Explore the blog
Sabtu, 01 Februari 2020

Review Film Korea Little Forest

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Apa yang kamu lakukan di desa? Seperti orang tua saja!

Annyeong hasimnikka! Jika kalian dapat pernyataan seperti dia atas, enaknya dijawab apa ya? Kalau saya akan balik nanya, memang apa salahnya tinggal di desa? #JiwaAnakKampungBergejolak



Ketika lulus SMA, Hye Won memutuskan untuk melanjutkan sekolahnya di kota. Kini hiruk pikuk kota begitu menyesakkan dan Hye Won pun memutuskan untuk pulang ke kampung halamannya. Ketika ditanya kenapa pulang? Hye Won hanya mengatakan bahwa dia lapar.

Karena rasa lapar itu, Hye Won mulai memasak bahkan bertani. Dia juga kembali bertemu teman-teman masa kecilnya. Musim terus berganti. Hye Won menikmati saat-saat penyembuhan emosi. Sebenarnya apa yang dia cari?


Movie: Little Forest
Revised romanization: Liteul Poreseuteu
Hangul: 리틀 포레스트
Director: Yim Soonrye
Writer: Daisuke Igarashi (manga), Hwang Sung-Goo
Producer: Ku Jung-A, Shin Bum-Soo
Cinematographer: Lee Seung-Hoon
Release Date: February 28, 2018
Runtime: 103 min.
Genre: Food/Mother & Daughter
Distributor: Megabox Plus M
Language: Korean
Country: South Korea
Cast:
Kim Tae-Ri as Hye-Won
Ryoo Joon-Yeol as Jae-Ha
Moon So-Ri as Hye-Won’s mother
Jin Ki-Joo as Eun-Sook
Park Won-Sang - mailman
Jung Joon-Won - Hoon-Yi
Jeon Sang-Jin - employee of National Agricultural Cooperative Federation
Ok Su-Boon - employee of National Agricultural Cooperative Federation
Jeon Guk-Hyang - Bok-Soon's aunt
Hong Sung-Duk - convenience store drunk guy

Review Korean Movie Little Forest


Akhir tahun kemarin saya sedang mencari film bertema makanan atau masakan dan ketemu Little Forest. Film ini berdasarkan seri manga populer "Little Forest" yang ditulis & diilustrasikan oleh Daisuke Igarashi dan diterbitkan dalam Monthly Afternoon dari Desember, 2002 - Juli, 2005. Untuk settingnya sendiri ada di sebuah desa di Provinsi Gyeongsang Utara, Korea Selatan. Sebelumnya, untuk masak-masak yang karaktenya Chef perempuan saya sudah menonton Pangako Sa 'Yo, My Secret Romance dan juga Witch's Love.



Nah kembali ke film. Hye Won ini akhirnya tinggal di desa dan sendirian. Ibunya pergi meninggalkannya dan belum kembali. Rasa lapar dan luka emosi melingkupinya. Tapi setelah pulang ke desa, memasak dan bercocok tanam, dia berusaha menyembuhkan luka di dirinya. Dia juga mengingat masa kecil saat masak bersama Ibunya.


Kalau biasanya nonton film diberikan konflik yang bikin mewek dan patah hati, di Little Forest masalah yang ditunjukkan adalah kondisi jiwa yang sesak. Hye Won digambarkan telah mengikuti ujian tapi dia belum lolos. Padahal di kota dia sudah berjuang keras, makan seadanya bahkan tidak menikmatinya. Makanya dia pulang karena lapar dan rindu makan yang sebenarnya.


Karena ini film self healing, kita akan benar-benar merasa tenang saat menonton Little Forest. Suguhan pemandangan desa dan berbagai macam musim di Korea. Adegan berkebun, cocok tanam juga. Lalu masak-masakannya yang dijamin bikin ngiler. Tiap masakaan juga punya cerita sendiri. Lalu persahabatannya juga simpel banget. Mereka berkumpul, hahahihi sambil makan. Duh, menyenangkan sekali! Secara tidak langsung, kita jadi ikut terapi jiwa dan berdamai dengan keadaan.


Orang bilang ada rumah untuk tinggal dan ada juga yang untuk pulang. Untuk sekarang, saya merasa bahwa di desa adalah tempat saya tinggal juga pulang. Saya lebih merasa damai dengan keadaan yang ada. Saya membayangkan betapa ribetnya hidup di kota. Mau mepes ikan, daun pisangnya biasa ambil di belakang rumah. Kalau tinggal di kota apa-apa harus beli. Di desa punya tanah lapang buat bercocok tanam. Di kota adanya kontrakan dengan lahan terbatas. Duh!


Bukan berarti saya tidak suka orang yang tinggal di kota ya. Ini tentang saya yang terbiasa dengan kemudahan dan kenyamanan di desa. Meski tak ada bioskop, mall, atau hal mewah lainnya, tetap kalau lama tidak pulang, saya rindu untuk kembali ke desa. Rindu suara jangkrik atau hewan kecil yang ada di belakang rumah.


Ini pertama kalinya saya lihat akting Kim Tae Ri dan Ryu Jun Yeol. Jadi saya tidak banyak komentar. Untuk Jin Ki Joo, terakhir saya melihatnya di drama The Secret Life of My Secretary. Di Little Forest karakternya seperti saat dia bermain di webdrama Wednesday 3.30 PM.


Jadi intinya film Little Forest ini apa?


Kalau kamu pusing dan sesak dengan kehidupan perkotaan, mari piknik ke desa dengan suasana alamnya yang masih asri. Coba juga makan di sana. Rasakan suasana yang nyaman, semilir angin, gemericik air sungai. Percaya deh. Makan di dekat persawahan atau sungai itu adem banget, bikin tenang juga.


Kalian sendiri ada yang sudah nonton film Little Forest? Atau self healing versi kalian itu seperti apa? Share pendapat kalian ya! Sampai jumpa. Happy blogging!

Sumber gambar: Hancinema

Would you like to comment?