Explore the blog
Selasa, 15 Desember 2020

Review Notebook of My Embarrassing Days Korean TV Movie

Kamu punya buku diary? Biasanya apa yang kamu tulis di sana? Hal tak terlupakan atau hal yang memalukan?

Annyeong hasimnikka! Saya kembali! Ada yang kangen dengan review drama dan film dari saya? Enggak ada? Okay, fine! Well, karena ini akhir tahun dan saya masih ada drama yang belum diulas atau sudah ditonton tapi belum lanjut, untuk pemanasan saya pilih Review Notebook of My Embarrassing Days Korean TV Movie. KBS Drama Special ini cuma satu episode dengan durasi 1 jam-an. Jadi aman untuk menemani liburan akhir tahun.

review notebook of my embarrassing days

Do Do Hye merupakan guru matematika yang memiliki kepribadian terlalu jujur ​​dan ini menyebabkannya menghadapi saat-saat yang memalukan. Setelah hal itu terjadi, ia akan menuliskannya dalam diary dan menganalisis dengan rumus untuk mencari apa yang salah dengannya.

Suatu ketika, dia pergi ke kamp untuk menulis soal ujian masuk perguruan tinggi. Siapa sangka di sana ia bertemu dua pria yang pernah melihatnya melakukan hal yang memalukan di masa lalu. Apakah yang akan terjadi selanjutnya?


TV Movie: Review Notebook of My Embarrassing Days/My Dark History Wrong Answer Note
Revised romanization: Naui Heukyeoksa Odaknoteu
Hangul: 나의 흑역사 오답노트
Director: Hwang Seung-Ki
Writer: Bae Soo-Young
Network: KBS2
Episodes: 1
Release Date: September 14, 2018
Runtime: Friday 22:00
Language: Korean
Country: South Korea
Cast:
Jeon So-Min - Do Do-Hye
Park Sung-Hoon - Na Pil-Seung
Oh Dong-Min - Choi Jin-Sang
Song Ji-In - Teacher Oh
Seo Sang-Won - Professor Bong
Park Sun-Hee - Professor No

KBS Drama Special: Review Notebook of My Embarrassing Days


notebook of my embarrassing days

Sejak menyelesaikan drama Into The Ring, rasanya saya benar-benar jatuh hati dengan Park Sung Hoon. Akhirnya saya cari-cari drama dan film yang ia bintangi dan ketemulah Review Notebook of My Embarrassing Days. Soalnya mau nonton Psychopath Diary atau Justice kok belum memungkinkan. Jadilah milih TV Movie saja.

Sebenarnya ada beberapa judul dari 2018 KBS Drama Special yang antara lain:
  • Review Notebook of My Embarrassing Days | Naui Heukyeoksa Odaknoteu (KBS2/2018)
  • Forgotten Season | Ithyeojin Kyejeol (KBS2/2018)
  • The Tuna and the Dolphin | Chamchiwa Dolgorae (KBS2/2018)
  • Too Bright for Romance | Neomoo Hannatui Yeonae (KBS2/2018)
  • Miss Kim's Mystery | Miseukimui Miseuteori (KBS2/2018)
  • The Long Good-bye | Yitorok Oraen Yibyeol (KBS2/2018)
  • Dreamers | Dopijadeul (KBS2/2018)
  • My Mom's Third Marriage | Eommaui Se Beonjje Gyeolhon (KBS2/2018)
  • The Expiration Date of You and Me | Neowa Naui Yuhyogigan (KBS2/2018)
  • So Close, Yet So Far | Daeul Deuk Mal Deuk (KBS2/2018)

Sebelum nonton KBS Drama Special: Review Notebook of My Embarrassing Days, saya sudah nonton The Tuna and the Dolphin. Namun saya belum sempat membuat reviewnya. Untuk yang lain belum. Mungkin lain waktu.

naui heukyeoksa odaknoteu

Kembali ke My Dark History Wrong Answer Note ya. Jika kemarin saya ketemu Profesor Matematika Zhang Laoshi di Perfect and Casual, kali ini saya bertemu dengan wanita berprofesi sebagai guru Matematika Do Do Hye. Dia ini suka nulis diary tentang hal-hal yang memalukan untuk refleksi diri.

Do Hye ini pernah menikah dan sudah bercerai. Karena statusnya yang single tanpa anak, akhirnya dia diminta mengikuti kamp untuk menulis soal College Scholastic Ability Test. College Scholastic Ability Test (CSAT) atau Suneung (수능) adalah jenis ujian standar untuk diterima di universitas Korea Selatan. Ujian ini dikelola oleh Institut Kurikulum dan Evaluasi Korea serta digelar tiap November. Kalau di Indonesia biasa disebut Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

나의 흑역사 오답노트

Setelah masuk kamp, Do Hye bertemu dengan Na Pil Seung, polisi yang bertugas mengawasi pembuat soal ujian. Di masa lalu, mereka teman sekampus bahkan saling naksir. Merasa canggung, Do Hye pura-pura tidak mengenal Pil Seung, tapi tidak dengan pria itu. Pil Seung bahkan menaruh perhatian pada Do Hye. Dia juga mengingat hal-hal memalukan yang pernah ia lalui bersama Do Hye.


Do Hye sudah merasa dekat dengan Pil Seung, eh muncul Choi Jin Sang mantan suaminya yang adalah profesor Matematika. Do Hye meminta Jin Sang untuk merahasiakan hubungan mereka yang pernah jadi pasangan. Melihat Pil Seung, Si Jin Sang kaya cemburu dan berniat untuk kembali dengan Do Hye. Do Hye dan Jin Sang ini akhirnya sering berdebat dalam membahas soal.

Suatu ketika karena mabuk dan sedih setelah Ayahnya meninggal, Jin Sang akhirnya membongkar fakta bahwa dia dan Do Hye pernah menikah di depan semua orang. Do Hye malu setengah mati terutama pada Pil Seung. Lalu bagaimana akhir kisah mereka?

My Embarrassing Days


my dark history wrong answer note

Jika kalian pikir ini drama akan seperti film Bad Genius atau melakukan kecurangan lebih dalam dari Bad Genius: The Series karena membuat soal ujian, tentu saja tidak. Review Notebook of My Embarrassing Days Korean TV Movie ini komedi romantis dari kisah Do Do Hye yang tertulis dalam diary-nya. Pembahasan soal Matematika juga enggak terlalu diperlihatkan. Hanya sekadar rumus atau pemecahan soal. Jadi tidak perlu ikut pusing karena ini bukan ujian.

Sebagai orang yang dulu suka menulis buku harian, saya agak mengerti apa yang Do Hye rasakan. Namun saya kebanyakan menulis hal yang ingin saya ingat. Saya hampir jarang menuliskan hal-hal memalukan, apalagi menganalisa dan menghubungkannya dengan rumus untuk mencari solusi. Saya suka Matematika, tapi bukan yang sejenius itu.

Bersama mantan suaminya Choi Jin Sang, sebenarnya Do Hye berhubungan baik bahkan kadang minta bantuan buat jagain anjingnya saat dia pergi lama. Cuma namanya mantan dan mereka berpisah karena hal yang kurang baik, rasanya tidak memungkinkan untuk kembali bersama. Bukan My Amazing Boyfriend yang pakai balikan sama mantan.


Bersama Pil Seung, Do Hye ingin memulai hal baru. Dan bahkan setelah sekian lama tidak bertemu, Pil Seung masih menemukan hal yang memalukan dari Do Hye seperti saat ia mengalami Dispepsia atau Gangguan pencernaan. Lucunya ini Pil Seung ngomel sama dokter waktu Do Hye ditanya namanya. Padahal maksudnya buat ngecek kesadaran gitu.

Bagi Pil Seung, dia sebenarnya penasaran juga dengan Do Hye. Namun untuk sekarang, ketika Do Hye berkata dia sedang tidak punya pacar, itu sudah cukup. Calon pacar idaman ini. Memulai hal baru dengan seseorang, kita harus melupakan penasaran akan masa lalu orang itu.

Jika ditanya hal yang memalukan, tentu setiap orang pasti punya dan pernah mengalaminya. Kalau saya salah satunya saat keluar kota dan mabuk darat. Sebelum mengenal salah satu obat anti mual, tiap naik bus saya selalu muntah. Biasanya saya bawa plastik gitu. Waktu itu perasaan sudah masukin plastik, eh ada yang kelewat dong muntahannya. Pas balik dan pakai bus yang sama, Kondekturnya ingat karena waktu itu saya memang satu-satunya perempuan yang ada di sana. Asli malu setengah mati. Namun sekarang, entah mengapa terasa lucu.


Untuk pemain di Review Notebook of My Embarrassing Days, Park Sung Hoon di sini murah senyum, tapi tetap keren dalam menampilkan emosinya yang lain. Duh pacar orang memang ganteng. Lalu Jeon So Min, sebenarnya ini baru pertama kalinya saya benar-benar melihat aktingnya. Dia lucu dan bagus dalam memainkan karakter Do Hye. Dia sebenarnya jadi kameo juga di My Secret Romance, tapi kita paling mudah menemukannya di Running Man. Untuk Oh Dong Min, dia main juga di Memorials bersama Park Sung Hoon. Selain itu, kita bisa melihat aktingnya di Heart Surgeons dan Doctor Prisoner. Untuk Song Ji In pemeran Teacher Oh, karakter ini bikin ramai juga mencerahkan dan saya suka. Dia pernah bermain di Just Dance.

Saya sangat merekomendasikan kalian buat nonton KBS Drama Special: Review Notebook of My Embarrassing Days. Korean TV Movie komedi romantis ini benar-benar bisa membuat kita ikut tersenyum manis. Kemistri Ketiga pemain utama juga sangat apik. Yang pasti endingnya mengingatkan saya akan Flashfiction Saat Hujan yang saya tulis tahun 2013. Serius gemas sekali My Dark History Wrong Answer Note ini. Kadang Cinta dan Matematika memang punya persamaan yang membingungkan.

my embarrassing days

Momen yang memalukan bukanlah hal yang buruk. Setiap orang pasti memilikinya. Jadi bagaimana kita merasa malu? Memang ada nilai dalam Matematika tapi tidak ada nilai dalam hidup. Bagaimana jika kita melakukan kesalahan? Kita bahkan tidak mendapatkan pengurangan poin. Kita hidup dan belajar dari hal memalukan itu. Bukankah akan menyenangkan ketika punya pasangan yang sudah tahu hal terburuk dari diri kita? Mencintai kan berarti menerima kekurangan. Jadi tak masalah jika kita pernah melakukan hal yang memalukan.

Sekian dulu Review Notebook of My Embarrassing Days Korean TV Movie dari saya. Jika kalian mau nonton, search saja di YouTube KBS World. Nanti akan muncul 2018 KBS Drama Special dengan subtitel bahasa Inggris. Atau ada yang sudah nonton juga? Share pendapat kalian ya! Sampai jumpa. Happy blogging!

Sumber info dan gambar:
Asianwiki, HanCinema, search.kbs.co.kr

Whould you like to comment?

  1. Jeon so min out...rata2 drama atau filmnya somin itu melo drama atau romance, makanya di running man 11-12 sama kwang soo

    BalasHapus
  2. Jadi pengin nonton juga hehe

    BalasHapus
  3. wah satu lagi referensi drakor yang harus di tonton
    pas deh saya lebih suka cari tahu reviewnya dulu daripada penasaran hehehe

    BalasHapus
  4. Ternyata durasinya pendek banget ya mbaaa
    sip nih.. bisa untuk tontonan jelang akhir tahun.
    daku mau siapin buat nontoon Notebook of My Embarassing Days, ahhh

    BalasHapus
  5. Keren juga ya ada tv movie gini jadi gak lama2 nunggu selese. Ceritanya asik juga ttg matematika, anak2 sekolah pasti suka nih

    BalasHapus
  6. Wah saya dulu juga suka nulis buku diary, menulis apa aja mulai dari hal yang indah, sedih hingga memalukan. Trus kenal blog dan ninggalin diary sebab dulu stigma cowok nulis diary itu enggak banget wakakakaka

    BalasHapus
  7. Mau nonton ah
    Walau lebih suka drama Korea yang panjang sehingga bisa mengeksplor karakter
    Terkadang pingin juga nonton film yang selesai 1-2 jam

    BalasHapus
  8. Duh seneng banget deh aku kalau nonton yg komedi romantis kaya gini, jadi penasaran mau nonton juga ah, lumayan hiburan kalo bosen nih

    BalasHapus
  9. dari judulnya saja ini udah drama komedi romantis banget ya, sepanjang film pasti ketawa-ketawa kalau lagi inget mengenai kenangan memalukan. unik nih ide ceritanya krn nyatat dalam diary buat analaisis kejadian memalukan biar nggak kejadian lagi XD

    BalasHapus
  10. Kapan kapan nanti akan dicoba untuk nontonnya. Sepertinya menarik. Judulnya memikat

    BalasHapus
  11. Ulangannya cakep chingu. Jadi ini drama tapi cuma satu episode semacam film gitu ya.
    Aku suka penggambaran karakter tokohnya. Belum nonton jadi wajib nonton

    BalasHapus
  12. Uda ngincer drama ini.
    Tapi drama akhir tahun 2020 ini memang amazing yaa...aku jadi susah menentukan, hehehe...saking liburan juga kali yaa..

    Aku nulis doonk...buku diary.
    Bisa kembali ke masa tertentu dan bikin aku mellow.

    BalasHapus

Tinggalkan jejakmu di sini, Teman