Explore the blog
Sabtu, 12 September 2020

Review Drama China My Love, Enlighten Me

Bismillaahirrahmaanirrahiim.... 

Pernah tidak kamu punya impian, sudah diperjuangkan tapi ternyata harus kandas? 

Nǐ hǎo! Kalau ditanya impian yang kandas, oh saya punya. Dulu niat jadi dokter tapi ternyata otak saya enggak sampai, hahaha. Ada rasa kecewa sih. Tapi lebih sadar diri karena ternyata saya juga cukup ngeri kalau lihat darah. Ya mungkin bukan jalannya. Kali ini saya mau review Drama China My Love, Enlighten Me. Bimbing Aku, Cinta.

drama china my love enlighten me

Liu Nuannuan merasakan kepahitan setelah dia gagal debut menjadi girlband. Yang lebih menyakitkan, agensi dan sahabatnya berkhianat. Kini dia harus melangkah maju, menemukan kembali mimpinya yang lain. 

Han Che, seorang insinyur suara dan cahaya yang sukses dengan kemampuan mengingat yang sempurna tapi berhati dingin. Tanpa direncanakan, Nuan Nuan kini tinggal bersama Han Che. 

Nuan Nuan mulai tertarik pada fashion dan Han Che yang awalnya cuek dan saling bermusuhan kini mulai membantu bahkan jatuh hati kepadanya. Yang tidak Nuan Nuan tahu, Han Che adalah orang yang membantu keberhasilan Sahabatnya di malam debut. Bagaimana kelanjutan hubungan mereka? Apakah Han Che benar menyukai Nuan Nuan atau hanya karena rasa bersalah saja? 

Title: My Love, Enlighten Me
Native Title: 暖暖请多指教
Also Known As: Nuan Nuan Qing Duo Zhi Jiao, 奇迹暖暖, 暖暖, 暖暖請多指教, Please advise, warmly
Genres: Comedy, Romance
Tags: Fashion, Perseverance, Cold Man/Warm Woman, Steamy Kiss, Slice Of Life, Male Chases Female First, Hyperthymesia, Cohabitation, Height Difference, Love–Hate Relationship
Director: Wang Yan
Screenwriter: Bo Bangni
Country: China
Type: Drama
Episodes: 24
Aired: May 13, 2020 - May 27, 2020
Aired On: Wednesday, Thursday
Original Network: Tencent Video
Duration: 45 min
Cast:
Leon Leong as Han Che
Eleanor Lee as Liu Nuannuan
Pei Zitian as Fang Hanchen
Li Ximeng as Lin Jiayi
Li Mingjun as Gu Li
Xiong Yuting as Han Xue
Alan Wang as Fu Zhonghui
Feng Bo as Li Lie
Cao Yanyan as Liu Nuannuan's Mother
Zhao Shengsheng as Liu Nuannuan's Father
Liang Guorong as Zhou Yankai
Xu Yifang as Li Biqi
Qin Hanlei as Liu Gang
Jovi Xu Jiawei as Gao Ming
Hui Yuan as Qiao Lexin
Zhang Xiuting as Hai Lun
Yin Chendi as Kai Wen
Shen Mengqi as Ai Mi
Lu Ding as Lin Da
Wu Jiao as Naomi
Su Yi as Ji Guang 

Review Chinese Drama Nuan Nuan Qing Duo Zhi Jiao


drama china bimbing aku cinta

Memutuskan nonton Bimbing Aku, Cinta ini sebenarnya random banget. Ketika itu saya sedang menunggu Girlfriend dan The Romance of Tiger and Rose. Lalu coba baca sinopsisnya, lumayan tertarik karena membahas fashion

Diceritakan bahwa Nuan Nuan itu trainer girlband bersama Han Xue dan Lin Jiayi. Ketika malam penentuan buat debut, dari pihak manajemen itu hanya menginginkan Lin Jiayi. Jadilah Nuan Nuan dan Han Xue ini merasa dikhianati.


Salah satu orang yang membantu kesuksesan penampilan Lin Jiayi adalah Han Che, adik Han Xue. Han Che ini berpikir bahwa Lin Jiayi adalah orang yang dulu menjaganya saat Neneknya meninggal. Jadi dia mau balas budi gitu dengan membantu saat debut. 

Karena Nuan Nuan tidak lagi punya tempat tinggal, akhirnya dia minta Han Xue untuk membiarkannya tinggal di rumah lama Neneknya. Yang tidak mereka tahu, Han Che sudah pulang dari Luar Negeri dan tinggal di sana. Awalnya Nuan Nuan tidak enak hati. Tapi kemudian mereka memutuskan untuk berbagai rumah.


Di awal-awal juga enggak mudah. Nuan Nuan yang agak pecicilan sementara Han Che suka kerapian. Han Che sendiri menderita Hyperthymesia. Kondisi di mana dia mengingat setiap detail apa yang terjadi dalam hidupnya. Alasan dia kembali juga karena ingin mengerjakan proyek “Reappearing Dunhuang”. 

Nuan Nuan pun mulai mencari kerja. Karena suka dengan desain, dia mencoba untuk berkerja di toko pakaian. Dia suka memadupadankan pakaian sampai meminta bantuan Han Che untuk dibuatkan aplikasi agar orang yang beli baju tidak perlu mencobanya. Sayangnya dia tersandung kasus karena meminjamkan baju pada Fang Hanchen, seorang penyanyi baru yang merupakan seniornya di perusahaan. 

Setelahnya Nuan Nuan malah mendapatkan tawaran untuk magang di perusahaan pusat toko pakaian. Dia bekerja di bagian pemasaran. Karena dia memang ingin mencoba sesuatu yang baru, dia pun antusias sekali bahkan akhirnya jadi asisten Desainer. Tapi ternyata bekerja di sana juga tidak mudah karena banyak persaingan bahkan dari sesama pekerja. 

Lalu ke mana akhirnya Nuan Nuan?


Kembali ke perusahaan lama dan bantu teman-teman artisnya. Dia bantu mengurus pakaian dan makeup mereka gitu. Dan semua hal yang dia lakukan itu dibantu oleh Han Che. 

Kisah cinta mereka itu ya memang dari benci ke cinta. Bukan yang benci banget sih, cuma karena beda kepribadian saja. Nah karena di awal Han Che bantu Lin Jiayi, akhirnya itu cewek baper. Tadinya saya pikir Nuan Nuan akan memusuhi Lin Jiayi karena pengkhianatannya. Tapi ternyata mereka baikan. Cuma ya jadi cemburu gitu sama Han Che. 

Yang bikin rumit memang itu. Han Che salah orang dan membantu Lin Jiayi. Sementara yang dulu menemani Han Che adalah Nuan Nuan. Mereka ribut dong karena Nuan Nuan berpikir Han Che hanya memberikan kompensasi, bukan mencintainya. 

Ada kalanya Han Che juga mengejar Nuan Nuan sampai mencoba merebut hati orangtuanya. Ada bagian lucu tapi juga sedihnya. Menurut saya, wajar sih orangtua Nuan Nuan berpikir seperti itu. Dan karena ini drama romance, jadi nontonnya tak perlu khawatir, oke! 

Jika tidak ada tempat untukku di sini, pasti akan ada tempat untukku di luar sana

Drama China Bimbing Aku, Cinta


chinese drama nuan nuan qing duo zhi jiao

Nonton drama My Love, Enlighten Me ini sebenarnya agak mengingat saya akan drama Korea To. Jenny dan Top Management yang juga gagal debut jadi girlband. Mereka ada yang merasa lelah, tapi juga harus bangkit. Nah, itulah yang dilakukan Nuan Nuan. Dia mencari-cari apa yang sebenarnya dia impikan. 

Selain soal fashion, salah satu kenapa saya nonton ini adalah penasaran soal proyek “Reappearing Dunhuang” yang dikerjakan Han Che dan timnya. Cave Temples of Dunhuang atau Kuil Gua Dunhuang yaitu Seni Buddha di Jalur Sutra Tiongkok. Gua-gua tersebut juga dikenal sebagai The Mogao Caves, Seribu Buddha Grottoes atau Gua Buddha Seribu. Di sana jadi saksi pertukaran agama, komersial, dan budaya di sepanjang rute perdagangan yang hubungkan Timur dan Barat, atau yang disebut Jalur Sutra. Di dinding gua itu banyak gambaran cerita yang tentu saja berfokus pada agama Buddha. Mungkin seperti pahatan di Candi Borobudur gitu sih. 

Karena Han Che adalah Seniman Visual, saya pikir proyek “Reappearing Dunhuang” akan benar-benar ditunjukkan. Jadi kita bisa jalan-jalan di dalam gua meski tidak langsung ke China. Kekinian banget kan! Sayangnya, drama Nuan Nuan Qing Duo Zhi Jiao ini fokusnya pada Nuan Nuan. Proyek Han Che kaya tempelan karena muncul di awal dan akhir saja. Padahal itu yang saya tunggu. 

Bilangnya tidak peduli. Sebenarnya di dalam hatimu, kamu lebih peduli dari siapa pun

 


Kata saya, sebenarnya kisah cinta Han Che dan Nuan Nuan itu masih standar klise dalam drama. Ya mereka saling mendukung dalam mewujudkan mimpi. Yang sedikit berbeda mungkin karena Hyperthymesia yang diderita Han Che. 

Katakanlah itu sebagai ingatan super. Orang berpikir mungkin akan enak sekali karena mengingat banyak hal. Tapi karena semua detailnya tak terlupakan, saat ada hal yang menyedihkan itu jatuhnya sakit banget. Selain itu, kondisi otak juga bisa sangat lelah. Sehingga Han Che ini sering pusing, mual dan lainnya. Bahkan bisa mengancam jiwanya jika tidak ditangani. Kalau di drama Korea itu kondisinya seperti Reporter Lee Jung-Hoon di drama Find Me in Your Memory

Sebagai seseorang orang yang mencintainya, kita harus mendukung dia sepenuhnya. Selama dia ingin bertahan, kita harus mendukungnya. Jika suatu hari dia ingin menyerah, kita peluk dia sambil tersenyum dan mengatakan, "Kamu sudah berusaha, itu sudah cukup"

 


Sejujurnya, saya lebih suka kisah cinta antara Gu Li, teman Han Che dan Han Xue, Kakak Han Che yang adalah sahabat Nuan Nuan. Mereka ini kena zona Kakak Adik gitu. Han Xue meski kaya, dia juga mau mencari apa yang disukai. Terus mereka juga sempat tarik ulur gitu. Lucu deh! 

Lalu Lin Jiayi, karakternya tipe-tipe cewek polos tapi sebenarnya agak licik. Saya kurang suka walau memang cantik. Lalu Fang Hanchen, dia suka Nuan Nuan tapi bertepuk sebelah tangan. Kasihan sih. Tapi Hanchen juga sok polos dan hanya menerima bantuan Nuan Nuan terus. Kaya enggak modal, hahaha.


Untuk pemain My Love, Enlighten Me saya hanya pernah tahu akting dari Cao Yanyan sebagai ibunya Liu Nuannuan di drama Le Coup de Foudre dan Wang Ce pemeran Fu Zhong Hui di drama Go Go Squid. Selebihnya, mereka baru bagi saya. Cuma ngeh si Leon Leong saat main di Meteor Garden 2018. 

Lalu untuk fashionnya, saya suka pakaian yang mereka kenakan. Cukup variatif dan khas anak muda. Cuma satu yang kurang saya suka, lipstik Nuan Nuan itu aneh, terlalu mengkilap. Saya paling suka makeup Han Xue meski kadang jadi terlihat dewasa. 

Paling tidak dari drama China My Love, Enlighten Me saya belajar bahwa tidak apa-apa jika salah mimpi kita tidak terwujud. Kita hanya harus mengingat apa yang jadi passion dan dalami itu. Kita bisa mencoba banyak hal dan siapa tahu mimpi-mimpi lain akan tumbuh dan terwujud. Jangan pernah menyerah! 

Tidak peduli pilihan apa pun yang kamu pilih, kamu tidak melakukan kesalahan. Karena kamu tidak pernah menyerah pada dirimu sendiri. Kamu selalu berusaha demi impianmu. Tidak peduli saat ini atau di masa depan 

Sekian dulu review saya tentang drama Bimbing Aku, Cinta. Ada yang sudah nonton My Love, Enlighten Me juga? Share pendapat kalian ya! Sampai jumpa. Happy blogging! 

Sumber info dan gambar:
Mydramalist & www.chinesedrama.info

Whould you like to comment?

  1. Pesan moralnya bagus banget ya Jiah..mengajak kita utk terus semangat meski mengalami kegagalan. Thx review-nya Jiah..

    BalasHapus