Explore the blog
Sabtu, 04 April 2020

Review Drama Jepang Love Lasts Forever

Bismillaahirrahmaanirrahiim.... 

Apa yang akan kamu lakukan jika baru pertama kali bertemu seseorang tapi dia menyatakan cintanya padamu? Ngeri?! Saya pun pasti merasa begitu, hahaha! 

Konichiwa! Biar segera move on walau sebenarnya agak susah, kali ini saya akan mereview Dorama Jepang An Incurable Case of Love. Kalau dipikir, memang betulan Kasus Cinta yang Tak Tersembuhkan sih, ckckck!

ulasan Dorama Jepang love last forever tentang kisah cinta dokter tendo dan suster sakura


Ketika baru lulus SMA, Nanase Sakura tidak tahu harus melakukan apa dalam hidupnya. Setelah berdoa, tanpa sengaja dia bertemu seorang nenek yang pingsan. Dia berusaha membantu, tapi tak tahu bagaimana caranya. Seseorang kemudian mendengar teriakannya dan melakukan pertolongan pertama. Dia adalah Kairi Tendo seorang dokter. Nanase jatuh cinta pada kehangatan sikap Kairi yang dilihatnya saat itu dan akhirnya memutuskan bahwa dia akan jadi perawat agar bisa bertemu dokter itu lagi.



Setelah 5 tahun berlalu, Nanase Sakura menjadi perawat pemula dan berhasil bertemu dokter Tendo lagi. Sayangnya, semua tidak seperti bayangannya karena dokter itu punya julukan "Iblis". Dia perfeksionis, dingin, dan punya mulut yang pedas. Ketika Nanase mengungkapkan cinta pada Kairi di hari pertamanya, hanya penolakan yang dia dapatkan sampai punya julukan "Prajurit".


Nanase Sakura masih ceroboh dan selalu kena marah sampai Kairi juga menyuruhnya untuk berhenti menjadi perawat. Tapi Nanase ingin membuktikan bahwa dia bisa dan akan bekerja keras sampai Kairi mengakuinya. Lalu apa yang akan terjadi selanjutnya?


Drama: An Incurable Case of Love/Love Lasts Forever
Romaji: Koi wa Tsuzuku yo Dokomademo
Japanese: 恋はつづくよどこまでもDirector: Kenta Tanaka
Writer: Maki Enjoji (manga), Arisa Kaneko
Network: TBS
Episodes: 10
Release Date: January 14, 2020 - March 17, 2020
Runtime: Tuesday 22:00
Language: Japanese
Country: Japan
Cast:
Mone Kamishiraishi - Nanase Sakura
Takeru Satoh - Kairi Tendo
Katsuya Maiguma - Koichi Kisugi
Kousei - Yukito Numazu
Keisuke Watanabe - Ryusei Nishi
Kumi Takiuchi - Kozue Ishihara
Ai Yoshikawa - Yuika Sakai
Mayu Hotta - Misa Kanno
Karina - Ryuko
Kami Hiraiwa - Mariko Negishi
Nana Katase - Sayoko Yuki
Misako Renbutsu - Minori Wakabayashi
Koji Yamamoto - Rokuro Koishikawa
Elen - Ai Nakano
Fukiko Hara - Tomoko Ofuchi
Sei Ando - Shizuka Hara
Yukie Horimoto - Fumie Kobayashi
Ai Mikami - Wakana Takatsu 

Review Japanese Drama Koi wa Tsuzuku yo Dokomademo 


Saya tahu drama ini sebenarnya tidak sengaja saat mencari Dorama Jepang seperti From Five to Nine dan Please Love Useless Me. Lalu lihat poster Love Lasts Forever, saya pikir boleh juga karena mata saya siwer dan mikir bahwa cowoknya sekilas seperti Om Jae Wook. Saya masih terbayang pesona Om Ryan Gold Her Private Life sih hahaha.


Saya baca dong sinopsisnya dan merasa bahwa ini Itazura Na Kiss banget dengan tokoh utama dokter dan perawat. Saya lihat juga baru mau tayang hingga akhirnya memutuskan melewati Love Will Lasts Forever karena kalau nonton on going Dorama tuh harus punya stok kesabaran yang ekstra mulai dari jadwalnya yang hanya seminggu sekali sampai terjemahannya yang lama. Setelah sebulan berlalu, lha kok ada yang bilang bahwa ini drama lucu. Dan jadilah saya pengabdi On Going.


Dorama ini diadaptasi dari manga berjudul Koi wa Tsuzuku yo Dokomademo karya Maki Enjoji yang dipublikasikan pada tanggal 9 September 2016 oleh Shogakukan. Berbeda dengan Itazura Na Kiss yang tokohnya seumuran, Love Will Lasts Forever ini bercerita tentang dokter Kairi Tendo yang tanpa sengaja bertemu Nanase Sakura saat dia lulus SMA. Nanase yang polos ini jatuh hati pada Kairi yang terlihat dewasa dan hangat. Kalau dipikir, jika saya Nanase, pasti juga punya perasaan kagum seperti itu.


Nanase 22 tahun bertemu Kairi 33 tahun dan jauh sekali dari bayangannya yaitu seorang dokter yang hangat. Pokoknya Kairi ini enggak ramah kecuali sama pasiennya yang anak-anak. Meski kena semprot, Nanase ini pantang menyerah. Awalnya dia ingin jadi perawat karena Kairi. Tapi dia juga ingin menolong orang lain. Kegigihan Nanase itulah yang akhirnya membuat Kairi terus memperhatikannya.



Seperti Kairi, awalnya saya tuh kurang suka dengan Nanase. Mukanya Mone Kamishiraishi kaya pantes jadi anak SMA, kurang cocok sama sosok Kairi yang dewasa. Mana cengengesan juga. Saya tuh merasa aneh kalau lihat orang ngomong sambil tersenyum. Kaya kurang serius gitu. Tapi kemudian, sikap Nanase menunjukkan perubahan dan dia bisa serius saat menangani pasien. Kairi Tendo, kenapa mukanya sengak gitu sih? Saya baru pertama kali lihat akting Takeru Satoh. Dia ganteng, tapi karena di awal berkarakter dingin, jadilah saya mikir dulu untuk lanjut Dorama Love Lasts Forever ini atau tidak. Ternyata ceritanya bagus dan enggak menye-menye lho!



Kairi Tendo sendiri adalah dokter bagian Kardiologi atau yang menangani jantung dan pembuluh darah. Simpelnya, dia itu dokter jantung. Kalau soal pembedahan, itu namanya dokter Toraks. Kalian bisa lihat di Drama Korea Heart Surgeons. Sebenarnya bukan urusan jantung saja sih tapi juga bagian rongga dada juga paru-paru.



Karena dua tokohnya bekerja di bidang medis, tentu banyak setting di rumah sakit ya. Pasien-pasien mulai muncul dengan berbagai macam keluhan mulai dari ringan sampai yang butuh penanganan serius. Di awal juga tidak semua orang percaya dengan kemampuan Nanase. Pokoknya karakternya ini berkembang begitu juga dengan Kairi Tendo. Dan karena ini drama Romance, tentu ada adegan yang bikin kita senyum. Tapi kalau kalian mau yang agak serius, bisa coba Good Doctor Jepang.


Seperti drama dengan karakter cowok anyep lainnya bahwa Kairi juga punya sabab musabab kenapa dia jadi seperti itu. Ceritanya, pacarnya yang juga dokter meninggal karena masalah jantung. Kairi jadi punya semacam trauma gitu dan ingin selalu berusaha menyelamatkan pasiennya. Nanase yang tahu itu awalnya minder karena dia masih jauh banget kemampuannya. Tapi penonton enggak perlu berlama-lama galau karena banyak pendukung Nanase.



Yang lucu itu waktu mereka jadian. Saya sudah mikir serius dan macam-macam, eh jatuhnya ngakak banget. Jatuh bangunnya kisah mereka jelas ada. Mulai dari kedatangan adik mantan pacar Kairi yang ngaku suka sama dia. Lalu ada pasien juga yang naksir Nanase. Tapi mereka tetap bertahan meski badai menghadang. Kairi saja jadi bucin setengah mati sama Nanase. Dia sampai nangis-nangis waktu Nanase bangun dari koma. Meski suka marah, tapi Kairi sayang banget sama pacarnya. Katanya, dia macari Nanase bukan buat jadi pembantu. Dia juga bisa banget manjain Nanase seperti bantu ngeringin rambut. Jadi ingat drama Go Go Squid yang punya jarak usia seperti drama ini.





Secara keseluruhan, saya jatuh hati banget sama Dorama Koi wa Tsuzuku yo Dokomademo ini. Simpel, enggak lebay dan sangat menghibur. Mungkin orang yang paling ingin disumpahi adalah Ryuko, Kakak Kairi yang lumayan sering jadi penghalang saat mereka sedang bermesraan. Tapi sebenarnya dia juga perempuan yang mandiri. Ada juga tuh adegan yang bilang bahwa Nanase bisa hidup hanya dengan menatap Kairi. Lalu Kairi lihatin dia dong. Elah malah saya yang megap-megap lihat kegantengan Takeru Satoh! Baka! Apalagi pas pakai kacamata, cakepnya tumpah ruah! Karena jarang nonton Dorama, saya enggak tahu kalau dia juga berperan dalam Kamen Rider Den-O dan Rurouni Kenshin yang berseason-season.




Karena ini Dorama komedi romantis, saya kasih tahu deh bahwa ending Love Lasts Forever ini menyenangkan. Awalnya sempat agak gimana karena ada adegan pernikahan. Maklum, saya kurang suka kalau adegan terakhir pakai pernikahan romantis seperti What's Wrong with Secretary Kim. Kaya klise gitu. Untungnya enggak! Jadi saya batal misuh dan ikutan tersenyum dengan kebahagiaan mereka.



Terus pesan moralnya drama An Incurable Case of Love ini apa?



Jangan ngatain orang, nanti kamu jatuh cinta, hahaha. Seperti cerita tentang profesi dokter yang pernah saya tonton, mereka akan berusaha menyelamatkan pasien begitu juga perawat. Kalau jadi petugas medis, mereka akan banyak mengorbankan hal pribadi demi pasiennya. Doa saya untuk para Petugas yang sedang merawat pasien Covid-19, semoga mereka selalu diberi kesehatan dan keluarganya tetap tabah meski dijadikan yang kedua.


Ada yang sudah nonton Drama Jepang Love Lasts Forever? Tahu gak kalau drama ini ada ekstranya? Ada 10 video tambahan dengan durasi 10-15 menit. Semacam side story gitu deh tentang nasihat percintaan yang diberikan oleh Dewa Kucing dengan Tarian Meow Meow. Yang paling bikin geli itu awal mula kasus Valentine. Asli gaje banget! Kalian bisa cek sendiri di https://blitzfansub.com/category/love-lasts-forever/ ya! Jika sudah nonton, paling suka adegan mana hayo? Jangan bilang waktu Kairi digeruduk tetangga Nanase? Share pendapat kalian ya! Sampai jumpa. Happy blogging!



Sumber gambar:
https://www.tbs.co.jp/koitsudu_tbs/gallery/

Whould you like to comment?

  1. aku belum pernah nonton dorama jepang. mungkin semacam membatasi diri biar ga penasaran. cukup terkungkung sama drama korea aja ahahah

    BalasHapus
  2. Wakakaak, uniiik banget nih ceritanya
    Mumpung lagi #DiRumahAja kayaknya seru deh lihat aneka dorama
    cerita apik, pemainnya menarik!

    BalasHapus
  3. Pas baca kalimat : "lalu apa yang akan terjadi selanjutnya?" di bagian awal tulisan, entah kenapa saya berasa lagi dengerin sandiwara radio (waaaakssss....) dengan intonasi misterius dari si pembawa suara plus musik yang juga misterius (hahaha, imajinasinya kunooo abiss)

    BalasHapus
  4. Iya lah pacar itu bukan buat dijadiin pembantu.
    Jadi penasaran gimana scene mereka jadian, kok penontonnya malah jadi ngakak

    BalasHapus
  5. Saya kalau nonton drama seri, selama ini kiblatnya cuma ke Korea. Hehehe kurang piknik ya saya. Seharusnya melebarkan sayap ke negara lain, termasuk Jepang. Baik lah..nanti coba cari judul ini di Netflix

    BalasHapus
  6. uwuu banget mbak liat perjalanan cinta mereka. cinta pd pandangan pertama eh ditolak tp tetep diperjuangin.. (apa y namanya??) khas cinta yg emesshh bgt menurutku lohh.

    BalasHapus
  7. KU gapernah nonton jiah, lebih seneng dengger musik.
    Cuma seneng aja kalo menteman ripyu ku suka ambil pesan moraalnya.
    Daaan, benar jangan ngatain orang nanti jatuh cinta, kelamin sama akooo donk, dan itu cinta pertama akoo bhuahahhaa..

    Dan suka banget kalo drama ujungnya happy ending yaaa

    BalasHapus
  8. Wiiih, ternyata mbak Jiah selain penggemar drama korea, juga drama Jepang. Btw, saya suka kalau lihat film, drama dan sejenisnya yang happy ending.

    BalasHapus
  9. Kayak ya mba Satu-satunya drama jepang yang aku tonton itu Tokyo Love Story tahun 90an udah lama juga yaa hahahah

    BalasHapus
  10. Film ini bisa jadi pilihan selama stay at home ya. karena ada waktu luang yg banyak.
    Drama jepang aku kurang suka, jadi sayangnya aku gak bisa komentar banyak jadinya :D

    BalasHapus
  11. Duuuh kayaknya unyu2 ya doramanya. Jadi mau nonton deh. Yak makin banyak aja deh list nonton saya nih.. xixixii

    BalasHapus
  12. aku kemarin sempet lihat rekomendasi drama listku salah satunya film ini dan udah baca sedikit sinopsisnya,,, tapi kok yao menurutku bosenin,,, tapi baca reviewmu ini kok jadi beda bawaannya menarik,,, ah nonton juga deh, thank you mbaaaa

    BalasHapus
  13. Kairi ternyata so sweet juga ya, meski 'anyep' bisa romantis sampai manjain Nanase
    Eh aku penasaran kata-kata anyep itu kok bisa dipakai sih, hahahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anyep is cool. Sok dingin dan cuek padahal mah bucin

      Hapus
  14. Saya belum pernah nonton drama Jepang, baca reviewnya sepertinya rame nih, jadi ingin nyobain nonton juga.

    BalasHapus
  15. Wow kayaknya seru ini ya, aku belum pernah nonton drama Jepang tema kedokteran, saat pandemi Covid-19 ini malah banyak sibuk PR anak-anak, jadinya jarang deh nonton lagi.

    BalasHapus
  16. Wah, jadi bingung nih, mau drakor apa dorama ya?kayaknya bikin ketagihan semua ini..hihi..bikin stay at home ga mboseni ini

    BalasHapus
  17. Wah ini kyknya kisah cintanya benci2 cinta yaaa trus mungkin krn gap usia jdnya keliatannya kurang match tapi sebagai penonton gak bisa berbuat apa2 dan terpaksa ngikutin kenyataan di skenario kalau sejak awal mereka dijodohin sama sutradara hahaha #asalnebak :D

    BalasHapus
  18. baca resensinya aja udah seruuu pisan nih mba..apalagi kalau melihatnya langsung ya..seri seperti ini memang bikin nyanduu banget ya

    BalasHapus
  19. Lho, Nanase sempat koma? Kenapa tuh Ji, kok enggak diceritain.
    Duuhh bahagia dong akhirnya Nanase dapet Kairi, ketemu prince of charmingnya ya walaupun semula anyep. Hahaaa anyep tuh lho istilahmu. :))

    BalasHapus
  20. Jiah, tadi abi Nawra order 15 judul drakor, saya ngak tau dia beli judul apa aja, saya sih nyerahin aja ke suami, lupa tadi kalo suruh ke blogmu ini

    BalasHapus
  21. muka nanasenya imut banget terus kalau nggak ampe merid, terus kenapa pakai baju pengantin gitu yaa?

    BalasHapus
  22. Nonton ini pasti baper banget ya Jiah wkwkkw
    pengne segera punya pasangan nggak? Hahhaha
    PR lagi tontonan dramanya, Drama Jepang belum pernah nyoba nonton aku

    BalasHapus
  23. Wah, keknya aku harus lebih sering mampir kemari. Banyak review drama Jepang. Secara aku J-drama lover :D :D

    BalasHapus
  24. Drama Jepang...jarang2 banget ya.., sekarang pada booming Drakor...

    Wah ini juga ...gak kalah bikin baper ya...

    BalasHapus
  25. Mauuuu langsung nonton, pastiii baper dah nih

    BalasHapus
  26. senangnyaa ada yang bahas dorama ini :)) setelah vakum 6bulan nonton drama, terakhir nonton Crash Landing On You, udah. lagi males nonton drakor. akhirnya sekarang jadi bucin sama dorama.
    btw , Ittazurana kiss Love in tokyo adalah dorama favoritku juga, teh.

    Dorama Love Lasts Forever ini bener-bener membekas banget di aku. ceritanya sweet banget tapi gak lebay. pas aja.
    adegan yang paling aku suka ketika Nanase galau cemburu soal adik mantan pacar Kairi, dia udah sedih sedih ria sampek nangis juga mengungkapkan ke Kairi kalau dia gak cocok sama Kairi, adik mantannya justru lebih cocok sama doi. eh dijawabnya songong banget tapi sweet banget! "aku sudah tau sejak jutaan tahun lalu kalau kita tidak cocok" sumpah ngakak banget denger jawaban dia,. tambah songong lagi, dengan sikap iblisnya dia berkata seperti itu sambil mencium mesra Nanase! kesannya seperti gak butuh tapi mau juga kan. dasar cowok anyep tapi bucin :D

    BalasHapus
  27. Biar segera move on, walau sebenarnya susah. Wkwkwk... kalimat pembuka yg bener banget...

    BalasHapus
  28. Wah review jdrama2nya mba aku suka semua,dah lama ga nonton dorama,aseli love last forever membekas banget sejak rich man poor woman,aku rekomen banget tuh dorama mba

    BalasHapus