6c2y5xLulMkOYYgEXrgPjC5Lx3Je6RzEo1m3mFkw

Review Perfect Marriage Revenge Korean Drama

Di dalam hidup ini, pernah punya keinginan untuk balas dendam? Pada siapa? Dengan cara apa?

    Anyyeong! Bicara dendam, manusia umumnya pasti punya dan saya pun termasuk salah satunya. Hanya saja, banyak yang terealisasikan dan yang lain hanya tersimpan dalam pikiran. Begitu juga yang mungkin dirasakan Han Yi-Joo dalam Perfect Marriage Revenge Korean Drama. Balas Dendam Pernikahan yang Sempurna.

    Diadopsi dan hidup tanpa cinta di keluarga angkatnya, Han Yi Joo masih bisa bertahan. Namun ketika mengetahui fakta bahwa Yoo Se Hyeok, suaminya selama ini mencintai Han Yoo Ra dan menikahinya hanya demi bisa berada di dekat adiknya, Yi Joo patah sedalam-dalamnya. Di hari yang sama, Lee Jung-Hye Ibu tirinya, menjebaknya dalam kasus lukisan palsu galeri. Yi Joo mengalami kecelakaan dan sekarat. Di ujung kematiannya, dia berdoa agar diberi kesempatan hidup kembali dan balas dendam.

review perfect marriage revenge korean drama

    Han Yi Joo terbangun dan menemukan dirinya ada di satu tahun lalu sebelum menikah dengan Yoo Se Hyeok. Tak ingin jatuh di tempat yang sama, Han Yi Joo ingin mengubah nasibnya dengan mendekati Seo Do Guk, pria tampan dan cucu konglomerat yang sangat disukai Yoo Ra. Lalu, apa yang akan terjadi selanjutnya? Akankah Do Guk mau bekerja sama untuk membalaskan dendamnya?

Drama: Perfect Marriage Revenge / Standard Procedure of Perfect Marriage
Revised romanization: Wanbyeokhan Gyeolhonui Jungseok
Hangul: 완벽한 결혼의 정석
Also Known As: The Standard of a Perfect Marriage, The Essence of a Perfect Marriage, The Perfect Standard of Marriage, Wanbyeoghan Gyeolhonui Jeongseok
Director: Oh Sang-Won
Writer: Young (webcomic), Lee Beom-Bae (webcomic), Jerryball (webcomic), Im Seo-Ra
Genres: Business, Romance, Drama, Fantasy
Tags: Time Travel, Contract Relationship, Adapted From A Webtoon, Second Chance, Revenge, Adopted Female Lead, Male Chases Female First, Company President (CEO) Male Lead, Loyal Male Lead, Evil Stepsiblin
Network: MBN, Viki
Episodes: 12
Release Date: October 28 - December 3, 2023
Runtime: Sat. & Sun. 21:50
Language: Korean
Country: South Korea
Cast:
Sung Hoon - Seo Do Guk
Jung Yoo Min - Han Yi Joo
Jin Ji Hee - Han Yoo Ra
Kang Shin Hyo - Seo Jung Wook
Oh Seung Yun - Yoo Se Hyeok
Lee Min Young - Lee Jung Hye
Jeon Noh Min - Han Jin Woong [Yi Joo's adoptive father]
Lee Byung Joon - Han Woon Jae [Yi Joo's adoptive grandfather]
Ban Hyo Jung - Lee Tae Ja [Do Guk's grandmother]
Kim Eung Soo - Seo Young Kyun [Do Guk's father]
Lee Mi Sook - Cha Yeon Hwa [Do Guk's mother]
Oh Ha Nee - Seo Do Na [Do Guk's younger sister]
Lee Myung Hoon - Byun Jae Ho [Do Guk's secretary / Do Na's husband]
Lee Won Hee - Kim Seon Kwon [Vice president of Do Guk's company / Do-guk's friend]
Lee Da Hae - Ahn Su Jin [Journalist / Do Guk's cousin]
Byun Jun Seo - Kim Jae Won [Jung Hye's secretary]
Kim Ye Ryung - Choi Jae Sook [Se Hyeok's mother / Yi Joo's ex-mother-in-law]
Song Su Yi - Yoo Se Hee [Se Hyeok's sister / Yi Joo's ex-sister-in-law]
Jin Hee Kyung - Jamie / Lee Ji Won

Perfect Marriage Revenge Review


perfect marriage revenge

    Melihat cuplikan video dan poster drama Perfect Marriage Revenge, jujur saya tuh belum berniat buat nonton meski ada Sung Hoon di jajaran pemainnya. Kepikiran saja kalau ini pasti drama makjang. Bukannya saya tidak suka, tapi justru suka banget. Hanya saja, beberapa tahun terakhir memang memutuskan untuk tidak nonton dan memilih drama genre romansa komedi saja. Saya tuh khawatir kalau bakal sepanjang Love (ft. Marriage and Divorce) yang sampai berseason-season.

Lalu kenapa akhirnya memutuskan nonton Standard Procedure of Perfect Marriage ini?

    Iseng setelah ditinggal Geng Toddler Tantrum Twinkling Watermelon. Saya belum bisa bikin ulasan dramanya sih, jadi ya mau lihat yang lain dulu. Terus ngecek dong jumlah episode Perfect Marriage Revenge ini ada berapa. Waktu itu menurut Asianwiki, jumlahnya ada 16.  Saya pikir masih bisa diterima kalau nonton ongoing karena standarnya Drama Korea. Iseng nyoba 1 episode, lah malah ketagihan, hahaha.

wanbyeokhan gyeolhonui jungseok

    Sinopsis Perfect Marriage Revenge merupakan drama yang diadaptasi dari webcomic "Wanbyeokhan Gyeolhonui Jungseok" yang ditulis oleh Young dan Lee Beom-Bae serta diilustrasikan oleh Jerryball dan terbit di Naver sejak 14 Juli 2021. Bercerita tentang Han Yi Joo, seorang pelukis yang sejak kecil diadopsi tapi tidak pernah mendapatkan cinta dari keluarganya. Dia menikah dengan Yoo Se Hyeok, tapi laki-laki itu malah suka sama Han Yoo Ra adiknya. Han Yi Joo meninggal dalam kecelakaan mobil setelah kabur dari kejaran polisi karena dijebak oleh Ibunya, Lee Jung Hye. Kemudian terbangun dan kembali ke masa satu tahun lalu. Di sini, dia mau balas dendam gitu dan melibatkan Seo Do Guk untuk menikah kontrak.

    Sebagai penggemar Drama Kawin Kontrak, saya langsung girang dong dengan plot ini. Cuma memang mikir banget sih, kok Seo Do Guk mau-mau saja menerima Han Yi Joo? Banyak sekali pertanyaan muncul karena tentu saja saya belum membaca dan menghindari untuk melihat Webtoon Perfect Marriage Revenge. Tidak mau kena spoiler dan makan hati seperti kasus di What's Wrong with Secretary Kim atau Feel Good to Die.

    Saat Han Yi Joo kembali ke masa lalu, yang dilakukan pertama kali adalah memutuskan hubungannya dengan Yoo Se Hyeok. Ini jelas membuat keributan di dua keluarga apalagi pihak Se Hyeok. Soalnya keluarga si cowok memang menginginkan menantu kaya yang bisa diporoti. Yi Joo mah bodoh amat karena sudah muak dengan kehidupannya yang lama.

완벽한 결혼의 정석

    Dia pun minta tolong pada temannya, Ahn Su Jin agar bisa dikenalkan dengan sepupunya, Seo Do Guk. Kenapa harus laki-laki itu? Karena Han Yoo Ra menginginkannya. Dengan menyakiti adik perempuannya, dia juga bisa membalas orang tua angkatnya dan Se Hyeok sekaligus. Sekali tepuk gitu kan.

    Masalahnya, ada banyak tantangan untuk mendekati Seo Do Guk. Dari seri harta, Hanwool Financial Group jelas tidak ada apa-apanya dengan Taeja Group yang kaya raya. Kedua, Wanita-wanita di keluarga Seo Do Guk (Nenek, Ibu dan adik perempuan), terlalu kuat untuk ditandingi. Ketiga, laki-laki itu sendiri yang meski tampan memesona, tapi sangat menjengkelkan. Apakah Yi Joo akan berhenti untuk menjadikan laki-laki itu suaminya?

sinopsis perfect marriage revenge

drama perfect marriage revenge

    Oh tentu saja tidak. Yi Joo menawarkan laki-laki itu untuk menjadi rekan bisnis dalam pernikahan kontrak. Yi Joo tahu bahwa nenek Seo Do Guk sangat menginginkan laki-laki itu untuk menikah. Dengan pertimbangan sebagai Pebisnis, Do Guk pun menyetujuinya. Mereka sepakat untuk menikah, tapi harus dengan restu dari keluarga masing-masing dengan durasi kontrak 1 tahun sesuai batas waktu di tangan Yi Joo.

    Bisa dibilang, Yi Joo lah yang menjalani fit and proper test untuk mendapatkan restu keluarga Seo Do Guk. Dari sini, akhirnya banyak sekali rahasia yang terkuak tentang siapa Yi Joo. Lalu, apakah dendam akhirnya akan terbalas? Cari tahu sendiri dengan Nonton Perfect Marriage Revenge.

Standard Procedure of Perfect Marriage


Yi Joo, di kehidupanmu selanjutnya jangan terlalu baik. Itu hanya membuat hidupmu lebih sulit

standard procedure of perfect marriage

    Sejak awal nonton Perfect Marriage Revenge Drama, saya tuh sama sekali tidak punya ekspektasi. Hanya mau menikmati ketampanan Sung Hoon saja. Eh ternyata semenarik itu ceritanya. Khas Makjang itu pasti. Yi Joo itu seperti Miyo Saimori di My Happy Marriage. Dia Cinderella dengan Ibu dan Saudara Tiri yang jahat. Mau balas dendam pakai time travel dulu lagi.

    Yi Joo mikir kalau dia anak yatim piatu yang malang sehingga selalu ingin jadi gadis baik karena itu caranya bertahan, agar bisa ketemu orang tua angkat yang baik pula. Diadopsi keluarga Han, eh ternyata dia anak kandung Bapaknya. Ibu tirinya, Lee Jung Hye setidak suka itu sama Yi Joo dan berkali-kali mencoba melenyapkan gadis itu termasuk Ibunya.


    Dari sisi Seo Do Guk, laki-laki itu sebenarnya sudah jatuh cinta dengan Yi Joo. Makanya saat gadis itu datang minta tolong, langsung saja mau bantu. Dia percaya, melakukan apa pun untuk Yi Joo. Yang bikin makin panas, kecelakaan yang lalu itu melibatkan keduanya sehingga mereka sama-sama time travel.

    Keluarga Seo Do Guk pun sebenarnya juga tidak sesempurna itu. Ada kakak laki-laki, Seo Jung Wook yang selalu iri dengan adiknya. Jadilah si Abang bekerja sama dengan Lee Jung Hye dan Han Yoo Ra agar pasangan Do Guk dan Yi Joo menderita. Apakah semua misi mereka akan berhasil?

Wanbyeokhan Gyeolhonui Jungseok, Inti dari Pernikahan yang Sempurna


drakor perfect marriage revenge

    Ah, suka banget saya sama Drakor Perfect Marriage Revenge ini. Meski saya sering bilang ini kategori drama makjang, tapi plot ceritanya betulan sat set karena ternyata berakhir di episode 12, bukan 16 seperti info sebelumnya. Memang ada time travel, tapi betulan sangat mudah dicerna dan tidak bikin pusing sama sekali.

Pria mana yang akan mencintai wanita yang ditelantarkan oleh Ibunya sendiri?


    Kisah cinta Do Guk dan Yi Joo pun manis-manis gimana gitu. Saya sampai mikir, nyari husband material modelan Do Guk yang ijo neon 50 Watt tuh di mana? Makin mantap karena mertua Yi Joo sebaik itu. Pantas sih anak laki-lakinya sesayang itu sama istri. Dari keluarga memang lumayan penuh cinta. Please, Ibu Mertua, di mana kamu berada?!

    Do Guk dan Yi Joo pun sama-sama menyembuhkan traumanya. Yi Joo yang tadinya susah makan karena pernah diracun, akhirnya bisa makan tanpa berpikir. Mana seumur hidup di cuci otaknya sama si Ibu tiri. Jadi mau suka atau percaya ke orang lain tuh tidak mudah. Begitu juga Do Guk yang kena PTSD (post-traumatic stress disorder) pada kapal dan air laut. Mereka tidak sempurna, tapi jatuh cinta dengan begitu indahnya. 


    Mereka bukannya tidak pernah bertengkar. Ada satu kali dan saya suka bagaimana mereka menyelesaikannya. Mereka mengambil waktu untuk menenangkan diri, tapi tetap berkomunikasi. Hal kaya gini memang yang dibutuhkan tiap pasangan. Makanya mereka sama-sama menjadi rumah masing-masing, tempat untuk pulang dan tinggal dengan bahagia.

Balas Dendam Pernikahan yang Sempurna


balas dendam pernikahan yang sempurna

    Untuk Perfect Marriage Revenge Pemain, Sung Hoon jelas jadi magnet utama di drama ini. Saya sendiri sudah melihat aktingnya di My Secret RomanceNoble, My Love dan Are We in Love. Lalu Jung Yoo Min, ini jadi kali adalah pertama kalinya dia jadi pemeran utama wanita. Sebelumnya dia jadi peran pendukung seperti di drama Heart Surgeons, Itaewon Class, Hospital Playlist, dan lainnya. Harus saya akui, kemistri mereka sangat bagus.

    Pemain lain juga tak kalah menarik. Lucunya, Lee Min-Young, Jeon No-Min, Kang Shin-Hyo, Kim Eung-Soo bahkan  Sung Hoon sendiri bermain di Love ft. Marriage & Divorce. Jadi kaya reuni gitu deh. Bagusnya, ikatan mereka sudah terbentuk sehingga bisa beradu akting dengan sangat baik. Oh jangan lupa Jin Ji Hee pemeran Han Yoo Ra. Sebelumnya dia jadi Yoo Je-Ni di Penthouse. Kata orang, dia bukannya taubat malah lanjut part 2, hahaha. Suka sama Lee Mi Sook pemeran Cha Yeon Hwa Ibunya Do Guk. Peran badasnya mengingatkan saya saat dia main di drama The Law Cafe dan Jealousy Incarnate.

perfect marriage revenge pemain


    Yang saya suka dari Drama Perfect Marriage Revenge ini, semua karakter terutama perempuannya itu kuat. Jujur, saya itu kurang suka dengan karakter cewek lemah yang mudah ditindas, nangis-nangis kaya di sinetron Indonesia. Karakter itu ada di Han Yi Joo episode 1. Setelah time travel, boom! langsung karakternya berubah. Jadi mantap banget aksi balas dendamnya. Dan tenang saja karena masih ada sisi manusiawinya yang lemah, tapi hanya muncul pada saat bersama orang yang dipercaya, yang dicintainya. 

 Secara keseluruhan, saya pribadi merekomendasikan kalian untuk nonton drama ini. Memang semenarik itu cerita dan tentu saja visual pemainnya. Ini bukan drama yang wah, tapi saya berani jamin, Balas Dendam Pernikahan yang Sempurna itu layak untuk dimasukkan ke dalam list tontonan kalian semua.

    Btw, jelang akhir cerita, saya memang sempat baca beberapa episode di komiknya. Kalau bicara Perfect Marriage Revenge Webtoon Ending, jelas versi dramanya cukup berbeda. Drama tentu disesuaikan, tidak semua hal di webtoon akan dimasukkan. Namun saya pikir, jalan ceritanya masih runut, dan sepertinya tidak ada plot hole. Alasan Yi Joo diadopsi sampai akhirnya bertemu orang tua kandung dan juga Do Guk, semua terjawab termasuk penyelesaian cerita.

perfect marriage revenge webtoon ending


nonton perfect marriage revenge sub indo

Jadi, Penjelasan Ending Perfect Marriage Revenge ini seperti apa?

    Saya tidak mau ngasih detail bocoran, tapi yang pasti, yang jahat akan menerima ganjarannya dengan caranya masing-masing. Peran utama? Oh jelas mereka bahagia setelah melewati banyak kesulitan bersama. Buat saya, ending drama ini sudah lebih dari cukup, tidak perlu semuanya diungkapkan. Menggemaskan sekali mereka ini! Buat yang penasaran Nonton Perfect Marriage Revenge Sub Indo, di Indonesia legalnya ada di Vidio ya.

Aku pernah berpikir kebahagiaan adalah sesuatu yang tidak bisa kumiliki. Kupikir, itu adalah sesuatu yang istimewa bagiku. Sesuatu yang tidak berani kuimpikan. Itu sebabnya, bagiku keluarga bahagia hanya ada di atas kanvas. Namun tidak lagi. Setelah bertemu denganmu, aku belajar bahwa kebahagiaan ada dalam keseharian. Itulah saat-saat yang kita lewati setiap hari. Jadi, inilah pernikahan kita yang sempurna

ulasan drama korea perfect marriage revenge

    Saat ada kesempatan kembali entah kehidupan atau apa pun, balas dendam yang sempurna adalah dengan menjalani hidup setiap hari, sebaik mungkin, tanpa rasa khawatir dan mencintai dengan bahagia. Jangan berhenti berdoa setelah berusaha karena kita tidak pernah tahu, suara mana yang akhirnya diijabah. Selamat menemukan rumah untuk kita semua!

    Sekian dulu ulasan Drama Korea Perfect Marriage Revenge dari saya. Ada yang sudah nonton? Coba share pendapat kalian di kolom komentar ya. Sampai jumpa. Happy blogging!

Sumber informasi dan gambar:
https://mydramalist.com/755509-perfect-marriage-revenge/
https://asianwiki.com/Perfect_Marriage_Revenge
https://m.mbn.co.kr/tv/952
Related Posts

Related Posts

22 komentar

  1. Rekomendasi film drakor yg bagus ni menurut ku. Balas dendam pernikahan? hmm menarik banget yaa

    BalasHapus
  2. Oooh ceritanya meh mirip-mirip sama dramanya Park Min Young yang akan tayang ya. Aku menanti-nantikan dramanya itu sih, anyway, aku tuh mau nonton ini juga, tapi list dramaku banyak banget. Bisa-bisa gak nulis-nulis, ntar. Hahahaha

    BalasHapus
  3. oh legalnya di Vidio yaaa mak, kupikir di Viu, Kayanya seru nih, aku juga suka tema kawin kontrak giniii.. hihihihihi. Nanti nonton aaaaah

    BalasHapus
  4. waduh mak ini salah satu list tontonan aku, dan masih ada beberapa list tontonan yang belum accomplished, akhir tahun banyak banget ya drakor yang seru2

    BalasHapus
  5. aduh kok pas banget, aku baca postinganmu sambil ditemani drama ini. ya allah pesonanya Sung Hoon luar biasa deh, gagal move on nih jadinya

    BalasHapus
  6. Emang bagi pecinta drakor, nonton film drama begini tuh udah berasa me tima ya. Apalagi kalau masih berepisode-episode yang pastinya setiap moment bikin penasaran sama kelanjutan hingga endingnya dong

    BalasHapus
  7. Aku setuju ini.. the best revenge versi kita ya. Menjalani hidup dengan baik dan bahagia aamiin. Pernah sebel tapi nggak sampai dendam malah sekarang sih berterima kasih 😁
    Ku jg suka kalau karakter perempuan yg strong gini, menarik untuk ditonton nih

    BalasHapus
  8. Hihii tapi dari awal mungkit niat nggak ekspektasi banyak karena terpesona ama kegantengannya eh tapi kalau lihat jalan cerita, kayaknya aku juga penasaran buat menonton drama ini mba :)

    BalasHapus
  9. ini drama kesukaan para emakk banget dong ya. latar belakangnya ala2 kawin kontrak persis kayak sinetron. wkwk.. terbukti ketampanan oppa berhasil menyihir para emak

    BalasHapus
  10. Wkwk akhirnya ditonton jugak krn pasti penasaran lagi dan lagi lanjutannya. Kyk aku pas nonton love marriage and divorce itu. Tapi yang ini aku belum nonton mbak karena masih nonton drama lain, mungkin nnati kalau udah pas waktunya aku ya nonton juga.
    nah suka quote paling bawah balas dendam terbaik tu ya melanjutkan hidup dengan bahagia yaa

    BalasHapus
  11. Aku juga incip eps 1.
    Tapi terus lupa gak ngelanjutin. Hihihi~
    Memang pesona Sung Hoon gak bisa ditolak. Meski dramanya selalu makjang, tapi ya selalu ditonton. Wkwkwk~

    Aku jadi sadar kalo Jia sering banget bahas drama kalok pemerannya Sung Hoon.

    BalasHapus
  12. Aku baru tau drama ini pas sudah jalan 8 episode hahaha. Aku kira berat gitu dramanya, secara pemainnya byk yg dr drama terkenal sebelumnya. ternyata sedang ya...ceritanya lumayan bagus ya mbk. Happy ending

    BalasHapus
  13. Kusetujuuu, jika balas dendam yang sempurna adalah dengan menjalani hidup setiap hari, bikin the better version dari diri, tapi asli unik ini , perfect marriage revenge

    BalasHapus
  14. Ini aku baru mau nonton, baru tadi aku cek sinopsisnya juga karena penasaran waktu itu lihat ini seliweran di instagram. Eh baca lagi diblognya mak Jiah, tambah pengin nonton deh.

    BalasHapus
  15. Aku lihat sekilas-sekilas aja ini drama. Cukup menarik sih. Dan ya, karakter di sini kuat-kuat. Pemeran utamanya gak lembek, gak mudah ditindas, itu yg saya suka.

    BalasHapus
  16. Aku suka sih drakor2 yang di adaptasi dari webtoon kadang kaya dapet sisi lucu. Apalagi kalo genre nya itu romantix comedy

    BalasHapus
  17. Nah yg begini nih yg saya suka. Cerita menarik dengan plot twist yg bikin bahagia. Ok da ah, segera nonton Perfect Marriage Revenge.

    BalasHapus
  18. drama perfect marriage revenge ini kayanya seru nih dijadiin tontonan ringan. Masalah suami istri memang selalu menarik kalau menututku. kali-kali aja ada tips yang bisa dicontoh.

    BalasHapus
  19. Udah lama gak nonton drakor, sepertinya ini bisa jadi pilihan buat nonton lagi. Soalnya saya pemilih untuk genrr drakor hehe

    BalasHapus
  20. Aku tuh saking banyaknya tontonan drakor, kadang bingung mau nonton yang mana. Ini ada cerita di web komiknya ya? Menarik juga jalan ceritanya. Drakor tema time travel juga seru ya, ini ternyata yang timne travel bukan cumantokoh wanitanya aja ,tapi juga tokoh prianya sama. Seru sih, jadi tertarik nonton juga

    BalasHapus
  21. Yang jahat akan menerima ganjarannya, aih jadi happy ending ya mbak.
    Hihi... itulah hebatnya drama korea ya, lihat satu episode, terus bisa bikin penonton penasaran dan akhirnya lihat semua episodenya deh

    BalasHapus
  22. Dari temanya tentang balas dendam kebayang filmya bikin emosi dan greget. Paling seneng kalau nonton film happy ending, bisa tidur nyenyak heuheu

    BalasHapus
Komentar saya moderasi. Tinggalkan jejakmu di sini, Teman!