Explore the blog
Selasa, 16 Juni 2020

Review Drama Korea Hot Stove League

Bismillaahirrahmaanirrahiim.... 

Kamu suka olahraga? Cabang olahraga permainan apa? Punya klub favorit juga? 

Annyeong hasimnikka! Saya tuh sebenarnya bukan orang yang rajin olahraga. Kalau ditanya olahraga permainan, dulu saya suka nonton sepak bola. Klub favorit ada Manchester United. Kalau pemain, pilih Cristiano Ronaldo. Dia dulu di MU tapi sekarang di Juventus. Semua itu gara-gara Kakak Laki-laki saya, hahaha. Saya sampai pernah ikut tebak skor pertandingan bola dan dapat Jersey. Lucu banget kalau diingat. Btw, sekarang saya mau ngomongin bola juga tapi bola baseball di Hot Stove League

review drama korea genre sport stove league

Masuk tim dengan peringkat terbawah dalam liga baseball di akhir musim membuat Dreams waspada. Bukan hanya soal pertadingan tapi juga kelangsungan nasib tim mereka. Lee Se-Young, manajer operasi tim punya begitu banyak cinta untuk Dreams. Dia tidak pernah menyerah pada timnya. 


Karena alasan itu, pihak management merekrut manager tim umum yang baru. Dia adalah Baek Seung-Soo. Meski belum pernah bekerja dengan tim baseball, tapi dia sangat cerdas. Rekor semua tim olahraga yang ditanganinya adalah kemenangan. Hanya saja setelahnya, tim yang dipegangnya akan bubar. Lalu, apakah itu akan terjadi juga pada tim baseball Dreams? 


Drama: Hot Stove League
Revised romanization: Stove League
Hangul: 스토브리그
Director: Jung Dong-Yoon
Writer: Lee Shin-Hwa
Network: SBS
Episodes: 16
Release Date: December 13, 2019 - February 14, 2020
Runtime: Friday & Saturday 22:00
Language: Korean
Country: South Korea
Cast:
Namgung Min - Baek Seung-Soo
Park Eun-Bin - Lee Se-Young
Oh Jung-Se - Kwon Kyung-Min
Joe Byeong-Gyu - Han Jae-Hee
Son Jong-Hak - Ko Kang-Seon
Kim Do-Hyun - Yoo Kyung-Taek
Kim Soo-Jin - Im Mi-Sun
Park Jin-Woo - Byeon Chi-Hun
Song Min-Hyung - Seo Ki-Woong
Lee Joon-Hyuk - Go Se-Hyeok
Yoon Byung-Hee - Yang Won-Seob
Kim Ki-Moo - Jang Woo-Seok
Hong Ki-Joon - Jang Jin-Woo
Chae Jong-Hyeop - Yoo Min-Ho
Jo Han-Sun - Lim Dong-Gyu
Cha Yub - Seo Yeong-Ju
Kim Dong-Won - Kwak Han-Young
Kim Bong-Man - Kang Tae-Min
Jang Won-Hyung- Lee Yong-Jae
Lee Eol - Yoon Seong-Bok
Son Kwang-Eop - Choi Yong-Gu
Kim Min-Sang - Lee Cheol-Min
Seo Ho-Chul - Min Tae-Seong
Lee Dae-Yeon - GM Kim Jong-Mu
Ha Do-Kwon - Kang Du-Ki
Yoo In-Hyuk - Kim Kwan-Sik
Kim Kang-Min - Lee Chang-Kwon
Jeon Kuk-Hwan - Chairman Kwon Il-Do
Hong-In - Kwon Kyung-Joon
Song Young-Kyu - Oh Sa-Hun
Sojin - Kim Young-Chae
Kim Jung-Hwa - Yoo Jung-In
Yoon Sun-Woo - Baek Young-Soo
Yoon Bok-In - Jung Mi-Sook
Lee Kyu-Ho - Cheon Heung-Man
Lee Yong-Woo - Kil Chang-Joo
Lee So-Yoon - Kil Chang-Joo's wife
Moon Won-Ju - Kim Ki-Beom
Jung Young-Sook - Baek Seung-Soo's mother
Jeon Young-Woon - Baek Seung-Soo's father
Yong-Jin - Pelicans batting coach
Lee Je-Hoon - CEO of PF Company (ep.16)
Kim Kwang-Hyun - Moon Byeong-Do
Hwang Tae-Kwang - Ha Sung-Joo
Won Chun-Gyu - candidate for general manager
Kim Yeon-Seo - Lee Se-Young (child)
Oh Chae-Eun - host bar girl (ep.7-8)
Lee Tae-Hyeong
Shin Hee-Gook
Jung Jae-Kwon

Review Korean Drama Stove League


drama tentang klub baseball dreams

Setelah sedikit kecewa dengan Vagabond, saya sama sekali tidak terpikir untuk mengikuti drama penggantinya. Lalu ketika lihat-lihat di IG, ada info tentang Drama Stove League. Katanya sih seru. Bisa dibilang masih jarang juga drama yang mengangkat cerita olahraga atau malah baru pertama kali. Kalau film setahu saya sudah ada. Di Indonesia sendiri sebenarnya ada, tapi rata-rata bercerita tentang Sepak Bola. Kalau di China, ada e-sport drama seperti Gank Your Heart dan Go Go Squid.



Hot Stove League bercerita tentang tim bisbol profesional dan segala hal yang ada di belakangnya termasuk manajemen, pelatih, dan juga kepemilikannya. Tim yang diangkat bernama Dreams. Tim ini dapat peringkat terbawah di akhir musim. 


Dreams ini sebenarnya klub di bawah naungan Jaesong Company, perusahaan besar yang fokus pada alat berat. Karena jarang menang hingga defisit, oleh pemilik niatnya mau dibubarkan saja. Maka Kwon Kyung-Min, yang mengelola tim akhirnya merekrut Baek Seung-Soo karena rekor yang telah didapatkannya. Berhasil membuat tim menang, lalu bubar. Saya jadi teringat Jung Bok-Dong Pegasus Market yang mau bikin rugi. Asli kaget waktu tahu ini tujuan awal Pak Baek. 


Untuk mencetak kemenangan, Baek Seung-Soo melakukan banyak banget gebrakan yang sangat tidak didukung oleh manajemen dan lainnya. Pertama, jual Lim Dong-Gyu ke Vikings dan mengambil Kang Du-Ki. Ditentang dong karena Lim Dong-Gyu itu pemain terbaik dan satu-satunya penghasil uang (karena dapat iklan). 


Lalu Pak Baek juga pecat orang yang korupsi. Masih belum puas, Pak Baek nyari pemain dari luar negeri. Akhirnya dapat Robert Kil yang bernama asli Kil Chang-Joo padahal dia bukan tujuan pertama Pak Baek. Buat yakinin seorang Robert Kil juga tidak mudah karena pernah digunjing saat tidak mengikuti wamil dan pindah ke Amerika. Sampai di Korea, langsung deh jadi santapan Pemburu Berita. 


Lalu menggaji pemain sesuai dengan hasil pertandingan terakhir. Tentu ini jadi pertentangan sampai banyak pemain yang memilih tidak menandatangani kontrak karena gaji terlalu kecil. Baek Seung-Soo bahkan merelakan gajinya untuk para pemain. 


Masih banyak pertentangan, Baek Young-Soo adik dari Pak Baek melamar pekerjaan di Dreams. Atas semua yang dilakukan, akhirnya jadi banyak musuh. Baek Seung-Soo dipojokkan dan mendapatkan banyak sorotan termasuk tuduhan nepotisme atas diterimanya Young-Soo. Akan kah Pak Baek akan bertahan atau akhirnya dipecat? Lalu, bagaimana nasib Dreams?


Jujur saya itu kurang terlalu paham dengan permainan baseball. Zaman sekolah pernah diajari bermain Bisbol. Tapi saya lebih akrabnya dengan permainan bola kasti. Menonton Stove League benar-benar menjadi hal baru. Mendadak saya jatuh cinta dengan baseball

Salah satu adegan yang mengandung bawang

Alur ceritanya sangat tidak bisa ditebak. Jadi saya hanya menikmati saat-saat menonton drama tanpa perlu pusing mau dibawa ke mana tim Dreams ini. Ternyata saya bisa deg-degan, tersenyum, tertawa, sedih bahkan sampai menangis tersedu-sedu. 


Tidak apa-apa jika tidak kuat. Kita akan saling membantu 


Baek Seung-Soo, manager umum. Ketika melihatnya saya merasa sebagian jiwa Na Yi Je Doctor Prisoner ada dalam dirinya. Pak Baek ini orangnya santuy banget. Waktu dikejar preman suruhannya Lim Dong-Gyu, dia hanya nelepon temannya sampai bikin Lee Se-Young terheran-heran. Meski baru terjun di dunia bisbol dan banyak keraguan serta ejekan dari bawahannya, Baek Seung-Soo sangat cepat dalam mempelajari banyak hal. 


Yang bikin unik seorang Baek Seung-Soo adalah kebiasaan memotret makanan sebelum makan. Saya pikir dia influencer atau Blogger seperti Goo Dae Young Let's Eat. Ternyata bukan, hahaha. Lalu adegan waktu bersama anaknya Kil Chang-Joo, asli itu bikin saya mewek. Saya cuma mikir, ternyata Baek Seung-Soo yang santuy dan sekali ngomong kaya cabe, sebenarnya berhati sangat lembut. Dia berpikir untuk melindungi banyak orang. Tapi berakhir dengan ditinggalkan. Enggak ngerti deh saya harus memuji bagaimana lagi dengan akting Namgung Min ini. 


Lee Se-Young, satu-satunya wanita yang jadi manajer operasi tim. Se-Young punya cerita tersendiri hingga akhirnya dia bekerja di tim bisbol. Dia bukan orang yang menentang tapi juga bukan sepenuhnya mendukung Pak Baek. Apa pun akan dia lakukan demi bangkitnya Dreams. 



Se-Young ini sebenarnya orang yang sabar. Tapi suatu ketika bisa di luar dugaan seperti saat melempar gelas waktu bertemu pemain Seo Yeong-Ju. Pak Baek saja sampai melongo. Seingat saya, ini pertama kali melihat akting Park Eun-Bin. Jadi tidak ada komentar. 


Kwon Kyung-Min, dia yang mengelola tim Dreams dan masih keponakan dari pemilik Jaesong Company. Dia sebenarnya orang yang berbakat. Tapi dia hanya mengikuti perintah, menjual jiwanya demi pekerjaan. Awalnya tuh saya sebal sekali dengan Kwon Kyung-Min. Dari pendukung Pak Baek, lalu jadi musuh dan berakhir, ah begitu lah. Oh Jung-Se di sini karakternya lebih serius dibandingkan di drama Touch Your Heart dan When the Camellia Blooms.


Han Jae-Hee, dia ini pengikutnya Lee Se-Young. Dia anak orang kaya sampai dikatain Se-Young bahwa dia masuk karena koneksi. Padahal Jae-Hee memang suka bisbol dan dia belajar banyak hal. Joe Byeong-Gyu saat di SKY Castle dia jadi anak SMA. Di sini meski karakternya memang selengekan, tapi dia bermain dengan cukup baik. 


Baek Young-Soo, adik Pak Baek dan dia seorang disabilitas. Dulu dia pemain bisbol tapi mengalami cedera hingga lumpuh. Sehari-hari dia memakai kursi roda. Di tim Dreams, tugas Young-Soo itu menganalisa pertandingan. Dia juga sebenarnya penulis terkenal. Dan dari sini saya akhirnya mengerti beban apa yang Pak Baek rasakan. Yoon Sun-Woo pernah jadi dokter di Still 17 dan juga Tukang Mabuk di Liver or Die. Di drama ini karakternya lumayan percaya diri meski dengan kondisi seperti itu. 


Lim Dong-Gyu, pemain yang terkenal sombong. Dia tidak akrab dengan pemain lain sehingga saat dipindah ke Vikings dan Kang Du-Ki kembali, sebagian merasa ada kelegaan tersendiri. Ada cerita lain dari Lim Dong-Gyu dan Kang Du-Ki yang awalnya akrab lalu jadi seperti musuh. Saya juga enggak nyangka bahwa Dong-Gyu akan berakhir seperti itu. Sangat di luar prediksi. Dan sebenarnya masih banyak pemain lain dan kesemuanya sangat baik dalam memainkan perannya. Jika saya tulis, satu post ini tidak akan cukup.






Terlalu mudah memercayai seseorang itu tidak baik. Tetapi mencurigai setiap orang itu buruk 

ulasan drama korea hot stove league

Drama Korea Hot Stove League ini memberikan gambaran bahwa untuk mencapai kemenangan itu diperlukan tim yang solid. Mulai dari pencari bakat yang baik, pelatih yang kuat, pemain yang saling menghargai, juga dari manajemen baik yang menganalis pertandingan, merilis berita, hingga pencari sponsor. Meski ada Pemain Terbaik, tapi jika tak ada kerja sama tim, itu sama saja bohong. 




Tempat berlatih juga harus dipikirkan dengan matang termasuk kesehatan semua pemain baik fisik maupun mental. Kerjasama dan satu tujuan itu sebuah keharusan. Jika pemain sedang down entah karena kalah atau bermain kurang bagus, maka harus disemangati. Dan jadi atlet profesional juga wajib bersih. Jangan sampai terlibat dalam judi atau penyalahgunaan narkoba dan hal buruk lainnya jika tidak ingin karir hancur. Ada sanksi besar yang diterima jika melakukan itu. 


Dari semua hal yang saya tulis, jadi tahu kan alasan kenapa Stove League dapat penghargaan sebagai Drama Terbaik di 56th Baeksang Arts Awards? Saya pikir karena orisinalitas ceritanya yang unik, penulis dan sutradara yang hebat serta semua pemain yang luar biasa. Terima kasih karena sudah membuat drama yang indah ini. 


Ada kameo Lee Je-Hoon juga lho sebagai CEO of PF Company. Dan dia tidak hanya sekadar lewat tapi sampai beberapa adegan. Apa hubungannya dengan Dreams? Cari tahu sendiri ya! Serius, kalian tidak akan rugi jika nonton drama Hot Stove League ini. Dan kalau ada season 2, saya akan jadi yang terdepan untuk nonton, hehehe.

Saya percaya bahwa jika punya tekat, kita bisa melakukan hal yang kita inginkan


jatuh bangun klub baseball profesional bersama baek seung soo

Jadi kalian ada yang sudah nonton drama Stove League ini? Paling suka adegan mana? Saya suka semuanya, tapi sangat geli saat semua orang memberikan kejutan pada Pak Baek dan diakhiri dengan tiup lilin. Share pendapat kalian ya! Sampai jumpa. Happy blogging! 


Sumber gambar: AsianWiki & HanCinema

Whould you like to comment?

  1. Saya kalau lihat drakor, baper jika jalan ceritanya gak bisa ditebak. Penasaran pengen tahu endingnya, kerap menebak-nebak alur jadinya akan seperti apa/gimana.

    Btw, Ini qoute nya pas banget dengan situasi pandemi covid, dimana banyak masyarakat yang tredampak. Dengan legowo menerima bahwa Tidak apa-apa jika tidak kuat, kita akan saling membantu, bisa jd motivasi utk tetap semangat karena kita tidak sendirian.

    BalasHapus
  2. Yeaay ada Lee Je Hoon, hahaha kok malah seneng ada dia, baru nonton 1 eps, Nam Gong Min selalu suka sama akting dia, lanjut ah nontonnya setelah baca review Jiah

    BalasHapus
  3. kebayang nonton drakor bakalan banyak or malah ngga ya pas nanti kul di korsel (lagi persiapan nih lanjut kul)

    BalasHapus
  4. Cerita dengan latar tim olah raga mengingatkan saya sama filmnya Tom Cruise, Jerry Maguire. Bedanya di sini fokus ke perjalanan karier Jerry yang diperankan Tom sebagai pemain basket. Jatuh bangun cari sponsor dan bumbu asmara mengharukan dengan Renee Zellweger.
    Tapi aku lupa pesan moralnya, Ji. hehehe..

    BalasHapus
  5. Aku gatau kenapa kalo drama atau film berlatar olahraga aku tu gak suka. Tapi kalo yg main ganteng gini aku mau coba nonton

    BalasHapus
  6. Wakakak baek moto makanan apa dia influencer atau blogger, apa cuma pengin difoto ajah?

    Bisa jadi pilihan nih latarnya olahraga baseball, biasanya nemuinnya paling d Jepang pun mentok anime. Apa aku ajah yg kurang update XX

    BalasHapus
  7. Kabarnya, drama ini masuk Baeksang selain karena plot ceritanya yang gak biasa tapi juga karena tema dramanya yang memang disukai orang Korea.
    Olahraga fave mereka bisbol.

    Jadilah Camelia Blooms juga ikutan Baeksang, #eh ..
    Hhaha...masih kebawa euforia Baeksang.

    BalasHapus
  8. Aduh banyak drama terlewat nih, kayaknya seru si korea hot stove league ini, bisa jadi referensi buat minggu depan.

    BalasHapus