Sabtu, 19 Oktober 2019

# 2016 # 2017

Drama Korea Person Who Gives Happiness

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Kamu seorang Ibu dan punya anak? Bagaimana kalau seseorang meminta anak yang kamu rawat? Maukah kamu memberikannya?

Annyeong hasimnikka! Sudah lama banget saya tidak mengulas drama. Lagi keasyikan nonton on going yang masuk di list yang saya tulis di Anyyeong Oktober sih. Meski ada satu yang mundur, tapi diganti drama lain. Jadi tetap saja padat jadwal ngedramanya #Halah. Kali ini saya bukan mengulas, tapi bikin preview karena dramanya belum selesai saya tonton. Lha kok bisa? Ya bisa saja, hahaha. Namanya juga pratinjau!


Im Eun-Hee dan Im Eun-A anak yang kehilangan orangtuanya. Mereka kemudian tinggal di sebuah panti asuhan. Sayangnya Eun-Hee kehilangan Eun-A. Ketika dewasa, Im Eun-Hee mengadopsi seorang anak laki-laki yang ditinggalkan orangtuanya. Bersama sahabatnya Lee Gun-Woo dan Son Myung-Sun merawat Im Ha-Yoon dengan penuh cinta.

Awalnya semua berjalan baik sampai saat Im Ha-Yoon mulai mendapat tawaran untuk menjadi aktor. Siapa sangka dia begitu populer dan berbakat. Perlahan, keluarga kandung Ha-Yoon datang dan meminta Eun-Hee untuk menyerahkan Ha-Yoon. Bisakah dia melakukannya?

Drama: Person Who Gives Happiness
Revised romanization: Haengbokeul Juneun Saram
Hangul: 행복을 주는 사람
Director: Lee Sung-Joon, Park Seung-Woo
Writer: Park Ji-Hyun
Network: MBC
Episodes: 118
Release Date: November 21, 2016 - May 12, 2017
Runtime: Monday-Friday 19:15
Language: Korean
Country: South Korea
Cast:
Lee Yoon-Ji - Im Eun-Hee
Son Seung-Won - Lee Gun-Woo
Ha Yeon-Joo - Kim Ja-Kyung
Lee Ha-Yul - Seo Suk-Jin
Jo Yeon-Ho - Im Ha-Yoon
Yoon Seo - Lee So-Jung
Son Jong-Hak - Lee Hyung-Geun
Song Ok-Suk - Hong Se-Ra
Kim Jin-Woo - Kim Gwang-Soo
Kim Mi-Kyung - Park Bok-Ae
Seo Yoon-A - Seo Mi-Sook
Choi Yoo-Ri - Seo Yoo-Ri
Kim Ji-Yu - Seo Yoo-Ri (baby)
Park Ha-Joon - Seo Suk-Jin (young)
Ga Deuk-Hi - Son Myung-Sun
So Hee-Jung - Ko Kyung-Soon
Yook Mi-Ra - orphanage director
Kim Young-Woong - Kang Dae-Sang
Kim Chang-Hwan - Chi Jung-Hoon
Ahn Jae-Min - Myung Wang-Sung
Lee Jin-Sung - PD Na
Seo Yeon-Woo - Lee-Seul
Lee Jae-Wook - CF director
Kim Ga-Eul - elementary school student (ep.3)
Lee Jong-Goo
Han Sa-Myung

Preview Korean Drama Giving Happiness


Jadi, saya nonton drama Korea Person Who Gives Happiness ini enggak sengaja dan enggak ada niat. Jumlahnya saja lebih dari 100 episode, Kakak. Mana kuat saya?! Nonton Go Go Squid 41 episode saja sudah nguatin hati banget! Tapi karena ini tayang di TV lokal, jadi okelah apalagi sudah didubbing bahasa Indonesia. Jadi nontonnya bisa disambi macam-macam. Meski jadinya bukan nonton TV tapi mendengarkan, ckckck.

Sebelum terjun ke drama on going, saya memang nonton drama Korea di TV. Dulu yang paling sering nayangin ya TV Ikan Terbang atau Indosiar, lalu pernah juga di Trans 7, ANTV, RCTI, dan Global TV. Terakhir, saya nonton Please Come Back Mister di RTV. Kalau sekarang, beberapa drama korea pernah tayang di Trans TV seperti Encounter, What's Wrong With Secretary Kim, Strong Woman Do Bong Soon, SKY Castle, My Fellow Citizens, dan The Secret Life of My Secretary. Untuk yang disulih suara Bahasa, ada Cheese in The Trap, My Only One dan Person Who Gives Happiness yang akhirnya saya tonton.

Alasan pertama saya nonton karena ceritanya tentang Ibu dan anak. Saya memang selalu suka jika ada karakter anak dalam drama atau novel. Kedua, karena lihat pemainnya. Lee Yoon-Ji ini saya suka dari zaman Princess Hours, Dream High, dan The King 2hearts. Terakhir di The 3rd Charm sebenarnya saya cuma sanggup nonton sampai 6-7 episode saja, pusing!

Kembali ke drama Person Who Gives Happiness ya. Seperti yang saya bilang di atas, ini tentang Ibu dan anak. Im Eun-Hee mengadopsi Ha-Yoon saat masih bayi. Karena terlantar, Ha-Yoon ini sampai harus operasi jantung dan paru-paru. Setelah sehat, Eun-Hee mengurus dokumen adopsi Ha-Yoon. Dia merawat Ha-Yoon dengan baik karena anak itu seperti obat yang melindunginya setelah kehilangan orang terkasih.

Saat ini Ha-Yoon berusia 6/7 tahun. Setelah unggahan fotonya di sosial media, tawaran untuk menjadi bintang cilik datang. Ha-Yoon suka akting dan Eun-Hee mengijinkannya untuk satu film saja. Tapi tawaran terus datang dan Ha-Yoon putra Eun-Hee mulai dikenal banyak orang.

Park Bok-Ae adalah nenek kandung Ha-Yoon. Dia adalah orang yang mendukung Eun-Hee untuk merawat Ha-Yoon karena tidak yakin bahwa dia anak dari Seo Suk-Jin, putranya. Ketika Ha-Yoon mulai terkenal, dia begitu khawatir jika orang mulai tahu siapa anak itu. Setelah tes DNA, Ha-Yoon memang putra Seo Suk-Jin. Jadi Park Bok-Ae ingin meminta cucunya pada Eun-Hee.

Seo Suk-Jin sendiri kaget bahwa Ha-Yoon adalah putranya dari Kim Ja-Kyung. Saat ini Ja-Kyung adalah aktris. Jika Suk-Jin jujur bahwa Ha-Yoon adalah putra kandung mereka, itu akan sangat memengaruhi karir Ja-Kyung. Jadilah Suk-Jin berencana menikahi Eun-Hee untuk mendapatkan Ha-Yoon.

Eun-Hee sendiri akhirnya mau menikah dengan Suk-Jin demi Ha-Yoon. Tapi menjadi menantu Park Bok-Ae ternyata petaka. Park Bok-Ae tidak ingin menantu sembarangan dan Eun-Hee jelas bukan pilihannya. Tapi demi Ha-Yoon, dia pun setuju. Mereka menikah hanya perayaan saja, tidak didaftarkan. Nyatanya, itu hanya untuk menipu Eun-Hee. Ketika kenyataan terbongkar, Eun-Hee malah dituduh menculik Ha-Yoon.

Hong Se-Ra yang tahu bahwa Ha-Yoon adalah cucu yang dibuang pada Park Bok-Ae jelas tidak tinggal diam. Ha-Yoon adalah aktor cilik yang bisa menghasilkan banyak uang dan dia ingin memanfaatkan itu. Jadilah dia membuat banyak rencana sehingga akhirnya Seo Suk-Jin menikahi putrinya Kim Ja-Kyung dengan bonus mendapatkan Ha-Yoon.

Bagaimana dengan Eun-Hee?


Awalnya Eun-Hee ingin mengambil Ha-Yoon karena dia masih punya hak asuh atas putranya. Tapi dia tidak ingin menyakiti Ha-Yoon dengan kenyataan bahwa dia adalah anak yang ditelantarkan. Jadilah Eun-Hee melepas Ha-Yoon. Ha-Yoon sendiri jelas sedih, tapi dia hanya anak-anak. Orang dewasa telah mengatur hidupnya.

Hanya karena kamu melahirkannya, bukan berarti kamu sudah jadi Ibu sesungguhnya

Saya kurang tahu bagaimana proses dan hukum dari adopsi anak di Korea. Sepertinya di sana status single, belum menikah memang tidak ada masalah jika mengangkat anak. Kalau di Indonesia sendiri sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2007 tentang Pelaksanaan Pengangkatan Anak. PP 54/2007 tersebut merupakan turunan dari UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Dalam PP 54/2007, peraturan pengangkatan anak dibedakan antara Warga Negara Indonesia (WNI)-WNI, WNI-WNA (Warga Negara Asing) dan orangtua tunggal alias single parent. Adopsi antara WNI-WNI dan WNI orangtua tunggal, permohonan adopsi anak bisa disampaikan hingga Dinas Sosial Provinsi sedangkan adopsi antara WNI-WNA, permohonan perlu disampaikan ke Kementerian Sosial (Kemensos).

Nonton ini ya memang sinetron banget, panjang pula. Tapi saya lumayan menikmati. Kalau sudah masuk bagian Ha-Yoon dan Eun-Hee, saya bisa berkaca-kaca saat mereka kangen-kangenan. Bagaimana tidak? Meski Eun-Hee Ibu Angkat, tapi dia lah yang membesarkan Ha-Yoon. Tidak bisa dengan mudah menerima keluarga barunya. Dan keluarga kandung Ha-Yoon itu sinting semua. Kesel banget saya!

Pertama Park Bok-Ae. Dia sayang sama Ha-Yoon, tapi gila banget dengan meminta Eun-Hee menyerahkan putranya. Kim Mi-Kyung ini ahjumma legenda di per-drama-an. Dia sering jadi Ibu-Ibu yang galak pada anaknya seperti di Another Miss Oh dan Her Private Life. Tapi dia baik pada pacar anak-anaknya. Di drama ini jauh banget. Dia mertua jahara! Ibu-Ibu ngeselin lainnya adalah Hong Se-Ra. Dia ini sudah eksploitasi Kim Ja-Kyung untuk menghasilkan uang. Pokoknya mana-mana yang menguntungkan ya oke. Song Ok-Suk ini main juga di Special Labor Inspector Mr. Jo dan berisiknya minta ampun.

Para nappeun lainnya jelas orangtua Ha-Yoon, Seo Suk-Jin dan Kim Ja-Kyung. Suk-Jin ini gendeng karena selalu menuruti permintaan Ibu Mertuanya. Sementara Ja-Kyung, dia hanya peduli dengan karirnya. Ha-Yoon diterima saja karena dia aktor cilik terkenal. Kalau dia anak biasa, mana mau ngurusin. Lee Ha-Yul pemeran Suk-Jin kemarin main juga jadi agen NIS di Designated Survivor: 60 Days. Untuk Ha Yeon-Joo, saya baru kali ini lihat aktingnya. Jadi tidak ada komentar.

Drama Korea Giving Happiness ini sedih-sedih doang ceritanya?

Iyalah, namanya juga melodrama. Banyak bikin nyeseknya. Kaya kisah lain Eun-Hee. Untuk akting enggak usah dipertanyakan karena dia oke banget. Dia kehilangan Ayah dan Adiknya. Disukai sama Lee Gun-Woo, eh dianya milih nikah sama Suk-Jin. Dari spoiler-spoiler, saya tahu adiknya siapa, tapi prosesnya sampai begitu ya belum tahu. Kan ini preview, nonton belum sampai tamat. Son Seung-Won pemeran Lee Gun-Woo ini saya pertama tahu aktingnya di Eulachacha Waikiki. Jauh banget perbedaannya. Sama bagusnya hanya karakternya lebih dewasa. Sayangnya orang kaya gini kena masalah dan akhirnya di Hotel Prodeo. Semoga kembali dan jauh lebih baik ya!

Jo Yeon-Ho pemeran Ha-Yoon, dia pintar juga aktinya. Lumayan sering lho bagian nangis-nangisnya dan bikin saya yang nonton ikut sedih. Selain Yeon-Ho ada Choi Yoo-Ri sebagai Seo Yoo-Ri, sepupu Ha-Yoon. Kalau dia mah saya sudah tahu aktingnya saat main drama I'm Not a Robot, To. Jenny, dan Clean With Passion For Now. Paling gemes ya di To. Jenny itu.


Meski saya belum kelar nonton karena memang nunggu tayang di TV sebab malas dan memang belum ada download drama Person Who Gives Happiness subtitle Indonesia, tapi saya cukup belajar tentang arti Ibu, orangtua yang sesungguhnya. Meski dia tidak melahirkan, tetaplah dia orangtua yang akan menjadi nomor satu dalam memberikan kebahagiaan pada anaknya. Kasih sayang orangtua memang tidak ada batasnya ya.

Saya sudah lihat spoiler dan video akhir kisah drama ini, tapi ya mari nikmati dulu karena perjuangan Eun-Hee untuk mendapatkan Ha-Yoon masih panjang. Dia juga akan membuka teka-teki tentang Ayah serta Adik perempuannya. Dan tak lupa, untuk kehidupan percintaannya juga. Sejauh ini yang kisah pendukung yang bikin gemas jatuh pada Son Myung-Sun dan adiknya Ja-Kyung.

Orang yang membuat bahagia kita bukan hanya orangtua yang melahirkan tapi juga orang yang telah merawat kita meski tidak ada hubungan darah

Kalau kalian mau ikutan nonton drama tapi malas Unduh Drama Subtitle Indonesia, bisa banget nonton Person Who Gives Happiness di Trans TV tiap Senin-Jumat pukul 10.00 pagi. Dih, saya jadi promosi padahal enggak dibayar. Anggap saja amal ibadah deh, hahaha. Atau ada yang sedang nonton Giving Happiness juga? Kalau iya, share pendapat kalian ya!

Sampai jumpa. Happy blogging!

Sumber gambar: MBC & Hancinema

26 komentar:

  1. Jadi inget ada artis perempuan Indonesia yang waktu itu sempat sukses, trus ada laki-laki ngaku-ngaku kalau dia bapak kandungnya. Ya meskipun misal bener dia adalah bapak kandung, tapi ngga elok banget ketika dia datang di masa suksesnya. Lah, dulu ke mana aja?
    Geregetan yaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita gak tahu pikiran mereka ya Mbak. Tapi lihat juga ngeselin karena datang kok waktu sukses saja

      Hapus
  2. Duh, jalan ceritanya bikin baper ya Mak.
    Udah gitu, drakor ini bertaburan nama2 yg kualitas aktingnya juaraaa
    super recommended yak
    --bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
  3. Sebagai orang yang awam dengan Drakor..(hahaha harap maklum ye mak..) aku terpikat dengan drakor yang satu ini...jadi pengen nonton deh...

    BalasHapus
  4. Duh 100 episode, banyak banget, bisa terlantar nih kerjaan rumah kalo nonton ini hahaha. Apa disambi aja ya nonton di TV sambil nyetrika, gawat ah ntar gosong baju. Paling mantap tuh nonton sambil ngemil aja :)

    BalasHapus
  5. Aku tu suka bengong kalau ada yang cerita soal drakor, haha. Apalagi kalau cerita soao movie marathon sampe pagi karena penasaran sama episode selanjutnya. Baca ini jadi penasaran. Pengen nonton di Trans aja deh, biar gak boros, hihi

    BalasHapus
  6. aku terpesona karena..... (siap siap)
    1. segitu kuatnya dirimu nonton drakor! ckckckckck
    2. ya ya, tau kalo drakor di tv lokal bisa disambi tapi kan.. teteeeuuup yaaa butuh mata dan mood juga nontonnya hehehheeee
    3. ini tuh setiap film drakor selalu beda, selalu unik dan out of the box ya, so mungkin nanti bakalan ngintip juga ah, 100 eps woooowwwww mana tahaaaaannnnnnn

    4. aku baca namanya udah mumet, so biasanya kalo nonton aku tulis dulu karakter mereka hihihihi

    BalasHapus
  7. panjang amettt episodnyaaaa... kutaksanggup dah :D

    eia aku sbenernya mulai suka son seung won sejak di waikiki. terus mikir, pernah liat dia dimana ya sebelumnya kok ga asing gitu. baru deh inget dia main juga di healer jadi si bapak yg jahat pada masa mudanya (aktingnya muka lempeng tapi tegaan ama temen). sayang ya karirnya mau naik malah kena masalah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya ya Mbak. Dia main di Healer juga. Aku ingatnya yg cewek sama Bapaknya Healer waktu muda doang. Lempeng banget emang itu muka

      Hapus
  8. Huwaaaa 100 episode?
    Tamat tuuuh mak?
    Aku tu drakor nonton yg ada di hooq gt aja durasinya pendek2 aja milihnya.
    Supaya gak addicted dan sekali selesai hehe

    BalasHapus
  9. Wah wah, agak berat ya temanya ji. Aku skip ah. Apalagi 100 episode dan ga on going. Yang lagi airing aja banyam banget nih yang keren. Aku milih yanglagi tayang aja deh. Heheheh

    BalasHapus
  10. Waduh kok curang ya, setelah anaknya berhasil terus diminta.. Pasti banyak berderai air mata nih kalau nonton. Tapi 100 episode kira2 kuat ga ya.. Hihi..

    BalasHapus
  11. Bentar, aku mau tertohok
    100 Episode? Seriusann mbakk??? apa aku salah baca ya bagian ini???
    Aku aja yg baru nonton Arthdal Chronicles masih nyangkut di eps 3 mbak wkwkwkkw
    Tapi aku suka sih plot ceritanya dari review drakor Person Who Gives Happines ini mbak, Tapi kalau lihat jumlah episodennya, lumayan juga ya
    etapi durasinya lama nggak perepisode? wkwkw

    BalasHapus
  12. Amal ibadah :D
    Jiaah, bisa panjang gini nulis drakor ya.
    Terus Eun-Hee itu ada kehidupan cintanya sendiri?

    BalasHapus
  13. Duh duh kok gemas baca sinopsisnya, main ambil anak setelah dibuang karena menghasilkan, sedih, aku nonton drama tuh maksimal 16 episode, kalau udah lewat itu apalagi 100 aku ngacirr hihihi...

    BalasHapus
  14. Duuhhh aku skip dulu deh kalau drama panjang gini. Yang ongoing dan episode 16-an aja masih banyak bgt yang blom nonton. Tapi ini ceritanya menarik juga sih ya. Skg di TV udah mpe episode berapa mbak?

    BalasHapus
  15. ribet yaa kayak sinetron. eh mungkin iya sih sebab 100 episode. duh keselek. eh kalau Cheese in The Trap itu yg diangkat dari webtoon kah?

    BalasHapus
  16. ya ampun 100 episode, aku juga suka maju mundur kalau sebanyak itu. 40an episode masih au tonton. Tapi kayanya bagus setelah baca reviewnya nih

    BalasHapus
  17. Mamah mertua saya penonton setia drama korena Who Gives Happines di Trans TV. Saya hanya sesekali aja lihatnya. Jalan ceritanya memang menarik. Kalau Park Bok-Ae udah muncul, memang gemesiin! Pengen dijitak hihihi

    BalasHapus
  18. Wajib nonton nih alurnya menarik bnget y mba meskipun rada ngejelimet Dan jd sedikit tahu bagaimana proses dan hukum dari adopsi anak di Korea. Klo status single, memang tidak ada masalah jika mengangkat anak

    BalasHapus
  19. Kyaaa banyak bener Jiah episode si drakor yang ini. Nyerah duluan aku Jah. Hahahaha. Ta ngulang nonton Train To Busan aja deh

    BalasHapus
  20. Wah, rame kayaknya. Noted buat nanti abis beres nonton yang ongoing: Lies Within. 😁

    BalasHapus
  21. Pernah nonton drama ini di transTV episode Awal-awal. Ketinggalan sekitar 10 episode sudah nggak paham ketinggalan jauh. Mau nonton terus nggak mood. Ntar saja nyari rekamannya. Eh panjang juga ya drama ini tapi ceritanya seru. Gimana coba. Aku kan jadi halau hehe.

    BalasHapus
  22. Aduh ini bukan saya banget nih dramanya. Terlalu jahat. Saya suka yg ringan2. Udah gitu episodenya 100 pula.. xixixi.


    Biar kata orang2 bagus juga.. xixixi. Drama terpanjang yg saya tonton adalah ojagyo family. Itu ok bangeet. Ga berasa episode sampai 50an.xixixi

    BalasHapus
  23. aku sempat lihat drama ini di TV dan cuma 1 episode. dan jujur capek banget lihatnya.alurnya lambat, dan kurang suka sama kisahnya..hihihi..terlalu menyedihkan dan kurang bikin semangat

    BalasHapus
  24. Hadeehhh... maunya ngaku anak kok karena anaknya udah jadi terkenal ya. Orang tua macam apaaa itu *malah emosi dewe :)) Jadi mbayangin perasaannya Eun Hee... tentunya sedih lah ya anak yang udah dirawatnya dengan penuh kasih diminta kembali oleh orang tua dan neneknya yang 'biadab' itu.

    BalasHapus