Sabtu, 09 Februari 2019

# 2018 # 2019

Review Drama Korea SKY Castle

Bismillaahirrahmaanirrahiim.... 

Kamu tinggal di mana? Apakah di lingkunganmu banyak persaingannya? Apa kamu juga melakukan itu?

Annyeong hasimnikka! Fiuh, akhirnya saya ngulas SKY Castle setelah lebih dulu menyelesaikan berbagai macam deadline. Terus terang untuk episode terakhir saya sampai menahan diri, hahaha. Yuk kita mulai! 

Tinggal di lingkungan elit punya rasa bangga tersendiri dan tempat itu bernama SKY Castle. Di sana adalah rumah dinas yang tergolong mewah dan dihuni oleh orang-orang hebat sekelas profesor juga dokter ahli. 

Semua orang di SKY Castle berlomba untuk menjadi yang terbaik, suami sukses dan anak-anak dibesarkan seperti puteri dan pangeran. Mereka harus punya nilai bagus dan masuk Universitas tertinggi. 

Suatu ketika salah satu penghuni ditemukan tewas bunuh diri. Padahal suaminya sukses dan anaknya telah diterima di UNS. Meski kaget, semua penghuni SKY Castle menganggap itu seperti angin lalu dan tetap melanjutkan hidup juga 'kompetisi'.


Kini penghuni baru datang. Dia biasa meski nilai anaknya termasuk mendapat nilai tinggi saat masuk sekolah. Dia tak memikirkan soal 'kompetisi' yang mengharuskan puteranya belajar dengan giat. Dan cerita tentang penghuni sebelumnya yang tewas mengganggu pikirannya. Dia ingin membuka dan mengetahui apa yang terjadi sebenarnya. 

Sayangnya niatan itu ditentang oleh banyak orang. Penghuni Baru dan yang dilakukan itu dianggap mengganggu ketentraman Penghuni Lama. Kompetisi tentang siapa yang terbaik tak bisa dihindari. Salah seorang Ibu pun rela melakukan apa saja termasuk menyewa Pelatih Terkemuka demi meluluskan persaingan ini. Apa yang akan terjadi selanjutnya?


Drama: SKY Castle
Revised romanization: SKY Kaeseul
Hangul: SKY 캐슬
Director: Jo Hyun-Tak
Writer: Yoo Hyun-Mi
Network: JTBC
Episodes: 20
Release Date: November 23, 2018 - February 1, 2019
Runtime: Fridays & Saturdays 23:00
Genre: Drama, Satire, Dark Comedy
Language: Korean
Country: South Korea
Cast:
Yum Jung-Ah
Jung Joon-Ho
Kim Hye-Yoon
Lee Ji-Won
Lee Tae-Ran
Choi Won-Young
Kang Chan-Hee
Yoon Se-Ah
Kim Byung-Chul
Park Yoo-Na
Kim Dong-Hee
Joe Byeong-Gyu
Oh Na-Ra
Jo Jae-Yun
Lee Yoo-Jin
Kim Seo-Hyung
Lee Hyun-Jin
Kim Bo-Ra
Jung Ae-Ri
Song Min-Hyung
Kim Jung-Nan
Yu Seong-Ju
Song Geon-Hee
Lee Joo-Yeon
Lee Yeon-Soo
Yoo Yeon
Lee Seung-Yeon
Chan Mi
Woo Jung-Won
Kwon Hwa-Woon
Jo Mi-Nyeo
Woo Ji-Hyun
Kim Joo-Ryung
Han Sa-Myung
Woo Mi-HwaPark
Lee Chang-Hoon

Review Korean Drama SKY Castle 


Setelah seminggu tamat, rasanya kangen sekali sama penghuni SKY Castle. Terus terang, drama ini sama sekali tidak masuk list tontonan saya kala itu. Setelah ratingnya makin naik, saya coba satu episode dan daebak! Saya tak bisa berhenti! 

SKY Castle menggantikan slot The 3rd Charm di mana drama itu saya hanya sanggup nonton separuh cerita. Jadi saya tidak mikir sama sekali apa pengganti drama tersebut. Secara hitungan, drama ini tayangnya bersamaan dengan Clean With Passion For Now dan akhirnya tamat barengan juga. Bedanya CWPFN banyak tertundanya, sementara SKY Castle jadi 20 episode yang rencana awalnya 16 episode. Makanya saya agak menyesal karena akhirnya penasaran banget setelah nonton on going selama sebulan. 

Alasan waktu itu tidak nonton karena yang main ahjumma ahjussi. Maklum lah, saya suka yang muda-muda dengan tema romantis komedi. Kalau yang main senior, biasanya cerita agak berat gitu karena enggak jauh dari kehidupan rumah tangga.


Ketika saya masih hobi intip website JTBC demi The Beauty Inside, saya juga lihat poster-poster SKY Castle. Tahu tidak apa yang saya pikirkan? Saya kira ini drama berbau kosmetik dan orang kaya raya. Saya baca SKY Castle itu SK-II. Gila banget kan?! 

Baiklah mari sudahi curhatnya karena saya akan cerita orang-orang dari SKY Castle perkeluarga. Biar lebih gampang ngupasnya. 

  • Keluarga Lee Myung-Joo

Terdiri dari Lee Myung-Joo, Park Soo-Chang dan Park Young-Jae. Park Soo Chang dokter dengan posisi yang amat baik. Setelah istrinya Lee Myung-Joo meninggal, dia menyalahkan diri sendiri, resign dari RS, mabuk-mabukan sementara Young-Jae kabur dari rumah. Cukup banyak cerita tersembunyi dari keluarga ini. Tapi saya paling suka ketika akhirnya Ayah Anak ini bertemu dan pelukan.


  • Han Seo-Jin

Terdiri dari Han Seo-Jin, Kang Joon-Sang, Kang Ye-Seo, dan Kang Ye-Bin. Kang Joon-Sang adalah dokter ahli bedah ortopedi. Saya pikir Joon Sang adalah satu-satunya pria waras di SKY Castle. Ternyata dia juga punya ambisi karena dorongan Ibunya. Lalu Han Seo-Jin sendiri punya rahasia masa lalu. Di SKY Castle dia jadi panutan karena dianggap paling sukses. 

Puteri pertamanya Kang Ye-Seo punya nilai akademis yang tinggi. Karena standar dari Ibu Mertuanya juga, Seo-Jin mendorong Ye-Seo untuk jadi dokter 3 generasi dan puterinya sangat berambisi dengan itu. Karena alasan inilah Seo-Jin mempekerjakan Kim Joo-Young padahal dia tahu ada kemungkinan Coach Kim ini penyebab hancurnya keluarga Lee Myung-Joo.


Lalu Kang Ye-Bin, puteri bungsu keluarga ini senyentrik Ayahnya. Ye Bin menganggap anggota keluarganya hanya sayang pada Ye-Seo. Nilai Ye Bin tidak tinggi dan bahkan untuk menarik perhatian Ibunya dia mengutil. Tapi sama Ibunya bukan ditegur malah ditutupi perilaku tidak terpujinya. Itu sungguh menyakiti hati Ye Bin. Makanya ketika Kim Hye-Na muncul, dia memenangkan hati Ye Bin. Yah walaupun ada niat terselubung dari Hye-Na juga.


  • Keluarga Lee Soo-Im

Terdiri dari Lee Soo-Im, Hwang Chi-Young dan Hwang Woo-Joo. Lee Soo-Im adalah seorang penulis buku anak-anak dan penuh kasih sayang. Dia menikah dengan ahli bedah saraf Hwang Chi-Young. Lee Soo-Im sendiri statusnya adalah Ibu sambung Hwang Woo-Joo. Bagi keluarga ini, penting untuk tidak memaksakan kehendak pada anak. Hwang Chi-Young juga terkenal baik saat di RS.

  • Keluarga No Seung-Hye

Terdiri dari No Seung-Hye, Cha Min-Hyuk, Cha Se-Ri, dan si kembar Cha Seo-Joon dan Cha Ki-Joon. No Seung-Hye halus berhati lembut. Dia melepaskan gelar sarjana demi merawat anak-anaknya. Cha Min-Hyuk sendiri adalah profesor sekolah hukum. Dia berbicara tentang keadilan dan kebahagiaan, tetapi sebenarnya punya egoisme ekstrem. Dia juga mengajar anak-anaknya sendiri karena percaya pengajarannya akan berhasil. Baginya anak-anak harus ada di piramida teratas.


Makanya saat anak gadisnya Cha Se-Ri berkabar bahwa dia berhasil masuk perguruan tinggi di LN, Cha Min-Hyuk bangga setengah mati. Jadi anak kembarnya dididik sangat keras demi mewujudkan harapan masa lalunya.

  • Keluarga Jin Jin-Hee

Terdiri dari Jin Jin-Hee, Woo Yang-Woo dan Woo Soo-Han. Jin Jin-Hee berasal dari keluarga kaya. Woo Yang-Woo sendiri adalah ahli bedah ortopedi bawahan Kang Joon-Sang. Keluarga ini macam air di daun talas. Ke sana ke mari oke. Bagi Jin-Hee, Han Seo-Jin adalah role model dan mencoba untuk menyalin apa yang dia lakukan.


Secara cerita, SKY Castle ini mengingatkan saya akan webdrama Page Turner. Sama-sama tentang ambisi mimpi hanya saja SKY Castle lebih complicated karena melibatkan banyak keluarga dan persaingan. Alurnya maju, flashback hanya beberapa. Yang pasti, nonton drama ini lumayan bikin tegang. Ada humornya tapi lebih ke satir. 

Dari setting sendiri tidak banyak tapi cukup oke. Seputaran rumah di SKY Castle, sekolah, tempat kursus, rumah sakit, kantor Coach Kim, dan beberapa tempat lain. Saya pikir drama ini kuat di alur cerita serta akting para pemain.


Terus terang, nonton SKY Castle itu jadi tantangan tersendiri karena saya hanya tahu beberapa wajah pemainnya. Seperti pemeran Hwang Chi-Young di Where Star Land, No Seung-Hye di My Sassy Girl Joseon, Cha Se-Ri di The Package dan Gangnam Beauty, Cha Ki-Joon di Radio Romance, Jin Jin-Hee di Because I Love You, Woo Yang-Woo di Heart Surgeons & Lunch Box, dan Teacher Jo di Heartstring. Selebihnya baru pertama kali saya melihat akting mereka. Dan akting mereka di drama ini sungguh luar biasa. 

Kang Ye-Seo itu ya ampun! Saya ingin nguncir mulut ini anak karena kata-katanya yang agak kurang ajar. Lalu Cha Min-Hyuk yang ekspresinya ngena banget dari ketawa sampai menderita. Dan Coach Kim Joo-Young yang pandai banget memengaruhi orang lain. Kata-kata dan tatapan sadisnya itu sebenarnya menyimpan luka.


Nonton SKY Castle banyak sekali pelajaran yang saya ambil karena menjadi orangtua yang baik itu tidak ada sekolahnya. Kita sering kali mudah bohong, tersenyum palsu untuk menyenangkan orang. 

Ini hidup kita tapi pakai standar dan cara orang lain 

Kita tak ada mudah mengubah sistem pendidikan, tapi setidaknya kita bisa membantu dengan menjadi orangtua yang penuh kasih sayang pada anak. Tak apa jika yang kita ajarkan pada anak tidak sesuai dengan orang lain, no body perfec. Karena mereka anak kita, harusnya kita yang lebih tahu mereka. Dan penting juga untuk percaya pada kemampuan anak.

Berhentilah mencoba mengikuti orang lain dan fokus saja untuk melakukan yang terbaik



Banyak komentar yang mengatakan sangat membenci karakter Kim Hye-Na. Well, menurut saya dia juga korban. Dia hanya gadis malang yang butuh kasih sayang. Saya tahu dia licik, tapi menjadi jahat itu bisa terjadi karena lingkungan atau kita yang merendahkan dan menghina sehingga memaksanya jadi jahat untuk bertahan. 

Semua orang di cerita ini adalah korban dari sistem. Bahkan Coach Kim Joo-Young juga terluka karena kehilangan puteri kebanggaannya. Dia membuat saya menangis, bahkan Ye-Seo juga padahal awalnya saya benci atas sikapnya.


Saya juga paham saat anak-anak memutuskan keluar kelas padahal masih ada gurunya. Lha Gurunya saja ngatain anak didiknya sampah jika tidak masuk perguruan tinggi favorit. Harus banget ya ngomong kaya gitu? 

Bagi saya kurang betul jika membandingkan SKY Castle dengan Memories of The Alhambra. Ini dua drama dengan genre yang berbeda meski ada sisi gelapnya juga. Saya suka keduanya tapi memilih SKY Castle sebagai drama yang lebih menegangkan. Kenapa?


"Karena musuh terbesar kita adalah diri sendiri. Kita akan bertarung hebat demi menekan egoisme dan ambisi" 

Berusaha mewujudkan impian itu harus. Tapi lakukan dengan cara yang jujur. Jika kita melakukan tindakan curang, hanya ada penyesalan yang tersisa.

Saya sangat merekomendasikan drama SKY Castle untuk ditonton terutama para orangtua. Akan banyak sekali pelajaran yang kita dapatkan dari sini. Dan terima kasih karena sejauh ini jadi drama keluarga terbaik yang saya tonton. Baca juga Review SKY Castle dari Mbak Marita.


We all lie
Tell you the truths
Sometimes we laugh and easily lie
Alright
It’s a..., it’s faker

Shout it out
What you want for the world
Money, Honor, Beauty
Everything you want
Play with a mask to hide the truth
People cheat each other, right?


Is this really true?
Is this really true?
Is this really true?
Is this really true?
Is this really true?
Is this really true?

We all lie
Tell you the truths
~We all lie Ha Jin


Ada yang sudah nonton SKY Castle? Kalian paling suka adegan apa? Banyak banget adegan seru, tapi paling ngena itu saat Ye Bin minta Neneknya untuk kuliah Kedokteran jika sangat ingin punya penerus dokter. Kalau kalian yang mana? Share pendapat kalian ya! 

Sampai jumpa. Happy blogging!


http://mtv.jtbc.joins.com/photo/pr10010969/pm10050297
https://instagram.com/jtbcdrama

38 komentar:

  1. Emang cerita tentang emak2 hahaa... Aku suka ye seo dan woo joo. Dukung mereka pacaran. Awalnya ga suka kim bora krn mukanya kelewat judes, tp krn drama ini aku jd suka. Terus kang seo joon ahjussi matchyeo nomu nomu deh.. ������

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku malah gak mikir soal asmara anak2. Fokus ke Emak2nya aja udah berat

      Hapus
  2. Musuh terbesar kita adalah diri kita sendiri. Rasa malas dan teruslah belajar dari setiap cerita sky castle

    BalasHapus
  3. Eh, susah gak sih ingat2 nama masing2 peran? Banyak banget..hihi.. Tp tampaknya seru nih dramanya..

    BalasHapus
  4. Aku belum nonton, Jiah... Lagi download nih

    BalasHapus
  5. adik aku sih ini yang suka nonton,seru memang katnaya

    BalasHapus
  6. Banyak ya value yang bisa diambil dalam drama korea SKY Castle ini.. bagaimanapun dalam menjalankan kehidupan ini harus memiliki tujuan hidup, mau dibawa kemana hidup kita, apalagi yang sudha memiliki keluarga dan punya anak, tentunya harus difikirkan juga konsep mendidik anak agar mereka tumbuh menjadi anak-anak yang memiliki karakter budi pekerti yang baik ya mba

    BalasHapus
  7. Ini ulasan kedua yang kubaca, tp ulasan mba komplit banget deh, jadi dpt gambaran ttg fil sky Castle. Oiya ini banyak episode yah kak, duuh mesti nonton saat luang banget, but suka sama alur ceritanya

    BalasHapus
  8. Sky castel ini kemaren aku nonton cuma sekilas sama adikku lewat aplikasi facebook. Tapi cuma sekilas jadi blm paham betul wkwkwk

    BalasHapus
  9. Aku lagi nonton ini juga kak, tadi diawal baca artikel ini sempet deg degan takut spoiler, Alhamdulillah ga... Hehehe

    BalasHapus
  10. Udah lama nggak nonton drakor lagi, ahaha takut nagih. Waktu di TV masih ada Drakor, aku benar-benar ketagihan , enggak bioleh lewat satu episodepun, hehe.
    Bahkan ada yang bagus tuh di Trans, aku enggak nonton.
    Aku suka drakor , karena budaya lokalnya yang enggak ditinggalkan

    BalasHapus
  11. Sky castle mauu deh jd daftar bust di tonton biasany klo nontonnya pas weekend biar nontonnya nyaman walaupun Ada bbrp drakor masih antri mba jd nmbh lg listny

    BalasHapus
  12. Wah belum nonton aku. Etapi kapan aku sempet nonton drakor ya Jiah huahahahaha #dijambakjiah :D

    BalasHapus
  13. Hidup memang harus punya tujuan yaaa... gimana mau mengarahkan anak cucu kita kalau kitanya sendiri tak tau arah tujuan hidup ini. Ciyeee... koq jadi terdrakor gini ya eike.

    BalasHapus
  14. Aduduud....aku merinding, Jiaa~
    You're so good to be reviewer.

    Aku belum ada slot buat nonton niih...
    Huuhuu~

    **inhale exhale dulu aja deeh...hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pikir ini di sponsori sama SK II looh...Jia~
      Etapi iya gak?
      Biasanya kan suka nongol tuuh...prodak-prodak sponsor yang bikin penonton juga pingin ikutan makek.


      Hhaha...ga ada hubungannya yaa...?

      Hapus
  15. saya dong, baru selesai nonton drama ini minggu kemarin. Paling suka adegan yang mana yaaa? Hmmm banyak banget adegan yang kusuka, sampe bingung mau milih yang mana :). Tapi drama ini memang keren deh, ratingnya aja tinggi banget kan, ngalahin reply 88 yang selama ini memegang rekor sebagai pemilik rating tertinggi drama di tv kabel Korea :)

    BalasHapus
  16. Kayanya drama korea kl dah kecemplung 1 episod bakal ketagihan ya mba. Makanya ku ga mau hahaha. Tp penasran sih kl baca review kaya gini

    BalasHapus
  17. Wah ini drama korea yg belakangan happening ya. Jadi penasaran pingin nonton jg

    BalasHapus
  18. Aku belum nonton. Sering liat di timeline ada yg bahas drakor ini tapi blm pengen noton. Tapi baca reviewmu ttg keluarga2 itu jd pengen nonton deh :D
    Kyknya cocok nih buat tontonan emak2 hehe.

    BalasHapus
  19. Drama koreamu memang buanyaaak ya Jiah.. baca reviewnya aja udah seruuu

    BalasHapus
  20. Saya sudah nonton sampai episode 12. Ya Tuhan sampai kaget saya ada orang tua demi nilai segitunya ya.

    Kalau adegan yang saya suka? Hmm rasanya saya bingung memilih. Tapi saya suka adegan Bu Lee yang selalu santai sambil minum teh/kopi

    BalasHapus
  21. Banyak banget nih yang rekomen dan mengulas film ini, ini namanya racun dehh apalagi lengkap banget ulasannya.. heheh.. waktunya aja nih yang harus disiapkan untuk nonton hehehe

    BalasHapus
  22. Huaaaaaa baca reviewnya aku jadi penasaran banget sama drakor satu ini..... udah lama juga enggak nonton drakor lagi

    BalasHapus
  23. PENGEN NONTON INIIIII.
    racunmu sangat ampuh kak. Aku langsunh pengen nonton drama ini. Bomat deh sama deadline

    BalasHapus
  24. mba jiah...aku padamu.
    salut banget deh konsisten nonton drakornya. kalau aku selang seling nonton sama baca buku. kalau sekarang aku lagi nonton what wrong with secretary kim. baru 2 episode sih.

    next aku nonton ini juga ah.

    BalasHapus
  25. aku baru nonton episode awal belum mudeng plus belum hafal anggota keluarga yang satu dan lainnya, tapi disini dijabarin lengkap! Alhamdulilah aku gak perlu ngapalin muka mereka satu persatu lagi heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha aku juga, sama liat poto2 keluarganya, jd tau ini pasangan atau anaknya siapa hehe :D

      Hapus
  26. hmm ngapalinnya susah juga ya banyak banget keluarga yang jadi sentral cerita. Aku masih lebih penasaran dengan Alhambra yang sudah diulas sama Jiah. Lum nonton itu.

    BalasHapus
  27. Wah jadi penasaran nih, hehe. Percaya ga percaya crita yg ada di sky castle itu nyata. Dialami oleh beberapa anak yg jadi ambisi orangtua. Mereka hrs mengikuti jejak ortu nya, bahkan harus lebih di atasnya

    BalasHapus
  28. Kalau reviewnya Jiah, aku percaya. Mau deh nonton. Sekarang selesaiin Game of thrones dulu

    BalasHapus
  29. Lagi nonton jugaaa.. Baru sampe episode 5. Huaahhh.. Bagus emang. Enggak kaget kalo ratingnya tinggi di sana. Gregetan, tpi jadi introspeksi juga. Selama ini terlalu menuntut anak apa enggak.

    BalasHapus
  30. Kejadian kaya sky castle tadi sebenarnya ada di kehidupan nyata ya. Meski tidak setegas drakor ini. Pasti banyak pesan moral yg bisa di ambil

    BalasHapus
  31. Awalnya aku juga bacanya SKII yang kosmetik itu kok. Hahaha. Fontnya sama kayaknya ya

    Eh menarik ya ini drama. Jalan ceritanya beda dari yang lain

    BalasHapus
  32. Pemerannya buanyak, memang sebuah challenge ya untuk menikmati genre yang berbeda dari yang kita tonton biasanya.

    BalasHapus
  33. Hahahaha... Jiah... ternyata aku ada temennya. Aku dari awal bacanya ya SK-II :D
    Lha font-nya sama sih kayaknya ya :D
    Btw menarik sih ya kalo baca review-nya. Setuju banget tentang jangan ngikutin gaya parenting orang lain. Soalnya kita dan anak-anak kita tuh beda dengan mereka, dan banyak hal yang emang membuat beda, sih.
    TFS, Jiah :)

    BalasHapus
  34. Buat yang udah cinta mati ma Drakor..apapun dramanya asyik aja buat ditonton apalagi dah hafal sama muka aktrisnya...

    BalasHapus
  35. Menurutku Sky Castle ini drama yg mendekati kenyataan. Sepertinya kompetisi yg paling hebat hampir di setia lingkungan itu pasti ada. Bnyk yg rekomend drama ini, tp aku blm sempat nonton.

    BalasHapus