Kamis, 31 Oktober 2019

# 2019 # Drama Korea

Review Drama Korea Hotel Del Luna

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Apa yang kalian pikirkan tentang sebuah hotel mewah? Kamarnya luas? Fasilitas lengkap? Pelayanan ramah? Bagaimana kalau hotelnya berhantu? Hiii seram!

Annyeong hasimnikka! Nunggu bulan purnama berganti baru bisa review drama ini. Antara belum move on dan juga takut. Ada yang bernasib sama dengan saya? Yuk mari kita balik sebentar ke drama Hotel Del Luna.


Punya usia panjang itu kadang tidak terlalu menyenangkan apalagi itu adalah sebuah kutukan. Jang Man Wol berusia 1300 tahun adalah CEO Hotel del Luna yang terletak di pusat kota Seoul dan memiliki penampilan yang sangat tua. Tamu hotel ini adalah hantu-hantu yang gentayangan dan belum mendapatkan apa yang mereka inginkan semasa hidup. Di hotel ini, Jang Sajang dibantu oleh staf-staf hotel yang juga hantu dan seorang manusia sebagai manager.

Suatu hari, seorang laki-laki mencuri bunga dari hotelnya. Jang Sajang murka, tapi laki-laki itu mengiba. Akhirnya mereka bersepakat jika sudah besar, anak lelakinya itu akan bekerja di Hotel del Luna. Dia adalah Koo Chan Sung, yang lulusan Harvard dan bekerja di perusahaan perhotelan multinasional. Chan Sung perfeksionis, tapi tak ingin bekerja di Hotel del Luna.


Jang Man Wol tak ingin kehilangan pegawainya dan semua biaya yang sudah dikeluarkan untuk merawat Chan Sung di 20 tahun terakhir. Dia pun melakukan berbagai cara agar Chan Sung mau tidak mau hanya bisa bekerja di hotelnya. Apa yang Man Wol lakukan? Apa alasan di balik keberadaannya di Hotel del Luna?

Drama: Hotel Del Luna
Revised romanization: Hotel Delluna
Hangul: 호텔 델루나
Director: Oh Choong-Hwan
Writer: Hong Jung-Eun, Hong Mi-Ran
Network: tvN
Episodes: 16
Release Date: July 13 - September 1, 2019
Runtime: Sat. & Sun. 21:00
Language: Korean
Country: South Korea
Cast:
IU
Yeo Jin-Goo
Cho Hyun-Chul
Park Yoo-Na
Shin Jung-Keun
Bae Hae-Sun
P.O
Kang Mi-Na
Jeong Dong-Hwan
Seo Yi-Sook
Kang Hong-Suk
Lee Do-Hyun
Lee Tae-Sun
Kim Kang-Hoon
Oh Ji-Ho
Lee Chae-Kyung
Nam Kyoung-Eub
Lee Joon-Gi
Lee Si-Un
Min Kyung-Jin
Hong Kyung
Kim Mi-Eun
Lee Yi-Kyung
Pyo Ye-Jin
Kim Joon-Hyun
Oh Tae-Kyung
Lee Min-Ryeong
Seo Yi-Soo
Park Jin-Joo
Nam Da-Reum
David Lee
Sulli
Choi Yoo-Song
Hwang Young-Hee
Seo Eun-Su
Lee Seung-Joon
So Hee-Jung
Kim Seung-Han
Kim Soo-Hyun
Lee Su-A
Jo Hyun-Sik
Kim Won-Hae
Kim Gyu-Ri
Park Ga-Ram
Heo Soo-Bin
Lee Ji-Wan

Review Korean Drama Hotel Del Luna


Ketika info akan adanya drama Hotel del Luna muncul, terus terang saya biasa saja bahkan belum ada keinginan untuk menonton. Terakhir saya lihat akting IU tuh di Dream High, lama banget kan? Sementara Yeo Jin Goo versi dewasa, kemarin di drama The Crowned Clown terlalu 'gelap', My Absolute Boyfriend juga lewat karena menurut saya terlalu klise. Praktis langsung mundur ketika tahu ceritanya tentang hantu-hantuan. Saya mana mau nonton drama atau film horor? Begitu pikir saya.


Dan entah apa yang merasuki, mungkin karena waktu itu sempat jadi trending topic, saya mulai mencoba nonton karena saat itu sedang tidak banyak mengikuti drama on going. Seperti kasus di Designated Survivor: 60 Days, saya tergoda banget dengan efek Computer Generated Imagery saat pembangunan hotel. Asli itu keren banget! Saya pikir, ah ini drama cukup menjanjikan apalagi penulisnya memang sudah sukses di drama-drama sebelumnya walaupun hanya 2 judul yang benar-benar saya tonton yaitu He's Beautiful dan The Greates Love.

Manusia lebih berbahaya daripada hantu


Takut sama hantu? Hohoho, harusnya kita lebih takut pada manusia yang bernyawa ya karena manusia kadang lebih seram daripada setan. Hotel del Luna ini bisa dibilang peristirahatan sementara para hantu sebelum ke akhirat. Di hotel ini tamu yang datang macam-macam dari muda maupun tua. Adanya hotel ini tuh buat Hantu-hantu yang mati penasaran supaya tidak jadi jahat karena menyakiti manusia dan juga hantu yang belum ikhlas mati karena masih ada yang belum terselesaikan dalam hidupnya.


Kata saya, Hotel del Luna ini Beauty and The Beast dalam versi yang lain. CEO Hotel del Luna adalah Jang Man Wol. Dia itu terikat pada Pohon Bulan dan sedang menunggu reinkarnasi dari orang-orang yang pernah menyayangi dan menyakitinya. Zaman dulu, dia itu yatim piatu. Kemudian dirawat oleh orangtuanya Yeon Woo. Ketika dewasa, mereka jadi bandit sampai ketemu sama Ko Choeng Myung. Mulai deh kisah mereka yang akhirnya terikat di hotel tersebut. Ceritanya seperti apa? Tonton sendiri, hahaha.


Kim Sun Bi, staf Hotel del Luna bagian ngurusin bar. Dia jago membuat minuman. Bekerja di hotel sudah 500 tahun. Dia punya dendam masa lalu karena nama baiknya sebagai PNS tercemar dengan berita bahwa dia penulis cerita mesum.


Gaeksiljang Choi Seo Hee, staf hotel yang mengurusi tamu. Dia sudah bekerja selama 300 tahun. Dendamnya itu pada keturunan dari keluarga suaminya. Dia dulu adalah menantu yang teraniaya bahkan sampai kehilangan Putrinya. Ini seperti Eun Hee Person Who Gives Happiness banget ya.


Ji Hyun Joong, staf bagian penerima tamu. Dia sudah bekerja selama 70 tahun. Dia sedang menunggu adik perempuannya dan ingin pergi ke akhirat bersama-sama.


Koo Chan Sung, dia adalah manager hotel yang awalnya terpaksa bekerja di Hotel del Luna. Setelah beberapa waktu, akhirnya dia bisa bekerja dan melayani para hantu.


Kim Yoo Na, calon manager hotel. Dia sebenarnya hantu yang merebut jasad Yoo Na asli. Dia dibully dan akhirnya meninggal. Karena keputusan orangtua Yoo Na, arwah Yoo Na musnah dan raganya ditempati oleh hantu yang dirundung Yoo Na.

Saya sudah perkenalkan para staf-stafnya secara singkat ya. Selanjutnya namanya hotel pasti ada fasilitasnya. Di Hotel del Luna ini bisa dibilang Hotel Bintang 5. Lantainya duh saya lupa berapa, tapi banyak dan interior menawan. Yang bikin takjub itu karena ada pantai di dalam hotel. Hotel del Luna juga kadang menerima tamu manusia tapi di saat tertentu seperti saat Gerhana Bulan.

Menginap di Hotel del Luna, gratis dong?!


Hari gini, mana ada yang gratis coba? Bayarlah. Ada banyak hal yang bisa digunakan untuk membayar, bisa berupa uang, atau barang. Contohnya waktu episode pertama Hantu Air. Dia meninggal karena dibunuh. Lalu Man Wol bantu dia ngasih pelajaran pada orang yang membunuh dengan imbalan berlian yang tersembunyi. Selain soal keinginan, atau balas dendam kematian, pelayanan lain dari Hotel del Luna adalah telepon dalam mimpi untuk yang masih hidup.

Hotel Hantu, kenapa butuh uang?

Buat bayar pajak bangunan, perijinan, dan juga gaya hidupnya Jang Sajang. Ceritanya si Man Wol ini anak sosmed dan gaya hidupnya hedon banget. Punya mobil banyak, pakaian mahal, dan suka banget belanja. Makanya dibutuhkan manager manusia untuk mengatur keuangannya. Dan karena Ku Jibaenim ini perhitungan banget, dia minta Man Wol buat hemat. Untuk operasional hotel sendiri, dia dapat dari akhirat setelah bertukar dengan bunga-bunga yang ada di taman. Tapi asli deh! Fashion dari Jang Man Wol itu bagus-bagus banget. Saya paling suka saat dia pakai baju ungu dan bawa bedil. Kalau Man Wol ketemu Han Se Gye The Beauty Inside atau Scarlett Search: WWW dan bicara fashion, pasti nyambung banget deh!


Bulan bersinar di atas hutan belantara tempat kau minum, dan dipenuhi suara instrumen, seiring dengan tawamu. Kau penuh suka cita dan kebahagiaan, kau tak sendirian seperti sekarang. Kau punya seseorang di sisimu

Seperti drama The Beauty Inside yang banyak cameonya, di Hotel del Luna juga banyak wajah-wajah muncul dan tidak semua berperan sebagai hantu ya, seperti:

  • Jeong Dong Hwan pemeran No Joon Seok yang merupakan manager sebelum Koo Chan Sung. Beliau ini yang jadi Pastur di The Fiery Priest. Di drama ini tetap kebapakan banget sampai saya ikutan mewek waktu beliau pamitan sama Man Wol
  • Oh Ji Ho berperan sebagai Koo Hyun-Mo, Bapaknya Koo Chan Sung. Heran deh karena di drama Liver or Die dia juga suka mencuri, eh masih kebawa saja sampai di Hotel Del Luna
  • Lee Joon Gi berperan sebagai exorcist. Awalnya dia mau dijadikan manager. Sudah dikasih kemampuan lihat hantu, eh malah lebih suka jadi Penangkap Hantu terutama Park Il Do
  • Lee Yi Kyung sebagai aktor Bang Tae Woo yang kesurupan untuk memainkan perannya
  • Nam Da Reum sebagai Daedong Spirit. Waktu dibilang mau jadi cameo, saya pikir akan jadi hantu, eh malah dewa. Dan menurut saya, cameo ini paling wagu, hahaha
  • Sulli pemeran Jang Ji Eun cucu Chairman Wang. Dia ini gadis cantik yang mau dijodohkan dengan Koo Chan Sung

Sebenarnya masalah apa sih yang diangkat dari Hotel Del Luna?

Masalah hidup tentunya. Jang Man Wol itu kan nunggu orang-orang dari masa lalunya lalu 2 di antaranya muncul yaitu Lee Mi Ra dan Yeon Woo dengan kehidupan yang berbeda. Mereka ini musuh di masa lalu, tapi di masa sekarang malah jadi pasangan. Lucu pula couple ini.


Tadinya saya pikir Yeon Woo ini ada hati sama Man Wol seperti perasaan Ko Choeng Myung. Ternyata pure teman dan waktu adegan Yeon Woo di masa lalu muncul. Saya pun mengerti kenapa Man Wol sampai dendam banget. Lalu di mana Ko Choeng Myung?


Tebak-tebakan deh jadinya. Seperti Man Wol, tadinya saya pikir Koo Chan Sung adalah reinkarnasi dari Choeng Myung. Nyatanya, dia malah bucin dan jadi penghuni pertama Hotel Del Luna. Duh nasibmu Lee Do Hyun. Jadi second lead male kok gitu amat. Perasaan waktu main di Still 17 dan Clean With Passion For Now enggak ngenes-ngenes banget deh!

Lalu Koo Chan Sung ini siapa?

Well, dia masih ada hubungannya dengan Man Wol di masa lalu, jauh sebelum bertemu Yeon Woo. Koo Chan Sung membantu Man Wol dalam banyak hal karena dia peduli dan suka juga dengan perempuan itu. Dia juga bantu Man Wol menemukan hobi kulineran. Ini kalau Jang Sajang ketemu Goo Dae Young Let's Eat 3 atau Han San Hae Dae Jang Geum is Watching, pasti langsung berburu restoran enak.


Meski ini drama hantu-hantuan, tapi menurut saya hantunya enggak bikin takut. Mungkin sedikit kaget seperti saat nonton Oh My Ghost atau Lovely Horribly. Dari cerita hantunya, saya paling suka cerita Mbak-Mbak Buta yang naksir Tukang Roti. Kalau bikin nangis itu waktu perpisahan Veronica pacarnya Sanchez dan juga Kang Hyun Jin, anak kecil yang terus hidup karena orangtuanya membeli garis tangan orang lain. Paling ngeselin pastinya Seol Ji Won yang sudah jadi hantu saja masih banyak tingkah. Eh tapi, waktu hantu yang meninggal karena kecelakaan dan minta nelepon orang yang menabraknya juga bikin nyes hati sih. Dia minta maaf karena tidak hati-hati di jalan dan berakhir meninggal. Yang penabrak akhirnya hidupnya juga kesulitan. Terasa dejavu gitu.


Untuk karakter, saya paling suka dan sangat mengapresiasi pada sosok Mago. Seo Yi Sook di Terius Behind Me bikin orang salah paham, eh ini malah jadi 6 orang. Mago versi Pembawa Bunga, Pencabut Nyawa, Tukang Obat, Ahjumma Genit, Ahjumma Kaya Raya, dan Pengemis zaman bahula. Dan meski Yeo Jin Goo adalah first lead male, tapi saya malah lebih suka lihat muka Sanchez, ckckck. Saya nyari info tentang Cho Hyun Chul dan tidak percaya bahwa dia main juga di Memories of The Alhambra. Di sana dia agak gemuk dan berambut kriting. Eh di Hotel Del Luna kelihatan bening meski takut hantu tapi sering ketemu hantu.


Melepaskan butuh lebih banyak keberanian daripada mempertahankan

Hidup mati adalah takdir Tuhan. Mari kita hidup dengan baik dan tidak menyakiti orang lain. Jangan terlalu banyak mendendam. Kalau dia matinya penasaran dan menghantui kita, repot juga lho. Kebencian dan dendam akan terus berlanjut sampai kita bisa memaafkan dengan tulus. Tetap hati-hati dalam berperilaku karena kesalahan yang kita perbuat, ada konsekuensi yang akan kita terima.


Saya menulis ini juga untuk menyampaikan duka cita atas kepergian Sulli. Saya bukan fansnya. Tapi ketika berita kematiannya muncul, saya masih tak percaya dan ikut sedih karena dia meninggal setelah mengalamai depresi juga mendapat komentar jahat. Semoga setelah ini kita lebih bijak berkomentar agar tidak menyakiti orang lain.

Aku akan membuatmu tetap di hatiku dan menjadi bulan yang tak pernah tenggelam untuk menyaksikanmu dari jauh


Meski alurnya maju mundur, nonton Hotel del Luna enggak bikin bingung. Kita jadi lebih bisa menghargai hidup dan sedikit miriplah perjalanan kematiannya dengan agama islam. Ada kematian, masa menunggu, dijemput dengan kendaraan sesuai amal ibadah, dan juga melewati jembatan panjang seperti Shirathal Mustaqim.


Kalau kamu suka fantasi dan hantu-hantuan, boleh banget lho nonton Hotel del Luna. Pastinya di ending, auto tercengang dan menanti Hotel Blue Moon karena kehadiran Kim Soo Hyun. Kalian ada yang sudah nonton drama ini? Kalau iya, paling suka adegan mana? Share pendapat kalian ya! Cek juga Situs Download Drama Subtitle Indonesia untuk update drama terbaru ya!

Sampai jumpa. Happy blogging!

Sumber gambar: Hancinema

27 komentar:

  1. Drama Korea Hotel del Luna kece banget ya Mak.
    Jalan ceritanya, jajaran para pemainnya, aktingnya, mantab jiwa!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  2. Ini ceritanya bagus yah idenya drama Korea tuh menurutku yang ga biasa cem ini hotelnya hantu wkwk kefikiran gitu bikin film dengan cerita begini menarik ya pantsan pecinta drakor selalu update mulu

    BalasHapus
  3. Maju mundur mau nonton Hotel Del Luna ini, serem hantunya ga sih? Penasaran banget ingin nonton.

    BalasHapus
  4. Aslinya aku penasaran banget pengen nonton drama ini, Mbak. Tapi takut sama hantu-hantu yang ada di drama ini. Maju mundur nggak jelas dah jadinya. Tadi sempat lihat foto hantu anak-anak yang digendong. Duh ini saja sudah bikin merinding. Baca review ini jadi malah pengen nonton tai kayaknya harus ditemani suami atau siang ahri saja deh hehe.

    BalasHapus
  5. Aku kok takut yaaaa...wkwkwk dah bertahun tak pernah nonton pilem horor. Dasar cemen. Wkwkwk.

    BalasHapus
  6. daebakk banget ini hotel del luna! ceritanya bagus, efek cgi keren, akting pemainnya oke semua, cameonya apalagi hahaha. gegara ini aku jadi fans barunya IU. kalo sama dedek jin goo mah aku langsung kepincut sejak liat dia di crowned clown. kalo sama mas kunang2, aku dah liat dia di 30 but 17 bakal jadi 'bibit unggul' suatu hari nanti :D

    BalasHapus
  7. salah satu adegan yang paling kuinget tuh waktu ada hantu fangirl yang minta izin nelpon. Kirain dia nelpon siapa kok manggil Oppa..ternyata fans nya BTS dong dan minta telponan ama BTS. sumpah ngakak.

    BalasHapus
  8. Sebelum ini, pernah baca juga review hotel del luna... Menarik ya, bikin pengen nonton, tapi belum sempat nih...

    BalasHapus
  9. Ini viral banget sampai trending di twitter. Hingga Sulli nggak ada, aku belum nonton drama ini. Drama korea sekarang bagus2 banget sampai bingung nontonnya.

    BalasHapus
  10. Drama horor yang melibatkan dua dunia ini memang keliatan seru ya..
    Ada hotel yang bisa dihuni oleh hantu sekaligus oleh manusia juga, wiih, kebayang ngerinya menginap di sana

    BalasHapus
  11. Wah wah, kujadi inget Ku Cha Seong lagi deh lihat ini. Haduh haduh... Yeo Jin Goo ❤️

    BalasHapus
  12. baca sinopsis ini jadi ingat buku bacaannya bocah. Intinya tentang hotel hantu juga, yang menginap di sana hantu semua hehe. tapi berhubung buku anak jadi ceritanya malah lucu.

    BalasHapus
  13. Aku udah baca reviewnya mbak, dan lucu banget ya ini film, padahal film hantu hehe tapi kayaknya kalau nonton beneran aku kudu ditemenin haha

    BalasHapus
  14. Aku udah nonton dong suka banget Sama alurnya walaupun muter2 tapi masihh enak dilihat smp akhir

    BalasHapus
  15. Daku baru nonton sampai episode 9, seru aja nonton kasus-kasus hantunya, awalnya chemistry Sajang Nim dan manajernya kurang terasa, nanti klik banget ya kayaknya..semoga..

    BalasHapus
  16. Aku juga jadi penasaran karena ada Sulli.
    Secara akting doi kan keren, hanya selama ini belum dapet drama yang greget sejak yang terakhir di movie bareng KSH.

    Gak takut siih....hanya belum ada feeling buat nonton Hotel Del Luna, Jiaa...
    Kenapa yaa...?
    Aku lagi suka sama drama gebuk-gebukan dan bunuh-bunuhan.
    Hahhaha....**mood swing banget deeh..

    BalasHapus
  17. wah mba hobi juga ya review drama korea di blog, buat pecinta serial drakor seneng deh baca ulasannya di blog mba

    BalasHapus
  18. Rupanya banyak juga ya teman2 blogger yg kepincut sama hotel del luna. Saya juga suka banget sama drama ini. Padahal say tuh penakut banget sama film hantu. Tapi nonton ini malah suka. Xixixi..

    BalasHapus
  19. Kalau film hantunya nggak nakutin saya mau deh nonton. Jarang nnonton film drakor yang ada seram-seramnya. Jadi penasaran.

    BalasHapus
  20. Aku mau nonton tapi takut sama hantu-hantuan, gimana dong? Wkwkwkw... Memang korea paling seru bikin drama beginian. Ini hantunya serem nggak sih? Banyak yang udah bilang Hotel de Luna bagus

    BalasHapus
  21. wew... ini tampaknya hits banhet yak.. banyak. yang ulas ttg drakor ini... Jadi. penasaran deh

    BalasHapus
  22. Omo.. Lee Joon gitu jadi Exorcist yak. Duh duh.. Keknya rame deh drakor ini. Kek beauty n the beast versi koreyah ya. Download aah

    BalasHapus
  23. Ya amoun akutu belum sempet2 loh mba nonton ini. Baru download 1 episode sih..

    BalasHapus
  24. Kok sepertinya serem tapi romantis dan kocak juga ya mb... Pengen nonton tapi kok takut kalau sendiri. Harus ngajakin saudara nih nontonnya, biar ga tegang sendirian..

    BalasHapus
  25. Hotel de luna emang ok banget ya mbak ji. Ratingnya juga bagus terus dramanya juga keren.

    BalasHapus
  26. Wah, cameonya banyak banget ji. Aku kira lee jungki aja sama suli. Hehe. Aku nontonnya cm eps awal, trus belum lanjut lg krn kelupaan. Wekeke. Ternyata seru juga ya, mau lanjut nontonnya ah.

    BalasHapus
  27. Padahal udah main di drama ini ya, yang mengandung Makna untuk menghargai hidup. Tapi Sulli tetap bunuh diri. Aku belum sempat nonton drama ini. Takut gak bisa berhenti hehe

    BalasHapus