Explore the blog
Kamis, 27 Februari 2020

Review Drama Korea The Tale of Nokdu

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Kamu pernah bersembunyi? Dari apa dan kenapa? Bagaimana kalau sembunyinya di desa janda?

Annyeong hasimnikka! Masih dalam rangka menuntaskan review drama yang saya tonton ongoing di akhir tahun 2019, setelah Extraordinary You, posisi favorit kedua ditempati oleh drama The Tale of Nokdu. Drama ini juga jadi satu-satunya genre Saeguk yang saya tonton di tahun kemarin.



Tinggal di sebuah pulau bersama ayah dan kakak laki-lakinya, membuat Jeon Nok Du selalu bertanya kenapa dia tak pernah diijinkan belajar atau pergi ke daratan. Ditambah lagi, sekelompok pembunuh muncul menyerang mereka. Nok Du yang penasaran lalu mengejar pembunuh tersebut sampai ke Ibukota. Di sana, Nok Du bertemu Dong Dong Ju yang ingin memanah Raja dan menyelamatkannya dari masalah.


Kemudian Nok Du menyadari bahwa salah satu pembunuh bayaran masuk ke desa. Masalahnya, semua penghuni desa tersebut adalah wanita dan janda. Laki-laki biasa tidak diijinkan masuk ke sana. Karena ingin tahu penyebab keluarganya diserang, akhirnya Nok Du memutuskan masuk desa tersebut dengan menyamar sebagai Janda bernama Nyonya Kim. Dan lagi-lagi dia bertemu Dong Ju yang ternyata adalah murid yang akan menjadi Gisaeng.


Oleh kepala desa, untuk sementara Nyonya Kim ini bisa tinggal bersama Dong Ju. Dan tanpa sengaja, Dong Ju mengetahui bahwa Nyonya Kim adalah pria. Lalu, berhasil kah Nok Du menemukan apa yang ia cari? Bagaimana caranya agar Dong Ju bungkam?


Drama: The Tale of Nokdu/The Joseon Romantic-Comedy Tale of Nok-Du
Revised romanization: Joseonroko Nokdujeon
Hangul: 조선로코 녹두전
Director: Kim Dong-Whee
Writer: Hye Jin Yang (webcomic), Im Ye-Jin, Baek So-Yeon
Network: KBS2
Episodes: 32
Release Date: September 30 - November 25, 2019
Runtime: Mon & Tue 22:00
Language: Korean
Country: South Korea
Cast:
Jang Dong-Yoon - Jeon Nok-Du
Kim So-Hyun - Dong Dong-Ju
Kang Tae-Oh - Cha Yool-Moo
Jung Joon-Ho - King Gwanghae
Kim Tae-Woo - Heo Yoon
Yun Yoo-Sun - Haengsoo Cheon
Lee Seung-Joon - Jung Yoon-Jeo
Lee Moon-Sik - Hwang Jang-Koon
Song Geon-Hee - Jeon Hwang-Tae
Park Da-Yeon - Aengdoo
Yoon Sa-Bong - Kang Soon-Nyeo
Hwang Mi-Young - Park Bok-Nyeo
Yoon Geumseona - Lee Mal-Nyeon
Jo Soo-Hyang - Kim Ssook
Yang So-Min - An Jung-Sook
Han Ga-Rim - No Yeon-Boon
Song Chae-Yoon - Min Deul-Re
Ko Gun-Han - Yeon Geun
Hwang In-Yeop - Park Dan-Ho
Lee Joo-Bin - Maehwasoo
Lee Eun-Hyung - Chief Baek
Oh Kyung-Joo - Chil-Sung
Park Chul-Min - Park Jong-Chil
Park Min-Jung - Queen
Oh Ha-Nee - Queen Inmok
Eom Ji-Man - military chief
Yoo Ji-Soo - Court Lady Kim
Seo Yi-An - Widow Kim
Cha Rae-Hyoung - son-in-law Park
Jung Jin - Do Seung-Ji
Lee Ho-Jae - elderly man throwing rock
Jung Yi-Rang - inn owner
Song Hoon - drunk nobleman
Ahn Soo-Bin - widow saved by Nok-Du
Kim Ji-Woo - Jeon Nok-Du (young)
Jo Ye-Rin - Dong Dong-Ju (young)
Kim Seung-Han - Jeon Hwang-Tae (young)
Jeon Jin-Seo - Cha Yool-Moo (young)
Kim Geon-U - little boy
Kim Bum-Suk
Park Joo-Yong

Review Korean Drama The Joseon Romantic Comedy Tale of Nok Du



Seperti yang saya sebut di awal, The Tale of Nokdu ini jadi drama favorit kedua di tahun 2019. Alasannya karena ceritanya cukup unik. Saya kan orangnya pemilih banget kalau genre Saeguk. Enggak suka kalau ceritanya berat dan seputar sejarah. Yang ringan saja seperti My Only Love Song dan  My Sassy Girl Joseon. The Joseon Romantic Comedy Tale of Nok Du ini diadaptasi dari webcomic "Nokdujeon" karya Hye Jin Yang yang diterbitkan dari 16 Desember 2014 hingga 31 Juli 2018 via comic.naver.com.


Kalau kamu menemui kesulitan datanglah padaku dan menangislah. Saat mengalami masa bahagia kita bisa tersenyum bersama

Ketika baca sinopsis yang ada, awalnya saya kira Nok Du ini anak pejabat kerajaan yang kabur karena enggak mau dijodohkan. Akhirnya dia kabur dan malah berada di desa janda. Semacam pangeran yang naksir rakyat jelata gitu. Eh ternyata enggak ya. Alasan Nak Du ke desa janda karena mencari tahu penyebab penyerangan dan siapa dia sebenarnya.


Setelah ke desa janda dan Dong Ju tahu bahwa dia adalah laki-laki, gadis itu mau tutup mulut. Sayangnya, seseorang malah menginginkan Dong Ju sebagai Gisaeng. Nok Du kemudian menyelamatkan Dong Ju dan mengangkatnya menjadi anak. Jadi mereka hidup sebagai Ibu dan Anak perempuan. Wagelasih banget! Biasanya first lead male ketemu femalenya bilang, mau jadi pacarku, mau jadi istriku, eh ini maukah jadi anakku. Panggil aku Ibu. Kan lucu banget!


Kenapa Nok Du harus mengangkat Dong Ju sebagai anak?

Karena posisinya Dong Ju adalah murid Gisaeng. Kalau dia punya Ibu, artinya dia bebas karena ada keluarga. Begitu. Mereka pun akhirnya kembali ke desa para janda. Sambil menyelam minum air, Nok Du juga berusaha mencari tahu tentang sekumpulan pembunuh bayaran. Ternyata mereka juga para janda. Jadilah Nok Du berusaha untuk menjadi bagian dari mereka.


Melihat kedekatan Dong Ju dan Nok Du, Cha Yool Moo merasa tidak suka. Dia kemudian merencanakan pemusnahan desa janda. Setelah semua kekacauan, akhirnya mereka berpindah dan beberapa hidup di kota termasuk Nok Du dan Dong Ju.


Nok Du dan Dong Ju ini sama-sama punya misi untuk bertemu Raja dengan tujuan yang berbeda. Mereka pun berusaha masuk ke istana dengan berbagai macam cara. Lalu, apakah akhirnya mereka berhasil sementara ada kisah panjang tentang pemberontakan?


Tiap aku melihatmu, aku lupa akan semuanya. Saat kesulitan dan aku tidak bisa tersenyum, kamu membuatku jadi bisa tersenyum lagi


Cerita Saeguk itu tidak jauh-jauh dari yang namanya Raja tidak kompeten, lalu menteri dan pejabat lainnya yang ingin melengserkan. Begitu juga yang terjadi di drama The Joseon Romantic Comedy Tale of Nok Du. Nok Du adalah putra Raja yang tadinya akan dibunuh oleh ayahnya sendiri tapi diselamatkan dan diangkat jadi anak. Jika di 100 Days My Prince, Putra Mahkota amnesia, maka di sini Nok Du menyamar jadi janda. Mana cantik banget! Saya sampai sebel karena kalah cakep. Jakunnya aja enggak kelihatan lho!


Kenapa sampai Raja tega bunuh anaknya sendiri?


Itu gara-gara cenayang yang mengatakan bahwa bayi kerjaan yang lahir tanggal 19 November akan menjadi Raja selanjutnya. Nah paduka enggak mau itu terjadi. Kebetulan saja Nok Du lahir di tanggal tersebut. Jadilah dia hendak dibunuh. Ketika dewasa dan ingin bertemu Raja, Nok Du ini akhirnya ikut tes agar lebih dekat ke istana. Tanpa dia sadari, ternyata mereka begitu dekat dan sesekali bertemu saat malam hari. Rajanya nyamar dan jalan-jalan gitu deh.


Dari awal, Cha Yool Moo ini memang niat banget buat bikin pemberontakan. Dia juga tahu bahwa Nok Du adalah putra Raja. Jadi dikompor-kompori lah Nok Du agar membunuh Ayahnya sendiri. Pokoknya Yool Moo melakukan banyak hal kotor agar tujuannya tercapai.


Kalau Dong Dong Ju ini seperti Nok Du yang juga jadi korban. Keluarga Dong Ju mati terbunuh karena menjaga amanah Raja terdahulu yang adalah Kakek Nok Du. Jadilah Dong Ju punya dendam sama Raja. Masalahnya, Dong Ju enggak tahu bahwa Nok Du adalah putra Raja.


Sangat membantu jika memiliki orang yang peduli dan mengkhawatirkanmu

Di awal nonton Drama Korea The Tale of Nokdu ini kita akan disuguhi hal-hal yang mengocok perut atas kelakuan Nok Du dan Dong Ju. Bagaimana mereka awalnya saling sebel lalu tertarik satu sama lain. Nok Du yang naksir Dong Ju, eh malah dia mendekati Yool Moo dan itu bikin geger satu kampung. Sebelumnya mereka tidak tahu bahwa Yool Moo ini jahat. Dia jadi idola banyak orang. Nok Du juga suka ngerumpi dan nyebarin hoax. Pembukaan yang lucu sebenarnya hanya kamuflase karena menuju cerita yang sebenarnya memang berat. Lebih ke menyakiti mental sih. Siapa yang enggak sedih dan marah coba kalau kenyataannya dia akan dibunuh Bapaknya sendiri? Jang Dong Yoon nangis, aduh! Itu hati saya ikut teriris-iris. Saya pertama kali lihat aktingnya dan langsung jatuh hati. Dia cantik, tapi juga ganteng. Dan ngomong-ngomong, Jung Joon Ho SKY Castle alias Raja, bentuk mukanya itu kaya Dong Yoon. Jadi pantes kalau perannya Bapak dan Anak.


Kim So Hyun, biasa memainkan karakter perempuan kuat. Terakhir saya melihatnya di Radio Romance dan Page Turner. Dong Ju yang kuat dengan caranya, saya suka.


Kang Tae Oh memerankan Cha Yool Moo. Asli bikin plot twist saat menghunus pedangnya di kuil desa janda. Matanya nyeremin banget. Padahal waktu dia jadi second lead male di That Man Oh Soo, dia tuh manis banget ya!


Yang paling saya suka adalah keberadaan Aengdoo. Gadis ini asli gemesin banget dan bikin cair suasana. Dia awalnya naksir Nok Du lalu kemudian beralih ke Yool Moo gara-gara dimasakin makanan. Paling lucu tuh waktu adegan Bapaknya mau bertengkar sama pengawalnya Yool Moo tapi dihentikan Aengdoo karena dia sedang makan. Takjub banget saya. Karakter menarik lainnya ya para janda dan pasukan khusus janda. Mereka ikut perang dan melindungi para janda. Perempuan strong gitu lah.


Aku ingin mengisi hidupmu dengan kenangan indah dan membuatmu melupakan kenangan buruk

Karena masalah mereka cukup kompleks, kisah cinta Nok Du dan Dong Ju jangan ya. Sebenarnya tidak mudah juga sih karena mereka saling melindungi dan tak ingin pasangannya terluka. Mereka akhirnya juga melepaskan satu sama lainnya. Karena ini drama favorit, saya akan membocorkan bahwa ending drama ini itu menyenangkan dan saya sangat puas. Enggak biasanya ya drama Saeguk bisa kaya gini. Seringnya kan gantung! Paling suka saat adegan Flower Ring. Manis banget!


Memperebutkan tahta itu sangat melelahkan dan tak ada habisnya. Sering kali kita sudah berada di puncak, tapi hanya kesepian yang kita dapatkan. Lalu apa gunanya coba? Akan lebih menyenangkan jika hidup bahagia bersama orang yang kita cintai meski bukan di dalam istana.


Aku memang tidak berhak mengatakan ini kepadamu. Tapi terlepas dari siapa kamu dan siapa aku, aku hanya ingin bahagia bersamamu tanpa harus memikirkan latar belakang kita

Kalau kamu suka drama genre Saeguk, boleh banget lho nonton The Joseon Romantic Comedy Tale of Nok Du ini. Ada lucu tapi ceritanya juga enggak seberat drama sejarah. Perangnya mereka juga enggak sampai bikin kepala pusing.


Kalian ada yang sudah nonton Drama Korea The Tale of Nokdu? Atau punya drama Saeguk tak terlupakan? Share pendapat kalian ya! Sampai jumpa. Happy blogging!

Sumber gambar: HanCinema

Whould you like to comment?

  1. Kalau orang jatuh cibta kayaknya begitu, ya. Asalkan deket aja udah bahagia. Pengennya juga senyum terus :)

    BalasHapus
  2. Waw episodenya banyak ya mba. Biasanya drama korea itu suka sampai 16 episode ya. Aku belum pernah nonton drama ini. Terakhir kemarim nonton crash landing on you aja. Dan dramanya bagus banget.

    BalasHapus
  3. Quotes DraKor ini menarik juga yaaa
    Paporit aku yg enih--> Aku memang tidak berhak mengatakan ini kepadamu. Tapi terlepas dari siapa kamu dan siapa aku, aku hanya ingin bahagia bersamamu tanpa harus memikirkan latar belakang kita

    BalasHapus
  4. Ada kim so hyun. Artis favoritku semenjak dia main film waktu masih kecil. Sekarang uda gede ternyata, lama banget uda gak nonton drakor serial. Save dulu ini judulnya

    BalasHapus
  5. Waktu itu sempat nonton episode awal aja, tapi belum lanjut. Lupa deh karena apa. Tapi ntar mau lanjutin ah :)

    BalasHapus
  6. Aku tertarik melihat bangunan di latar belakangnya. Seperti rumah-rumah pedesaan di sana mungkin ya. Asyik bentuknya.

    BalasHapus
  7. Seru, lucu dan bikin deg-degan juga. Karena Nok Du yang cowok menyamar jadi janda. Udah gitu, lucu juga ya, cowok ngangkat anak gadis, terus suruh manggil "Ibu". Hihihi..

    Dan ya, aku yg cewek pun kalah cantiknya sama Nok Du. Wkwkwekwk

    BalasHapus
  8. Kayaknya seru nih drakor, romantic comedy kesukaan aku. Kalo di Viu ada kali ya?

    BalasHapus
  9. Aku belom nonton dong Tale of Nokdu ini. udah lama mau nonton sejak ongoing di tv. Tapi belom sempet aja. Padahal udah lama gak nonton drama sageuk. Segera nontoooon...

    BalasHapus
  10. rekomendasi drakor lagi nih, duh saya lagi on going nih biar ga kebablasan nontn, hehe. Tapi emang lagi bagus - bagud drakor sekarang yah

    BalasHapus
  11. Saya juga orangnya pemilih banget loh Jiah, kalau dikau bilang ini bagus saya mau nonton ah. Bulan-bulan ini belum ada nonton drama apapun soalnya masih nimbang-nimbang mau nonton yang bagus sekalian.

    BalasHapus
  12. Drakor on going yg kedua kali sth time yg aku simak. Kalau baca reviewnya berasa flashback banget dehh. Apalagi ada Kim so Hyun fav aku wkkwkwk
    Uwuuhh aku mau aja kalau nonton lagi nihh wkwk

    BalasHapus
  13. Aaaakkk *ikutan mangap. Seakan halu disuapin hahahaha
    Emang ini yaaaa berlatar belakang jadul lebih peer daripada masa kini. Tapi pada pakai hanbook gt tambah cantik. Kupikir poto pertma itu cewek semua xD

    BalasHapus
  14. Saya juga suka dengan genre romantic komedi, lebih menikmati. Gak mau yang berat dan malah bikin kening berkerung hihihi

    BalasHapus
  15. Bagus nih ya drakornya. Romantik komedi ya. Apalagi kalo begronnya kerajaan-kerajaan

    BalasHapus
  16. Jang Dong Yoon cantik banget ya. Sumpah ngakak deh pas liat eps awal2 dia berusaha beradaptasi di desa janda itu, apalagi pas dia ngejar2 pangeran itu. kocak gila. Tapi aku suka sih endingnya bagus ini.

    BalasHapus
  17. Aku masih tidak mudeng dengan alasan raja untuk membunuh anaknya itu. Kan pada saatnya nanti raja memang harus lengser dan menyerahkan tahta pada anaknya to saat dia wafat. Atau bagaimana sih Ji, aku kok bingung pas di bagian ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu aku sebut di atas gara-gara Cenayang. Ketakutan Raja sendiri sih karena dianggap gak kompeten

      Hapus
  18. Eh bajunya ngingetin sama drama korea pertama kali yang ditonton dulu 12 tahunan lalu. Drama Jang Geum

    BalasHapus
  19. Wah semangat sekali ya mereviewnya, di setiap scene nya sampai hapal ya mba. Pengin kapan2 nonton drakor biar tahu letak asiknya juga..

    BalasHapus
  20. Lucu ya, kalau memang beneran ada desa janda. Isinya perempuan semua. Tapi serem juga kalau kedatangan orang jahat. Btw itu saya kalau film korea tu kesulitan menghafal nama tokohnya...😅 pdhl sepertinya cerita film Korea bagus-bagus ya..

    BalasHapus
  21. Ih cakep bangeeetttt deh kayanya jalan cerita dramanya. Kalau beberapa waktu ini aku lagi binge watching drakor lama. Nagiiihhhh parah sih hahahaha

    BalasHapus
  22. ceritanya seru dan menarik ya, apalagi yang cowok nyamar jadi cewek bener-bener mirip cewek beneran deh.

    BalasHapus
  23. Ini janda-jandanya setrong dan solid banget, ya. Aku udah lama ga nonyon drakor, karena tiap nonton penasaran dan jadi ketagihan. 😂

    BalasHapus