Kamis, 17 Oktober 2019

# Kesehatan # Tips

Ini Dia Penyebab Haid Tidak Teratur

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Kamu sedang datang bulan? Lancar atau suka telat? Lalu apakah semua darah yang keluar dari wanita disebut darah haid?

Sebagian besar orang tidak paham bahwa mendapat haid setiap bulan tidak selalu normal, karena siklus haid adalah siklus yang teratur yang terjadi setiap 21-35 hari. Haid wanita dipengaruhi oleh karena adanya perubahan hormon dalam tubuh, bersamaan dengan terjadinya perkembangan sel telur dan lapisan dalam rahim. Siklus Menstruasi atau Penyebab Haid Tidak Teratur terjadi jika kamu mengalami menstruasi atau haid setiap bulan yang tidak teratur antara bulan yang satu dan yang lainnya, maka itu merupakan salah satu bentuk gangguan haid. Tips selanjutnya kamu bisa menggunakan pembalut yang tidak mengandung klorin dan aman digunakan.

Freepik

Selain interval yang teratur, siklus haid yang normal juga ditandai dengan adanya pelepasan sel telur. Beberapa literatur menyebutkan bahwa 20-40% dari gangguan haid disebabkan oleh karena adanya siklus anovulasi atau tidak terjadi pelepasan sel telur. Adapun pelepasan sel telur ini terjadi sekitar 2 minggu dari siklus yang berikutnya. Hal ini seringkali dipakai sebagai dasar untuk menentukan masa subur seorang wanita. 

Haid atau menstruasi merupakan suatu peristiwa peluruhan lapisan dinding dalam rahim oleh pengaruh hormon yang terjadi pada seorang wanita. Haid ini juga merupakan penanda bahwa seorang wanita sudah bisa dibuahi. Selama masih mendapatkan haid seorang wanita masih bisa dibuahi atau dengan kata lain masih dapat hamil. Lalu apa penyebab haid tidak teratur?

Umumnya seorang wanita sudah mendapatkan haid pada usia 14-16 tahun. Jika di atas 16 tahun ia masih belum dapat haid serta tidak didapati pertumbuhan seks sekunder seperti pertumbuhan bulu halus di daerah sekitar area intim, ketiak dan pertumbuhan payudara, maka sebaiknya segera memeriksakan dirinya ke dokter kandungan. Sebaliknya, jika didapati adanya perdarahan (dapat berupa flek atau pendarahan dalam jumlah banyak) keluar dari vagina seorang wanita yang sudah lebih dari satu tahun tidak dapat haid, maka ia juga harus memeriksakan dirinya ke dokter karena mungkin disebabkan oleh hal yang serius. Kini sudah tersedia Obat haid tidak teratur secara alami salah satunya adalah buah tomat. Dengan mengkonsumsi buah tomat dalam bentuk jus atau su secara teratur setiap hari guna untuk menghasilkan hasil yang optimal.

Selamat mencoba ya! Sampai jumpa. Happy blogging!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar