Sabtu, 02 Februari 2019

# Uprint # Usaha

Memilih Percetakan Kemasan Terbaik Untuk Usaha

Bismillaahirrahmaanirrahiim.... 

Keluargamu punya usaha? Kamu ikut turun dalam usaha ini kah? 

Di dalam drama Korea ada banyak sekali drama dengan tema orang kaya dan miskin. Biasanya nanti yang first lead male mengelola atau mewarisi usaha dari orangtua atau kakeknya. Dia kemudian ketemu cewek biasa yang kerja sama dia. Klise? Iya memang begitu. Hal receh dan banyak orang suka. 

Pixabay
Zaman sekarang sudah beda. Anak muda banyak yang membuka bisnis sendiri. Dari makanan, minuman, jasa, sampai Percetakan dan lainnya. Sekarang memang lumayan yang mengejar passion meski pegawai negeri atau kantoran tetap diminati. 

Bicara usaha makanan, saya ingat sekali dulu orangtua saya sempat buka warung. Jualan Es Cendol, Bubur, Gorengan, Makanan ringan kaya gitu. Jualannya di depan rumah. Jadi enggak mikir masalah sewa tempat. Jualan model gini tuh sebenarnya enak, tapi ada kalanya sepi. Akibatnya yang belum terjual akhirnya dimakan sendiri. 

Ketika saya kelas XII SMA, orangtua saya membuat Tela-Tela. Kalau Pedagang yang jual Tela-Tela biasanya basah, ini modelnya kering. Dan semua dikerjakan sendiri. Pagi-pagi beli Ketela Pohon lalu dikupas. Setelah itu dipotong-potong secara manual dan digoreng sampai kering. Setelah dingin, baru dikasih bumbu instan, Balado, Jagung dan lainnya. Baru mulai dikemas. 

Karena masih usaha rumahan, Kemasan Makanan yang dipakai ya plastik biasa, tanpa label pula. Beberapa waktu setelah saya lulus sekolah, saya juga mulai bantu menyetor Tela-Tela ini ke kantin sekolah juga pedagang lainnya.

Sayangnya lagi-lagi usaha ini tidak bertahan lama. Ada kalanya konsumen bosan sehingga penghasilan menurun sampai bahan baku yang mulai naik karena tidak menanam pohon sendiri. Yah begitulah hidup.

Saya dan Usaha Makanan 

Beberapa tahun terakhir ini saya mulai memikirkan untuk membuka usaha. Lagi-lagi soal makanan karena saya memang suka makan. Saya juga merasa bahwa masakan saya tidak terlalu buruk. Cuma memang masih dicari mana yang pas karena makanan juga butuh inovasi supaya menarik pelanggan.

Srondeng bisa dibuat usaha

Selain soal bahan apa yang dipakai, yang tidak kalah penting adalah Kemasan dari produk tersebut. Seperti kita ketahui bahwa tampilan atau cover memang cukup menentukan. Perbandingannya barang yang dikemas harganya lebih oke dibanding barang yang dipajang tanpa pelindung. Kelihatan berkelas gitu kan. 

Saya juga teringat film The Billionaire. Film Thailand ini menceritakan tentang Pengusaha muda. Makanan yang dijual enak, tapi covernya tidak menggoda sama sekali. Akhirnya nih dibungkus itu produk dan boom! Usahanya lancar setelahnya. Tentunya setelah melewati ini itu. Makanya penting bagi kita untuk Memilih Percetakan Kemasan Terbaik Untuk Usaha.

Saya membayangkan jika nanti jualan pembungkus paling luarnya adalah Paper bag. Pakai kertas lebih ramah daripada plastik. Bisa juga kan buat oleh-oleh. Lebih kece! 

Masalahnya nih meski tidak asing dengan percetakan, saya sedikit kesulitan karena kebanyakan yang saya kenal sistemnya masih offline. Mana tempatnya jauh. Kalau musim hujan begini kan malas harus ke sana ke mari. Apalagi kadang desain logo dan lainnya kurang pas di hati. 

Mudahannya Cetak Paper Bag di Uprint 


Dan masalah percetakan ini terjawab setelah saya mengenal Uprint. Uprint.id merupakan percetakan daring Indonesia di mana memudahkan konsumen untuk penuhi kebutuhan cetak dengan fasilitas cetak online yang mudah dan cepat. Enaknya kita juga bisa ngasih desain kita sendiri lho. 

Kenapa Uprint?



  • Uprint adalah produsen. Sudah 8 tahun berkecimpung di dunia percetakan. Pengalaman tidak perlu diragukan dong!
  • Hemat Waktu. Setelah kita pilih ukuran, bahan dan lainnya, price list langsung ada tanpa perlu berlama-lama antri
  • Desain langsung dari Website. Langsung deh dikerjakan secara online

Uprint cetaknya enggak hanya paper bag. Ada kartu nama, tanggalan, sampai souvenir juga. Kalian bisa cek websitenya atau main ke:


Alamat :
Jl. Swadaya Raya no 1762, Jelambar
Jakarta Barat 11460
Telepon :
(021) 569-56789
HP/Whatsapp :
0812 12345 290
Email:
Order@uprint.id
Hari dan jam kerja :
Senin - Jumat/09:00 - 17:00
Sabtu/09:00 - 14:00 

Kita memang tidak boleh hanya melihat sesuatu dari kemasan luarnya saja. Tapi ada kalanya cover bisa menunjukkan apa yang ada di dalamnya. 

Kalian ada kepikiran untuk bikin usaha juga? Masih belum ketemu percetakan untuk desain barang atau kemasan produkmu? Coba Uprint deh siapa tahu cocok! 

Sampai jumpa. Happy blogging!

48 komentar:

  1. Dengan adanya cetakan online ini sangat membantu untuk para pengusaha yang juga baru mulai. Nggak ribet dan hemat waktu pula. Mungkin kita juga bisa minta nasehat sebaiknya cetakan Seperti apa untuk kemasan kali ya

    BalasHapus
  2. makin ke sini hidup makin mudah berkat teknologi. keren banget udah ada percetakan online. ga usah repot naik angkot lagi ke percetakan beken di tengah kota.

    kamari aku beli minuman obat online dari temen, botolnya biasa aja tapi dikemas pake buble wrap dan dikasi paper bag yg cantik. sebagai pembeli aku liatnya seneng karena merasa dihargai :)

    BalasHapus
  3. aku nih waktu itu mengajukan ke akang suami biar kemasannya itu ada logo Joeragan cuman terhambat dengan modal mba wkwkwk :p semoga nih kalau ada budget lebih bisa bikin logo kemasan Joeragan Es krim aamiin

    BalasHapus
  4. Wah malah jadi dapat ide usaha kuliner sekaligus packing nya. Selama ini nggak kepikiran kalau ada jasa cetakan online. Makasih ya infonya mbak...

    BalasHapus
  5. Wah kebetulan banget sedang nyari referensi percetakan untuk usaha, makasih bxk infonya kak

    BalasHapus
  6. Saya jg kepingin banget punya usaha makanan. Dulu pernah nerima pesanan kue2, tp macam2 gitu. Makanya sekarang berhenti dulu pingin fokus 1 macam kue, tp yg spesial. Belum tau apa, hihihi. Sambil mikirin kemasannya juga.

    BalasHapus
  7. aku kepikiran jualan apparel nih mbak. Cuma ya masih dalam wacana blum nyoba search penjahit dan lainnya. Selama ini ak cuma ikutan reseller doang. Itu pun ya lg mati suri dulu hehe

    BalasHapus
  8. percetakan kemasan penting banget sebagai salah satu branding dari perusahaan ataupun brand yang kita jual ya.

    BalasHapus
  9. Dulu sempat bikin homemade puding dan bluder tape, dititip ke warung2 sekitar komplek dan satu toko kue. Waktu itu pernah pengin homemade pudingnya dikemas dengan kemasan yg lebih eye catching, sayang kudu order banyak dan harga cetaknya juga mahal. Jadi jualan pakai cup plastik.

    BalasHapus
  10. Usaha makanan ini ga ada habisnya ya mba. Selalu ada inovasi dan menjadi kreatif.

    BalasHapus
  11. oh, pernah dengar uprint untuk cetak kartu nama, ternyata bisa juga ya untuk paper bag. Kalau kotak kemasan yang kecil dan tebal seperti buat bungkus kado gitu bisa juga kah?

    BalasHapus
  12. Enak ya sekarang serba online termasuk jasa percetakan bisa di pesan online jd ga perlu hunting. Mau coba nanya2 juga kebetulan lg butuh paper bag buat rangkaian bunga

    BalasHapus
  13. Kalau dilihat ini percetakan bukan cuma untuk usaha ya jiah. Mungkin bisa untuk kegiatan semacam kantoran juga.

    Tapi beneran aku baru tahu loh ada percetakan untuk kemasan seperti ini. keren deh.

    BalasHapus
  14. Kalau ada percetakan yang online gini, boleh nih sesekali dicoba, mana tau harga dan kualitas bersaing kan. Saya ada sih rencana pengen cari kemasan yang kece untuk Kopi.

    BalasHapus
  15. Aku suka liat kemasan paperbag. Soalnya terkesan mewah kaya di luar negeri gitu. Wkwkwk.. Yg pasti bagus buat lingkungan ya mudah terurai

    BalasHapus
  16. Packaging yang buruk akan mempengaruhi produk yang dijual. Ada solusi dengan inovasi yang dibuat Uprint semoga memberikan angin segar bagi usaha di tanah air

    BalasHapus
  17. Dari dulu kepengen banget buka usaha toko alat-alat outdoor gitu. Ntar kalo udah kesampean nyetak gambar totebagnya di sini, ah...

    BalasHapus
  18. duh, pas banget lagi pilah pilih percetakan untuk upcoming project akuuu hehehe

    BalasHapus
  19. Kemasan ini penting banget. harus nyari yang harganya bersaing. Soalnya bakalan ngaruh banget ke harga jual produk kita. Kalau desain bagus kemasan bagus dan hasil cetak bagus bakal membuat produk kita jadi elegan

    BalasHapus
  20. Iya, zaman sekarang kemasan adlh salah satu pendukung usaha. Pengaruhnya cukup bsr krnaa konsumen skrg suka kemasan produk yg eyecatching. Biar bagus dijepret juga.

    BalasHapus
  21. Kok jadi pengen tela2 yaaa.... Hahahaa

    Ooh cetaknya di uprint toh
    Wuah recommended sih ini

    BalasHapus
  22. Wah keren ini info yang kucari-cari Jiah. Makasih ya jadi semangat pesen nih

    BalasHapus
  23. Aku jadi ingin bikin serundeng karena kamu bilang bisa dibikin usaha

    BalasHapus
  24. Makasih Jiah, nambah deh referensiku buat cari percetakan. Kemarin ada oom yang punya usaha makanan minta cariin, aku kasi aja deh ke si oom

    BalasHapus
  25. Aku pun berasa ada yang kurang dalam hidup yaa...
    Kalau usaha, pasti terasa hidup lebih hidup.
    Hihii~

    Ada tantangannya gitu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jia cucok usaha makanan...
      Aku juga pingin, Jia...tapi belum terlaksana karena memikirkan banyak hal.
      Ecieee...
      ((kebanyakan nonton siik yaa..??))

      Hapus
  26. Ternyata udah 8 tahun berkiprah di industri percetakan to, kirain masih baru Uprint ini.
    Desainnnya piih di web aja ataukah boleh custom2 gtu mbak?
    Enak ya kalau ada usaha emang sebaiknya buat dukung dan promo gratis ya cetak paperbag dengan logo/ nama usahanya itu.

    BalasHapus
  27. Kepikiran bikin usaha itu pasti ada. Tapi, aku butuh partner juga untuk kolaborasi..

    Btw Uprint cetaknya enggak hanya paper bag yaa. Ada kartu nama juga?
    langsung cek ke web'a deh mau cetak terus sebarin*

    BalasHapus
  28. solusi banget nih buat para pelaku UKM yang ingin meluaskan pasar

    bakalan aku rekomendasikan untuk pelaku usaha binaan kantorku

    BalasHapus
  29. Nah kebetulan nih mbk, aku lagi nyarik2 info soal desain kemasan utk bubuk kopi produksi sendiri. Jd sepertinya kalau urusan kemasan ini mending aku meluncur langsung ke uprint aja ya mbk. Makasih infonyaaaaa

    BalasHapus
  30. Praktis bener sih sekarang bisa pesen paper bag via online gitu di uprint, semuanya jadi serba dimudahkan yah Jiaaaah.

    Sempga sukses dan lancar untuk bisnis makananmu yaaah :))

    BalasHapus
  31. Sekarang ngga perlu khawatir untuk mencetak kemasan ya.. sudah ada Uprint yang sangat mudah dan hasilnya juga ngga kalah kualitasnya.. duh jadi terjewer nih.. kapan mulai bisnis..usah tahun 2019 bisnis masih sekedar resolusi belum aksi nyata hiks

    BalasHapus
  32. Walau katanya jangan melihat sesuatu cuma dari kemasan, nyatanya memang kemasan lah yg pertama bikin kita tertarik memilih produk yaa mba.. makanya soal kemasan harus diperhatikan baik2 :)

    BalasHapus
  33. Setuju dengan pendapat tidak boleh hanya melihat kemasan luar. Tetapi, saya juga suka lemah kalau lihat packaging yang lucu. Suka tertarik untuk beli hehehe

    BalasHapus
  34. Pingin nyobain pesen paperbagnya enak ya bisa custom sendiri. Bikin paperbag pakai gambar blog bisa juga ya :-D

    BalasHapus
  35. Iya klo di kemasnya menarik terus paper bagnya juga bagus apapun jd terkesan esklusif dn kliatan Mahal y mba

    BalasHapus
  36. Tapi kalo untuk kuliner, packaging tuh penting banget. Agar orang jadi beli karena bagus kemasannya. Meski harga yang ditawarkan jadi lebih mahal dikit, tapi gak apa sih sepanjang menjadikan nilai jual jadi naik kelas

    BalasHapus
  37. Eh aku pernah mendengar tentang uprint ini. Dimana ya, lupa hehe. Btw emang sih kadang kemasan yang cantik dibutuhkan untuk menarik minat pembeli :)

    BalasHapus
  38. Makin terbuka peluang bisnis zaman sekarang ya, asal punya ide bisnis kreatif, dan sekarang sudah dimudahkan dengan teknologi online, asik juga ya bisa cetak paperbag online, dan cepat juga

    BalasHapus
  39. Uprint emang kece ya mba, lengkap banget mau kek apa aja modelnya
    Kita bisa request, apalagi model craft kayak punyaku ini. Selalu harus memiliki packaging apik biar pembeli tertarik pas moment bazar

    BalasHapus
  40. Kalo buat usaha, sedia paper bag ini penting ya mba, terutama buat pembeli offline dan untuk mengurangi kantong plastik. Apalagi sekarang paper bag yang desainnya bagus juga bisa disimpan terus :)

    BalasHapus
  41. Penting banget kalau buka usaha yang ada kemasan misalnya cemilan atau apa, punya design yang menarik menjadi prioritas juga,apalagi klu mmg hasil design paper bag misalnya yang bagus.

    BalasHapus
  42. Setuju bahwa kita memang tidak boleh hanya melihat sesuatu dari kemasan luarnya saja. Tapi cover atau kemasan yang menarik itu penting banget untuk menciptakan first impression yang baik

    BalasHapus
  43. Asyik nih dengan uprint bisa mencetak dan dsign kemasan utk usaha kuliner . Kemasan jadi first impression saat mo beli sesuatu

    BalasHapus
  44. Wah, makasih mba Jiah infonya. Kebeneran kepikiran buka usaha kuliner. Salah satu yang harus dipikirin itu kemasan makanan ya.

    BalasHapus
  45. Banyak kemudahan dan juga pastinya desiannya keren ya mba.. harga wise juga oke ya mba?

    BalasHapus
  46. Nah kadang itu ya Ji, produk yang dijual bagus ataupun enak, tapi kalau kemasannya malesin jadinya kayak kurang berkesan.
    Kudu perhatiin kemasan juga nih kalau punya usaha ntar. Bikin paper bag kece via uprint aja.

    BalasHapus
  47. Film kisah nyata yes mba The Billionare aku suka filmnya apalagi produknya juga suka cuman mahal wkwkwk...cus ah ntar buat kemasan joeragan es krim ke uprint

    BalasHapus