Sabtu, 08 September 2018

# 2018 # Drama Korea

Review Drama Korea Your House Helper

Bismillaahirrahmaanirrahiim.... 

Merasa kacau dalam hidup atau rumah? Mau membersihkan itu tapi tak tahu harus mulai dari mana? Bagaimana kalau minta bantuan orang lain?



Annyeong hasimnikka! Dalam hidup pastinya akan ada kekacauan, hal-hal yang tak sesuai prediksi kita. Siapa coba yang tak merasakan itu? 

Kim Ji Woon, pemuda tampan dan berkarir bagus tengah mengalami kekacauan hidup. Ketika membersihkan dan merapikan rumah, ternyata dia menemukan kedamaian. Walaupun begitu, dia juga sedang berusaha mencari kekasih yang meninggalkannya.

Im Da Young, gadis yatim piatu, magang di perusahaan periklanan dengan segala hal yang tak pasti. Rumahnya kacau, pun dengan hidupnya. Dia bertengkar dengan sahabat-sahabat SMAnya. 


Yoon Sang Ah, perancang perhiasan yang tengah bangkrut. Dia menutupi itu dari banyak orang. Sahabat lelaki yang dicintainya pun tak peduli dan meminta Sang Ah untuk mengurus rumah dan anjingnya. 

Han So Mi, Pemilik salon kuku yang takut pada laki-laki dan merasa bersalah pada sahabat-sahabatnya. 

Kang Hye Joo, Pemilik toko perhiasan yang jatuh cinta pada sahabat lelakinya yang gay. 

Kwon Jin Gook, Pengacara muda menemukan dirinya jatuh cinta pada perempuan yang sulit dipahami. 

Kim Ji Woon akhirnya membantu mereka dalam membersihkan rumah. Bukan hanya soal tempat tinggal, tapi masalah mereka juga dicarikan solusinya. Bagaimana kisah mereka yang punya banyak masalah dalam hidup? Bisakah Ji Woon menemukan mantan pacaranya atau justru move on?


Title: 당신의 하우스헬퍼 / Dangsinui Hauseuhelpeo
Genre: Romance, comedy
Episodes: 32
Broadcast network: KBS2
Broadcast period: 2018-Jul-04 to 2018-Aug-29
Air time: Wednesday & Thursday 22:00 (2 episodes back-to-back)
Director: Jun Woo Sung, Im Se Joon
Original writing: Seung Jung Yun (승정연)
Screenwriter: Kim Ji Sun (김지선), Hwang Young Ah (황영아)
Main Cast:
Ha Suk Jin as Kim Ji Woon
Bona as Im Da Young
Lee Ji Hoon as Kwon Jin Gook
Go Won Hee as Yoon Sang Ah
Seo Eun Ah as Han So Mi
Jun Soo Jin as Kang Hye Joo
Jo Hee Bong as Go Tae Soo
Yun Joon Suk as Park Ga Ram
Yoon Joo Sang as Jang Yong Gun
Lee Min Young as Ahn Ji Hong
Lee Do Kyum (이도겸) as Bang Chul Soo


Review Korean Drama Your House Helper


Saya memutuskan move on dari Your House Helper nih. Padahal 2 minggu sebelum kelar, rasanya tak percaya bahwa drama ini akan berakhir. Drama yang mengambil sisi terdekat kita, rumah dan segala di dalamnya. 

Awal tahu drama ini ya memang sengaja nyari tayangan di bulan Juli. Penasaran juga, kok cowok keren jadi pembantu sih? Kalau kata Mini Seri Indonesia ya, Pembantuku Ganteng Sekali!


Dari sinopsis awal menceritakan si Ji Woon ini dari keluarga berada, kerja di perusahaan. Lalu akhirnya memutuskan kontak dengan keluarganya. Saya mikir kenapa? Mau dijodohkan lalu kabur sehingga menyamar jadi pembantu? Habis itu saya sudah bikin plot sendiri bagaimana orangtua Ji Woon akan marah-marah karena dia jatuh cinta sama perempuan yang tak selevel, hahaha. Duh klise banget bayangan saya. 

Ternyata berjalannya drama tak sesuai sinopsis awal, ckckck. Di sini Ji Woon yatim piatu, dan terakhir tinggal sama Ibunya sebelum meninggal. Saya kurang tahu bagaimana cerita di webcomic series Dangshinui House Helper karya Seung Jung Yeon ya. Saya sengaja tidak nyari agar tetap fokus menikmati dramanya.


Di awal episode saya pikir agak membosankan karena isinya bersih-bersih. Ditambah si Ji Woon anyep, senyum aja tidak lho! Dan saya mulai bertanya, di mana komedi romantisnya? Mungkin gara-gara What's Wrong with Secretary Kim jadinya standar romcom saya naik. Apalagi yang main baru saya lihat semua. Kecuali Go Won Hee yang saya lihat akting dia di Eulachacha Waikiki dan Secret Queen Makers.

Dan masuk episode 2 di mana Im Da Young dibawa polisi setelah menelpon, saya mulai ngakak. Kenapa curhat doang kok dibawa Polisi? 

Ternyata di Korea sana ada telepon umum untuk curhat. Sebenarnya fungsi dari telepon itu untuk mencegah orang bunuh diri. Nah kasus itu terjadi pada Da Young. Padahal dia butuh ngeluarin unek-unek aja. Dan gara-gara itu dia nelepon Pak Kim. 


Kata saya, alur cerita drama ini super simpel. Tentang bertahan hidup, persahabatan, dan baru deh percintaan. Filosofinya tuh dengan membersihkan rumah, kita juga membersihkan perasaan. 

Saya pikir ada benarnya. Saya suka bersih. Tapi pada suatu titik, kamar saya kacau, numpuk ini itu. Kalau diingat-ingat, hati dan perasaan saya sedang kacau juga. Makanya, nonton Your House Helper itu kaya terapi. Saking menikmatinya, saya sampai tak sadar bahwa drama ini telah berakhir.


Karakter mereka dari awal hidup dan berkembang. Kaya Ji Woon sendiri yang awalnya mode kulkas akhirnya bisa berbaur dengan para gadis. Dan biar kata terlihat sempurna, ada sisi lucu dan humoris juga. Ngakak di akhir deh pas dia ribut soal kebersihan dan bikin Da Young malu. 

Bagusnya drama ini tuh kita juga bisa belajar bersih-bersih. Ada tips-tips yang berguna di akhir drama. Kaya kita nyimpen bawang bombai di kulkas. Baiknya dibungkus pakai koran bekas.


Soal percintaan mereka, saya pikir semuanya berjalan secara perlahan tapi pasti. Bagaimana mereka move on, memulai hubungan baru, saling percaya dan mendukung satu sama lain. 


Tidak beresin rumah bukan berarti kita tak bisa. Hanya kadang kita punya cara sendiri untuk menyelesaikannya. Dan lebih baik kita membuang barang kenangan daripada menyimpannya. Karena kita akan lebih teringat keindahannya ketika barang atau sesuatu itu tak ada. 

Kita sekarang juga harus buka mata bahwa tidak ada yang salah ketika laki-laki bersih-bersih, nyapu, atau ngepel. Itu bukan pekerjaan perempuan saja. Jadi Bu Ibu, sebaiknya juga ngajarin anak laki-laki atau perempuannya untuk bersih-bersih mulai dari kecil. Enggak usah ribet tentang apa kata orang kalau ngajarin anak cowok nyapu. Kita harus membiasakan mereka mandiri. 

Kalau kalian butuh drama yang tak banyak menguras emosi tapi memberi banyak solusi hidup, kalian bisa nonton Your House Helper. Yang sudah namatin drama ini, share pendapat kalian ya! 

Sampai jumpa. Happy blogging!

Sumber gambar: Soompi

33 komentar:

  1. Peran orang lain memang sangat di butuhkan ketika rumah sedang kacau-kacaunya :D

    BalasHapus
  2. Kim Ji Woon memang tidak di ragukan lagi ketampanannya hehe

    BalasHapus
  3. Dari blog ini saya tau cara cepat move on adalah memulai hubungan baru, saling percaya dan mendukung satu sama lain :D

    BalasHapus
  4. Drama korea yang cukup unik :)

    BalasHapus
  5. Jadi pengen nonton drama koreannya :D

    BalasHapus
  6. Drama ini memberi banyak solusi hidup ya hehe

    BalasHapus
  7. Wah, aku kok jadi ngebayangin, lucu jg klo di Indonesia ada telepon umum untuk curhat ya. Antrii deh abegeh

    BalasHapus
  8. Waah keliatan ya seru yah,

    BalasHapus
  9. Bawang bombay nyimpennya dengan dibungkus koran, ok noted!
    Suka deh kalo nonton film yang banyak manfaatnya buat urusan domestik, hahaa

    BalasHapus
  10. Sungguh aku iri padamu Jiah yang sudah nonton bayak drama, aku nonton areu human dan still 17 nggak beres-beres, hikss...masuk list juga deh drama ini, gara-gara Jiah nih

    BalasHapus
  11. Iyaya, klok lg nggk mood bawaannya males ngapa2in termasuk bersih2 rumah.tp klok dipaksain ttp bersih2, nggak terasa, rasa nggak mood td jd samar2 bhkn kdg hilang.

    BalasHapus
  12. LOL udah ada belum ya sinteron nya, kalau ga bikin segera mba pembantuku ganteng sekali hahahaha... siapa yang cocok jadi peran cowo nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah ada ftvnya, tapi beda cerita sih

      Hapus
  13. Walaupun saya bukan penggemar drakor, tetapi bolehlah kalau ada house helper seperti itu di rumah saya wkwkwk

    BalasHapus
  14. Trus house keepernya ada jadian nggak sama salah satu gadis itu? Hihi

    BalasHapus
  15. Jadi ingat masa kecil dulu.
    Ibu sering berbagi tugas bersih-bersih rumah kepada kami yang saat itu baru bertiga.
    Meski adikku ada 1 cowok, dia tetap dapat bagian juga. Membersihkan kandang ayam, karena dulu kami pelihara ayam kampung.

    Jadi hari Minggu itu kami menjulukinya, hari bersih-bersih sedunia! ^^

    BalasHapus
  16. Wah ada ya orang dengan model ala kulkas, dinginnya kayak apa tuh?!

    Kalo nonton film ada inspirasi yang muncul dari ceritanya gini aku suka. Tapi masih belum tertarik nonton K-drama, hahahaha

    BalasHapus
  17. Kalau house helpernya seimut iniii ya kami minta dibantu terus hehehe

    BalasHapus
  18. Mas mas kalau di Indonesia bisa bikin start up sekalian tuh bagain beberes. Ibuk2 pasti banyak yg manggil hehe.
    Thanks reviewnya mbak, penasaran jalan ceritanya :D
    Mana ada tips2 beberes pula ya hehe

    BalasHapus
  19. "Tidak beresin rumah bukan berarti kita tak bisa. Hanya kadang kita punya cara sendiri untuk menyelesaikannya. Dan lebih baik kita membuang barang kenangan daripada menyimpannya. Karena kita akan lebih teringat keindahannya ketika barang atau sesuatu itu tak ada."

    Aku nyess baca paragraf diatas. Karena aku tuh suka bersih namun cara bebersihku neda dari orang kebanyakan.

    BalasHapus
  20. Kenapa aku harus terus mampir ke blog ini, membuat aku keracunan muka-muka tampan oppa, se anyep-anyep nya kin ji woon tetap tampan

    BalasHapus
  21. Kebayang deh klo di Indonesia pun ada telepon umum untuk curhat. Trus yang ngantri cowok2 keren kaya dlm cerita ini. Hahaha... asyik juga ya.

    BalasHapus
  22. Hihihi. Ada aja nih idenya drakor. Mengangkat tema membersihkan dan merapikan rumah kayak metode KonMari gitu kali ya. Asyik dan mendidik para buebu nih kayaknya ��

    BalasHapus
  23. Belum nonton, tapi wajib di tonton ini biar awet muda lihat oppa :D

    BalasHapus
  24. Dan aku jadi halu bisa punya house helper seganteng ini, haha.
    Tak coba masukan waiting list buat dinonton.

    BalasHapus
  25. Aku blass ga ngerti sama sekali ttg drakor dan artis Korea. Anu, susah nyebutnya di lidah soalnya. Ampuuuun Jiah hahahahah

    BalasHapus
  26. Sepertinya kalau aku rajin berkunjung ke sini, aku bisa teracuni oleh drama Korea inih, wekekeke XD

    BalasHapus
  27. Tukang bersih2nya kece amat ya Jiah. Berasa pengin order bersih2 ke dia :))

    BalasHapus
  28. wahhh kayaknya saya tertarik nonton nih. donlot ahhh :)

    BalasHapus
  29. Jatuh cinta pada sahabat lelaki yg gay?
    Duh.
    Nyesek bangeeeett :(

    BalasHapus
  30. Paling ga bisa bebersih.
    Karena aku mengidap "penyakit memendam masa lalu akut".

    Bahkan,
    Surat-suratan jaman masih sekolah sama mantan (yang bukan sama suami..wkwkkw) masih aku simpan rapih di laci.
    Meskipun kunci laci itu aku buang.


    Jadi intinya mah..
    Aku gak bisa sama Mr.Kim.

    Mianhae~

    Whahhaha...gelook...

    BalasHapus
  31. Tiap masuk ke blog ini jadinya ter-drakor. Seneng jadi tau ulasannya. makasih ya kak

    BalasHapus
  32. Asikkk jadi list lagi nih, hahahah ya Allah PR reviewku masih banyak drakor.
    Tapi sneneg kalo nonton kisah2 unik mereka.

    BalasHapus