6c2y5xLulMkOYYgEXrgPjC5Lx3Je6RzEo1m3mFkw

Review Drama Korea Extraordinary You

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Kamu pernah jadi figuran dalam sebuah drama hidup? Bagaimana rasanya?

Annyeong hasimnikka! Akhirnya ya tiba saat saya mengulas drama Extraordinary You yang sebenarnya sudah berakhir berbulan-bulan yang lalu. Tiap mau nulis tuh bawaannya teringat, Haru ya Mulu. Kan jadi gemes sendiri. Baiklah, mari kita move on!



Eun Dan O pikir dia adalah pusat dunia. Dia adalah siswi sekolah menengah bergengsi, orang tuanya kaya, dan punya tunangan yang tampan. Satu hal yang kurang, dia memiliki penyakit jantung bawaan. Suatu ketika dia mengalami kejadian aneh yang seperti berulang, hilang ingatan jangka pendek dan dia seperti melihat masa depan. Di tengah kebingungan, Dan O bertemu Jinmiche, dari kantin sekolah yang memberi tahu bahwa dia adalah karakter dalam komik "Secret" seperti lainnya. Sayangnya dia bukan pemeran utama, tapi hanya figuran yang hidupnya tak akan lama. Mengetahui hal tersebut, Dan O berusaha mencari cara untuk bertahan dan mengubah situasinya.




Waktu berlalu, tanpa sengaja Dan O jatuh dari tangga dan merasakan punggungnya menyentuh punggung siswa lain. Jantungnya berdebar-debar. Dia pikir mungkin saja siswa itu bisa membantunya mengubah takdir. Dan misi Dan O pun dimulai. Siapakah siswa itu? Bagaimana perjalanan Dan O mengubah hidupnya?


Drama: Extraordinary You/Ha-Roo Found by Chance
Revised romanization: Eojjeoda Balgyeonhan Haroo
Hangul: 어쩌다 발견한 하루
Director: Kim Sang-Hyub
Writer: Moo Ryoo (webcomic), In Ji-Hye, Song Ha-Young
Network: MBC
Episodes: 32
Genre: Fantasy-Romance
Release Date: October 2 - November 21, 2019
Runtime: Wednesday & Thursdays 21:00 (35 minutes each/2 episodes per day)
Language: Korean
Country: South Korea
Cast:
Kim Hye-Yoon - Eun Dan-O
Ro Woon - Ha-Roo
Lee Jae-Wook - Baek Kyung
Lee Na-Eun - Yeo Joo-Da
Jung Gun-Joo - Lee Do-Hwa
Kim Young-Dae - Oh Nam-Joo
Lee Tae-Ri - Jinmiche
Kim Ji-In - Shin Sae-Mi
Kim Hyun-Mok - Ahn Soo-Chul
Jung Ye-Nok - Kim Il-Jin
Jung Yeo-Jin - Lee Sam-Jin
Han Chae-Kyung - Kim Ae-Il
Kang Min-Ji - Lee Ae-Sam
Jung Dae-Ro - Kim Yang-Il
Lee Chang-Sik - Park Yang-Yi
Yoon Jong-Bin - Lee Yang-Sam
Jo Duk-Hee - Class President Kim
Oh Jong-Min - Kim Bo-Dong
Kim Joon-Sung - Park Mo-Bum
Shin Yong-Ho - Shin Ba-Ram
Heo Soo-Bin - Wang Bit-Na
Jung Ji-Hyun - Han Soo-Da
Lee Eun-Hye - Kong Joo-Hae
Pyo Hyun-Jin - Namgoong Dan-Bal
Han Myung-Hwan - Kang Chul-Nam
Kim Tae-Jung - Chae Yook-In
Mimi - Park Yi-Jin
Song Ji-Woo - Park Ae-Ri
Lee Ye-Hyun - Kim Soo-Hyang
Eom Hyo-Seop - Eun Moo-Young
Choi Jin-Ho - Baek Dae-Sung
Yoon Jong-Hoon - Lee Joo-Hwa
Bae Hyun-Sung - Baek Joon-Hyun
Song Chang-Kyu - street vendor
Ji Su-Won - Cha Ji-Hyun
Yoo Ji-Soo - Ra Hye-Young
Yoo Ha-Bok - Oh Jae-Bul
Kim Geon-U - Baek Kyung (young)
Kim Jae-Hwa - art teacher

Review Korean Drama Ha Roo Found by Chance


Ketika info drama Extraordinary You muncul, saya sudah niat banget buat nonton. Pertama saya pikir ceritanya unik. Kedua, karena pemeran-pemerannya. Bisa dibilang saya pernah lihat akting para pemain utamanya. Drama Korea Ha Roo Found by Chance ini diadaptasi dari webcomic series "Eojjeoda Balgyeonhan 7wol" karya Moo Ryoo dan pertama kali dipublikasikan pada 18 Januari 2018. Karena di awal saya memang belum niat baca Webtoonnya, saya pikir akan seperti drama W di mana manusia masuk ke dunia Webtoon. Apalagi di awal  Haru cukup mencurigakan. Ternyata tidak karena mereka semua karakter dalam komik. Kalian bisa baca di July Found By Chance.


Dua figuran biasa bertemu dan menciptakan waktu yang istimewa. Jadi bagiku, kamu bukan sekadar figuran. Kamu figuran yang luar biasa

Diceritakan bahwa Dan O adalah figuran yang tugasnya jadi Mak Comblang pemeran utama komik Secret yaitu Yeo Joo Da dan Oh Nam Joo. Dan O tak mau hidupnya seperti itu, kaya tapi sakit-sakitan. Punya tunangan tapi dia tidak suka. Jadi Dan O memutuskan untuk mencari cara agar bisa mengubah takdirnya.


Dia akhirnya bertemu seseorang yang membuatnya berdebar dan mungkin saja bisa membantunya mengubah takdir. Sayangnya, dia juga figuran tak bernama dengan nomor 13. Akhirnya oleh Dan O dia diberi nama Haru. Bersama Haru, Dan O mulai bekerja sama membuat perubahan. Sayangnya tiap itu terjadi, ada konsekuensi yang harus mereka terima dan bisa saja menyakiti keduanya. Kejadian terus berulang. Beberapa karakter mulai menyadari siapa diri mereka. Masa lalu seperti kembali. Akankah mereka menemukan kebahagiaan dengan mengubah takdir Penulis?


Ada cerita klise, tapi hanya kita yang tahu. Betapa kejam dan menyedihkannya ini. Kita hanya karakter yang diciptakan Penulis

Kalau kalian adalah seorang penulis fiksi, pasti pernah merasakan kehadiran tokoh Dan O dan Haru ini. Soalnya saya pernah seperti itu sih. Menulis karakter tadinya mau seperti ini, eh seolah mereka hidup lalu menentukan takdirnya sendiri. Dan O dan Haru membuat perubahan, tapi mereka tetap figuran, bukan ujug-ujug jadi Pemeran Utama dalam manhwa Secret.


Cerita Drama Korea Extraordinary You ini unik dan juga simpel sebenarnya. Seputar dunia SMA, persahabatan, percintaan, masa muda mereka. Tentunya dalam dunia komik. Tidak seribet School Series, atau Page Turner tentang cita-cita bahkan My Stange Hero yang membahas korupsi di sekolah. Di drama ini juga pakem-pakem tentang first lead male dan female jadi terasa klise. Dobrak banget pokoknya!


Meski begitu, nonton Drama Ha Roo Found by Chance ini kudu teliti karena ada 2 jenis kehidupan dalam komiknya. Pertama adalah stage. Kedua shadow. Stage ini menunjukkan apa yang terjadi di dalam komik, sesuai gambaran penulis. Shadow kehidupan mereka di luar panggung, mereka bebas melakukan apa saja. Bisa dibilang, mereka yang sadar diri jadi punya dua kepribadian yang berbeda antara shadow dan stage. Jika mereka menghilang dalam stage, katakanlah mati. Maka mereka akan menghilang dari cerita tersebut. Tapi jika mereka menghilang dalam shadow, mereka akan tetap ada di stage tapi hilang ingatan.


Aku masih figuran yang memiliki pengaturan yang sama. Tapi aku tak peduli. Kini, Haru istimewa bagiku. Ketika aku bersama Haru, aku menjadi diriku sendiri. Dia menjadikanku tokoh utama setiap kali bersamanya

Extraordinary You membuat kita merasa bahwa sebenarnya tidak masalah menjadi seorang figuran. Menjadi biasa, bahagia. Karena pada dasarnya kita semua adalah figuran dalam kehidupan orang lain, tapi pemeran utama dalam kehidupan sendiri. Tadinya Dan O dan Haru merasakan itu. Tapi ternyata di Baek Kyung, tunangan Dan O ini menyadari keberadaannya juga. Kyung melarang Dan O juga Haru agar tidak mengubah sesuatu yang ditentukan jika tidak ingin kesalahan yang lama terulang.


Ketika mereka di komik Secret, meski hidup mereka tidak mudah, saya merasa mereka akan baik-baik saja. Ternyata ada kisah masa lalu yang belum selesai dari Penulis yang belum move on dari novel lamanya dengan genre romansa sejarah berlatar era Goryeo "Neungsohwa". Mulai dari situ, kisah mereka enggak hanya soal masa SMA tapi ke masa mereka dipertemukan di komik lain. Jujur saya kesal, hahaha. Meski begitu, saya tetap merasa bahwa Extraordinary You tetap oke buat ditonton.


Bagiku, dia sangat menonjol di antara orang-orang. Ketika dia mendekatiku dari kejauhan, jantungku mulai sesak. Meski itu tindakan kecil tidak berarti, tapi memiliki arti besar dan kecil bagiku. Akhirnya aku mengerti, bahwa aku jatuh cinta padanya

Saya suka karakter Dan O yang tetap ceria meski dia dalam kondisi sakit. Dia tetap berusaha bertahan walau lagi-lagi takdirnya itu keputusan Penulis. Banyak yang sebel dengan Dan O karena dianggap plin-plan. Tapi saya sih merasa bahwa dia hanya ingin bahagia. Kim Hye Yoon masih tetap cerewet seperti saat dia main di Sky Castle. Tapi lebih lucu sih.


Haru, dari yang tak bernama sampai punya peran dan menghilang. Karakternya ini cukup berkembang. Ada banyak perubahan. Tapi tetap ya Haru yang ramah dan mudah senyum itu jadi favorit. Salah satu adegan yang bikin nyesek itu waktu dia lari-lari menuju Dan O berulang-ulang tapi tidak bisa karena stage selalu berubah. Ini mengingatkan saya akan adegan di drama Dazzling saat Hye Ja bersepeda menyelamatkan Ayahnya. Saya pertama kali tahu Ro Woon itu di drama Where Stars Land dan jadi second lead male. Waktu itu saya belum tahu kalau dia anak boyband. Ternyata dia memang bisa akting ya! Ngomong-ngomong, Ro Woon ini seperti karakter komik yang jadi manusia. Ganteng pula.


Baek Kyung, tunangan Dan O. Karakternya ini terluka makanya dia menutupi dengan kearoganan dan seolah tak peduli dengan Dan O. Kata saya sih, Kyung ini seperti karakter pemeran utama di drama zaman dulu. Kalau dulu sih saya akan suka dengan sosok Kyung. Tapi sekarang, saya enggak bisa. Saya stres kalau dia teriak-teriak pada Dan O. Apa pun alasannya, saya tidak suka pada laki-laki yang membentak perempuan meski itu untuk menutupi luka batinnya sendiri. Lee Jae Wook ini memang sesuatu. Dia pertama kali berperan dalam drama Memories of The Alhambra sebagai figuran. Lalu naik tahta di drama Search WWW dan langsung mencuri perhatian.


Karakter lain yang saya suka itu Lee Do Hwa. Saya tidak berpikir dia akan sadar diri. Eh malah sadar di awal dan lucu juga. Sebagai second lead male dalam manhwa Secret, dia berusaha untuk legowo. Do Hwa kusayang, tapi malang, hahaha. Suka banget persahabatan antara Do Hwa, Haru dan juga Dan O.



Yang paling kasihan, kayanya sih karakter Oh Nam Joo. Meski dia first lead male di Secret, tapi sebenarnya Yeo Joo Da ada rasa dengan Do Hwa di dalam shadow. Nam Joo juga tidak sadar siapa dirinya sampai komik berakhir. Untuk Yeo Joo Da, saya pikir setelah sadar diri, dia akan jadi lawannya Dan O. Ternyata enggak juga. Dia hanya membalas orang-orang yang merundungnya.


Jinmiche bisa dibilang karakter penyeimbang. Dia mengingatkan, tapi juga tidak bisa sepenuhnya melarang. Sebenarnya saya berharap lebih sih. Tapi ya sudahlah. Lee Tae Ri, saya lebih suka karakter dia di drama The Beauty Inside.


Aku tak peduli peran yang kumainkan di dunia ini. Haru dan aku cukup bahagia di luar panggung

Terima kasih buat semua hal di Ha Roo Found by Chance. Terima kasih karena telah mewarnai minggu-minggu saya. Kisah kalian memang tidak bisa benar-benar berakhir di hati penonton. Jangan hanya berdiam diri. Semoga kalian juga menemukan takdir kalian sendiri.

Maafkan aku, tidak bisa menemanimu di adegan terakhirmu. Jangan menangis, ini hari yang membahagiakan. Karena, kamu adalah awal dan akhirku

Ada yang sudah nonton Drama Korea Extraordinary You? Paling suka karakter yang mana? Jika sudah, share pendapat kalian tentang drama ini ya! Sampai jumpa. Happy blogging!

Sumber gambar: HanCinema
Related Posts

Related Posts

30 komentar

  1. Aku belum pernah nonton nih kyanya kedua pemain utamanya. Pengen nonton juga jadinya penasaran

    BalasHapus
  2. Di kalangan pertemanan, extraordinary ini cukup sering disebut. Kayaknya aku bakal mau nonton juga deh. Meskipun ceritanya ringan, itu cukup menghibur.

    BalasHapus
  3. ooooh ada nih yang serupa di webtoon Indonesia. idenya sama. terjebak di dalam karakter fiksi. hampir sama. si x ingin mengubah takdirnya di fiksi tersebut, sekaligus keluar dari fiksi tsb. ya misinya adalah mencari cara itu.
    kalau yang di webtoon ini humor komedi sih. Gambarnya sih kurang bagus ya, tapi komikusnya ternama. Judulnya "Jangan Baca Webtoon Ini"
    hahaha

    BalasHapus
  4. Ternyata sinopsisnya seperti itu extraordinary you ini, sepertinya di linimasa aku sering baca. Ini mengenai figuran2 gitu karakternya dalam hidup ya, aku kok tertarik buat nonton pastinya, butuh asupan nih :3

    BalasHapus
  5. jadi penasaran sama extraodinary you, ada di aplikasi Viu gak ya?

    BalasHapus
  6. Premisnya menarik ya Mba
    Kapan2 bisa nih jadi bahan buat nonton di rumah
    Ni aku masih karantina #DiRumahAja jugaaa

    BalasHapus
  7. Wah asik nih aku dapat list tontonan drakor berikutnya, karena aku sesungguhnya baru enam bulan ini nonton drakor. Jadi masih butuh list referensi drakor yang kece dan enak nontonnya.

    BalasHapus
  8. Aku nonton sampai episode berapa ya drama ini gemesin ceritanya, pemainnya juga kiyut semua..hanya pas itu kepotong nonton doctor john jadi lupa lanjutannya..

    BalasHapus
  9. Ya ampun, ini aku lewatin terus Ji... Tiap cari drama baru, ini pasti aku lihat. Lumayan juga baca reviewnya, habis Blossom kayaknya bisa nonton ini. Pemainnya kok unyu unyu gini^^

    BalasHapus
  10. Bener juga. Dalam kehidupan orang lain bisa jadi kita hanya figuran. Saya intip-intip ah drakornya

    BalasHapus
  11. Kok unik banget sih ini... Jadi ceritanya tentang tokoh-tokoh dalam komik ya... Kreatif banget...

    BalasHapus
  12. Berasa nano-nano nonton ini, sempet sedih saat karakter Haru hilang.
    Dan muncul lagi tapi ga inget Dan o, jadi berasa ikut nyesek
    Aku suka dengan pemeran Haru, charming

    BalasHapus
  13. Pemainnya manis-manis gitu yaaaa. Seger deh yang nontonya. Wkwkwk. Walau akugak hobi nonton drakor, aku tetep suka ngelihatin foto-foto mereka

    BalasHapus
  14. Menarik ya alur drama Extraordinary You jadi kpingin nonton smp akhir ini ,, tambah lagi list buat ditonton

    BalasHapus
  15. geli sendiri aku liat drakor yang tema sekolahan atau anak muda kek gini, palingan si kakak Nawra yang mau nontonnya, next kukasih tau dia deh, kali dia suka juga

    BalasHapus
  16. Asyik banget sih drama yang ini. Gemes liatnya. Dan karena temanya nggak biasa jadi rada susah nebak endingnya. Gara2 ini nih aku jadi ngebucin ama Lee Jae Wook.

    BalasHapus
  17. Namanay figuran jadi cuma bisa ikutin cerita aja ya walaupun perannya dikit L( Duh aku jadi kangen sama Haru, di amain di drama apa lagi sih? :)

    BalasHapus
  18. Tolong.. Malam ini sdh baca review 3 drakor. Dan aku sedang menahan godaan untuk nonton bulan ini. Hahhaha.. Mn alur ceritanya mayan bague jg ini

    BalasHapus
  19. Sejak install Viu, aku jadi kayak dapat godaan buat nonton Drakor. Padahal di smart tv ada komplit pilihan Drakor juga tapi belum tergoda sampai install viu. Cuma untuk Extraordinary you jarang muncul di feed. Seringnya perfect murder, Itaewon class, ah coba ngintip dikit trailer nya

    BalasHapus
  20. Pas banget siih...Jia.
    Aku sukanya nonton drama yang serem-serem, kalo kamu...seneng yang manis-manis.
    Memang eramu niih...

    Tapi aku suka banget quote "Kita adalah pemeran figuran di kehidupan orang lain, namun pemeran utama di kehidupan kita sendiri."

    Ini cukup menyadarkanku bahwa hidup haruslah bersungguh-sungguh agar kebermanfaatannya bisa dirasakan lingkungan. Jangan biarkan berlalu begitu saja.

    BalasHapus
  21. Menarik ya alur ceritanya. Walau simpel tapi penyampaian dan pengemasannya bagus, jadi betah buat ngikutin

    BalasHapus
  22. Pesennya bagus juga, ya. Menjadi figuran di mata orang lain gak masalah.. toh kita adalah pemeran utama bagi diri kita sendiri. Pede aja, yah 😁

    BalasHapus
  23. Udah lama ini muncul terus di beranda beberapa apps film dan drakor yang kupunya. Tapi selalu aku lewati karena belum sempat nonton walau udah niat.

    BalasHapus
  24. Belum pernah jadi figuran hehee perih pastinya di dada. Karena, orang lain bwlum tentu ngeh dengan "si figuran". Pesan drakornya manis dan bagus banget.

    BalasHapus
  25. Aku belum tamat nonton ini pas ongoing wkwkwk nggak sabar jadi lanjut ke drama lain
    next aku lanjut ah, kangen juga sama Haru dan O yang cerewet banget tapi gemesin

    BalasHapus
  26. Aku kira ini drama biasa lho, ternyata ada versi stage dan shadow segala. Aku dulu lihat potongan-potongan adegannya di IG, tapi karena acaranya berbarengan sama The Tale of Nokdu, aku pilih nonton Nokdu. Hehehe... Soalnya aku lebih suka yang kolosal gitu.

    Btw, katanya syuting Extraordinary You ini sempet dikritik sama para siswa-siswi di sekolah itu kan? Kisruh karena sutradaranya marah-marah apa ya, karena ada yang ngambil foto saat mereka syuting.

    BalasHapus
  27. aaw aaw aaw.... kalimatnya menohok,

    "Karena pada dasarnya kita semua adalah figuran dalam kehidupan orang lain, tapi pemeran utama dalam kehidupan sendiri"

    BalasHapus
  28. Pernah sekliat liat ini di app drakor.id, baca reviewnya jadi tertarik nonton aplg dgn karakter Dan O, penasaran, duh kena ratjun drakor lgi aku hahah

    BalasHapus
  29. Vous êtes belle! mon téléphone n'utilise actuellement pas la sonnerie et je règle la sonnerie sur sonnerie telephone gratuite, cela affecte-t-il mon téléphone portable?

    BalasHapus
Komentar saya moderasi. Tinggalkan jejakmu di sini, Teman!