Explore the blog
Sabtu, 24 Oktober 2020

Review Drama Korea Missing: The Other Side

Bismillaahirrahmaanirrahiim.... 

Kamu pernah kesasar? Apa yang kamu lakukan jika itu terjadi? Bagaimana kalau kesasar di Desa Gaib? 

Annyeong hasimnikka! Sebenarnya saya adalah orang yang cukup sering kesasar sebab tidak hafal jalan dan kesulitan membaca peta. Karenanya jika itu terjadi, saya positif thinking dan berpikir untuk sekalian jalan-jalan. Beruntung selalu selamat dan tidak pernah hilang atau mengalami hal gaib. Baiklah, kali ini saya akan mengulas drama Korea Missing: The Other Side.

missing the other side

Kim Wook, seorang Penipu yang tidak tahan dengan ketidakadilan. Suatu ketika, dia melihat penculikan dan malah terus diburu oleh penjahat sampai terjatuh dari tebing dan ditolong oleh Jang Pan Seok, pria paruh baya yang tinggal sendiri di hutan. Setelah sadar dan akan kembali ke kota, Kim Wook malah kesasar dan sampai di Desa Duon, tempat orang mati yang hilang berkumpul.


Ternyata kasus orang hilang banyak bermunculan. Sampai-sampai Shin Joon Ho, seorang detektif elit akhirnya pindah ke unit Pencari Orang Hilang demi menemukan Choi Yeo Na, tunangannya. Akankah Orang-orang yang Hilang bisa ditemukan? Apa penyebabnya? 

Drama: Missing: The Other Side
Revised romanization: Missing: Geudeuli Itseodda
Hangul: 미씽: 그들이 있었다
Director: Min Yeon-Hong
Writer: Ban Ki-Ri, Jung So-Young
Network: OCN
Episodes: 12
Release Date: August 29 - October 11, 2020
Runtime: Sat. & Sun. 22:50
Language: Korean
Country: South Korea
Cast:
Go Soo - Kim Wook
Heo Jun-Ho - Jang Pan-Seok
Ahn So-Hee - Lee Jong-A
Ha-Joon - Shin Joon-Ho
Ji Dae-Han - Baek Il-Doo
Kim Jae-Cheol - Lim Wan-Sik
Lee Kyung-Jae - Detective Lee
Park Ye-Ni - Detective Park Ye-Ni
Jang Kyug-Su - Detective Bok
Song Yo-Seb - Detective
Lee Seung-Jin - Anjin police officer
Lee Yoon-Sang - Police chief
Seo Eun-Su - Choi Yeo-Na
Song Geon-Hee - Thomas Cha
Kang Mal-Geum - Kim Hyun-Mi
Lee Joo-Won - Park Young-Ho
Lee Joo-Myoung - Jang-Mi
Ahn Dong-Yeob - Park Beom-Soo
Ko Dong-Ha - Kim Joon-Soo
Park Hye-Jin - Choi Mi-Ja
Lee Ki-Chan - Park Byeong-Eun
Jo Yeon-Woo - Lee Eun-Ji
Lee Won-Gu - Woo Il-Suk
Huh Nam-Jun - Ko Bong-Hwan
Park No-Shik - Hwang Doo-Chul
No Soo-Sung - village resident
Hong Seok-Cheon - Mr. Hong
Jung Young-Sook - Han Yeo-Hee
Lee Yoon-Jae - Lee Dong-Min
Park Joong-Geun - Han Sang-Gil
Yu Seung-Il - Yoo Seung-Ho
Choi Min-A - Kim Soo-Yeon
Kim Jung-Eun - Jo Myeong-Soon
Moon Yoo-Kang - Kim Nam-Guk
Kang Seung-Ho - Jang Myung-Gyu
Kim Nak-Gyoon - Manager Wang Myung-Chul
Jang Sun-Yool
Son Ji-Yoon
Hong Yoon-Jae
Moon Jung-Ki
Lee Kyu-Ho
Yoo Il-Han
Park Won-Suk
Lee Da-Il
Kim Min-Seung
Chae Yoon-Hee
Lee Hyo-Bi
Kim Sang-Bo
Kang Tae-Ju
Heo Dong-Won
Lim Yong-Soon
Ok Joo-Ri
Seo Hee
Park Jung-Eon
Uhm Ja-Yoon
Han Dae-Gwan
Kyung Ki-Hyun
Kang Yoon
Ju A-Yeon
Seo Jung-Hoo
Kim Kwang-Suk
Jin Si-Won
Bae Ki-Bum
Kwon Oh-Jin
Jo Hyun-Gun
Hwang Soo-Min 

Review Korean Drama Missing: The Other Side


missing the other side

Setelah sekian lama akhirnya saya kembali nonton drama original OCN. Terakhir ada The Player. Sebelumnya saya sempat gagal menyelesaikan drama Kill It. Padahal Nana Cantik banget dan karakternya berbeda dari drama Into The Ring. Ya sudahlah, mari balik ke Missing: The Other Side. Tidak ada alasan khusus, random saja setelah sedikit bosan nonton berbagai drama romcom.


Dimulai dari Desa Duon yang merupakan tempat berkumpulnya arwah dari orang yang sudah meninggal tapi jasadnya belum ditemukan. Pak Jang Pan Seok merupakan sosok misterius yang diam-diam mencari jasad yang hilang. Dia juga jadi penghubung antara Desa Duon dan dunia luar.


Ketika menolong Kim Wook, Pak Jang pikir ya sudah, bantu orang ini. Eh ternyata Wook malah nyasar di Desa Duon. Wook juga melihat anak yang hilang. Akhirnya dia lapor Polisi dan meminta mereka segera datang ke desa. Ketika ditelusuri, hanya ada hutan dan itu membuat Wook marah karena dianggap gila.


Wook kembali ke kota bertemu teman-temannya Lee Jong A dan Kim Nam Guk. Sayangnya Orang-orang (Penculik) masih mencari Wook sehingga dia kabur dan akhirnya tinggal dengan Pak Jang di hutan. Wook juga sadar bahwa Desa Duon itu gaib setelah gagal membawa kabur Seo Ha Neul, anak yang hilang itu. Wook berjanji pada Ha Neul untuk mempertemukannya dengan Ibunya dan juga menangkap pelaku pembunuhan. Setelahnya misteri terus terjadi termasuk kematian Kim Nam Guk yang dibuat seperti kecelakaan mobil.


Detektif Shin Joon Ho juga bertemu dengan Wook sebelum dia jatuh di tebing. Saat ada kasus Ha Neul, Joon Ho juga ikut membantu di unit Pencari Orang Hilang. Ketika tersadar bahwa tunangannya Choi Yeo Na menghilangkan sebulan sebelum pernikahan, dia akhirnya bergabung di tim tersebut.


Berbagai kasus orang hilang dan pembunuhan muncul. Ada sedikit fakta bahwa Kim Nam Guk, Jang Myung Gyu, dan Choi Yeo Na merupakan anak-anak panti asuhan Blue Sunshine yang selamat dari kebakaran. Hilang dan terbunuhnya mereka terjadi setelah Ketua Choi Seung Construction Co. & Ltd, Han Yeo Hee mengumumkan pencarian cucunya yang dicurigai adalah 3 anak panti asuhan tersebut.


Kim Wook dibantu Lee Jong A yang pintar meretas akhirnya mencoba mengumpulkan kepingan puzzle. Tentu saja Pak Jang ikut membantu. Kim Wook sendiri sebenarnya ditinggalkan Ibunya 27 tahun yang lalu. Pak Jang kehilangan Putrinya Jang Hyun Ji 15 tahun lalu ketika berada di taman hiburan. Dan Shin Joon Ho mencari Choi Yeo Na. Karena persamaan itu, mereka akhirnya terhubung dan saling membantu. Akankah mereka berhasil mengungkap misteri yang ada? 

Drama Missing: Geudeuli Itseodda


missing the other side

Dalam drama Missing: The Other Side, Desa Duon seperti desa pada umumnya hanya saja mereka yang tinggal adalah arwah orang yang sudah meninggal dan jasadnya belum ditemukan. Rata-rata mereka adalah korban pembunuhan, tabrak lari, dan sebagainya. Kepala desanya ada Thomas Cha.


Jika di Hotel Del Luna para arwah belum mau pergi karena ada hal yang belum terjuwud, maka di Desa Duon mereka bisa pergi setelah jasad ditemukan. Di sana juga tidak bisa dibilang damai karena kadang ada arwah yang saat hidup jahat dan dia berulah. Mereka bisa merasakan luka, tapi segera sembuh dengan sendirinya. Mereka juga tidak bisa menyakiti orang yang hidup.


Rumah tinggal orang-orang di Desa Duon sama seperti mereka saat hidup. Tapi itu hanya ilusi. Apa yang mereka bawa saat meninggal, itu akan terbawa juga saat masuk ke Desa Duon. Mereka ngobrol, makan, main bersama-sama penghuni desa lain. Terkesan bahagia memang. Tapi sebenarnya menyedihkan. 

Setiap hari, orang mati bergerak semakin jauh. Namun, selama kita mengingat satu sama lain, kita akan tetap ada dalam ingatan mereka maupun ingatan kita

 


Ditinggalkan orang yang kita sayang itu menyedihkan. Tapi jauh lebih sedih ketika kita tidak tahu di mana jasad mereka. Ini sih yang diangkat di drama Missing: The Other Side. Di dunia ini banyak kasus sejenis, orang hilang tidak tahu di mana dan tentu saja yang ditinggalkan tak akan mudah melepaskannya dan bertanya-tanya, di mana mereka, masih hidup atau sudah meninggal? Itu mengingatkan saya akan cerita Bapak yang menyebut bahwa dulu ada banyak orang yang diculik dan dikubur secara massal entah di mana. Campur aduk rasanya. 

Hilang: Sisi Lain



Missing: The Other Side ini bergenre Thriller, Mystery, dan Fantasy. Tapi kata saya sih ada melodramanya juga. OCN memang sering sekali mengangkat genre tersebut. Jujur saya rindu genre romantis komedi ringan seperti My Secret Romance dan Meloholic. Di drama ini ada pasangannya juga, tapi kisahnya sadis dan bikin sedih.


Kita merencanakan banyak hal. Tapi kehendak Tuhan lah yang terjadi. Seperti niatan Shin Joon Ho dan Choi Yeo Na untuk menikah tapi tidak terjadi karena pengantinnya hilang. Ada adegan di mana harusnya jadi hari bahagia mereka tapi berakhir dengan air mata. Mereka duduk berdua, bercakap-cakap, tapi sebenarnya hanya Yeo Na yang melihat Tunangannya.


Kim Wook sendiri membenci Ibu yang meninggalkannya tapi ternyata hal lain terjadi. Pak Jang juga berusaha keras menemukan Putrinya tapi tidak kunjung mendapatkan jawaban. Sedih banget kan?! Enggak tahu lagi deh harus ngomong apa soal drama Missing: The Other Side

Untuk pemain Missing: The Other Side, bisa dibilang saya pernah melihat akting semua pemain utamanya. Go Soo di Heart Surgeons. Heo Jun Ho di drama Designated Survivor: 60 Days. Ada Ahn So Hee di drama Welcome to Waikiki 2. Ha Joon di Radio Romance dan Black Dog. Seo Eun Su di Top Management. Terakhir Song Geon Hee di The Tale of Nokdu. Menurut saya, akting mereka semua keren dan saya suka setiap karakternya.


Jika kalian penyuka genre misteri, saya rekomendasikan nonton Missing: The Other Side ini. Serius, bagus apalagi kita dimanjakan dengan efek CGI atau Computer Generated Imagery. Oh iya, ini bukan drama horor meski ada arwah-arwahnya. Jadi tidak perlu takut saat nonton nanti. Dan untuk mereka yang kehilangan, semoga bisa segera ditemukan bagaimanapun kondisinya agar yang ditinggal bisa melanjutkan hidupnya. 

Sekian dulu review drama Missing: The Other Side. Ada yang sudah nonton juga? Jika iya, share pendapat kalian! Sampai jumpa. Happy blogging!

Whould you like to comment?

  1. Ini drama keren. Menurut saya kelemahannya hanya satu. Kurang panjang. Hahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. OCN biasanya memang segitu sih. Pusing kalau panjang-panjang

      Hapus
  2. Gak nyangka banget bakal suka drama ini! Sama kayak Mba, nyoba nonton ini karena bosan aja yang romance romance gitu eh malah nagih!

    Sedih sih bagian kisah cinta nya Yeo Na dan Detektif itu... sayang sekali ga bisa happy ending. Tapi tetep Pak Jang yang kasian karena gak bisa ketemu sama anaknya meskipun dalam bentuk arwah, eh tapi ternyata malah ada desa lain...

    Ini emang cocok banget buat yang butuh drama dengan cerita unik!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, Pak Jang paling kasihan karena sama sekali gak bisa bilang selamat tinggal. Gak bisa bayangin perasaannya kaya gimana

      Hapus

Tinggalkan jejakmu di sini, Teman