Selasa, 12 Maret 2019

# 2017 # Crime

Review Thai Movie Bad Genius

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Kalian pernah curang dalam ujian? Dengan cara apa dan kenapa? 

Sawadikha! Bulan seperti ini sudah mulai mid semester, try out dan akan ujian bahkan tes perguruan tinggi. Saat kaya gini jadi hal yang rawan untuk melakukan kecurangan baik secara pribadi bahkan kelompok. 


Lynn adalah siswi SMA yang pandai dan dapat beasiswa di sekolah bergengsi. Dia kemudian berteman dengan Grace gadis baik hati yang tidak bagus di nilai akademis. Karena persahabatan, Lynn pun membantu Grace untuk memahami soal-soal yang diberikan Guru Privat Grace. 

Saat ujian, Lynn menyadari bahwa pertanyaan yang dipelajari bersama Grace merupakan bocoran soal.  Meski begitu, Grace tetap tak bisa mengerjakan dan Lynn pun akhirnya memberikan jawaban tes. Berkat ini pula, Grace akhirnya mendapat peningkatan nilai.


Hal menakjubkan tersebut sampai juga di telinga Pat, pacar Grace. Pat mendekati Lynn dan menawarkan uang untuk 'jasanya'. Awalnya Lynn menolak karena tak ingin berbuat curang apalagi bisa mengancam beasiswanya. Tapi karena butuh dana untuk membayar 'Uang Teh', akhirnya dia setuju. 

Kini menyontek bukan hanya dengan 1-2 orang tapi lebih. Bisnis membagikan kunci jawaban mulai diminati banyak siswa yang mau membayar. Sayangnya hal itu diketahui oleh Bank, siswa saingan Lynn. Sebuah permainan kecurangan yang cerdas, apakah semua akan terbongkar atau malah jadi lebih besar?


Title: Bad Genius
Native Title: ฉลาดเกมส์โกง
Also Known As: Chalard Games Goeng
Genres: Thriller, Crime, School, Drama
Tags: High School, Cheating
Country: Thailand
Type: Movie
Release Date: May 3, 2017
Duration: 2 hr. 10 min
Production: Jira Maligool, Vanridee Pongsittisak, Suwimon Techasupinan
Chenchonnee Soonthonsaratul, Weerachai Yaikwawong
Writer: Nattawut Poonpiriya, Tanida Hantaweewatana, Vasudhorn Piyaromna
Music: Hualampong Riddim
Sinematografi: Phaklao Jiraungkoonkun
Editor: Chonlasit Upanigkit
Production Company: Jor Kwang Films
Distribution: GDH 559
Cast:
Chutimon Chuengcharoensukying
Chanon Santinatornkul
Teeradon Supapunpinyo
Eisaya Hosuwan

Review Thailand Film Chalard Games Goeng


Dari dulu selain drama Korea, saya sangat suka film Thailand. Di blog ini pun saya beberapa kali menulis review seperti Cat a Wabb, Single on Sale, I Fine Thank You Love You dan One Day. Karena alasan ini lah, saya pun mencari-cari film dan ketemu Bad Genius

Dari poster, saya sebenarnya melihat mereka itu misterius. Karena rating yang tinggi, tanpa banyak membaca ulasan bahkan sinopsis, saya memutuskan untuk menonton film ini apalagi temanya anak sekolah.


Tadinya saya kira ini film hahahihi anak SMA seperti Crazy Litte Thing Called Love, Suckseed atau 15+ IQ Krachoot. Ternyata ini lebih dari itu. Semakin lama menonton, saya mulai tegang. Ini film genrenya thriller, Chingu! Enggak nyangka aja. Kegiatan menyontek ini bikin kita deg-degan setengah mati.

Kita tidak terlahir sebagai pemenang, kita harus lebih keras untuk mendapatkan sesuatu

Jadi, Lynn ini karena bujuk rayu Pat dan Grace, akhirnya mau juga ikut berbisnis kunci jawaban. Ditambah dia dilaporin sama Bank yang mengakibatkan beasiswanya ke perguruan tinggi dicabut. Karena sudah tidak punya alasan takut, kalau punya uang banyak pun, Lynn bisa kuliah di mana saja tanpa khawatir tidak bisa membayar. Lagi-lagi kritikan pada sekolah yang mahal dan anak-anak manja yang gencet si pintar.


Dalam beberapa kasus yang pernah muncul, sontekan yang disebar didapat dari mencuri kunci jawaban ujian. Kalau membagi antar siswa, biasa pakai kode jari 1, 2, 3 dan 4. Nah bagi Lynn, ini adalah versi kuno apalagi ujian dibagi antara soal A juga B. 

Lalu mereka sontek pakai apa coba? 

Menghafalkan gerakan tangan dari nada piano. Gila kan?! Banget! Demi mengelabuhi Guru, mereka ini rela privat piano demi hafal nada.


Karena bisnis ini terbilang sukses, akhirnya Pat mengajak Lynn untuk naik kelas ke STIC atau tes berstandar internasional untuk penerimaan di universitas. Masalahnya ujian dilakukan pada hari yang sama di tiap negara dan Lynn tidak bisa bekerja sendiri, dia butuh bantuan. Satu-satunya orang yang sejenius Lynn adalah Bank. Seperti Lynn di awal, Bank pun menolak. Tapi karena dia butuh uang dan sudah gagal juga saat mengikuti tes beasiswa, akhirnya dia setuju.



Dan kejahatan tingkat internasional ini pun dimulai. Lynn, Bank, Pat juga Grace bekerja sama dalam memuluskan bisnis kecurangan ini. Mulai dari perhitungan waktu dan mengharuskan Lynn juga Bank terbang ke Sydney Australia demi mengerjakan ujian terlebih dahulu baru mengirim kunci jawaban pada Pat juga Grace yang didistribusikan lewat alat tulis. Menghafal kisi-kisi, membuat simulasi ujian sampai persiapan jika mereka tertangkap basah. Semua persiapan oke sampai pada kenyataan bahwa Pat adalah orang yang menyebabkan Bank gagal mengikuti ujian beasiswa. Apakah semua harus diakhiri sampai di sini sementara semua orang sudah membayar? 

Ketika kita berhasil melakukan kecurangan, makan kita akan cenderung ketagihan untuk melakukannya lagi dan lagi


Selain sensasi tegang, saya juga dibuat takjub sedengan semua hal ketika menyontek. Detail dan di luar pikiran orang biasa. Pantas sih judulnya Bad Genius. Beginilah kalau orang sudah dibutakan nilai tinggi sebagai standar dan kekuatan dari uang. Boleh dibilang, nonton film ini setegang nonton SKY Castle. Alurnya pun dibuat mundur lalu maju. Cukup oke dan tidak mimbingungkan. Lalu saya teringat Son Soo Jeong My Strange Hero yang menyogok demi jadi Guru tetap dan akhirnya dia sadar diri dan jadi guru yang baik untuk murid-muridnya. 

Saya pikir nantinya akan ada kisah cinta remaja untuk meredam ketegangan. Tapi ternyata tidak juga. Dan saya merasa terkejut di akhir cerita. Setting cerita baik yang di Thailand maupun Sydney sama-sama menegangkan.


Tak ada kejahatan yang sempurna. Yang namanya bangkai pun akan tercium juga. Dan kalau pun sudah dapat nilai bagus untuk masuk sekolah, lalu apa? Bukankah kita tak bisa mengandalkan nilai hasil kecurangan untuk terus menjalani hidup? Mau sampai kapan?

Nilai hanya menyelamatkanmu sementara, tapi kejujuran akan menyelamatkanmu selamanya


Saya sangat salut kepada semua pemain dan yang mengerjakan film Chalard Games Goeng ini. Saya melihat mereka sebagai bintang baru tapi aktingnya sungguh luar biasa. Yang saya suka dari film Thailand tentang anak sekolah itu pemainnya berpenampilan biasa, bukan dengan dandan menor. Dua jam lebih nonton film ini benar-benar puas. Pantas saja Bad Genius memenangkan banyak penghargaan karena ceritanya keren! Film produksi GDH 559 memang tidak perlu diragukan.


Setiap orang punya cara sendiri untuk mengerjakan ujian. Tapi bagi saya, menyiapkan amunisi sebelum ujian itu yang penting dengan:

  • Belajar jauh hari. Kalau saya biasanya membaca berulang dan latihan soal terus menerus. Jangan malu bertanya jika belum pahan
  • Hindari Kerja Kebut Semalam karena saya bukan orang jenius
  • Saat H-1 ujian, tenangkan otak. Jangan banyak berpikir. Kalau saya biasanya hanya membaca soal kisi-kisi satu kali lalu bermain atau mendengarkan musik
  • Siapkan tenaga dengan istirahat dan makan secukupnya
  • Berdoa
  • Percaya diri. Percaya bahwa usaha kita akan berbuah manis 

Kalau kalian bosan sama film romance, coba deh nonton Bad Genius. Saya sangat merekomendasikan movie satu ini. Atau kalian sudah ada yang nonton? Paling suka adegan mana? Saya sih suka hubungan antara Lynn dan Ayahnya. Beliau dukung dan tetap melindungi Lynn dengan caranya. Kalau kalian yang mana? Share ya! 

Sampai jumpa. Happy blogging!

32 komentar:

  1. Sekali berhasil menyontek, bakal keterusan ya. Jadi inget masa2 SMA dan kuliah hahaha, aku termasuk orang yang penakut banget, jadi nggak mau nyontek2, sereeeem kalo sampai ketauan :D

    BalasHapus
  2. canggih bener ini nyonteknya. Sampek kode untuk nyonteknya pakek nada piano. Contek menyontek tingkat dewa ini mah. Jd penasaran sm proses ketahuannya kayak gmn.

    BalasHapus
  3. Sudah nonton, lupa tahun 2017 bulan apa. Film itu keren dan menegangkan. Bagus, kok. Akting pemainnya juga mendukung. Saya dari awal sampai akhir terpaku saking tegangnya.
    Pat emang nyebelin, dengan uangnya pikir bisa sogok sana-sini namun pada akhirnya nyaris berantakan kalau Lynn tak ngalah, dan Bank menelan harga dirinya.
    Bank lebih berengsek lagi, dengan egonya dia serakah dan mencancam Lynn, akibatnya segalanya berantakan. Bank dapat apa? Nol besar! Sudah serakah, egois, dan pengkhianat.
    Saya salut dengan filmnya. Hem, pernah sengaja simpan untuk diulas, sayang terhapus, ha ha. Senang baca ini, bisa jadi pengingat.
    Lynn memang jenius. Cara kode untuk mencontek juga luar biasa banget.

    BalasHapus
  4. Dari sontekan pun bisa jadi lahan bisnis. Pastinya bukan bisnis yang patut ditiru. Tapi, keren juga ide cerita filmnya

    BalasHapus
  5. Aku suka banget sama quote-quote di film ini, Jiah.
    Apalagi cara kamu menuliskannya dengan huruf yang lain dari yang lain.
    Good job!

    Apalagi pas sampai di quote pamungkas ini:

    "... Nilai hanya menyelamatkanmu sementara, tapi kejujuran akan menyelamatkanmu selamanya"

    Luar biasa!

    BalasHapus
  6. Aku penasaran sama filmnya nih mbak. Kalau ditanya pernah ga curang saat ujian, pernah. Haha. Tapi ga sampai beli jawaban sih, karena terlalu beresiko. Kalau sekedar contek²an antar teman sih udah ga kehitung lagi, meskipun sebetulnya itu juga ga boleh.

    BalasHapus
  7. Nyontek aja smp segitunya ya, kyknya ini film emang seru

    BalasHapus
  8. Wahhh sepertinya filmnya bagus nih. Tapi entah kenapa kalo film Thailand saya selalu terganggu dengan suara dan logat bahasa mereka, jadi nontonnya gak konsen, huhuhu :(

    BalasHapus
  9. Nyontek? pernah banget, waktu SMA, hahaha. Awalnya takut tapi karena hampir semua teman melakukannya akhirnya saya juga ikut-ikutan deh. Duh jadi malu deh kalo ingat masa-masa itu :(

    Tapi mengejar nilai bagus bisa membuat orang nekat melakukan segala cara yaa, jadi ingat drakor sky castle :(

    BalasHapus
  10. Wah musim ujian nanti bahaya nih kalau anak indonesia pada nonton ini bisa terinspirasi dengan sesuatu yang jelek hehe tapi kayaknya seru ya , penasaran sama trik triknya

    BalasHapus
  11. Baca reviewnya jadi ikutan deg degan. Wah, saya pikir filmnya bakal ga asik karena ngajarin nyontek. Tapi ternyata ada hikmahnya juga ya. Jadi yaa benar setiap kejahatan pasti akan tercium juga baunya. Seneng baca reviewnya. Ada solusinya juga. Penting belajar jauh jauh hari. Makasih mba jadi pengen nonton filmnya

    BalasHapus
  12. wah seru banget ya film ini, asyik bacanya mbak, kayaknya cocok untuk anak anak yang sebentar lagi ujian, bisa disuruh nonton dulu buat nyari inspirasinya hehhe

    BalasHapus
  13. Aku suka banget dengan temanya.. tidak biasa ya dan kreatif karena memang perlu kreatifitas tersendiri untuk bisa jadi ahli menyontek kelas internasional seperti mereka

    BalasHapus
  14. udah lama banget aku ga nonton film thai. Yang aku suka dari film thai itu, isunya yang diangkat relate banget sama kehidupan sehari-hari kita. Ya kaya film ini. Di Indonesia memang ada kan bisnis kunci jawaban ujian.

    BalasHapus
  15. Wah..rumit juga ya bisnis contek menyontek ini..bagaimana dg ujian hidup? Mau nyontek di mana? Hihi ..

    BalasHapus
  16. Saya nggak pernah nonton tv mba, apa lagi Drama luar tambah nggak kenal.terakhir nonton film thai itu yg horor lupa judupnya

    BalasHapus
  17. pernah di posisi lynn. hehehe tapi ya sudah lah itu waktu smp biar bisa beli poster westlife dan majalah aneka yes. setelah itu alhamdulillah sudah taubat.

    BalasHapus
  18. Ya ampun kenapa niat banget sumpah, buat kode jawaban aja sampai belajar main piano :D

    BalasHapus
  19. Tadi aku sempat bingung apa hubungannya bisnis contek mencontek dengan Bank, ternyata itu nama tokoh toh :)
    Cieee Bank akhirnya bersekongkol sama Lynn. Ini bisnisnya udah bener-bener profesional ya sampai ke luar negeri segala.
    Kalau aku mengajarkan belajarnya tiap hari, kalau ada ujian mendadak jadi gak kerepotan lagi.

    BalasHapus
  20. Les piano biar hapal kunci jawaban, wah ini mah keren atuh kalau nggak lulus bisa jadi pemusin, hehehe...jadi penasaran sama filmnya, kemarin pun aku nonton drama hantu thailand, asli nonton film hantu malah nangis sesegukkan, duh keren deh filmnhmya

    BalasHapus
  21. Wah Jiaaaah banyak yang review film ini katanya emang bagus. Aku udah niat pengen nonton tapi belon kesampaian terus nih.

    Tapi kalo udah kebiasaan nonton drama korea, segitunya nonton Thai bahasanya suka berasa rada aneh gitu lho hajaha

    BalasHapus
  22. Toss dulu kak sama kaya aku, selain drakor aku juga suka film Thailand soale logatnya dan baju sekolahnya yang seragam itu lho aku suka banget.

    BalasHapus
  23. Idenya antimainstream banget ya, bikin film dengan topik nyontek dan jual bocoran. Asyik nih, kalau mau nonton emang caranya via apa nih Jiah. Hahahaa... cucok untuk hiburan sekalian mengenang masa lalu, jaman2 pada sibuk beli bocoran ternyata bocorannya ga cocok dengan pertanyaan yang keluar di ujian :))

    BalasHapus
  24. Asli banget kebut semalam itu ga maksimal. Penasaran pilemnya, pengen cepet nonton hahahah besok 2download ah

    BalasHapus
  25. Film Thailand yang sekarang emang bagus-bagus dan bisa mengaduk aduk emosi juga. Beberapa kali nonton, ikutan nangis juga pas adegan sedih...
    Dan tampaknya hampir sama kayak di Indonesia ya, wajah wajah blasteran juga sangat diminati. Coba bandingkan dengan wajah wajah di film yang ular ular dulu, ada perbedaan...

    BalasHapus
  26. Sistem kebut semalam sebuah ujian hehe aku pernah nih ngalamin gini.. memang hasilnya ngga maksimal deh.. karena kita balajar semalaman lalu pas ujian ngantuk, ganggu konsentrasi banget hiks.. memang ya belajar yang bener tuh setiap saat harus belajar dan jujur pada diri sendiri, jangan nyontek hehe.. filmnya udah kebayang sih gimana konfliknya..tapi memang layak ditonton nih untuk pelajaran kehidupan khususnya anak muda masa sekolah

    BalasHapus
  27. Sudah lama nggak nonton film Thailand. Jadi penasaran nih, dari ulasan di atas keliatan bagus deh filmnya. Cocok banget ya ditonton sama anak sekolah/kuliahan karena pesannya juga ngena banget.

    BalasHapus
  28. Aku udah nonton nih sama anak2 film ini. Bahkan anak sulungku suka banget film ini. Hahahaha

    BalasHapus
  29. Jadi, bukannya belajar buat ujian tapi belajar buat nyontek ya, hihi. Aku terakhir nonton film Thailand ya yg film horor itu

    BalasHapus
  30. ini film terkeren nih
    suka juga aku sama film ini
    semoga ada sequelnya hahaha
    atau skalian K-Dramanya
    soalnya ga bosen liat mereka

    BalasHapus
  31. Wuaaah alur film ini mengingatkan kenakalan teman-teman kelasku yang suka nyontek hahaha ..
    Mulai ditulis dibalik rok, lipatan celana jugaa .. ditulis tipis-tipis di penggaris !

    Kudu nonton film ini akh .. itung-itung buat nostalgia :D

    BalasHapus
  32. keren juga nih film kyaknya otw nonton ahk terimakasih reviewnya mba

    BalasHapus