Sabtu, 24 November 2018

# 2018 # Drama Korea

Review Drama Korea The Beauty Inside

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Kamu punya rahasia? Bagaimana kalau orang lain tahu rahasia besarmu? Apa jadinya jika hanya wajah satu orang yang bisa kamu ingat?


Annyeong hasimnikka! Suasana hati saya sedang campur aduk. Saya senang sekaligus sedih gara-gara drama Korea The Beauty Inside. Senang karena bahagia dengan endingnya dan sedih karena harus berpisah dengan pasangan Somplak Han Se Gye dan Seo Do Jae. Kenapa dunia harus memisahkan kita?! #AlaHanSeGyeMabukYangRinduSeoDoJae.


Han Se Gye, artis papan atas yang terkenal karena sering berbuat onar, banyak rumor negatif dan hidupnya penuh misteri. Kenyataannya berkata lain. Dia mengalami hal misterius di mana setiap bulan dia akan berubah jadi orang lain selama satu minggu. Jadi dia terpaksa 'lari' dari semua hal saat perubahan itu.


Seo Do Jae, eksekutif perusahaan penerbangan T Road Air. Kelihatan menarik, cerdas dan sempurna tanpa cela. Padahal sebenarnya dia menderita ketidakmampuan untuk mengenali wajah. Cacat ini disembunyikan dengan menghafal wajah serta kebiasaan orang lain. Tak ada yang mengetahui itu selain Ibu dan sekretarisnya.



Pada suatu waktu Han Se Gye dan Seo Do Jae bertemu dan saling menyimpan rahasia masing-masing dan memutuskan untuk pura-pura berkencan. Dan mereka pun jatuh cinta. Bisa kah mereka mempertahankan itu? Bagaimana dengan rahasia mereka? Akan kah terbongkar? 

Drama: The Beauty Inside
Revised romanization: Byooti Insaideu
Hangul: 뷰티 인사이드
Director: Song Hyun-Wook
Writer: Im Meari
Network: JTBC
Episodes: 16
Release Date: October 1 - November 20, 2018
Runtime: Mon & Tue 21:30
Language: Korean
Country: South Korea
Cast:
Seo Hyun-Jin
Lee Min-Ki
Lee Da-Hee
Ahn Jae-Hyeon
Lee Tae-Ri
Moon Ji-In
Na Young-Hee
Lee Moon-Soo
Kang Nam-Kil
Kim Hee-Jung
Ryu Hwa-Young
Kim Seung-Wook
Lee Han-Wi
Kim Ye-Ryeong
Lee Cheol-Min
Oh Se-Young
Kim Young-Hoon
Kim Joon-Hyun
Son Sook
Kim Sung-Ryoung
Ko Kyu-Pil
Kim Min-Suk
Ra Mi-Ran
 

Review Korean Drama The Beauty Inside 


Pertama saya sampaikan selamat dan terima kasih buat semua yang bekerja keras di drama ini. Kalian luar biasa! Saya tidak jadi boikot JTBC!


Saya nunggu drama ini tuh satu tahun. Nontonnya 8 minggu, dan bapernya, jangan ditanya. Menurut saya remake film The Beauty Inside ini berhasil! Chukkae!

Perbedaan The Beauty Inside film dan drama 

  • Perubahan wajah dan tubuh


Lead male (Woo Jin) berubah setiap tidur, sementara Lead Female (Han Se Gye) berubah sebulan sekali selama satu minggu. Woo Jin hanya berubah, sementara Se Gye berubah untuk membantu orang lain. 

  • Profesi
Woo Jin designer furniture dan Yi Soo penjual furniture. Han Se Gye artis dan Seo Do Jae direktur eksekutif. 

Woo Jin mengalami perubahan karena keturunan Ayahnya dan Yi Soo mengalami kebutaan wajah karena stres. Han Se Gye tak tahu apa penyebab perubahannya dan Seo Do Jae menderita Prosopagnosia karena kecelakaan. Prosopagnosia adalah kelainan dalam mempersepsi wajah sehingga akan sulit mengenali wajah termasuk wajahnya sendiri. Keadaan ini biasanya diakibatkan oleh kerusakan otak akut, walaupun bukti terkini juga memperlihatkan adanya kemungkinan pengaruh faktor keturunan (Wikipedia).


Karena dari awal saya sudah excited dengan bakal adanya Drama The Beauty Inside, saya tak peduli siapa yang mengerjakan serta di stasiun apa. Kebetulan yang jadi Lead Malenya adalah Lee Min Ki, di mana saat main di Because This Is My First Life, saya tersihir oleh pesonanya. Padahal di awal ngomel, ih siapa sih cowok ini! Untuk pemeran lain, saya malah tahunya Lee Tae-Ri yang bernama asli Lee Min Ho karena dulu main di Rooftop Prince. Seo Hyun Jin, Lee Da-Hee, Ahn Jae-Hyeon, Moon Ji-In duh saya pas deh!


Modal keyakinan sama Lee Min Ki, saya pun mempertaruhkan waktu dan perasaan untuk nonton on going. Saya hanya berpikir ini drama akan lucu, banyak cameonya. Dan sungguh, alurnya di luar ekspektasi saya. Maju mundur. Lalu saya bisa tertawa, sedih, nangis, galau, bahagia lahir batin macam roller coaster. Directornimnya memang pinter banget ngarahin. Di dramanya yang lalu seperti Marriage Not Dating dan My Shy Boss juga mengaduk perasaan saya. Jempol deh!

Ini dia pemeran centernya:

Lee Min Ki as Seo Do Jae

Kalau di drama BTiMFL karakternya datar sedatarnya, di sini dia lumayan murah senyum. Walaupun senyumnya agak sombong gitu. Maklum lah, Juragan Pesawat. Orang kaya mah bebas! Walaupun kelihatan datar, sebenarnya matanya banyak berbicara. Dia juga sangat pengertian dan peduli dengan Ibu dan adik perempuannya.

Seo Hyun Jin as Han Se Gye

Saya belum punya perbandingan tentang karakternya. Tapi dia kelihatan cantik banget. Kalau mode cuek bebek, ngomongnya cepet banget, cerewet, mengingatkan saya akan Woo Seo Ri Still 17. Pas mode sedih, mewek-mewek, haduh! Itu rasanya saya juga ikutan sedih dan patah hati. 

Lee Da-Hee as Kang Sa-Ra

Adik Seo Do Jae, yang malah seperti musuh karena salah paham. Dia kan agak-agak nappeun gitu, tapi cara bicara dan perilaku itu elegan banget! Dia juga pekerja keras. Secara kecantikan dan penampilan, dia jadi saingannya Han Se Gye. Saat masa sedih, dia tetap kelihatan strong

Ahn Jae-Hyeon as Ryu Eun-Ho

Digambarkan sebagai cowok yang baik, murah senyum dan berencana menjadi Pendeta. Dia sangat sangat loyal pada teman-temannya, Han Se Gye dan Yoo Woo-Mi. Tapi dia juga penggoda bagi Sa-Ra. Suka uang, apalagi buat beramal. 

Moon Ji-In as Yoo Woo-Mi

Teman sekaligus managernya Han Se Gye. Perhitungan dengan artisnya, dan setia kawan seperti Ryu Eun-Ho. Dia akan menyelesaikan masalah-masalah yang ditimbulkan Han Se Gye. Moon Ji In pernah main di Yong Pal juga. Tapi saya kurang ngeh.

Lee Tae-Ri as Jung Joo-Hwan

Sekretaris Seo Do Jae, pecinta uang dan bonus. Selalu bantu Do Jae dan setia kawan. Dia menyelesaikan banyak hal yang dikacaukan Do Jae. 

Karena drama fantasi ini ceritanya wajah-wajah yang berubah sebulan sekali, ini dia para peran pengganti Han Se Gye: 

  • Son Sook
Dia Han Se Gye yang pertama. Tidak banyak percakapan, tapi aktingnya sangat menunjukkan kehawatiran, cemas, takut, syok, campur aduk. Namanya juga bangun tidur dan jadi orang lain. Gimana enggak setres coba? 

  • Kim Joon-Hyun
Dia Se Gye saat malam penghargaan. Dan saya ngakak parah karena mobilnya berguncang-guncang, hahaha. 

  • Kim Sung-Ryoung

Dia Han Se Gye saat berubah di pesawat dan dilindungi Seo Do Jae. Tetap menggambarkan sosok yang sombong. Pemeran Ibunya Kim Tan Lee Min Ho di The Heirs ini bisa banget lah. 

  • Kim Min-Suk

Dia Han Se Gye yang bikin colaps Emaknya Seo Do Jae. Agak geli waktu dia cukuran dibantu Do Jae. Tapi pas akting buat bantu anak SMA, yah ngakak deh. Pas di kantor polisi juga tuh bisa-bisanya bertingkah.


  • Moon Woo Jin

Han Se Gye versi imut. Agak kagok sih, gak selepas Seo Hyun Jin. Tapi saya suka saat dia minta tolong Seo Do Jae buat bawa pergi Ibunya. Waktu bantu Ibu yang ditinggal anaknya juga keren! Saya jatuh cinta sama Woon Jin saat main di Why Secretary Kim.

  • Ra Mi-Ran

Dia Han Se Gye saat Ibunya sakit. Haduh, ini parah. Adegannya mewek dan mirip banget sama Seo Hyun Jin. Di antara semua cameo, menurut saya Ra Mi Ran paling mendekati. 

  • Kakek yang saya tak tahu namanya
Ini waktu Se Gye ngilang. Lebih nunjukin Se Gye yang putus asa karena wajahnya tidak kembali setelah seminggu. 

Hubungan Semua Karakter yang Unik dan Mengesankan 

Han Se Gye - Seo Do Jae

Baper, hahaha. Pertama bertemu dengan kondisi dan tempat yang kurang baik. Mereka pura-pura kencan dan putus, lalu memutuskan untuk kencan betulan. Mereka jadian, eh saya mewek. Ya soalnya pengakuannya itu bikin sedih, "Kamu kacau, aku juga sama. Ini lho kurangku, banyak, dan masihkah kamu mau sama aku?" 

Hubungan mereka juga tidak mulus. Mereka sama-sama tak bisa pacaran karena kondisinya. Jadi ketika bersama mereka terlihat normal sambil bilang. "Ah, aku tahu bagaimana perasaanmu. Kita seperti bercermin!". Setiap perubahan Han Se Gye, Seo Do Jae ada untuk membantu. Dan akhirnya mereka putus, berpisah, saya pun mewek lagi. Saya pikir ini romcom tapi sebenarnya melodrama, hwa!

"Saat jatuh cinta, kapan pun dan di mana pun kamu berada hanya dia yang terlihat di matamu"

Kang Sa Ra - Ryu Eun Ho

Sa Ra yang keras disihir oleh pesona Eun Ho yang baik hati. Bagian yang memesona itu waktu Eun Ho buka helm dan minta KTP Sarah. Saya juga mewek pas Sa Ra berdoa minta Eun Ho sama Tuhan. 

Sa Ra - Seo Do Jae

Love hate, brother sister. Ah mereka ini gemesin. 

Seo Do Jae - Jung Joo Hwan

Love hate juga nih. Kadang kasihan juga sama Joo Hwan. Tapi sebenarnya dia licik dan matre. Sok gayaan mau nyatuin Do Jae dan Se Gye, padahal modus minta hadiah pindahan. 

Han Se Gye - Ryu Eun Ho - Yoo Woo Mi

Best friend goals. Mereka selalu saling membantu baik suka mau pun duka. Lucunya yah si Eun Ho sering kena bully 2 cewek ganas.

"Persahabatan adalah salah satu wujud cinta. Mencintai seseorang artinya kamu akan jadi bagian dari temannya. Jika berkencan membuatmu jauh dari sahabat, pasti ada yang tidak benar di dalamnya"

Hangout sesama laki-laki

Ya ampun! Rasanya saya tidak bisa berhenti menuliskan drama ini. Hubungan keluarga mereka juga lucu-lucu tapi hangat. Banyak banget momen seru, lucu, manis, sedih. Jadi saya pilih beberapa nih: 

Momen Aneh

Saat Se Do Jae melihat Han Se Gye dan Ibunya Se Gye dengan jarak terdekat demi memastikan wajahnya. 

Momen Sesuatu
Ketika Han Se Gye bertemu fansnya dan berbicara dengan bahas isyarat. Setelah lihat adegan ini dan kebetulan saat itu ada Asian Para Games, saya jadi ingin belajar bahasa isyarat juga.

Momen Tersedih

Saat Ibu Han Se Gye sakit dan meninggal. Ini saya sampai galau, enggak ngedrakor 3 hari penuh. Malas ngapa-ngapain juga. Parah banget episode 10 ini. Nangis sesenggukan saya. Se Gye sakit tapi enggak mau bilang karena menghawatirkan Ibunya dan begitu sebaliknya.

Momen Mengharukan

Saat Seo Do Jae mengajak Han Se Gye terbang setelah pemakaman. Ketika di langit dia bilang, Say Hai to Your Mom. Ah dia mengingatkan saya pada Izrael, anak korban Gempa Tsunami Palu

Momen Cute


Ketika Seo Do Jae minta peluk saat Se Gye bersama King Kang. Itu anjing kenapa lucu banget ya! 

Momen Manis
Banyak banget! Tapi saya paling suka sebelum Seo Do Jae makaiin cincin dan bilang, "Kau percaya diri? Daripada menjadi tua bersama, jika kau tiba-tiba menjadi muda suatu hari nanti. Maukah kau tetap bersamaku? Dan jika mendadak kau menjadi jauh lebih tua dariku, bisakah kau tidak menyerah terhadap dirimu?"


The Beauty Inside menyadarkan saya bahwa setiap kita punya sisi cantik tersendiri. Kita sering marah dan menyalahkan diri atas hal buruk yang terjadi. Maka penting bagi kita untuk berdamai dengan keadaan, memaafkan dan mencintai diri sendiri. 

Cinta yang benar adalah bukan dari fisik belaka. Tapi mencintai kekurangan pasangan dan mencintai apa yang ada di dalam dirinya.



"Jangan hawatir. Bukan fisikmu yang membuatku jatih cinta. Yang kucintai adalah apa yang ada di dalam dirimu." Seo Do Jae 

"Kenapa harus aku? Aku menghabiskan waktu dalam kemarahan. Kemudian aku menyadari bahwa yang membuatku marah adalah diriku sendiri. Takdir sedang mengajariku bahwa memang akulah orangnya. Semua wajah itu datang padaku dan menjadi berguna. Jadi inilah saatnya untuk cinta. Mencintai diriku dan juga dirimu." Han Se Gye 

Kalian pecinta drama komedi romantis harus nonton The Beauty Inside. Alurnya oke, kemistri pemainnya hebat, efek suaranya komikal, ostnya pas di hati. Saya pilih 4 dari 6 lagunya dengan judul:

Mereka jadian, saya yang nangis. Sehat, Ji?

  • The Love Inside - 2Morro
  • Falling in Love - Davichi
  • Goodbye - Wendy Red Velvet
  • Beautiful Moment - K.Will 

Ah iya, fashionnya Seo Hyun Jin dan Lee Da-Hee juga kece badai. Kalau saya punya duit, mau juga beli semua yang mereka pakai, hahaha. Untuk Fashion Pria Musim Dinginnya boleh lah. Habis kebanyakan prianya pakai pakaian resmi sih.


Jangan hawatir soal tokoh antagonis. Mereka hanya remahan sih. Bukan sesuatu yang harus dihawatirkan. Masalah ada dari dalam diri mereka. Tapi kasihan juga sama Chae Yoo-Ri. Hidupnya jadi enggak tenang, hahaha.


Harapan yang tak terwujud dari The Beauty Inside:

  • Yoo Woo Mi tidak jadian sama Jung Joo Hwan dan malah mau nikah. Mana pacarnya tidak dikasih lihat, hahaha. Padahal saya sudah bayangin mereka kencan bersama. Ya lumayanlah ada adegan ngumpul berenam.
  • Cameo dari filmnya enggak ada. Saya berharap ada pemeran Ibunya Woo Jin karena saya lihat ada beliau pas reading. Atau Han Hyo Joo dan Park Seo Joon mungkin. Tapi mereka tak ada. 

Ah, saya tak bisa berhenti mengatakan kamsahamnida pada semua team yang mengerjakan The Beauty Inside. Bagi saya, mungkin ini akan jadi Drama Terbaik di 2018. Padahal kemarin What's Wrong With Secretary Kim yang jadi urutan teratas. Ah, susah nih jika saya harus mengatakan selamat tinggal! Saya bakal rindu berat sama mereka! Walaupun di drama Lee Min Ki dan Seo Hyun Jin tidak nikah, semoga di dunia nyata mereka bisa bersama #DiamininSejagadRaya.


Kalian juga sudah nonton The Beauty Inside? Baper kaya saya? Paling susah dilupain itu adegan apa? Share pendapat kalian ya! Dan terakhir, annyeong, annyeong, annyeong, goodbye!

Sumber gambar:
http://mtv.jtbc.joins.com/photo/pr10010943/pm10049815
https://instagram.com/beautyinside_jtbc
https://instagram.com/tae_rii_

42 komentar:

  1. Akhirnya aku terdampar di blognya mbak Jiah. Gara-garanya baru bulan ini aku mencoba nonton drakor secara sembunyi-sembunyi. Ternyata nggak bisa. Ketahuan suami.

    Btw, makasih reviewnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba suami diajakin ngedrakor. Banyak drama tema rumah tangga

      Hapus
  2. Aku penasaran dg drakor ini beneran krn banyak yg muji2

    BalasHapus
  3. Kadang aku suka mikir kok bisa bisanya ya korean nemu aneka penyakit yg aneh2

    BalasHapus
  4. Aku belom nonton lagi Jia...
    **sediih

    Tapi penasaranku terobati karena baca blog Jiaa~
    Yeaay~

    Abis ini nonton inih...
    The Beauty Inside.

    BalasHapus
  5. Ah aku tahu film beauty inside sebelumnya yang setiap hari wajahnya berubah. Filmnya bagus beud dan ngebuat air mata meleleh. Untuk remake filmnya kayaknya harus nonton nih 😂

    BalasHapus
  6. Saya tuh tiap kali nonton yang bikin baper, jadi suka pengen bikin ending sendiri hahaha

    BalasHapus
  7. Kok bisa berubah wajah terus? Kenapa?? Duuh..penasaran aku.. catet sik judule ah..

    BalasHapus
  8. Gak sanggup nonton drama saya mba 😔 tapi sangat puas baca Reviewnya, bolehlah kalau banyak waktu senggang di nonton, pemainnya cakep2 dan cantik2 pulak 😍

    BalasHapus
  9. Udah masuk daftar tontonan berikutnya nih, mau beresin Terius behind me dulu hehehe

    BalasHapus
  10. ini pemainnya banyak ya? tapi kenapa saya lihatnya mirip2 yaah..
    tapi masih belum ngerti, si Lead male (Woo Jin) berubah setiap tidur? gimana cara tuh? hihihh

    BalasHapus
  11. Mbaaa aku dah berrbulan bulan move on dari drama wkwkw. Hiatus lah caknya. Duh baca review nya jadi pengen ngintip lagi nehhh. Tanggung jawab mba haha

    BalasHapus
  12. Pemeran pengganti nya banyak juga ya Ji. Dan akhirnya aku penasaran, tergoda nonton K-drama gara-gara baca review ini. Soalnya ide ceritanya unik, nggak biasa gitu, hihii. Japri aahhhh

    BalasHapus
  13. Wow, drakor! Hehe..
    Kenapa saya malas nonton drakor? Karena nama pemain dan perannya pun tak bisa kuhapal, hahaa

    BalasHapus
  14. Filmnya belum nonton eh sekarang udah ada drakornya ya. Jadi penasaran pengen nonton.

    BalasHapus
  15. Halo mba Jiah. Kenapa apa langsung terpesona ama foto saat pertemuan di pantai. Dari tayangannya aja aku kayaknya udah yakin bisa jadikan pilem ini sebagai pilihan

    BalasHapus
  16. baper baper deh ah kalao begini.. :(

    Jiah, nonton bareng yuk

    BalasHapus
  17. Wah mesti download ini biar gak penasaran gmn jln cerita or ending-nya.. kbrtkebet blm nonton

    BalasHapus
  18. Aku udah nonton!!! Pengen nulis review juga hehehe. Aku paling suka adegan Eun-Ho dan Sara. Apalagi pas Sara cemburu si Eun Ho dikasih minuman sama cewek lain. Duh, masih belom bisa move on dari pasangan itu

    BalasHapus
  19. Suka sama kata-kata ini nih aku,"Kamu kacau, aku juga sama. Ini lho kurangku, banyak, dan masihkah kamu mau sama aku?". Banyak juga ya pemainnya dan banyak juga ya momen-momennya. Jadi penasaran deh.

    BalasHapus
  20. Sampai hapal begitu yaaa mba.. luar biasaaa! Sinopsis ceritanya sih menarik nih mba

    BalasHapus
  21. Mb Jiah aku nonton film Korea nih gara2 dirimu. Dan drakor yg beauty inside ini ada filmnya juga kan ya, aku barusan nonton.

    BalasHapus
  22. Ini kdrama terbaru yg udah aku tonton sampai habis, kdrama lain yg rilis barengan dgn ini cuma aku lihat episode awapnya aja.

    BalasHapus
  23. Aku suka drakor tapi cuma cerita tertentu aja (kalo yg main aktor dan aktris favorit doang). Hihi

    BalasHapus
  24. Aku baru mau nonton terius behind me. Hehe. Blm nonton yg ini.

    BalasHapus
  25. Aku tidak ngefans sama lee minki tp kok ya menikmati drama2nya ya hahahh

    BalasHapus
  26. Kalau baca reviewnya jiah ni asli ngakak ngebayangin"galau bahagia lahir" Wkwkwkw

    BalasHapus
  27. wah mba sampe detil gini nulis review drakornya hehehe ku cuman ngangguk2 aja krn ga pernah nonton drakor :)

    BalasHapus
  28. Masya Allah, reviewnya komplit banget, Jiah! Keren!
    Tapi aku masih belum bisa bayangin itu gimana peran yang berubah-ubah. Hehe. Kayaknya mesti nonton dramanya langsung ya biar paham ��

    BalasHapus
  29. Seo Hyun-Jin disitu kok rada rada mirip sama jessica jung ex. snsd deeeeh

    BalasHapus
  30. Premisnya bagus. Tentang penyakit, tapi seertinya eksekusinya ndak klise.

    BalasHapus
  31. kalo ditonton sama suami cocok ndak? Jadi kepikiran ngedrakor sama Pak Suami nih...

    BalasHapus
  32. Nama-nama artis korea itu mirip2, wajahnya juga mirip2. Eh, ini menurutku. Suka ketuker anatara nama dan orangnya.

    BalasHapus
  33. Ya ampuun, nggak kebayang cuma bisa ingat satu wajah :(
    Kalau udah punya suami dan dua anak, kira-kira wajah siapa yang akan diingat? *lah itu mah elu kali, Nyak. Wkwkwk.

    BalasHapus
  34. uwaw rame nih emang, banyak yang suka drama ini
    kukira kayak film yang pernah aku tonton, ternyata beda ya alur ceritanya
    ntar kurekomendasikan ke temenku...
    hmmm jangan bilang kalau temanku udah nonton, hahaha

    BalasHapus
  35. Suka banget sama ini mbak Jiah, sweet banget deh pasangan ini, terus si sara sama eunso juga

    BalasHapus
  36. wakakakkaka jiah ah, gegara jiah jadi nanti trailernya nih. bakalan ada tontonan menarik lagi tiap malem, soalnya sunny again tomorrow yang tayang hari di kbs udah tamat :(

    BalasHapus
  37. Aku belum ada yang bemer2 duduk nikmatin drama Korea..., Biasanya kalo di YouTube ..yang khusus Drakor Chennel mana? N ada subtitle Indonesia ga..?

    BalasHapus
  38. Aku belum nonton padahal udh dibisikin dri lama sm temen. Akhir2 ini blm smpet no tom drama lagi ,tp coba aku download eps pertama deh ,kalo seru lanjut.

    BalasHapus
  39. Aku masih banyak PR nonton drakor nih hajahaa

    BalasHapus
  40. Beberapa kawanku nonton ini nih, tp aku belum wkwkwkwk btw aku malah ingat dg tagline "beauty inside fresh outside" wkwkwkw

    BalasHapus
  41. wuah,, kebetulan banget lagi bingung mau nonton drakor apa lagi? huehehe..
    sip.. langsung nonton ah..

    BalasHapus