasHapus
  2. Kenapa ya body shaming itu lekat sama yang bertubuh gemuk? Padahal si kurus juga kerap jadi sasaran lho.

    Saya aja dulu dikatain kurus sama guru dan teman SD. Sampe mereka tanya, "Kamu sakit?"

    Iyaaa...

    Sakit hati...

    Hahaha...

    BalasHapus
  3. Banyak bangeet pelajaran penting dari dramanyaaa... aku masih belum punya waktu dan kesabaran untuk nonton drakor hehehe

    BalasHapus
  4. kasiann juga ya kalo sampe pindah sekolah gara2 body shaming. film ini jd pelajaran buat kita utk hati2 kalo bicara.

    btw, ceritanya mirip sama novel teenlit yg pernah ku baca. tapi lupa judulnya apa.. hehe

    BalasHapus
  5. Duh, udah lama banget gak ngikutin chinese drama!
    kayaknya harus mulai diintipin nih, lagi butuh yang receh-receh, lagi stres ngelihat kelakuan Kapten Ri soalnya hehehe

    BalasHapus
  6. kalo aku kesel dulu dikatain idungnya gede ky mau meledak, wkwkwk, bener2 deh ngejek fisik itu kejam bnget, bahkan kmrn di tv ada yang bunuh temen sendiri krena suka ngejek gemuk

    BalasHapus
  7. kasian ya dibully sampe pindah sekolah, banyak nilai positif yang dapat diambil dari film ini

    BalasHapus
  8. Saya belum pernah nonton, mba Jiah.
    Saya dari dulu kurus, dipanggil si kurus, kaki meja, dan banyak lainnya.
    Tapi kalau dikatain tentang itu sy nyantai aja, krn memang badannya memang begitu.
    Sy akan merasa di bully kalau disangkut pautkan dgn orangtua, itu sangat bikin gondok.

    Btw kalau nonton drama cinta seperti ini membuat yg nonton ikutan berbunga2 jg ya.

    BalasHapus
  9. Dulu waktu kecil sering banget dapat body shamming. Maklum tubuh agak sedikit berisi namun perawakan tubuh tidak terlalu tinggi. Jadi dobel deh :)

    BalasHapus
  10. Aku belum pernah lihat drama China. Tapi kalau film bioskopnya udah banyak lah. Kayaknya industri layar kaca mereka bangkit juga ya seperti korea.

    BalasHapus
  11. Bullying verbal memang suka nancep banget sampai ke hati. Saya pun setuju tentang diet. Jangan memaksakan diri, apalagi sampai menyiksa. Udha gak dapat nanti tujuannya

    BalasHapus
  12. Wah pengen lihat juga nih. Happy ending kan ya? Hihi...nyari bocoran dulu ji..hehe..

    BalasHapus
  13. Pasti cerita ini gak hanya terjadi di dlm film saja, banyak lho yg ngalamin body shaming di sekolah

    BalasHapus
  14. Cinta.. mencintai apa adanya memang ideal ya, tapi kadang hidup banyak aja godaannya.. dan kembali pada diri masing masing, mau mengikuti nafsu apa mencintai diri sendiri dan selalu menjaga diri sendiri agar nampak terlihat menarik sehingga disukai banyak orang ya.. sip pan kapan aku mau nonton drama china ini juga ahhh

    BalasHapus
  15. Drama cina dan korea, hampir mirip ya wajah pemainnya. Kalau sudah asik ngikuti cerita drama begini mungkin kayak aku yang hobi nonton film india ya.

    BalasHapus
  16. Banyak sekali yang dipetik dari drama ini mbak, btw kalau mencintai apa adanya itu memberi sesuatu dengan tulus dan senang banget melihat pasangan bahagia.

    BalasHapus
  17. Suka sama quote2 nya. Terutama yang "Cara terbaik untuk menghilangkan kebencian adalah dengan tidak membuatnya melupakan. Buat dia mengingat semua perasaan baik dalam dirinya." Meleleh

    BalasHapus
  18. Lha penyakit apaan tu, kok dari kurus bisa menggemuk lagi hehe. Ini dramanya ada semi komedinya gtu ya kyknya.
    Jadi endingnya nanti gmn? Ngarepnya sih yang cowok menerima si cewek apa adanya :D

    BalasHapus
  19. Ini drama komedi ya kayaknya. Bagus nih buat hiburan para emak. Hehehe

    BalasHapus
  20. Duuh kenapa juga si cowok itu nggak dari dulu bilang ke Eva kalau dia juga suka walaupun dia gemuk. Love the way you are gitu apa adanya. Jadi gemes. haha.

    BalasHapus
  21. Drama china trakhir yg aku tonton itu out your head on my shoulder. Dan itu cute bangettt


    Akkkkk mau ntn ini jugaaaaaa

    BalasHapus
  22. Pesannya penting bgt tuh mbak, terutama buat org Korea sendiri ya, supaya ga banyak artisnya yg stres atau bunuh diri krn body shaming juga, hiks. Soalnya jd panutan anak muda sekarang juga, termasuk Indo.

    BalasHapus

Tinggalkan jejakmu di sini, Teman