Selasa, 12 Februari 2019

# 2019 # Bisnis

Belajar Membuka Bisnis dari Drama Korea Best Chicken

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Pernah berpikir untuk resign dari pekerjaan mapanmu dan memulai bisnis baru? Yakin kamu bisa?

Annyeong hasimnikka! Di dunia ini banyak sekali hal yang bisa dibisniskan kalau mau ya. Dari mulai kelas Teri sampai kelas Kakap pun ada. Tapi saya ingat bahwa bisnis yang tak ada matinya itu yang berhubungan dengan kebutuhan primer manusia sebut saja: Sandang, Pangan, dan Papan. Kalau sekarang mungkin ditambah Pendidikan.

Zaman jigeum, orang pada suka wisata kuliner. Mau apa pun, rasanya kurang afdol jika tidak makan-makan. Ini juga yang dirasakan Park Choi Go.


Park Choi Go, seorang pria muda memutuskan berhenti dari pekerjaannya di sebuah perusahaan besar. Kemudian dia mencari tempat untuk membuka restoran ayam. Saat melihat sauna milik kakek Bo A. Choi Go suka lokasi pemandian untuk restoran ayamnya dan menandatangani kontrak sewa tempat. Kakek Bo A juga menawarkan diskon sewa bulanan jika ia mempekerjakan Bo A di restorannya nanti.


Sementara Seo Bo A seorang gadis muda yang ingin jadi penulis webtoon. Sayangnya, karyanya dicuri oleh Seniornya dan menyebabkan Bo A mengurung diri. Bo A mengelola pemandian milik kakeknya, dan juga tinggal di lantai dua pemandian itu. Dia tidak bergaul dengan orang-orang di luar 3 temannya. Pemandian adalah tempat yang sempurna baginya untuk mengasingkan diri dari masyarakat.


Ketika Park Choi Go mulai merenovasi untuk restorannya, Bo A melakukan penolakan keras. Dia tak ingin pergi, tapi tak punya pilihan lain. Kini Bo A memutuskan untuk bekerja dengan Choi Go dengan tujuan mengacaukan restorannya? Apa yang akan terjadi selanjutnya?

Drama: Best Chicken
Revised romanization: Choigoui Chikin
Hangul: 최고의 치킨
Director: Lee Seung-Hoon
Writer: Park Chan-Young
Genre: Comedy, Romance
Network: MBN, Dramax
Episodes: 12
Release Date: January 2, 2019 -February 7, 2019
Runtime: Weds. & Thurs. 23:00
Language: Korean
Country: South Korea
Cast:
Park Sun-Ho
Kim So-Hye
Joo Woo-Jae
Lee Seung-Hyub
Myung Gye-Nam
Kim Seo-Ra
Son Min-Ji
Jun Sung-Hwan
Yoo Moon-Chi
Jo A-Young
Hong Soon-Chang
Yang Hong-Seok
An Young-Chae
Na Jong-Chan

Review Korean Drama Best Chicken



Drama MBN itu biasanya simpel dan cukup bagus. Memang tidak sepopuler tv kabel semacam tvN atau JTBC. Secara cerita, Best Chicken ini cukup oke dengan mengambil alur maju, dan flashback sedikit dari cerita lalu. Para pemainnya juga bolehlah.

Seperti yang saya tulis di atas, ceritanya nih si Bo A berencana membangkrutkan Choi Go. Berbagai macam hal dilakukan dan semua berujung sebaliknya. Restoran Choi Go malah ramai. Makin pusing deh cewek satu itu.


Alasan Choi Go sendiri saat buka usaha itu karena dia suka ayam goreng kaya Upin dan Ipin. Ayam Goreng sedap nyam-nyam-nyam! Walaupun di awal semua itu karena mantan pacarnya. Tapi akhirnya dia sadar bahwa dia sangat menikmati saat-saat jualan ayam. Dan ketika orang-orang merasakan kepuasan saat makan, itu jadi kebahagiaan tersendiri.

Cinta Pertama hanyalah pertama kalinya mencintai, tak lebih. Bukan hanya karena dia cinta pertamaku. Yang istimewa, dia membuatku menjadi diriku yang sekarang

Sebulan ini sejak nonton Drama Best Chicken, saya belajar banyak hal tentang memulai suatu bisnis, terutama makanan. Ada 8 Catatan untuk Mewujudkan Mimpi Membuka Usaha:



1. Tentukan Bisnis yang Akan Dibuka
Nah penting banget untuk kita tahu apa yang akan kita jadikan usaha. Bidang makanan, pakaian, atau mungkin jasa. maunya kita ini ambil bisnis karena passion atau menyesuaikan peluang yang ada karena sedang viral. Di drama ini, Choi Go milih Ayam Goreng. Kalau saya buka bisnis, kemungkinan juga akan pilih makanan karena saya suka makan, hahaha.

2. Cari Tempat Usaha
Kalau sudah fix mau usaha apa, penting banget untuk kita cari tempatnya. Kalau makanan, maunya di warung atau pakai gerobak dan dijajakan di tempat tertentu misal pinggir jalan atau pasar. Kalau restoran, tempatnya pun kalau bisa yang strategis depan jalan raya atau minimal mudah dicari. Jangan lupa catat juga bangunan itu sewa atau lainnya. Dan ajukan perijinan secara resmi.

3. Perlengkapan dan Bahan
Siapkan perlengkapan dan bahan untuk jualan. Kalau Choi Go karena jual Ayam Goreng, bahan yang diperlukan itu Ayam, Tepung, Bumbu lain-lain, Minyak, Sayur juga. Makan Ayam harus sama minum, jadi jual minuman juga. Kalau di Indonesia mungkin sama Es Teh, Es Jeruk, atau cola.

Untuk perlengkapannya, ada perlengkapan masak, alat penggoreng dan piring saji. Yang jelas masak Ayam Goreng tidak pakai wajan bulet ya. Pakainya penggorengan yang persegi itu lho, Deep Fryer.


Makanya penting untuk kita mencari distributor online untuk menyuplai bahan-bahan yang kita butuhkan. Di Indonesia sendiri ada Ralali.com, tempat belanja grosir online, beragam kebutuhan usaha secara mudah dari berbagai Supplier terpercaya.

Berbelanja kebutuhan usaha di Ralali.com itu penjualnya banyak, jadi kita bebas pilih. Pakainya harga grosir yang cocok untuk pengecer. Ada diskon dan promonya juga. Pastinya pembayannya aman juga terpercaya.


Cara belanjanya juga mudah. Kita tinggal search di kotak pencarian. Pilih dan lihat barang yang diinginkan. Nanti ada harga grosir lalu harga dari Suppliernya. Kalau cocok langsung chat Penjual atau bisa juga mengajukan penawaran. Jika sudah deal, baru menuju proses pembayaran.

4. Inovasi untuk Menarik Pelanggan
Kalau jual semacam buku, kosmetik, kebanyakan pilih genre atau main warna. Tapi jual makanan, butuh banget yang namanya inovasi untuk membedakan punya kita dan orang lain. Semua orang bisa menggoreng Ayam, tapi belum tentu ayamnya enak. Ada beberapa hal yang Choi Go lakukan:


  • Beli ayam utuh dan dipotong sendiri
  • Bumbu dalam tepung diracik sendiri
  • Campuran minyak goreng dan batasan untuk menggantinya
  • Ada Teknik tertentu untuk menggoreng ayam
  • Toping dan bumbu lainnya


5. Sistem dan Konsep Penjualan
Catatan lain yang harus diperhatikan adalah sistem dan juga konsep penjualan. Kita maunya usaha offline, online atau keduanya. Semua harus jelas karena berhubungan dengan pengantarannya. Lalu konsep penjualan, ini kalau ini lebih ke tempatnya Choi Go. Warungnya sauna ayam. Ini termasuk unik, instagramable. Atau yang dipakai Chef Andrew Kang, Blind Restaurants, makan gelap-gelapan. Ini pernah jadi salah satu adegan di drama Dae Jang Geum Oh Grandma, tapi jika seperti ini harus hebat di kualitas rasa masakannya. Kalau online pun, harus berpikir kemasan produknya juga biar sedap dipandang mata.


6. Asisten dan Pegawai
Asisten dan pegawai ini ditentukan di mana kita jualan. Kalau restoran, tentunya kita tidak bisa kerja sendiri. Butuh pegawai untuk meringankan.

7. Promosi
Poster viral

Kalau semua sudah siap dibuka, saatnya promosi. Dulu kita iklan dengan SMS atau radio. Sekarang karena zaman sudah serba online, kita bisa memanfaatkan sosial media. Choi Go sendiri awalnya pakai selebaran yang kemudian diganti gambarnya sama Bo A dan viral. Kalau punya dana lebih, bisa dibagikan sampel gratis atau endorse.

8. Siapkan Mental
Kita sudah menyiapkan segala hal, tapi ada yang namanya human error. Makanya perlu banget untuk kita menyiapkan mental. Choi Go sendiri punya banyak kesulitan seperti:

Team Pembuat Bangkrut

  • Bo A yang berniat membuatnya Bangkrut dengan berbagai cara
  • Pesaing Bisnis yang adalah Ibunya sendiri
  • Penangguhan Perijinan
  • Tempat usaha yang akan digusur
  • Kerugian karena satu dan lain hal
  • Keberhasilan juga perlu kesiapan mental lho. Kalau usahanya sukses, jangan berhenti untuk berinovasi dan tetap rendah hati

Akhirnya aku tersadar bahwa kebahagiaan singkat sebenarnya adalah hukuman yang menyamar

Duh Ji, mau bisnis kok banyak betul catatannya! Kenapa tidak dilakukan sambil jalan saja sih?

Ada beberapa orang yang melakukan usaha dengan modal nekat. Ada yang berhasil, tapi tak jarang mereka tutup dengan begitu cepat. Makanya kita butuh pengetahuan dari apa yang akan kita jadikan usaha serta berbagai macam persiapan. Namanya usaha kan maunya untung, minimal balik modal.

Seperti Choi Go yang tak putus asa, membangun usaha di era digital saat ini lebih mudah kok. Tetap kejar resolusi usahamu dan jangan lupa berdoa. Jika sudah mulai jalan, jangan lupa membuat perijinan barang atau mengajukan hak paten.

Selain ilmu memulai bisnis, Drama Korea Best Chicken juga memperlihatkan kesetiakawanan. Memang yang dilakukan Bo A dan teman-temannya itu kurang baik, tapi akhirnya mereka sadar dan malah saling membantu.


Ada kisah cintanya?

Oh tenang saja! Kisah cinta mereka simpel tapi lumayan bikin kita tersenyum. Yang pasti lebih banyak ngomongin usahanya dan ketidakputusasaan mereka dalam mewujudkan mimpi.

Saya belajar banyak hal dari Best Chicken ini. Mungkin usaha Pemandian Ayamnya Choi Go tidak sekeren Restoran Pasta milik Chef Kang Sun Woo atau Kafenya Oh Soo, tapi justru makanan seperti ayam itu diterima semua kalangan. Iya kan?


Selanjutnya, beberapa waktu berlalu dan musim semi datang. Musim semi itu, dia berada di tempat yang selalu dia tuju, terus berjuang menuju mimpinya. Musim semi itu, dia meninggalkan sarangnya, menuju ke dunia nyata. Musim semi itu, tumbuh pengertian dalam dirinya.

Dan dua orang ini dengan berani maju selangkah ke musim semi. Aku, sendirian, tak membuat kemajuan. Aku masih harus menempuh jalan panjang untuk menjalani kehidupan yang benar. Tapi tak apa-apa. Tak peduli seberapa sering aku jatuh, akan kutepis dan mulai lagi. Karena aku tahu cara melakukannya sekarang.


Kalian sendiri punya resolusi bisnis apa hayo? Masih bingung? Coba lihat Best Chicken ini siapa tahu terinspirasi untuk membuka usaha warung ayam. Ada yang sudah nonton drama ini? Share ya!

Sampai jumpa. Happy blogging!

70 komentar:

  1. Baca ini dapat 2 sekaligus, review sama tips ngebisnis hheeee
    Tul mbak,,, emang perlu siap mental juga saat terjun untuk membuka bisnis
    Tapi kadang juga ada yang bondo nekat tapi niat bulat juga yang zukzez, hhee
    Inspiring bet, sukses dan maacih tipsnyaa mbak Jiah :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes, mentalnya kudu ditata dulu biar gak kaget sama risiko2 tertentu

      Hapus
  2. Jiii...aku sukaaa post mu ini. Ada review, plus tips memulai bisnis. Siip... Semoga sukses ya...

    BalasHapus
  3. Tips merintis usahanya mantap, persiapannya mesti nggak sdikit ini ya. Bisnis kulier selalu nggak ada matinya, meskipun butuh kejelian ya, apa yang digandrungi konsumen

    BalasHapus
  4. Kalau kata orang-orang sih, untuk membangun sebuah bisnis, kenali dulu passion yang ada di diri kita. Jadi saat jatuh atau ada masalah, akan berusaha untuk bangkit lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi kalau memang senang kulineran, kayaknya pas banget kalau buka bisnis kuliner.
      Bisnis kuliner itu, katanya menjanjikan. Tapi ya gitu, harus mau capeknya hehehe

      Hapus
  5. Leadnya cakep2, aku suka kalo yg main anak2 muda beneran gini ��
    Btw bener banget kalau mau bikin bisnis harus jelas di awal mau bikin apa, target siapa, promosi gimana dan mental juga harus bakoh

    BalasHapus
  6. Generasi anak jaman sekarang keren keren banget idenya. Suka out of the box tp itu jutsru yg jd pembedanya dgn yg lain. Keereeennn

    BalasHapus
  7. Aku dulu pernah nonton drakor mirip2 gini, ttg pemilik cafe sama ceweknya seorang barista. Intinya ttg buka usaha gitu. Tapi ga ngerti endingnya gmn aku ga kuat nonton drakor Jiah :D

    BalasHapus
  8. Bisaaaaa aja nyambunginnya ya Jiah :D Tapi aku jadi penasaran sama drakornya nih! Tanggung jawab kamuuuuu!!!

    BalasHapus
  9. Ih, pinter bgt deh meramu review drakor jadi pelajaran untuk memulai bisnis ya. Masuk semua nih tips2nya ��

    BalasHapus
  10. Jadi pengen makan ayam. Ayam goreng tepung atau ayam goreng ala Korea. Dan betul banget. Makanan sederhana mudah diterima berbagai kalangan.

    BalasHapus
  11. Banyak bangeet pelajaran bisnis yang bisa didapat dari drama yang satu ini yaa Jiah

    BalasHapus
  12. Aku belum nonton nih, cuss masuk daftar list nonton ku selanjutnya, pengen juga kaaannnn belajar bisnis dari situ

    BalasHapus
  13. Kalo belajarnya dari drama kesayangan pasti cepet nangkepnya hehe.. karena startnya sudah positif, jadi tinggal dijalanin aja deh sesuai passion hehe jadi kalo lagi drop alias mager.. nonton flm best chicken lagi supaya lebih semangat ya.. aish serunya..

    BalasHapus
  14. Sukaaaaa, konsep tulisannya nggak terduga banget. Kok ya ndelalah temanya pas ya. Wkwkwkwkwk. Mbak Jiah piye lek ngepoin film opo sing temane usaha atau bisnis? Nggak sengaja nemu atau memang sengaja nyari-nyari? Kepo aku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaa, aku nonton ini dari Januari awal dan gak sengaja. Emang temanya pas aja sih

      Hapus
  15. belum nonton drama ayam goreng ini, takut lapar :D
    suamiku udah lama nyuruh jualan makanan, tapi akunya masih maju mundur syantik.
    skr ada ralali ya... mau intip ahh, siapa tahu dpat inspirasi jualan apa :)

    BalasHapus
  16. jadi siap ngebisnisin apa dari hobi niih, Jiaa~
    Kusuka banget drama yang penuh makna begini.
    Berasa bermanfaat gitu...nonton setiap eps nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergoda untuk jadi pengusaha dan untuk nonton marathon drama Korea.
      Hahahah~
      Ga ada habisnya kite yee...

      Hapus
  17. ini yang bikin kangen drakor, setting dan konflik yang diambil dengan profesi tertentu membuat penonton gak hanya baper tapi belajar bisnis juga. Seru!

    BalasHapus
  18. Setelah resign ini aku juga pengin punya bisnis sendiri Ji. Tapi ga berani kalau bisnis makanan. Effortnya warbiyasak kalau makanan tuh, ga bisa ditinggal2 dan dipasrahkan ke orang lain sebelum settled beneran.

    BalasHapus
  19. Wah rekomended nih filmnya untuk di nonton. Btw kemudahan membuka usaha jaman now semakin bagus yah kak apalagi dengan hadirnya Ralali

    BalasHapus
  20. bener2 pecinta drakor niiih, teteeuup yaaa konsep usahanya aja terinspirasi dari drakor kesayangannya, hehehhe.
    tapi ini konsep usahanya keren banget deh Ji.
    Ayooo Ji, segera buka gerai ayam goreng, moga laris manis ya Ji ;)

    BalasHapus
  21. Wuaah, jadi pengin nonton drama best chicken ini deh Jiah. Kayaknya bagus nih, suka dg drama2 yg ada masak2nya, biasanya bikin ngiler deh ngeliat menu2nya hahaha
    Ntar aku icip2 yah kalo Jiah jadi buka bisnis kuliner :)

    BalasHapus
  22. Woooo penasaran pingin nonton jadinya. Pas banget ini, saya lagi punya ancang-ancang buat jualan fried Chicken juga.

    BalasHapus
  23. Kalau bisnis berangkat dari hal yang kita suka biasanya berhasil mbak, semoga sukses yaaaa

    BalasHapus
  24. reviewnya mbak gak ketauan kalo review tentang sponsor lho. ngalir begitu aja. trus ada tips-nya juga.

    BalasHapus
  25. Jadi ingat, dulu banget waktu lg booming aku pernah coba2 bisnis ayam goreng franchise gitu. Tapi kurang riset dan persiapan juga sih kayaknya, jadinya di tengah jalan bubar jalan �� Masih punya cita2 bikin usaha yang berhubungan sama makanan, semoga suatu hari kesampaian ��

    BalasHapus
  26. wah, aku belum nonton drama ini jiah, belum pernah juga sampai hari ini baca reviewmu ini. Tapi emang aku belum ada nonton drama apapun setelah sky castle selesai seh. masih ragu mau nonton yang mana.

    BalasHapus
  27. hihi..bisa ajah nih gegara keranjingan film korea, jadi terinpirasi buka bisnis. sip! lanjutkan. gabung di ralali gak ada ruginya

    BalasHapus
  28. Waduh ternyata efek drakor bisa sepositif ini ya, bisa membuka peluang sendiri untuk berbisnis, okedeh aku kudu nonton best chicken deh

    BalasHapus
  29. Kayaknya bisnis makanan emang yang paling menggiurkan ya Ji. Tapi aku tuh masih suka takut kalo nggak laku, karena dulu pernah jualan masakan juga sih. Sebenarnya usaha yang dulu tuh laris, kendalanya hanya di SDM, nggak bisa nungguin terus-terusan.

    Aku malah pengen usaha bikin tas atau sepatu handmade gitu, masih angan-angan sih, haahaha

    BalasHapus
  30. Oalah.. Aku kira tadi best chicken itu bisnis apa. Tyt drama korea mba. Hehe. Drakor emg ceritanya keren2 ya mba. Jd mupeng pengen nonton. :)

    BalasHapus
  31. Walah aku jadi penasaran sama drama koreanya nih bun. Secara aku kdrama lovers wkwkw. Ga nyangka dari serial drama bisa menginspirasi buat bikin usaha lewat ralali yah. Keren

    BalasHapus
  32. Aku baru nonton 2 eps, jadi belom ketemu semua ceritanya😁

    Btw tapi emang ralali ini membantu banget sih ya mbak

    BalasHapus
  33. Pemilik restoran ayamnya ganteng banget sih Jiah :-D duh malah lost fokus aku. Alur maju mundur bikin ngos2an gak nontonnya? ak dong pasti liat yg seger2 kaya gitu. Kasian banget sih malah mau bikin bangkrut restoran temen sendiri.
    Jadi Jiah kapan mau buka restoran ayamnya nanti aku review deh.

    BalasHapus
  34. Wah apik filmnya. Jadi pingin belajar membuka usaha juga dari film.thanks ilmunya ya

    BalasHapus
  35. Berawal nonton drakor, berakhir dengan membuka bisnis ya mbak. Penasaran sama si Ralali ini deh, soalnya aku pun berencana ingin membuka usaha.

    BalasHapus
  36. Aku juga pengen buka bisnis ayam. Pengennya sih ayam geprek ya. Hoho... Sekalian sama mie pedes. Biar kepedesen mongah2

    BalasHapus
  37. Nah kan, aku belun dapat nih list-nya di VIU
    Hiks bakalan langganan tempat lain deh nih...

    BalasHapus
  38. a Korea ini sungguh menginspirasi sekali. Mulai dari cerita cinta, pekerjaan, samapai ada pelajaran membuka bisnis. sungguh komplit banget ilmunya

    BalasHapus
  39. Dari drakor jadi terinspirasi bisnis,..mantap ya Ji. aku pengen juga sih punya usaha sendiri, tapi masih bingung mau mulainya

    BalasHapus
  40. Belum nonton drama ini lagi hiatus dulu ah dari dramaland, setelah patah hati sama zinu, terus gemes sama pelatih kim, tapi keren nih drama ini bisa ngajarin bisnis lagi

    BalasHapus
  41. Bisnis makanan terutama ayam-ayaman emang lagi hits ya mbak ji,ga hanya di indo ternyata,korea jug

    BalasHapus
  42. Memang paling bikin kesel kalo saingan dari keluarga sendiri, serba salah jadinya, ya. Huhuhu

    BalasHapus
  43. Seneng bacanya, kayak membaca tips usaha dengan pendekatan berbeda. Nggak bosen baca review begini.

    BalasHapus
  44. Mbak Jiah bisa aja sih nyambungin drakor ke ide bisnis? :D
    Btw zaman skrng asal ada kemauan kyknya makin mudah ya berbisnis. Apalagi memanfaatkan apa yang ada di internet. Juga, asal gak gapang putus asa aja sih :D

    BalasHapus
  45. Wah jd jd pengen nonton nih, mmpung kuota banyak, gk ada list drakor pula. Daaaan saapa tau dpt ide mau usaha jg

    BalasHapus
  46. Asikk.. ada referensi drakor baru. Kayaknya bakal bikin pengin makan ayam terus nih.. Hehehe.. Aku belum pernah nyobain Ralali sih.. Meluncur ke sana dulu ahh

    BalasHapus
  47. nah ini aku baru ngeh ternyata review drama combine sama cara buka bisnis yak mantul :p aku juga buka bisnis krn dasarnya suka maka jadilah joeragan es krim

    BalasHapus
    Balasan
    1. di tempatku bisnis ayam emang lagi hits banget mba bahkan sepanjang jalan ayam semua beda nama doang :p

      Hapus
  48. Keren ini ceritanya jd menginspirasi Jiah buat biking bisnis ayam goreng juga yak, hihi

    BalasHapus
  49. pengen juga bisnis, tp untuk sekarang sih kecil2 aja sambil mengurus keluarga..drakor ini recommended ya mba.

    BalasHapus
  50. waaaaah kayanya menarik ya cerita best chicken iniiii. Makasi reviewnya ya mbak Jiah jadi tau deh mesti dimana kl mau start mulai usaha.. Hihihi

    BalasHapus
  51. Aku datang lagi nih mau minta traktir chicken sama Jiah sambil nonton drakor, nambah boleh yaaaa boleh kan. Laris manis aku doain best chickennya

    BalasHapus
  52. Hahaha tadinya aku pikir cerita sinopsis drama koreah, tapi kok nyambung yah. Aku belum nonton drakor ini, tapi ada so hye yg imut dan aku suka. Memang sih konsep cerita drakor keren-keren dan pas banget dgn kondisi kekinian. Next mau nonton deh siapa tahu muncul ide bisnis buat emak kayak saya hihihi...

    BalasHapus
  53. Bisa benget yaa nyambungin drakor sama ide bisnis.. endingnya tak terduga, xixixi

    BalasHapus
  54. Rame nih kayaknya dramanya. Abis beres Na Wang Shik mau coba nonton ini ah. Kali aja jadi suka. Dan mungkin bisa dapet ilmu berbisnis juga. Kupengen jadi orang bisnis. :D
    Eh btw, follow2an blog yuk, Jiah. :)))

    BalasHapus
  55. Lucu banget sih judul dramanya mba, hahaha.

    Kalau aku pengen banget punya bisnis warung kelontong/sembako. Terus berinovasi dibikin online semacam ***bli gitu tapi aplikasinya milik sendiri dan ngambil barangnya dari toko sendiri. Jadi harganya pasti lebih murah, dan ongkirnya pun jadi satu nggak kepisah-pisah kaya Ecommerce lain. Karena mereka kan ngambil dari toko orang.

    BalasHapus
  56. Seriusan ini epik banget tulisannya.. awalnya ku kira mau review film korea, eh tapi malah saya jadi dapet ilmu soal bisnis.. Wah keren keren beneran!

    BalasHapus
  57. Keren.. lengkap mbaa. Hihi
    Ada review dan tips bisnisnya ya. Aku mau punya usaha kuliner jg mba .dulu mau jualan bubur ayam sbnrnya, sama mie ayam. Antara kedua itu. Belum kesampaian..

    BalasHapus
  58. Mental pebisnis memang penting untuk menghadapi naik turunnya usaha. Biasanya nih, mereka ini udah selow banget sama yang namanya persaingan. Kalau ada yang nyamain, ya inovasi lagi. Kalau ternyata gagal, ya coba lagi. Masalah mental ini nih, menurutku modal terbesar memulai usaha.

    BalasHapus
  59. Paling tantangan inovasi nih, ya. Kalau tidak ada inovasi dalam usaha, bakal ketinggal pesaingnya. Fufufu

    BalasHapus
  60. Seru banget ya drakornya, bisa sekalian belajar bisnis yaitu tentang inovasi..Mantul..

    BalasHapus
  61. Ada kedai ayam goreng dekat rumah yang sempat saya sepelekan dan bilang ke suami "Paling 3 bulan lagi juga udah tutup". Hahahaha soalnya keseringan kayak gitu. Tapi nyatanya sudah 3 tahun berlalu dan bisnisnya makin berkembang, loh. Mungkin sudah menerapkan strategi seperti yang dijelaskan oleh Mbak Jiha, yaaa. Malahan sekarang saya juga jadi pelanggan tetap wkwkwkwkwk.

    BalasHapus
  62. Dua tahun ini banyak orang beralih jadi entrepreneur, termasuk para seleb Indonesia. Apa aja dibisnisin. Klo bisnis hanya ikut2an, umurnya pasti gak lama. Penting punya tips jitu gini.

    BalasHapus
  63. Drama best chicken ini bagus ya, aku belum nonton soalnya. Nanti coba nonton ah. Banyak hal yang bisa dipelajari dari drma korea ya mba.

    BalasHapus
  64. Belum pernah nonton Drama Korea ini. Jadi pengen nonton. Kebayang ada ayam goreng bertebaran di sepanjang episode. Keren tulisannya.

    BalasHapus
  65. Tenan aku speechles jii. Kamu tiada tandingan wis kalo soal korea ngene. Sampai bisnis wae sing mbok bahas drakor. Keren kerenn

    BalasHapus