Explore the blog
Sabtu, 08 Februari 2020

Review Film Korea Parasite

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Jika ada kesempatan untuk mengubah kehidupanmu, cara apa sih yang akan kamu lakukan?

Anyyeong hasimnikka! Setelah beberapa kali masuk trending twitter, baiknya saya segera mereview film Parasite sebelum mereka mendapat penghargaan lagi dan lagi.



Setiap orang pasti ingin mempunyai kehidupan yang baik. Keluarga Ki Taek miskin dan tinggal di apartemen semi-basement yang basah dan penuh serangga. Suatu ketika, putranya Ki Woo mendapat tawaran pekerjaan menjadi guru les di keluarga kaya dari temannya yang akan belajar di luar negeri.


Menjadi guru les dengan memalsukan pendidikannya dan tidak ketahuan membuat Ki Woo tenang. Apalagi keluarga Park baik dan mudah percaya padanya. Dari sanalah kemudian Ki Woo merekomendasikan keluarganya untuk bekerja di keluarga Park mulai dari Guru Seni, Supir sampai Pembantu. Tentu saja semua dengan kebohongan. Masalahnya, Pembantu lama keluarga Park tanpa sengaja mengetahui siapa keluarga Ki Taek ini. Sampai kapan mereka akan terus berbohong? Apa yang akan terjadi selanjutnya?


Movie: Parasite
Revised romanization: Gisaengchoong
Hangul: 기생충
Director: Bong Joon-Ho
Writer: Bong Joon-Ho
Producer:
Cinematographer: Hong Kyung-Pyo
World Premiere: May 21, 2019 (Cannes Film Festival)
Release Date: May 30, 2019
Runtime: 131 min
Genre: Drama/Family
Distributor: CJ Entertainment
Language: Korean
Country: South Korea
Cast:
Song Kang-Ho
Jang Hye-Jin
Choi Woo-Sik
Park So-Dam
Lee Sun-Kyun
Cho Yeo-Jeong
Jung Ji-So
Jeong Hyun-Jun
Lee Jung-Eun
Park Seo-Joon
Park Myoung-Hoon
Park Keun-Rok
Jung Yi-Seo
Lee Joo-Hyung
Ahn Sung-Bong
Kim Kyu-Baek
Lee Dong-Yong
Lee Ji-Hye
Kim Bo-Ryung
Go Gwan-Jae
Yoon Hye-Ri

Review Korean Movie Parasite


Ketika film Parasite trending di internet saat awal penayangannya, jujur saya langsung berpikir harus banget nonton film ini. Yap, saya tidak salah pilih karena film ini telah menyabet banyak sekali penghargaan baik di dalam maupun di luar Korea. Waktu lihat posternya, saya pikir ini film horor karena ada kaki gitu. Ternyata bergenre thriller. Baiklah, mari lanjutkan karena saya lebih bisa nonton thriller daripada horor.


Diceritakan bahwa keluarga Ki Taek ini miskin, tinggal di rumah bawah tanah, pengap, bahkan toiletnya saja lebih tinggi daripada rumah mereka. Untuk akses internet bahkan mereka sampai numpang WiFi. Kerja serabutan banget lah mereka ini. Ngelipat kardus Pizza mereka lakoni juga.


Nah suatu ketika, Ki Woo didatangi temannya (yang diperankan oleh Park Seo Joon) guna menawarkan pekerjaan jadi guru les. Setelah banyak pertimbangan dan pemalsuan, akhirnya dia mau juga. Lumayan bisa angkat derajat gitu. Di keluarga Park, ada anak bungsu yang suka seni. Ki Woo akhirnya berpikir untuk merekomendasikan Ki Jung, saudara perempuannya dengan menyamar sebagai Jessica (Bukan Jessica Vagabond). Lalu rekomendasi lagi dan lagi sampai akhirnya semua anggota keluarga mereka bisa bekerja di keluarga Park.


Awalnya semua berjalan baik, bahkan mereka bisa santai bersama ketika keluarga Park bepergian. Tapi suatu ketika mantan Pembantu datang. Dia kemudian tahu bahwa keluarga Ki Taek ini bersekongkol. Selain itu, ada sebuah rahasia yang disembunyikan selama bertahun-tahun. Lalu akankah keluarga Park tahu kebohongan keluarga Ki Taek?


Kau tahu rencana apa yang tidak pernah gagal? Tidak ada rencana. Hidup tidak bisa direncanakan. Tanpa rencana, tidak akan pernah salah


Film Parasite ini memang sesuatu ya. Pengambilan gambarnya yang keren, akting semua pemain juga tak perlu diragukan. Sebagai Penonton saya melihat bagaimana Si Miskin dan Si Kaya ini. Keluarga Ki Taek ini tahu betul memanfaatkan peluang yang ada. Saking baiknya keluarga Park, mereka pikir semua akan aman. Sampai pada suatu ketika saat Mr. Park mengobrol dengan istrinya tentang bau badan Ki Taek dan lainnya, jarak itu sangat terasa. Dan petaka muncul begitu saja tanpa aba-aba. Saya sampai kaget sendiri. Lha kok begitu. Kenapa jadi kacau banget ya!


Saya ingat drama Hotel Del Luna yang mengatakan bahwa Manusia lebih menakutkan daripada hantu memang benar adanya. Film Parasite memang menggambarkan realitas yang ada. Bagaimana kita bisa tertawa meski dalam kemiskinan. Lalu kita akan bengong dengan tragedi yang muncul tanpa rencana. Alur yang benar-benar tidak bisa ditebak. Setuju saat Parasite memang menerima banyak penghargaan. Saya enggak nyesel harus nunggu lama untuk nonton film ini.


Jika belum nonton, kalian harus ambil waktu duduk manis dan mulai menikmati film ini. Saya cukupkan reviewnya sampai di sini saja ya! Dan hindarilah hidup sebagai Parasite. Mari hidup bahagia dengan apa adanya kita.

Sampai jumpa. Happy blogging!

Sumber gambar: HanCinema & AsianWiki

Would you like to comment?

tantiamelia.com mengatakan...

tadinya udah pengen nonton lalu ditunda ditunda dan.. ditunda

tapi begitu baca review ini, kayaknya saya HARUS NONTON SECEPATNYA deeeeh, itu quote "Kau tahu rencana apa yang tidak pernah gagal? Tidak ada rencana. Hidup tidak bisa direncanakan. Tanpa rencana, tidak akan pernah salah" itu bener banget

nurul rahma mengatakan...

PARASITE ini KUEREEENNNN
No wonder menang di Oscar
Idenya gokiiil, eksekusi mantaaapp!

Farida Pane mengatakan...

Aku nangkepnya justru film ini menunjukkan bahwa pendapat ayah untuk "hidup tanpa rencana" itu salah. Hehehe..

Dian Restu Agustina mengatakan...

Heboh bener film ini di timeline. Bikin penasaran. enggak kebayang kebohongan yang dijalankan sekeluarga. Tapi benar adanya bangkai yang ditutupi satu saat akan tercium baunya juga

Mutia Erlisa Karamoy mengatakan...

Wah ini masuk daftar film yang harus ditonton, bagus plus menang oscar pula, tapi ngak aneh sih soalnya pemainnya top semua dan punya jejak akting yang keren. Aku udah nungguin nih, kalau ngak salah bakalan ada di TV Kabel TVN Movie.

Dedew mengatakan...

Aku tertarik pengen nonton pas tayang bioskop tapi kayaknya ceritanya nyesek gitu ya, tragedi, jadi mundur lagi mau nontonnya huhu

Rach Alida Bahaweres mengatakan...

Aku sedih belum nonton selesai. Waktu itu nonton ama suami tapi entahlah tumben malah ga selesai. Banyak emang yang rekomendasikan buat nonton ini

lianny hendrawati mengatakan...

Nah film parasite ini trending banget, film terbaik pemenang oscar, bikin penasaran saja pengin liat.
Kebohongan memang tidak bisa disembunyikan selamanya, suatu saat pasti bakal terungkap ya.

Ruli retno mengatakan...

Whoo penyabet 4 penghargaan oscar akhirnya saya baca reviewnya. Pengen segera nonton juga ah, enaknya nonton dimana ya

Nathalia DP mengatakan...

Saya lebih stres nonton film thriller daripada nonton film horor, hihihi... Pas banyak yang review udah pengen nonton ini, makin penasaran lagi setelah dapat banyak penghargaan...

Herva Yulyanti mengatakan...

aku ya kalah sama suamiku udah nonton film ini dan kaget ternyata dapat Oscar hehehe jadi penasaran pengen nonton deh

Nanik Nara mengatakan...

Kok dicukupkan sampai di sini sih, kan saya jadi penasaran pengen tahu endingnya.

Iya, ya pas lihat posternya, emang kayak film horor gitu, soalnya ada penampakan kaki, warnanya putih pula

Widyanti Yuliandari mengatakan...

Meski bukan pecinta film, lebih2 film korea, aku sering membaca soal Parasite ini. Sepertinya lama2 bakal tergoda juga buat nongtong nih

Nurul Fitri Fatkhani mengatakan...

Saya jadi tertarik untuk menonton film korea Parasite setelah membaca reviewnya. Jalan ceritanya unik dan gak seperti biasanya ya..

Juliastri Sn mengatakan...

Ah, jadi penasaran pengin nonton film Parasite, deh. Sepertinya memang sarat dengan pesan dan kesan yang mendalam ya. Tentang warna-warni kehidupan yang kadang tak asing dengan kehidupan lingkungan di sekitar kita :)

Utie Adnu mengatakan...

Waktu awsl nonton Juga Aku taking bngt nih Filmnya beda Dan wajib nonton krn Film Parasite ini memang sesuatu ya. Pengambilan gambarnya yang keren, akting semua pemain juga tak perlu diragukan.

Aswinda Utari mengatakan...

Sudah nonton mba. Dan saya sependapat. Film ini layak dapat banyak penghargaan. Karna memang super kereen. Actingnya, pengambilan gambar, alur cerita. Film ini jg memberikan banyak pembelajaran bahwa yaa. Begitulah manusia, memiliki sisi hitam yg bisa muncul walau hanya dengan percikan api. Nyata adanya.

Artha Amalia mengatakan...

hidup kok tanpa rencana. pastinya bingung mau hidup yg bagaimana. buat makan tanpa rencana ajah galau setengah mati, apalagi kalau masak sarapan tanpa rencana yaa gak kelar2.

duh film yg dapat banyak piala loh ini

Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) mengatakan...

Gara-gara PARASITE menang Oscar, lalu aku jadi penasaran. Karena kemarin mau nonton malah gak jadi, ngecek di Netflix belum ada juga. Baca reviewmu semakin aku penasaran dan pengen nonton deh.

Lina W. Sasmita mengatakan...

Karakter manusia yang ada sisi baik dan buruknya digali di film ini ya. Semua pemain punya peran dan sifat masing-masing yang menonjolkan sisi manusia aslinya.

Rachmanita AdindaRara mengatakan...

Film korea emang gak bakal bosen deh buat di tonton soalnya ceritanya pasti seru dan menarik ya mom...

Nunung Yuni Anggraeni mengatakan...

Penasaran sama filmnya. Apalagi menyabet banyak penghargaan. Tapi jujur aku gak berani nonton film thriller dan bogor.

Damar Aisyah mengatakan...

Aku belum nonton filmnya, tapi untuk reviewnya udah banyak banget yang kubaca. Mulai dari yang bikin penasaran sampai yang spoiler akut, hehe. Jujur aku penasaran, meskipun pasti super deg-degan. Tapi belum bisa nonton ya, secara da dua bocah yang nempel mulu sama Emak. Hiks...hiks. Tapi overall aku ikut senang film ini menggondol banyak pernghargaan.

Inna Riana mengatakan...

keren banget ini parasite. aku abis nonton ini langsung mangap...

Komentar saya moderasi. Tinggalkan jejakmu di sini, Teman!