Kamis, 07 Februari 2019

# 2018 # 2019

Review Drama Korea Clean With Passion For Now

Bismillaahirrahmaanirrahiim.... 

Apa yang kamu lakukan jika melihat orang yang terlalu pembersih? Didekati atau dijauhi saja nih biar enggak ngrepotin? 

Annyeong hasimnikka! Mijitin tangan karena akhirnya review drama Clean With Passion For Now yang baru tamat Senin kemarin. Tadinya mau nulis Sky Castle sesuai urutan, tapi ambil drama dengan tema yang mudah dulu deh biar nulisnya lancar enggak banyak mikir. 

Jang Sun Kyeol seorang lelaki tampan yang punya penyakit mysophobia. Karena ini juga dia akhirnya mendirikan perusahaan pembersihan bernama Cheongso Yejeong. 

Ketika robot pembersihnya "Geum Ja" hilang, tanpa sengaja Sun Kyeol bertemu Gil O Sol. Pertemuan mereka terbilang kurang baik karena Sun Kyeol yang pembersih dan O Sol yang amburadul. O Sol adalah gadis muda, mantan atlet yang putus asa akan hidup. Dia bekerja apa saja, tak memedulikan soal kebersihan.


Kini O Sol bekerja di perusahaan Cheongso Yejeong. Atas kejadian tak terduga, Sun Kyeol menyadari bahwa O Sol satu-satunya orang yang bisa disentuh. Mereka mulai jatuh cinta satu sama lainnya. Bisa kah mysophobia Sun Kyeol hilang? Bagaimana dengan O Sol sendiri?


Drama: Clean With Passion For Now
Revised romanization: Ildan Ddeugeobge Chungsohara
Hangul: 일단 뜨겁게 청소하라
Director: No Jong-Chan
Writer: Aaengo (original comic), Han Hee-Jung
Genre: Romance, Comedy
Network: JTBC
Episodes: 16
Release Date: November 26, 2018 - February 4, 2019
Runtime: Mon & Tue 21:30
Language: Korean
Country: South Korea
Cast:
Yoon Kyun-Sang
Kim Yoo-Jung
Song Jae-Rim
Kim Hye-Eun
Ahn Suk-Hwan
Yoo-Sun
Kim Ki-Nam
Kim Won-Hae
Lee Do-Hyun
Min Do-Hee
Hak Jin
Cha In-Ha
Kim Min-Kyu
Son Byung-Ho
Kim Jung-Young
Jung Ji-Hoon
Choi Yoo-Ri
Park Ah-In
Choi Woong
Jo Ryun
Bae Yoon-Kyoung
Kim Jung-Nan
Woo Hyeon
Kwak Si-Yang

Review Korean Drama Clean With Passion For Now 


Pertama saya mau ucapkan terima kasih atas kerja keras semua orang di Clean With Passion For Now. Saya mau tepuk tangan buat diri sendiri yang sudah amat sangat bersabar menyelesaikan drama ini, hahaha. Kuat banget mengalami penundaan penayangan. Terima kasih karena sudah mengisi waktu saya setelah ditinggal The Beauty Inside pada akhir November 2018 lalu.


Drama ini merupakan cerita yang diambil dari webcomic Ildan Ddeugeobge Chungsohara karya Aaengo. Penggarapannya sendiri disutradarai No Jong Chan yang pernah juga mengerjakan drama Personal Taste Lee Min Ho.


Sebenarnya drama ini fix pembacaan naskah pertamanya di bulan Januari 2018. Jadwal tayang harusnya pertengahan tahun gitu. Pemeran utamanya adalah Kim Yoo Jung, Ahn Hyo Seop dan Song Jae Rim.

Cast awal

Sayangnya di bulan Februari Yoo Jung sakit dan harus terapi hypothyroidism (Hypothyroidism adalah suatu kondisi di mana kelenjar tiroid tidak menghasilkan cukup hormon tiroid). Karena penundaan ini, akhirnya Ahn Hyo Seop mengundurkan diri karena membintangi drama Still 17. Jadwal bentrokan gitu deh. Dan jadilah Yoon Kyun Sang yang jadi peran utama cowoknya.


Nonton drama ini seperti melihat gabungan dari I'm Not a Robot. Kalau Min Kyu tidak bisa memegang orang tapi masih bisa bicara santai dan lainnya sementara Sun Kyeol ini bisa santai bicara dan berjalan dengan orang lain asal tangannya tidak bersentuhan langsung. Pobia Min Kyu membuat kulitnya melepuh sementara Sun Kyeol jadi sesak napas sampai pingsan. Enggak ada yang lebih baik sih.

Mysophobia sendiri adalah ketakutan berlebihan dan tidak masuk akal terhadap kontaminasi bakteri, kotoran, debu, kuman, dan risiko infeksi penyakit. Mysphobia juga dikenal dengan fobia kuman atau fobia kotor (hellosehat.com).


Gabungan kedua adalah Your House Helper. Di drama itu Pak Kim kerja sendiri sebagai wujud terapi. Hubungan lebih personal satu pelanggan ke pelanggan lain. Kalau Clean With Passion For Now ini Sun Kyeol memanfaatkan hobi bersih-bersihnya sebagai peluang usaha. Dia mengajak orang lain untuk bersih-bersih. Jadi skalanya lebih luas milik Badrun.


Lalu yang terakhir itu kelebay-an Lee Young Joon di Why Secretary Kim. Young Joon sangat banggain diri sendiri sementara lebay-nya Sun Kyeol itu ekspresinya saat ketemu hal-hal kotor. Pokoknya enggak boleh ada yang jelek di matanya.

Secara alur drama ini tergolong simpel. Ada trauma masa lalu yang membentuk karakter seseorang. Ini dialami oleh lead male dan lead femalenya. Berbeda tapi sama. Yang satu jadi super bersih yang satu malas bersih-bersih. Alurnya maju, kilasan masa lalu ada tapi tidak banyak.


Kita tak dapat melakukan semua yang ingin kita lakukan dalam hidup. Terkadang kita dipaksa untuk melakukan sesuatu yang tak ingin kita lakukan. Kita harus menyerah pada sesuatu yang kita inginkan


Untuk karakternya, Kim Yoo Jung saya tahu dia aktris cilik. Agak lupa sebenarnya bagaimana aktingnya jadi saya lihat film Because I Love You sebelum memulai drama ini. Saya acungi jempol karena dia itu cantik tapi mau juga matengin karakter seorang gadis yang amburadul malas mandi dan lainnya.


Yoon Kyun Sang, ini adalah drama perdana saya melihat aktingnya. Dulu saat Doctor bersama Park Shin Hye, saya tidak terlalu melihat dia. Untuk seorang yang baru pertama main romcom, saya rasa dia cukup berhasil memainkan karakter Jang Sun Kyeol. Saya malah tidak bisa membayangkan Sun Kyeol adalah Ahn Hyo Seop. Secara postur pun tinggi badan Kyun Sang sangat membantu. Kelihatan pas sama Yoo Jung yang mungil padahal ya untuk cewek dia cukup tinggi.


Song Jae Rim, ini juga kali pertama saya melihat aktingnya. Di WGM dia berpasangan dengan Kim So Eun. Tapi saya belum lihat reality show ini. Dia memainkan karakter Daniel Choi atau Choi Gun yang merupakan dokter Sun Kyeol. Karakter ini hanya ada di drama sementara di webtoonnya tidak ada. Dia juga sebagai second lead male. Terus terang saya malah lebih suka interaksinya bersama Sun Kyeol daripada dengan O Sol. Lucu saja karena badan Jae Rim kan lebih kecil dari Kyun Sang.



Karakter lain, saya hanya tahu Min Joo Yeon temannya O Sol di Gangnam Beauty. Lalu Jeon Young Sik di I'm Not a Robot, Ibunya Sun Kyeol di Radio Romance, Kakeknya Sun Kyeol di 100 Day My Prince dan Babenya O Sol di beberapa drama seperti Strong Woman Do Bong Soon. Yang lain pas. Bahkan nih sama Kwon Biseo yang rambutnya anti badai saya baru tahu aktingnya.


Pembersihan bukan hanya tentang menyingkirkan debu dan sampah. Aku percaya itu bisa membuat hidup seseorang sedikit lebih penuh harapan. Kepuasan dari wajah klien karena layanan pembersihan, keyakinan hidup mereka jadi lebih baik dan harapan kecil. Pembersihan mempunyai kekuatan positif itu sebabnya aku bangga dengan apa yang kulakukan


Karena ini romcom menurut saya ya cukup menghibur. Kadang ada sedihnya karena hidup kedua pemeran utama sebenarnya enggak baik-baik saja. Mereka menyimpan luka. Makanya walau sama-sama suka ya tidak semudah itu untuk bersama. 

Kadang tak penting di mana kita bekerja. Yang penting adalah kita dapat pekerjaan untuk menyambung hidup

Digrebek Emak
Sebenarnya saya berharap ada kisah lain yang mengiringi di Clean With Passion For Now. Orang-orang di sekitar ya pelengkap saja. Jadi saya fokus sama masalah O Sol dan Sun Kyeol saja. Etapi orang-orang yang diurus Choi Gun itu lucu sih walau perannya enggak banyak juga.


Saya pikir, penyakit seperti mysophobia ini bukalah penyakit fisik tapi psikologis yang dipicu dari orang-orang terdekat. Makanya penting bagi kita untuk berpikir positif dan tetap waras.


Secara keseluruhan, saya suka drama ini karena Yoon Kyung Sang, hahaha. Saya enggak masalah walau banyak yang merundungnya karena ini itu. Setelah ini, saya musti move on dari Badrun. Pesan saya, kalau Kyun Sang mau dating sama Yoo Jung, nunggu barang 2 tahun ya. Ini gadis masih belasan tahun sih, hahaha.


Kalau kamu suka drama romcom, boleh juga lho nonton Clean With Passion For Now. Tak masalah jika pekerjaanmu berhubungan dengan sampah atau hal kotor. Tetap bangga pada dirimu karena kamu bukan sampah masyarakat, hehehe.


Ada yang nonton Clean With Passion For Now juga? Paling suka adegan apa? Saya sih paling suka waktu Sun Kyeol bilang gini ke O Sol, "Tetap di sisiku. Aku membutuhkanmu,". Kalau kalian yang mana hayo? Share ya! 

Sampai jumpa. Happy blogging!

Sumber gambar:
http://mtv.jtbc.joins.com/photo/pr10010977/pm10050440

2 komentar:

  1. baru nonton sampai episode 3 dan belum ada keinginan buat lanjut. Ng, tapi melihat reviewnya sepertinya menarik ya Jia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lucu2 an aja sih Mbak karena konfliknya enggak berat

      Hapus