Selasa, 26 Februari 2019

# 2018 # 2019

Review Drama Korea My Strange Hero

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Apa yang akan kamu lakukan jika bisa kembali ke SMA? Sekolah betul-betul atau balas dendam karena pernah memperlakukanmu dengan tidak adil? 

Anyyeong hasimnikka! Setelah purnama lewat, akhirnya saya ngulas drama My Strange Hero. Enggak ada alasan khusus soal penundaan ini. Mungkin karena belum sempat saja, hahaha. Padahal tamatnya sudah di awal Februari. 

Kang Bok Su dewasa menjalani hidup dengan tidak mudah setelah di DO dari SMA Seolsong. Hal itu disebabkan oleh cinta pertamanya Son Soo Jeong dan teman laki-laki Bok Su, Oh Se Ho.


Pada suatu ketika, tanpa sengaja dia menolong seorang perempuan yang ternyata Son Soo Jeong dan muridnya Oh Young Min. Karena kejadian ini, Kang Bok Su dianggap pahlawan masyarakat.


Atas penghargaan itu, pihak sekolah memanfaatkan Kang Bok Su dengan memintanya kembali ke SMA Seolsong. Awalnya Bok Su menolak tapi kemudian dia punya misi balas dendam apalagi di sana ada Son Soo Jeong yang jadi guru dan Oh Se Ho sebagai ketua dewan sekolah. 

Apa yang akan dilakukan Bok Su untuk balas dendam? Bagaimana akhirnya? 

Drama: My Strange Hero/Bok-Su's Back
Revised romanization: Boksooga Dolawadda
Hangul: 복수가 돌아왔다
Director: Ham Joon-Ho
Writer: Kim Yoon-Young
Network: SBS
Episodes: 32
Release Date: December 10, 2018 - February 4, 2019
Runtime: Monday & Tuesday 22:00 (35 minutes each/2 episodes per day)
Language: Korean
Country: South Korea
Cast:
Yoo Seung-Ho
Jo Bo-Ah
Kwak Dong-Yeon
Kim Dong-Young
Park Ah-In
Kim Mi-Kyung
Kim Jae-Hwa
Choi Won-Hong
Kim Young-Ok
Joel Roberts
Kim Yeo-Jin
Yeon Jun-Suk
Lee Kang-Min
Yoo Seon-Ho
Oh Hee-Joon
Jang Dong-Joo
Kim Da-Ye
Hong Seung-Bum
Cheon Ho-Jin
Jo Hyun-Sik
Eom Hyo-Seop
Kim Kwang-Kyu
Kim Do-Yeon
Park Kyung-Hye
Jang Won-Young
Kim Kyeol
Shin Dam-Soo
Chae Song-A
Jeon Su-Kyeong
Kim Young-Sun
Wie Ji-Yeon
Lee Chae-Young
Hwang Bo-Ra
 

Review Korean Drama Bok Su's Back 


Drama Korea My Strange Hero ini sebenarnya tamat bersamaan dengan Clean With Passion For Now. Temanya pendidikan dengan setting kebanyakan di sekolah. Iya, ceritanya Bok Su yang sudah berusia 27 tahun balik ke SMA. Bayangin saja, sudah dewasa lalu main sama anak belasan tahun.


Jika Sky Castle mengkritisi pendidikan dari pihak orangtua, drama Bok Su's Back ini dari pihak sekolah serta guru-gurunya. Sky Castle agak elit, sementara drama ini lebih santai, banyak humornya dan para pria dan wanita dewasa yang pakai seragam sekolah. Cute!


Bukankah ini pengalaman yang menyenangkan untuk mempelajari sesuatu dan menguasainya?! 

Alur yang dipakai maju mundur. Pertamanya cerita tentang Bok Su di SMA 9-10 tahun lalu sebelum di DO. Diceritakan bahwa Bok Su itu siswa dengan rangking terendah tapi populer karena baik hati. Lalu untuk menaikkan nilai, Bok Su dipasangkan dengan Son Soo Jeong, ketua kelas yang dapat peringkat pertama. Awalnya mereka berantem karena Soo Jeong tak ingin nilainya turun gara-gara Bok Su. Seperti drama romance pada umumnya, mereka akhirnya saling suka gitu.


Lalu muncul Oh Se Ho, siswa pindahan. Dia ini pemalu. Bok Su mengajak Se Ho berteman begitu juga Soo Jeong. Mereka ini semacam 3 sekawan. Em, ada 2 teman Bok Su lain sih yang cukup setia.


Dan kemudian ada kejadian yang bikin geger sekolah hingga berakhir dengan Bok Su yang di DO. Pada akhirnya, hidup Bok Su, Soo Jeong, bahkan Se Ho sendiri tidak berjalan baik. Kini Bok Su datang untuk meluruskan masalah tersebut. Sayangnya, ternyata banyak masalah yang terjadi di sekolah mulai dari sekolah yang dibisniskan, guru yang korup sampai diskriminasi  siswa berdasarkan rangking. 

Ada kelas atas namanya IVY, lalu SKY, dan kelas terendah itu Wildflower. Nah, si Bok Su ini masuk kelas Bunga Liar. Sialnya juga, Son Soo Jeong jadi wali kelasnya. Kelas ini sungguh tak ada harapan sampai ada rencana murid-murid ini akan dipindahkan ke sekolah lain. Lalu apa mereka mau? 

Saat kau menemukan sebuah batu di jalan, yang lemah akan menganggap itu sebagai hambatan. Namun yang kuat akan menganggap itu sebagai dorongan


I love anak-anak di kelas Wildflower. Di awal mereka memang malas belajar bahkan bawa bantal di masing-masing meja lalu teringat dulu saya juga suka tidur di kelas, hahaha. Tapi kemudian setelah Soo Jeong berkata bahwa setiap anak itu istimewa, mereka mengalami sedikit perubahan. Lalu apa yang terjadi hayo?!



Saya nonton drama ini jelas karena Yoo Seung Ho. Di drama sebelumnya I'm Not a Robot dia kan jadi orang kaya. Tapi di sini dia nelongso banget. Dia jadi kurir lalu ngamuk gitu. Kan jadi pertanyaan kenapa investasi robotnya gagal? Eh malah nyambungin cerita, hahaha. Tapi tetap lho dia masih kelihatan oke. Saya paling suka akting Seung Ho sama ibunya Lee Jung Soon. Kim Mi Kyung di sini enggak serawr kaya di drama Another Oh Hae Young.


Jo Bo Ah, terus terang ini pertama kali saya lihat aktingnya. Banyak yang enggan nonton drama My Strange Hero karena lihat Jo Bo Ah itu nyebelin. Waktu saya nonton, asli baru kali ini saya sebel sama karakter first lead femalenya. Soo Jeong ini ceplas ceplos, sering ngumpat dan paling parah adalah dia guru yang menyogok agar jadi pegawai tetap. Tapi kemudian saya mengerti kenapa dia bersikap seperti itu. Dia hanya berusaha melindungi diri dengan cara yang berbeda. 

Tidak ada yang jahat di dunia ini, melainkan hanya ada orang yang kesepian


Kwak Dong Yeon pemeran Oh Se Ho asli saya sebel sama dia di awal. Dari nonton dia di Radio Romance sampai Gangnam Beauty, rasanya kok berada di zona abu-abu terus. Sebentar jahat, lalu baik. Tapi seperti karakter Soo Jeong, Oh Se Ho sendiri punya luka yang disebabkan oleh Ibunya sendiri.



Karakter lain ada Kim Dong Young yang entah mengapa selalu berkarisma seperti di Let's Eat 3. Lalu ada Choi Won Hong yang sudah besar padahal dulu imut banget saat di drama Playful Kiss bersama Jung So Min. Kim Yeo Jin nenek lampir di drama ini. Padahal pas di Terius Behind Me cukup menawan. Lalu ada lagi anak-anak Wildflower Kim Da Ye yang cantik, Lee Kang Min yang di awal kemunculannya sudah menarik perhatian saya dan Yeon Jun Suk yang tetap kelihatan imut seperti di Your House Helper. Masih banyak deh nama-nama yang tidak bisa saya sebut kaya guru-gurunya. Tapi kesemua orang di drama ini tuh keren!


Tak seorang pun kecuali diri kita yang bisa membebaskan pikiran kita. Yang menguncimu bukan Ibumu atau sekolah melainkan dirimu sendiri 

My Strange Hero mengkritisi sistem pendidikan dengan menempatkan diri sebagai seorang murid. Tidak semua murid pintar, tapi mereka tetap istimewa dengan caranya. Saya suka bagaimana mereka akhirnya bersatu demi sekolah dan menyelesaikan masalah yang ada dengan cara yang cerdas.


Saya (Kang Bok Su) seseorang yang dapat membuktikan bahwa tidak pintar bukan berarti kalian tersesat dalam hidup 

Sekolah tempat belajar dan penting bagi kita, orangtua, guru, untuk melindungi murid-murid kita agar nyaman di dalamnya. Saya suka bagaimana Ibu Bok Su berkata bahwa anak yang berulah itu bukan anak yang nakal. Sesungguhnya mereka sedang menjerit, berteriak minta pertolongan orang dewasa.



Dan kalian yang suka romance, jangan hawatir karena tetap ada sisi manis dan cinta-cintaannya. Lalu saya malah teringat film India Main Hoon Na Shahrukh Khan. Pacaran antara Guru sama Murid memang challenge banget, hahaha. Kerjaan Bok Su sama teman-temannya juga aneh-aneh. Secara keseluruhan, drama ini recommended!


Ketika kita berusaha semampu kita, kita tidak pernah tahu keajaiban apa yang terjadi dalam hidup kita (Helen Keller)


Kalau kalian bosen sama drama berat, yuk coba nonton Drama Bok Su's Back. Ini cerita bukan soal cinta-cintaan ala anak SMA kok. Atau ada yang sudah nonton? Paling suka adegan mana? Saya sih waktu kelas Wildflower mau belajar dan disogok foto Bok Su juga saat mereka pegangin kepala si ranking 1 sebelum tes. Jangan lupa share pendapat kalian ya! 

Sampai jumpa. Happy blogging!

34 komentar:

  1. Jiah, sekarang nih di atas si bontot lg nonton drakor terus2an beberapa seri. Udah addicted doi. Kl gk ngajar Yoga, di rmh ya nonton drakor. Kl bundanya selalu and selalu gak mau lepas dari nonton DA xi Indosiar, kagum pada bibit2 muda kebanyakan dari luar p.Jawa, hehe..kontra ya ma anaknya.

    BalasHapus
  2. sebenernya agak klise juga ya ceritanya, tapi biasanya punya nilai sendiri nih haha..

    ini total berapa episode mbak?
    *suka gregetan soalnya kalau banyak episodenya haha

    BalasHapus
  3. Wah so sweet nih, membaca reviewnya jadi membayangkan kembali ke jaman SMA... Aku suka alur cerita drakor ini rata2 cerita yang menyimpan penuh kenangan... Jadi penontonnya ikut terbawa mengenang kisah yang dialaminya.

    BalasHapus
  4. Jadimirip film Never Been Kisses yang kembali ke sekolah, eh tapi jalan ceritanya sih beda kok.
    Hahaha Jiahh ih masa tokoh dari drama lain dimasuk2in ke sini juga, kali aja memang robotnya perlu diperbarui :-D
    Kalau aku perhatikan drama-drma korea suka ada adegan naik sepeda ya, jadi pingin berduaan naik sepeda hihihi.
    Aku suka baca reveiew drakor tapi gak bisa nulis reviewnya.

    BalasHapus
  5. Salam kenal mba. Wah peran utamanya ganteng banget ya. Hehe. Baca ulasannya seru seneng jadi inget masa SMA dan terutama kelas saya juga IPS yg sering bermasalah sm siswa2nya. Quotenya sukak. Asli mungkin mereka memang cari perhatian gt krn kesepian ya.

    BalasHapus
  6. Aku selalu tergemas gemas sama film berlatar masa SMA, kayanya memang masa banyak sekali momen yang bikin ngerasa "ahaaa...dulu aku juga gitu" ha-ha-ha. Gara gara kemarin dikompori nonton secretary Kim sekarang jadi hunting drakor drakor deh

    BalasHapus
  7. Setuju dengan pendapat ibu Bok Su. Pernah juga ada psikolog yang berpendapat seperti itu di salah satu seminar parenting. Udah saya ulas di blog. Bahwa anak yang sedang berulah itu jangan dijudge nakal. Justru harus dicari penyebabnya. Bisa jadi itu sebetulnya jeritan mereka

    BalasHapus
  8. Wah dramanya Yoo Seung Ho yang ini belum sempet ketonton nih Jiah. Niatnya mau dimarathon tapi belon kesampaian hehe.

    Kayaknya aku sempet nonton beberapa eps awal deh waktu Yoo Seung Ho pura2 ngajak kabur pengantin cewek sama temen2nya gitu, kocak juga tapi belon sempet dilanjut nih hehehe

    BalasHapus
  9. ini kok temanya seru yaa, bisa-bisa keracunan nonton lagi ini.. padahal udah bertahan gak mau nonton drakor karena pasti ketagihan trus ngotot nonton sampe kelar, hahaaa

    BalasHapus
  10. Aku tuh seneng mampir di blog kamu kak jadi dapat referensi film drakor yang belum aku nonton hehe. Btw selalu suka sama drakor yang berbau cerita SMA jadi terkenang masa lalu gitu.

    BalasHapus
  11. latar belakang masa sekolah apalagi masa SMA memang paling indah ya.. jadi ingat saat saat kehidupan di SMA dulu hehe.. banyak yang bilang paling di kenang.. hehe emang sih.. hehe drama korea my stange hero ini pasti bikin kita senyum senyum sendiri saat nonton

    BalasHapus
  12. Aku suka pemain cowoknya, tapi belum sempet nonton. Cuma nonton cuplikan2 nya dulu di youtube hehe. Besok download ah

    BalasHapus
  13. Cerita ini berapa episode mba? Btw romantis banget sih jadi ingat masa-masa sekolah dulu. Btw suka dengan kalimat ini "Tidak ada yang jahat di dunia ini, melainkan hanya ada orang yang kesepian"

    BalasHapus
  14. Itu poster dan memenya banyak banget yaaa...dan lucu-lucu yaaa. Orang kesepian itu bisa jadi jahat yaaa

    BalasHapus
  15. Ahh yoo seung ho. Favorit aku tuh kak.. Asli jadi pemgen banget nonton drama ini, tp episodenya ga salah kak 32? Panjang banget yaa huhuhu

    BalasHapus
  16. huwaaa ini tentang di balik layar sekolah yaa. Apa di Korsel ada sekolah yang korup atau membisniskan pendidikan sampai sebegininya menginspirasi buat dijadikan film? Hmm ...

    BalasHapus
  17. Drama ini sudah duduk manis di hardisk ini, tapi entah mengapa pemeran cowoknya kok saya gak suka yaa, jadi bingung nih mau nonton atau skip dramanya

    BalasHapus
  18. Drakor yang ngangkat tema sekolah biasanya selalu menarik untuk ditonton nih, banyak drakor dengan tema sekolah yang kusuka, nanti mau coba nonton 1 episode dulu ahhh, mudah-mudahan bisa dapat feelnya lihat aktor ini :(

    BalasHapus
  19. Bok Su itu mirip Verrel ya, hahahaa
    Drama sekolah yang drama banget nggak sih. Ku jadi mau donlot nih, mau nambah pilihan tontonan buat weekend nanti

    BalasHapus
  20. Saya gak gitu tertarik sih nonton drakor mbak, enggak cuma drakor sih, tapi juga tontonan yang lain. Sepertinya hidupku sekarang dikuasai sama anak anak. Palingan nonton film yang ditonton anak anak, mendampingi mereka nonton film anak anak. But thanks review-nya ya mbak.

    BalasHapus
  21. Ku ga paham lagi kenapa mba jiah bisa apal semua nama korea yg nyebutnya aja aku susah wkwkwkw. Racun dunia banget ini review2 nya mba jiah 😂😂😂. Makin nambah list to watch nya aku 😅

    BalasHapus
  22. "Tidak semua murid pintar, tapi mereka tetap istimewa dengan caranya"

    Suka dengan kata-kata itu. Sepertinya drakor dengan cerita yang ringan ini menarik ya, apalagi berlatar sekolah. Point plus, klu nonton drakor pasti ada pesan juga yang bisa dipetik eh tapi saya sudah lama sih nggak nonton drakor��

    BalasHapus
  23. Dendam yang terus membara akan membuat konflik cerita ini menjadi lebih menarik.

    Kejahatan karena masa lalu dan perlakuan sang ibu membuat kita sedih bahwa pengalaman inilah yang membekas di hati sang anak

    BalasHapus
  24. Menciptakan keajaiban sesungguhnya akan membuat kita semakin percaya bahwa lakukan hal terbaik maka akan datang hari baik suatu saat nanti

    BalasHapus
  25. Aduh Jiah, tega banget sih review film drakor. Yang kemarin kemarin aja belum di tonton, ini baru lagi hahaha.
    Nggak kelihatan ya usia 27 tahun dicemplungin jadi anak SMA, kayak anak SMA

    BalasHapus
  26. Aahhh dia mah biarpun udah 27 tahun juga tampang masih keliatan kaya umur belasan, ga kalah lah kalau disandingin Ama anak anak SMA... Hehehe...

    BalasHapus
  27. Aku juga awalnya nonton karena pemeran cowoknya ganteng wkwk tapi cuma 1 episode aja nontonnya. Aku ga suka liat ceweknya. Kurang pas dipasangkan dengan Yoo Seong Ho wkwk

    BalasHapus
  28. Aku penasaran knp produsernya gak nyari pemeran yang lbh mudaan ya haha. Mungkin krn aktornya wajahnya imut2 yaa :D
    Jd ini ceritanya romansa seperti biasa ada bumbu2 persaingan jg ya mbak? :D
    TFS

    BalasHapus
  29. Plis deh drakor, tetangga ako si Bibi Titi Teliti yang slalu ngasih virusnya. Kusuka drakor, jalan ceritanya trus bapernyaaa sama cowo2nya yg cantik2 n unyu2 getoh.
    Mbayangin Jiah jejeritan nonton ates2 korea cowo eeaaa

    BalasHapus
  30. Duuh wajah para pemainnya bikin minder. Lalu usap2 anti aging hahahahaha

    BalasHapus
  31. Banyak bgt ya koleksi drakor Mak jiah.Pas nonton drakor kdg dlm hati berdoa agar sinetron2 indonesia jg sarat ilmu kyk film drakor itu Mak

    BalasHapus
  32. Waahh...orang dewasa balik jadi anak SMA gitu? sungguh out of the box idenya. Jadi bayangin bapak2 udah ubanan dan jenggotan jadi murid SMA haahaa... kalau yang di drama ini jelas enggak lah ya. Oppanya pasti masih imyuuttt...

    BalasHapus
  33. Aku belom nonton nih drama ini. Noted deh buat referensi. Kebetulan The Crowned Clown minggu depan habis. Lagi nyari buat gantinya. :D

    BalasHapus
  34. Wah aku sky castle aja belum tamat. Hoho. Ok next time ini deh

    BalasHapus