Explore the blog

Mengenal UPS System Beserta Fungsinya



Geoman Electrical DNY provides products such as UPS Systems (uninterruptible power supply) in Singapore, with pre-sales communication with on-time delivery and prompt after-sales support

Sabtu, 27 Maret 2021

Review Once Again Korean Drama, Kisah Inspirasi Perempuan Yang Gagal Dalam Pernikahan

Untuk apa menikah jika akhirnya berpisah?

Annyeong hasimnikka! Setelah sekian lama akhirnya saya kembali lagi mengulas Drama Korea. Kelihatannya saya senang betul, tapi kenapa pertanyaan opening sangat membuat overthingking? Baik menikah atau berpisah memang meresahkan. Namun tak ada salahnya jika kita mencoba sekali lagi, seperti drama Once Again.

once again korean drama

Song Young Dal dan Jang Ok Boon merupakan pasangan suami istri dengan empat orang anak. Anak pertama dan keduanya bercerai dan kembali hidup bersama mereka. Anak bungsunya baru saja merayakan pesta pernikahan. Sementara anak ketiganya seorang dokter anak dan hidup cukup baik dengan suami yang sama profesinya.

Memiliki dua anak yang bercerai sudah cukup menyulitkan. Apa jadinya saat si Bungsu pulang ke rumah dan berkata ingin membatalkan pernikahannya? Mungkinkah anak ketiga juga punya dilema dalam rumah tangga?


Drama: Once Again/ I Have Been There Once
Revised romanization: Han Bun Danyeowasseubmida
Hangul: 한 번 다녀왔습니다
Director: Lee Jae-Sang
Writer: Yang Hee-Seung
Network: KBS2
Episodes: 100
Release Date: March 28 - September 13, 2020
Runtime: Saturday & Sunday 19:55
Language: Korean
Country: South Korea
Cast:
Lee Min-Jung - Song Na-Hee
Lee Sang-Yeob - Yoon Kyu-Jin
Cheon Ho-Jin - Song Young-Dal
Cha Hwa-Yeon - Jang Ok-Boon
Oh Yoon-Ah - Song Ga-Hee
Oh Dae-Hwan - Song Joon-Sun
Lee Cho-Hee - Song Da-Hee
Moon Woo-Jin - Kim Ji-Hoon
Kim Bo-Yeon - Choi Yoon-Jung
Lee Sang-Yi - Yoon Jae-Seok
Lim Jung-Eun - Sung Hyun-Kyeong
Lee Ga-Yeon - Song Seo-Young
Ahn Seo-Yeon - Song Seo-Jin
Lee Jung-Eun - Kang Cho-Yeon/Song Young-Sook
Baek Ji-Won - Jang Ok-Ja
Ahn Kil-Kang - Yang Chi-Soo
Ki Do-Hoon - Park Hyo-Shin
Kim So-Ra - Lee Joo-Ri
Song Da-Eun - Kim Ga-Yeon
Shin Mi-Young - dried fish shop owner
Kim Ga-Young - twisted bread stick shop owner
Alex - Lee Jung-Rok
Shin Soo-Jung - Park Ji-Yeon
Kang You-Seok - Han Ki-Young
Kim Hyun-Mok - Hong Sung-Woo
Kim Mi-Eun - Shin Hye-Jung
Lee Sang-Kyung - Sim Jung-Hee
Han Bom - Oh Yeon-Ji
Son Jong-Hak - hospital director
Son Sung-Yoon - Yoo Bo-Young
Song Min-Jae - Yoo Shi-Hoo
Oh Eui-Sik - Oh Jung-Bong
Jang Won-Hyuk - Lee Jong-Soo
Bae Ho-Geun - Kim Seung-Hyun
Jo Mi-Ryung - Hong Yeon-Hong
Jo Han-Chul - Jo Won-Chul
Jang Young-Hyeon - Yoon Jae-Seok's friend
Kim O-Bok - Yoon Jae-Seok's friend
Lim Ha-Bi - Song Young-Sook (child)
Ji Il-Joo - Cha Young-Hoon
Lee Se-Rang - So-Jin's mother
Lee Sung-Kyung - Ji Sun-Kyung
Kang Chan-Hee - Ji-Won
Lee Pil-Mo - Lee Hyun
Kim Ju-Young - Song-Yi
Won Mi-Won - Park Jung-Rye
Lee Jeong-Whee - bar girl
An Seok-Hyun - flashback boy
Lee Seo-Jun - hospital boy
Yang Hee-Jae - boy getting a shot
Seo Hee - nurse
Yu Seung-Il
Song Ha-Rim
Kim Seong-In

 

Review Korean Drama Once Again


review once again korean drama

Sebelum berkata lebih jauh, saya mau mengapresiasi diri sendiri dulu karena sudah berhasil menamatkan dan mengulas drama Korea Once Again. Memutuskan nonton drama I Have Been There Once ini sebenarnya iseng. Waktu itu saya selesai nonton Never Twice. Karena Pandemi dan malas nonton macam-macam, saya pilih drama keluarga dengan panjang 100 episode ini yang tayang selama 6 bulan di Korea. Kebayang gimana perjuangannya? Hahaha.

Kembali ke drama Once Again yang merupakan drama pengganti Beautiful Love, Wonderful Life. Kalau diingat, alasan saya nonton waktu itu karena Lee Min-Jung dan Lee Sang-Yeob. Dalam trailernya mereka ini lucu. Terakhir saya nonton drama Lee Min-Jung itu Please Come Back, Mister. Sementara untuk Lee Sang-Yeob, ini adalah pertama kalinya saya nonton dramanya. Padahal mukanya sudah tidak asing. Aneh memang saya nih.


Bisa dibilang, drama I Have Been There Once bercerita tentang keribetan keluarga Pak Song. Song Young-Dal ini ketua asosiasi di pasar Yongju dan dia terkenal sangat pelit. Alasan kenapa dia begitu adalah karena zaman muda dia miskin bahkan sampai kehilangan adiknya. Pak Song dan istrinya Jang Ok-Boon jualan ayam di pasar. Bisa dibilang seniornya Choi Go Best Chicken.


Pak Song ini punya empat anak. Anak pertama bernama Song Joon-Sun. Kedua Song Ga-Hee. Ketiga Song Na-Hee, dan keempat bernama Song Da-Hee. Anak pertama dan kedua ini sudah bercerai dan mereka kembali hidup dengan Pak Song. Sementara Na-Hee lebih mapan dan punya rumah sendiri. Dan si bungsu habis perayaan pernikahan, eh pulang dan minta batalin nikah.

Jelas itu membuat Pak Song bingung. Kenapa anak bungsunya bisa berpikir kaya gitu? Jang Ok-Boon makin pusing karena mikir, apa kata orang-orang nanti? Dua perceraian saja sudah bikin pusing, apalagi 3? Bagaimana kalau justru malah semua anaknya gagal dalam pernikahan?

Once Again, 4 Kisah Kakak Beradik yang Gagal Dalam Pernikahan


inspirasi perempuan di once again korean drama

Karena drama Korea Once Again termasuk drama keluarga yang panjang meski tidak sepanjang Person Who Gives Happiness, ceritanya bisa dipastikan cukup banyak. Misalnya dari sisi Pak Song yang bekerja di pasar. Nah keributan di pasar ini banyak sekali termasuk soal Adik Pak Song yang ternyata masih hidup. Penonton tahu, tapi tidak dengan Pak Song. Jadinya kita gemas sendiri. Belum lagi dengan pedagang lainnya.


Kalau diceritakan, satu postingan sepertinya tidak akan cukup. Maka saya ambil cerita dari anak-anak Pak Song yang bisa dibilang gagal dalam pernikahan. Saya kupas satu-satu ya!

Satu kata dapat dengan mudah melukai atau menenangkan seorang wanita

  • Sung Hyun-Kyeong


Sung Hyun-Kyeong merupakan mantan istri Song Joon-Sun, putra satu-satunya Pak Song. Alasan kenapa mereka bercerai adalah karena Joon-Sun terlalu baik bahkan sampai dimanfaatkan Temannya untuk menjamin utang. Akhirnya mereka kehilangan rumah dan itu membuat istrinya marah lalu memutuskan untuk berpisah. Mereka punya dua orang putri. Yang pertama adalah Song Seo-Young. Dan kedua Song Seo-Jin yang tidak mau bicara sehingga harus terus melakukan terapi.

Joon-Sun sendiri adalah seorang Pemeran pengganti. Karena kurang cocok dengan atasannya, akhirnya dia memutuskan untuk membuka bisnis Stuntman. Namun usahanya itu belum juga membuahkan hasil. Joon-Sun fokus pada mimpinya. Dia agak lupa bahwa ada kewajiban juga atas anak-anaknya.

Sung Hyun-Kyeong

Di sini saya mengambil sisi Sung Hyun-Kyeong, mantan istri Joon-Sun. Dalam kesepakatan perceraian, Pak Song mau membelikan rumah untuk tinggal sebagai wujud tanggung jawab. Sementara urusan kehidupan anak-anak, Hyun-Kyeong akan menanggungnya sendiri. Dia bekerja keras sebagai tutor. Saat keuangannya menipis, dia juga jadi supir di malam hari hingga membuatnya sakit. Bahkan hubungan dengan putri tertuanya merenggang.

Itu juga jadi pukulan berat untuk Joon-Sun yang bisa dibilang tidak mampu memberikan kehidupan yang layak untuk anak-anaknya. Mantan istrinya bekerja begitu keras dan mengorbankan kesehatannya. Jika pun ada uang, Hyun-Kyeong akan lebih mengutamakan kebutuhan anak-anaknya daripada untuk dirinya sendiri.

  • Song Ga-Hee


Ga-Hee merupakan anak kedua Pak Song. Dia bercerai dengan Kim Seung-Hyun karena suaminya itu berselingkuh. Ga-Hee punya seorang putra bernama Kim Ji-Hoon. Keduanya hidup bersama Pak Song.

Awalnya Ga-Hee sedikit santai karena dia mendapat tunjangan dari mantan suaminya. Lama-lama, itu mengesalkan juga karena dia tidak punya uang untuk pegangan. Meski dia mantan pramugari, tapi usianya tidak muda lagi. Akhirnya Ga-Hee memutuskan untuk mencari pekerjaan di toko pakaian. Apakah semua berjalan lancar?

Song Ga-Hee

Oh tidak. Manajer Toko tidak suka dengan Ga-Hee. Bahkan ketika ada pemilihan untuk gaya busana, pakaian pilihan Ga-Hee tidak dipilih. Padahal atasannya suka dengan gayanya.

Akhirnya setelah ngobrol dengan Park Hyo-Shin yang awalnya merupakan pegawai Pak Song yang ikut tinggal di rumah, Ga-Hee memutuskan untuk membuka toko pakaian online sendiri. Ga-Hee pandai dalam memadupadankan pakaian. Hyo-Shin juga membantu Ga-Hee melakukan banyak hal termasuk belanja dan jadi model bajunya.

Perasaan yang tidak disampaikan dengan kata-kata tidak bisa memiliki kekuatan apa pun

  • Song Na-Hee


Bisa dibilang, putri ketiga Pak Song ini jadi kebanggaan keluarga. Pertama karena dia pintar, berpendidikan, dan punya pekerjaan mapan sebagai dokter anak. Begitu juga menantunya Yoon Kyu-Jin yang bekerja di rumah sakit yang sama.

Mereka terlihat bahagia, tapi sebenarnya sudah terlalu lama mereka tidak saling tersenyum. Hubungan mereka mendingin setelah Na-Hee mengalami keguguran. Belum lagi Choi Yoon-Jung, Ibu Kyu-Jin yang suka mabuk dan selalu mencari putranya. Hubungan Na-Hee dan Ibu mertuanya tidak terlalu baik. Apalagi di masa lalu, Jang Ok-Boon dan Choi Yoon-Jung itu selalu bersaing.

Song Na-Hee

Karena merasa lelah, Na-Hee dan Kyu-Jin memutuskan untuk bercerai. Mereka berpisah, tapi masih tinggal serumah karena alasan harga rumah yang turun sehingga tidak mungkin untuk dijual. Di depan orang-orang, mereka terlihat baik-baik saja dan menyembunyikan perceraian itu.

Ya namanya bangkai, pasti akan bau juga begitu juga status Na-Hee dan Kyu-Jin. Mereka ketahuan dan pasti itu menimbulkan perpecahan di antara kedua keluarga yang memang kurang akur. Na-Hee juga akhirnya pulang ke rumah Pak Song.


Mungkin secara finansial Na-Hee terlihat lebih baik daripada kedua Kakaknya. Namun karena ada status anak 'terbaik', itu juga membuat Na-Hee kesulitan. Dia dituntut sempurna sampai orang-orang di rumah sakit mengucilkannya. Ketika akhirnya berusaha untuk move on dan dekat dengan Lee Jung-Rok, seniornya di kampus yang sekarang jadi direktur RS, Na-Hee juga dapat cibiran.

Enggak ada yang mudah untuk seorang wanita yang bercerai sementara mantan suaminya juga bekerja di tempat yang sama. Sindiran selalu ada. Namun keduanya berusaha berdamai meski itu sangat sulit karena sebenarnya masih sama-sama cinta.

  • Song Da-Hee


Jika ketiga Kakaknya bercerai, maka si bungsu ini kasusnya membatalkan pernikahan. Di Korea kan ada model nikah dengan perayaan dulu baru mendaftarkannya secara resmi. Nah si Da-Hee ini baru melakukan pesta saja.

Malam setelah pesta, Da-Hee melihat Cha Young-Hoon selingkuh. Gila sih! Belum juga sehari dan dia main sama perempuan lain. Mana Da-Hee diomeli gara-gara pendidikan dan pekerjaannya. Da-Hee tidak terima dan akhirnya pulang ke rumah. Jelas hal itu membuat orang rumah gempar. Bisa-bisanya si Bungsu yang pendiam malah meledakkan bom!

Song Da-Hee

Pernikahan gagal, magang di perusahaan biro perjalanan juga tidak berjalan lancar dan akhirnya memutuskan resign. Da-Hee yang dalam keadaan galau bertemu dengan Jae-Seok yang ternyata adalah adik Yoon Kyu-Jin. Jae-Seok mengajarkan Da-Hee untuk jadi pribadi yang lebih berani agar tidak ditindas. Da-Hee juga akhirnya memilih untuk melanjutkan sekolahnya. Untuk biaya, Da-Hee bekerja paruh waktu di kafe Choi Yoon-Jung, Ibu Yoon bersaudara.

Dua orang yang sama sekali berbeda mencoba jadi satu keluarga. Tentu saja itu akan menjadi perjalanan yang bergelombang

I Have Been There Once, Kegagalan Tidak Selamnya Menyedihkan



Perceraian saat ini merajalela seperti demam. Dari statistik, satu dari tiga pasangan suami istri di Korea akhirnya berpisah. Aktualisasi diri sekarang ini lebih penting. Jarak usia orangtua dan anak juga jadi penyebab perbedaan pandangan tentang pernikahan. Dari Once Again, saya belajar bagaimana anak muda dewasa mencari kebahagiaan dengan cara mereka. Kegagalan dalam pernikahan ternyata bukan sesuatu yang buruk.

Berarti saya pro dengan perceraian dong? Bukannya perceraian itu dibenci Tuhan?

 


Tergantung kasusnya juga. Jika kawin cerai untuk main-main, ya saya enggak setuju. Namun jika contoh alasan perceraiannya seperti di drama Once Again, ya tidak masalah. Malah ada bagusnya mereka gagal dalam pernikahan.


Misalnya Song Joon-Sun dan Song Na-Hee yang harus berpisah dulu dengan pasangannya untuk kembali bersama. Kalau mereka tidak bercerai, justru itu akan menyakiti diri mereka sendiri. Saat tidak bersama, itu jadi jarak dan waktu untuk mereka saling jujur. Tentunya dengan usaha untuk menjadi orang yang lebih baik.


Sementara untuk Song Ga-Hee dan Song Da-Hee, perceraian dan batalnya pernikahan malah membuat mereka bertemu dengan orang yang lebih baik. Kedua Kakak Beradik ini korban perselingkuhan. Mana ada yang mau bertahan jika pasangannya mendua?

Perceraian sebaik apa pun, pasti menyisakan luka, apalagi untuk perempuan. Namun itu bukan alasan untuk terpuruk dan menyalahkan diri sendiri. Kamu berhak berbahagia!

Na-Hee pasca bercerai, dia seperti menutup telinga, tak peduli apa kata orang lain. Lalu Sung Hyun-Kyeong, dia juga harus bangkit dan bekerja keras untuk biaya hidup anak-anaknya. Dia tidak lagi mengandalkan mantan suaminya untuk tunjangan anak.

Ga-Hee dan Da-Hee pun akhirnya mengupgrade diri menjadi lebih baik. Ga-Hee dengan toko onlinenya sehingga bisa mandiri secara finansial. Dan Da-Hee melanjutkan pendidikan meski usianya tak lagi muda juga kepintaran yang pas-pasan.


Perceraian bukan hanya menyakiti pasangan itu sendiri, tapi ada anak-anak juga keluarga yang terluka. Namun lagi-lagi, saya masih berpikir bahwa tak ada yang salah dengan perceraian. Itu lebih baik daripada bertahan dan saling menghancurkan.


Bersyukurnya karakter Pak Song dan Istrinya ini cukup terbuka dengan pilihan anak-anaknya. Awalnya memang membuat resah, bahkan saya sampai ikutan nangis. Namun mereka juga jadi pendukung nomor satu saat anaknya diperlakukan tidak baik atau memarahi jika mereka melakukan kesalahan.

Sadon Couple, Pasangan Favorit di Drama Once Again



Di awal saya bilang alasan nonton karena karakter Song Na-Hee dan Yoon Kyu-Jin. Namun pada perjalanannya, saya malah suka banget sama kisah Sadon Couple. Siapa dia? Song Da-Hee yang polos dan Yoon Jae-Seok si dokter gigi.


Dari episode awal sampai akhir, kisah mereka itu lengkap. Mulai dari pertemuan pertama tak terduga. Lalu orang asing yang duduk bersama. Kenal dan akhirnya tahu bahwa mereka saudara ipar. Lalu pertentangan batin saat jatuh cinta. Da-Hee yang ditembak malah kabur. Juga Jae-Seok yang awalnya tidak percaya pernikahan tapi akhirnya mengajak Da-Hee menikah dengan segala keraguan dan penolakan dari kedua keluarga.


Kisah dua bungsu ini enggak mudah. Mereka sampai backstreet gara-gara keadaan di mana saudaranya bercerai. Belum lagi Ibu-ibu mereka yang sering bertengkar. Jatuh bangun banget untuk bisa bertahan. Untuk kisah cinta lainnya, sebenarnya banyak juga yang lucu dan menarik. Namun kamu harus nonton sendiri drama I Have Been There Once ini.


Dan tak terasa sudah panjang banget saya bercerita. Ini saja baru dari anak-anak Pak Song. Belum kisah lainnya. Saya tahu Kalian mungkin akan berpikir banyak jika melihat jumlah episodenya. Namun percaya sama saya, Kalian enggak akan rugi nonton drama Korea Once Again ini. Akting para pemainnya juga oke lho! Bahkan Lee Sung-Kyung dan Chani SF9 juga jadi kameo. Jadi siapa mereka?


Kita akan menemukan banyak hal yang cukup related dengan kehidupan saat ini. Mulai dari hubungan dengan orangtua, hubungan saudara yang saling membantu meski kadang ada pertengkaran. Persahabatan juga ada. Dan pastinya cerita inspirasi perempuan-perempuan di mana mereka bangkit dan bertahan di masa sulit setelah perceraian. Drama Keluarga ini lucu dan ada kalanya menguras air mata seperti saat Seo-Jin pertama kali bicara setelah hampir 70 episode. Bahkan saya bisa ikut depresi sendiri karena masalah-masalah mereka. Love banget deh sama drama satu ini.

Nonton drama Korea Once Again subtitle Indonesia di mana sih, Ji?

 

nonton once again di aplikasi viu

Oh, kemarin saya baru menyelesaikan drama I Have Been There Once ini di aplikasi Viu. Tahu kan, tahu dong apa itu Viu?

Viu adalah salah satu aplikasi streaming drama atau film Asia yang bersifat freemium dan memiliki izin resmi. Sebagai Pecinta gratisan dan wara-wiri di dunia nonton, saya sudah khatam situs nonton drama online subtitle Indonesia, baik yang legal maupun ilegal. Nah tahun lalu, Adik saya pasang WiFi dan akhirnya saya bisa mengakses internet dengan mudah dan tanpa batas. Jadilah saat nonton, sekarang saya pilih Viu karena lebih aman dan nyaman.

viu

Viu media streaming ini dioperasikan PCCW Media, anak Perusahaan PCCW (Perusahaan telekomunikasi terbesar di Hong Kong) dan diluncurkan pada tahun 2015. Untuk Viu Indonesia sendiri diluncurkan tahun 2016. Selain itu, Viu juga sudah tersedia di negara Singapura, Malaysia, India, Filipina, Thailand, juga Negara-negara Timur Tengah.

Mengapa saya pilih Viu?

 

Mengapa semua menangis? Biasalah! Eh salah ya, hahaha. Bahagia dong, jangan nangis-nangis wong ada tempat nonton drama yang oke. Nah paling tidak, saya punya 6 alasan kenapa kita harus nonton di Viu, antara lain:


alasan nonton di aplikasi viu

  1. Gratis dan resmi. Kita memang hanya modal kuota internet, tapi dengan izin resmi, artinya kita juga ikut dukung karya kru produksi juga aktor aktrisnya. Kita bisa nonton secara gratis sekitar 70% video drama dan film yang saat ini ada lebih dari 4500 jam. Coba hitung berapa video itu? Banyak!
  2. Drama dan Film Asia. Jika banyak Teman yang menyebut dirinya Pecinta Drakor, maka saya adalah Asian Drama Lovers. Saya suka drama Asia dari Indonesia, Korea, Jepang, China juga Thailand. Nah di Viu semua ada termasuk drama Timur Tengah. Bahkan anime kaya Detektif Conan ada lho. Variety Show Korea? Ada juga
  3. Bisa dibuka di desktop atau laptop, mobile browser, bisa juga dengan download aplikasi Viu
  4. Kualitas gambar HD dengan subtitle bahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa Malay, China sederhana dan tradisional, Tagalog, Thailand, juga Arab.
  5. Bisa nonton tanpa registrasi. Jika mau lihat video premium, baru deh registrasi dan berlangganan. Untuk biaya, sekitar 30 ribu rupiah sebulan. Namun tenang saja karena kamu bisa memanfaatkan promo. Kemarin saya lihat ada promo 100 ribu untuk 6 bulan. Bayarnya bisa lewat Gopay, Shopeepay, OVO, atau pulsa. Asyik kan? Jadi bisa nonton langsung karena tayang di hari yang sama dengan negara asal dan tanpa jeda iklan. Video juga bisa diunduh dan ditonton secara offline di mana saja dan kapan saja
  6. Satu akun bisa digunakan maksimal 5 perangkat di saat bersamaan termasuk ditautkan di TV. Ini kan mantap banget! Bisa patungan buat langganan, hehehe

Nah sekarang sudah tahu bagaimana keseruan saya nonton? Makanya kamu juga coba nonton drama Korea di aplikasi Viu. Kalau ada yang gratis dan legal, harus didukung dong. Kita juga enggak perlu khawatir jika nonton tidak bisa sekali duduk dan pakai jeda. Nanti kita dapat lanjut nonton karena ada titik terakhir penanda kita sampai di mana.


Untuk drama-drama Asia di Viu, lumayan banyak yang sudah saya ulas seperti A Love So BeautifulLe Coup de FoudrePlease Love MeMy Amazing BoyfriendYouth dan lainnya untuk China. Dari Thailand ada I Wanna Be Sup'Tar, Flower Ring. Japanese Drama ada Tokyo Love Story 2020 atau yang terbaru yaitu Shitteru Wife yang merupakan remake dari Familiar Wife. Korea, banyak sih kaya Soul MechanicInto The RingHer Private LifeAnother Miss Oh bahkan drama lama Princess Hours juga ada. Drama original Viu kaya My Bubble Tea juga menarik. Ya ampun, banyak banget saya nyebutnya! Cek sendiri saja di List Review Film dan Drama jika mau nonton drama-drama yang ada di aplikasi Viu. Jangan khawatir karena nanti ada rekomendasi drama menurut genrenya seperti romance, comedy, action, thriller, horor dan lainnya.

Ji, gimana ya? Saya ini bukan Pecinta Drama kaya kamu!

 


Oh, don't worry, Chingu! Aplikasi Viu itu isinya enggak hanya drama dan film kok. Saya tadi bilang kan kalau ada Variety Show Korea juga. Kshow Online ini banyak jenisnya contohnya Running Man,  I Can See Your Voice atau Knowing Brothers. Kamu juga bisa nonton ulang Produce 101, Produce X 101, dan acara musik lainnya buat penggemar K-Pop. Senang kan karena bukan drama?

Buat kamu yang suka jalan-jalan, bisa juga nonton Fun Taiwan First Timer atau Travel Hacks. Suka makan, masak dan mau tahu resep masakan yang oke? Tonton saja Asian Food Network, Ravinder's Kitchen, Must Try Asia dan Cooking For Love. Semua ini bisa Kalian temukan di Viu. Lengkap banget kan tontonannya? Mana banyak yang menarik lagi! Tunggu apa lagi? Yuk segera unduh aplikasinya!

Dunia hanya bisa indah jika aku bahagia tinggal di sana

 


Kehidupan pernikahan memang tidak selamanya sesuai ekspektasi. Meski begitu, kita bisa tetap menjalaninya dengan bahagia. Jika pun akhirnya berpisah, itu juga tidak masalah. Bukankah keberhasilan adalah kegagalan yang tertunda? Jadi tetaplah berbahagia!

Karena sudah panjang sekali, saya akhiri review drama Korea Once Again sampai di sini. Ada yang sudah nonton juga? Jika iya, share pendapat Kalian ya! Sampai jumpa. Happy Blogging!

Sumber informasi dan gambar: Asianwiki, HanCinema & Viu

Whould you like to comment?

  1. Aduuuh aku kayaknya harus nonton ini, aku suka nih cerita sederhana tapi punya pelajaran berarti dalam hidup. Drakor itu maknanya dalem2 kadang. Beda ama sineron kita. Ahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus nonton. Kalau dibandingkan sinetron kita ya gak pas sih. Udah beda jurusan

      Hapus
  2. Ya ampuun, drakor ini pasti bikin daku termehek2
    karena ceritanya tentang keluarga, duh, related bangeett
    Keren2 ya tayangan di VIU itu
    Mantab jiwa deh, menemari hari2 kita!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang mantap banget. Cerita keluarga itu selalu berkesan. Nanti cek aja di Viu buat nonton

      Hapus
  3. Unik ya ide ceritanya ... saya kalau tahu ada ide seperti ini mikirnya begini ... kok bisa ya terpikir dengan ide cerita ini. Kayak yang diulas sama Jiah ini ... kok bis aya bikin cerita yang idenya dari 4 bersaudara yang pernikahannya gagal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya karena di Korea sana perceraian memang santer. Makanya dijadikan cerita

      Hapus
  4. ngebayangin nonton ini rasanya baklan bucin banget, mewek juga kayak aku nonton drakor mom aduh apa ya judulnya, jadi ceritanya ibunya meninggal trus hidup lagi dan dikasih waktu berapa puluh hari buat mendapatan yang dia mau atau tuju

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hy Bye Mama mungkin, tapi gak tahu juga kalau ada Drakor model kaya gini dengan judul selain itu

      Hapus
  5. Waah drakor keluarga ya mbak. Vibes-nya hangat sekali soalnya. Menurutku cerai gpp kalau latar belakang masalahnya perselingkuhan. Buat apa mempertahankan org yang udah berkhianat. Makanya nikah itu berat, komitmennya sama Tuhan juga. Aku kayaknya abis ini mau nonton juga Once Again, ceritanya relate banget sama kehidupan kita sehari-hari.

    BalasHapus
  6. Mengharukan film ini, aq belum nonton tapi sering baca gitu di beberapa akun IG KDrama. Premis cerita sangat menarik, tapi jumlah episodenya mayan panjang sekali ya, Ji. Huhuhu, tapi dirimu bikin review gini setidaknya terobati rasa penasaran. :D
    Gagal dalam pernikahan biasa terjadi, dan seringnya yang gagal ini more stronger ya untuk menghadapi permasalahan lagi.

    BalasHapus
  7. meskipun ceritanya gagal dalam pernikahan tapi tetap bisa ya mba mendapat pelajaran dan hikmahnya

    BalasHapus
  8. Viu memang bagus banget buat nonton film", udah legal dan terpercaya

    BalasHapus
  9. Wah, asiknya kalau ada promo film premium bayar 100 ribu untuk 6 bulan hehehe.... Ternyata gratis dan resmi ya kita nonton di Viu ini. AKu belum pernah soalnya, sekarang jadi tertarik.

    BalasHapus
  10. 100 episode? belum apa2nya sih ya sama sinet indo yg smp tiga digit episode (upsss).
    Etapi bayangin 100 saja saya sudah ngeper. Butuh ketabahan untuk menontonnya hehehe. Mana ceritanya juga relate dengan kehidupan sehari ya Jiah. Banyak pernikahan gagal dan saya kagum banget sama pasangan2 yg berhasil keluar dari jebakan betmen :D.. dari prahara pernikahan lah :)

    BalasHapus
  11. Pengin banget buat langganan VIU nih
    Lumayan buat mengisi hari2 selama pandemi.
    Ntar aku diskusi ama suwamik ah

    BalasHapus
  12. Buat saya nonton drakor tuh bukan sekedar cari hiburan, tapi juga ambil sisi positif dari tokoh perempuan protagonis dalam filmnya.

    Samma nih kita mbak, nonton drakornya di Viu. Semua judul yang saya cari pasti ada di Viu.

    BalasHapus
  13. Awalnya saya mau nonton drama ini krn ada lee sang Yeob nya. Tapi liat jumlah episodenya saya jadi mundur alon-alon HAHA. Padahal liat teasernya sepertinya akan bagus ceritanya

    BalasHapus
  14. waaa... sampai 100 episode, pantesan aja reviewnya panjang banget. Eh ini juga udah di singkat-singkat ya mbak.

    Emang ya, kalau pernikahan malah menyakitkan hati terus-terusan, lebih baik berpisah aja. Mumpung belum ada anak, ntar klo sudah ada anak, tambah berat

    BalasHapus
  15. pasti udah banyak drama yang ditonton yaa mba. Kalau liat drakor kayaknya ngga ada habisnya eheheehehe

    BalasHapus
  16. Saya setuju kalau pernikahan memang sebaiknya tidak bercerai. Gak ada juga yang mengharapkan itu terjadi. Tetapi, memang harus dilihat kondisi pernikahannya. Jangan malah jadi membuat suasana pernikahan gak nyaman 'hanya' karena tidak ingin bercerai

    BalasHapus
  17. Dramanya ttg keluarga yah pasti banyak hikmah yg bsa dipetik, jd pengen nonton dramanya ini deh

    BalasHapus
  18. ceritanya seru yaaa, cerita kakak beradik yang gagal dalam pernikahan. Kebayang jadi orang tuanya pasti sedih banget. Belum pernah nonton nih saya, masukin list dulu deh

    BalasHapus
  19. Kok bagus sih ceritanya, bikin penasaran.
    Tapi lama banget baru tamat hahaha.

    Memang ya, drakor itu selalu membawa cerita yang mendalam, lengkap dengan maknanya.

    Nggak heran banyak yang suka drakor, dan ngedrakor nya pun pada milih viu :)

    BalasHapus
  20. Menarik banget ya ceritanya, tentang perceraian yang relate banget sama kehidupan didunia nyata. Aahhh jadi pengen nonton deh

    BalasHapus
  21. Drama tentang keluarga gini di drakor banyak yaa, dan banyak pelajaran hikmah yang bisa diambil. Nonton di Viu gambarnya jernih dan betah karena gambarnya bening.

    BalasHapus
  22. Aku belum berani nonton ini heheheh soalnya 100episode bakalan penasaran terus kalau belum kelar. Banyak cerita seru dan postifnya dan rame banget ini keluarga

    BalasHapus
  23. Once again pilihan banget ini mba Jiah. Kayaknya bisa jadi pilihan aku buat dafatr tontonan berikutnya :)

    BalasHapus
  24. Salfok sama kegagalan tidak selama menyedihkan ...bener banget sih. Kadang itu jadi pemecut kita untuk lebih baik lagi ya... Walau dalam berumah tangga mah kegagalan pasti ada air mata hehe..

    BalasHapus
  25. Beautiful Love, Wonderful Life yang 100 episode ya hahaha, habis nonton ini aku belum lanjut ke Once Again Ji. Kisahnya tragis amat sih 4 kisah kakak beradik gagal dalam pernikahan

    BalasHapus
  26. Lika liku pernikahan dan perceraian di drakor ini kumplit banget ya.... walaupun aku bacanya ikut sedih, terutama di fakta angka perceraian yang makin tinggi.... :(

    BalasHapus
  27. soal cerita drakor, klo dinonton dari akting sampe jalan ceritanya emang relate seperti kehidupan kita sehari-hari lebih khususnya pada kehidupan percintaan. Ok deh!

    BalasHapus
  28. Pedrakoran ini emang banyak yang menarik ya, judul-judulnya sampe cerita-cerita dramanya bikin baper. Makasih reviewnya ya mba. Coba nanti masuk list tontonan. Hehehe

    BalasHapus
  29. Wow 6 bulan ya
    Saya sudah lama ga nonton drama dengan episode panjang
    Tapi wlo drama2 ini alurnya terkesan lambat karena eps yang panjang, tetap menarik

    BalasHapus
  30. Meski rentang waktunya panjang tapi drama2 ini tetap asyik untuk ditonton mbak...bahkan aku pribadi tak ingin episodenya cepat berlalu

    BalasHapus
  31. banyak hikmah yang bisa kita petik dari menonton drama korea ya mbak
    termasuk meneladani kisah perempuan inspiratifnya
    dan pastinya VIU adalah andalan terbaik buat nonton drakor ya mbak

    BalasHapus
  32. Setujuu~
    Ini drama gakkan bisa beres hanya satu postingan. Heuheuu....dan konfliknya memang kehidupan sehari-hari banget.
    Aku sampai bikin 3 postingan untuk Drama Once Again. Terlalu suka sama karakter dalam drama ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih nonton sesekali aku Jiaah..
      Drama ini adegannya manismanis kocak.
      Sedihnya uda aku hapalin ada di eps awal dan 20an.
      hehehe..jadi skip yang sedih-sedih, liatin masa-masa mereka saling menemukan cinta kembali.

      Hapus
  33. OMG 100 episode ya, Mbak. Keren banget bisa nonton sampai selesai. Tapi kalau cerita semenarik ini pasti nggak terasa juga nontonnya. Apalagi kalau di Viu kan episodenya bisa didownload untuk ditonton offline dan gampang diakses. Jadi kalau tiba-tiba nganggur bisa nonton kapan aja.

    BalasHapus
  34. Luar biasa ini buat para penonton yang nonton Once Again! Kayaknya aku nggak sanggup kalau harus nonton drama sepanjang 6 bulan dengan keluarga yang sama. Oh niio

    BalasHapus
  35. Aku malah belum nonton drama Once Again. Bagus ya ternyata. Aku masukin dulu deh ke list.

    BalasHapus
  36. Ya saya percaya drakor ini BAGUSS, 100 episod pasti terbayarkan lelahnya. Kalau dilihat, di korea ama di indo itu kurleb ya soal kekeluargaannya. Yang namanya perceraian menjadi hal memalukan. Orangtua masih memikirkan anak meski anaknya udah nikah dan bekeluarga.
    Bagaimana pun sedihnya perceraian tp bisa aja memang jalan keluarnya begitu dan bisa aja kesempatan kedua lebih baik.

    BalasHapus
  37. Wah aku sering liat nih di Viu tapi blm nonton. Huwaaa drama perceraian satu org aja udah cukup bikin nyesek apalagi ini semua anak cerai ya?
    Memang tak semua perceraian buruk krn bisa jd itu yg terbaik, apalagi kalau penyebabnya selengki, kdrt dll
    Tp kalau krn kesalahapahaman keknya msh ada harapan utk diselesaikan gak sih?

    BalasHapus
  38. Mbaaa aku langsung merinding baca 100 epissode wkwkwk ruar biasa mba perjuangannya ini dan akhirnya berhasil juga nulis reviewnya *kretekin jari dulu mba :p

    BalasHapus
  39. Ceritanya menarik sekali mbk.. Aku belum nonton ini, tapi pernah lihat di Viu. Kayaknya karena faktor episode, sampe 100 wkwkwk.. Tapi lihat review ini kok aku penasaran. Aku pengguna Viu jugaa

    BalasHapus
  40. Eh ya ampun ini 100 ep mba? Wah, ceritanya bagus padahal tp bakal gak kekejar ini tuluuung. Gak kebayang cerai tp msh tinggal serumah n bertemu di tempat kerja yg sama. Pasti nano nano rasanya

    BalasHapus
  41. Hohoho..ternyata banyak juga ya kisah tentang perempuan-perempuan tangguh yang harus berjuang menghadapi kegagalan pernikahannya.. Keren juga nih..jadi pengen nonton..

    BalasHapus
  42. Selalu suka review dari Jiah, ngalir dengan bahasa sehari hari yang enak dibaca

    Saya bukan pecinta drakor, tapi kadang drakor yang kubaca dari review yang ditulis teman teman th ngambil hikmahnya aja

    BalasHapus
  43. Para perempuan tangguh yang menjadi inspirasi di Drama korea nih yah, nontonnya jadi tambah semangat

    BalasHapus
  44. Wah, aku belom pernah nih nonton drakor Once Again ini. Kayaknya seru deh. Nonton ah, mumpung akun VIU-ku masih premium setengah bulan lagi 😁

    BalasHapus

Tinggalkan jejakmu di sini, Teman