Explore the blog
Kamis, 15 Oktober 2020

Review Drama China Poisoned Love

Bismillaahirrahmaanirrahiim.... 

Kamu punya masalah tidur? Susah tidur? Pernah tidur sambil berjalan? 

Nǐ hǎo! Bicara tidur, biasanya saya sedikit kesulitan untuk tidur malam. Gimana ya? Itu kan waktu yang asyik buat nonton drama, hahaha. Sekarang enggak begadang maraton drama lagi kok. Btw, ulasan kali ini sedikit spesial karena saya ikutkan pada OWOP Warung Blogger dengan tema Review Film atau Drama yang baru selesai ditonton. Karena terlalu banyak yang saya ikuti, akhirnya saya menamatkan dulu Drama China Poisoned Love, Cinta yang Beracun.

poisoned love

Fang Yan merupakan seorang dubber yang memiliki masalah gangguan berjalan dalam tidur. Ketika di sebuah acara, penyakitnya kumat dan dia ditolong oleh Shi Meng, produser film di mana Fang Yan mengikuti audisi. Karena kesalahpahaman, Fang Yan mengira yang menolongnya adalah Shi Yi, seorang penyanyi populer. 

Memanfaatkan keadaan untuk mengobati penyakitnya, Fang Yan berusaha mendekati Shi Yi lewat Shi Meng. Lalu, apa yang akan terjadi? Akankah Fang Yan bisa sembuh?


Title: Poisoned Love
Chinese Title: 恋爱吧,食梦君!/Lian Ai Ba Shi Meng Jun/Fall in Love
Broadcast Website: iQIYI
Broadcast Date: September 24, 2020
Air Time: Thursday, Friday 12:00 (2 eps)
Genres: Friendship, Business, Comedy, Romance
Tags: Hate To Love Relationship, Bickering Couple, Mistaken Identity, Assistant, Sleepwalking, Healing, Adapted From A Manhua, Trauma, Mental Health, Voice Actor
Language: Mandarin
Episodes: 24
Duration: 45 min
Director: Chen Gang, Shao Yuhua
Production Company: Hero Kiddo, Sanfu Interactive Entertainment, iQIYI Dongman
Producer: Li Ying, You Yiyi
Origin: China
Cast:
Ma Meng Wei as Fang Yan
Ao Rui Peng as Shi Meng
Luo Zheng as Shi Yi
Shi Qingyan as Zuo Yao
Ma Dongchen as Hao Yingjun
Wu Chengze as Wei Lin
Su Xin as Ling Fangqin
Zhao Shuai as Xiao K
Ma Dabao as Zuo You
Cheng Shiyu as Gu Yuanzhou
Xin Ruyi as Gu Wei
Zack Gao as Doctor Cui
Zhang Linsheng as Da Shi
Wang Ziyan as Dao Yan
Ye Haiwen as Lin Lin
You Yiyi as Ni Na
Leng Haiming as Shi Jianhua
Li Yunxi as Xiao Fangyan
Xu Jiaxi as Xiao Shimeng
K Shao as Xiao Shiyi
Li Qiang as Zheng Zong
Zheng Wenlong as Chen Zong
Zeng Xitang as Yi Ming 

Review Chinese Drama Lian Ai Ba Shi Meng Jun


lian ai ba shi meng jun poisoned love

Seperti sebelum-sebelumnya, saya itu tidak ada niat nonton drama Poisoned Love ini meski tahu Ma Meng Wei yang jadi pemeran utama. Saya sudah menyukainya sejak bermain di Love The Way You Are dan kameo di Fairyland Lovers. Saya pikir mau nunggu Hotel Trainees saja di mana dia jadi lead female berpasangan dengan Eden Zhao yang pernah bermain di Le Coup de Foudre dan Please Love Me. Berhubung Hotel Trainees belum ada subtitel Indonesianya, akhirnya saya coba nonton drama Fall in Love. Eh ternyata lihat Ao Rui Peng boleh juga, hahaha. 

Poisoned Love ini diadaptasi dari Manhua 恋爱吧食梦君 (Lian Ai Ba Shi Meng Jun/Love Bar, Shimengjun). Sebenarnya saya sudah mencoba mencari itu Webtoon, tapi ternyata enggak mudah. Jadi saya belum bisa membandingkan karena tidak tahu persis cerita Webtoonnya seperti apa.
 

Dalam drama Fall in Love ini diceritakan ada seorang gadis bernama Fang Yan yang berprofesi sebagai dubber atau Penyulih Suara yang cukup jenius. Fang Yan juga menderita gangguan tidur berjalan ketika mengalami syok akibat trauma masa kecil.


Suatu ketika, Fang Yan mengikuti audisi film Kisah Dunia Air yang dikerjakan oleh Concept Picture tapi kemudian penyakitnya kambuh dan akhirnya belum berhasil. Menurut Dokter yang menanganinya, Fang Yan harus jatuh cinta, menemukan seseorang yang membuatnya nyaman dan bisa dipercaya. 

Atas ide teman-temannya Zuo Yao dan Wei Lin, Fang Yan dibawa ke acara yang ramai, konferensi pers Kisah Dunia Air di mana ada Shi Yi, seorang penyanyi populer. Kejadian tak terduga muncul dan lagi-lagi penyakit Fang Yan kumat. Saat itu Shi Meng, produser dari Concept Picture tanpa sengaja menolongnya dan Fang Yan pun jatuh tertidur lelap.


Karena salah mengenali, Fang Yan pikir penolongnya adalah Shi Yi. Ketika Shi Meng datang meminta Fang Yan untuk menjadi pengisi suara Dewi Danau di film fantasi Kisah Dunia Air, gadis itu membuat persyaratan agar bisa bertemu dengan Shi Yi untuk mengobati penyakitnya. Berhasil bertemu Shi Yi? Berhasil karena Shi Yi ternyata Kakaknya Shi Meng. Sayangnya Shi Yi berpikir bahwa Fang Yan adalah fans yang gila. 


Di sisi lain, Ibu Shi Meng merasa putra bungsunya aneh karena tidak dekat dengan perempuan mana pun. Karena di hari ulang tahun Ibunya Shi Meng membawa pulang Fang Yan, Ibunya pun meminta bantuan Hao Yingjun, asisten Shi Meng agar anaknya dan Fang Yan bisa dekat. Karena kebohongan Ibu Shi Meng dan Hao Yingjun, akhirnya Fang Yan jadi pengurus rumahnya Shi Meng.


Dan Kisah Teman Serumah pun berlanjut. Fang Yan pikir dia bekerja pada Shi Yi bukan Shi Meng. Dan laki-laki itu jelas tidak nyaman dengan adanya Fang Yan. Hidup yang damai mendadak kacau. Shi Meng membuat banyak peraturan yang dilanggar Fang Yan. Dari soal suara yang tidak boleh keras, membuat rambut Shi Meng rontok, sampai Fang Yan yang memelihara angsa demi mendalami karakternya sebagai Dewi Danau. 

Seperti drama kebanyakan, benih-benih cinta dari Teman Serumah mulai muncul. Fang Yan menyukai Shi Meng, pun sebaliknya. Tapi keadaan Fang Yan yang berpikir bahwa hanya Shi Yi yang bisa membantunya sembuh membuatnya dilema. Di sisi lain, Shi Yi juga menaruh hati pada Fang Yan. Apa jadinya saat dua bersaudara memperebutkan gadis yang sama? Sampai kapan kesalahpahaman itu terjadi? 

Drama China Fall in Love


poisoned love fall in love

Ketika menulis Happy World Mental Health Day, saya bilang bahwa saya suka drama Psychological dan di Poisoned Love ada sedikit kisah berbau itu. Fang Yan mengalami Parasomnia, gangguan tidur yang melibatkan peristiwa atau pengalaman yang tidak diinginkan yang terjadi saat tertidur, tidur atau bangun (Wikipedia Parasomnia). Dalam kasusnya, Fang Yan ini sleepwalking atau somnabulisme karena syok. Misalnya dia kaget saat melihat hantu atau hal yang menyeramkan. Lalu blank dan seperti tidur berjalan, tak tahu apa yang diperbuat. Berlangsung cukup lama hingga akhirnya jatuh tertidur. 

Bahaya tidak sih Parasomnia ini?


Dalam kasusnya Fang Yan itu cukup bahaya. Jika dia tidak ada yang mendampingi, jalan sesuka hati. Kalau berjalan ke mana bisa jadi masuk ke dalam air, dia enggak sadar dan tenggelam. Masuk jurang, dan lainnya. Ya wassalam. Pengobatannya ya dengan sedikit demi sedikit melawan ketakutan itu, Psikoterapi dan melakukan hal yang membuat nyaman hingga jatuh tertidur lebih cepat.


Alasan kedua kenapa saya nonton Lian Ai Ba Shi Meng Jun ini karena profesi Fang Yan yang menyulih suara. Dulu saya sama Teman suka dubbing asal saat nonton anime. Jadi Dubber sepertinya seru, pikir saya. Nah di drama ini ada bagian saat Fang Yan jadi drama queen, memainkan peran pengisi suaranya. Tidak banyak memang karena fokus drama ini lebih ke kisah cinta mereka. 

Meski di awal Fang Yang membuat dekonstruksi Sleeping Beauty, menurut saya Fall in Love ini lebih terinspirasi dari Kisah Swan Lake, Ratu Odette yang disihir jadi Angsa. Tahu kan kisahnya? Itu Von Rothbart nyihir Odette jadi Angsa. Odette ketemu Pangeran Siegfried dan jatuh cinta. Enggak mau kutukannya hilang, Von Rothbart menyihir wajah anaknya Odile, jadi seperti Odette dan Pangeran Siegfried tertipu. Sama kaya Fang Yan yang menganggap Shi Yi adalah penolongnya bukan Shi Meng meski akhirnya mereka sama-sama jatuh cinta. 

Jatuh cinta, Shi Mengjun


恋爱吧食梦君 poisoned love

Bertemu satu sama lain untuk pertama kalinya, itu pasti kebetulan. Bertemu kedua kalinya, itu tak mungkin dihindari. Jika bertemu untuk ketiga kalinya, itu pasti takdir 

Bagi saya, kisah cinta di Poisoned Love ini seperti perpaduan antara drama What's Wrong with Secretary Kim dan Girlfriend. Ada misteri kenapa Fang Yan mengalami masalah psikologis seperti itu dan alasan Shi Meng bisa jadi obatnya. Shi Mengjun sendiri bagi Fang Yan adalah semacam Peri yang menghilangkan mimpi buruk. Kaya boneka Mang Tae It's Okay to Not Be Okay

Seperti judulnya Cinta yang Beracun, drama Poisoned Love benar-benar nyebarin racun hingga saya betah sekali nontonnya. Fang Yan dan Shi Meng jadi pasangan yang cukup manis. Dari diam-diam suka, nembak ditolak dan bikin uring-uringan, jadian lalu akhirnya melepaskan. Gemas sekali!


Karakter Shi Meng yang dingin tapi bukan yang dingin banget. Sepertinya saya mulai suka sama Ao Rui Peng. Lalu Fang Yan yang cukup strong dengan caranya sendiri. Tukang ngedramanya jangan lupa karena itu bikin gemas. Teringat waktu Shi Meng mau ngusir Fang Yan dengan kecoa dan lainnya, eh malah bikin kaget Shi Meng sendiri. Ma Meng Wei, saya enggak salah suka sama dia. Lalu karakter Shi Yi, sebenarnya kasihan juga sama sad boy ini. Tapi karena di tengah cerita dia berulah, saya jadi agak sebal.


Ada kisah cinta lain antara Zuo Yao, sahabat Fang Yan dan Hao Yingjun asisten Shi Meng. Mereka lucu apalagi ada Zuo You. Tapi karena kisah pemeran utama saya suka, maka saya tidak akan membahas mereka. Shi Qingyan cantiknya sama kaya waktu main di Go Go Squid.


Bagi pecinta drama komedi romantis, saya rekomendasikan nonton Poisoned Love. Ini ceritanya enggak berat, lucu dan lumayan menyegarkan. Jadi cocok buat yang butuh hahahihi merefreshingkan otak. Kalian akan jatuh hati juga pada pasangan Shi Meng dan Fang Yan. Oh iya, fashion musim dinginnya juga lucu. Saya suka.


Kalau ditanya bagian mana yang tak terlupakan, ada dua. Pertama waktu Fang Yan disekap fansnya Shi Yi. Itu Penculik mungkin akan mengumpat keras karena salah sangka terus akhirnya dikasih adegan mesra pula, hahaha. Lalu kedua saat Shi Yi dan Shi Meng akur di penutup episode 24. Asli bikin ngakak, duh! Fang Yang diperebutkan kakak adik. Giliran sudah akur, mereka melupakan Fang Yan. Kalau penasaran, tonton sendiri ya! 

Sekian dulu review drama China Poisoned Love ini. Ada yang sudah nonton juga? Share pendapat kalian ya! Sampai jumpa. Happy blogging! 

Sumber Info dan gambar:
https://mydramalist.com/53985-poisoned-love
http://www.chinesedrama.info/2020/09/web-drama-poisoned-love.html
https://m.weibo.cn/

Whould you like to comment?

  1. aku tuh belakangan ini lagi senang banget nonton drama China, tapi semua yang diatas ini belum ku tonton dong. Coba ah aku list dulu buat tontonan selanjutnya, karena lagi menyelesaikan 1 drama China juga nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan dilanjut. Stok dramaku banyak, hehehe

      Hapus
  2. Apakah setiap tidur jalan itu masalah psikis, ya? Aku enggak kebayang deh, kalau sempat jadi rebutan kakak-adik ntar kalo udah merit jadinya gimana. Pasti awkward banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau aku baca, tetap ada hubungannya sama psikis. Kisah cinta kaya gitu udah banyak sih yaa

      Hapus
  3. Dua bersaudara memperebutkan gadis yang sama? Wow, bagaimana endingnya? Hihi

    BalasHapus
  4. Wah aku belum nonton nih...jadi penasaran sama drama China apakah sama hebohnya dengan drama korea yak...

    BalasHapus
  5. Seram juga ya kebiasaan beginii, tahu-tahu kecebur huhu..belum pernah nonton drama cina, bisa coba nonton nih..

    BalasHapus
  6. Aku punya kebiasaan tidur ngelindur, untungnya ga sampe tidur berjalan sih mbak. 😅 Ngeri banget kalo sampe tidur berjalan. Wah sudah lama ga nonton drama Cina nih, kayaknya seru juga kalau nonton Poisioned Love buat mengisi waktu luang di masa pandemi.

    BalasHapus
  7. Kayaknya kok memarik...
    Belum pernah nonton drama cina aku...
    Baru tahap suka drakor saja

    BalasHapus
  8. Anakku bolak-balik bertanya apakah dia punya kebiasaan tidur sambil jalan atau engga..
    Wkwkkw...aku juga percaya gak percaya sama kebiasaan ini.
    Asik juga yaa..jadi dubber.
    Paling engga, kita bisa menjadi karakter layaknya seorang aktor, hehehe..

    BalasHapus
  9. Belum pernah nonton euy. Pengetahuan drama saya mentok di drama (Korea pula, bukan China) yang diperankan oleh Hyun Bin. Hahahah

    BalasHapus
  10. Saya belum nonton drama ini.
    Baca review ini jadi kenal istilah parasomnia, ternyata ada juga gangguan tidur kayak gini ya. Selama ini kenalnya istilah imsonia aja

    BalasHapus
  11. waktu kecil sih mba pernah tidur sambil jalan wkwkw..dan untuk drama cina belum pernah nih aku nonton penasaran sama endingnya

    BalasHapus
  12. Kalau baca ulasannya menarik banget deh, Mba. Tapi kalau lihat episodenya saya mundur deh. Ga sanggup kalau sampai 20an keatas.

    BalasHapus
  13. Waduhhh itu napa udah jadian malah terus berakhir? Adakah bosan yang jadi penyebabnya, karena kegiatannya jadi rutin ya.

    Wah jadi sulih suara tentu menyenangkan ya Ji, pernah ya punya profesi ini?

    BalasHapus
  14. Drama china aku termasuk yang jarang liat lho mbak, liat review drama china poisoned love jadi ingin coba lihat juga deh mbak huhu siap siap ketagihan nih sama drama china

    BalasHapus
  15. wohoo ga mau kalah sama korea film china sekarang makin renyah aja ya mba.. saya tuh kalau lagi gabut kadang suka nonton film cina di calestial movie dan fiilm kekiniannya suka bikin senyum2 manis juga..

    BalasHapus
  16. Menarik nih drama chinanya. Mau coba nonton ah. Gangguan tidur ini jadi inget temen sendiri

    BalasHapus

  17. It has been a long time since I watched Chinese dramas. this theme seems suitable for my nephew thank you

    BalasHapus
  18. Cinta segitiga gitu ya mak ini ceritanya, 2 pria memperebutkan satu wanita

    BalasHapus
  19. waaaah kayanya seru ya ceritanya, berasa sering liat.. baru sadar liat di iklan google.. hihi. penasaran liat eps1 nya dl aaaah.. hehehe

    BalasHapus
  20. Aku ada masalah gak bisa tidur kalau ada banyak kerjaan sih, kayak BW kali ini haha jadi karena enggak bisa dilakukan siang, jadi aku beneran gak bisa tidur kalau gak segera tuntas. abis ini besok pasti kepalaku pusing banget haha

    BalasHapus

Tinggalkan jejakmu di sini, Teman