Explore the blog
Selasa, 17 Desember 2019

Review Drama Korea Pegasus Market

Bismillaahirrahmaanirahiim....

Kamu suka ke pasar? Paling sering belanja apa di sana?

Annyeong hasimnikka! Kalau ditanya suka ke pasar, saya jawab ya. Tinggal di desa sih, jadi ya lumayan akrab sama pasar tradisional. Bisa banyak interaksi dan pastinya lumayan kalau dapat harga murah, hehehe.


Di suatu hari tanpa sengaja, Jung Bok Dong yang adalah seorang eksekutif di Cheonrima Group diturunkan jabatannya jadi CEO di Cheonrima Mart. Karena itu, Jung Bok Dong ingin menghancurkan Cheonrima Mart demi balas dendam pada perusahaan induk atas penurunan pangkatnya karena Pegasus Market punya arti besar untuk Pimpinan Daema Grup.


Di sisi lain, ada Moon Suk Goo yang adalah Manager Pasar Pegasus. Di Cheonrima Mart, tak banyak pelanggan dan suram. Pegawai lain sebelum Suk Goo juga tidak ada yang bertahan lama bekerja di sana. Sejak Jung Bok Dong datang, Suk Goo kini punya harapan baru. Masalahnya, dia tidak tahu bahwa Jung Bok Dong ingin menghancurkan Cheonrima Mart dengan cara-cara tak terduga termasuk dengan merekrut pegawai sesuka hatinya. Bagaimana kisah di Pegasus Market selanjutnya?


Drama: Pegasus Market/Cheap Cheonrima Mart
Revised romanization: Ssabnida Cheonrimamateu
Hangul: 쌉니다 천리마마트Director: Baek Seung-Ryong
Writer: Kim Kyu-Sam (webcomic)
Network: tvN
Episodes: 12
Release Date: September 20 - December 6, 2019
Runtime: Friday 23:00
Language: Korean
Country: South Korea
Cast:
Kim Byung-Chul as Jung Bok-Dong
Lee Dong-Hwi as Moon Suk-Goo
Jung Hye-Sung as Jo Mi-Ran
Jung Min-Sung as Choi Il-Nam
Kang Hong-Suk as Oh In-Bae
Kim Ho-Young as Jo Min-Dal
Choi Kwang-Je as Bbayajok Jokjang Pielleggu
Kim Gyu-Ri as Ko Min-Joo
Lee Soon-Jae as Kim Dae-Ma
Park Ho-San as Kwon Young-Goo
Lee Gyu-Hyun as Kim Gab
Bae Jae-Won as Park Il-Woong
Yeon Woo - Kwon Ji-Na
Lee Eung Kyung as Moon Seok Goo's mother
Uhm Tae Yoon as Chi'e
Han Tae Jin as Staff at Pegasus Market
Lee Jae Won as Staff at Pegasus Market
Gil Sang Woo as Staff at Pegasus Market
Jo Seung Hee as Jo Min Dal's wife
Woo Hyun as Kim Chi Ah [Assemblyman]
Kim Yeon Ja
Lee Eugene as Jung Sang Tae [Jung Bok Dong's son]
Kim Jae Hwa as Jung Bok Dong's wife Yoon Hee Seok as Mi Joo's father
Lee Seo Yi as Min Joo's mother
Choi Dae Sung as Owner of Korean Muk factory
Jung Young Joo as Rude Customer at Pegasus Market
Ok Joo Ri as Customer at Pegasus Market
Lee Won Jae as Oh Cheol Soo
Jung In Kyum as Kwon Sung Gun [President of Hydra Market]
Choi Ro Woon as Gab [Young]
Park Seul Ki
Kim Ki Cheon
Im Jae Geun as Oh In Bae's boss
Lee Seon Kyu
Park Ya Sung
Jeon Eun Mi
Ah Yeon

Review Korean Drama Cheap Cheonrima Mart


Gila! Nonton Pegasus Market itu bikin kita ikutan tidak waras. Sejak cuplikan drama ini muncul, saya memang cukup antusias untuk menontonnya secara ongoing. Sayangnya, ternyata drama ini hanya satu episode seminggu sekali. Total ada 12 episode. Bayangin deh! 3 bulan nonton dan nunggu subtitle Bahasa Indonesianya yang kalau enggak hari Selasa ya Rabu baru muncul. Kesel! Tahun lalu saya mengikuti drama seminggu sekali dengan judul Twelve Nights dan Dae Jang Geum is Watching.

Pegasus Market drama berdasarkan webcomic Ssabnida Cheonrimamateu oleh Kim Kyu Sam yang diterbitkan dari 5 Juli 2011 sampai 24 Oktober 2013 di https://series.naver.com. Menceritakan tentang Moon Suk Goo Manager dan Jung Bok Dong CEO di Cheonrima Mart. Jika Suk Goo ingin memajukan pasar agar bisa naik jabatan dan jadi pegawai di kantor pusat Daema, maka Jung Bok Dong ini ingin menghancurkan Daema Grup lewat Pegasus Market. Banyak hal yang dilakukan seperti:

  • Merekrut pegawai-pegawai aneh. Ada Suku Bbaya, Penyanyi Rock, Supir Taksi, Preman, anak-anak, bahkan hantu juga dibayar. Tak lupa mencari pegawai paruh waktu untuk melakukan hal-hal yang kurang penting

  • Membuat konsep aneh di pasar, seperti seragam kerajaan atau kasir zaman dulu bahkan muka dengan hiasan bunga
  • Membuat pintu putar agar bisa masuk pasar
  • Membuat acara mingguan yang setengah kacau
  • Menjual makanan-makanan aneh
  • Membuat Pojok Game sampai anak-anak bolos sekolah demi main di Pegasus Market

  • Membuat penilaian pada pegawai dan memberi hadiah mobil

Dan banyak lagi kekacauan yang dibuat Jung Bok Dong yang membuat Moon Suk Goo sakit kepala. Padahal ide-ide datang dari Managernya yang dieksekusi oleh CEO. Di Pegasus Market, dilarang pelit dengan anggaran. Anehnya, tiap keputusan absurd Jung Bok Dong malah menguntungkan Pegasus Market. Contohnya waktu Moon Suk Goo meminta para pegawai membuat nama Internasional. Lucunya, mereka memakai nama-mana aneh bahkan nama artis Korea. Ada Park Bo Gum, Jung Hae In, Cha Eun Woo, Yeo Jin Goo, bahkan IU. Jung Bok Dong sendiri memakai nama Abdul Hasan. Habis itu malah ada Orang Arab yang mau investasi di Pegasus. Masuk tajuk berita utama deh!


Hal aneh lain waktu perayaan Halloween. Moon Suk Goo gaya-gayaan pakai kostum hantu Barat. Eh tahunya Jung Bok Dong minta pakai tema hantu Korea. Jadi ramai deh karena dia salah kostum sendiri, hahaha.


Gara-gara semua keuntungan yang didapat, Kwon Young Goo yang adalah saingan Jung Bok Dong di Daema merasa kepanasan. Dia mengirim orang-orang untuk jadi mata-mata bahkan Moon Suk Goo juga dipepet. Sayangnya, itu Manager tidak bisa memilih dikubu mana. Semua yang masuk di Pegasus yang awalnya normal, maka dia akan berubah secara drastis. Sampai-sampai, Pak Kwon ini ngajakin Kim Gab buat ngancurin Jung Bok Dong dan Pegasus.


Kenapa sih mereka mau banget Pegasus rusak? Apa ada rahasia tersembunyi di sana? Emas dan berlian kah? Rahasia ya! Tonton sendiri deh karena dijamin tidak akan kecewa!


Nonton Cheap Cheonrima Mart memang hiburan banget meski harus nunggu seminggu. Akting Kim Byung Chul sebagai Jung Bok Dong tidak diragukan. Saya memang sudah ada hati sama Ahjussi satu ini setelah dia main di SKY Castle dengan Piramidanya dan Doctor Prisoner dengan kelicikannya. Lalu Lee Dong Hwi sebagai Moon Suk Goo, ini pertama kali saya melihatnya sebagai pemeran utama. Lihat dia di film Extreme Job lalu peran pembantu di Designated Survivor: 60 Days juga. Pemain lain, ada Kim Gyu Ri yang jadi Ko Min Joo. Dia pernah meranin Jang Man Wol kecil Hotel Del Luna. Lalu ada Kang Hong Suk sebagai Oh In Bae yang pernah bikin saya gregetan waktu main di What's Wrong With Secretary Kim. Pemain lain, tidak ada komentar.


Meski Cheonrima Mart dianggap pasar kecil dan tidak penting, tapi bagi para pegawainya, Pegasus Market adalah Rumah. Jung Bok Dong sendiri berperinsip bahwa Karyawan adalah Raja, bukan pelanggan. Makanya waktu ada pelanggan yang protes soal harga di Pasar Pegasus yang mahal, Pak CEO santai banget menghadapinya. Katanya, kalau mau beli yang murah ya jangan ke Pegasus. Pasar ini tidak butuh pelanggan yang kaya gitu (suka protes). Jung Bok Dong juga bilang kalau harga Pegasus murah, maka akan berimbas pada gaji karyawan yang rendah. Kalau nanti ada apa-apa, siapa yang mau tanggung jawab coba?


Seperti Moon Suk Goo, saya juga mikir dong kenapa Jung Bok Dong seperti orang tidak waras. Sampai ada Psikiater yang datang karena dikira dia depresi. Eh ternyata Jung Bok Dong ini seneng banget bisa seenak udelnya di Pegasus Market. Dia tidak tertekan seperti saat di Daema Grup. Makanya ketika Pimpinan minta dia kembali dengan syarat menghilangkan Pasar, dia galau setengah mati. Lalu siapa yang akan menolong Cheonrima Mart?


Meski absurd, nonton Pegasus Market itu hiburan tersendiri. Ada banyak kisah lain yang diceritakan termasuk suku Bbaya yang setia. Hampir semua kisah mereka bikin kita, ah ternyata begitu. Ada sisi lain yang membuat kita terenyuh dan pastinya tertawa.


Jika kamu lelah banget sama hidup, tonton saja Pegasus Market! Atau, kalian sudah menontonnya juga? Paling suka sama siapa hayo? Jangan lupa share ya! Sampai jumpa. Happy blogging!

Sumber gambar:
Asiawiki & Hancinema

Whould you like to comment?

  1. Wah bagus nih Mbak sepertinya drama yang satu ini. Genre komedi nih ya Mbak

    BalasHapus
  2. Jadi, pingin nih Mbak saya lihat drama korea yang satu ini. Soalnya lucu hihi

    BalasHapus
  3. Hahaha masa iya nih di tempat umum, pasar menggunakan hiasan bunga di kepala hihi

    BalasHapus
  4. Menarik sekali nih drama korea pegasus ini. Selain seru pasti juga bisa ngilangin stres ya hihi

    BalasHapus
  5. Keren banget nih Mbak drama yang sau ini. Apalagi ini drama korean komedi ya hihi

    BalasHapus
  6. aku pertama terpikat sama lee dong hwi di reply 88. sama pake kacamata n cupu juga. kalo di extreme job dia tampil beda krna pake kumis. seneng banget liat dia dapet peran utama.

    drama ini selalu kutunggu tiap minggu krna bikin ngakak terus. kec eps yg nyritain ttg ibunya moon suk goo tuh sedih bgt.

    walo minim romance tapi aku suka karna tiap episode kasusnya beda2. semua pemainnya jg aktingnya bagus. jempol buat pak kim byung chul yg aktingnya selalu daebak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku belum nonton Reply 88, tapi setuju bahwa semua pemain di sini keren meski peran kecil, kaya anak2 yang bikin rusuh PM. Gak rugi nungguin tiap minggu

      Hapus