Explore the blog
Kamis, 16 Juli 2020

Review Drama China Girlfriend

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Kalau ada seorang yang memintamu jadi Pacar Bayaran, mau atau tidak? 

Nǐ hǎo! Hidup saya memang penuh drama sampai pernah berpikir mau saja jika ada yang meminta saya berpura-pura jadi pacarnya meski enggak dibayar. Suka akting saya. Tapi itu dulu sih, hahaha. Well kali ini saya datang dengan drama China Girlfriend. Dan mendadak saya ingin bernyanyi Pacar Lima Langkah, ckckck.

review drama china girlfriend

Wen Xiao Nuan, gadis pekerjaan keras yang melakukan banyak hal demi keberlangsungan Teater Fusheng di kampung halamannya. Dia memainkan peran figuran meski bayarannya tidak banyak. 

Ye Fei Mo, CEO perusahaan Anning yang berkepribadian dingin, egois dan susah didekati. Dia mengalami patah hati setelah ditinggal pacarnya pergi mengejar mimpinya ke Amerika. 


Ketika Han Hui, mantan Fei Mo kembali, Cheng An Ya membayar Xiao Nuan untuk merawat Fei Mo yang sedang sakit dan juga memberikan misi agar putranya mau datang ke acara Han Hui. Berhasilkah Xiao Nuan melakukannya ketika sebelumnya dia dan Fei Mo mengalami kesalahpahaman? 

Native Title: 楼下女友请签收
Also Known As: Lou xia nu you qing qian shou, 樓下女友請簽收, The Girlfriend Downstairs Please Sign
Director: Ming Yan
Genres: Business, Comedy, Romance, Life
Tags: Company Ceo, Pretend Relationship, Funny Female Lead, Cohabitation, Multiple Couples, Heartbreak, Illness, Love–Hate Relationship, Rich Man/Poor Woman, Friendship
Country: China
Type: Drama
Episodes: 36
Aired: Apr 5, 2020 - May 4, 2020
Aired On: Sunday, Monday
Original Network: Hunan TV, Mango TV
Duration: 30 min
Cast:
Lawrence Wong - Ye Fei Mo
Xu Hao - Wen Xiao Nuan
Wu Hao Ze - Gu Yun Zhou [Fei Mo's friend who also works with him]
Bai Xin Yi - Wang Jia Yi [Xiao Nuan's friend/Actress]
Tu Bing - Han Hui [Fei Mo's ex-girlfriend]
Wang Ze Xuan - Jiang Fang [Xiao Nuan's ex-boyfriend]
Li Ying - Cheng An Ya [Fei Mo's mother]
Ni Han Jin - Li Can
Fu Shu Yang - Jiang Ling Ren
Wang Xiao Cheng - Zhou Xiao Jing
Luo Zheng - Mo Xiao Bai
Xin Ru Qiang - Mai Qi
Zhang Hao Ran - Wen Kai
Yan Jing Yao - [Gu Yun Zhou's mother]
Chang Rui - Zhao Di
Zhu Ying - Xiao Mei
Wang Xin - Xiao Xu Zong
Zhu Yue - Linda
Lou Shu Yu - Bai Xiu Wen

Review Chinese Drama The Girlfriend Downstairs Please Sign 


review girlfriend drama china komedi romantis

Sebenarnya tahu drama Lou xia nu you qing qian shou ini tidak sengaja. Lihat posternya, kayanya lumayan. Lalu baca sinopsisnya, eh kok kaya About Time ya di mana berkisah tentang Aktris, CEO dan Teater. Setelah nonton, ternyata beda meski ada sedikit kesamaan. 


Sejak mulai tayang pada bulan April, saya sudah mengikuti drama ini. Sayangnya menanti Girlfriend subtitel bahasa Indonesia itu banyak sekali dramanya. Lengkap di bulan Juni tapi akhirnya saya bisa menyelesaikan review di bulan ini setelah saya tinggal nonton The Romance of Tiger and Rose


Diceritakan bahwa Wen Xiao Nuan ini aktris figuran yang memainkan banyak peran. Suatu ketika, karena sedih pacarnya selingkuh, Wen Xiao Nuan mabuk di salah satu restoran. Ye Fei Mo yang saat itu di tempat yang sama tanpa sengaja salah masuk bilik. Xiao Nuan yang mabuk mengira Fei Mo adalah mantan pacarnya sehingga dia mencium bahkan memukulnya.


Fei Mo pria yang dingin ini sebenarnya mencari Xiao Nuan untuk mengembalikan pinnya yang tertinggal. Tapi caranya absurd banget dengan nyebut nomor bilik makannya, 5203 di layar besar yang buat iklan. Xiao Nuan sendiri enggak ngeh, tidak sadar juga bahwa dia telah mencium dan nampar Fei Mo. 


Cheng An Ya, Ibu yang Fei Mo sebal lihat anaknya yang seperti susah move on akhirnya minta Xiao Nuan untuk jadi perawat Fei Mo dan membawa pria itu ke acara pesta Han Hui. Awalnya Xiao Nuan enggak mau. Tapi demi membayar hutang Teater di kampungnya, akhirnya dia menyanggupi meski sangat tidak mudah. Fei Mo nolak Xiao Nuan karena dia bukan perawat betulan. Xiao Nuan sendiri melakukan banyak hal agar bisa masuk rumah Fei Mo. Berhasil? 


Ya, setelah banyak percobaan mulai dari naik tangga sampai masuk koper untuk dipaketkan. Fei Mo itu mengalami Gangguan pencernaan akut. Jadi perutnya sangat sensitif, tidak boleh telat makan, tidak boleh terlalu banyak makan dan juga tidak boleh stres. 

Fei Mo sendiri sedang menggarap sebuah film. Xiao Nuan karena terbiasa hidup dengan teater akhirnya bisa ngobrol banyak hal dengan Fei Mo dan itu membawa pencerahan di mana Opera Huang Mei mungkin saja bisa dimasukkan ke dalam film. Masalahnya, cerita asli film Biluo Galaxy juga diinginkan perusahaan lain, Yaohua yang mana Jiang Fang mantan pacar Xiao Nuan jadi direkturnya. 


Opera Huang Mei atau Huang Mei Xi (黄梅戏) merupakan sejenis opera Tiongkok yang berasal dari Provinsi Anhui. Mulanya ini adalah kesenian para petani yang punya kebiasaan metik daun teh sambil bernyanyi, sehingga lagu mereka dikenal dengan nama Melodi memetik teh. Sekarang opera ini berkembang jadi salah satu bentuk opera paling terkenal di Tiongkok. Ciri khas utama Opera Huang Mei adalah musik sekitar 104 buah melodi yang ringan, ceria dan sederhana untuk didengar. Pastinya dimainkan dengan busana, tata rias tradisional dan juga tari-tarian yang menggambarkan kehidupan rakyat sehari-hari (Wikipedia Opera Huang Mei

Fei Mo dan Xiao Nuan akhirnya datang ke acara penyambutan Han Hui dan mereka pura-pura jadi pacar. Lucunya, di sana ada Li Can, sutradara yang akan menggarap film Biluo Galaxy dan mengatakan bahwa siapapun yang bisa masuk kolam akan jadi pemeran utama. Dan kejadian lah di mana Xiao Nuan nyebur ke air. 

Langsung jadi pemeran utama? 


Tentu saja tidak. Kontrak antara Fei Mo dan Xiao Nuan selesai setelah pesta. Dia bahkan tidak mengambil uang itu karena terlalu marah pada Fei Mo. 

Fei Mo sendiri gemas dan akhirnya mengikuti Xiao Nuan dan tinggal di lantai atas apartemen. Fei Mo juga membantu membayar hutang hingga mau tidak mau Xiao Nuan pun menandatangani kontrak sebagai aktris di bawah naungan perusahaan Anning. 


Jadi aktris baru pun tidak mudah. Ada banyak latihan ini dan itu sehingga Xiao Nuan layak untuk tampil. Ketika berita Xiao Nuan menggantikan pemeran utama dalam film Biluo Galaxy, Fei Mo juga tidak mudah mengiyakan. Ada sentimen dari publik juga. Akhirnya dibuat semacam video teaser. Han Hui yang sejak awal mengincar pemeran utama agar bisa dekat dengan Fei Mo akhirnya marah. 


Kalau sudah begitu, akan kah Xiao Nuan bisa membuktikan bahwa dia mampu? Bagaimana hubungannya dengan Fei Mo. Akankah ada cinta di antara mereka?

The Girlfriend Downstairs Please Sign


review drama the girlfriend downstairs please sign

Karena pada dasarnya suka romcom, saya sangat menikmati nonton drama Girlfriend. Cerita antara CEO dan bawahan memang sudah banyak seperti My Secret RomanceMy Shy BossThe Secret Life of My Secretary dan What's Wrong with Secretary Kim. Meski wajah mereka benar-benar baru bagi saya, aktingnya dan kemistri mereka lumayan oke. Padahal Lawrence Wong dan Xu Hao baru pertama kali jadi peran utama. 


Yang paling saya suka ya saat proses pengejaran Fei Mo untuk menaklukkan hati Xiao Nuan. Posisinya gadis itu baru putus dari pacarnya yang selingkuh sementara Fei Mo ditinggal pergi. Jadi sebenarnya dua-duanya enggak mudah untuk membuka hati. Mana Fei Mo itu jahil banget dan bikin saya ngakak sendiri karena kelakuannya. 


Dan di mana-mana kedatangan mantan pacar yang mau balikan itu menjengkelkan. Walaupun sebenarnya enggak bisa nyalahin Han Hui juga yang mengejar karirnya. Cuma kalau kamu sudah memilih sesuatu, harus menerima konsekuensi yang ada. Enggak mungkin lah hati orang selalu sama. 


Ada saatnya Xiao Nuan juga ingin menjadi orang yang dibanggakan dan setara dengan Fei Mo. Jadi dia bekerja sangat keras untuk diakui. Kalau boleh bilang, beruntung karena Cheng An Ya, Ibu Fei Mo mendukung hubungan mereka. Jadi enggak ada drama antara menantu dan Ibu mertua. 


Kisah cinta lain ada sih yaitu antara Gu Yun Zhou, teman Fei Mo dan Wang Jia Yi, sahabat Xiao Nuan. Lalu ada juga cinta lama belum kelar dari Li Can dan Zhou Xiao Jing. Masing-masing juga punya jalan berliku untuk menyatukan cintanya. Tapi karena pemeran utama jadi yang paling favorit, saya tidak akan membahas mereka. 


Sebenarnya saya tidak mau jahil dengan membahas fashion. Kasusnya kaya Well Intended Love yang pakaiannya banyak yang sama. Untuk gaun, lumayan bagus sih. Tapi karena menurut saya ceritanya oke dan wajah pemainnya juga ganteng dan cantik, saya maafkan saja kekurangan ini, hahaha. 


Oh iya, awalnya saya pikir ini drama ada musikalnya tapi ternyata tidak. Kata saya, penyanyi Opera China tuh kaya orang nyinden. Agak sengau gitu. Beberapa adegan juga sempat nyanyi. Tapi di telinga saya memang enggak biasa sama itu. 


Kalau punya keinginan dan mau usaha, kamu akan meraih apa yang kamu impikan. Tetaplah jadi diri sendiri, jangan menganggap dirimu sebagai pengganti. Tunjukkan kemampuan yang kamu miliki. 


The Girlfriend Downstairs Please Sign termasuk drama ringan dan menghibur. Jadi kalau kalian memang pecinta drama komedi romantis, boleh juga nonton ini. Atau ada yang sudah nonton? Share pendapat kalian ya! Sampai jumpa. Happy blogging!

Sumber info dan gambar: baike.baidu.com, Weibo, douban.com, Mydramalist

Whould you like to comment?

  1. Jadi temanya romance comedy ya, aku sukaa. Film2 bertema seperti ini menghibur banget, nggak bikin tegang seperti kalau nonton thriller haha.
    Penginnya sih Xiao Nuan jadian sama Fei Mo *jadian nggak yaa? :D

    BalasHapus
  2. Wowwwww....... hihihiih aku terkezuuut deh baca ini! Ternyata ada juga ya drama Cina selain drama Korea yang disukai dan ditonton ibu2 :D Oh jadi ga diceritakan tentang mamah mertua dan menantunya? Kayaknya seru juga nih bisa menghibur kita hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Calon Mamah Mertua dukung. Jadi salah satu masalah terpecahkan

      Hapus
    2. Loh...aku kok malah nyasar komen di mari yaa..
      Tertarik sama kisah Jia dan mamah mertua malahan, hahhaha...

      Mirip Princess Hours donk yaa...
      Ngejar karir, giliran sungguhan ditinggalin dan move-on sama cewek lain, dianya mau balikan lagi.
      Iiih...super KZL deeh...tapi aku suka plot cerita begini. Patah hati pake banget.

      Hapus
  3. Seneng banget di blog ini banyak review drama yang belum pernah aku tonton. Suka ih sama pemerannya, gemes-gemes gimanaaa gitu.

    BalasHapus
  4. Tema pacar bayaran ini lumayan sering diangkat di drakor ya. Drakor satu-satunya yang pernah saya tonton Full House itu juga tentang pacar bayaran kalau nggak salah. Tapi trus biasanya dari yang pura-pura jadi jatuh cinta beneran eaaaa.

    BalasHapus
  5. Totally romantic dan bakal bikin baper maksimal ini mah!
    Kayaknya daku mau nonton ughaaa

    BalasHapus
  6. Mbak kenapa aku ngebayangin kamu dangdutan pake lagu pacar lima langkah. Hahaha..mbak gak coba asah lagi bakat aktingnya gitu?

    BalasHapus
  7. Udah lama banget ga nonton drama China. Minimal bisa 30 Episode, tapi ini Girlfriend cerita nya tampak menarik, apalagi genre nya romcom. Selera drama/film yang Aku banget

    BalasHapus
  8. Aku nonton Drakor What's Wrong with Secretary Kim.
    Eh iya ya, pakaian yang dipakai Xiao Nuan biasa aja. Ngga stylish gitu, wkwkkk

    BalasHapus
  9. Saya membaca riviewnya dari atas sampai bawah. Jalan ceritanya menarik. Apa lagi saya termasuk menyukai opera tradisional cina, opera para pemtik teh itu, sering nonton kalau jalan-jalan ke Cina. Namun kayaknya saya gak akan begitu sabaran membaca kisah cinta yang berliku-lintu antara Fen Moi dan Nu An :)

    BalasHapus
  10. Saya belom nonton mba. Tapi seru yaa. Jadi penasaran juga nih pingin nonton

    BalasHapus
  11. Wah baru baca aku review drama china hehe.. biasanya baca review drama korea aja nih..ternyata drama china juga seru ya.. jadi mau nonton drama china juga.. drama korea sudah beberapa kali.. drama china nih yang belum pernah hehe

    BalasHapus
  12. heheheh ternyata disana ada juga ya ide masuk koper untuk dipaketkan, kirain candaan orang sini aja

    BalasHapus
  13. wah saya suka mba sama film genre romance gini mana pasti ada life lessonnya gitu, kalau mau sesuatu harus tangguh ya mba buat mencapainya

    BalasHapus
  14. hmm, Jiah some time i watching drama China. it's been a few years. I really prefer watching Asian dramas / films. Your review is OK. Thanks ya

    BalasHapus
  15. Btw, kadang capek kalau nonton drama China soalnya episodenya di atas 20 bahkan ada yang sampai 50an. Kalau drakor 16 episode saja rata-rata. Tapi memang kalau ada yang bagus banget biar episodenya banyak saya tonton juga.

    BalasHapus
  16. Slama ini taunya drakor aja, itupun sekilas. Eh ternyata drama China juga seru2 gini ya. Cuma eps kok banyakkkk

    BalasHapus
  17. Cukup menarik juga ini drama. Kebetulan saya juga lagi menyukai menonton drama China tapi yang jadul-jadul. Boleh nih masuk list untuk ditonton. Enggak bisa bayangin itu gimana jadi aktris baru, terus penuh cobaan dan rintangan. Terus drama ini ringan jadi ya, boleh banget nih aku nonton. Karena selama ini kalau nonton drama China yang berisi perang mulu.

    BalasHapus
  18. Aku belum pernah nonton drama dari Cina, biasanya suami yang suka nonton film Cina jadi aku ikutan deh..kayaknya seru latar belakangnya dunia teater..

    BalasHapus
  19. Ini kyknya temanya mirip2 yg tresno jalaran soko kulino itu keknya ya. Tema yang sbnrnya udah biasa namun penonton biasanya tetep suka nonton kalau ada sisi konyol plus romantisnya #imho sih heheeh

    BalasHapus
  20. kali ini drama dari negeri Tiongkok ya mba. Hmmm..jadi pacar bayaran tuh kayak apa yaa rasanyaaa

    BalasHapus
  21. wah drama china bagus juga ini.. bahas dari sisi fashionnya juga asik kok...

    BalasHapus
  22. Eh Lagu Pacar Lima Langkah tu yg gimana mbak Jiah? Haha...jangan2 abis BW trus browsing ini :D

    BalasHapus

Tinggalkan jejakmu di sini, Teman