Explore the blog
Sabtu, 18 April 2020

Punya Kuku Panjang, Kenapa Tidak?

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Kamu suka manjangin kuku? Sudah berapa kali ngedrama karena kuku? Pernah kena jamur kuku? 

Selain rambut dan wajah, bagi wanita itu ada bagian tubuh luar yang butuh perawatan yaitu kuku. Kuku adalah bagian tubuh yang terdapat di ujung jari yang berfungsi melindungi ujung jari yang lembut dan penuh urat saraf, serta mempertinggi daya sentuh. Perlu dicatat bahwa Kuku itu bagian dari tulang bukan protein (Wikipedia


Wanita sering kali meluangkan waktunya untuk memanjakan kuku dan jari-jari. Ada yang hanya sekadar membersihkan atau menghiasnya dengan berbagai macam cat. Bahkan pernah ada lho yang ditempeli berlian. Wagelasih baget! Jadi teringat drama China Please Love Me yang tokohnya adalah Manicurist.

jamur kuku
Freepik

Saya sendiri punya kuku tangan dengan tipe yang panjang dan sesekali memanjangkan kuku dan mewarnainya juga. Enggak ada alasan khusus karena menurut saya kuku tangan bisa terlihat cantik. Tapi kadang-kadang orang lain memandang sebelah mata karena kuku panjang ini. 

Kuku panjang dan tangan halus itu identik dengan Pemalas. Secara logika, pastinya tangan pemiliknya tidak pernah kerja kasar. Kata saya sih sebagian benar sebagian tidak. Saya memang tidak pernah kerja kasar katakanlah bertani dan sejenisnya. Tapi saya masih mencuci piring juga baju pakai tangan yang berkuku panjang ini. 

Punya kuku panjang juga harus bersiap untuk tidak ngedrama saat kuku sobek atau patah. Saya sebenarnya biasa saja jika mengalami itu. Yang bikin drama adalah saat sobeknya nyaris ke daging. Jadi kalau sadar, langsung potong kuku agar tidak berdarah. 

Pekerjaan rumah lain dari punya kuku panjang adalah harus rajin membersihkan kuku agar tidak ada kotoran dan jamur. Kotoran kalau tidak bermain tanah mungkin masih aman. Tapi jamur kuku, apa itu? 

Yuk Kenali Apa Itu Jamur Kuku 


Jadi jamur kuku adalah Infeksi jamur yang terjadi pada kuku. Biasanya disebabkan oleh jamur Tinea unguium atau lebih dikenal dengan Onychomiosis. Gejalanya sendiri antara lain: 

Freepik

  • Kuku terlihat lebih tebal dibanding kuku normal
  • Warna kuku jadi kuning disertai bercak putih yang ukurannya membesar
  • Tekstur kuku jadi kering, rapuh dan mudah patah
  • Infeksi kulit di sekitar kuku yang menyebabkan kulit di sekitar kuku tampak kering dan pecah-pecah 

Orang yang rentan kena infeksi jamur kuku antara lain: 

  • Orang yang punya riwayat infeksi jamur kuku dari anggota keluarga lain
  • Pengidap penyakit peripheral cascular yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah
  • Wanita lansia yang kekurangan kadar hormon estrogen
  • Pengidap diabetes
  • Para perokok
  • Wanita yang memakai kuku artifisial dari akrilik 

Saya sendiri pernah lho kena infeksi jamur kuku pada kaki! 


Saya lupa-lupa ingat, tapi waktu itu saya pernah potong jempol kuku dan sampai ke daging. Biasa, di bagian pojok kuku itu kan agak susah buat ambil kotorannya. Awalnya saya pikir biasa dan akan sembuh seiring berjalannya waktu. Tapi ternyata tambah sakit. 

Setelah beberapa hari sakit, ternyata ada perubahan pada kuku yaitu menguning. Awalnya sedikit demi sedikit. Sakit? Pastinya. Sampai keluar nanah. Sebenarnya saya pernah mengalami itu pada jempol tangan tapi karena jatuh dari motor dan di dalam kuku itu berdarah. Rasanya ya 11-12 deh. 

Setelah proses nanah ini, perlahan mulai mengering dan kuku hampir copot. Karena tidak berani nyopot sendiri, akhirnya saya potong sedikit demi sedikit. Waktu awal tumbuh, asli jelek. Tapi setelah memanjang, mulai deh kembali cantik. 

Biar tidak kena jamur kuku, kita baiknya melakukan ini: 

  • Cuci kaki dan tangan secara teratur. Ini wajib agar selalu bersih
  • Gunting kuku secara teratur
  • Jaga kuku agar tidak lembab misalnya pakai sepatu yang agak longgar bukan yang ngepas banget
  • Kalau Manicure dan Pedicure, pastikan alatnya bersih ya 

Kalau kamu kena infeksi jamur seperti yang pernah saya alami tapi tidak berani mengatasi sendiri, kalian bisa ke dokter untuk pencabutan atau mungkin nanti akan diresepkan pil anti jamur juga krim topikal. Tapi lebih baik mencegah sih dengan melakukan apa yang saya sebut di atas. 

Kalau begini, kalian masih ingin dan suka punya kuku panjang? Share pendapat kalian ya! Sampai jumpa. Happy blogging!

Whould you like to comment?

  1. Alhamdullilah kuku mpo baik baik aja walaupun mpo menderita diabetes. Mpo lebih suka pakai pacarpacar daripada kutek

    BalasHapus
  2. Waduh bacanya ngeri ngeri sedep mba...apalagi bagian kuku sobek hampir ke daging, aku merinding...
    aku termasuk yang panjang dikit langsung potong, karena gabisa rawatnya hehe...tapi kalo misalkan mau manjangin kuku, aman ga sih mba lagi punya bayi gini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aman gaknya tergantung diri sendiri. Kakakku ada yang biasa manjangin kuku bahkan waktu ada bayi juga. Katanya aneh kalau kuku pendek. Cuma kalau si bayi, baiknya kuku dipotong karena mereka suka nyakar-nyakar kan

      Hapus
  3. Aku tuh gak pernah kuat kalo kuku panjang sedikit nih Jiah, bawaannya suka pengen digigit atau di-kope gitu hahaha

    Jadi kalau panjang dikit langsung gunting deh

    BalasHapus
  4. Aku nggak bisa panjangin kuku. Kukuku gampang patah. Selain itu kalo gatel digaruk sama kuku panjang bisa lecet2

    BalasHapus
  5. Yeaay, jari jemariku cantik kaya jahe, buntet tapi mungil2. Kukunya juga kecil sering dibilang kuku jengkol, soale bulet2. Dan ga bisa kuku panjang, soale lemes banget, dipake cuci piring aja kalo semili ada kukunya bisa robek hiiii.

    Laen sama anakku, kebalikannya dari emaknya, jauuh banget, bener2 cantik.

    BalasHapus
  6. Sejak menikah saya tuh gak bisa lagi melihara kuku panjang, yang patah lah yang sobeklah karena pekejaan masak memasak, memang cocoknya kuku bulet2 pendek aja kali ya biar terhindar dari jamur kuku hii jangan deh

    BalasHapus
  7. saya nggak bisa manjangin kuku mbak, kukunya buntet2 soalnya, jarinya juga jempol semua hahahaa padahal saya senang nail art, jadi saya pakai kuku palsu kalau mau bikin nail art :)

    BalasHapus
  8. Aku pernah niat panjangin kuku ah biar bagus gitu, tapi nyatanya selalu gak berhasil pasti aku potong terus, walaupun sesekali pernah meni pedi tetep aja kukunya pendek. Ternyata kuku juga bisa berjamur ya, aku baru tau. Aku lebih suka kuku pendek soalnya sering makan pakai tangan :)

    BalasHapus
  9. Duh aku nih yg selalu suka.lihat tangan dengan kuku2 panjang nan cantik. Pengeen bisa punya juga, apadaya tak bisa hehe.. Trims tips nya utk menghindari jamur kuku ya..

    BalasHapus
  10. kalau aku punya kuku panjang, panjang yang secukupnya enak untuk garuk2 kwkwwk

    BalasHapus
  11. Aku ngga pernah punya kuku panjang, Ji. Tipe kuku punyaku tipis banget, cenderung gampang patah. Jadi panjangan dikit udah langsung sobek gitu pinggirnya. Padahal kan pengin juga punya kuku kuat. Biar bisa dihias-hias gitu. ;)

    BalasHapus
  12. Kuku mpo tidak pernah panjang karena badan mpo bisa ledes saat nyamuk gigit. Mpo garuk

    BalasHapus
  13. Saya termasuk yang gak suka kuku panjang, Mbak. Kayaknya gak bebas melakukan apa-apa, terutama beres-beres rumah. Takut kukunya patah atau ada kotoran yang masuk

    BalasHapus
  14. waaa ternyata kuku juga bisa berjamur yaaa, ku baru tau nih, aku termasuk yang seneng manjangin kuku dan pake nail art huhuhu

    BalasHapus
  15. Kalau bagi kita muslim-muslimah sepertinya sudah pada tahu semua kalau disunnahkan untuk memotong kuku. Manfa'atnya memang untuk kesehatan kuku itu sendiri dan agar tidak ada jamur atau kuman yang dapat singgah ke bagian tubuh lainnya disebabkan oleh memanjangkan kuku.

    BalasHapus
  16. Aku ga biasa panjang n ga bisa sih mba..hehe.. panjang dikit sudah ga nyaman soale kerjanya banyak di dapur juga

    BalasHapus
  17. dulu saya suka panjangin kuku tapi setelah punya anak dipotong terus hehehe takut kena anak. saya baru tau nih tentang jamur kuku ini, ternyata bisa dari turunan juga ya

    BalasHapus
  18. Aku paling ga bisa panjangin kuku wkwkw soale suka kecolok atau ke beset waktu ngurus anak jadi selalu pendek hehe.

    BalasHapus
  19. Aku langsung cek kuku kakiku, Jia..
    Soalnya kuku jempol kaki ku juga rada gimanaaa gitu...
    Kadang ga apa-apa, tapi kalau keseringan lembab (karena aku hobi cuci kaki), rasanya supeerr gatel.

    Huhuhu~

    BalasHapus
  20. Aku nih paling gak pede punya kuku panjang soalnya jariku pendek2 mbak. Org gak perhatiin soalnya aku kurus jd gak terlalu keliatan jariku pendek2 haha. Tapi aku suka mengjias kuku sih walau pas mens aja biasanya hehe. Owalah bau tau soal kuku jamur, kryknya pernah liat tapi keknya seringnya di kaki ya

    BalasHapus
  21. aku pernah punya kuku panjang, tapi itu dulu sih, sekarang kok ngerasa kurang nyaman yaa apalagi ngucek cucian :(

    BalasHapus
  22. Aku waktu kerja suka banget punya kuku panjang dan suka dikutex sesuai dengan warna baju hahha..setelah punya anak lebih dari dua gak lagi

    BalasHapus
  23. asal bisa merawatnya dengan baik sebenarnya kuku panjang juga okee ya mbaa...dan aku juga suka. Tinggal rajin meni pedi hehehe

    BalasHapus
  24. aku juga suka banget mba warnain kuku pakai kutek, tapi ga sampai dipanjangin sih, karena risihan anaknya hehe. dan pernah juga tuh aku motong kuku tapi kedaleman, dan berakhir jadi cantengan deh. hiks

    BalasHapus
  25. Waduh serem juga ya mbak kalo kena jamur kuku dan ternyata gejalanya sampe bikin kuku tampak tebal. Kalo aku sendiri rada anti kuku tebal terutama tangan karena biasanya buat nyuapin anak. Hehe. Maklum mamak anak balita :))

    BalasHapus