Explore the blog
Kamis, 25 Juni 2020

Review Drama China The Romance of Tiger and Rose

Bismillaahirrahmaanirrahiim.... 

Kamu pernah mendengar rumor yang menghebohkan? Kalau boleh tahu, apa itu? 

Nǐ hǎo! Bicara rumor atau isu memang ngeri-ngeri sedap ya. Kalau isu bohong, jadinya fitnah. Jika fakta, eh itu kan aib apalagi jika menyangkut orang terdekat. Lalu bagaimana kalau yang dapat rumor adalah putri dari penguasa? Baiklah. Kali ini saya akan cerita tentang Rumor Putri Ketiga atau The Romance of Tiger and Rose




Chen Xiao Qian, seorang penulis naskah yang mencurahkan segalanya demi membuat drama besar. Sayangnya, saat akan memulai syuting, aktor Han Mingxing melayangkan protes karena menganggap skenario Chen Xiao Qian tidak masuk akal. Karena amarah, Chen Xiao Qian ingin membuktikan pada Han Mingxing bahwa tidak ada yang salah dengan karyanya. 


Belum juga terbukti, Chen Xiao Qian malah terjebak di dalam cerita karangannya. Masalahnya, dia menjadi karakter sampingan, Chen Qianqian si Putri Ketiga yang punya reputasi buruk. Dalam naskah, Chen Qianqian ini akan mati di episode ketiga karena diracun suaminya. 


Tak ingin hal itu terjadi, Chen Xiao Qian berusaha untuk membuat Chen Qianqian tetap hidup dan mengembalikan alur cerita yang ada. Akankah Chen Xiao Qian berhasil atau malah terjebak sebagai Chen Qianqian selamanya? 


Native Title: 传闻中的陈芊芊
Drama: The Romance of Tiger and Rose
Also Known As: Chuan Wen Zhong De San Gong Zhu, The Third Princess From the Rumors, The Rumored Third Princess, 传闻中的三公主, The rumored Chen Qianqian
Directors: Cha Chuen Yee
Screenwriter: Nan Zhen
Genres: Adventure, Historical, Romance, Life, Drama, Fantasy, Supernatural
Episodes: 24
Aired: May 18, 2020 - Jun 1, 2020
Aired On: Monday, Tuesday
Original Network: Tencent Video
Duration: 45 min.
Country: China
Cast:
Zhao Lu Si - Chen Xiao Qian /Chen Qian Qian
Ryan Ding - Han Shuo/Han Mingxing
Zhou Zi Xin - Chen Chu Chu
Sheng Ying Hao - Pei Heng
Patrick Quan - Su Mu
Zhao Xin - Chen Yuan Yuan
Hu Cai Hong - Chief of Huaheng City [Mother to Qian Qian, Chu Chu & Yuan Yuan]
Li Ang - Sang Qi [Chief's Right Hand Man]
Wu Yi Jia - Zi Rui
Liu Shu Yuan - Bai Ji
Shen Chi - Meng Guo
Zhang Hao Cheng - Chief of Xuanhu City
Zhang Ting Ting - Mistress of Xuanhu City
Guo Jia Yi - Minister Yang
Chen Ming Hao - Su Zi Ying
Wei Xiao - Lin Qi
Liu Xin - Story Teller
Xue Yi Lun - Story Teller #2
Ning Xian Zhou - Agent

Riview Chinese Drama Chuan Wen Zhong De San Gong Zhu



Tidak seperti nonton drama Korea yang terencana, memilih drama China tuh bisa sangat tiba-tiba. Ketika akhirnya nonton The Romance of Tiger and Rose ini sebenarnya saya masih mengikuti beberapa drama seperti Girlfriend juga My Love, Enlighten Me. Dan kenapa memilih Rumor Putri Ketiga, alasannya sungguh receh. Saya suka lihat pakaiannya, hahaha. Tapi setelah nonton, ternyata ceritanya sangat menarik. 


The Rumored Third Princess ini drama time travel yang dialami Chen Xiao Qian dan terjebak pada naskahnya sendiri. Di sana dia berperan sebagai Chen Qian Qian, si Putri Ketiga. Jadi untuk selanjutnya saya akan menyebut Chen Qian Qian saja ya biar enggak bingung. Bisa dikatakan 10% itu waktu sekarang dan 90% di dunia fiksi naskah Chen Xiao Qian. 

Disebutkan ada dua kota yang kehidupannyanya bertolak belakang bernama Kota Huaheng atau Huayuan dan Kota Xuanhu. Di Kota Huayuan ini, wanita sebagai pemegang kekuasaan, baik pemerintahan, pemimpin perang, bahkan rumah tangga, sementara Kota Xuanhu itu sebaliknya.


Penguasa Kota Huayuan punya tiga orang putri. Putri Pertama adalah Chen Yuan Yuan. Dia cantik dan lemah lembut. Sayangnya dia sakit dan tidak bisa berjalan. Tapi dia menguasai berbagai macam ilmu pengobatan. Putri Kedua adalah Chen Chu Chu. Dia pintar dan mahir dalam segala hal termasuk berperang. Putri Ketiga, Chen Qian Qian. Reputasinya sangat buruk. Dia semena-mena, suka merusak dan lainnya. Meski begitu, dia sangat pandai bela diri. 


Menurut jalannya naskah, Han Shuo yang merupakan putra dari Penguasa Kota Xuanhu datang ke Kota Huayuan sebagai tawanan. Han Shuo ini diceritakan tidak akan hidup sampai usia 20 tahun karena penyakit jantung. Alasan utama ke Kota Huayuan adalah untuk mengambil Tulang Naga yang merupakan harta karun rahasia Kota Huayuan yang dipercaya bisa menyembuhkan segala penyakit. 


Ketika di jalan, dia ingin menarik perhatian Putri Kedua agar jatuh cinta. Secara ya Chen Chu Chu ini kandidat terbaik sebagai Penguasa Kota Muda Huayuan. Sayangnya, malah Putri Ketiga yang datang. Terkenal dengan segala rumor buruknya, Chen Qian Qian ini memaksa Han Shuo untuk menikah meski gadis itu sudah dijodohkan dengan Pei Heng, laki-laki dengan jabatan tertinggi di Huayuan. Untuk melancarkan keinginannya, di episode ketiga yang merupakan malam pernikahan, Han Shuo akan membunuh Chen Qian Qian dengan racun. Jadi tamatlah dia sebagai figuran. 


Setelah Chen Xiao Qian masuk dalam karakter Chen Qian Qian, dia tentu saja enggak mau mati konyol. Misi pertamanya adalah bertahan hidup. Misi kedua adalah menjodohkan Han Shuo dan Chen Chu Chu seperti jalannya naskah. Tapi kenyataannya tidak semudah itu! 


Versi terbaru dari Chen Xiao Qian ini sangat berbeda dari yang dirumorkan. Jika dulu terkenal suka main-main, semena-mena, maka sekarang tidak lagi. Perubahan yang paling terlihat adalah dia kehilangan kemampuan bela diri. Karena Chen Xiao Qian ini hidup, alur naskah pun banyak yang berubah begitu pula karakter di dalamnya. Yang tidak ada pada rencana adalah Han Shuo mencintainya, bahkan semua orang kini jatuh cinta padanya dan ingin Chen Qian Qian menjadi Penguasa Kota Muda Huayuan. Akankah Chen Qian Qian mengembalikan cerita ke alur yang semestinya meski bukan akhir yang bahagia?

Tidak akan pernah terlambat mencari cara untuk memperbaiki kesalahan


Ketika membaca sinopsis The Romance of Tiger and Rose, saya merasa drama ini seperti Extraordinary You di mana pemeran utama jadi figuran dalam cerita. Apalagi ada sakit jantung juga. Selebihnya ya jelas beda. Dan tumben banget saya betah berlama-lama nonton cerita fantasi Historical. Untuk fantasi China, kemarin baru menamatkan Fairyland Lovers setelah sebelumya ada My Amazing Boyfriend. Perjalanan waktu di drama ini enggak terlalu ribet. Tidak seperti My Only Love Song atau Familiar Wife. Tapi kocaknya, wah jangan ditanya. 


Yang paling menarik dan unik dari The Third Princess From the Rumors ini adalah premis yang diangkat yaitu tentang ketidaksetaraan gender. Dibalut dengan komedi romantis, drama ini banyak membahas tentang masalah sosial. Di Kota Xuanhu, setelah menikah, wanita itu harus di rumah, urus suami, anak dan lainnya. Sementara di Kota Huayuan, laki-laki jadi kasta yang rendah. Jadi penghibur, pelayan, bahkan tidak boleh belajar. Memang Chen Xiao Qian awalnya seperti mengangkat martabat wanita dengan membuat plot seperti itu. Tapi setelah bersama Han Shuo bahkan tinggal di Kota Xuanhu, dia juga memikirkan nasib kaum pria. 


Harusnya sekarang ini tuh sudah enggak zaman lagi yang namanya membeda-bedakan gender. Wanita mau bekerja ya silahkan. Laki-laki yang bagian rumah tangga, ya tidak masalah. Tergantung kesepakatan bersama. Sebagai manusia, kita punya kewajiban juga hak yang sama dalam hal apa pun.


Nasib seorang wanita harus berada di tangannya sendiri. Harus menghasilkan uang sendiri. Dengan begitu, baru tidak akan direndahkan oleh orang lain

Ada salah satu adegan yang saya ingat ketika Chen Xiao Qian ditanya tentang bagaimana cara mengendalikan suami. Apa itu termasuk menuruti semua yang kita inginkan? Menurutnya, itu bukan kesetaraan yang sebenarnya. Tak ada yang namanya mengendalikan suami, yang ada hanya pengendalian diri. Perempuan harus menjadi diri sendiri, dan berharga untuk dirinya. Dengan begitu, kita akan dihormati.


Mencintai juga bukan berarti terus menerus mengandalkan dan melayani agar mereka memberi apa yang kita inginkan. Dalam hubungan suami istri, harus mengerti cara merawat diri sendiri, membuat pasangan mengerti keberadaan kita bagi mereka itu sangat berharga. Biarkan mereka tahu bahwa mereka tidak bisa hidup tanpa kita. Adakalanya ketika menikah, masing-masing orang akhirnya meninggalkan apa yang paling disukainya demi keluarga. Mari berterima kasih pada mereka yang sudah menjadi luar biasa. 


Bagi seorang wanita untuk menginginkan rumah tangga tetapi juga menginginkan karir, adalah hal yang sulit

Ya ampun! Ternyata sudah panjang banget saya bicara drama Chuan Wen Zhong De San Gong Zhu. Padahal itu belum ada apa-apanya. Perjuangan Chen Xiao Qian mengembalikan alur juga tidak mudah. Lalu tersadar dong bahwa akhir dari ceritanya adalah Han Shuo kena pedangnya Chen Chu Chu. Nah lho? Kalau penasaran, silakan nonton sendiri drama Rumor Putri Ketiga ini.


Untuk akting dari The rumored Chen Qianqian, mereka wajah baru bagi saya dan hanya tahu Zhou Zi Xin yang memerankan Chen Chu Chu. Dia pernah bermain di Put Your Head on My Shoulder dan A Love So Beautiful. Lalu Zhao Lu Si pemeran Chen Xiao Qian, dia imut dan mengingat saya akan Yoon Eun Hye ketika main di Princess Hours


Ryan Ding sebagai Han Shuo, kelihatan cantik, hahaha. The Romance of Tiger and Rose ini tayang bersamaan dramanya yang lain yaitu Intense Love. Saya memilih nonton drama ini karena kurang suka dengan lawan mainnya di Intense Love, Zhang Yu Xi yang pernah main di My Little Princess. Tapi kalau suatu hari tiba-tiba nonton, ya enggak tahu juga.


Dari berita, anggaran drama Chuan Wen Zhong De San Gong Zhu ini enggak banyak sehingga propertinya kurang bagus. Tapi menurut saya, fashion wanitanya cukup oke. Mungkin karena drama China Historical pertama saya. Jadi tidak ada pembanding lainnya. Tatanan rambut Chen Xiao Qian juga berbeda-beda tergantung dia sedang apa. Menurut saya, rambut Putri Ketiga saat masih punya rumor buruk dan tatapan matanya juga berbeda. Secara keseluruhan, akting mereka semua bagus dan keren. 


Karakter favorit dari drama The Rumored Third Princess ini saya pilih Zi Rui dan Bai Ji. Mereka ini pengawalnya Chen Xiao Qian dan Han Shuo. Kalau pasangan itu mau mesra-mesraan, ya kudu ngelewati Zi Rui dan Bai Ji. Macam malaikat Rokib Atid lah. Meski sering bertengkar, tapi mereka juga saling membantu demi kebahagiaan tuannya.

Dalam kebahagiaan terdapat kesedihan. Meskipun akan menjadi sebuah akhir kisah yang indah, tetapi pasti tidak akan bisa menghindari tangisan yang diakibatkan karena suka cita yang berlebihan. Kisah sedih dan kisah bahagia ini memang sebenarnya sama saja


Bagi pecinta romantis komedi, saya sangat merekomendasikan Drama China The Romance of Tiger and Rose ini ya! Saya sampai sakit perut karena kelakuan Chen Xiao Qian dan Han Shuo ini. Naik turun banget lah apalagi Chen Xiao Qian terlalu polos dan enggak ngeh dengan perasaan Han Shuo. Nonton saja deh biar penasarannya hilang. Atau ada yang sudah nonton juga? Share pendapat kalian ya! Sampai jumpa. Happy blogging!

Sumber gambar: Mydramalist

Whould you like to comment?

  1. drama China juga banyak yg keren ya mba
    bisa coba daku tonton kalo mulai overwhelmed dgn drakor nih

    BalasHapus
  2. Duh, udah lamaaa banget gak nonton drama China klasik kayak gini Jiaaah. Kangen juga deh! Kalo yang jadi figuran dan kena sakit jantung emang mirip Eun Danoh dan Haru, tapi kalo penulis cerita yang masuk ke dalam ceritanya mirip kayak W Two Worlds sih, bapaknya yang antagonis itu hahahaha

    BalasHapus
  3. Aku kalau nonton film atau drama China merasa reuni mba kwkkw
    ingat jaman di Hongkong kebanyakan make cantonese dan mandarin. Tapi seru sih, belajar lagi untuk mengucapkan pelafalan bahsanya. Kapan-kapan download ah, aku suka komedi romance nggak monoton kalo ditonton

    BalasHapus
  4. Aku juga nonton beberapa drama China kayak My Girl Friends is an Alien, Cinderella Chef dan ada beberapa lagi. Efek iseng download wetv waktu itu. Tapi The Romance of Tiger and Rose ini aku belum nonton, boleh juga nih dijadikan referensi tontonan minggu depan.

    BalasHapus
  5. Aku belum pernah nonton yang satu ini mba.. ceritanya menarik bangeet yaaa

    BalasHapus
  6. Entah gimana aku sejak awal terpesona sama foto2 di postingan ini. Aku tu gak suka film mandarin, tp ini kok ganteng cantik banget semuanya ya. Jd malah pengen nonton apalagi uda tau dikit sinopsisnya disini

    BalasHapus
  7. Penasaran deh kalau drama time travel gini, suka lihat tokohnya yang kebingungan dan panik di tempat yang baru..

    BalasHapus
  8. Terima kasih JIah atas reviewnya, aku masih belum move on ari filmnya Hyun Bin dan Yoe See Jin, bahkan film lamanya masih aku tonton, hahaha

    BalasHapus
  9. Lucu ya idenya. Terjebak dalam salah satu tokoh cerita yang harusnya mati. Siapa yang mau ya...hihi...jadi penasaran endingnya. Tapi mmg baju2 film kolosal cina tu bagus2, warna dan sulamannya..jadi daya tarik tersediri ya akhirnya

    BalasHapus
  10. Aku belum tertarik sama drama China, padahal di viu buwanyak banget. Tapi bisa jafi gara-gara lihat baju ceweknya yang bagus jadi pingin nonton ahahaha. Tuh kan jadi penasaran endingnya..

    Kayaknya kalo kamu banyak tebar review drama China , lama lama aku nonton Ji..

    BalasHapus
  11. Jaman dulu tuh suami yang suka nonton film mandarin, tapi kalo drama seri enggak pernah. Aku jadi ikutan suka juga. Nah ini maksudnya cerita dalam cerita gitu ya, Ji? Si penulis menjadi putri ketiga gitu ya

    BalasHapus
  12. Asal niat kesalahan apapun bisa diperbaiki tidak ada kata terlambat ya.
    Settingnya kerajaan ya, nah aku kalau setting kerajaan harus lihat episode awal dulu klik atau gak.
    Bener sih aku di rumah gak ada pekerjaan perempuan atau laki2 jadi sama-sama aja dikerjakan

    BalasHapus
  13. Wah mantul mba sebagai yg awam drama baik korea maupun cina jadi tahu drama cina ini hehehe salfok sama pemainnya kulitnya pada bening gitu

    BalasHapus
  14. Semenjak instal WeTV jadi banyak banget film dan drama-drama China gratis yang bisa saya tonton. Dan eposidenya rata-rata lebih dari 16 episode nggak seperti drakor. Cukup lama juga jadi kadang bikin cepet-cepet selesai aku cepetin saja. Btw belum sempat nonton drama yang ini cari ah.

    BalasHapus
  15. Drama china gak kalah keren ya dari drama korea. Selama ini aku seringnya nonton drakor hehe, boleh nih drama china jadi referensi tontonan selanjutnya

    BalasHapus
  16. Aneh juga ya ceritanya Ji. Ceritanya bisa diubah karena tokohnya tak mau mati awal. Kudu nonton nih biar bisa ikutan menghayati kisahnya.

    BalasHapus
  17. udah lama sekali gak nonton drama Cina :D Kyknya dilihat gambarnya pemainnya makin cakep dan cantik trus wajahnya lbh gmn yaaa, modern, makin menarik haha :D
    Gaya rambut di drama Cina terutama yg setting kerajaan2 gtu emang menarik ya buat diamati hehe :D

    BalasHapus
  18. Akting dari aktornya yang masih pure polos begini ngegemesiin...
    Kalau sudah matang, pasti genre dramanya jadi **kadang kelewat serius, kaya perselingkuhan.
    Uhhuuk~
    Keselek.

    BalasHapus
  19. Drama China dengan Drama Korea, kira-kira lebih banyak mana nih quotes-quotes bijaknya mak? Ga pernah nonton keduanya, soale, hehehe

    BalasHapus
  20. ini tuh filmnya kayaknya keren banget dan seru gitu tapi aku kalau film Korea itu sering nggak sempet nonton filmnya Itu karena waktu aku kayak nggak ada gitu loh

    BalasHapus
  21. Saya paling ga suka drama kerajaan mau China atau Korea. Soalnya intriknya kejam2. Endingnya selalu mengenaskan.. xixixi. Tapi saya suka tuh quotenya. Seorang wanita yang menginginkan rumah tangga dan juga bekerja tidak akan pernah bisa. Yes, kudu dikorbanin salah satunya.

    BalasHapus
  22. aku juga suka nonton film china yang kolosal mbak, dulu sih, sekarang kayaknya udah jarang banget karena sudah riweuh sama kerjaan di rumah hihihi

    BalasHapus
  23. jadi ingat temenku ya suka banget drama china,smpai hafal yang jadi pemerannya. drama china yang sekarang lagi saya tonton itu Ice Fantasy

    BalasHapus
  24. pakaiannya bagusss... biasanya kalau drama kolosal begini bukannya bajunya yg ditumpuk2 kayak tebal banget gitu ya. tp yg di drama ini emamg cantik bgt model bajunua

    BalasHapus

Tinggalkan jejakmu di sini, Teman