Explore the blog
Kamis, 02 April 2020

Review Drama Korea My Holo Love

Bismillaahirrahmaanirrahiim.... 

Jika kamu diminta jadi tester, kira-kira produk apa yang kamu inginkan? Bagaimana kalau kacamata yang bisa menampilkan hologram? Mau? 

Annyeong hasimnikka! Jadi tester dan dapat barang secara gratis itu memang menyenangkan ya. Tapi akan jadi sedikit horor kalau kita melihat wujudnya dalam bentuk Hologram yang bisa diajak bicara.



So Yeon adalah salah satu pegawai perusahaan kacamata yang memiliki masalah dalam mengenali wajah. Oleh sebab itu, dia menjaga jarak dari orang lain. Pada suatu ketika, tanpa sengaja dia jadi penguji beta untuk hologram AI (Artificial Intelligence) Holo, sebuah kecerdasan buatan yang baru dikembangkan. Hanya So Yeon yang bisa melihat Holo lewat kacamata. Holo mempunyai sifat yang hangat dan membuat So Yeon nyaman saat bersamanya.


Nan Do adalah pengembang AI Holo dan punya penampilan fisik yang sama dengan hologram buatannya tapi sifatnya sangat berbeda. Awalnya Nan Do ingin mengambil AI Holo dari So Yeon. Tapi kemudian dia memutuskan bahwa gadis itu bisa menjadi tester bahkan dia juga menjadi tetangganya untuk mengawasi. 

Dalam perjalanannya, banyak hal yang terjadi antara So Yeon dan AI Holo bahkan di luar apa yang Nan Do bayangkan dan itu melibatkan perasaan mereka. Di sisi lain, orang-orang mulai memburu AI Holo. Lalu bagaimana kisah mereka selanjutnya?


Drama: My Holo Love/I Holo You
Revised romanization: Na Hollo Geudae
Hangul: 나 홀로 그대
Director: Lee Sang-Yeob
Writer: Ryoo Yong-Jae
Network: Netflix
Episodes: 12
Release Date: February 7, 2020
Language: Korean
Country: South Korea
Cast:
Yoon Hyun-Min - Ko Nan-Do/Holo
Ko Sung-Hee - So-Yeon
Choi Yeo-Jin - Ko Yoo-Jin
Chansung - Baek Chan Seong
Jung Young-Ki - Jo Jin-Seok
Kang Seung-Hyun - Yoo-Ram
Kim Soo-Jin
Yoon Dan-Bi 

Review Korean Drama I Holo You 


Saya masih ingat ketika Mbak Lidya Fitrian ngajakin nonton drama My Holo Love dan saya menolaknya. Saya pikir dramanya akan sereceh My Absolute Boyfriend. Waktu itu sedang kurang minat dengan genre seperti itu. Dan akhirnya saya melewatkan drama original Netflix ini. Lalu entah kenapa, kemarin ingin coba nonton I Holo You karena sedang malas melanjutkan drama on going yang saya tonton. Lihat satu episode, wah ternyata nagih banget. Dan saya pun sukses maraton seharian, hahaha. 

Diceritakan So Yeon ini mengidap Prosopagnosia atau buta wajah. Dia kemudian dipilih oleh AI Holo saat kabur dari orang-orang yang mengejarnya. Awalnya So Yeon kaget karena bisa melihat AI Holo dalam wujud cowok tampan dan hangat. Mereka kemudian berteman dan bahkan AI Holo menawarkan diri untuk membantu So Yeon pedekate dengan teman satu kantornya.


Melihat interaksi dan ke-absurd-an AI Holo, Nan Do berusaha lebih dengan dengan So Yeon sambil mengawasi penguji dan hologramnya itu. Karena So Yeon buta wajah, Nan Do merasa aman karena tidak akan dikenali. Sementara itu, Nan Do juga merasakan sesuatu yang berbeda bahkan pura-pura menjadi AI Holo saat kecerdasan buatannya itu mengalami gangguan teknis. Masalahnya, So Yeon merasa jatuh cinta dengan teman hologramnya padahal saat itu dia sedang bersama Nan Do.


Masih belum selesai dengan kerumitan perasaan mereka, orang-orang yang menginginkan AI Holo bertindak lebih agresif dan tahu bahwa So Yeon yang memegang kacamata itu. Sebenarnya siapa mereka? 

Bagi Nan Do, AI Holo adalah teman dengan sifat yang berbeda dengannya. Holo dulu dengan nama Hallo diciptakan oleh Ibu Nan Do sebelum dia meninggal untuk menemani putranya. Nan Do kecil terpukul bahkan sampai dewasa dia tidak tahu apa itu cinta sampai bertemu dengan So Yeon.


Bagi So Yeon, AI Holo adalah teman yang sempurna. Dia tidak bisa mengenali wajah orang dan itu membuatnya kesulitan. Dia tidak dekat dengan siapa pun. Dengan Holo, dia bisa berbicara banyak hal termasuk perasaannya. 

Bagi Holo sendiri So Yeon dan Nan Do adalah teman, pengguna yang harus diutamakan. Kebahagiaan dan keselamatan keduanya adalah prioritas Holo. Makanya Holo ini sampai bikin listrik mati juga mobil hidup sendiri saat So Yeon dan Nan Do dalam bahaya. Sebelumnya juga Holo ini pernah meretas keamanan Korea untuk mencari informasi Ibu Nan Do.


Hologram adalah teknologi fotografi yang merekam cahaya yang tersebar dari suatu objek dan kemudian menyajikannya dalam bentuk 3 dimensi dan sudah dikembangkan sejak akhir tahun 1940-an. Karena drama ini bergenre Fiksi ilmiah, jadi enggak kaget saat Hologram sudah ada sejak lama. Menurut saya, masih masuk akal.


Prosopagnosia yang dialami So Yeon sendiri akibat masalah psikologis. Seperti halnya yang dialami Seo Do Jae The Beauty Inside atau Do Min Ik The Secret Life of My Secretary hingga akhirnya hanya melihat orang yang mereka sukai. Tentunya mereka punya hubungan di masa lalu yang terhubung di masa sekarang.


Kalau diingat, alasan kenapa saya tidak ingin nonton Na Hollo Geudae karena khawatir dengan endingnya yang mungkin akan seperti Memories of The Alhambra. Mereka sama-sama memakai hologram hanya satunya pakai kacamata dan lainnya pakai Kontak lensa. Tapi setelah nonton, lebih mirip ke I'm Not a Robot sih. Hanya saja Holo ini tidak terlihat orang lain. Jadi serasa Jin Digital gitu deh.

Saya sendiri sudah nonton drama original Netflix seperti My Only Love Song, The Sound of Your Heart dan dari Taiwan Triad Princess. Dan kenapa Drama I Holo You ada di sana juga karena memang ceritanya unik, bagus dan kekinian yang apa-apa serba digital. Holo ini kecerdasan buatan yang pintar banget. Makanya diincar banyak orang. Walau begitu, akhirnya kita akan tetap merasa bahwa meski banyak kekurangan, manusia lebih baik daripada kecerdasan buatan. 

Kita semua terlahir sendiri, tetapi sebab itulah kita semua ada untuk satu sama lain 

Untuk pemeran utama pria, saya pernah lihat Yoon Hyun Min di drama Mama Fairy and the Woodcutter alias Jaka Tarub versi Korea. Meski tidak sampai selesai, saya merasa akting dia tuh aneh dan lebay. Tapi di drama My Holo Love ini, ternyata bagus dan pas juga apalagi dia memerankan dua karakter, Holo dan Nan Do. Waktu berantem juga enggak buruk. Adegan nangisnya, saya ikut merasa sedih. Kelihatan banget perbedaan dari sorot matanya. Ko Sung Hee, saya baru melihatnya di drama ini. Ketika dia mulai memakai kacamata, lha kok mirip Mbak Nyi Penengah Dewanti. Serius! Akting dia juga bagus. Suka sama kemistri keduanya.


Pemeran lain ada Choi Yeo Jin yang terakhir kali saya melihatnya di Lovely Horribly. Lalu ada juga Chansung yang aktingnya makin oke setelah di drama What's Wrong with Secretary Kim. Dia salah satu idol yang memang bisa akting, bukan hanya mengandalkan wajah tampan.



Secara keseluruhan drama My Holo Love ini sangat di luar ekspektasi saya. Cerita oke dan akting tidak mengecewakan. Harus coba nonton dan saya yakin kalian akan jatuh cinta. Atau ada yang sudah nonton? Bagaimana menurut kalian? Share ya! Sampai jumpa. Happy blogging! 


Sumber gambar:
HanCinema
Dramabeans
Soompi

Whould you like to comment?

  1. Waa asiiik ada review drakor lagiii
    Drakor nih adaaaaa aja ya ide, plot dan pengembangan konflik masing2 krakter.
    Seruuu!

    BalasHapus
  2. Wah, Jiah mah kudu bikin grup sama Lendyagassi, sang Ratu film2 Korea. Sama2 aliran Koreanya. Btw, emang Jiah rumahnya di Bekasi, koq bisa mau nonton bareng sama mbak Lidya Fitrian. Terus tetang bunda suka film Korea tp cucu gak doyan, hihihi...jd ya ngajaknya pasti nonton sejenis The Tetminator gitu. Lumayanlah dp gak diajak nonton. Itu mah setahun yang lalu. Akhir2 ini jarang nonton, apalagi musimnya Si Corona sedang berkibar tanpa terlihat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nontonnya mah di rumah masing-masing, Bunda. Cuma habis nonton kadang diskusi gitu, hehehe

      Hapus
  3. Selama Di Rumah Aja, saya menghabiskan waktu dengan Netflix. Nonton drama-drama yang Korea yang sempat jadi buah bibir tapi saya belum nonton. Membaca tulisan Mbak Jiah ini nanti jadi pengen juga baca My Holo Love ;)

    BalasHapus
  4. ini tokoh cewenya So Yeon sakitnya sama kaya di film The Secret Life of My Secretary gak bisa mengenali wajah orang lain.
    Aku sukaaaaaa drama korea yang ini gak bikin kesel nontonnya

    BalasHapus
  5. Apakah sekarang saya harus mulai nonton Drakor? Ada Netflix juga di rumah. Biar gak gabut melulu hahaha

    BalasHapus
  6. Oh No..dijejali ripyu lagi, cukup sudaah..cukup sudah..auto nyanyik glen fredly

    Aku maunya kacamata hologram aja Jiaah

    BalasHapus
  7. Baiklah. Teryata ada di Netflix yaa. Kayaknya bisa jadi pilihan nonton aku nih mba. LAgi butuh yang tayangan seperti ini

    BalasHapus
  8. Buta wajah maksudnya bagaimana mba...ga bisa bedain wajah orng atau bagaimana...endingnya bikin penasaran. Tp sy kapok nonton drakor suka nagih heuheu

    BalasHapus
  9. Ini kisahnya hampir mirip sama teenlit yang pernah aku baca. Penyakit yang diidap si cowok ini bener2 bikin ia menderita. Cuma di teenlitnya gak ada kacamata hologram, hehehe. Seru kayaknya. Masuk list dulu.

    BalasHapus
  10. Duh penasaran jadi ingin nonton juga. kebetulan drakor yang aku tonton sudah selesai, tonton ini ah. Thanks rekomendasinya mbak.

    BalasHapus
  11. My holo love, kepo pengen nonton juga, penasaran soalnya.

    BalasHapus
  12. apakah saya juga harus mulai nonton drakor? hihi... kebanyakan diam di rumah nih, rebahan dan ngemil aja terus

    BalasHapus
  13. Udah nggak langganan Netflix lagi haha jadi nggak tahu film apa aja yang sedang beredar di sana. terakhir Crash Landing On You sama Itaewon Class aja. Abis itu cancel membership. Btw ada cara lain yang lebih murah nggak sih langganan Neiflix ini? Aku sekarang cuma pakai WeTV aja sih lebih murah meriah.

    BalasHapus
  14. Eh iya, baru inget kalau bisa nonton drama Korea di Netflix juga. Mumpung harus stay di rumah aja, mending nonton drakor ya.
    Seru dengan cerita yang gak biasanya seperti ini. Pakai teknik hologram segala

    BalasHapus
  15. Drakor tuh temanya menarik-menarik ya...
    Baca review terus di sini jadi penasaran pengen nonton...

    BalasHapus
  16. Boleh juga nih jadi tontonanku selanjutnya selama di rumaha aja, karena beneran lagi jadi kaum rebahan sambil nonton Netflix.

    BalasHapus
  17. jiah, aku udah lama ngak nonton korea tanpa iklan, adanya yang di Tv pakai episode tapi tayangnya malam, aku suka lupa. baca postingan ini jadi menghiburlah buat aku yang jarang nonton lagi

    BalasHapus
  18. Lutuuu...
    Emm, aku gak namatin eps terakhir I'm Not a Robot. Lebih betah nonton Are You Human Too?
    Ada Seo Kang Joon, yang super manis, ehhehe....

    BalasHapus
  19. Dr kmrn mau nganu netflix gak jadi2 aja. Heu. Aku dulu tim minta downloadan korea sm mahasiswi bapaknya. Skrg gak bisa lagi. Haha. Pengen nge netflix jg jadinya kaan

    BalasHapus
  20. Jadi cowoknya ada nyata gtu ya mbak?
    Salah satu yang ku suka dari drama Korea itu biasanya walau kdng suka gak masuk akal di awal tapi suka bikin penontonnya tersihir dan mengiyakan kalau ini tu pasti bisa (bersatu), dll, kyk gtu haha #imho

    BalasHapus
  21. Waah bisa jadi referensi nih . Sekarang lagi ikut ikutan kecanduan film korea. Hihi.
    Tapi nontonnya numpang di rumah adek. Kalau di rumah adanya Iflix. Drakornya gak sebanyak Netflix ya

    BalasHapus
  22. Secretary kim aku pernah nonton bentar lucukk. Atuhlah ini kagak nyadar hologram apa ya pake perasaan gitu wkwk

    BalasHapus
  23. Baru tau ada penyakit prospagnosia ini Ji. Kok ya bisa aja ya ide cerita yang didapatkan gitu. Kece banget alurnya ya, menjadikan Holo seakan dia human yang punya perasaan dan membantu Nan Do dan Seo Yon ketika mereka dalam bahaya.

    BalasHapus
  24. Beneran nih ga kayak alhambra? Saya belum nonton. Tapi baca reviewnya jadi mo nonton deh. Tapi akhir2 ini drakor selalu kasih cerita kisah cinta sama bukan manusia ya. Berasa janggal aja sih. Pengen kisah cinta cloy lagi.. huhuhu.. nunggu lee min ho deh. Semoga kisah cinta nyata.

    BalasHapus
  25. kak aku request review K-Drama KINGDOM yang season 2 dong :D

    BalasHapus