Explore the blog
Kamis, 16 April 2020

Review Drama China Fairyland Lovers

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Kalau bertemu dengan Dokter, kamu maunya Dokter apa? 

Nǐ hǎo! Kalau bisa memilih, karena saya bukan petugas medis dan biar pun dokternya ganteng, saya akan memilih punya badan sehat. Enggak usah lah ketemu dokter kalau buat periksa penyakit. Kalau konsultasi, masih boleh lah. Pada bingung saya ngomong apa? Saya mau review drama China dan karakter utamanya itu Dokter Roh.



Bai Qi adalah dokter spiritual yang sudah melakukan perjalanan keliling dunia dan telah hidup begitu lama. Dia mengobati pasien Manusia yang punya obsesi hingga hampir menjadi Roh Jahat. Dengan bantuan kekuatan Tao Yuan Xiang, dia pun berhasil membantu banyak orang melepaskan obsesi. Cara membayarnya yaitu dengan benda yang paling berharga untuk mereka.


Suatu ketika tanpa sengaja dia bertemu dengan seorang gadis manusia bernama Lin Xia. Dia terlibat bersama Roh Jahat dan Bai Qi coba membantunya. Tadinya Bai Qi tidak ingin berhubungan lagi. Tapi pohon Tao Yuan Xiang terus mengikuti Lin Xia bahkan tumbuh dengan baik. Lin Xia sendiri adalah aktris figuran yang rela bekerja apa saja demi bertahan hidup. Mereka pun akhirnya membuat perjanjian di mana Lin Xia harus merawat pohon Tao Yuan Xiang dan Bai Qi tinggal di lantai bawah rumah Lin Xia untuk mengawasi dan menjadikannya Klinik.


Lambat laun, Bai Qi menyadari bahwa dia mulai menyukai Lin Xia. Masalahnya, Bai Qi sendiri adalah roh yang bisa saja menjadi jahat bahkan melukai Lin Xia juga dirinya sendiri. Lalu bagaimanakah hubungan mereka selanjutnya? Sebenarnya dari mana asal muasal kekuatan tersebut?


Title: Fairyland Lovers
Chinese Title: 蓬莱间/Peng Lai Jian
Broadcast Website: Tencent
Broadcast Date: January 6, 2020
Air Time: Monday-Wednesday 20:00 (2 eps)
Genre: Fantasy, Modern, Romance
Language: Mandarin
Episodes: 35
Director: Wang Yiding
Screenwriter: Lu Han
Production Company: Tencent Penguin Pictures, Smart Dragon Media
Producer: Li Eryun, Liu Miaomiao
Origin: China
Cast:
Bai Yu as Bai Qi
Zheng Qiuhong as Lin Xia
Ji Xiaobing as Yang Ji
Estelle Chen Yihan as Xiao Xiao
Li Mingde as A Li
Jeremy Jones Xu as Chen Zui
Xuan Lu as Ling Long
Ma Mengwei as Lu Yulan
Yu Xinhe as Zi Xian
Jiang Lin as Mu Mei
Xu Weiluo as A Xiu
A Liya as Ai Lin/Hai Tang 


Review Chinese Drama Peng Lai Jian



Sebenarnya saya lihat poster Fairyland Lovers ini sudah lama. Memang ingin sekali nonton apalagi ada Johnny Bai sebagai pemeran utama. Sayangnya awal tahun saya sudah mengikuti drama China Love The Way You Are dan Please Love Me serta drama Korea lainnya. Makanya saya tunda dulu. Kemarin karena bosen ngedrakor dan dorama Love Lasts Forever juga tamat, saya akhirnya pilih Peng Lai Jian sebagai selingan buat ningkatin mood apalagi drama China yang saya ikuti belum update subtitle Indonesianya.


Kalau dilihat dari poster Fairyland Lovers dan garis cerita awal pasti langsung terpikir, ah ini Goblin banget. Saya sampai tanya-tanya di grup sama Mbak-Mbak yang sudah nonton drama Korea tersebut. Saya nonton tapi hanya sekilas. Jadi kurang paham detailnya bagaimana. Setelah paham, akhirnya saya bisa bilang bahwa Fairyland Lovers bukan remake dari Goblin tapi malah lebih condong ke Hotel Del Luna. Mari cek fakta!



Fairyland Lovers ini diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya dari Lu Han dan dirilis pada November 2015. Untuk proses syutingnya sendiri berlokasi di Nanjing ibu kota provinsi Jiangsu di Republik Rakyat Tiongkok dan jadi salah satu kota kuno tapi juga modern dan megah. Meski baru tayang di awal 2020, ini drama pra-produksi yang dibuat dari 15 Maret 2019 hingga 14 Juni 2019. Jadi fix ini original China, bukan adaptasi Goblin atau Hotel Del Luna meski memiliki kesamaan dalam beberapa hal.



Fairyland Lovers ini drama romance fantasi. Ceritanya di galaksi yang lain ada sebuah planet bernama Peng Lai. Bisa dikatakan orang di sana itu sakti karena bisa mengontrol kekuatan sehingga bisa hidup lama dan awet muda. Suatu ketika, entah mereka mau traveling atau ke mana, pesawat yang mereka tumpangi ini jatuh ke bumi (Malah teringat Vagabond). Saking dahsyatnya kekuatan Peng Lai, serpihan pesawat tersebut juga punya kekuatan dalam bentuk giok dan tersebar di seluruh dunia. Masalahnya jika ada manusia yang dapat serpihan itu dan punya tekad kuat tentang duniawi, maka dia bisa menjadi Roh Jahat. Sementara itu, orang-orang yang selamat akhirnya jadi Prajurit Langit dan membasmi Roh Jahat tersebut.


Bai Qi adalah Roh Jahat yang membunuh siapapun tanpa ampun. Suatu ketika dia bertemu Prajurit Langit Xiao Zhou dan jatuh cinta padahal seharusnya itu tidak boleh terjadi. Kenapa? Sebab kekuatan Peng Lai akan mengikis jika pemegangnya jatuh cinta. Ya elah kasian amat. Dikasih kekuatan tapi enggak boleh atau salah jatuh cinta kaya drama Angel's Last Mission: Love, Evergreen, juga Witch's Love. Karena ada penyerangan, oleh Prajurit Langit akhirnya Bai Qi diselamatkan dengan gelang Peng Lai, penghapusan ingatan dan diberi bibit Tao Yuan Xiang hingga akhirnya jadi Dokter Spiritual.




Pengobatan versi Dokter Spiritual Bai Qi ini unik. Dia akan memakai dupa lalu masuk ke alam bawah sadar pasiennya hingga membantu mereka melepaskan tekadnya. Jika berhasil, mereka akan normal dan kembali hidup sebagai manusia biasa. Jika tidak, maka akan jadi Roh Jahat dan dimusnahkan. Untuk membayar Bai Qi yaitu dengan barang yang terpengaruh Peng Lain dan wujudnya dalam berbagai bentuk. Ada yang berupa giok, anting-anting, pena lukis, bahkan pisau untuk memasak. Oleh Bai Qi, energinya nanti diserap kembali.


Semenjak kenal Lin Xia, saat proses pengobatan maka gadis itu akan ikut Bai Qi. Kadang dia bersikap konyol tapi lebih banyak membantu. Mereka akan berpayung hitam di alam mimpi atau ilusi pasien. Jika keluar dari payung, maka roh di sana akan mengejarnya. Daun Tao Yuan Xiang sendiri fungsinya untuk menolong manusia yang sudah melepas tekadnya. Biasanya tubuh mereka akan lebih lemah apalagi saat jatuh cinta. Jadi semacam obat gitu lah. Lalu kenapa Tao Yuan Xiang memilih Lin Xia? Ternyata sih ada hubungan di masa lalu yang tersembunyi.



Selain Lin Xia yang bikin pusing Bai Qi, ada Prajurit Langit yang baru bangun setelah hibernasi namanya Yang Ji. Awal-awalnya dia sok jadi pahlawan dengan memusnahkan Roh Jahat yang dia temui. Waktu Bai Qi sedang proses pengobatan, Yang Ji ini ikut merecoki. Akhirnya dia dimarahi Lin Xia. Setelah saling perang, mereka malah berteman.



Di dunia Peng Lai, bibit Tao Yuan Xiang sendiri hanya ada dua. Jika mereka bersatu, maka energi Peng Lai akan terserap dan jalan untuk kembali ke planet mereka akan terbuka. Satunya dirawat Bai Qi dan satunya menjadi misteri. Kekuatan Peng Lai ini jadi buruan seseorang. Nah siapa coba penjahatnya? Sebenarnya saya sudah menebak sih. Cuma alasannya saja yang akhirnya diketahui belakangan.


Saya bukan penggemar drama fantasi. Tapi kata saya, Peng Lai Jian ini lumayan lah buat ditonton. Dan karena Kekasih Negeri Dongeng, jadi enggak perlu protes kalau ada hal yang di luar nalar kita. Secara keseluruhan, masih tetap masuk akal sih apalagi soal pengobatan Bai Qi. Pakai ribet dengan kata Dokter Spiritual. Padahal lebih gampang dibilang Dukun, hahaha. Seperti drama yang sudah hidup lama, Bai Qi ini kaya, punya hotel, bisnisnya banyak. Ketemu My Amazing Boyfriend ya masih nyambung lah!



Untuk kisah cintanya, naik turun banget sih. Awalnya Bai Qi takut akan jadi Roh Jahat jika terus bersama Lin Xia hingga akhirnya memutuskan hubungan mereka. Ketika Bai Qi melakukan penguncian pada Roh Jahat dalam dirinya, eh kalah dan terbangunlah itu Roh. Lucunya Roh itu mau balas Lin Xia, tapi belum mampu karena raganya masih lemah. Jadilah another Bai Qi ini kembali mengejar Lin Xia. Lin Xia sendiri pas tahu bahwa yang bangun dan dilihatnya adalah another Bai Qi, dia pun mati-matian dan coba banyak hal untuk menolong mantan pacarnya yang tertahan di alam bawah sadar.


Jika di My Holo Love Yoon Hyun-Min jadi Nan Do yang dingin dan Holo yang hangat, maka Bai Yu jadi Bai Qi yang tsundere dan enggak pengalaman macam Han Shang Yan Go Go Squid dan Hei Qi yang lebih ceplas-ceplos dan galak. Dalam situasi yang genting, akhirnya mereka bersatu. Hayo situasi apa tuh? Kisah mereka tuh antara bikin baper tapi kadang lelah sendiri karena tolong menolong yang enggak berkesudahan.


Kisah cinta yang lain itu ada Yang Ji, Prajurit Langit dan Xiao Xiao artis terkenal, kaya raya yang punya masalah jantung. Yang Ji yang masih beradaptasi jadi manusia ini polos bin dodol. Dia bertemu Xiao Xiao hingga akhirnya bekerja sebagai pengawal gadis tersebut. Karena kepolosan Yang Ji, dia tuh enggak paham kalau Xiao Xiao itu naksir dia. Lucu karena akhirnya mereka jadi sering salah paham. Dibilangin kalau enggak nelefon balik maka enggak usah berangkat kerja, eh Yang Ji iyain dan bolos kerja. Gemes!



Alasan utama saya betah nonton Fairyland Lovers memang karena adanya Bai Yu atau Johnny Bai. Sejak awal kemunculannya di drama Love O2O, dia cukup menarik perhatiannya saya. Lalu di One Smile is Very Alluring, dia jadi satu-satunya pemain yang ada baik di film atau dramanya. Penampilannya di Drama Peng Lai Jian ini punya aura yang berbeda. Rambut hitam terus kumis dan janggut tipis. Di dramanya yang lain dia juga pakai gaya itu sih. Cuma saya belum nonton. Jadi ingin bawa pulang Masnya, hahaha.



Untuk pemain lain, enggak banyak komentar karena muka-mukanya baru pertama kali saya lihat. Ada sih Ma Mengwei pemeran Koki Lu Yulan. Kisah dia sama Chen Zui juga bikin gemas karena dari benci ke cinta. Apalagi ada saat-saatnya Chen Zui bantu Lin Xia bikin cemburu Bai Qi. Dari situ akhirnya mereka jadian.


Em, apalagi ya? Intinya sih namanya manusia itu sangat wajar jika memiliki keinginan dan tekad untuk mewujudkannya. Yang salah adalah jika keinginan itu menguasai dan akhirnya menjadikanmu jahat karena menghalalkan berbagai macam cara. Setiap orang juga punya sisi lain dalam dirinya. Dan kita wajib berdamai dengan diri sendiri agar jauh lebih bahagia.


Bagi kalian pecinta drama fantasi romantis, boleh lah nonton Fairyland Lovers ini meski episodenya lumayan juga sampai 35. Sekitar 40-50 menit tiap episode. Atau ada yang sudah nonton juga? Share pendapat kalian ya! Jika belum, kalian bisa lihat di YouTube atau aplikasi WeTV Indonesia (Hanya info, bukan dibayar buat promosi, xixixi). Sampai jumpa. Happy blogging! 

 

Sumber gambar:
www.chinesedrama.info
www.cdramalove.com
https://m.weibo.cn/

Whould you like to comment?

  1. Komen tentang filmnya dulu .... imajinasi pembuatnya luar biasa ya. Melibatkan "roh jahat" dan galaksi lain.


    Terus mau komen di paragraf awal ... Duhduh Jiah, jangan bilang gak mau ketemu dokter dong. Mau saja, tapi dalam keadaan sehat dan dokter itu jodohmu. Begitu. :D

    BalasHapus
  2. Aku juga gak semua drama fantasy suka, harus pilih-pilih yang sreg di hati :-D Aku juga maulah Jiah kalau ke dokter ganteng tapi gak mau sakit. Baiklah nontonya di aplikasi WeTV ya siapa tau habis ini Jiah diendorse :)

    BalasHapus
  3. Wah kayaknya itu udah lamaaaaaaaa banget aku ga nonton drama cina mba. Soalnya lagi seneng ama drama korea. Ngomong-ngomong ide cerita drama korea cina yang judul ini itu unik ya. Biasanya kan dokter itu berhubungan dengan kesehatan fisik. Tapi ini spritual ya. Unik ceritanya

    BalasHapus
  4. Seruuu banget nih jalan ceritanya
    Drama China ga kalah dgn Drakor dan Dorama Jepang ya
    Keren banget

    BalasHapus
  5. Uwaaaa... iyaaa.. kaya Hotel De Luna..
    Apalagi yang diganti sama benda2 itu.
    Tapi ceritanya khas legenda China ya. Cerita roh-roh yang berhubungan sama dunia manusia. Dr jaman aku kecil dulu, ya mirip2 gitu ide ceritanya.

    Btw, aku belum bisa move on dari dorama Love Last Forever.. huhuhu.. bagus bgt ini

    BalasHapus
  6. Wah udah drakor dan dorama sekarang nonton drama china ya Jiah. Di rumah yang suka nonton drama china itu anakku yang no 3.
    Btw aku juga males ketemu dokter, eh lebih tepatnya 'takut' hahaha, penginnya sehat2 aja biar nggak usah ke dokter :D

    BalasHapus
  7. Saya malah bingung kalau ketemu dokternya ganteng gini. Khawatir salah ngomong hahhaa

    BalasHapus
  8. Drama Cina tuh menurutku juga banyak yang bagus karena aku nonton beberapa drama Cina. Yang aku tonton tuh Cinderella Chef, My Girl Friends is an Alien, Meteor Garden versi China, Well Intended Love, dan No Secret.

    BalasHapus
  9. Saya masih terkungkung di drama Korea. Kecuali cerita sejarah, belum sekalipun nonton drama percintaan China. Cerita dokter yang hidup lama dan berhubungan dengan roh-roh ini, seperinya menarik. Kalau ada di Netflix nanti mau nonton ah

    BalasHapus
  10. mba, kamu kalo nonton serial drama china seperti ini dari aplikasi apa? aku masih berkutat sama drama korea hahaha itupun pilih cerita hahaha

    BalasHapus
  11. Aiih film ini juga sering muncul terus kalau pas lagi ngecek ke We TV tapi karena anak saya suka ngomel jadi sementara waktu off dulu meskipun banyak waktu haha.

    BalasHapus
  12. endingnya gimana, Mba Jiah? hepi endingatau gantung kayak goblin? Kalau serupa goblin kan gantung. Males banget deh liatnya. Pengen banget nih nonton ini sambil ngg drama dek minho tayang.

    BalasHapus
  13. kayaknya pas bangeet nih untuk jadi tpntonan selama kita harus stay at home yaaa mba..enjoooy

    BalasHapus
  14. Uwaaa panjang banget review-nya mbak. Meski tak suka drakor, penasaran juga pengen nonton...:(

    BalasHapus
  15. Saya ini bukan penggemar drama-drama seri panjang begini. Takut nggak bosa nahan terus kecanduan ahahaha. Tapi thanks sudah berbagi review mbak...

    BalasHapus
  16. Aku jarang nonton film Korea tapi ceritanya ini seru banget ya mbak kayaknya aku liatnya kayaknya seru banget

    BalasHapus
  17. Jarang Juga sih Aku nonton drama china ini mba jd pnasaran sama alur n ending ya FAIRYLAND LOVERS ini

    BalasHapus
  18. Aku suka dengan pesan moralnya: namanya manusia wajar jika memiliki keinginan dan tekad untuk mewujudkannya. Tapi jika keinginan itu menguasai dan akhirnya menjadikan kita jahat dan membuat kita menghalalkan berbagai macam cara ya enggak bagus lagi.Hmm..bener banget ini!

    BalasHapus
  19. Belum pernah nontonnn. Tapi ini seru juga ya.bedanya ama china dan korea beda tipis yaaa. Semirip semuanyaaa

    BalasHapus
  20. Aku nonton drama Korea aja belum lulus, lha ternyata drama China juga menarik kayak begini.Menarik juga kisahnya. Pemainnya juga kece punya. jadi ingat jaman Pai Su Chen, hahaha

    BalasHapus
  21. Pertanyaan di awal aku maunya ketemu dokter spesialis kulit buat perawatan kuliiitt hehe gak mau sakit aamiin.
    Udah kudugong ini drama fantasi hehe, soalnya kok dokter sampai masuk2 ke alam bawah sadar gtu hehe.
    Ahaha dukun ganteng ya mbak :D

    BalasHapus
  22. wah penasaran, belum pernah nonton drama China dan aku lagi ngerem buat nonton huhu... lagi fokus tugas anak-anak belajar.

    BalasHapus
  23. Wah aku belum pernah nih nonton drama China. Sekalinya nonton Meteor Garden agak puyeng sama bahasanya. Mungkin karena sudah terbiasa dengerin bahasa Korea kali ya. Haha. Tapi dari reviewnya Fairyland Lovers seru juga, nih.

    BalasHapus
  24. Wah wah bisa nambah nih koleksi dan list film drakor yang wajib ditonton ulasannya lengkap sekali makasih yo

    BalasHapus
  25. aku sulit bedain drama korea, china or jepang, tapi selama ceritanya bagus nggak masalah drama apa, btw kalau dokternya ganteng bikin salting juga yaa

    BalasHapus

Tinggalkan jejakmu di sini, Teman