Sabtu, 29 Juni 2019

# 2019 # Action

Review Drama Korea Special Labor Inspector Mr. Jo

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Apa yang kamu pikirkan tentang Pegawai Negeri Sipil? Pekerjaannya enak dan enggak mikir dipecat? Benarkan?

Annyeong hasimnikka! Kalau ditanya apa yang saya pikirkan tentang PNS, entahlah. Karena tiap pekerjaan ada risiko dan kesenangan masing-masing. Terus terang sih saya tidak ada pikiran untuk jadi PNS. Keluarga saya tidak ada yang jadi pegawai, dan sekarang ini saya menikmati pekerjaan yang saya punya.


Jo Jin Gab selalu berusaha menjadi orang yang jujur dan benar. Dia adalah atlet judo tapi dikeluarkan dari olahraga karena protes akan tindak korupsi dan kecurangan saat pertandingan. Jo Jin Gab kemudian jadi guru olahraga, tapi lagi-lagi berurusan dengan anak ketua komite sekolah dan dipecat. Bukan hanya pekerjaan yang hilang, tapi istri dan anaknya juga memilih pergi darinya.


Jo Jin Gab kini berhasil lulus ujian untuk menjadi pejabat publik. Bekerja sebagai PNS, dia tidak perlu khawatir akan dikeluarkan dari pekerjaannya. Dia berusaha hidup damai. Saat dipindahkan untuk bekerja sebagai pengawas ketenagakerjaan di Kementerian Ketenagakerjaan dan Buruh, ia menghadapi banyak orang yang menggunakan kekuatan mereka secara tidak adil. Mungkinkah Jo Jin Gab kembali ke dirinya yang dulu?


Drama: Special Labor Inspector Mr. Jo
Revised romanization: Teukbyeolgeunrogamdoggwan Jojangpoong
Hangul: 특별근로감독관 조장풍
Director: Park Won-Gook
Writer: Kim Ban-Di
Network: MBC
Episodes: 32
Release Date: April 8 - May 28, 2019
Runtime: Monday & Tuesday 22:00 (35 minutes each/2 episodes per day)
Language: Korean
Country: South Korea
Cast:
Kim Dong-Wook
Kim Kyung-Nam
Ryu Deok-Hwan
Park Se-Young
Lee Won-Jong
Kang Seo-Joon
Ahn Sang-Woo
Yoo Su-Bin
Kim Si-Eun
Seol In-A
Oh Dae-Hwan
Lee Sang-Yi
Song Ok-Suk
Kim Hong-Fa
Lee Na-Yoon
Cha Jung-Won
Kim Min-Kyu
Jeon Kuk-Hwan

Review Korean Drama Special Labor Inspector Jo Jang Poong



Ketika banyak orang bilang Special Labor Inspector Jo ini bagus seperti The Fiery Priest saya langsung merasa oke buat nonton. Saya belum paham akting Kim Dong Wook seperti Kim Nam Gil dan Kim Jaewook yang ternyata mereka pernah main bareng. Tapi ada Kim Kyung Nam yang entah mengapa lumayan menggoda seperti saat main di Where Star Land. Dan saya rasa, pilihan mereka tentang drama bagus itu benar adanya.

Special Labor Inspector Mr. Jo ini tayang dan tamat di minggu yang sama dengan Her Privat Life. Alur maju mundur dengan genre komedi dan action. Drama ini berkisah tentang Jo Jin Gab yang seperti kurang beruntung dalam hidup. Oleh muridnya dia dikenal sebagai Jo Jang Poong.


Jo Jin Gab pikir menjadi PNS akan memudahkan hidupnya. Sayangnya, bekerja sebagai pengawas ketenagakerjaan di Kementerian Ketenagakerjaan ternyata menemukan banyak masalah.

Semua bermula dari pengaduan supir yang dipecat secara tidak adil. Supir itu ternyata Kim Sun Woo mantan muridnya. Jo Jin Gab kemudian berusaha membantu tapi terhalang banyak hal. Akhirnya dia berusaha minta bantuan dari Detektif Ilegal. Ternyata lagi CEO dari AB Planning itu adalah Cheon Deok Goo yang juga muridnya. Setelah 4 episode dengan banyak pertengkaran dan lainnya, masalah supir dan kesewenang-wenangan dan Bos Bus selesai.


Sebenarnya masalah tidak benar-benar selesai. Justru baru dimulai lagi. Ada pegawai yang bekerja lebih dari jamnya dan lagi-lagi dipecat. Bahkan saat kecelakaan, mereka tidak mendapat kompensasi bahkan tidak termasuk kecelakaan kerja. Karena terus melawan, akhirnya nih Jo Jin Jab malah dimutasi. Duh kasian banget kan? Lalu apa Jo Jang Poong ini akhirnya mundur?

Hohoho, tentu saja tidak Yorobun! Mungkin saat dia sendiri, protes perorang, dia tidak bisa melakukan apa-apa. Tapi jika dilakukan bersama, membuat petisi secara kelompok, ya akhirnya bisa diajukan.


Jo Jin Gab sendiri dalam aksinya dibantu banyak orang. Seperti The Fiery Priest, satu persatu orang mulai terketuk dengan ketulusan Jo Jin Gab. Mulai dari Cheon Deok Goo dan gengnya Department Head Baek, Assistant Manager Oh, Bosnya Ha Ji Man, Joo Mi Ran mantan istrinya, dan banyak lainnya.

Dibanding drama berbau action lain yang pernah saya tonton seperti City Hunter, Terius Behind Me, The Player, The Fiery Priest, Healer, saya lebih suka Special Labor Inspector Mr. Jo dari segi kedekatannya dengan dunia nyata. Begini, saya pernah jadi pegawai yang tanpa kontrak. Dengan lisan katanya setelah 3 bulan bisa naik gaji. Ketika saya tanya, dimentahkan itu kata-kata karena enggak ada bukti. Beda tempat, kerja sudah pakai kontrak. Saya pikir akan lebih melegakan karena ada surat. Tapi ya kontrak itu jadi semacam alat untuk 'menakut-nakuti' ketika pegawai tidak bekerja sesuai surat. Tapi ketika ditanya gaji, Bos punya segudang alasan. Waktu itu juga belum paham tentang ketenagakerjaan dan ada perlindungannya.


Kita bekerja mencari rezeki, tapi bukan berarti kita boleh diperlakukan semena-mena. Kalau ada yang tidak beres, kita bisa lapor dan cari bantuan pada lembaga-lembaga tertentu. Pun dengan pemilik perusahaan. Kita harus melindungi pegawai karena mereka bekerja untuk kita. Beri mereka sesuai apa yang dikerjakan atau mungkin lebih. Jangan lupa menyediakan tempat yang sesuai standar demi menghindari kecelakaan dalam bekerja.

Special Labor Inspector Jo Jang Poong ini ada romancenya enggak sih?

Kalau kurang suka pure action, tenang karena drama ini ada selingan romantisnya. Porsinya memang tidak banyak, tapi cukup menghibur. Kisahnya antara Cheon Deok Goo yang memata-matai Go Mal Sook dan jatuh cinta betulan. Seol In Ah sendiri pernah main di drama Strong Woman Do Bong Soon sebagai mantan pacarnya In Gook Doo. Lalu Jo Jin Gab dan mantan istrinya Joo Mi Ran yang tarik ulur.


Yang paling berisik itu Choi Seo Ra ketua Myeongseong Group. Telinga saya sakit deh karena dia sering banget teriak. Lee Sang Yi jadi anaknya Choi Seo Ra yang enggak pinter juga bisa banget. Padahal ya saya suka dia saat main di The Third Charm dan To. Jenny.


Kalau semua orang punya alasan untuk mendukung Myeongseong Group dengan tujuan tertentu, sampai akhir saya kurang paham alasan Jaksa Kim Jin Ran dan Go Mal Sook. Entah saya yang kelewat atau memang dua orang ini di waktu dulu belum punya kekuatan untuk melawan. Yang pasti sih perempuan-perempuan di drama ini lumayan kuat dan bisa bantu saat ada pertarungan. Itu tim Ranger ABG juga lucu-lucu sih.


Secara keseluruhan, saya sangat merekomendasikan drama ini buat ditonton. Lucu tapi juga jadi banyak belajar tentang kasus di ketenagakerjaan yang sebenarnya ada di sekitar kita. Oh iya, di sini ada bahasan kasus tentang melengserkan Pemimpin lho. Itu yang pada ribut tentang Pemilu, mungkin bisa belajar #Eh hahaha. Dari drama ini saya kepincut Ryu Deok Hwan pemeran Woo Do Ha. Setelah ini mungkin bakal cari drama dia yang lain deh, ckckck.


Kalian sendiri ada yang sudah nonton Special Labor Inspector Mr. Jo? Paling suka adegan mana? Atau ada yang pernah bermasalah dengan urusan ketenagakerjaan? Share pendapat kalian ya!

Sampai jumpa. Happy blogging!

Sumber Gambar:
Asianwiki
https://www.facebook.com/pg/MBCdramanow/

https://mydramalist.com/32684-special-labor-inspector-jo

13 komentar:

  1. Aku belum pernah menonton drakor ini. Satu yg sellau bs ku-notice dg drakor ini, mereka tdk kehabisan ide mngulik sisi2 dari kehidupan nyata untuk dibuat drama. Contohnya di drama ini mereka menganggkat cerita ttg ketenagakerjaan, hal yg agak jarang di sinetron Indonesia.

    BalasHapus
  2. Waaaa udah lama gak nonton drama nih. Kebetulan aku suka nih kalau ada percikan ppercikan romantisnya gini, whahhaha tetap yak cari yang romantisnya.

    Terima kasih ya atas rekomnendasinya, boleh ni nanti jadi playlist drakor yang mau ditonton. Hihi

    BalasHapus
  3. Menarik kayaknya nih. Kalo aku justru kurang suka drama yg romance atau banyak romancenya. Yg pure action malah lebih bagus aku suka haha. Tapi kepo jg jadinya nih sama Special Labor Inspector Jo. Btw udh lama jg ga nonton drama, eh bbrp bulan lalu deng. Drakor terakhir yg aku tonton itu My Fellow Citizens.

    BalasHapus
  4. Mbak, samean seminggu tuh downloadin drakor on going berapa judul? kwkwkwkw
    PAdahal aku belum kelar nonton yang Her Private Life udah dipamerin sama film action satu lagi deh wkkwkwkw

    TFS yah mbak
    Cheers

    BalasHapus
  5. Ide ceritanya asik banget. Berusaha menjadi PNS jujur dengan segalaacam intrik hidup. Kalau dibuat korea selatan ceritanya jadi ciamik dan banyak yang suka nonton karena aktris dan aktornya cakep.
    Kalau Indonesia yang buat filmnya bakal sekompleks ini ngga ya jalan ceritanya?

    BalasHapus
  6. Aku mau nonton ini cuma enggak ada waktu banget sekarang. Nanti kalau udah lowong aku mau deh nonton ini. Aku baru aja beresin Voice 3. Kesel banget sama endingnya.

    BalasHapus
  7. Wowwwww ceritanya menarik. Aku jadi inget di keluarga aku ada kisah serupa. Berusaha jujur sampai akhirnya diliburkan (tidak ada kata pecat untuk pns bukan), kemudian dianggap gila oleh tetangga, dan akhirnya ditinggal oleh istri dan anak-anaknya.
    Yah gitu deh, bertahan jujur kadang emang susah ya. Mamaku juga memilih mundur dari perusahaan pemerintah.

    BalasHapus
  8. Waw pemerannya ganteng ganteng pasti mba disaat nonton filmnya betah banget ya dan kayanya alur ceritanya pun cukup menegangkan.

    BalasHapus
  9. Jujur saja saya bingung mau berkomentar apa dan bagaimana.
    Melihat sedikitnya pengalaman menonton drama korea yang saya miliki, yg saya lakukan selalu adalah kagum kepada orang yang punya antusiasme lebih pada drakor..

    Ya mungkin namanya juga hobi dan kegemaran sih ya ^^

    BalasHapus
  10. Blm nonton drama ini mbak hehe, jd blm tau suka bagian mana. Wuaduh berat juga nih hehe, soalnya dalam kehidupan nyata biasanya mereka yang idealis kalau dah jadi pegawai negara pilihannya antara ikut arus atau resign haha. Penasaran kalau di film ini gmn sikapnya dan bgmn cara mengatasi konfliknya :D

    BalasHapus
  11. Sekilas lead malenya kaya Yoo Chun yaa...
    Aku sungguh rindu dengan aktingnya, ehh...malah kesandung kasus narkoba.

    KZL.
    Jadi nonton ini baru sampai eps 3 kayanya...lalu belum lanjut lagi.
    Hehhee...

    BalasHapus
  12. Sudah lama ga nonton korea yg ada actionn2nya juga. Hmm ada sedikit bumbu2 romantis ya, pasti seru jugaa. Anyway kupernasaran gimana ngeluangin waktu buat nonton series macam gini nyehehe

    BalasHapus
  13. Aku jarang nonton Korea kak. Tapi, unik juga sih karena ada drama Korea yang punya fokus cerita tentang profesi gini.

    Kalo masalah ketenagakerjaan mah, sejak aku resign dari kantor sampe sekarang belum cairin dana BPJS Ketenagakerjaan 😅😂

    BalasHapus