Selasa, 10 September 2019

# 2019 # Chinese Drama

Review Drama China Go Go Squid

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Kamu pernah jatuh cinta pada pandangan pertama? Kapan dan bagaimana sih kalian bertemu?

Nǐ hǎo! Saya belum pernah merasakan yang namanya Love at First Sight. Saya adalah pemuja cinta yang berproses. Pandangan pertamanya mungkin semacam feeling something kali ya hingga akhirnya suka dan jatuh hati.



Pada malam yang penuh emosi karena kekalahan saat Kompetisi Tur CTF di Singapura, Han Shang Yan turun dari bus dan berjalan menenangkan diri. Dia kemudian mampir di salah satu Kafe Internet dan bermain game. Tanpa dia sadari, ada seorang gadis yang terus memperhatikannya sejak pertama kali datang.

Mengisi waktu luang, Tong Nian membantu saudaranya untuk berjaga di Warnet. Saat suasana membosankan, tiba-tiba Tong Nian mengalami Le Coup de Foudre pada sosok Han Shang Yan yang datang untuk memesan salah satu bilik. Tong Nian coba menarik perhatian Han Shang Yan dengan berbagai cara bahkan mengirimkan SMS spam. Sayangnya, laki-laki itu cuek dan sama sekali tidak menanggapi Tong Nian.


Dengan bantuan sepupunya, Tong Nian mendapat akun game yang dimainkan Han Shang Yan saat di Kafe Internet. Dia memakai akun bernama Grunt. Tong Nian mencoba mengajak Han Shang Yan bermain bahkan chating juga. Han Shang Yan pikir, yang bermain bersamanya adalah anak-anak yang butuh bimbingan.

Pada sebuah perjalanan bisnis, tanpa sengaja Tong Nian melihat Han Shang Yan di bandara dan mengikutinya. Tong Nian pikir laki-laki itu pemain basket atau sejenisnya. Sampai temannya Lan Mei mengatakan bahwa ada kompetisi CTF di Stadion Guangzhao.


Berbekal nama Grunt, Tong Nian mencari sosok Han Shang Yan. Tanpa diduga, kesalahpahaman muncul. Han Shang Yan mengira Tong Nian adalah pacarnya Grunt karena terus menyebut nama salah satu anak didiknya sementara anak-anak K&K berpikir Tong Nian adalah kekasih Han Shang Yan. Tanpa meluruskan Kesalahpahaman yang ada, mereka pun berpisah.

Beberapa waktu berlalu, tanpa sengaja Han Shang Yan datang ke rumah Tong Nian untuk kencan buta dengan sepupunya. Pura-pura tidak saling kenal, Wu Bai datang dan mengatakan bahwa Han Shang Yan pacaran dengan Tong Nian. Apa yang akan mereka lakukan selanjutnya?


Title: Go Go Squid
Native Title: 亲爱的,热爱的
Also Known As: Mi Zhi Dun You Yu, Stewed Squid with Honey, Honey Stewed Squid, Qin Ai De, Re Ai De, 蜜汁炖鱿鱼, Dear Love, 親愛的. 熱愛的, 亲爱的热爱的
Screenwriters: Mo Bao Fei Bao
Based on: Stewed Squid with Honey by Mo Bao Fei Bao
Director: Li Jingrong Xiang Xujing
Genres: Friendship, Business, Comedy, Romance, School, Youth
Tags: Cold Man/Warm Woman, Love At First Sight, Adapted From A Novel, Fluffy, Dream, Competition, Rivalry, Older Man/Younger Woman, Bromance, Disapproving Parent
Country: China
Type: Drama
Episodes: 41
Aired: Jul 9, 2019 - Jul 31, 2019
Aired On: Monday, Tuesday, Wednesday, Thursday, Friday, Saturday, Sunday
Network: Dragon TV, ZJTV, iQiyi
Duration: 45 min
Cast:
Yang Zi as Tong Nian/Her Highness Squid
Li Xian as Han Shang Yan/God Gun/Gun/Boss
Hu Yi Tian as Wu Bai/White/DT
Lee Hong Chi as Mi Shao Fei
Li Ze Feng as Wang Hao/Solo
Chen Xi Jun as Ou Qiang/All
Yu Cheng En as Dai Feng/Demo
Marcus Li as Ling Shan/97
Wen Yi Fan as Chen Zhe/Grunt
Wang Zhen Er as Ai Qing/Appledog
Wang Le Jun as Su Cheng
Paul Chun as Shang Yan's Grandfather
Wang Ce as Tong Nian's father
Xu Le Wei as Zhou Yi/One
Jiang Pei Yao as Sun Ya Ya
Kong Lin as Tong Nian's mother
Shi Qing Yan as Lan Mei/Blueberry
Zhang Ge as Xiao Ai
Aiqi Liang as Shang Yan's Stepmother
Barry Qu as Zheng Hui
Ding Nan as Lan Mei's husband
Chen Shuai as Hu Dou Nan/Tong Nian's cousin
Sheng Ping Zhu as Zhou Shan

Review Chinese Drama Qin Ai De, Re Ai De


Rasanya nih saya agak susah move on dari drama Dear Love ini. Mereka adalah salah satu pasangan lucu dan bikin gemes dari drama yang pernah saya tonton. Meski kisah cintanya sangat umum di Drama Korea, tetap saja rasanya berbeda karena drama China apalagi ini juga berbau Esport.

Drama Esport Lagi, Ji?


Iya nih. China memang lagi hobi mengangkat tema olahraga elektonik ini. Go Go Squid ini didasarkan pada novel Stewed Squid with Honey karya Mo Bao Fei Bao. Saya pun jadi penasaran juga buat baca novelnya. Tapi ada yang terjemahan enggak sih? Bahasa Inggris saya kan masih jongkok banget, ckckck. Karena saya sudah bikin opening panjang, maka langsung saja saya kenalin tokohnya ya!


Han Shang Yan, 30 tahun dan Bos serta Investor Team K&K. Dalam hidupnya, dia hanya berpikir untuk menang dalam kompetisi CTF. Dia tidak memedulikan dirinya. Baginya mimpi anak-anak K&K itu lebih penting. Han Shang Yan adalah mantan Legenda Pemain Profesional CTF dari Team Solo. Dia memutuskan pensiun setelah memenangkan kejuaraan nasional 10 tahun lalu. Dan 2 tahun terakhir dia memutuskan untuk kembali ke Shanghai setelah berkantor di Norwegia demi mengembangkan Klub CTF di China.

Dari tadi bicara CTF, apa sih CTF itu?


Capture the Flag atau biasa disingkat CTF adalah sejenis kompetisi di mana kita harus merebut bendera lawan dalam jangka waktu yang ditentukan. CTF ini berhubungan sama kemanan informasi ya. Katakanlah pemain CTF ini hacker tapi bermain profesional bukan untuk merusak atau merugikan suatu sistem lembaga dan lainnya.


Di zaman yang serba digital ini, tentu kita tahu bahwa keamanan informasi adalah hal wajib. Keamanan Cyber adalah bagian dari keamanan informasi yang secara khusus berfokus pada melindungi sistem komputer dan komponennya. Ini termasuk perangkat keras, perangkat lunak, data dan infrastruktur digital dari serangan dunia maya.

Karena alasan itulah, untuk meningkatkan ketrampilan para ahli di bidang Cyber ini, Turnamen Keaman Siber ini hadir. Jika kamu tertarik, minimal harus paham tentang web, digital forensic, steganography, cryptography, binary analysis, reverse engineering dan lainnya. Kalau saya sih pas deh soal kode-kodean ini. Ngode orang saja sering gagal #Eh.

Di Love O2O para Gamer bisa jadi hacker tapi memilih jadi pengembang game. Lalu di Gank Your Heart bercerita tentang pemain game, di Go Go Squid ini bagian esport tapi cerita tentang Pelatihnya. Bagaimana kisah mereka membuka jalan untuk para pemain CTF dan mendidik mereka agar bisa meraih mimpi di kejuaraan dunia.

Mereka yang memiliki mimpi akan selalu muda


Pensiun jadi pemain, Han Shang Yan sekuat tenaga mengembangkan team K&K meski mengalami kerugian. Dan hubungannya dengan para mantan Team Solo juga memanas. Awal-awal saya mikir, ini kenapa sih kok sampai dendam banget sama teman di masa lalunya?


Untuk mencari jawaban ini ternyata panjang banget sampai entah episode ke berapa. Ini juga ngelurusin masalahnya satu-satu dari Mi Shao Fei, Ou Qiang, Wang Hao dan Ai Qing. Belum juga berdamai, mereka ini sering ketemu dalam kompetisi dan K&K selalu kalah dari Team SP yang dipimpin oleh Wang Hao atau Solo. Sebagai orang yang duduk di peringkat teratas 10 tahun lalu, Han Shang Yan sangat merasa terhianati oleh Kaptennya, Solo. Dia yang berusia 18 tahun jauh-jauh pulang ke China sampai gembel padahal anak keluarga berada sangat sakit hati setelah keputusan Kaptennya yang meninggalkan team Solo. Kenapa hayo? Tapi ya itu, mereka sebenarnya keren meski jalan yang mereka tempuh berbeda.

Meninggalkan Team Solo, mari kita bicara tentang Team K&K yang dipimpin langsung oleh Han Shang Yan. Di team ini isinya anak-anak muda, 19 tahun ke atas. Mereka tinggal, makan, main, berlatih di klub juga. Lima orang teratas ada Wu Bai atau DT yang merupakan sepupu Pak Bos. Lalu ada Grunt, One, 97 dan Demo yang polos dan paling muda. Anak-anak didik Han Shang Yan ini lucu-lucu dan suka ngerumpiin Bosnya apalagi waktu mulai dekat sama Tong Nian. Mereka paling takut kalau Pak Bos mulai makan permen.

Uang pasti sangat penting karena bisa memberi kita gaya hidup yang hebat. Tapi orang menjadi hebat karena impian mereka

Team K&K ini dari pakaiannya didominasi warna hitam termasuk Pak Bos. Kata Mbah Han sih, si Han Shang Yan kaya Penagih Utang, hahaha. Saya paling suka tempat tinggal mereka yang agak mirip tempat main. Desainya unik, ada prosotannya juga, hahaha. Han Shang Yan sampai miskin karena mereka belum menghasilkan uang. Pokoknya mimpi anak-anak ini yang utama dan didukung penuh oleh Pak Bos. Eh tapi yang bikin miskin tuh Tong Nian sih, ckckck. Wu Bai saja sampai males dekat sama sepupunya karena sering diutangin. Bos macam apa itu?!


Jika Han Shang Yan mendukung anak-anaknya, Tong Nian hadir untuk menjadi pendukung Han Shang Yan. Tong Nian, 21 tahun adalah seorang Cover Singer populer di Net Musik yang bernama Cumi-Cumi Manis (Makanya judul dramanya Go Go Squid). Dia juga ada di tahun kedua pasca sarjana Jurusan Ilmu Komputer. Salah satu mata kuliah yang diambil juga berhubungan dengan keamanan cyber. Jadi pendidikannya masih nyambung ya dengan profesi Han Shang Yan.


Seperti yang saya sebut sebelumnya, mereka pertama kali bertemu di Warnet. Tong Nian sudah jatuh hati banget sama Hang Sang Yan yang dingin dan kurang tertarik pada wanita. Sampai mereka ketemu lagi dan kesalahpahaman terjadi. Saat di Stadion Guangzhao, Tong Nian juga sudah mengungkapkan isi hatinya yang menyukai Hang Sang Yan.

Ketika Kakeknya muncul, saya menduga bahwa mereka akan kepergok. Eh ternyata malah ketemu di rumah Tong Nian dan tujuannya adalah menjodohkan Han Shang Yan dengan sepupunya. Gara-gara Wu Bai yang mengatakan keduanya kencan, jadilah semua ambyar! Tong Nian dan Han Shang Yan pura-pura pacaran dan niat putus di bulan berikutnya.


Tentu saja menjadi nomor satu adalah benar-benar baik. Tapi menjadi nomor satu itu sangat melelahkan bukan?

Awalnya Han Shang Yan masa bodoh ya. Tapi Tong Nian ini gigih banget. Ya kali saja Han Shang Yan luluh gitu. Tapi kemudian mereka putus. Tong Nian nangis-nangis, Han Shang Yan-nya sampai sakit juga. Ini mereka mulai sama-sama suka tapi gengsi. Rasain deh Lu!

Lalu udahan nih kisah mereka?


Ya enggak. Malah lanjut dong karena Kakek Han suka banget sama Tong Nian. Kemudian nih Han Shang Yan bilang kalau dia tuh enggak bisa romantis, enggak peka, pacaran tuh kaya perang, informasi baik-baik yang Tong Nian baca di internet itu tidak semua benar. Dia banyak kurangnya. Jadi masihkah Tong Niang mau putus sama dia?

Saya: "Dih, pertanyaan macam apa itu?"


Kalau orang lain bilang aku cinta kamu, ayo pacaran. Ini Han Shang Yan malah nanyain Tong Nian apakah masih kepikiran buat putus? Kan saya jadi teringat cerita yang pernah saya tulis, ckckck. Dan mereka jadian lagi, hahahihi dan sempat kencan nyari game gitu.

Mulus dong kisah cinta mereka?


Kata siapa? Justru akhirnya banyak hambatan karena Ibu Tong Nian kurang suka sama Han Shang Yan. Pertama karena jarak usia mereka. Sembilan tahun, Bok! Itu Tong Nian kaya main sama Om-Om. Kedua karena pekerjaan Han Shang Yan yang tidak pasti versi Ibunya Tong Nian. Ketiga karena sikap laki-laki itu yang cuek. Wajar ya ada keraguan karena Tong Niang ini anak perempuan satu-satunya yang sangat dikasihi. Tapi karena alasan restu ini, jadi kisah mereka ada seninya gitu. Sampai backstreet juga karena tahunya mereka putus. Kalau di drama Put Your Head on My Shoulder atau A Love So Beutiful para orangtua setuju penuh. Di Qin Ai De, Re Ai De ini Han Shang Yan kudu berjuang untuk meyakinkan orangtua Tong Nian.

Setelah orang dilahirkan, kita perlu mengalami hal-hal lain untuk diri sendiri, melakukan perjalanan, dan bahagia. Jika kau tidak menghadapi hal-hal yang tidak bahagia ini setiap hari, bagaimana kau tahu apa itu kebahagiaan?


Saya memang selalu suka kisah dua orang yang sama-sama bodoh dalam cinta. Tong Nian dan Han Shang Yan ini baru pertama kali jatuh cinta dan pacaran. Naik turunnya hubungan mereka itu lucu dan menguatkan rasa cinta masing-masing. Walau kadang Han Shang Yan ini bisa lebih kekanak-kanakan daripada Tong Nian.


Han Shang Yan tidak bisa romantis, tapi berusaha memanjakan Tong Nian dengan caranya. Sampai nih nanya sama anak-anak K&K kalau berkencan itu bagaimana. Dia juga sampai buat akun sosial media demi mengikuti Tong Nian. Dia juga cowok yang pintar masak dan mengurus rumah. Saya juga mau nih punya teman hidup kaya gini, hahaha.


Sementara Tong Nian berusaha mengerti profesi Han Shang Yan. Dia mendukung laki-laki itu meski akhirnya tidak pernah kencan seperti kebanyakan pasangan lain. Dia menyukai Han Shang Yan apa adanya bukan karena dia orang hebat dan terkenal. Jadinya keduanya sama-sama belajar untuk mencintai tanpa batas. Han Shang Yan juga bilang bahwa Tong Nian enggak perlu takut untuk mengungkapkan sesuatu, pendapat dan lainnya. Shang Yan ingin Tong Nian tetap jadi dirinya sendiri. Kan banyak tuh pasangan yang akhirnya manut iya-iya saja padahal dia punya pemikiran yang berbeda.

Karena couple Tong Nian dan Han Shang Yan sudah sangat menguasai hati saya, maka tak ada cerita pasangan lain walaupun ada di dramanya. Biarlah mereka jadi pendukung saja agar tidak merusak kebahagiaan saya pada pasangan Ubur-Ubur yang tidak kabur ini.


Di drama ini saya hanya tahu pemeran Wu Bai, Hu Yi Tian dan Kakek Han di My Amazing Boyfriend 2. Selebihnya ini pertama kali melihat mereka dan kata saya sih akting mereka oke banget. Kemistrinya juga bagus. Li Xian memainkan Han Shang Yan yang dingin, cuek, tapi peduli dengan sangat baik. Sementara Yang Zi yang seusia saya, bisa banget mainin gadis awal 20-an. Mukanya memang imut sih.


Untuk kompetisi CTFnya sebenarnya tidak banyak diperlihatkan. Saya juga kurang paham kode-kode yang muncul. Tapi karena ini esport, jadi tetap ada bagian mereka latihan baik fisik maupun mental. Mereka juga lari-lari bahkan saat hujan. Tetap kudu jaga makanan, kesehatan, kerjasama team dan juga strategi.

Jangan menyerah di tengah jalan. Tidak peduli kompetisi apa yang kamu hadapi dalam hidup, kamu harus pergi dan memberikan semuanya. Karena itu, di usia terbaikmu, kamu semua pergi sekuat tenaga. Pergi keluar, ke manapun, di manapun kamu berada. Dan itu adalah bagaimana kamu tidak akan menyesal dalam hidup

Saya akhiri review Go Go Squid sampai di sini. Artinya saya move on ya! Semoga nanti mereka jadi couple lagi deh, amin! Kalian ada yang sudah nonton drama ini? Paling suka adegan mana? Saya sih merasa lucu saat Tong Niang ngajakin Han Shang Yan lewat jembatan dan laki-laki itu ketakutan. Asli itu bikin ngakak. Kalau momen manisnya ya banyak banget! Kalian harus nonton sendiri ya!


Ternyata ketika dua orang bermimpi bersama, tidak peduli sekecil apa pun, itu bisa sangat manis. Mereka bisa merasakan kebahagiaan dari lubuk hati mereka. Bahkan jika mereka bertengkar sepanjang hidup, mereka masih bahagia


Sampai jumpa. Happy blogging!

Sumber gambar:
https://mydramalist.com/27467-go-go-squid/ & Pinterest

53 komentar:

  1. Mulus banget nih ya Mbak kisah cintanya. Romantis deh hihi

    BalasHapus
  2. Dulu suka banget nih nonton drama korea sekarang mah udah nggak ada waktu hihi

    BalasHapus
  3. Wah bikin penasaran saja nih Mbak hihi. Mau lihat dulu deh videonya

    BalasHapus
  4. Squid kirain ada gurita guritanyahihi, aku suka sama quotesnya yang gimana nanti kamu nggak akan nyesel, terus berjalan aaaa sedang merasakan :')

    BalasHapus
  5. Akhirnya nemu review drama chinese di sini pas lagi kangen nontonnya. Aku terakhir nontin chinese drama gak inget siapa pemain dan nama dramanya, jd peer banget nyari di google 😂

    Ini bagus reviewnya, apalagi ada ttg esport

    BalasHapus
  6. Kukira yang ada drama dramanya korea aja, ternyata china jg ada yang bagus ya

    BalasHapus
  7. Ngikutin drama ini bakalan berasa banget kuliah lagi... Istilahnya runyem banget yak. web, digital forensic, steganography, cryptography, binary analysis, reverse engineering..... Apaaaaa iniiii... Salut deh, kudu belajar lagi ini hahaha

    BalasHapus
  8. Hwaaa, cute banget nih para pemainnya
    pasti seru nih
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  9. wuaahhh, uda lama aku ga nonton DraKor nih.
    Soalnya kalau uda mulai nonton suka ga inget waktu, hihihi.
    Tapi mau cobain deh nonton ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan Drakor mba tapi drama china gitu xixi

      Hapus
  10. Entah kenapa aku justru lebih tertarik untuk mengenal permainan CTFnya sendiri. Banyak banget itu istilah yang menarik, dari digital forensic, steganography, binary analysis wih macam-macam. Menarik juga ketika diberikan sisipan tentang kisah romantis di dalamnya. Keren!

    BalasHapus
  11. Uwaw. Ini cerita tentang e-sport yg dibumbui romansa. Tentu kisah romansanya lebih banyak ya haha, biar menjual.

    Si pemeran utama wanitanya cantik banget. Lehernya jenjang euy. Haha

    BalasHapus
  12. Duh racun lagi drama nih 😂 yg kemaren dapat racun dari mba lendy aja blm kedownload buat nonton hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keracunan drama apa, Eny, hahhaa...
      Biar gak pusyiing....nonton film aja.
      Kan cuma 1.5 jam tuuh...durasinya.

      Hapus
  13. Wah kayanya ini drama harus ditonton deh pemeran cewenya cantik banget dan lucu lagi okey siap kak jadi kena racun dramanya

    BalasHapus
  14. waaah aku jarang banget sih ini nonton drama china hihhi, aku biasanya nonton darama korea, jadi penasaran jga nih sama drama china, jadi pengen nonton juga nih

    BalasHapus
  15. Aku belum pernah nonton drama china tapi keseringan drama korea. Perlu juga nih buat ditonton.

    BalasHapus
  16. Aku sih belum pernah nonton drama china ini ya. Tapi, baca reviewnya seru aja karena ternyata cinta itu memang gak mulus kaya jalan tol :D

    Oia, soal pandangan pertama. Aku itu selalu melihat orang saat bertemu pertama kali. Biasanya, kesan pertama itu gak pernah dusta. Sekarang aja aku lagi jatuh cinta nih gegara pandangan pertama. #NumpangCurCol

    BalasHapus
  17. Aku mau mengamini keinginan mu mbk, smoga dipertemukan dg pria yg punya karakter seperti han shang yan. Aamiin. Idaman sih yah

    BalasHapus
  18. KOk gak di ceritain dari sisi orangtuanya, Jia...
    Apa tiap orangtua di China itu setuju kalau anak-anak mereka menekuni dunia esport?
    Hehhe...aku belum pernah nonton mandarin selain Meteor Garden.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada gak setuju malah, Mbak. Profesi kaya gini kan baru dan masih asing. Makanya kudu berjuang biar ortu juga yakin dg pilihan kita

      Hapus
  19. Drama Chiina termasuk drama Asia yang menurut aku kuat karakternya, karena memiliki pesan moral, sejenis dengan drama Korea atau Jepang, cenderung mengikutkan kultur di ceritanya

    BalasHapus
  20. Ngeliat lead female sama lead male-nya kayanya bakalan jadi daya tarik tersendiri buat filmnya ya. Kisah cintanya kayanya manis banget inii.

    BalasHapus
  21. Orang kalo lugu gitu emang Ji, kayak Han Shang Yan yang nanya-nanya gimana kesukaan gebetannya. Aduhhh kelihatan banget aku juga gitu, hahahaaa

    BalasHapus
  22. Lho Mbak, selain drama china, kamu kan ya nonton drama Korea dan Thailand ya? Itu gimana bagi waktunya tuh. Aku udah lama banget nih tak nonton drama china. Kayaknya terakhir pas jaman san cai deh, abis itu pindah haluan ke Korea sampai sekarang. Ini aja keteteran kok ngikuti drama-drama baru yang terus bermunculan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku kalau mulai keteteran karena banyak drama bagus, milih gak nonton sama sekali Mbak, hehehe

      Hapus
  23. Cerita roman yang ringan namun manis ya.. ah jadi pengen lihat juga.. eh ada subtitle nya kan ya?hihi..

    BalasHapus
  24. Wah China ada dramanya juga ya? Tapi lebih susah mengingat nama2 China daripada Korea, kecuali yg namanya udah campuran bule macam Jackie Chan & Stephen Chow.

    BalasHapus
  25. Nggak nyangka China punya drama cecintaan kayak gini. Dalam bayanganku orang China tu kaku, yg diomongin bisnis mulu. Cinta sambil lalu aja.

    BalasHapus
  26. Sama nih..aku jg ga bs lah jatuh cinta pada pandangan pertama mah..hrs ada proses lah..hehe

    BalasHapus
  27. Kalo ngomongin love at the first sight aku jadi inget zaman SMP yang suka ama kakak kelas wahahah tapi ga sampe jadian sih wkwk

    BalasHapus
  28. Wah makin banyak nih tontonannya. Sekarang ada drama china juga. Jatuh cinta pada pandangan pertama memang suka barasa manis, ya hahaha

    BalasHapus
  29. Ji, aku tuh pernah nonton dracin wkwk betul ga istilahnya. Drakor kan drama Korea..lah drama China barti dracin dong (maksa)..eh lanjut..aku nonton drama china di DAI TV seru juga dan banyak muatan moralnya. Jadi kangen pengen nonton lagi

    BalasHapus
  30. Jadi game CTF cuma intronya aja ya, kirain kaya Alhambra gamesnya yang diulik gitu. Sama-sama bodoh dalam cinta nah ini bikin penonto gregetan biasanya ya pas nonton :)
    Lagi booming banget sih cerita soal game online ya di drama-drama sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukannya gak diulik, tetep ada pembahasannya tapi gak banyak soalnya kan kode2 gitu Mbak mainnya

      Hapus
  31. Aku belum pernah nonton drama Cina :D. MAsih mantap ke Korea dan sesekali Thailand. EMang sih kalau liat jalan ceritanya, jadi pengen

    BalasHapus
  32. Jiah nontonnya di mana? Aku tuh pengen nonton film China, kayaknya bagus-bagus, tapi kok jarang ada terjemahannya. Kalau drama, aku gak mau nonton dulu karena bikin susah berhentinya hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku ngunduh Mbak. Tapi kalau mau nonton aja, ada di KissAsian juga

      Hapus
  33. Huaa kayaknya serua ya drama ini pemainnya cantik dan ganteng jadi makin semangat deh nontonnya. Mengenai cinta pada pandangan pertama hmmm saya pernah ngalami juga lho haha.

    BalasHapus
  34. Haiyaa, selain drakor, film Cina juga. Tapi hampir sama gitu sih menurut aku, plus Jepang satu lagi, hihi

    BalasHapus
  35. Biasanya cowok yang dingin aja penampakannya, rasa sayangnya susah luntur loh ke kekasihnya. Ya menyayanginya tentu dengan cara dia sendiri. Tapi bakalan intens banget hahaha...sok teong deh gw :))

    BalasHapus
  36. kalau dipikir - piker banyaaak bangeeet ya mba ide yang dipakai untuk inspirasi movies. Aku sukaaa kalau genre romantic begini

    BalasHapus
  37. Satu hal yang aku suka pas nonton drama cina atau korea kaya gini tuh, soale ada aja gitu pengetahuan baru di suatu bdang tertentu yang aku bisa dapet. mereka tuh kalo bikin drama beneran detail banget soale

    BalasHapus
  38. Aku jarang nonton drama china Mba, masih belum sefamiliar kalo nonton drama korea. Cintanya berawal saat maen ke warnet, kayaknya banyak cerita cinta juga yang berkembang dari sana ya Mba :)

    BalasHapus
  39. Hau ci kwai...
    Jadi gagal fokus sama komentarnya. Mereka banyak yg bilang atau nulis ttg Drakor, padahal jelas jelas jnj drama China. Hem... Ga habis pikir gimana bacanya ya
    Tha men sh meiyo khan ma?

    BalasHapus
  40. Mbak Jiah saya baru lihat tokohHan Shang Yan ini cakep banget mbak, apalagi karakternya cool dan enggak bisa romantis awaaww jadi berbunga-bunga lihat cowok gini hehe

    BalasHapus
  41. Wah Jiah, ngasih referensi drama China lagi nih. Sip deh nanti aku tonton juga yang ini. Penyegaran drakor ya :D

    BalasHapus
  42. Mancap ini kisahnya jadi kepo, aku belum nonton soalnya.
    PR buat download, aku suka kisah2 dari negeri China.

    BalasHapus
  43. Mbak rajin banget ya nge-review drama Cina selain Korea
    Kalau saya sendiri setelah nonton, bingung mau review dengan angle gimana hahaha

    BalasHapus
  44. industri drama chima sekarang semakin oke juga yaa, udah kekinian. mantulll

    BalasHapus
  45. Judul novelnya bikin teringat sesuatu. Dan, judul dramanya bikin teringat makanan yang pakai tepung lalu digoreng.

    BalasHapus
  46. Wah perlu nonton nie seru banget kayaknya .. soalnya aku juga pecinta drama China nih

    BalasHapus