Explore the blog
Kamis, 04 Juni 2020

Review Drama Korea When the Camellia Blooms

Bismillaahirrahmaanirrahiim.... 

Pernah terbayang jadi orangtua tunggal? Atau kamu dibesarkan oleh orangtua tunggal? 

Annyeong hasimnikka! Maunya kita tuh punya orangtua lengkap, hidup bahagia. Tapi kita juga enggak pernah tahu jalan hidup itu bagaimana. Begitu juga yang dialami oleh Dong Baek.

review drama korea when the camellia blooms genre romance, komedi, thriller tentang ibu tunggal yang jadi saksi pembunuhan berantai


Dong Baek merupakan Ibu tunggal dan tinggal di kota kecil Ongsan. Dia mengelola bar-restoran Camellia dan juga merawat putranya Pil Gu. Orang-orang Ongsan sering bergosip terutama Ibu-Ibu karena melihat pelanggan pria datang ke Camellia. Dong Baek tumbuh sebagai anak yatim dan agak masa bodoh dengan apa kata orang tentang hidupnya.


Petugas kepolisian setempat Hwang Yong Sik pulang dari kota untuk menyelidiki kasus "Pengusil" yang terjadi di Ongsan. Dia kemudian bertemu Dong Baek dan jatuh cinta. Sayangnya baik Ibu Yong Sik ataupun putra Dong Baek, Pil Gu kurang setuju dengan hubungan mereka. Di lain pihak, mantan pacar Dong Baek yang merupakan ayah Pil Gu muncul.

kisah cinta dong baek yong Sik di ongsan

Dong Baek hanya ingin bahagia, tapi seolah keadaan tak berpihak padanya. Ada hal-hal menyeramkan yang ternyata mengincarnya. Lalu apa yang akan terjadi selanjutnya? 

Drama: When the Camellia Blooms
Revised romanization: Dongbaekkkot Pil Mooryeob
Hangul: 동백꽃 필 무렵
Director: Cha Young-Hoon, Kang Min-Kyung
Writer: Im Sang-Choon
Network: KBS2
Episodes: 40
Release Date: September 18 - November 21, 2019
Runtime: Weds. & Thurs. 22:00
Language: Korean
Country: South Korea
Cast:
Kong Hyo-Jin
Kang Ha-Neul
Kim Ji-Suk
Ji E-Suu
Oh Jung-Se
Yum Hye-Ran
Son Dam-Bi
Kim Kang-Hoon
Ko Du-Shim
Lee Jung-Eun
Jeon Bae-Su
Kim Sun-Young
Kim Dong-Hyun
Kim Mi-Hwa
Lee Sun-Hee
Han Ye-Joo
Lee Sang-Yi
Kim Mo-A
Baek Hyun-Joo
Lee Jung-Yull
Jin Yong-Wook
Lee Kyu-Sung
Shin Mun-Sung
Carson Allen
Lee Jae-Woo
Park Yeon-Woo
Hwang Young-Hee
Jeon Guk-Hyang
Kim Geon
Seo Jang-Hyun
Yoon Sung-Woo
Kang Tae-Ung
Kim Ki-Cheon
Kang Woo-Je
Ahn Soo-Bin
Chu Kwi-Jung
Seo Yi-Soo
Lee Jin-Hee
Yoo Yeon
Yu Jun-Hoo
Jung Ga-Ram
Kim Dan-Woo
Heo Dong-Won
Jang Hae-Song
Park Ok-Chool
Ahn Se-HoJung
Won-Chang
Choi Dae-Chul
In Gyo-Jin
Woo Jung-Won
Lim Sung-Mi
Hong Seo-Jun
Baek Eun-Hye
Jang Hye-Jin
Son Jong-Hak
Lee Kyung-Wook
Hwang Jae-Yeol
Jeong Ji-Hwan
Shin Dam-Soo
Kim Min-Seong
Kim Min-Joon
Min Eung-Sik
Choi Ga-In
Lee Tae-Gu
Jeon Suk-Chan
Kim O-Bok
Kim Dae-Gon
Kang Ae-Shim
Kim Bok-Jun 

Review Korean Drama When the Camellia Blooms 


review drama korea when the camellia blooms genre romance, komedi, thriller

When the Camellia Blooms jadi drama pamungkas yang saya ulas selama nonton on going di 2019. Sebelumnya di urutan ketiga ada Extraordinary You. Lalu peringkat kedua ada The Tale of Nokdu. Awalnya saya tidak ada niat nonton drama ini karena sedang hiatus. Lalu mulai lagi di awal Oktober sementara drama ini tayang di akhir September. Eh ternyata saya bisa ngejar juga, hahaha. 

Sebelum drama Dongbaekkkot Pil Mooryeob, saya sebenarnya sudah rajin nonton drama KBS2 slot Rabu dan Kamis sejak 2018. Ada Your House Helper, Feel Good To Die, Liver or Die, Doctor Prisoner, dan Angel's Last Mission: Love. Lalu kenapa akhirnya nonton? Mungkin karena sosok Yong Sik yang biasa saja tapi dilihatnya enggak biasa. 

Bisakah seseorang menjadi keajaiban bagi orang lain? Keajaiban itu tak ada. Dia adalah kebaikan-kebaikan kecil yang telah kamu lakukan 

Diceritakan bahwa Dong Baek ini Ibu tunggal dan mengelola bar-restoran Camellia di Ongsan. Bisa dibilang Ongsan itu bukan kota besar. Jadi berita apa pun cepat tersebar. Seperti Ibu-Ibu usil kebanyakan, ada Perempuan seksi dan statusnya tanpa suami, menimbulkan banyak gosip apalagi pelanggan Camellia adalah laki-laki. Dan pria-pria pun ikut mendekati Dong Baek.


Pria pertama adalah induk semang, pemilik bangunan Camellia. Ada No Kyu Tae. Dia punya istri bernama Hong Ja Young, seorang pengacara. Kyu Tae ini model suami takut istri. Dia sering ke Camellia cuma buat gaya-gayaan karena punya uang. Tapi jika bersama Ja Young, dia agak minder.


Lalu ada Kang Jong Ryeol, pemain Baseball. Dia adalah mantan pacar Dong Baek. Ketika masih pacaran, mereka ini backstreet. Lalu Dong Baek hamil dan memutuskan pergi dari Jong Ryeol serta merawat putranya sendiri, Pil Gu. Ketika Jong Ryeol tahu dia punya anak laki-laki, dia ingin ada untuk Pil Gu. Macam-macam lah, mulai dari ngasih uang dan lainnya. Padahal Jong Ryeol punya istri bernama Jessica dan juga seorang anak perempuan. Jessica sendiri aktif di sosial media. Tahu bahwa suaminya mengunjungi mantan pacar, dia pun murka karena takut gosip ini dan itu.


Cowok terakhir itu Hwang Yong Sik. Dia hanya laki-laki biasa yang punya keberanian sehingga diangkat menjadi polisi. Dia pernah menghajar perampok hanya dengan kotak bekal makan. Hwang Yong Sik jatuh cinta pada Dong Baek, tapi tidak dengan wanita itu. Dong Baek pikir, dia hanya Ibu tunggal dan tidak pantas jatuh cinta. Misi Yong Sik yaitu melindungi Dong Baek. Sesederhana itu. 

Akhir yang bahagia apanya? Jika kau simpan makananmu, rasanya akan tidak enak. Rasa terbaik adalah dimakan saat lapar. Jadi kau harus rajin dan bahagia kapan pun kau bisa. Jangan menundanya 

Awalnya saya tuh agak sebel dengan karakter Dong Baek yang suka senyum dan tidak tegas seperti Nanase Love Lasts Forever. Kenapa dia tidak melawan sih? Pikir saya. Tapi setelah dia bertemu Yong Sik dan laki-laki itu berkata bahwa dia hebat, istimewa, dan berhak bahagia, perlahan Dong Baek menjadi sosok yang kuat meski sesekali terlihat lemah. Jadi karakternya benar-benar tumbuh dengan baik.


Yong Sik sendiri tipikal cowok bucin yang bikin saya geli sendiri. Tapi di lain pihak, dia bisa sangat melindungi. Untuk mereka jadian saja tidak mudah karena berpikir ini dan itu. Pas putus, ah auto patah hati dan bikin saya ikutan nangis tersedu-sedu. Bromance sama Pil Gu juga bikin gemas. Apalagi waktu adegan Drone atau ngegame. Lucu banget, hahaha.

kisah pengusil di ongsan

Lalu Si Pengusil tiba-tiba memberi pesan bahwa selama ini dia mengawasi Dong Baek karena perempuan itu merupakan saksi hidup dari pembunuhan-pembunuhan sebelumnya. Pertanyaannya, kenapa selama 4 tahun dia menghilang dan kini ingin kembali? 

Monster di dunia nyata lebih sulit ditebak. Kadang hal mengerikan terjadi tanpa alasan khusus 


Awal fokus pertama saya adalah soal Si Pengusil. Saya pikir ini drama pure misteri atau thriller gitu. Berkaca dari Suspicious Partner yang saya kira romcom eh ternyata tidak. Sampai saya tunggu-tunggu dan nebak ke semua orang, kira-kira siapa sesungguhnya si Pengusil ini. Dari perburuan, ada dugaan si A, si B, dan lainnya. Lalu jelang akhirnya, eh saya masih salah nebak, hahaha. Memang enggak bakat jadi Detektif.


Pendapat saya sih, drama When the Camellia Blooms ini sebenarnya kisah kasih sayang orangtua terutama tunggal. Sebagai orangtua tunggal, anak adalah pelindung dan penguat bukan sebaliknya. Makanya tiap orangtua ingin yang terbaik untuk anaknya. Seperti Ibu Dong Baek yang meninggalkannya di Panti Asuhan dengan harapan Putrinya bisa mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Ibu Dong Baek merupakan korban KDRT dan dia kabur membesarkan Putrinya sendiri. Lalu Ibu Yong Sik yang suaminya meninggal saat dia masih mengandung. Dia membesar Yong Sik juga dua anak lainnya. Wajar sih jika Ibunya berharap putra bungsunya mendapatkan gadis single, bukan yang punya anak. Dan masih banyak kisah tentang orangtua yang bikin saya terenyuh. Termasuk pesan agar jadi orangtua yang bahagia. Dengan begitu, anak akan melihat dan ikut bahagia.


Hidup Dong Baek yang jadi saksi pembunuhan juga sangat tidak mudah. Bukan karena penjahatnya, tapi karena orang-orang yang bertanya ini itu dan keingintahuan yang berlebihan. Ngerti deh kenapa akhirnya banyak yang menolak jadi saksi atas sebuah kasus. Yang saya tidak sangka adalah adanya kisah dari Hyang Mi. Dia ini pegawainya Dong Baek, dianggap keluarga dan suka mengutil korek api. Dia sempat main-main dengan No Kyu Tae. Tapi lagi-lagi akhirnya bikin saya terharu dengan kisah yang hidup Hyang Mi. Dia hanya mencoba bertahan hidup dan memenuhi kebutuhan Adiknya.


Dongbaekkkot Pil Mooryeob ini drama yang cukup realistis dan relate dengan kehidupan sehari-hari. Bagaimana orang-orang Ongsan yang tadinya sotoy dan akhirnya mereka saling membantu. Benar ketika ada kalimat bahwa: Orang hanya bisa dekat saat saling menyulitkan dan minta tolong dari waktu ke waktu. Benar-benar seni bertetangga deh! Makanya baik-baik ya sama tetangga juga saudara. Mereka juga yang akan membantu di saat kita susah dan mengalami masalah. 

Yang berhak hidup atau mati ditentukan oleh takdir. Tapi kita bisa berusaha sekuat tenaga sebelum takdir memutuskannya 


Yang bikin beda drama Korea When the Camellia Blooms dengan drama misteri atau thriller lainnya adalah eksekusi pada si Pengusil. Asli itu di luar ekspektasi saya. Dan saya cuma mau bilang, hati-hati sama perempuan dan terutama Ibu-Ibu. Ketika mereka bersatu, bisa gawat! Lalu, jaga mulut dan pandanganmu. Jangan mudah meremehkan orang lain karena bisa saja itu membuatnya tersinggung.

Jika kau terus kabur, tak akan ada akhirnya. Orang yang bertahan hingga akhir adalah pemenang sesungguhnya 


Menurut saya, When the Camellia Blooms ini paket lengkap dari sebuah drama apalagi tokoh yang diangkat bukan dari golongan yang wah. Ada kisah cinta, persahabatan, kekeluargaan yang bikin kita berurai air mata. Kang Ha Neul memainkan sosok Yong Sik kenapa bisa selucu dan semenggemaskan itu. Jauh banget dari karakternya di film Midnight Runners. Ini jadi drama comebacknya setelah wamil dan menurut saya cukup berhasil dibandingkan Ji Chang Wook di drama Melting Me Softly.


Kong Hyo Jin, dia selalu keren saat memainkan karakter dalam drama. Terakhir saya melihatnya di film Crazy Romance dan jadi perempuan kuat juga. Lalu peran pendukung lain juga tidak kalah oke. Enggak cukup deh kalau disebut satu persatu. Yang bikin waw lagi adalah hadirnya Jung Ga Ram sebagai Pil Gu dewasa. Duh si Jjong-Bi ganteng di The Odd Family: Zombie On Sale. Kisah cinta Kyu Tae dan Ja Young juga ternyata lucu. Apalagi saat flashback.

Jadilah bahagia dengan standarmu, bukan standar orang lain 

Meski When the Camellia Blooms ini memakai alur maju mundur, tapi enggak bikin bingung yang nonton. Dari semua yang saya sebut, kalian jadi tahu kan kenapa drama ini ratingnya tinggi saat tayang? Bahkan di KBS Drama Awards yang diselenggarakan pada 31 Desember 2019, drama ini menyabet banyak penghargaan. Memang betulan oke kok. Jadi kalian harus nonton! 

Atau ada yang sudah menuntaskan drama When the Camellia Blooms ini? Paling suka adegan mana? Kalau saya mungkin saat dua kali Dong Baek dan Yong Sik membuat keributan di RS. Kalau kalian, mana yang jadi favorit? Share pendapat kalian ya! Sampai jumpa. Happy blogging!

dong baek ibu tunggal dan hwang yong sik

Terima kasih kepada kalian semua, yang paling kuat, paling tangguh, paling luar biasa, paling pantas dimuliakan dunia, serta yang membuat keajaibanmu sendiri setiap hari dengan mengatasi banyak tantangan dalam hidup 
Update 5 Juni 2020
Drama When the Camellia Blooms dapat banyak penghargaan di Baeksang Arts Awards 2020:
  • Best Actor: Kang Ha-neul
  • Best Supporting Actor: Oh Jung-se
  • Best Screenplay: Lim Sang-choon
  • Baeksang Grand Award for TV
Sumber gambar: HanCinema

Whould you like to comment?

  1. Drama ini bagus, banyak pesan-pesan kemanusiaan dan hikmah yang bisa dipetik dari drakor ini 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget. Makanya aku milih ini sebagai drama terbaik di 2019

      Hapus
  2. aku suka quote jadilah bahagia sesuai standarmu bukan standar orang lain

    BalasHapus
  3. 40 episodes, huwaaaaa, aku pas hihihi. Oh alurnya maju mundur, jd ada kyk flashback2 gtu ya mbak?
    Tapi emang paket lengkap sekali ya, ya ada kisah keluarga, persahabatan, sampai romantis2nya dapat.

    BalasHapus
  4. Waaaa quote quotenyaaa!
    Dengan pemeran sebanyak in, bisa hapal apa ya? Tapi kalau melihat filmnya oke, sih bisa hanyut juga dan mendalami masing masing karakter ya Jiah

    aku jadi pengen nonton nih, gara gara quotenya!

    BalasHapus
  5. aaah buat single parent ataupun anak yang dibesarkan oleh single mom perlu nonton When The Camellia Blooms. Jangan lupa siapin tisu sama camilan.

    BalasHapus
  6. menyabet banyak penghargaan ?! wah perlu ditonton ini
    meski bukan penggemar drakor tapi selalu penasaran dengan drakor dan film yang dapat penghargaan. mau tahu aja gitu. ok..masuk dalam list ini

    BalasHapus
  7. Aku jadi cari dramanya say hihi tertarik pengen nonton, apalagi ada aktor favoritku yang jadi pemain basebal hihi antagonis ya di sini..

    BalasHapus
  8. wahh keren drama ini bisa dapat penghargaan. aku akhirnya nonton loh jiah waktu nanyain rekomendasi drakor yang bagus beberapa waktu yang lalu :D
    keren ceritanya

    BalasHapus
  9. Seruuu ya jalan ceritanya.
    aku juga mau nonton, ah.
    sekarang daku masih terpukau dgn "Hospital Playlist" nih

    BalasHapus
  10. Waah, salah satu drama yang masuk list buat aku tonton nih. Udah bolak-balik buka listnya, gak jadi2 terus, terkalahkan sama drama yang lain. Baca review ini trus di Baeksang Arts Awards juga dpt beberapa nominasi, jadi makin penasaran

    BalasHapus
  11. Selalu suka dengan cara review Jiah.
    Berasa nongki dan duduk di hadapannya.

    Cuma aku ingin kasih masukan saja, buat generasi kolonial kayak aku, apakah memungkinkan warna huruf postingan dibuat lebih gelap, agar bisa lebih nyaman di mata?

    ... misalnya seperti warna huruf di quote-quote itu. Bikin nyaman, dear :)



    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini warna sudah paling gelap, Mbak. Mungkin karena bentuk hurufnya. Saya suka yang tipis kaya gini sih

      Hapus
  12. wahh jadi pengen nonton.. tapi kok lumayan panjang ya.. Nunggu di tipi aja kalo gitu haha...

    BalasHapus
  13. Jiiiii.. Ini nontonnya dimana ya, di Viu nggak ada nih haha. Kapan hari pas lihat di ig mu mendadak penasaran. Pingin nontonn...

    BalasHapus
  14. Aku sebenare ga seneng yang ada tentara2nya polisi gitu apalagi rada2 pembunuhan huhu tapi liat dia ganteng aku terkewer2 pengen nonton juga mumpung di rumah aja

    BalasHapus
  15. Jangan racuni drakor lagiii.. Bulan kemarin sdh namatin 2 drakorr.. Bulan ini baca buku ajaa.. Wkwk.. Duh, tp baca reviewnya disini jd pengen ngintip..

    BalasHapus
  16. waaaah... When The Camellia Blooms ini yang tadi pagi baru aja diceritain temenku dan disuruh nonton.. pas banget besok minggu mau nonton sehariaan, makasi reviewnya mbak 😊

    BalasHapus
  17. Kalau saya sekarang sedang nonton drama Korea When My Love Blooms. Agak mirip-miriplah dengan camelia blooms ini. Pemeran utama ceweknya banyak yang suka hehe.

    BalasHapus
  18. Jiah, ini kayaknya bagus yah, kau masih belum move on dari crash landing on you, nanti aku nonton deh

    BalasHapus
  19. Habis baca artikel ini kayaknya jadi pengen nonton drakor deh. Apalagi yang satu ini ceritanya terlihat lebih realistis dengan kehidupan. Sementara aku belum move on dari drakor The World of the married 😅

    BalasHapus
  20. Dari judulnya aja udah kebayaang ini seri yang romantis bangeet ya mba..have fun watching it..

    BalasHapus
  21. Jadi akhirnya Dong Baek jadian sama siapa Ji? Sama polisi itukah? Ceritanya lumayan kompleks ya. Menarik gitu untuk diikuti kisahnya.

    BalasHapus
  22. Iya, aku tahunya drama ini dapat banyak penghargaan di Baeksang Art Awards kemarin. Sempat penasaran donk, kayak apa kisahnya. Kebetulan baca sinopsis di sini.

    BalasHapus
  23. Nambah lagi deh rekomendasi drakornya, semuanya yang direview disini oke - oke dan bikin penasaran.

    BalasHapus
  24. awalnya saya kira bakal bs balik sama pacarnya dulu, Jong Ryeol. apalagi mereka punya anak laki2. tapi ternyata.. udah punya istri tuh si Jong Ryeol. sebel deh, nambah masalah kan

    BalasHapus
  25. Belum sempet nonton inii. Lihat sinopsisnya kok seru ya. Banyak pesan-pesan kebaikan yang tersirat di film ini.

    BalasHapus

Tinggalkan jejakmu di sini, Teman