Kamis, 21 Maret 2019

# 2019 # Drama Korea

Review Drama Korea Liver or Die

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Kalian punya saudara berapa? Punya saudara banyak itu seru atau ribet?

Annyeong hasimnikka! Kalau ditanya punya saudara banyak itu enak atau enggak itu tergantung situasi dan kondisi ya. Saya lima bersaudara. Waktu kecil saya sering bertengkar sama Kakak dan Adek. Kalau sudah besar begini, saya dekatnya sama Kakak-Kakak Perempuan. Seru juga lah kalau ngumpul. Beda halnya dengan Poong Sang dan keluarga. 


Lee Poong Sang merupakan anak sulung di keluarganya. Sejak berusia 17 tahun, dia mengambil alih tugas sebagai orangtua dan membesarkan keempat adiknya. Ibunya kabur dari rumah, sementara Ayahnya tak begitu jelas ke mana. Poong Sang mengabaikan dirinya demi merawat adik-adiknya agar hidup baik dan tak kekurangan. 

Adik pertamanya Lee Jin Sang. Adik kembarnya Lee Jeong Sang dan Lee Hwa Sang. Adik bungsu yang seperti anaknya Lee Wae Sang. Mereka dewasa tapi secara finansial, 3 dari mereka masih mengandalkan Poong Sang. 

Poong Sang sendiri terlalu sayang dengan adik-adiknya, menyelesaikan masalah yang mereka lakukan dan itu membuat Gan Boon Sil naik pitam karena dinomor sekian kan oleh suaminya. Sampai kapan Poong Sang akan merawat mereka? Siapa yang akan dia pilih antara adik-adik dan Boon Sil juga putrinya, Lee Joong Yi?


Drama: Liver or Die/What's Wrong, Poong-Sang
Revised romanization: Waegeurae Poongsangssi
Hangul: 왜그래 풍상씨
Director: Jin Hyung-Wook
Writer: Moon Young-Nam
Network: KBS2
Episodes: 40
Release Date: January 9 - March 14, 2019
Runtime: Weds. & Thurs. 22:00
Language: Korean
Country: South Korea
Cast:
Yu Jun-Sang
Oh Ji-Ho
Jeon Hye-Bin
Lee Si-Young
Lee Chang-Yeop
Shin Dong-Mi
Lee Bo-Hee
Park In-Hwan
Kim Ji-Young
Ki Eun-Se
Song Jong-Ho
Choi Sung-Jae
Lee Sang-Sook
Choi Dae-Chul
Kim Ki-Ri
Yoon Sun-Woo
Lee Duk-Hee
Jung So-Young
Chun Yi-Seul
Jung Dong-Geun
Lee Hyun-Woong
 

Review Korean Drama What's Wrong, Poong Sang 


Ketika poster drama What's Wrong, Poong Sang ini muncul menggantikan Feel Good to Die, saya langsung terpikat dan tak sabar untuk menonton. Padahal saya hanya tahu akting 2 dari 5 pemeran utamanya yaitu Jeon Hye Bin di Another Miss Oh dan Lee Si Young di drama terakhirnya Risky Romance. Pemeran lain itu aktor yang sudah tidak diragukan. Hanya saya belum nonton drama mereka saja.

What's Wrong, Poong Sang ini apa sama dengan What's Wrong with Secretary Kim? Yah beda lah. Tapi sama-sama tentang kegalauan dari tokoh ini. Iya, Poong Sang galau menghadapi ulah adik-adiknya. Kenalan dulu deh dengan mereka:

  • Lee Poong Sang

Usia 17 sudah jadi tulang punggung keluarga. Nikah dengan Gan Boon Sil dan punya anak Lee Joong Yi. Dia mengelola bengkel mobil. Selalu sigap menyelesaikan masalah adik-adiknya.

  • Lee Jin Sang

Ini adik yang paling bikin saya istigfar. Hidup orang ini seperti tidak ada faedahnya. Dia dibiayai kuliah tapi uangnya dibuat judi. Sampai dewasa, ketika punya uang ya larinya ke judi. Dia punya dendam pada Kim Mi Ryeon karena judi di masa lalu sampai ingin menghabisi orang tersebut.

  • Lee Jeong Sang

Secara finansial, dia paling tinggi karena seorang dokter. Tapi dia punya masalah pribadi. Dia gagal menikah dan kemudian pacaran dengan pria yang sama-sama dokter dan beristri.

  • Lee Hwa Sang

Adik kembar Lee Jeong Sang. Dia mengalami inferiority complex atau rendah diri. Dia selalu merasa terluka karena dibandingkan dengan saudara kembarnya. Dia suka kerja di bar dan pekerjaan aneh lainnya. Yang membuat Poong Sang marah adalah ketika dia terus mencari mantan suaminya Yoo Heung Man yang suka KDRT saat mabuk. 

  • Lee Wae Sang

Adik bungsu yang beda ayah. Dia ingin jadi pemain baseball profesional, tapi ia gagal karena cedera. Dia kemudian jadi anggota mafia dan akhirnya ditarik Poong Sang agar tak bergabung lagi.

Nah lho, keluarga ini memang ribet banget kan? Nonton Drama Korea Liver or Die ini dari tertawa, gemes, nangis tersedu-sedu, campur aduk deh. Memang di awal saya tahu ini drama keluarga. Tapi tidak menyangka akan segila ini. Masalah mereka seolah enggak habis.


Masalah berat muncul ketika Poong Sang menderita kanker hati dan adik-adik yang dirawatnya tidak ada yang mau melakukan transplantasi untuk menyelamatkan hidupnya. Bagaimana perasaanmu coba? Mereka kabur dan mengungkit masa lalu tentang perlakukan 'jahat' Poong Sang di masa silam. Apalagi Ibu mereka nambahin micin. Gila! 

Beralur maju, drama What's Wrong, Poong Sang ini banyak yang benci gara-gara karakter Poong Sang yang terlalu baik. Saya sebenarnya juga benci itu, tapi tetap lanjut nonton karena merasa kasihan juga dengan sosok Poong Sang. Sebenarnya bukan hanya adik-adiknya, tapi Poong Sang juga korban dari keegoisan orangtua mereka.


Bayangkan saja, usia 17 tahun dan harus mengurus adik-adiknya. Dia terpaksa dewasa sebelum waktunya. Adik-adiknya sendiri haus kasih sayang dan selalu dapat hinaan dari orang lain. Kalau bisa mengutuk, saya ingin marah pada orangtua mereka terutama Ibunya yang sungguh tak tahu malu. Saya sampai berdoa semoga tidak ada Ibu macam itu hingga tak terkena azab dari Yang Maha Kuasa.


Penting bagi kita (Orangtua) untuk mengajarkan anak-anak kita mandiri, tak peduli si Sulung maupun si Bungsu

Saya tahu Poong Sang salah karena dia bertindak terlalu memanjakan adik-adiknya. Ya kan gila banget usia di atas 30 tapi enggak kerja, utang di mana-mana, bergantung terus sama Kakaknya. Mau sampai kapan? Si Poong Sang kan punya kehidupan sendiri. Saya sampai kasihan sama Gan Boon Sil karena sebagai istri dia selalu mengalah padahal itu haknya. 

Lalu apa akhirnya Poong Sang dapat donor atau dia mati sia-sia? 

Jawabannya tonton sendiri ya! Walaupun keluarga ini kacau, tapi boleh banget buat ditonton karena mengingatkan kita akan arti saudara. Saya juga berterima kasih pada Kakak-Kakak saya yang sudah baik saat saya tak tahu. Mungkin secara finansial kita biasa. Tapi saya berjanji pada diri sendiri untuk tidak menyusahkan mereka dengan masalah keuangan. 

Selain kisah keluarga, tenang Chingu karena tetap ada romancenya. Enggak banyak memang, tapi cukup bikin baper!


Saya paling suka kisah Lee Wae Sang dan Jo Young Pil. Mereka ceritanya beda usia gitu. Young Pil juga kesepian dan tak beruntung soal cinta. Favorit itu waktu Wae Sang jemput Young Pil setelah kabur karena pernikahannya yang gagal. 


Pasangan kedua jatuh pada Lee Jeong Sang dan Kang Yeol Han. Mereka tadinya mau menikah dan gagal karena tak dapat restu lalu akhirnya memutuskan untuk menikah demi menghilangkan skandal. Mereka cuma mengadakan upacara pernikahan tanpa keluarga. Awalnya Jeong Sang enggak mau. Tapi akhirnya mereka akur. Paling lucu itu waktu Jeong Sang marah pada Jin Sang dan Kang Yeol Han kena amuk juga. Sama adegan episode terakhir di rumah mereka sih. Itu bikin gemes!


Tadinya saya ada harapan sama Lee Hwa Sang dan Yoo Heung Man mantan suaminya. Tapi ya kalau dipikir, buat apa bertahan kalau kita kena KDRT terus? Itu bukan cinta sama sekali! Yang betulan cinta tanpa batas itu ya Jeon Chil Bok.


Lee Poong Sang dan Gan Boon Sil sendiri sebenarnya pasangan yang em apa ya? Mereka baik dan saling sayang. Tapi memang keadaan enggak memungkinkan. 


Bagaimana dengan Jin Sang? Dia berkisah di akhir episode sih. Jadi lihat sendiri saja apa dia kena azab atau enggak, hahaha.

Secara keseluruhan, saya sangat suka Liver or Die dari ceritanya dan juga akting semua pemain yang luar biasa. Nonton ini bikin perasaan teraduk-aduk deh!

Saya berdoa, semoga saya dan saudara-saudara tetap rukun walau tak bergelimang harta. Ini juga diwanti-wanti sama orangtua supaya kita baik-baik enggak ribut ini itu. Karena ada tetangga memang kurang kurun dengan saudaranya. Nanti kalau ada apa-apa, larinya kan ke saudara. Kalau enggak rukun gitu, mau gimana coba?


Kalau kalian bosan dengan drama pure romace atau ribet dengan kisah fantasi, cerita kehidupan terdekat ada di drama Korea What's Wrong, Poong Sang. Kalian harus coba nonton. Atau kalian ada yang suka berantem dengan saudara? Yuk pada damai. Yang sudah nonton Liver or Die, share pendapat kalian ya! 

Sampai jumpa. Happy blogging!

Sumber gambar:
http://program.kbs.co.kr/2tv/drama/pungsang

19 komentar:

  1. sad ending apa happy ending??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak mengecewakan (Jawaban apa ini) hahaha. Kudu nonton sendiri biar tahu

      Hapus
  2. Aq baru ntn 3 episode awal.. Trus berhenti dl. Gemes liat poong sang terlalu lembek ama adik2nya gt. Udah gt liat ibunya yg ga tau diri pengen ku... Hiihh gemes dah pokoknya.

    BalasHapus
  3. Jiahhhh.. kau rajin sekali bikin review.. keren bangettt ih..

    BalasHapus
  4. yeay ada review drakor dari Jiah. Buat orang yang jarang nonton drakor baca review gini menghibur banget. Soalnya mau nonton drakor kok ya ga sanggup hahahahaha

    BalasHapus
  5. Wah keren banget nih drama koreanya. Aku jadi pingin lihat juga

    BalasHapus
  6. Keren nih. Aktornya ganteng upss wkwk

    BalasHapus
  7. Wah ini nih yang suka kpop monggo merapat :D

    BalasHapus
  8. Kebayang sih nanti kalau aku nonton kayanya bakal geregetan terus. Nonton sinetron aja aku kesel hahaha.
    Aku jadi inget di Indonesia ada juga anak kecil yang ditinggalin ibunya, dia punya adik, ayah nya sakit kanker, dia terpaksa putus sekolah demi ngurus adik2 dan ayahnya..

    BalasHapus
  9. banyak pelajarannya ya. Selalu terharu kalau mendengar dan menyaksikan bagaimana anak-anak mampu dewasa dan membantu adik-adiknya. Kalau Poong terpaksa ya, nah kalau temenku, memang dia mendidik anaknya untuk bertanggung jawab pada dirinya sendiri dan kemudian bisa ngebantu orang tua.

    BalasHapus
  10. Wahh lumayan juga nih jadi list tontonan drakor selanjutnya.. hihi

    BalasHapus
  11. Jadi inget nasehat ibu dari temanku. Kalau nyari suami nanti jangan anak sulung dari banyak bersaudara, nanti kerjaannya gak kelar-kelar ngurus keluarganya, hahahaha.

    Aku sendiri cuma dua bersaudara seh, dan gak mau juga banyak-banyak, ribet untuk ukuran aku deh kayaknya >.<

    BalasHapus
  12. Wah. Baru ya ini mba. Aku suka drakor jg tp akhir2 ini gak update yg baru. Soalnya susah nonton drakor pas punya bayi gini. Kita liat tv doi protes. Haha

    BalasHapus
  13. sukaaa kalau baca review drakor. tapi takut nonton. beneran, saya nggak (atau belum?) nonton drakor karena takut kecanduan hahaha

    BalasHapus
  14. Aku awam soal film korea atau drama korea.. Itu aktor aktrisnya cantik ama ganteng mukanya jg ga bedain.. Mirip2...

    BalasHapus
  15. Saya gak pernah nonton drakor, jadi gak tahu mana drakor yg asyik ceritanya.. Kudet banget ya.. 😀 Tahu cerita drakor dari membaca review kayak gini..

    BalasHapus
  16. Jadi ibu mereka tiba-tiba muncul saja di tengah atau akhir cerita? Duh nyebelin bgt ya.

    BalasHapus
  17. Aku belum nonton drama korea ini. Seru juga ya mba. Next deh buat tontonan.

    BalasHapus
  18. Aku baru lihat trailernya di viu nih. Aaah, udah lama juga enggak ngedrakor. Jadi pingin nonton lagi

    BalasHapus